P. 1
Rpp Pai Smp Kelas 7 Smt 1

Rpp Pai Smp Kelas 7 Smt 1

|Views: 1,546|Likes:
Published by Dwi Wahyudi Zain

More info:

Published by: Dwi Wahyudi Zain on Aug 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 01 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu I.

: SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII / 1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi : 1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 1.2. Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah.

II.

III. Indikator : 1.1.1 Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyyah. 1.1.2 Menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyyah. 1.1.3 Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyyah. 1.1.4 Menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Qamariyyah. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 2. Menunjukkan contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. Materi Pembelajaran : Hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 1. Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 2. Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 2. Drill (latihan) : Siswa berlatih untuk membuat contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 3. Demonstrasi (Peragaan) : Siswa memperagakan cara membaca contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah.

V.

VI.

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan : a. Guru menunjuk siswa yang fasih membaca Al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat ad Dluha (surat pilihan dari Al-Qur’an). b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. c. Meminta siswa untuk menyiapkan Al-Qur’an dan buku-buku tajwid. 2. Kegiatan Inti : a. Siswa membaca buku-buku tajwid untuk menelaah pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. b. Siswa mencari contoh-contoh bacaan bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dari surat-Ad-Dhuha.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 1

3.

Siswa menunjukkan contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dari surat-Ad-Dhuha. Kegiatan Penutup : a. Guru memberi tugas siswa untuk mencari contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dari surat-surat pendek dalam Al Qur’an serta menuliskannya dalam buku tugas. b. Mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. c. Siswa bersama-sama membaca satu surat pendek sebagai penutup kegiatan pembelajaran.

c.

VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya. 2. Buku Ilmu Tajwid. 3. Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 7 IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis. 2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian. 3. Soal/Instrumen : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah! 2. Jelaskan perbedaan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah! 3. Tulislah tiga contoh bacaan “Al” Syamsiyyah! 4. Tulislah tiga contoh bacaan “Al” Qamariyyah!

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 02 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII / 1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. II. Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 1.2. Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. III. Indikator : 1.2.1 Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyyah. 1.2.2 Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyyah. 1.2.3 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 2. membedakan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. V. Materi Pembelajaran : Hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 1. Ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah 2. Perbedaan antara hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang ciri-ciri bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. 2. Resitasi (Penugasan) : Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menemukan perbedaan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan : a. Guru menunjuk siswa yang fasih membaca Al-Qur’an untuk memimpin temantemannya membaca surat ad Dluha b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. c. Meminta siswa untuk menyiapkan Al-Qur’an dan buku-buku tajwid. 2. Kegiatan Inti : d. Siswa membaca buku-buku tajwid untuk menelaah ciri-ciri bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah.. e. Siswa mengadakan diskusi kelompok mencari perbedaan antara “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dan mempresentasikannya dalam diskusi kelas. 3. Kegiatan Penutup : a. Mengadakan tanya jawab tentang ciri-ciri bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 3

b. Siswa bersama-sama membaca satu surat pendek pembelajaran.

sebagai penutup kegiatan

VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Achmad Sunarto, l987, Ilmu Tajwid Lengkap, Surabaya, CV. Bina Ilmu. 3. Kartu ayat dan CD/VCD. IX. Penilaian : A. Teknik Penilaian : Tes Tulis. B. Bentuk Instrumen : Tes Uraian. C. Soal/Instrumen : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Sebutkan ciri-ciri bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah! 2. Jelaskan perbedaan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah!

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 03

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu

: SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII / 1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah. II. Kompetensi Dasar : 1.3. Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam bacaan surat al Qur’an dengan benar.

surat-

III. Indikator : Menunjukkan contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. Al-Dluha. 1.3.2 Menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat Al ‘Aadiyaat. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menunjukkan contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat ad Dluha dan surat al ‘Aadiyaat. 2. Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam bacaan surat ad Dluha dan al ‘Aadiyaat dengan benar. V. Materi Pembelajaran : 1. Bacaaan “Al” Syamsiyyah dan Al Qamariyyah dalam surat Ad Dluha. 2. Bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat Al ‘Aadiyaat. VI. Metode Pembelajaran : 1. Resitasi (Penugasan) : Siswa mencari contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat ad Dluha dan al ‘Aadiyaat. 2. Drill (Latihan) : Siswa berlatih membaca contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat ad Dluha dan al ‘Aadiyaat. 3. Demonstrasi (Peragaan) : Siswa mendemonstrasikan penerapan bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam bacaan surat ad Dluha dan al ‘Aadiyaat dengan benar. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat al ‘Aadiyaat. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. c. Meminta siswa untuk menyiapkan Al-Qur’an dan buku-buku tajwid. 2. Kegiatan Inti a. Siswa menelaah bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat Ad Dluha dan Al ‘Aadiyaat.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 5

b. Siswa menunjukkan contoh bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dari potongan ayat surat Ad Dluha dan Al ‘Aadiyaat. c. Siswa mendemonstrasikan penerapan bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam bacaan surat ad Dluha dan al ‘Aadiyaat dengan benar. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberikan kesimpulan tentang bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dari surat Ad Dluha dan Al ‘Aadiyaat. b. Siswa bersama-sama membaca surat Ad Dluha dan Al ‘Aadiyaat sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung Mas Inti. 2. Achmad Sunarto, l987, Ilmu Tajwid Lengkap, Surabaya, CV. Bina Ilmu. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja. 2. Bentuk Instrumen : Praktik. 3. Soal/Instrumen : Aspek Penerapan Konsep (Psikomotor) Rubrik Penilaian Penerapan bacaan “Al” Syamsiyyah dan “Al” Qamariyyah dalam surat ad Dluha dan al ‘Aadiyaat. Nama : …………………………………. No. Aspek Penilaian A =20 1. Kelancaran Bacaan 2. Ketepatan Harokat 3. Ketepatan Makhroj 4. Ketepatan Ilmu Tajwid 5. Adab Membaca al Qur’an. Skor Penilaian Skor Maksimal 100 Nilai : ………………….. B =15 C =10 D=5

75

50

25

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 04

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu

: SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya. II. Kompetensi Dasar : 2.1 Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah. 2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah. III. Indikator : 2.1.1 Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyyah (Wujud) 2.1.2 Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat salbiyyah (Qidam, Baqa’, Mukholafatu lil Hawaditsi, Qiyamuhu bi nafsihi dan Wahdaniyyat) 2.1.3 Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat Ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam ) 2.1.4 Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat Ma’nawiyah (sifat-sifat yang bergantung pada sifat ma’ani) yakni sifat qadiran, muridan, ‘aliman, hayyan, sami’an, bashiran, dan mutakalliman. 2.2.1 Menerjemahkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyyah (Wujud) 2.2.2 Menterjemahkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat salbiyyah (Qidam, Baqa’, Mukholafatu lil Hawaditsi, Qiyamuhu bi nafsihi dan Wahdaniyyat) 2.2.3 Menterjemahkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat Ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam ) 2.2.4 Menterjemahkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat Ma’nawiyah (sifatsifat yang bergantung pada sifat ma’ani) yakni sifat qadiran, muridan, ‘aliman, hayyan, sami’an, bashiran, dan mutakalliman. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyyah. 2. Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat salbiyyah. 3. Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat ma’ani. 4. Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat ma’nawiiyyah. 5. Menyebutkan arti ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyyah. 6. Menyebutkan arti ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat salbiyyah. 7. Menyebutkan arti ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat ma’ani. 8. Menyebutkan arti ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat ma’nawiyyah. V. Materi Pembelajaran : Ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt. 1. Sifat nafsiyyah (sifat kedirian) Yakni sifat wujud. QS. as Sajdah ayat 4 : 2. Sifat salbiyyah (sifat-sifat yang membedakan Allah Swt. dengan dzat-dzat yang lain). Yakni sifat qidam, baqa’, mukholafatu lil hawaditsi, qiyamuhu bi nafsihi dan wahdaniyyat. QS. al Hadid ayat 3 :QS. ar Rahman ayat 27 :QS. as Syuura’ ayat 11 ; QS. al Ankabut ayat 6 ;QS. al Ikhlas ayat 1.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 7

3. Sifat Ma’ani (sifat-sifat abstrak). Yakni sifat qudrat, iradat, ilmu, hayat, sama’ bashar, dan kalam. QS.Al Baqarah ayat20 QS. Huud ayat 107 QS. An Nisa’ayat 176 : QS.Al Furqan ayat 58 QS. Al Baqarah ayat 256 QS. Al Hujurat ayat 19 QS. an Nisa’ ayat 164 4. Sifat Ma’nawiyah (sifat-sifat yang bergantung pada sifat ma’ani) yakni sifat qadiran, muridan, ‘aliman, hayyan, sami’an, bashiran, dan mutakalliman. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah. 2. Resitasi (Penugasan) : Siswa mencari ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah beserta terjemahannya dan menuliskannya dalam buku tugas. 3. Drill (latihan) : Siswa berlatih membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah beserta terjemahannya. 4. Demonstrasi (Peragaan) : Siswa mendemonstrasikan bacaan ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah beserta terjemahannya. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan. a. Guru menunjuk siswa siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat an Nisa’ ayat 136. b. Menjelaskan materi pembelajaran beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengansifat-sifat Allah. b. Siswa mencari ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah beserta terjemahannya dan menuliskannya dalam buku tugas. c. Siswa berlatih membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah beserta terjemahannya. d. Siswa mempraktikkan bacaan ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah beserta terjemahannya. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah. b. Siswa bersama-sama membaca surat al Baqarah ayat 255 sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung Mas Inti. 2. Nasruddin Razak, 1993, Dienul Islam, Bandung, PT. Al Ma’arif. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja dan Tes Tulis. 2. Bentuk Instrumen : Praktik dan Uraian.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 8

3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penerapan Konsep (Psikomotor) : Rubrik Penilaian Bacaan ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Nama : …………………………………. No. Aspek Penilaian A =20 B =15 1. Kelancaran Bacaan 2. Ketepatan Harokat 3. Ketepatan Makhroj 4. Ketepatan Ilmu Tajwid 5. Adab Membaca al Qur’an. Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 c. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif) : Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar ! 1. Ayat di bawah ini menunjukkan bahwa Allah bersifat .... (Q.S. Al Baqarah : 255) Nilai : ……… C =10 D =5

50

25

2. Ayat di di bawah ini menunjukkan bahwa Allah bersifat …. (Q.S. Al Baqarah : 20)

3. Ayat di bawah ini menunjukkan bahwa Allah bersifat …. (Q.S. Asy Syura : 11)

4. Ayat di bawah ini menunjukkan bahwa Allah bersifat …. (Q.S. Al Maidah : 76)

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 05 Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Pracimantoro Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas/Semester : VII/1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan) I. Standar Kompetensi : 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya. III. Kompetensi Dasar : 2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt. 2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt. IV. Indikator : 2.3.1 Menjelaskan pengertian iman kepada Allah Swt. 2.3.2 Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta. 2.3.3 Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya. 2.3.4 Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli. 2.4.1 Menunjukkan sikap yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah 2.4.2 Menunjukkan sikap kerja keras untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah 2.4.3 Membiasakan berbuat baik terhadap sesama dan tidak berbuat kerusakan di bumi. V. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian iman kepada Allah Swt. 2. Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt. 3. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt. VI. Materi Pembelajaran : Iman kepada Allah Swt. 1. Pengertian iman kepada Allah Swt. 2.Tanda-tanda adanya Allah Swt. (fenomena alam semesta, ciptaan-Nya dan dalil naqli) 3.Perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt. a. sikap yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah b. sikap kerja keras untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah c. Berbuat baik kepada sesama dan dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi. VII. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian iman kepada Allah Swt. 2. Observasi (Pengamatan) : Siswa melakukan observasi di lingkungan sekolah dan sekitarnya untuk mencari fenomena alam tentang bukti-bukti adanya Allah Swt. 3. Resitasi (Penugasan) a. Siswa mencari ayat-ayat al Qur’an tentang bukti adanya Allah Swt. b. Siswa membuat karya tulis tentang perilaku yang mencerminkan keyakinan sifat-sifat Allah Swt. VIII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat an Nisa’ ayat 136. b. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya. 2. Kegiatan Inti a. Siswa bertanya jawab tentang pengertian iman kepada Allah dan tanda-tandanya. b. Siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah mencari fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah Swt. dan menuliskannya dalam buku tugas. c. Siswa mencari dalil naqli berupa ayat al Qur’an tentang bukti-bukti adanya Allah Swt.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 10

3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang tanda-tanda adanya Allah Swt. dan perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt. b. Guru memberikan tugas portofolio membuat karya tulis tentang “Berbuat baik kepada sesama dan dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi”. c. Siswa bersama-sama membaca surat al Baqarah ayat 255 sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Nasruddin Razak, 1993, Dienul Islam, Bandung, PT. Al Ma’arif. 3. Lingkungan alam sekitar sekolah. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Observasi, Tes Tulis dan Portofolio. 2. Bentuk Instrumen : Pedoman Observasi, Uraian dan Dokumen karya siswa. 3. Soal/Instrumen : a. Pedoman Observasi : “Fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah Swt.” Nama : …………………………… Nilai : ………. No. Fenomena Alam Hasil Pengamatan 1. Matahari 2. Bulan 3. Bintang 4. Hujan 5. Gempa Bumi 6. dst. skor b. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif) : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. Jelaskan pengertian iman kepada Allah swt. ! 2. Sebutkan tiga bukti adanya Allah Swt. Melalui fenomena alam ! 3. Sebutkan tiga bukti adanya Allah Swt. Melalui ciptaan-Nya ! 4. Tulislah ayat al Qur’an yang menunjukkan adanya Allah Swt. ! 5. Sebutkan tiga perilaku yang mencerminkan keyakinan atas sifat-sifat Allah Swt. ! c. Rubrik Penilaian Portofolio “Berbuat Baik Kepada Sesama dan Tidak Berbuat Kerusakan di Muka Bumi” Nama : …………………………………… Nilai : …………. No. Aspek Penilaian A =20 B =15 C =10 1. Ketepatan karya tulis dengan topik pembahasan 2. Ketepatan penggunaan argumentasi dan istilah 3. Ketepatan penulisan dan ejaan 4. Ketepatan penggunaan bahasa Indonesia 5. Ketepatan waktu penulisan Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 50 Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 06 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu I. Standar Kompetensi : 3. Memahami Asmaul Husna. II. Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna. 3.2. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna. III. Indikator : 3.1.1 Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (As Salam, Al ‘Aziz, Al Khaliq, Al Ghaffar, Al Wahhab, Al Fattah, Al ‘Adl, Al Qayyum, Al Hadi, As Shabur) 3.1.2 Menerjemahkan ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (As Salam, Al ‘Aziz, Al Khaliq, Al Ghaffar, Al Wahhab, Al Fattah, Al ‘Adl, Al Qayyum, Al Hadi, As Shabur) 3.2.1 Menjelaskan pengertian Asmaul Husna. 3.2.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (As Salam, Al ‘Aziz, Al Khaliq, Al Ghaffar, Al Wahhab, Al Fattah, Al ‘Adl, Al Qayyum, Al Hadi, As Shabur) dalam lingkungan keluarga. 3.2.3 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (As Salam, Al ‘Aziz, Al Khaliq, Al Ghaffar, Al Wahhab, Al Fattah, Al ‘Adl, Al Qayyum, Al Hadi, As Shabur) dalam lingkungan sekolah. 3.2.4 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (As Salam, Al ‘Aziz, Al Khaliq, Al Ghaffar, Al Wahhab, Al Fattah, Al ‘Adl, Al Qayyum, Al Hadi, As Shabur) dalam lingkungan masyarakat. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna. 2. Menerjemahkan ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna 3. Menjelaskan pengertian Asmaul Husna. 4. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. V. Materi Pembelajaran : 1. Asmaul Husna adalah nama-nama Allah Swt. yang baik dan merupakan sifat- sifat Allah Swt. Asmaul Husna jumlahnya ada 99, 76 nama terdapat dalam al Qur’an dan 23 lainnya terdapat dalam Hadits. 2. Sepuluh dari 99 Asmaul Husna, itu antara lain : a.As Salam, (Maha Sejahtera) f.Al Fattah, ( Yang Maha Pembuka) b.Al ‘Aziz, (Maha Perkasa) g. Al ‘Adl, (Maha Adil/Bijaksana) c.Al Khaliq, (Maha Pencipta) h. Al Qayyum, (Maha Berdiri Sendiri) d.Al Ghaffar, (Maha Pengampun) i. Al Hadi, (Maha Pemberi Petunjuk) e.Al Wahhab, (Maha Pemberi Karunia) j. As Shabur, (Maha Sabar) 3. Isi kandungan 10 Asmaul Husna di atas dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

: SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

///// 12

VII. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang Asmaul Husna. 2. Resitasi (Penugasan) Siswa membaca ayat-ayat al Qur’an yang berhubungan dengan 10 Asmaul Husna, beserta terjemahannya. 3. Sosiodrama (Simulasi) Siswa mensimulasikan aktivitas yang menunjukkan pengamalan 10 Asmaul Husna. VIII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat al Hasyr ayat 24. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. c. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang Asmaul Husna. b. Siswa membaca ayat-ayat al Qur’an yang berhubungan dengan 10 Asmaul Husna, beserta terjemahannya. c. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang bentuk pengmalan 10 Asmaul Husna dan mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas. d. Siswa mensimulasikan aktivitas-aktivitas yang menunjukkan pengamalan 10 Asmaul Husna. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang pengamalan 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.. b. Guru memberikan tugas rumah (PR) berupa observasi “Pengamalan Asmaul Husna dalam Aktivitas Masyarakat” c. Siswa bersama-sama membaca surat Ali Imran ayat 8 sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Nasruddin Razak, 1993, Dienul Islam, Bandung, PT. Al Ma’arif. 3. Kartu ayat dan CD/VCD serta lingkungan masyarakat. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Lisan, dan Observasi. 2. Bentuk Instrumen : Praktik, dan Pedoman Observasi. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penerapan Konsep (Psikomotor) : Rubrik Penilaian Bacaan ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna Nama : …………………………………. Nilai : ……… No Aspek Penilaian A =20 B = 15 C =10 D 25 1. Kelancaran Bacaan 2. Ketepatan Harokat 3. Ketepatan Makhroj 4. Ketepatan Ilmu Tajwid 5. Adab Membaca al Qur’an. Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 50 25
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 2

Rubrik Penilaian “Aktivitas di Sekolah yang mencerminkan pengamalan 10 Asmaul Husna ( al Adl)” Nama : …………………………………. Nilai : ……… No Aspek Penilaian A =20 B =15 C =10 D =5 1. Datang tepat waktu 2. Selalu mengerjakan tugas/PR 3. Hormat dan patuh terhadap guru 4. Berlaku baik dengan semua teman 5. Aktivitas Ektrakurikuler. Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 50 25 3. Pedoman Observasi : Pedoman Observasi “Pengamalan Asmaul Husna dalam Aktivitas Masyarakat” Nama : …………………………… No. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Asmaul Husna Al Ghaffar Al Wahhab Al Fattah Al Hadi As Shabur Nilai Aktivitas Masyarakat : ……….

Skor Penilaian Skor Maksimal

100 ..................,…………………2007

Mengetahui Kepala Sekolah …………………

Guru PAI

( ______________________ ) NIP.

( ______________________ ) NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 07

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu

: SMP…………………….. : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 3

I. Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji. II. Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. III. Indikator : 4.1.1 Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya. 4.1.2 Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya. 4.1.3 Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya. 4.1.4 Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 2. Menunjukkan dalil naqli tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. V. Materi Pembelajaran : 1. Pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 2. Dalil naqli tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. VII. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 2. Resitasi (Penugasan) Siswa mencari ayat-ayat al Qur’an yang berhubungan tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. . 3. Diskusi : Siswa mengadakan diskusi kelompok tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. VIII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin temantemannya membaca surat al Baqarah ayat 155. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secarasingkat. c. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. b. Siswa mencari ayat-ayat al Qur’an yang berhubungan tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. . c. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dan mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas.

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 4

3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. b. Siswa bersama-sama membaca surat Ali Imran ayat 200 sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung Mas Inti. 2. Humaidi Tatapangarsa, 1995, Akhlak Yang Mulia, Surabaya, Bina Ilmu.

IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis. 2. Bentuk Instrumen : Uraian. 3. Soal/Instrumen :

Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. Jelaskan pengertian sifat tawadlu ! 2. Sebutkan tiga cirri orang yang taat ! 3. Jelaskan perbedaan antara sifat qana’ah dan sabar ! 4. Sebutkan tiga jenis sabar ! 5. Tulislah dalil naqli yang menunjukkan sifat tawadlu !

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 08 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu I. Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji. II. Kompetensi Dasar : 4.2 Menampilkan contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 4.3 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. III. Indikator : 4.2.1 Menampilkan contoh perilaku tawadlu. 4.2.2 Menampilkan contoh perilaku taat. 4.2.3 Menampilkan contoh perilaku qana’ah. 4.2.4 Menampilkan contoh perilaku sabar. 4.3.1 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga. 4.3.2 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah. 4.3.3Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menunjukkan contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 2. Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. V. Materi Pembelajaran : 1. Contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 2. Pembiasaan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa tanya jawab tentang contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. 2. Resitasi (Penugasan) Siswa berdiskusi kelompok tentang contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpitemantemannya membaca surat al Baqarah ayat 155. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. b. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dan mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas. : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 6

3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. b. Guru memberikan tugas portofolio tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. c. Siswa bersama-sama membaca surat Ali Imran ayat 200 sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Humaidi Tatapangarsa, 1995, Akhlak Yang Mulia, Surabaya, Bina Ilmu. 3. Kartu ayat dan CD/VCD. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Portofolio. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Dokumen karya siswa. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. Bagaimanakah contoh perilaku orang yang tawadlu ! 2. Mengapa kita harus taat kepada Allah dan Rasul-Nya ? 3. Bagaimanakah contoh perilaku orang yang qana’ah ? 4. Mengapa kita tidak boleh berputus asa ketika ditimpa musibah ? 5. Mengapa sikap tawadlu, taat, qanaah dan sabar harus ditanamkan dalam keluarga Muslim ?

setiap

b. Rubrik Penilaian Portofolio “Penerapan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga,/ sekolah dan / masyarakat” Nama : …………………………………… Nilai : …………. No. Aspek Penilaian A =20 B =15 C =10 1. Ketepatan karya tulis dengan topik pembahasan 2. Ketepatan penggunaan argumentasi dan istilah 3. Ketepatan penulisan dan ejaan 4. Ketepatan penggunaan bahasa Indonesia 5. Ketepatan waktu penulisan Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 50

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 09 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci). II. Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum. III. Indikator : 5.1.1 Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya. 5.1.2 Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya. 5.1.3 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum. 5.1.4 Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum. 5.1.5 Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah. 5.1.6 Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum. 2. Menunjukkan dalil naqli tentang wudlu dan tayammum. 3. Mempraktikkan wudlu dan tayammum dengan benar. V. Materi Pembelajaran : 1. Ketentuan wudlu dan tayammum. 2. Dalil naqli tentang wudlu dan tayammum. 3. Tatacara Wudlu dan Tayammum. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian wudlu dan tayammum. 2. Resitasi (Penugasan) Siswa mengadakan diskusi kelompok tentang ketentuan wudlu dan tayammum. 3. Demontrasi (Peragaan) Siswa memperagakan wudlu dan tayammum. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin temantemannya membaca surat al Maidah ayat 6. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secarasingkat. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian wudlu dan tayammum. b. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang ketentuan wudlu dan tayammum kemudian mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas. c. Siswa melakukan praktek wudlu dan tayammum dengan benar. 3. Kegiatan Penutup Guru memberi memberikan kesimpulan tentang perbedaan wudlu dan tayammum.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 8

VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya. 2. Sulaiman Rasyid, 1995, Fiqih Islam, Bandung, Sinar Baru. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Unjuk Kerja. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Praktik. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan pengertian wudlu dan tayammum! 2. Tulislah ayat al Qur’an tentang wudlu! 3. Sebutkan enam rukun wudlu! 4. Sebutkan lima syarat tayammum! 5. Jelaskan perbedaan wudlu dan tayammum! b. Rubrik Penilaian Penerapan Konsep (Psikomotor) Rubrik Penilaian Praktik Wudlu A = 10 B=8 Aspek Penilaian 1. Mencuci telapak tangan dan basmalah 2. Berkumur-kumur dan istinsyak 3. Membasuh muka dan membaca niat 4. Membasuh kedua tangan sampai dg siku 5. Mengusap sebagian kepala 6. Membasuh kedua telinga luar dalam 7. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki 8. Mengulang setiap gerakan tiga kali 9. Membaca doa sesudah wudlu 10. Tertib (berurutan) Skor Penilaian Skor Maksimal 100 80 Rubrik Penilaian Praktik Tayammum A = 10 Aspek Penilaian
1. Meletakkan kedua telapak tangan ke debu dan membaca basmalah 2. Mengangkat kedua telapak tangan dan meniup debu agar menjadi tipis 3. Mengusapkan debu ke muka dan membaca niat 4. Meletakkan kembali kedua telapak tangan ke debu untuk mengusap tangan 5. Mengangkat kedua telapak tangan dan meniup debu agar menjadi tipis 6. Mengusapkan debu yang ada pada telapak tangan kiri ke tangan kanan 7. Mengusapkan debu yang ada pada telapak tangan kanan ke tangan kiri 8. Membaca doa sesudah Tayammum Skor Penilaian Skor Maksimal

C=7

D= 5

70

50

B=9

C=8

D= 7

100

80

70

50

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 10 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci). II. Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib. III. Indikator : 5.2.1 Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya. 5.2.2 Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib. 5.2,3 Menjelaskan tata cara mandi wajib. 5.2.4 Mendemonstrasikan mandi wajib secara benar. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib. 2. Menunjukkan dalil naqli tentang mandi wajib 3. Menjelaskan tatacara mandi wajib. 3. Mempraktikkan mandi wajib dengan benar. V. Materi Pembelajaran : 1. Ketentuan mandi wajib. 2. Dalil naqli mandi wajib. 3. Tata cara mandi wajib. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian mandi wajib. 2. Resitasi (Penugasan) Siswa mengadakan diskusi kelompok tentang ketentuan mandi wajib. 3. Demontrasi (Peragaan) Siswa memperagakan mandi wajib dengan media boneka. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat al Maidah ayat 6. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian wudlu dan tayammum. b. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang ketentuan wudlu dan tayammum kemudian mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas. c. Siswa melakukan praktek wudlu dan tayammum dengan benar. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang perbedaan wudlu dan tayammum.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 10

