PROSES KELAHIRAN DAN PERKEMBANGAN NASIONALISME INDONESIA

Oleh : APRILLIANA DWI PUTRI XI IPA IV

MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA  Muncul dan Berkembangnya Pergerakan Nasional   ak kedatangan bangsa –bangsa Eropa tersebut. Munculnya gerakan nasionalisme itu tidak terlepas . perlawanan tidak pernah henti-hentin onalisme pada bangsa Indonesia.

perkembangan dan peningkatan pendidikan. banyak terdapat kerajaan yang besar dan jaya. Golongan cendikiwan inilah yang tampil d . seperti Keraja rialisme di dunia membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat.Pengaruh yang datang dari dalam (internal) ke wilayah Indonesia.

an : muncul dan berkembangnya gerakan nasionalisme Indonesia juga disebabkan ol ulan partai-partai politik Indonesia yang tampil menyuarakan aspirasi rakyat yang n adanya penghapusan eksploitasi ekonomi asing. Karena itu. karena ketiganya memberikan ciri-ciri perjuang . para pejuang na yang diperjuangkan secara serentak. Penghapusan itu bertujuan untuk m diberikan perlindungan dan rekonstruksi yang memadai.

Perg t. Pergerakan Kebangsaan India.uh yang datang dari luar negeri (ekst ntaranya. kemenangan Jepang atas Rusia (1905). termasuk Amerika Serikat pada saat itu. Jepang memperoleh kemenangan pertamnya .

Tokoh yang paling terk aupun mereka tetap masuk kantor ataupun pabrik dan sebagainya.nisasi kebangsaan dengan nama “All India National Congres”. tuhi hukuman mati. ri sendiri. namun perjuangannya dilanjutkan oleh Emilio Aquinaldo dan berha . nggris.

onalis Rakyat China : Dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen. impin oleh Mustafa Kemal Pasha. Ia menuntut adanya pembaharuan dan modernisasi di mpin oleh Arabi Pasha (1881-1882) dengan tujuan menetang kekuasaan bangsa Eropa te onesia ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo tangga . Ia mengemukakan dasar perjuang ublik China adalah suatu negara nasional China erintah China disusun atas dasar demokrasi atau kedaulatan berada di tangan rakya erintah China mengutamakan kesejahteraan sosial bagi rakyatnya.

A rti ya ra kya t i t se rta m e n e ste a n ku   ya n g ra d i ld a n p ro g e si ya n g b e rtu j a n m e m p e rsa tu ka n u m a t I a m se d u n i .Soekarno 3) Ideologi Komunisme diperkalkan kali pertama oleh Sneevliet. ka f u sl a . Paham liberalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan kemerdekaan individu atau kebebasan kehidupan bermasyarakat.   Ideologi yang Berkembang pada Masa Pergerakan Nasional Indonesia 1) Ideologi Liberalisme diperkenalkan di Indonesia oleh 2) Ideologi Nasionalisme diperkenalkan oleh organisasi politik yang muncul di wilayah Indonesia.   a e ra h Yu n a n id e n g a n si m d e m o kra si l n g su n g . seorang pegawai perkereta-apian yang berkebangsaan Belanda. orang-orang Belanda yang mendukung perjuangan bangsa Indonesia. Ideologi Nasionalisme menjadi dasar perjuangan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang diketuai oleh Ir.

STRATEGI ORGANISASI PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA ua hal yang patut dicatat sebagai momentum sejarah yang palin sia di negeri Belanda. rganisasi-organinsasi modern di Indonesia baik yang bersifat politik .

Pada tahun 1922 ber himpunan Adipati Tirtikusumo (seorang bupati) sebagai ketua dan Dr. karena kedatangan seorang cendikiawan bernama HOS Cokroaminoto. ggal 20 Mei oleh . Wahidin Sudiro memilih ini menggunakan media majalah sebagai tempat untuk menyalurkan aspirasin Serekat Islam pemimpin. Didirikan oleh Sutomo dan kawan-Vereeniging.Budi Utomo Perhimpunan Indonesia ( PI ) didirikan 1908 para pemuda dengan nama Indische kawannya. n . Namun.

Partai Komunis Indonesia ( PKI ) maun (Ketua Serekat Islam cabang Semarang). Pada tahun 1921 pecahlah SI menjadi Se Partai Nasional Indonesia ( SH. dan Dr. Samsi. bahkan dalam waktu Indische Partij a hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang menetap dan bertempat tinggal di Indo . PNI mengalami perkembangan yang sangat pesat.

. terjadilah penggabungan Partai Indonesia ( Partindo ) embubaran PNI maka berdirilah partai ini pada tahun 1931. Setelah melakukan pendekatang dengan Budi Utomo.idikan Nasional Indonesia ( PNI Pendidikan ) h Drs. Prinsip perjuangannnya ad Partai Indonesia Raya ( Parindra ) ia (PBI). Moh Hatta dan Sutan Sjahrir. Berpusat di Bandung.

. Kongres Kedua diselenggarakan di Solo pd tanggal 25-27 Des 1929.ASAN PERSATUAN DAN KESATUAN BAN ufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PP Gagasan munculnya PPPKI ini adalah sebagai akibat gagalnya gerakan PKI dalam menu PKI diselenggarakan di Bandung dari tanggal 17-18 Des 1927 dan dihadiri wakil dari Kongres Pertama diselenggarakan di Surabaya pd tanggal 2 Sep 1928.

Tujuan kongres adalah membentuk badan sentral. yaitu perhimpunan Pelajar-pelajar oh. Tabrani dari Jong Java. memajuka .Kongres Pemuda Latar Belakang Munculnya Kongres Pemuda Indonesia sasi mulai bergabung dalam satu wadah bersama.

. ikan pada bulan September 1926 di Jakarta oleh beberapa mahasiswa di antaranya Su untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.Kongres Pemuda Indonesia II Indonesia dan PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).

Yamin. untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya diperdengarkan ole .Kongres Pemuda II mengadakan tiga kali rapat. sul resolusi yang dirancang oleh M. yakni Sumpah Pemuda yang berisi satu ba m penutupan kongres.

Peristiwa-Peristiwa Penting dan Kebijakan Keras Pemerintah Kolonial terhadap Indonesia I d i e Pa rti M e n e ta n g Pe ra ya a n K e m e rd e ka a n N e g e riB e l n d a n sch j a Pe n ye b a ra n Pa h a m S o si l s o l h I D V ( p e g a w a i b e rke b a n g sa a n B e l n d a ) ai e S a Pe m b e ro n ta ka n P K I ta h u n 1 9 2 6 d a n 1 9 2 7 Pro p a g a n d a B u n g K a rn o m e l l i P N I au Tu n tu ta n G A P I ( G a b u n g a n Po l ti I d o n e si ) te n ta n g I d o n e si B e rp a rl m e n i k n a n a e .

  THANK YOU  .