P. 1
cerpen

cerpen

|Views: 103|Likes:
Published by VictorVanessa

More info:

Published by: VictorVanessa on Aug 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2011

pdf

text

original

HUT RI ke-66 Yang Mengesankan

Menyambut Hut RI ke-66 SMP Pelita Harapan Magelang menyiapkan beberapa perlombaan untuk meriahkan HUT RI di sekolah mereka. 1 minggu sebelum hari perayaan, osis memberitahukan tentang lomba-lomba yang akan diselenggarakan kepada setiap-setiap kelas. Lomba yang diadakan tidak ada yang berunsur-unsur ke arah olahraga karena pada tahun ini pas dengan bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu lomba yang diadakan adalah lomba menghias kelas, paduan suara, band, karya sastra, debat antar kelas, membuat poster dan lomba cerdas cermat. Setelah memberitahukan lomba-lomba yang akan diselenggarakan, setiap warga kelas sangat antosias untuk mengikuti lomba-lomba tersebut. Setiap warga kelas sibuk untuk memilih siapa-siapa saja yang akan diikutkan didalam lomba tersebut. Begitu pula di kelas IX A. Pada saat wali kelas IX A masuk untuk pembinaan kelas, di saat pembinaan itulah anak murid IX A untuk memilih wakil lomba dalam rangka memperingati HUT RI di sekolah mereka. Wali kelas berkata Anak-anak, dalam rangka memeriahkan HUT RI di sekolah kita, para kakak-kakak osis dan sekolah akan menyelanggarakan lomba antara lain, lomba menghias kelas, paduan suara, band, karya sastra, debat antar kelas, membuat poster dan lomba cerdas cermat. Pada jam ini ibu akan memilih kalian untuk siapa saja yang akan ikut dalam lomba tersebut . Tiba-tiba warga kelas IX A pun menjadi ramai dan membicarakan tentang wakil dari kelas mereka. Semuanya harap tenang wali kelas berkata dengan nada agak tinggi, anak-anak pun menjadi tenang. Lalu wali kelas mulai memilih anak-anak yang akan mengikutu lomba. Lomba Paduan Suara (12 orang yang terdiri dari 6 cewek, 6 cowok), lomba band (5 orang), karya sastra untuk membuat puisi dan cerpen (2 orang), debat antar kelas (3 orang), membuat poster (3 orang) dan lomba cerdas cermat (3 orang) sisanya mengikuti lomba menghias kelas. Walaupun kelas IX baru siswa baru, tetapi mereka sudah berteman akrab. Nama-nama yang ibu pilih untuk lomba agar dapat untuk latihan karena lomba akan diselenggarakan 1 minggu lagi kata wali kelas. Ya bu jawab anak-anak. Pada saat jam istirahat, anak-anak yang diikutsertakan dalam lomba sibuk untuk mencari kapan hari latihan untuk perlombaan. Kevin pun datang menanyai teman-temannya yang mengikuti band. Oe, kapan kita nak latihan band? kata Kevin. Nah kamu nak kapan? Yang jelas aku tidak bisa hari ini kata Nico. Yasudah lusa aja kata Nanda. Semua anak pun setuju untuk lusa. Bel selesai istirahat pun berbunyi. Anak-anak memasuki kelas untuk siap mengikuti pelajaran berikutnya. Meskipun sudah masuk kekelas Nico masih berdiri di depan pintu kelas. Hingga ada 1 perempuan yang cantik menurut Nico melewati pintu kelas dimana Nico sedang berdiri. Hei Nico, ngapain berdiri didepan pintu kelas? Tanya perempuan itu yang bernama Jessica. oh, nggak ngapanagapain kok jes jawab Nico dengan ekspresi muka bingung + terkejut kalau Jessica berbicara dengan dia. oh, yaudah duduk aja kali daripada tegak didepan pintu kelas jawab Jessica. hahaha, ya deh sip jawab Nico dengan tersenyum. Meskipun mereka 1 kelas, tetapi mereka jarang sekali untuk bicara. Pelajaran Bahasa Indonesia pun dimulai dengan membagi kelompok yang dibagi oleh ibu guru. Anak-anak hari ini kita akan mempelajari tentang berdiskusi kata ibu Septa, Ibu akan membagi kelompok sesuai dengan ibu yang buat kata ibu Septa lagi. Semua anak pun diam untuk mendengarkan siapa-siapa saja kelompok mereka. Tanpa disengaja, apa memang takdir, nama Nico, Jessica dan 2 teman lagi disebut untuk menjadi 1 kelompok. Nico memang sudah menyukai Jessica pada awal