b. Siswa bersama-sama membaca surat al Maidah ayat 6 sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Sulaiman Rasyid, 1995, Fiqih Islam, Bandung, Sinar Baru. 3. CD/VCD. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Unjuk Kerja. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Praktik. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan pengertian wudlu dan tayammum! 2. Tulislah ayat al Qur’an tentang wudlu! 3. Sebutkan enam rukun wudlu! 4. Sebutkan lima syarat tayammum! 5. Jelaskan perbedaan wudlu dan tayammum! b. Rubrik Penilaian Penerapan Konsep (Psikomotor) Rubrik Penilaian Mandi Wajib Nama : …………………………………… Nilai : …………. Aspek Penilaian A= 20 B = 15 C= 10 D= 5 1. Membasuh kedua tangan sambil membaca niat 2. Membasuh kemaluan. 3. Berwudlu sebagaimana hendak sholat. 4. Memasukkan jari-jari dengan dibasahi air ke pangkal rambut 5. Menuangkan air ke atas kepala diteruskan seperti mandi biasa (rata seluruh bagian tubuh). Skor Penilaian . Skor Maksimal 100 75 50 25

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 11 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci). II. Kompetensi Dasar : 5.3 Menjelaskan perbedaan hadats dan najis. III. Indikator : 5.3.1 Menjelaskan pengertian hadats dan najis serta dasar hukumnya. 5.3.2 Menyebutkan macam-macam hadats dan cara mensucikannya. 5.3.3 Menyebutkan contoh macam-macam najis dan cara mensucikannya. 5.3.4 Menyebutkan perbedaan antara hadats dan najis. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian hadats dan najis. 2. Menunjukkan dalil naqli tentang hadats dan najis. 3. Menyebutkan macam-macam hadats dan najis. 4. Mensucikan hadats dan najis dengan benar. V. Materi Pembelajaran : 1. Pengertian hadats dan najis. 2. Dalil naqli tentang hadats dan najis. 3. Macam-macam hadats dan najis. 4. Cara mensucikan hadats dan najis. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian hadata dan najis. 2. Resitasi (Penugasan) Siswa mengadakan diskusi kelompok tentang macam-macam hadats dan najis. 3. Demontrasi (Peragaan) Siswa memperagakan cara mensucikan hadats dan najis VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat Al Maidah ayat 6. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian hadats dan najis. b. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang macam-macam hadats dan najis serta cara mensucikannya kemudian mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas. c. Siswa melakukan praktek mensucikan hadats dan najis dengan benar. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang perbedaan hadats dan najis.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 12

VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Sulaiman Rasyid, 1995, Fiqih Islam, Bandung, Sinar Baru. 3. CD/VCD. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Unjuk Kerja. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Praktik. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan pengertian wudlu dan tayammum! 2. Tulislah ayat al Qur’an tentang wudlu! 3. Sebutkan enam rukun wudlu! 4. Sebutkan lima syarat tayammum! 5. Jelaskan perbedaan wudlu dan tayammum! b. Rubrik Penilaian Penerapan Konsep (Psikomotor) Rubrik Penilaian Praktik Wudlu Nama : …………………………………… Nilai : …………. Aspek Penilaian A = 10 B=8 C=7 D= 5 1. Mencuci telapak tangan dan basmalah 2. Berkumur-kumur dan istinsyak 3. Membasuh muka dan membaca niat 4. Membasuh kedua tangan sampai dg siku 5. Membasuh kedua telinga luar dalam 6. Mengusap sebagian kepala 7. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki 8. Mengulang setiap gerakan tiga kali 9. Membaca doa sesudah wudlu 10.Tertib (berurutan) Skor Penilaian Skor Maksimal 100 80 70 50

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 12 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )

I. Standar Kompetensi : 6. Memahami tata cara shalat wajib. II. Kompetensi Dasar : 6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib. 6.2 Mempraktikkan shalat wajib III. Indikator : 6.1.1 Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya. 6.1.2 Menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat. 6.1.3 Menyebutkan rukun shalat 6.1.4 Menyebutkan sunnah shalat 6.1.5 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat. 6.2.1 Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib). 6.2.2 Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok. 6.2.3 Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat. 6.2.4 Mempraktekkan shalat wajib secara benar. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya. 2. Menyebutkan syarat-syarat dan rukun serta sunnah shalat. 3. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat. 4. Menjelaskan tatacara shalat wajib. 5. Menyebutkan bacaan-bacaan shalat. 6. Memperagakan gerakan-gerakan shalat. 7. Mempraktekkan shalat wajib dengan benar. V. Materi Pembelajaran : Shalat Wajib 1. Pengertian shalat dan dasar hukumnya. 2. Syarat wajib dansyarat sah shalat. 3. Rukun dan sunnah shalat. 4. Hal-hal yang membatalkan shalat. 5. Bacaan dan gerakan shalat. VI. Metode Pembelajaran : 1. Diskusi : Siswa berdiskusi tentang ketentuan shalat wajib dan dasar hukumnya. 2. Drill (Latihan) : Siswa berlatih menghafalkan bacaan dan gerakan shalat di sekolah. 3. Penugasan: Siswa diberi tugas untuk menghafalkan bacaan dan gerakan shalat di rumah. 4. Demonstrasi: Siswa memperagakan gerakan dan bacaan shalat secara individual. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca surat an Nisa’ ayat 103. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian shalat dan dasar hukumnya. b. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang ketentuan-ketentuan shalat kemudian mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 14

c. Siswa berlatih melafalkan bacaan dan melakukan gerakan shalat. d. Siswa mempraktikkan bacaan dan gerakan shalat dengan benar. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang tertib shalat. b. Siswa bersama-sama membaca bacaan shalat sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Al Qur’an dan Terjemahnya 2. Sulaiman Rasyid, 1995, Fiqih Islam, Bandung, Sinar Baru. 3. M. Ridlwan Nasir, 1995, Pedoman Sholat dan Dasar Hukumnya, Surabaya, CV. Aneka Bahagia. 3. Muhammad Nashiruddin Al-Bani, 1992, Sifat Shalat Nabi, Bandung,Geme Risalah Press. 4. CD/VCD. IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Unjuk Kerja. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Praktik. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan pengertian shalat wajib! 2. Jelaskan perbedaan antara syarat wajib dan syarat sah shalat! 3. Sebutkan empat rukun shalat yang berupa bacaan! 4. Sebutkan empat hal yang dapat membatalkan shalat! 5. Apa makna yang terkandung dalam ayat di bawah ini :

