P. 1
Masalah Dan Sistem Ekonomi

Masalah Dan Sistem Ekonomi

|Views: 86|Likes:
Published by Feza Iftitah

More info:

Published by: Feza Iftitah on Aug 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2011

pdf

text

original

Kelas X BINSUS

Masalah komsumsi Menurut ekonomi modern yang di kemukakan oleh PAUL A SAMUELSON: 1. For WHOM ? . WHAT ? 2. Masalah produksi 2.Masalah pokok ekonomi: Masalah ekonomi menurut ekonomi Klasik: 1. HOW ? 3. Masalah distribusi 3.

SISTEM EKONOMI 1. ciri-ciri: y Belum ada pembagian kerja y Sistem pertukaran dengan barter y Jenis produksi ditentukan sesuai dengan kebutuhan y Tidak termotivasi pada keuntungan y Sifat kekeluargaan masih tinggi y Sektor perekonomian yang utama adalah agraris . Sistem ekonomi Tradisional sistem dimana prilaku didasarkan terutama pada tradisi. dan kebiasaan secara turun-temurun. adat.

Kelebihan : y Dengan sistem barter masyarakat bertindak jujur y Produksi tidak ditujukan untuk keuntungan y Semua individu termotivasi untuk menjadi produsen y Jarang terjadi krisis ekonomi karena sistem ekonomi berjalan sesuai tradisi Kekurangan: y Jumlah barang yang diproduksi sering tidak sesuai dengan kebutuhan y Sulit menetapkan ukuran dan barang yang dipertukarkan y Sulit mempertemukan kedua belah pihak yang saling membutuhkan .

2. Sistem ekonomi terpusat Sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. ciri-ciri: y Pemerintah pusat mengendalikan penyusunan perencanaan y Negara menguasai semua alat produksi y Pemerintah mengatur kegiatan produksi. distribusi dan koonsums Kelebihan: y Penaggung jawab penuh perekonomian adalah pemerintah y Terjadinya pemerataan pendapatan antar lapisan masyarakat .

potensi. Di populerkan oleh ADAM SMITH dalam bukunya the wealth of nation tahun 1776 ciri-ciri: y Harga barang ditentukan oleh pasar y Individu bebas mengejar keuntungan y Modal memegang peranan yang penting y Timbulnya persaingan bebas y Hak milik atas faktor produksi ditangan perorangan .y Mudah dalam pengendalian harga Kekurangan: y Daya kreasi. sistem ekonomi liberal/pasar sistem ekonomi yang dijalankan sepenuhnya oleh individu. dan inisiatif masyarakat tidak berkembang y Kebebasan individu dibatasi y Hak milik perorangan dibatasi y Terjadinya monopoli 3.

Kebaikan : y Semua individu termotivasi mencari keuntungan y Meningkatnya efisiensi kualitas barang yang diproduksi y Setiap individu bebas memiliki sumber-sumber daya produksi y Menumbuhkan inisiatif dan kreatifitas dari masyarakat Keburukan: y Sulit melakukan pemerataan pendapatan y Timbulnya monopoli dalam jangka panjang y Terdapat eksploitasi SDA y Timbulnya persaingan tidak sehat .

Sistem ekonomi campuran Perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan komando.4. Ciri-ciri: y Adanya campur tangan dari pemerintah y Adanya pihak swasta yang ikut berperan dalam kegiatan perekonomian Kelebihan: y Naik turunnya harga bisa dikendalikan y Sistem ekonomi pemerintah dan swasta terpisah secara jelas y Pengakuan terhadap hak milik perorangan dan pemerintah mendorongnya .

Ciri-ciri: y Pemilikan barang bukanlah penguasaan mutlak atas sumber-sumber ekonomi y Lamanya kepemilikan manusia atas suatu benda. .Keburukan: y Apabila peran pemerintah mendominasi maka akan timbul etatisme y Apabila peran swasta yang mendominasi maka timbul monopoli 5. Sistem ekonomi islam Sistem ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip islam . terbatas pada lamanya manusia hidup didunia y Mencegah penindasan ekonomi y Peran negara pada umumnya dan pemerintah pada khususnya.

. Ciri-ciri positif: y Bumi dan air serta kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara y Perekonomian disusun atas asas kekeluargaan y Cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara y Warga negara memiliki kebebasan dalm memilih pekerjaan y Hak milik perseorangan diakui y Fakir miskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh negara.Sistem ekonomi yang di anut oleh negara INDONESIA adalah Demokrasi Ekonomi yang berdasarkan pada pancasila dan UUD 1945. 34. produksi dikerjakan oleh semua masyarakat dan untuk semua di bawah pimpinan atas pemilikan anggota-anggota masyarakat. Amanat Konstitusi (pembukaan UUD 1945) : Pasal 33. dan 27 ayat 2 Demokrasi ekonomi artinya.

y Sistem etatisme. . Negara serta aparatur bersifat dominan.ciri negatif. Menumbuhkan eksploitasi manusia dan bangsa lain y Monopoli. Pemusatan ekonomi pada satu kelompok. y Free fight liberalism.

Tugas!!! Bagaimana pendapat anda dengan sistem ekonomi yang dianut bangsa Indonesia pada masa ini? Kemukakan alasan atas pendapat anda. Berikan pandangan anda tentang solusi yang terbaik untuk sistem ekonomi bangsa Indonesia. ULANGAN HARIAN TANGGAL 09 Agustus 2011 (minggu depan) . Sertakan bukti pendukung mengenai masalah yang anda kemukakan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->