Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

SILABUS MATEMATIKA SEMESTER 1 KELAS 5 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SD BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah MATERI POKOK Operasi hitung bilangan bulat KOMPETENSI DASAR 1.1 Melakukan operasi hitung bilangn bulat termasuk penggunaan sifatnya, pembulatan dan penaksiran  INDIKATOR PENCAPAIAN Menggunakan sifat komutatif(pertukara), assosiatif(pengelompokan), dan distributif (penyebaran) dalam perhitungan Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan serta ratusan terdekat. Menaksir hasil operasi hitung (menjumlah, mengurang, mengali dan membagi) dua bilangan KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR  Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarnawarni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat opersai hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-sehari PENILAIAN Tertulis Kinerja Portofolio Tertulis Kinerja ALOKASI WAKTU 5 jp x 35 menit

 

Operasi hitung campuran bilangan bulat

1.2 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat

    

Membaca dan menulis lambang bilangan bulat dalam kata-kata dan angka Menulis bilangan bulat dalam garis bilangan Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat Melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat.

  

Menjelaskan cara membulatkan bilangan dengan menggunakan garis bilangan kemudian melakukan diskusi mengenai cara menaksir hasil operasi hitung Membuat garis bilangan, Tertulis melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan tersebut, diskusikan sampai memperoleh kesimpulan Menjelaskan cara menjumlahkan dan mengurangi dua bilangan bulat dengan garis bilangan Melakukan diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat. Memberikan beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung campuran penjumlahan atau

5 jp x 35 menit

com For evaluation only. Melakukan percobaan menggunakan benda di sekitar untuk membangun benda di sekitar untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep KPK dan FPB Menceritakan kegunaan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari setelah itu melakukan percobaan dengan alat percobaan (manikmanik. dll) Tertulis Kinerja 5jp x 35 menit Tertulis Kinerja 5 jp x 35 menit     Menuliskan pangkat dua sebagai perkalian berulang Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.4   Operasi hitung KPK dan FPB  Menyelesaika n masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB Perpangkatan 1.5 Menghitung perpangkatan dua dan dan akar penarikan sederhana akar pangkat dua Mencari faktor dan faktorisasi prima dengan pohon faktor dan menggunakan tabel Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dan FPB dari dua dan tiga bilangan Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB   pengurangan dengan perkalian atau pembagian.3 Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan KPK dan FPB 1. setelah itu mengadakan diskusi kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalahmasalah yang berhubungan dengan bilangan bulat misalnya masalah jual beli dan lain-lain Melakukan latihan soal yang memecahkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari. melakukan diskusi dan bersmaasama menarik kesimpulan Melakuakan latihan soal dengan soal-soal pada buku Menjelaskan cara melakukan penarikan akar pangkat dua dengan beberapa cara.   KPK dan FPB 1.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. lonceng. siswa 5 jp x 35 menit . Membandingkan akar pangkat dua suatu bilangan dengan bilangan yang lain    Membuat tabel perkalian 1 sampai Tertulis dengan 10 lalu beri ciri bilangan Kinerja yang dikalikan bilangan yng sama.foxitsoftware.

com For evaluation only. sore. abad.  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pangkat dua dan akar pangkat dua. dan pembagian yang melibatkan satuan waktu seperti jam. memberikan kasus untuk didiskusikan sampai didapat kesimpulan.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam   INDIKATOR PENCAPAIAN Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam melibatkan keterangan pagi. mengadakan diskusi untuk menentukan operasi hitungnya sampai diperoleh suatu kesimpulan Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kecepatan Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan waktu Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak. dll Menjelaskan satuan. waktu.2 Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu 2. sudut. pengurangan. MATERI POKOK Pengukuran waktu KOMPETENSI DASAR 2. atau malam. jarak. dan kecepatan dalam pemecahan masalah. hari. dan kecepatan Menentukan jarak jika waktu dan kecepatan diketahui Menentukan kecepatan jika jarak dan waktu diketahui Menentukan waktu jika jarak dan kecepatan diketahui Menentukan waktu keberangkatan  Tertulis Kinerja Portofolio 5 jp x 35 menit          Tertulis Kinerja Portofolio 10 jp x 35 menit . waktu. Menggunakan pengukuran waktu. dan kecepatan PENILAIAN Tertulis Kinerja Portofolio ALOKASI WAKTU 5 jp x 35 menit Pengukuran waktu Hubungan jarak.   dapat bebas memilih cara mana yang dimengerti untuk memecahkan permasalahan pada soal.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware. kecepatan dan debit  Melakukan opersi hitung penjumlahan. kecepatan dan debit 2. Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR  Melakukan percoban dengan membuat jam mainan dari karton. Setelah itu siswa diuji kemampuannya dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku paket Menjelaskan macam-macam satuan waktu. Melakukan didskusi kelas dan memecahkan permasalahan soalsoal pada buku paket Menceritakan keguanaan pangkat dua dan akar pangkat dua dla kehidupan sehari-hari Standar Kompetensi : 2.3 Mengenal satuan jarak . waktu.

jarak dan kecepatan  Memecahkan masalah kehidupan sehari-hari yang melibatkan jarak. waktu dan kecepatan  5 jp x 35 menit Standar Kompetensi : 3.com For evaluation only. waktu dan kecepatan 2. Melakukan percobaan membuat sudut siku-siku. waktu dan Portofolio kecepatan 5 jp x 35 menit Pengukuran sudut 2. Menjelaskan cara mengukur sudut dengan menggunakan busur derajat. lancip.foxitsoftware. dan tumpul dengan menggunakan busur derajat.4 Melakukan pengukuran sudut  Menentukan besar sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam    Pengukuran jarak. Menceritakan masalah kehidupan Tertulis sehari-hari yang berhubungan Kinerja dengan jarak.5 Menyelesaika n masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.  dan waktu tiba Menjelaskan dan menentukan debit  Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit. volume dan waktu. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. sebelumnya diskusi terlebih dahulu untuk menentukan langkah-langkah membuat sudut. . Mendiskusikan cara mencari Tertulis besar sudut satuan pada jam Kinerja yang telah dibuat sampai Portofolio diperoleh kesimpulan setelah itu siswa diuji kemampuannya mengerjakan soal-soal pada buku paket. mendiskusikan jenis-jenis sudut dan menentukan beberapa sudut acuan untuk menaksir besar sudut.

foxitsoftware. Mengitung volume kubus dan balok menggunakannya dalam pemecahan masalah MATERI POKOK Volume bangun ruang KOMPETENSI DASAR 4. trapezium dan laying-layang. Mengingatkan kembali tentang rumus luas segitiga yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya lalu buat bangun tersebut menjadi bentuk segitiga sehingga luas bangun datar tersebut dapat dicari dengan menggunakan rumus segitiga Melakukan percobaan mengukur benda-benda di sekitar yang berbentuk trapezium dan layinglayang kemudian setelah itu benda tersebut dihitung PENILAIAN Tertulis Kinerja Portofolio ALOKASI WAKTU 5 jp x 35 menit  3. alas bangun datar trapesium dan layang-layang dengan cara menurunkan dari rumus pokok KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR  Melakukan percoban untuk mencari rumus dengan menggambar bangun datar . Menggunakan rumus luas trapesium dan layang-layang Menentukan luas bangun datar dangan memanfaatkan rumus luas segitiga Menemukan rumus mencari tinggi. pada kertas berpetak lalu dibentuk menjadi segitiga lalu dicari luasnya yang kemudian diturunkan menjadi rumus bidang datar tersebut.com For evaluation only.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang     INDIKATOR PENCAPAIAN Menemukan rumus luas bangun datar : (trapesium dan layanglayang). MATERI POKOK Luas bangun datar (trapesium dan layanglayang) KOMPETENSI DASAR 3.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Menghitung hitung volume kubus dan balok    INDIKATOR PENCAPAIAN Menentukan rumus volume kubus dan balok Menggunakan rumus untuk menentukan volume kubus dan balok Menemukan rumus mencari KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR  Mengenalkan macam-macam bangun ruang berdiskusi untuk mencari perbedaan bangun datar dan bangun ruang setelah didapat kesimpulan baru melakukan percobaan untuk mencari volume PENILAIAN Tertulis Kinerja Portofolio ALOKASI WAKTU 5 jp x 35 menit .2 Menyelesaika n masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar  Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan luas bangun datar (trapezium dan layinglayang)  Tertulis Kinerja Portofolio 5 jp x 35 menit Standar kompetensi : 4.

com  www.go. Bumi Aksara  Intisari Matematika SD. Cempaka Putih.2 Menyelesaika n masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok  panjang. duniabelajar.p4tk. Erlangga. 2008.id  www. Melakukan diskusi kelompok kemudian diskusi kelas   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok Menentukan volume bangun ruang gabungan (kubus dan balok) Tertulis Kinerja Portofolio 5 jp x 35 menit SUMBER UTAMA:  Matematika SD Kelas V. Esis. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional PENDUKUNG:  Matematika kelas V SD.  Matematika kelas V. Ayo Belajar Matematika.com For evaluation only.  Volume bangun ruang 4. Pustaka Series.  www.com .  Burhan Mustaqin dan Ary Ashtuty.  Rahasia Matematika.tigaserangkai. Pustaka Agung  Titian Mahir Matematika. lebar dan tinggi pada balok juga rusuk pada kubus jika ada yang diketahi Menemukan hubungan volume balok dan kubus untuk mencari panjang rusuk-rusuknya Memecahkan masalah sehari-hari yang berhungan dengan volume bangun ruang (kubus dan balok)  kubus dan kubus dengan menggunakan kubus satuan.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.  Matematika Kelas V. Visindo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful