BIODATA

NAMA

: NOOR WAAHID : PPPPTK Penjas dan BK Bogor : JL. RAYA PARUNG KM 39, LEBAKWANGI NO. 420, PARUNG, BOGOR : (0251) 611741, 615531, 615538

INSTANSI ALAMAT FAX & TELP

ALAMAT RUMAH : Komplek Perumahan UT Bok C 9, JABONMEKAR, PARUNG, BOGOR TELP/HP Website/email PENDIDIKAN : (0251) 615811 / 08121837281 : http\\:www.nwahid.com\ info@nwahid.com
http\\:www.p4tkpenjas-bk.info\ info@p4tkpenjas-bk.info

: 1. Diploma KETERAMPILAN TEKNIK( IKIP N SMG ),
2 SI HUKUM TATA NEGARA ( UNTAG SMG ), 3 SI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( STAISA JKT ), 4 MAGISTER PENDIDIKAN (UNJ JKT)«««

Study of Health, applying habit of healthy life in education and health in elementary school (Internalisasi budaya hidup sehat).

Latar Belakang
Pembelajaran kesehatan, internalisasi budaya hidup sehat/menerapkan kebiasaan hidup sehat dalam pendidikan kesehatan di sekolah dasar

‡Pengertian sehat sendiri menurut WHO (World Health Organization) adalah keadaan yang menunjukkan sehat fisik, mental dan sosial bukan hanya terbebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. ‡Permen Nomor : 22 Tahun 2006 tentang standar isi kurikulum mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ‡Pembahasan budaya hidup sehat secara khusus meliputi perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, kesehatan pribadi dan peran aktif siswa dalam kegiatan P3K dan UKS.

Kompetensi Dasar 
   

Perawatan Tubuh/Personal Hygiene Kesehatan Lingkungan Kebiasaan Makan Kesehatan Pribadi NAPZa

Pemberian Materi Kompetensi per Kelas dan Semester
Kelas 1, Semester 1 1. Menjaga kebersihan diri : kuku dan kulit 2. Mengenal pentingnya imunisasi Kelas 1, Semester 2 1. Menjaga kebersihan diri : gigi dan mulut 2. Mengenal makanan sehat Kelas 2, Semester 1 1. Menjaga kebersihan diri : rambut, hidung dan telinga 2. Memilih makanan bergizi Kelas 2, Semester 2 1. Menjaga kebersihan diri : tangan dan kaki 2. Mengenal cara makan sehat Kelas 3, Semester 1 1. Menjaga kebersihan pakaian 2. Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat Kelas 3, Semester 2 1. Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza 2. Mengenal cara menggunakan KCK (peturasan/kakus)

Semester 1 Mengenal bahaya narkoba Mengenal cara menghindari bahaya narkoba Kelas 6.Kelas 4. Semester 2 Mengenal berbagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas Kelas 5. Semester 2 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan Mengenal bahaya minuman keras Kelas 6. Semester 2 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual . Mengenal cara menjaga diri dari pelecehan seksual Kelas 5. Semester 1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual3. Semester 1 Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah Membiasakan membuang sampah pada tempatnya Kelas 4.

hidung dan telinga Kebersihan tangan dan kaki Kebersihan pakaian .Perawatan Tubuh/ Personal Hygiene      Kebersihan kuku dan kulit Kebersihan gigi dan mulut Kebersihan rambut.

Definisi Perawatan Tubuh/ Personal Hygiene adalah seluruh usaha yang diladilakukan seseorang untuk menjaga. memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan sendiri sebatas kemampuannya agar dapat hidup sejahtera dan produktif .

Maksud dan Tujuan Perawatan Tubuh/Personal Hygiene ‡ ‡ ‡ Memelihara Kesehatan Pribadi Memperbaiki dan Mempertinggi Status Kesehatan Mencegah Timbulnya Penyakit .

Sesudah buang air besar atau kecil. Setelah memegang binatang.Cuci Tangan dahulu        Sebelum dan sesudah makan. Setelah bermain pasir atau bermain di luar rurumah. . Seusai membersihkan hidung yang sedang pilek. Sepulang bepergian dan lainnya. misalnya : binabinatang peliharaan. Sebelum ikut menyiapkan makanan untuk seluseluruh anggota keluarga.

Cara Menggosok Gigi       Mulailah dengan menggosok permukaan luar gigi. yakni anantara gigi dan lidah. Sikat bagian belakang gigi depan dari atas ke bawah dengan ujung sikat. yakni antara gigi dan pipi. yakni antara gigi atas dan gigi bawah. sehingga menyentuh seluruh bagian gigi. . Gosok juga seluruh bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah (mahkota gigi). Sikat juga bagian atas permukaan lidah untuk menghimenghilangkan sisa makanan atau minuman yang menempel. Satu demi satu. Gosok seluruh permukaan bagian dalam gigi. dengan cara yang sama. Gerakkan sikat gigi ke arah atas dan bawah.

 Kunci keberhasilan dalam menanammenanamkan seluruh kebiasaan ini adalah didisiplin. Pencipta. tekad dan kemauan. . siplin.  Tanamkan pengertian pada siswa bahwa kesadaran untuk menjaga kekebersihan dan kesehatan tubuh merumerupakan ungkapan cinta pada Sang Pencipta.  Bekali diri siswa dengan niat. kemauan.

Kesehatan Lingkungan        Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekosekolah Mengenal berbagai upaya dalam menjaga keberkebersihan lingkungan Membiasakan membuang sampah pada tempattempatnya Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit : nyamuk dan unggas Mengenal bahaya penyakit diare. demam berdaberdarah dan influenza Cara menggunakan peturasan/jamban Berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS .

 Lingkungan adalah segala sesusesuatu yang berada di luar diri manmanusia yang senantiasa berinteraksi dan mempengaruhi manusia tertersebut di dalamnya  Lingkungan rumah dan sekolah adalah lingkungan yang terdekat dengan keseharian anak .

digiling atau dimanfaatkan dib menjadi kompos.Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah dan Sekolah  Membiasakan siswa untuk membumembuang sampah pada tempatnya  Pemberian wawasan mengenai cara mengolah sampah itu dengan baik seperti misalnya dengan ditimbun. dibakar. produk daur ulang atau makanan ternak. .

 Penyediaan Penyediaan air yang baik. . yang cukup kualitas dan kuantitas kua  Pembuangan sampah dan air limlimbah yang teratur  Menciptakan sirkulasi dan ventiventilasi udara yang baik  Pembasmian hewan vektor (pem(pembawa kuman penyakit).

 Biaya terjangkau.  Kotoran tidak terbuka.  Mudah pembuatannya.Syarat-syarat Pembuangan yaratKotoran yang Baik boleh mengotori tanah permukaan.  Air permukaan dan dalam tanah.  Tidak . ti  Kakus terlindung.

. antara lain penyalahgunaan napza dan trauma akibat pelecepelecehan seksual.Masalah Kesehatan Siswa  Masalah kesehatan yang terjadi biasanya berkaitan erat dengan kebersihan perorangan dan linglingkungan  Masalah kesehatan yang muncul berkaitan dengan perilaku berisiberisiko.

UKS Fokus kegiatan : bidang promotif dan preventif serta didukung berbagai upaya kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas .

Kebiasaan Makan    Mengenal makanan sehat Memilih makanan bergizi Mengenal cara makan sehat .

ContohContoh-contoh :  Pembiasaan makan pagi di rumah  Membawa bekal dari rumah  Tidak dibiasakan anak untuk jajan di warung atau pinggir jalan saat istirahat .

Syarat Makanan Sehat  Bernilai gizi cukup  Bersih dari bakteri  Bebas dari zat pengawet  Bercita rasa  Harganya terjangkau .

Fungsi Makanan  Sebagai sumber zat tenaga atau energi  Sumber zat pembangun  Sumber zat pengatur .

co-enzym atau hormon countuk membantu proses metabolisme dalam tubuh.HidratHidrat-arang. lemak dan protein merupamerupakan komponen utama sebagai sumber energi yang dibutuhkan untuk aktivitas  Protein dibutuhkan sebagai sumber zat pembangun yaitu untuk pembentukan selselsel tubuh.  .  Vitamin dan mineral dibutuhkan sebagai sumber zat pengatur yang diperlukan sebagai enzym.

Ditemukan cemaran mikroba pada jajanan di sekolah. .Waspadai Makanan Jajanan    50 persen minuman yang dijual di lingkungan SD ternyata mengandung mikroba patogen. 60 persen sirup diteliti tidak memenuhi syarat karena mengandung rodhamin B. Rodhamin B adalah zat pewarna sintetis berbentuk kristal yang biasanya digunakan sebagai pewarna sirup dan kerupuk.

Cara Makan Sehat Cukup memenuhi kebutuhan Makanan dapat terserap baik oleh tubuh .

Kesehatan Pribadi       Mengenal pentingnya imunisasi Mencegah dan merawat cidera Mengatur waktu istirahat yang tepat Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual Mengenal berbagai cara menjaga diri dan menolak perlakuan pelecehan seksual .

 Harus dilakukan dengan bahasa konkrit (bukan abstrak) dan operasional  Tujuannya memberikan bekal pengetahupengetahuan serta membuka wawasan anak didik seputar masalah seks secara benar dan jelas. reproduksi seksual serta aspek lain dari perilaku seksual.  .Pendidikan Seks Pendidikan mengenai anatomi organ tutubuh.

jangan lupa memasukkan unsur moral dan agama) Masturbasi (hal yang normal. namun berikan batasanbatasanbatasan pada si anak) Penyakit yang mungkin ditularkan melalui hubungan seksual Harapan dan nilai-nilai orang tua (mengenai pergaulan. nilaiyang boleh dan tidak boleh) .Apa Saja Yang Harus Diketahui ?         Nama dan fungsi organ reproduksi Perubahan yang akan dialami saat memasuki masa puber (ditandai mimpi basah pada laki-laki dan haid lakipada anak perempuan) Masalah menstruasi (jelaskan sesuai dengan batas kemampuan anak menerimanya) Hubungan seksual dan kehamilan (imbangi pendidikan seks dengan moral dan agama yang kuat) Bagaimana mencegah kehamilan (Berikan gambaran mengenai dampaknya.

.

.

pembantu bahkan sopir.  . seperti paman. yang didipercaya orang tua untuk membantu 'mengurus' si anak.Pelecehan Seksual Bentuk pelecehan seksual yang paling umum terjadi adalah tubuh anak yang di rabaraba-raba pada organ kelaminnya.  Survey membuktikan pelecehan seksual kerap dilakukan orang terdekat.

. seperti mengisap jempol  Hiperaktif  Keluhan somatik seperti sakit kepala yang terus-menerus terus Sakit perut  Sembelit.TandaTanda-Tanda Fisik  Perilaku regresif.

seperti susah konsentrasi. tak suka disentuh.TandaTanda-tanda Perilaku Emosional dan Sosial Kelakuan anak yang tiba-tiba berubah tiba Anak mengeluh sakit karena perlakuan seksual  Perubahan kemampuan belajar. mimpi buruk. depresi. nilai turun. telat atau bolos  Hubungan dengan teman terganggu  Tidak percaya kepada orang dewasa. serta menghindari halhal-hal sekitar buka pakaian. lesu. gangguan tidur. menarik diri.  . sedih.

NAPZa     Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan Mengenal bahaya minuman keras Mengenal bahaya narkoba Mengenal berbagai cara menghindari dan menolak ajakan narkoba .

membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.  . Zat ini bersifat karsinogen. paru Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. karsinogen.Racun Rokok Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.  Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah. dan mampu memicu kanker paruparuparu yang mematikan.

mulut. 14x menderita kanker paruparuparu. dan tenggorokan  4x menderita kanker esophagus  2x kanker kandung kemih  2x serangan jantung .

kesehatan. masyarakat dan negara . merusak akhlak. menghalangi shalat. merusak rumah tangga. kebiakebiasaan minum minuman keras sangat tidak dibenarkan dimana kebiasaan ini akan menimbulkan permusuhan antara sesama kawan.Bahaya Minuman Keras Dari sudut pandang agama.

.Dari sudut pandang keilmuan.. Minuman keras dapat menimbulkan penypenyakit keturunan  Berakibat buruk terhadap alat pencernaan makanan  Minuman keras dapat menimbulkan penypenyakit jantung  Minuman keras dapat menimbulkan penypenyakit darah tinggi  .

Yang termasuk kedalam kelompok Narkotika anantara lain Ganja. Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apaapaapa. Putaw (heroin/morfin). . Erythroxyion coca (kokain) dan cannabis sativa (ganja) baik murni maupun bentuk campuran. Heroin (melalui suntik). Kokain. bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekasekalipun. dan Opium.Narkoba/NAPZa Narkotika adalah bahan yang berasal dari 3 jenis tanaman Papaper Somniferum (Candu).

Speed.Psikotropika adalah bahan lain yang tidak mengandung narkotika. Demerol. merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. Mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya. . Angel Dust. Yang termasuk ke dalam Psikotropika ialah Ekstacy. dan Nipam. Megadon. SabuSabusabu. BK.

Nikotin.Zat adiktif adalah zat-zat yang bikin zatketagihan termasuk di dalamnya adalah Alkohol. dan lainlainlain. .

.Alasan Pakai Narkoba  Tertarik karena iseng atau sekesekedar mencoba-coba mencoba Ditawari teman dan tidak bisa memenolak karena takut atau segan  Ingin lari dari masalah.

dinsemilla. gendol. tea.Ganja    Canabis Sativa alias Ganja dapat dikategorikan sebagai depresan (obat yang mengurangi kegiakegiatan sistem saraf) dan "halusinogen" (menimbulkan "halusinogen" halusinasi). daun. bakong. Sebagian besar pecandu narkoba memulai dengdengan mencoba ganja Ganja dikenal juga dengan nama : marijuana. chasra. pot. Gele¶. setun . ganja. Mary Janehemp. dagga. bhang. cimenk. grass. weed.

waktu berjalan sangat lambat Apatis (cuek terhadap diri dan lingkungan). nggak ada kemauan Mata merah Nafsu makan bertambah Mulut kering Ketakutan berlebihan.Gejala Pemakaian:          Jantung berdebar euforia (rasa gembira tanpa sebab) Halusinasi Delusi. .

Gejala Putus Obat:           Banyak berkeringat Gelisah Gemetaran Tidak ada selera makan Mual/muntah Diare terus menerus Tidak bisa tidur (insomnia) Tingkah laku aneh Melamun Tertawa sendiri. .

cap 999. be. Diperjual belikan dalam kemasan kotak kaleng dengan berbagai macam cap. antara lain ular. tengkorak.burung elang. Pemakaiannya dengan cara dihisap. de es be. Candu masak warnanya coklat tua atau coklat kehitaman. .Candu Candu kasar mengandung bermacam-macam bermacamzatzat-zat aktif yang sering disalahgunakan. cap anjing. bola dunia.

berbentuk tepung halus berwarna putih atau dalam bentuk cairan berwarna.  Morfin rasanya pahit. Morfin merupaakan alkaloida utama dari opium (C17H19NO3) .  Pemakaiannya dengan cara dihisap dan disuntikkan  .Morfin Morfin adalah hasil olahan dari opium/candu mentah.

. putih. dan juga dalam cairan. etep. PT. el. si putih de el el. Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan merupakan jenis opiat yang paling sering disalahgunakan orang di Indonesia pada akhir . Heroin disebut juga dengan nama : putaw.Heroin (putaw)     Heroin adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karena efeknya sangat kuat. bedak. Obat ini bisa di temukan dalam bentuk pil.akhir ini. bubuk.

Codein Codein termasuk garam/turunan dari opium/candu. dan potensinya untuk menimbulkan ketergantungaan rendah.  Efek codein lebih lemah daripada heroin.  Cara pemakaiannya ditelan dan disuntikkan.  .  Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan jernih.

AmphetamineAmphetamine-Based Drugs (Shabu. . Ekstasi) Ekstasi stasi Ekstasi adalah salah satu obat bius yang di buat secara ilegal di sebuah laboratorium dadalam bentuk tablet atau kapsul. Sehingga akibatnya dapat membuat tubuh kita untuk terus bergerak. Ekstasi dapat membuat tubuh si pemakai memiliki energi yang lebih dan juga bisa mengalami dehidrasi yang tinggi.

. Berbentuk kristal methamphetamine. coconut dan kristal. ShabuShabu-shabu juga di kenal dengan julukan lain seperti : Glass. Ice Cream. Quartz. ShabuShabu-shabu mempunyai pengaruh yang kuat terhadap syaraf. Hirropon. kristal. Si pemakai shabu-shabu akan shabuselalu bergantung pada obat bius itu dan akan terus berlangsung lama.ShabuShabu-shabu     Nama aslinya methamphetamine. Jenisnya antara lain yaitu gold river. Sekarang ada yang berbentuk tablet. seperti gula atau bumbu penyedap masakan. Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk kristal dan obat ini tidak mempunyai warna maupun bau. bahkan bisa mengalami sakit jantung atau bahkan kematian. Cream.

Cara Menghindari dan Menolak Ajakan Narkoba PendekatanPendekatan-pendekatan persuasif yang berlandaskan nilai-nilai iman dan taqwa nilai Pemperbanyak interaksi mereka dengan sekolah  Mengadakan penyuluhan-penyuluhan penyuluhantentang bahaya narkoba  Mengaktifkan siswa dalam kegiatankegiatankegiatan yang memacu keaktifan fisik dan imajinasi melalui seni dan olah raga  .

Empat Komponen OGUD  Orang tua (di keluarga)  Guru (di sekolah)  Untuk Diri sendiri Di Masyarakat (di masyarakat)  .

 Menjadikan lingkungan kita berada sebagai tempat yang aman.  Membangun nilai-nilai komunikasi sebagai sarana nilaiuntuk mengikat hubungan kasih sayang dan silaturrahmi.UsahaUsaha-usahanya dan usahakan  Membangun peran pendidikan agama lebih ditingkatkan lagi. baik di sekolah maupun di rumah (education is communication to accuracy. . begitu juga di rumah ( education of Agent of change). pleasant and balmy). familiarity and progress). nyaman dan menyenangkan (education and environment as peaceful place. Guru beserta orang tua dapat mengintegrasikan nilainilai-nilai moral dan iman dalam kurikulum di sekolah.  Memberikan pengawasan dan kontrol sosial kepada seluruh elemen masyarakat secara berkesinambungan di sekitar kita dengan hikmah (education is a social control and social contructor).

Terima Kasih Bapak Ibu guru«.. .