P. 1
Macam-Macam Hardware

Macam-Macam Hardware

|Views: 928|Likes:
Published by Annisa Puspitawuri
presentasi TIK - HARDWARE
presentasi TIK - HARDWARE

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Annisa Puspitawuri on Aug 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2012

pdf

text

original

Perkembangan komputer sudah semakin pesat dari tahun ke tahun.

Kalau di lihat beberapa dekade kebelakang, komputer tidaklah seperti sekarang ini kecil, tipis, mudah di bawa kemana saja, dan cara pengoperasiannya mudah.Justru sebaliknya komputer dulu berbentuk sangat besar dengan berat yang lumayan berat. Misalnya, portable computer pertama beratnya 25 kg (55 lb) dengan harga $ 20.000.Bahkan printer laser pertama cukup besar untuk mengisi sebagian besar ruangan. Mouse komputer pertama ditemukan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart di Stanford Research Institute. (Dia juga salah satu penemu hypertext.) Mouse pertama menggunakan dua roda diposisikan pada sudut 90 derajat satu sama lain untuk melacak gerakan. Mouse bola tidak ditemukan sampai 1972, dan mouse optik diciptakan sekitar tahun 1980.

Komputer Portabel Pertama komputer IBM 5100 Portable Computer diperkenalkan pada tahun 1975, berat 25 kg (55 lb), adalah ukuran sebuah koper kecil dan kekuatan eksternal yang dibutuhkan untuk beroperasi. Pengepakan dalam ROM prosesor, (beberapa ratus KB) dan RAM (16-64 KB), layar CRT lima inci, keyboard dan sebuah tape drive, yang merupakan prestasi luar biasa pada saat itu . Hal ini juga datang dengan built-in BASIC dan / atau APL. Model yang berbeda dari IBM 5100 dijual seharga $ 8.975 $ 19.975. Komputer Laptop Pertama Komputer laptop pertama (atau notebook) adalah Grid Compass 1100 (disebut GRID) dan dirancang pada tahun 1979 oleh seorang desainer industri Inggris, Bill Moggridge. Komputer jenis ini mulai di jual tahun 1982, kemudian menampilkan layar 320 × 200, prosesor Intel 8086, 340 KB memori gelembung magnetik (jenis, memori sekarang usang non-volatile) dan modem 1200 bps. Beratnya 5 kg (11 lb) dan biaya $ 8-10,000. Tersebut GRID terutama digunakan oleh NASA dan militer AS. Personal Computer IBM Pertama IBM Personal Computer diperkenalkan pada tahun 1981 sebagai IBM 5150. Platform ini menjadi sangat meresap dalam tahun 80-an bahwa walaupun komputer pribadi telah digunakan sejak tahun 70-an, PC menjadi sinonim dengan komputer IBM PC yang kompatibel. Dalam perkembangannya, IBM 5150 telah secara internal disebut sebagai Proyek Catur dan telah dibuat oleh tim 12 orang dipimpin oleh Don Estridge dan Larry Potter. IBM PC pertama memiliki prosesor Intel 8088, 64 KB RAM (dapat diperpanjang hingga 256 KB), floppy disk drive (yang bisa digunakan untuk boot komputer dengan versi yang namanya MS-DOS (PC-DOS)) dan CGA atau kartu video monokrom. Mesin juga memiliki versi dari Microsoft BASIC di ROM. Pada PC IBM pertama 10 opsional MB hard disk drive hanya dapat diinstal jika power supply diganti asli (yang asli terlalu lemah).

RAM Pertama Arguably pertama (ditulis) random access memory Magnetic Core Memory (juga disebut Ferrite Memori-Core) dan ditemukan pada tahun 1951 sebagai akibat dari kerja yang dilakukan oleh An Wang di Universitas Harvard Lab Komputasi dan Jay Forrester di MIT. memori Core adalah keluarga teknologi terkait yang digunakan sifat magnetik bahan untuk memberi mereka fungsi yang mirip dengan transistor. Mereka menyimpan informasi mereka menggunakan polaritas kecil, cincin keramik magnet dengan kawat ulir melalui mereka. Tidak seperti RAM hari ini, memori inti dapat menyimpan informasi bahkan setelah power dimatikan.memori Core adalah biasa sampai diganti oleh RAM chip silikon terpadu di tahun 1970an. Hard Disk Drive Pertama IBM Model 350 Disk File disk drive pertama dan merupakan bagian dari komputer IBM 305 RAMAC bahwa IBM mulai menyampaikan pada tahun 1956 (terutama ditujukan untuk akuntansi bisnis). Itu 50 cakram 24-inci yang bersama-sama dapat menyimpan sekitar 4,4 MB data. Model 350 berputar pada 1200 rpm, memiliki tingkat data transfer 8.800 karakter per detik dan waktu akses sekitar satu detik. Printer Laser Pertama Laser printer diciptakan oleh Gary Starkweather di XEROX pada tahun 1969. prototipe awal-Nya adalah mesin fotokopi laser dimodifikasi sistem pencitraan dan memperkenalkan drum berputar dengan delapan sisi cermin. Pelaksanaan komersial pertama dari printer laser tidak terjadi sampai IBM merilis IBM 3800 model tahun 1976.

Perkembangan teknologi komputer memang berjalan dengan amat cepat, tak terkecuali perkembangan dunia hardware. Beberapa orang yang sedang merakit komputer, akan mempertimbangkan untuk membeli perangkat hardware yang tersedia saat ini untuk dipasang pada komputer mereka. Namun, beberapa diantaranya akan setia menanti kehadiran teknologi hardware yang akan datang . Proses membangun komputer mungkin adalah sebuah proses yang tidak dapat selesai dalam satu hari saja. Prosesnya dapat berlangsung secara terus menerus. Namun, apabila terus menanti kehadiran teknologi hardware yang lebih baik dari sebelumnya, maka niscaya pembangunan komputer tidak akan pernah selesai. Perkembangan hardware memang akan terus berlangsung, namun kita cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan kita saat ini, karna hardware akan terus berkembang menjadi lebih mutakhir.

1. Power Supply Berupa kotak tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam casing. * Fungsi 1. Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard. * Troubleshooting Pemberitahuan masalah yang terjadi sering dianggap sebagai masalah yang disebabkan oleh komponen hardware berupa memori, VGA card, atau motherboard tanpa menyangka kesalahan terjadi pada powersupply yang kita gunakan. Berikut ini contoh masalah yang terjadi: 1.Komputer me-restart sendiri saat system sedang bekerja. 2.Komputer mati setelah beberapa saat dioperasikan. 3.Intermittent parity check atau other memory-type errors. 4.Harddisk dan kipas angin sec. serentak tidak berputar. 5.Goncangan elektrik dirasakan pada casing atau konektor 6.Power-on atau system startup failure atau lockups 7.Terkadang booting sendiri sec. spontan lockups selama operasi normal. 8.Sistem sepenuhnya mati.

2. Motherboard atau Mainboard Berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bias dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor. * Fungsi 1.Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor, 2.Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer. * Troubleshooting Seringkali terjadi masalh motherboard yang disebabkan oleh komponen hardware yang dipasang pada motherboard atau kerusakan pada chipset yang digunakan pada motherboard atau peralatan I/O-nya.

1.Komputer tidak bisa menyala atau sering disebut dengan istilah motherboard blank saat tombol ON pada casing sudah ditekan tanpa mengeluarkan suara apapun. Biasanya, hal ini terjadi karena : *Power supply yang rusak atau kabel power supply pada motherboard diletakkan secara tidak tepat atau longgar *BIOS rusak *Kesalahan CPU clock akibat overclock pada computer *Prosesor yang dipasang sudah rusak atau tidak cocok dengan soket motherboard yang dipakai *Kipas pada prosesor mati *Kerusakan pada chipset yang ada di motherboard

3. CPU (Central Processing Unit) Adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer. * Fungsi 1.Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer. 2.Pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer. * Troubleshooting Masalah pada prosesor biasanya menyebabkan tampilan pada layar blanktanpa bunyi apa pun. Hal ini terjadi karena : 1.Prosesor mati atau rusak 2.Prosesor terbakar akibat suhu terlalu panas yang karena melakukan overlock atau karena kipas pada prosesor tidak berfungsi

4. RAM (Random Access Memory) Prosesor hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk semua proses program. Untuk mengatasi hal ini prosesor harus dilengkapi dengan alat penyimpan yang berkapasitas lebih besar, yaitu memori utama. Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte. * Fungsi 1.Sebagai alat penyimpan data dan program yang bersifat sementara, hanya bekerja pada saat computer hidup. * Troubleshooting 1.Komputer mengeluarkan suara bip panjang berkali-kali tanpa menampilkan gambar pada layar saat computer mulai dinyalakan 2.Pemasangan dua keping RAM yang tidak cocok sering mengakibatkan masalah pada komputer,antara lain : *Komputer akan sering hang dan muncul blue screen saat kita bekerja di suatu program aplikasi atau sedang bermain games *Komputer juga sering tidak bias hidup atau booting saat dinyalakan 1.RAM jika dipasang dengan kapasitas tidak cukup, kinerja komputer akan lebih lambat dalam pembacaan data atau menjalankan aplikasi program. 2.Kerusakan pada memori jenis ROM akan mengakibatkan komputer blank atau tidak bias hidup sama sekali

5. Harddisk Adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat. * Fungsi 1.Salah satu alat booting computer. 2.Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer 3.Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer * Trobleshooting Banyak masalah pada komputer akibat kerusakan pada harddisk sehingga komputer tidak dapat digunakan. Berikut ini beberapa masalah yang ditimbulkan akibat kerusakan pada harddisk,yaitu : 1.Komputer tidak bias booting atau startup 2.Komputer sering hang atau restart sendiri 3.Kesulitan dalam membaca dan membuka data

6. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless. keyboard qwerty Jenis-Jenis Keyboard : 1.) QWERTY 2.) DVORAK 3.) KLOCKENBERG Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu : 1. typewriter key 2. numeric key 3. function key 4. special function key.

7. Mouse Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

8. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Scanner

Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

9. Mikrofon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

10. Monitor monitor komputer adalah salah satu jenis softcopy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenisjenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

11. Printer Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

12. speaker Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

TERIMAKASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->