P. 1
THAHARAH (Islam Disiplin Ilmu)

THAHARAH (Islam Disiplin Ilmu)

|Views: 148|Likes:
Published by Sigit Priya Tn

More info:

Published by: Sigit Priya Tn on Aug 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2016

pdf

text

original

THAHARAH

Dr.H.Masyhudi AM

MOTTO Kebersihan diri & lingkungan adalah pangkal kesehatan

Empat Faktor yang Mempengaruhi Derajat Kesehatan 

Faktor Pembawaan  Kebiasaan 

Lingkungan 

FasilitasKesehatan

Mengapa belajar thaharah penting ?? & Mengapa seorang dokter harus faham prinsip-prinsip prinsipthaharah .

FIQIH THAHARAH ? .

Muwalat. membasuh telapak tangat. Dll Bagaimana dengan Tayamum ??? . berkumur. menghirup ke dalam hidung -Mengusap kepala -Tertib.Ilmu Fiqih : Ilmu Pengetahuan tentang hukum syari¶ah Islam sesuai dalilnya satu persatu (ada 5 hukum dalam fiqih) Fiqih Cenderung pada perbedaan Contoh : Dalam wudlu -Hukum niat -Hukum melafalkan niat -Hukum membaca Basmalah.

MACAM THAHARAH Thaharah Maknawi : Bersuci dari kemusyrikan dan kemaksiatan  Thaharah Indrawi : Bersuci dari hadas dan najis  .

mandi. menghilangkan najis) Kedua :Thaharah dengan menggunakan debu (Tayamum) Ketiga :Thaharah dengan menggunakan batu (Istinja¶) .Media Thaharah    Pertama :Thaharah dengan menggunakan air (berwudlu.

MACAM-MACAM AIR MACAMMenurut Banyak sedikitnya :  Air Banyak  Air Sedikit Menurut Sifatnya :  Suci Mensucikan Suci tidak mensucikan  Najis  .

BERSUCI DARI HADAS Wudlu  Mandi  Tayamum .

DASAR Al-Qur¶an Surat Al-Ma¶idah :6 .

S. lalu kamu tidak memperoleh air. Allah tidak hendak menyulitkan kamu. Al-Ma¶idah [5] : 6) . dan jika kamu junub Maka mandilah. sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu. dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan. dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki. Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih). Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku.³Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu hendak mengerjakan shalat. supaya kamu bersyukur´. (Q.

Al-Baqarah: 222) .´Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang bersuci diri.´ (QS.

Muslim) . Bukhari Muslim) ( ) ³Kebersihan adalah bagian dari iman´ (HR.Muslim) HR.Hadits : ( ) ³Allah tidak menerima shalat seseorang yang berhadas sebelum berwudhu terlebih dahulu´ (HR.

Tidak ada agama atau lembaga yang mengajarkan prinsip thaharah melebihi efektifnya ajaran Islam !!! .

Niat Membasuh muka Membasuh kedua tangan sampai siku Mengusap sebagian kepala Membasuh kedua kaki sampai mata kaki Tertib . 4. 5. 2. 6. 3.FARDU WUDLU 1.

. Daroquthni dari Abu Hurairah).Wudhu sebagai Latihan Relaksasi dengan Terapi Air (Hydro Therapy) ³Barang siapa dzikrullah ketika wudhu.´ (HR. niscaya disucikan oleh Allah tubuhnya secara keseluruhan Barangsiapa tiada mengingat Allah (dzikrullah) niscaya tiada disucikan oleh Allah dari tubuhnya selain yang kena air saja.

FARDU MANDI 1. Niat Menghilangkan najis di badan Mengucurkan air ke seluruh badan (termasuk rambut) . 3. 2.

FARDU TAYAMUM 1. 4. Niat Mengusap muka Mengusap kedua tangan sampai siku Tertib . 3. 2.

Thaharah dari Najis Menghilangkan najis dari Badan. Pakaian dan Tempat .

Jenis Najis  Mughalladhah  Mutawasithah  Mukhaffafah .

THAHARAH UNTUK ORANG YANG SAKIT   Orang yang dikhawatirkan lebih parah jika terkena air : boleh bertayamum Orang yang dipasang kateter :boleh berwudlu atau tayamum setelah waktu sholat tiba (hukumnya sama dengan orang yang istihadhah) .

KHITAN .

Ali Imron (3) : 95 ³Katakanlah. maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus.DASAR Perintah Khitan terdapat dalam beberapa ayat al Qur¶an. Ayat senada juga terdapat dalam Q.S. ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif. diantaranya dalam QS An-Nahl (16) :123 ³Kemudian kami wahyukan kepadamu (Muhammad). dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik´. benarlah (apa yang difirmankan )Allah. dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik´ .

Kewajiban melaksanakan khitan secara nyata disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Imam Ahmad : ³Khitan itu wajib bagi laki-laki dan perbuatan yang terhormat bagi perempuan´ .

Khitan dianggap sebagai praktek yang merusak bagian tubuh manusia Khitan banyak menimbulkan efek samping. terutama khitan bagi anak perempuan. sebab Khitan biasanya dilakukan pada saat anak belum dewasa. hanya mengikuti perintah orang tuanya.HUJATAN TERHADAP PRAKTEK KHITAN Khitan dianggap sebagai perbuatan yang melanggar Hak Asasi Manusia. yang belum bisa mengambil putusan sendiri. .

.Tinjauan medis terhadap khitan ?.

. diantaranya : Penyakit kanker ganas dan praganas pada alat kelamin pria phimosis dan paraphimosis. yaitu perlengketan antara kulit dan kepala penis penyakit akibat jamur candidiasis berbagai penyakit infeksi lainnya.Secara medis. khitan sangat menguntungkan bagi kesehatan. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan khitan.

SIWAK .

Malik & Ahmad) . Bukhori.pastilah akan aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudlu´ (H.R.R. Bukhori dan Nasai) ³Seandainya aku tidakkhawatirakan mempersulit ummatku.Dasar Perintah Siwak ³Siwak itu dapat mensucikan mulut dan memperoleh keridloan Allah ³ (H.

Beberapa Keadaan yang disunnahkan bersiwak        Saat terjaga dari tidur Setiap kali akan berwudlu Setiap kali akan mengerjakan sholat Setiap kali akan masuk rumah Ketika terjadi perubahan bau mulut Akan akan membaca Al-Qur¶an AlSebelum keluar rumah untukmenunaikan sholat di Masjid .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->