Stratifikasi Sosial

JURUSAN SOSEK/AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

Pendahuluan Pengertian Stratifikasi Sosial Terjadinya Stratifikasi Sosial Sistem Stratifikasi Unsur-Unsur Stratifikasi PERANAN Kelas Sosial STATUS .

. dimana anggota-anggota masyarakat berada di dalamnya.Pengertian Pitirim A Sorokin : bahwa stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelaskelas secara bertingkat (secara hierarkis) Hassan Shadily : Stratifikasi sosial tersebut merupakan pembedaan (diferensiasi) yang berhubungan dengan pengertian perbedaan tingkat.

Faktor-faktor yang menentukan adanya stratifikasi sosial ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Pemilikan atas kekayaan Status atas dasar fungsi pekerjaan Tingkat pemahaman beragama Status atas dasar keturunan Rasial dan domisili Status atas dasar jenis kelamin dan umur .

Sistem Stratifikasi Sosial tertutup (closed social stratification) terbuka (open social stratification) Campuran (mixed social stratification) Non pribumi Pribumi .

menurut syarat-syarat tertentu. Max Weber : menyatakan bahwa sebuah kelas terdiri atas orangorang yang life chances nya sama.Kelas Sosial Karl Marx : adalah stratum atau suatu lapisan masyarakat. dimana orang mempunyai kedudukan dan peranan yang sama. ialah kepentingan ekonomis dalam milik barang-barang dan kesempatan mendapatkan penghasilan. .

Unsur-Unsur Strafikiasi Sosial ‡ Status Sosial ‡ Peranan Sosial .

Status Sosial ‡ Status yang diperoleh dengan sendirinya (ascribed status) ‡ Status yang diperoleh atas dasar usaha yang disengaja (AchievedStatus) .

Peranan Sosial suatu perbuatan seseorang dengan cara tertentu dalam usaha menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan status yang dimilikinya Levinson bahwa peranan itu mencakup tiga hal : 1. peranan apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi. peranan perikelakuan individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat. . peranan norma-norma yang dihubungkan dengan posisi 2. 3.

Karakteristik Pelaku Utama dan Pelaku Usaha ? ‡ Petani KARAKTERISTIK ‡ Produsen bibit/pupuk/Alat ‡ Pedagang ‡ Pemerintah DIFERENSIASI INTERAKSI ‡ Konsumen STATUS & PERAN .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful