P. 1
Aspek-Aspek Geografi

Aspek-Aspek Geografi

|Views: 1,035|Likes:
Published by Prash Mahasagara

More info:

Published by: Prash Mahasagara on Aug 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2012

pdf

text

original

Om Swastiastu

Kelas X 2 Kelompok 6 .

Aspek-aspek AspekGeografi .

Oikumene dan Pemukiman Penduduk Persebaran Penduduk Aspek-Aspek Geografi Kepadatan Penduduk Perubahan Penduduk Migrasi Penduduk .

Asal kata oikumene adalah oikos yang artinya banyak. yaitu pengetahuan yang bertugas menelaah hal ihwal rumah tangga negara. Di dalam geografi sosial. tinggal. geografi itu menelaah oikumene. manusia. misalnya manusia sebagai penghuni bumi. negara. yaitu bagian dari bumi yang dihuni manusia. maka manusia selalu dihubungkan dengan tempat dimana ia bertempat tinggal. . Akhirnya muncul sebutan oikunomia yang menjadi ekonomi.Oikumene dan pemukiman Dilihat secara keseluruhan. banyak. manusia menjadi obyek studi.

lembahlembah-lembah sungai biasanya berpenduduk lebih padat daripada di sekitarnya sehingga air merupakan faktor utama. alatnya. Dari situ dapat dianalisis mengapa bagian wilayah yang satu lebih padat atau kurang padat dibandingkan dengan yang lain. kota lebih padat dari pedesaan. Untuk provinsi. Misalnya wilayah lain. .Persebaran Penduduk Tugas ahli geografi yang yang khusus adalah memetakan persebaran penduduk dengan jelas. demikian pula desadesa-desa di sepanjang jalan raya provinsi. jelas. Sementara penduduk utama. lebih sempurna para ahli geografi menganalisis dengan menggunakan foto udara sebagai alatnya.

dengan satuan jiwa yang hidup dari pertanian untuk tiap unit tanah garapan (kepadatan agraris). dapat pula fisiologis). . agraris). penduduk. permasalahan seperti gejala kelebihan penduduk. aritmatik). atau kekurangan penduduk. Sehubungan itu mencul tetap.Kepadatan Penduduk Kepadatan penduduk dinyatakan dalam angka satuan jiwa untuk tiap luas wilayah (kepadatan aritmatik). Jelas bahwa geografi ingin menunjukkan secara khusus relasi antara tanah dengan manusia secara tetap. Disamping itu dapat dinyatakan juga dalam satuan jiwa setiap unit luas tanah pertanian (kepadatan fisiologis).

negara. efekwilayah. tentang ledakan penduduk di suatu wilayah secara menyeluruh acapkali meremehkan perbedaan antara kelahiran dan kematian menurut bagian wilayah yang bersangkutan. Geografi kependudukan banyak membantu pada penelaahan demografis suatu wilayah atau negara. Diskusi demografis tentang perubahan alami. Diskusi penduduk. selukpenduduk. Geografi kependudukan membicarakan masalah penduduk yang bertalian dengan seluk-beluk perilaku penduduk. bersangkutan. . seringkali meremehkan penelitian secara detail tentang efek-efek dari migrasi antar wilayah.Perubahan Penduduk Perbedaan kepadatan penduduk dapat diakibatkan oleh perbedaan dalam hal pertumbuhan penduduk.

penduduk itu memaksa penduduk mencari jalan keluar untuk mempertahankan kelangsungan dan taraf hidupnya. Tekanan keluar.Migrasi Penduduk Migrasi adalah gerakan penduduk dari wilayah yang satu menuju wilayah yang lain untuk menempatinya secara permanen. . Kelebihan penduduk (over population) population) mendorong terjadinya migrasi keluar. hidupnya. permanen.

Shanti. Shanti Om .Om Shanti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->