Rubrik Penilaian Penerapan Konsep (Psikomotor) Rubrik Penilaian Praktik Shalat Nama : …………………………………… A = 10 Aspek Penilaian 1. Niat dan takbirotul ihrom 2. Bersedekap dan membaca doa iftitah 3. Membaca surat al Fatihah dan surat pendek 4. Rukuk dan membaca tasbih rukuk 5. I’tidal dan membaca doa I’tidal 6. Sujud dan membaca tasbih sujud 7. Duduk antara dua sujud dan membaca doa 8. Duduk iftirosy dan doa tasyahud awwal 9 Duduk tawaruk dan do’a tasyahud akhir 10. Salam Skor Penilaian Skor Maksimal 100 Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

Nilai : …………. B=8 C=7 D= 5

80

70

50

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 15

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 13 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : : : : SMP Negeri 4 Pracimantoro Pendidikan Agama Islam VII/1 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )

I. Standar Kompetensi : 7. Memahami tata cara shalat jama’ah dan munfarid (sendirian). II. Kompetensi Dasar : 7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendirian). 7.2 Mempraktikkan shalat jama’ah dan munfarid (sendirian) III. Indikator : 7.1.1 Menjelaskan pengertian shalat berjama’ah dan dasar hukumnya. 7.1.2 Menjelaskan pengertian shalat munfarid. 7.1.3 Menjelaskan keutamaan shalat berjama’ah atas shalat munfarid. 7.1.4 Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah. 7.1.5 Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah. 7.2.1 Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah. 7.2.2 Menjelaskan tatacara shalat munfarid. 7.2.3 Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah. 7.2.4 Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian shalat berjama’ah dan dasar hukumnya. 2. Menjelaskan pengertian shalat munfarid. 3. Menjelaskan keutamaan shalat berjama’ah atas shalat munfarid. 4. Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat berjama’ah. 5. Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah dan shalat munfarid. 6. Mempraktikkan shalat berjama’ah dan shalat munfarid. V. Materi Pembelajaran : Shalat Berjama’ah 1. Pengertian shalat berjama’ah dan dasar hukumnya. 2. Pengertian shalat munfarid. 3. Keutamaan shalat berjama’ah atas shalat munfarid. 4. Ketentuan shalat berjama’ah dan tatacara shalat berjama’ah dan munfarid. 5. Praktik shalat berjama’ah dan shalat munfarid. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab: Siswa mengadakan Tanya jawab tentang pengertian shalat berjama’ah dan shalat munfarid serta dasar hukumnya. 2. Diskusi : Siswa berdiskusi tentang shalat berjama’ah dan munfarid. 3. Demonstrasi (Peragaan) : Siswa mempraktikkan shalat berjama’ah dan munfarid. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. Guru memimpin para siswa membaca Surat An Nisa’ Ayat 103. b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai. 2. Kegiatan Inti a.Siswa tanya jawab tentang pengertian shalat berjama’ah dan dasar hukumnya. b.Siswa berdiskusi kelompok tentang ketentuan-ketentuan dan tatacara shalat berjama’ah dan shalat munfarid kemudian mempresentasikannya dalam forum diskusi kelas. c. Siswa mempraktikkan shalat berjama’ah dan shalat munfarid dengan benar. 3. Kegiatan Penutup
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 16

a. Guru memberi memberikan kesimpulan tentang keutamaan shalat berjama’ah atas shalat munfarid. b. Siswa bersama-sama membaca bacaan shalat sebagai penutup kegiatan pembelajaran. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung Mas Inti. 2. Sulaiman Rasyid, 1995, Fiqih Islam, Bandung, Sinar Baru. 3. Buku Sifat Shalat Nabi IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Unjuk Kerja. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Praktik. 3. Soal/Instrumen : a. Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif). Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. Jelaskan pengertian shalat berjama’ah ! 2. Bagaimanakah keutamaan shalat berjama’ah atas shalat munfarid ? 3. Sebutkan dua syarat mendirikan shalat berjama’ah ! 4. Sebutkan tiga hal yang dapat menghalangi shalat berjama’ah ! 5. Terjemahkan hadits bawah ini : “Sholaatul jamaa’ati afdlolu min sholaatil faddzi bi sab’i wa ‘isriina darojah” b. Rubrik Penilaian Penerapan Konsep (Psikomotor) Rubrik Penilaian Praktik Shalat Berjama’ah Aspek Penilaian A= 20 B= 15 C= 10 D= 5 1. Kesesuaian takbirotul ihrom makmum dan imam 2. Kesesuaian bacaan makmum dan imam 3. Kesesuaian gerakan makmum dan imam 4. Tidak mendahului bacaan dan gerakan imam 5. Sikap selama melaksanakan shalat Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 50 25 Rubrik Penilaian Praktik Shalat Munfarid Aspek Penilaian A = 10 B = 8 C = 7 D= 5 1. Niat dan takbirotul ihrom 2. Bersedekap dan membaca doa iftitah 3. Membaca surat al Fatihah dan surat pendek 4. Rukuk dan membaca tasbih rukuk 5. I’tidal dan membaca doa I’tidal 6. Sujud dan membaca tasbih sujud 7. Duduk antara dua sujud dan membaca doa 8. Duduk iftirosy dan doa tasyahud awwal 9 Duduk tawaruk dan do’a tasyahud akhir 10. Salam Skor Penilaian Skor Maksimal 100 80 70 50 Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 17

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN No. 14 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 4 Pracimantoro : Pendidikan Agama Islam : VII/1 : 4 x 40 Menit (2 x Pertemuan)

I. Standar Kompetensi : 8. Memahami sejarah Nabi Muhammad saw II. Kompetensi Dasar : 8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad saw. 8.2 Menjelaskan misi nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa. III. Indikator : 8.1.1 Menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi kelahiran Nabi Muhammad saw. 8.1.2 Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad saw. 8.1.3 Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad saw, mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah. 8.1.4 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad saw dalam mendawahkan Islam di Makkah. 8.1.5 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad saw dalam mendawahkan Islam di Madinah. 8.2.1 Menjelaskan misi kehadiran nabi Muhammad saw. khusus untuk umat Islam. 8.2.2 Menjelaskan misi kehadiran nabi Muhammad saw. untuk semua manusia dan bangsa. IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw. 2. Menjelaskan kelahiran Nabi Muhammad Saw. 3. Menjelaskan perjalanan hidup Nabi Muhammad saw, hingga diangkat menjadi Rasul. 4. Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah dan Madinah. 5. Menjelaskan misi kehadiran nabi Muhammad Saw. khusus untuk umat Islam. 6. Menjelaskan misi kehadiran nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa. V. Materi Pembelajaran : Sejarah Nabi Muhammad Saw. 1. Masyarakat Makkah Sebelum Kenabian Muhammad Saw. 2. Masyarakat Makkah menjelang Kelahiran nabi Muhammad Saw. 3. Masyarakat Makkah pada masa Kenabian Muhammad Saw. a. Dakwah Tertutup (sembunyi) b. Dakwah Terbuka (Terang-terangan) 4. Masyarakat Madinah pada masa Rasulullah Saw. a. Mempersatukan kaum Muhajirin dan kaum Ansor. b. Mengadakan perjanjian dengan kaum Yahudi dan Nasrani. VI. Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab Siswa melakukan tanya jawab tentang peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw, dan sejarah kelahirannya. 2. Diskusi Siswa berdiskusi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw, dalam mendakwahkan Islam di Mekkah dan Madinah. 3. Simulasi Siswa melakukan simulasi tentang cara-cara Nabi Muhammad SAW, dalam berdakwah. VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan a. Siswa yang fasih membaca Al Qur’an, memimpin membaca Surat Al Fiil . b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.
SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 18

2. Kegiatan Inti a. Siswa membaca atau menelaah buku bacaan (literatur) tentang berbagai peristiwa yangmelatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw, sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw, sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw mulai masa kanakkanak hingga diangkat menjadi Rasulullah. b. Siswa mendiskusikan sejarah Nabi Muhammad Saw, dalam mendawahkan Islam di Makkah dan Madinah. c. Siswa mengadakan simulasi tentang dakwah Rasulullah Saw di Makkah. d. Siswa mengadakan simulasi tentang dakwah Rasulullah Saw di Madinah. 3. Kegiatan Penutup a. Guru menyimpulkan sejarah Nabi Muhammad Saw. b. Guru memberikan tugas membuat portofolio rangkuman tentang dakwah Rasulullah Saw di Makkah dan di Madinah. VIII. Alat/Sumber Belajar : 1. Badri Yatim, 2001, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta : Rajawali Pers, Cet. XII, 2. Hasymi, 1995, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. V. 3. Haekal,1990, Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta : Litera Antar Nusa, Cet, XII, 4. CD/VCD IX. Penilaian : 1. Teknik Penilaian : Tes Tulis dan Portofolio. 2. Bentuk Instrumen : Uraian dan Dokumen karya siswa. 3. Soal/Instrumen : Aspek Penguasaan Konsep Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw! 2. Mengapa sering kali terjadi peperangan di antara suku-suku Arab sebelum kenabian Muhammad Saw? 3. Sebutkan empat nama dewa yang dipandang terbesar dari banyak dewa yang disembah oleh orang Arab pra Islam! 4. Jelaskan model dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad Saw, pada masa awal kenabiannya di Makkah!. 5. Sebutkan tiga hal yang melatarbelakangi hijrah nabi Muhammad Saw ke Madinah! Penilaian Portofolio “Dakwah Rasulullah Muhammad Saw di Makkah / Madinah” No. Aspek Penilaian A =20 B =15 1. Ketepatan karya tulis dengan topik pembahasan 2. Ketepatan penggunaan argumentasi dan istilah 3. Ketepatan penulisan dan ejaan 4. Ketepatan penggunaan bahasa Indonesia 5. Ketepatan waktu penulisan Skor Penilaian Skor Maksimal 100 75 Mengetahui, Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro

C =10

50

Pracimantoro, Juli 2010 Guru Mapel PAI

Sumardi, S.Pd. NIP. 19630824 198403 1 004

Dwi Wahyudi, S.Pd.I NIP. 19850909 200903 1 002

SMP N 4 Pracimantoro ---- Pendidikan Agama Islam

///// 19

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->