P. 1
STRATIFIKASI SOSIAL

STRATIFIKASI SOSIAL

|Views: 147|Likes:
Published by Gea Xena Levina

More info:

Published by: Gea Xena Levina on Aug 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2011

pdf

text

original

Stratifikasi Sosial

JURUSAN SOSEK/AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

Pendahuluan Pengertian Stratifikasi Sosial Terjadinya Stratifikasi Sosial Sistem Stratifikasi Unsur-Unsur Stratifikasi PERANAN Kelas Sosial STATUS .

.Pengertian Pitirim A Sorokin : bahwa stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelaskelas secara bertingkat (secara hierarkis) Hassan Shadily : Stratifikasi sosial tersebut merupakan pembedaan (diferensiasi) yang berhubungan dengan pengertian perbedaan tingkat. dimana anggota-anggota masyarakat berada di dalamnya.

Faktor-faktor yang menentukan adanya stratifikasi sosial ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Pemilikan atas kekayaan Status atas dasar fungsi pekerjaan Tingkat pemahaman beragama Status atas dasar keturunan Rasial dan domisili Status atas dasar jenis kelamin dan umur .

Sistem Stratifikasi Sosial tertutup (closed social stratification) terbuka (open social stratification) Campuran (mixed social stratification) Non pribumi Pribumi .

. dimana orang mempunyai kedudukan dan peranan yang sama. menurut syarat-syarat tertentu.Kelas Sosial Karl Marx : adalah stratum atau suatu lapisan masyarakat. Max Weber : menyatakan bahwa sebuah kelas terdiri atas orangorang yang life chances nya sama. ialah kepentingan ekonomis dalam milik barang-barang dan kesempatan mendapatkan penghasilan.

Unsur-Unsur Strafikiasi Sosial ‡ Status Sosial ‡ Peranan Sosial .

Status Sosial ‡ Status yang diperoleh dengan sendirinya (ascribed status) ‡ Status yang diperoleh atas dasar usaha yang disengaja (AchievedStatus) .

peranan norma-norma yang dihubungkan dengan posisi 2. peranan perikelakuan individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat. . peranan apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi. 3.Peranan Sosial suatu perbuatan seseorang dengan cara tertentu dalam usaha menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan status yang dimilikinya Levinson bahwa peranan itu mencakup tiga hal : 1.

Karakteristik Pelaku Utama dan Pelaku Usaha ? ‡ Petani KARAKTERISTIK ‡ Produsen bibit/pupuk/Alat ‡ Pedagang ‡ Pemerintah DIFERENSIASI INTERAKSI ‡ Konsumen STATUS & PERAN .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->