P. 1
Pengertian Surat Berharga

Pengertian Surat Berharga

|Views: 2,343|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: anak baru belajar hukum on Aug 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

text

original

HUKUM SURAT BERHARGA

Budi Agus Riswandi Dosen Tetap Fakultas Hukum UII

MACAM-MACAM ALAT BAYAR
Sistem barter  Mata uang  Surat berharga/Commercial paper/Negotiable instrument

ALASAN PENGGUNAAN SURAT BERHARGA
Aspek Keamanan  Lebih Praktis  Prestise  Mode atau Trend  Objek Perjanjian

PENGERTIAN SURAT BERHARGA

BAHASA INGGRIS
 Commercial

paper  Negotiable instrument  Waarde van papieren

TERJEMAHAN:
 Surat

berharga  Kertas berharga  Surat Perniagaan

PENGERTIAN…

SURAT BERHARGA adalah surat pengakuan hutang, wesel, saham, obligasi, sekuritas kredit, atau setiap derivatifnya atau kepentinga dari penerbit dalam bentuk yang lazim diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uang. (Pasal 1 angka 10 UU Perbankan). SURAT BERHARGA adalah surat bukti tuntutan utang, pembawa hak dan mudah diperjualbelikan (HMN Purwosutjipto). WAARDEPAPIER adalah suatu tanda bukti yang pembayaran utangnya sudah dapat dilakukan hanya dengan cara memperlihatkan surat, pemegangnya sudah dianggap sebagai penagih utang yang berhak.(Kamus Istilah Hukum Foekema Andreae, Belanda – Indonesia)

DASAR PENGATURAN
Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (Buku I Title 6 dan 7).  Surat Keputusan Direksi BI No. 21/48/KEP/DIR dan Surat Edaran BI No. 21/27/UPG, tanggal 27 Okt 1988 tentang Sertifikat Deposito.  SKBI No. 28/32/KEP/DIR/1995, tanggal 4 Juli 1995 tentang Bilyet Giro.

Dasar Hukum yang Mengikat antara Penerbit dan Pemegang Surat Berharga
 

Teori Kreasi/Penciptaan

Terdapat tanda tangan dari penerbit dengan pemegang Terdapat tanda tangan dari penerbit dengan pemegang sepanjang ada kepantasan (cara yang lazim, diakui oleh masyarakat dan dilindungi oleh hukum) Merupakan suatu perjanjian dimana perjanjian tersebut menyetujui adanya peralihan kepada pihak lain. Dengan melakukan penunjukan surat berharga pada hari bayar.

Teori Kepantasan

Teori Perjanjian

Teori Penunjukan

FUNGSI SURAT BERHARGA
Berfungsi sebagai Alat Bayar  Berfungsi sebagai Surat Bukti Hak Tagih  Berfungsi sebagai Alat Memindahkan Hak Tagih.  Berfungsi sebagai Pembawa Hak

SYARAT-SYARAT SURAT BERHARGA
       

Nama surat berharga seperti Wesel, Cek dll. Perintah/janji tak bersyarat. Nama orang yang harus membayar Penunjukan hari gugur. Penunjukan tempat, dimana pembayaran harus dilakukan. Nama orang, kepada siapa atau kepada penggantinya pembayaran itu harus dilakukan. Penyebutan tanggal, tempat surat berharga diterbitkan. Tanda tangan penerbit.

Syarat Khusus Surat Berharga
  

Wesel:
 Bayarlah  Saya  Kata

surat wesel ini kepada…dst.

Surat Sanggup
berjanji akan membayar seumlah uang kepada…dst

Bilyet Giro
perintah pemindahan buku dari rekening penerbit ke rekening orang yang disebut pada BG. Indonesia mengikatkan diri untuk membayar pada tanggal…….kepada pembawa jumlah…..

Sertifikat Bank Indonesia
 Bank

Klausul-Klausul SB

Atas pembawa (aan toonder, to bearer)
 Pengalihannya

cukup dengan menyerahkan surat itu dari tangan ke tangan, seperti menyerahkan uang. adalah menempatkan suatu keterangan pada surat berharga, dimaksudkan bahwa pemegang memberikan keterangan bahwa surat berharga tersebut diperalihkan kepada pemegang berikutnya. nama terlebih dahulu dan membuat akta otentik atau akta di bawah tangan

Atas pengganti (aan order, to order)
 Endosemen

Atas nama (up naam)
 Balik

MACAM-MACAM KLAUSUL SURAT BERHARGA

ATAS PEMBAWA DAN ATAS TUNJUK (AAN TOONDER, TO BEARER)
Pengalihannya cukup dengan menyerahkan surat itu saja.  KELEMAHAN: Apabila surat berharga hilang atau dicuri orang yang tidak berhak sedangkan pemegang asli terlambat memberitahu ke bank tersangkut, dan si pencuri telah mencairkan ke bank tersebut.

ATAS PENGGANTI (AAN ORDER, TO ORDER).

ENDOSEMEN: menempatkan suatu keterangan pada surat berharga. Keterangan yang dimaksudkan memberikan keterangan bahwa surat berharga tersebut diperalihkan kepada pemegang berikutnya. Peralihan lebih sulit karena harus dengan balik nama terlebih dahulu dan membuat akta otentik atau akta di bawah tangan.

ATAS NAMA (UP NAAM)

BENTUK-BENTUK SURAT BERHARGA

BERDASARKAN KUHD

SURAT WESEL: surat yang memuat kata wesel di dalamnya, ditanggali dan ditandatangani di suatu tempat, penerbit memberikan perintah tanpa syarat kepada tersangkut untuk pada hari bayar membayar sejumlah uang kepada orang (penerima) yang ditunjuk oleh penerbit atau penggantinya di suatu tempat tertentu. CEK: surat berharga yang memuat kata cek, penerbitnya memerintahkan kepada bank tertentu untuk membayar sejumlah uang kepada orang yang namanya disebut dalam cek, penggantiannya atau pembawanya pada saat ditunjukkan.

BENTUK-…(1)

DILUAR KUHD
 BILYET

GIRO: surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk memindahbukukan sejumlah dana yang tersebut namanya.  SERTIFIKAT DEPOSITO: surat berharga atas tunjuk dalam rupiah yang merupakan surat pengakuan hutang dari Bank dapat diperjual belikan dalam pasar uang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->