Inikan untuk kebersamaan bukan untuk individu. Semua anak-anak pun menyumbang untuk dana menghias kelas. Tetapi yang masih membuat Nico bingung. Meskipun sudah 1 kelompok Nico tetap saja tidak berani untuk memulai pembicaraan dengan Jessica. tangannya kok nggak dilepas? hehe Jessica pun tersentak untuk melepaskan tangan Nico. banyak yang bilang.000 untuk permasalahan ini sambil mengambil dompet dan mengeluarkan uang. Betapa senangnya Nico dapat 1 kelompok dengan Jessica. kalau mereka nggak mau biar aku aja yang nyumbang jawab Nico. kenapa melamun? Tanya Jessica. Memang zaman sudah berubah. biarin kata Nico. Nico memang bisa dibilang golongan anak orang kaya. Jessica pun tersenyum kepada Nico. Nico pun tidak percaya kalu kata-katanya bisa membawa perubahan. lah. . Nico pun bertanya hmm Jess. Tidak ada yang mau dibayar untuk membantu agar Indonesia menjadi merdeka. kenapa harus menyumbang? Kan sisanya tinggal 50 ribu lagi. kami juga mau menyumbang kata Jessica. Semenjak pembicaraan waktu itu mereka berdua semakin akrab. Tiba-tiba Jessica mendekati Nico dan memegang tangannya. anak-anak ribut untuk lomba menghias kelas tidak ada dana jawab Kevin. 100. Uang itu akan dipakai untuk membeli pot dengan kembangnya jawab Nico. aku akan menyumbang Rp. uang kas kita sisa 50 ribu karena waktu itu membeli perlengkapan kebersihan kelas jawab Kevin. kenapa loe nggak nyumbang aja daripada ribut-ribut kayak ini canda Kevin. kenapa nggak nyumbang aja sih? ya itu sih banyak yang mempunyai ide itu. hei. kan malu sama anak-anak minta Jessica. tiba-tiba Nico pun meminta perhatian anak-anak kelasnya untuk membicarakan tentang kekurangan dana. pin BB kamu berapa? tanya Nico. Hei Co. Mohon perhatiannya sebentar. tetapi Nico menahan dan tetap memeganginya. kenapa ribut-ribut Tanya nico kepada Kevin. Kalau memang tidak ada yang mau menyumbang. ha? (terkejut) oh. berbeda tetapi rasa kebersamaan dan kekeluargaan itu masih ada di hati kita. Eh. ah cuma itu. hati kami tergerak kata Jessica lagi. Bel istirahat pun berbunyi. loe kan anak orang kaya. Ngaak co. tapi anak-anak banyak yang tidak setuju . karena kelas kita kekurangan dana untuk perlombaan menghias kelas maka saya minta untuk menyumbang agar dapat membeli bahan-bahannya kata Nico. itu aja dipakai jawab salah satu anak. Tiba-tiba disuatu pagi pada hari Jumat. anak-anak kelas ribut karena permasalahan perlombaan 17 Agustus di sekolah. Tiba-tiba Nico pun bertanya kepada Jessica. Suasana kelas pun menjadi hening. Nico pun memberanikan diri untuk berbicara dengan Jessica oh ya. kebersamaan para pemuda sehingga terjadi peristiwa Rengasdengklok. nggak tau nih. Nico pun meninggalkan Kevin dan mendekati Jessica sambil bertanya kepadanya permasalahan secara detail. kan sudah bayar uang kas masa kurang jawab Jessica. Jessica pun menjawab nih pin BB ku sambil memberikan sepucuk kertas yang bertulis pin BB nya Jessica. haha nggak kok jawab Nico. Nico pun bingung. Makasih ya kata Nico sambil tersenyum kepada Jessica. tapi kan harus tau permasalahannya juga jawab Nico. Co lepasin donk. dia biasanya memakai motor Kawasaki Ninja RR kesekolah tapi terkadang memakai mobil. Hahaha. Betapa senangnya Nico. Nico pun berbicara Dana ini akan kita pergunakan untuk menghias kelas kita. karena kata-kata kamu tadi.semester 1. Ha?? Tidak ada dana? Memang tidak cukup uang kas kita? Tanya Nico lagi. tangan Jessica tetap memegan tangannya ketika bendahara mengambil uang dari anak-anak. dimana kebersamaan kita? Dihatikah atau kebersamaan kita hanya sebatas uang? Dimasa proklamasi orang hanya mengandalkan kepercayaan kepada Ir Soekarno dan Moh Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan. Rencananya Nico akan berbicara pada istirahat nanti. Kenapa tidak setuju? tanya Nico.

Bel masuk pun berbunyi. Lagu Nasional yang dinyanyikan band Nico yaitu lagu 17 Agustus 1945 dan lagu pop-nya Hal Terindah dari band Seventeen. aku pulang bareng kamu ya Nico pun terkejut dan berkata ya . ya jawab Jessica. Aku tidak romantis seperti kebanyakan cowok dan aku tidak sempurna untuk cewek seperti kamu. Nico sangat bangga dan bahagia. diumumkan siapa saja yang menang. ternyata dia mendapatkan yang dia mau pada saat hari peringatan HUT RI ke 66. oh God. Saat lomba band Nico menjadi Gitaris dan menjadi Vokalis. Kelas IX A pun sangat senang dan sangat gembira. Nico pun memberanikan diri Jes. selama ini aku menyukaimu. I LOVE YOU jawab Jessica sambil memegang erat tangan Nico. kamu sangat baik dan perhatian. aku juga menyukaimu. Pada saat itu Jessica pun menghampiri Nico dan berkata Co. kelas IX A memegang lebih banyak memenangi lomba. Tanggal 17 Agustus pun telah tiba. absen : 33 . anak-anak SMP Pelita Harapan pun mengikuti upacara dan lomba. Setelah semua lomba selesai. Mereka pun melanjutkan perjalan ke rumah Jessica untuk mengantarnya pulang. Aku juga baru pertama kali pacaran. Dan kelas IX A memenangi lomba Band. Memang baru kali ini ada Kelas yang memenangi Lomba sebanyak 3 cabang sekaligus yaitu kelas IX A. Memang untuk lomba band disuruh menyanyikan lagu Nasional dan lagu pop. Aku juga tidak tau mengatakannya lagi. Sama pada saat bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan yang ditunggutunggu untuk lepas dari para penjajah. dan tiba-tiba saat mengantar pulang dia akan menyatakan cinta kepada Jessica (ccceeeiiillleee). Anak-anak pun pulang dari sekolah. Aku akan menerima menjadi pacarmu. Yang bermasalah tinggal perasaan Nico kepada Jessica dan perlombaan band. NB : Cerita ini mengandung tema kemerdekaan + percintaan Nama : Victor Vanessa SImanjuntak Kelas : X A No. tapi aku tidak tau apa yang harus aku katakana. Hmmm maukah kau menjadi pacarku? Kamu adalah first love ku . Bel pulang sekolah pun berbunyi. Jadi kamu adalah pacar aku? Tanya Nico. Setelah diumumkannya pemenang lomba. Paduan Suara dan menghias kelas. Setelah diperjalanan Nico mengajal Jessica ketempat yang romantic yaitu di taman yang rindang. Betapa senangnya hati Nico. masalah yang dikelas pun sudah tidak ada lagi. Jessica pun menonton lomba band untuk melihat band IX A sekaligus melihat Nico (padahal hanya untuk melihat Nico).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->