P. 1
Alat Musik Aerofon

Alat Musik Aerofon

|Views: 7,754|Likes:
Published by Kikok Kiki

More info:

Published by: Kikok Kiki on Aug 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

Alat Musik Aerofon

Aerofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Contoh: Suling, terompet, harmonika, trombone.

1. Suling

Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak, emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak. Suling konser standar ditalakan di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Akan tetapi, pada beberapa suling untuk para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Ini berarti suling merupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. Piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkes. Suling konser modern memiliki banyak pilihan. Thumb key B-flat (diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi) standar. B foot joint, akan tetapi, adalah pilihan ekstra untuk model menengah ke atas dan profesional. Suling open-holed, juga biasa disebut French Flute (di mana beberapa kunci memiliki lubang di tengahnya sehingga pemain harus menutupnya dengan jarinya) umum pada pemain tingkat konser. Namun beberapa pemain suling (terutama para pelajar, dan bahkan beberapa para ahli) memilih closed-hole plateau key. Para pelajar umumnya menggunakan penutup sementara untuk menutup lubang tersebut sampai mereka berhasil menguasai penempatan jari yang sangat tepat. Beberapa orang mempercayai bahwa kunci open-hole mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah. Suling konser pada sebelum Era Klasik (1750) memakai Suling Blok (seperti gambar atas), sedangkan pada sebelum Era Romantis (Era Klasik 1750-1820) pakai Suling Albert (kayu hitam berlubang dan dilengkapi klep), dan sejak Era Romantis (1820) memakai suling Boehm (kayu hitam atau metal dilengkapi klep semua yang disebut juga suling Boehm, sistem Carl Boehm), atau suling saja. Khusus musik keroncong di Indonesia pada Era Stambul (1880-1920) memakai suling Albert, dan pada Era Keroncong Abadi (1920-1960) telah memakai suling Bohm.

Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Trombone . French horn. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Sekarang. Bisnis instrumen Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. nada. F. Harmonica Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. 3. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. D. trombon. Trompet hanya memiliki tiga tombol. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. dan Bariton. tapi trompet C. nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.2. dan hidup dibandingkan dengan trompet B♭. dan model. blues. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu utnuk harmonika. country. dengan bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah. rock. E♭. dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda. Dengan bantuan dari keluarganya. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa. ska dan bermacam-macam lainnya. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis. eufonium. Jenis yang paling umum adalah trompet B♭. E. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop. 4. Pada akhirnya. Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. G dan A juga dapat ditemukan. Trompet C paling umum dipakai dalam orkestra Amerika. Trompet Trompet adalah alat musik tiup logam. Trompet di-pitch di B♭. Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis. sousafon.

Seperti pada alat musik tiup logam lainnya.Trombon adalah alat musik tiup logam. Pemain trombon disebut trombonis. suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir. Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar). maka secara bahasa tulis arti trombon adalah "terompet besar". .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->