1.

Paragraf : Ketika Dylan Bocanegra berusia tiga tahun, dia selalu berbohong dan menyalahkan kucing yang dipelihara keluarganya, Bamboo, untuk hampir semua kelakuan nakalnya. Apalagi mengingat ibunya, Eva-Marie Fredric, adalah seorang produser film dan opera sabun di Los Angeles, Amerika Serikat. Saat terlihat gambar dari krayon mengotori seluruh dinding ruang tamu, Dylan mengatakan, Bamboo yang melakukannya. 2. Kalimat yang memiliki makna denotatif dan makna konotatif : Opera sabun : a. Konotatif : Apalagi mengingat ibunya, Eva-Marie Fredric, adalah seorang produser film dan opera sabun di Los Angeles, Amerika Serikat b. Denotatif : Apalagi mengingat ibunya, Eva-Marie Fredric, adalah seorang produser film dan tayangan sebuah episode fiksi yang sering disiarkan sebagai sandiwara radio, poster, atau siaran televisi yang selalu ada lanjutannya di Los Angeles, Amerika Serikat
3. Ketika Dylan Bocanegra berusia tiga tahun, dia selalu berbohong dan

menyalahkan kucing yang dipelihara keluarganya.

4. Kata umum : Ketika Dylan Bocanegra masih kecil, dia selalu berbohong dan menyalahkan binatang yang dipelihara keluarganya.
5. Dalam suatu penulisan, sangatlah penting untuk melakukan pemilihan kata

yang tepat, baik itu dengan menggunakan makna denotatif, konotatif, sinonim, dan sebagainya agar tulisan tersebut dapat menyampaikan “pesan” dari sang penulis dengan jelas sehingga informasi tersebut tepat sasaran. Selain itu juga dapat menarik perhatian pembaca, sehingga pembaca mudah untuk mengingat dan mencerna isi yang terkandung dalam tulisan tersebut.
6. Fungsi artikel di atas adalah untuk menginformasikan kepada pembaca

mengenai pentingnya mendidik anak untuk berkata jujur sejak dini.
7. EYD sudah diterapkan dalam artikel diatas, penjelasannya adalah sebagai

berikut :

. Sehingga. Karena dalam ragam bahasa tulis. 8. Pemakaian tanda baca seperti tanda titik. negatif dan sebagainya juga sudah dilakukan. koma. Ragam yang digunakan adalah ragam bahasa tulis. dan huruf miring pada kata yang menggunakan bahasa Inggris.• • • • Pemakaian huruf kapital dan huruf miring yakni saat menulis nama seseorang. Penulisan unsur serapan juga sesuai dengan EYD seperti positif. Oleh karena itu. orang yang berbahasa atau penulis tidak berhadapan langsung dengan pihak lain yang diajak berbahasa atau pembaca. bahasa yang digunakan harus lebih terang dan jelas karena tujuannya tidak dapat disertai gerak isyarat. pandangan. anggukan. Penulisan kata seperti kata "diajarkan" dimana "di" yang ditambah kata kerja ditulis serangkai atau disambung. tanda hubung juga sudah digunakan dengan baik. dan semacamnya sebagai tanda penegasan atau pemahaman terhadap informasi tertentu. kalimat dalam ragam bahasa tulis harus lebih cermat sifatnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful