P. 1
Iman Kepada Kitab Allah

Iman Kepada Kitab Allah

|Views: 1,024|Likes:
Published by Dwi Wahyudi Zain

More info:

Published by: Dwi Wahyudi Zain on Aug 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPSX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Materi PAI SMP Kelas 8 Semester I

Oleh Dwi

STANDAR KOMPETENSI Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-Kitab Allah swt. Menyebutkan nama-nama Kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul Menampilkan sikap mencintai Al Quran sebagai kitab Allah

1. Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt.
• “Iman” artinya Percaya dengan sepenuh hati.
Secara bahasa, “kitab” artinya tulisan, karya tulis, atau buku Secara terminologi, kitab adalah kumpulah wahyu yang diturunkan Allah swt. kepada para rasul.
Beriman kepada kitab-kitab Allah swt. artinya: mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah menurunkan kitab-kitab suci kepada para nabi dan rasul-Nya melalui malaikat Jibril.

Fungsi Beriman kepada KitabKitab Allah
1.

Petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia agar dapat mencapai keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Petunjuk bagi setiap manusia tentang kebenaran dan kebatilan. Panduan bagi manusia di bidang aqidah, ibadah, akhlak, muamalah, ekonomi sosial dan budaya. Sebagai mukjizat para nabi dan rasul, untuk menguatkan risalah mereka. Sebagai sumber informasi tentang hal-hal ghaib yang tak mungkin dijangkau oleh akal manusia.

2.

3.

4.

5.

2.Nama-nama Kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul
a.

Kitab Taurat

Nabi Musa as.

b.

Kitab zabur Kitab Injil Kitab Al Quran

Nabi Daud as.

c.

Nabi Isa as. Nabi Muhammad saw.

d.

Dalil bahwa Allah swt. telah menurunkan Kitab Taurat
Click to edit Master text styles Second level ● Third level ● Fourth level ● Fifth level
Artinya: Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku” (Q. S. Al Isra:2)

Dalil bahwa Allah swt. telah menurunkan Kitab Zabur
Click to edit Master text styles Second level ● Third level ● Fourth level ● Fifth level
Artinya: Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud (Q. S. Al Isra: 55)

Dalil bahwa Allah swt. telah menurunkan Kitab Injil
Click to edit Master text styles Second level ● Third level ● Fourth level ● Fifth level

Artinya: Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. (Q. S. Al Maidah: 46)

3. Al Quran sebagai kitab suci umat Islam
Diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. melalui perantara malaikat Jibril. Diturunkan secara berangsur-angsur selama kurang lebih 23 tahun. Diturunkankannya Al Quran dimulai dari Surat Al Alaq: 1 - 5 dan diakhiri dengan Surat Al Maidah: 3. Terdiri dari 30 juz dan 114 surat. Susunannya dimulai dari Surat Al Fatihah dan diakhiri oleh Surat An Naas. Al Quran merupakan kitab suci terakhir yang telah sempurna.

4. Keistimewaan Al Quran dibanding kitab- kitab yang lain

Tidak ada satu makhluk pun yang dapat menandingi kehebatan Al Quran. (Al Isra: 88) Al Quran ditujukan kepada seluruh umat manusia. Isi Al Quran telah memuat isi dari kitab-kitab sebelumnya. (Al Quran merupakan penyempurna dari kitab sebelumnya) (Ali Imran: 3) Isi Al Quran mencakup seluruh aspek kehidupan manusia (komprehensif) Al Quran terpelihara kemurniannya. (Al Hijr: 9) Al Quran sebagai obat dan rahmat bagi orang yang beriman. (Al Isra’: 82)

5. Menampilkan Sikap Mencintai Al Quran
Meyakini bahwa Al Quran itu benar-benar Wahyu dari Allah swt. (Al Baqarah: 2) Mempelajari Al Quran dan mengajarkannya. Rajin membaca Al Quran. Memahami ajaran-ajaran di dalamnya. Sebisa mungkin, melaksanakan ajaran-ajaran dalam Al Quran.

Soal-Soal!
1.

Menurutmu, bagaimana Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad? Apa bukti bahwa kamu telah beriman kepada kitab Allah? Sebutkan kegiatan yang selama ini telah kamu lakukan untuk mencintai Al Quran! Tuliskan pengalamanmu dalam belajar/mempelajari Al Quran!

2.

3.

4.

By: Wahyudi, Dwi (Agustus 2009) SMPN 4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->