P. 1
Bab5-Akuntansi Untuk Penjualan Dan Penerimaan Kas

Bab5-Akuntansi Untuk Penjualan Dan Penerimaan Kas

|Views: 77|Likes:
Published by anansaputra

More info:

Published by: anansaputra on Aug 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

AKUNTANSI UNTUK PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS

SPECIAL JOURNALS (JURNAL KHUSUS)
Untuk mengolah dokumen dasar dari transaksi yang terdapat di perusahaan, banyak metode yang dapat digunakan. Pencatatan-pencatatan, pengklasifikasian serta pengikhtisaran data tersebut dapat dikerjakan secara manual. Sistem pengolahan data dengan tangan lebih mudah untuk dimengerti dan dipelajari melalui praktek, tetapi tidak praktis terhadap transaksi-transaksi yang terjadi berulangulang. Cara yang sederhana, praktis dan efisien dalam baik waktu dan biaya adalah jumal dua lajur diperluas menjadi beberapa lajur seperti yang diuraikan dimuka. Misalnya sebuah kolom dapat disediakan khusus untuk mencatat debet perkiraan kas dan sebuah . lajur lagi untuk mencatat kredit dari perkiraan tersebut. Di samping pemasukkan debet dan kredit dalam perkiraan yang bersangkutan maka tak perlu dilakukan pencatatan yang terpisah/tersendiri untuk setiap transaksi, tetapi cukup mentotal berapa debet dan kredit kas dalam jumal, lalu diposting ke perkiraan kas. Cara khusus tersebut dapat berlaku untuk debet penjualan dan kredit piutang dagang. Kesimpulan kita bahwa jumal khusus dirancang untuk mencatat transaksi-transaksi yang sering terjadi berulang-ulang, khususnya dalam bab ini adalah untuk mencatat penerimaan kas/tunai dan pengeluaran kas.

105

Jurnal dua lajur terse but disebut buku memorial (general journal). yang lainnya hanya secara kredit atau ada juga sebahagian yang melakukan dengan cara keduanya. Walaupun masih terdapat tambahan untuk ayatjurnal koreksi/perbaikan (correcting entries). Penjualan/Sales 106 receivable . Ayat jurnal untuk mencatat transaksi tersebut : penjualan tunai : Dr. Penjualan/Sales penjualan kredit : Dr. Kas/Cash Cr. Piutang dagang/Account Cr.PERUSAHAAN DAGANG Sistem akuntansi yang diterapkan oleh suatu unit usaha selalu sesuai dengan jenis kegiatannya. ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries) dan ayat jurnal penutup (closing entries). Kegiatan perusahan dagang dapat digolongkan menjadi : perdagangan besar/partai perdagangan eceran/retail Sedangkan transaksi-transaksi yang sering terjadi untuk kedua perusahaan tersebut antara lain : Transaksi Penjualan kredit Penerimaan tunai/kas dari segala sumber Pembelian barang dagangan dan lainnya Pengeluaran tunai/kas untuk segala tujuan Dieatat ke dalam : --> --> --> --> -. PENJUALAN (SALES) Jumlah transaksi penjualan biasanya lebih besar. pembahasan difokuskan pada operasi dari perusahaan dagang. Sales journal (buku penjualan) Cash receipt journal (buku penerimaan) Purchases journal (buku pembelian) Cash payment journal (buku pengeluaran) Semua transaksi yang terjadi di perusahaan dagang yang sejenis dapat dicatat ke salah satu dari keempat jurnal tersebut. Sebahagian perusahaan menjual barangnya hanya secara tunai. Dalam bab ini. dibandingkan transaksi lainnya.

000 100.000 130.000 140. Betty 130.000 13. Nn. perlengkapan maka untuk pencatatannya pada debet adalah kas(cash) atau piutangr dagang (Account receivable) dan dikredit pada aktiva yang bersangkutan dan transaksi ini tidak boleh dicatat pada buku penjualan (Sales journal).000 30.000 180. Kas Aktiva yang bersangkutan (penjualan aktiva bukan persediaan secara tunai) xx xx xx xx Dr. Piutang dagang Cr. Nn. maka jurnalnya sebagai berikut : Jurnal Umum 1989 April Hal. Sedangkan untuk penjualan aktiva lainnya kecuali persediaan barang dagangan. seperti aktiva/harta tetap.000 100. Dengan adanya jumal khusus (special journal). Meilani 140. ->Dr.000 akan tampak Jika transaksi ini dicatat ke dalam general journal.000 140. Selanjutnya pada akhir bulan totalnya dipindahkan 107 . Lalu selama sebulan langsung dicatat di dalam buku jurnal penjualan barn.000 26.000 130. maka pekerjaan pencatatan dipersingkat dan lebih dipermudah. lalu diposting ke buku besar (general ledger) dan juga dicatat di dalam buku tambahan Subsidiary ledger. Cr.000 Dari penjurnalan tersebut. Aktiva yang bersangkutan (penjualan aktiva bukan persediaan secara kredit) Contoh : Transaksi Penjualan April April April April dari perusahaan "DANCE" selama bulan April 1989 tercatat sebagai berikut: kredit 4.Kedua transaksi tersebut dicatat ke dalam buku penjualan (Sales journal). Susi 100. yaitu jurnal penjualan. 11 4 13 26 30 Piutang dagang-Dance Penjualan Piutang dagang-Dance Penjualan Piutang dagang-Dance Penjualan Piutang dagang-Dance Penjualan 13 41 13 41 13 13 13 41 180. Nn. Dyah $ 180. Nn.

.000 . 30 108 550.000 I I I Susi -> Apr.000 Accounts Receivable .000 Account Receivable Apr..Dr. 26 130.000 -> Apr.ke dalam buku besar (General Ledger). 13 100.000 140. 30 I I Susi 140.000 550.000 100. 30 550.000 I I (A) Subsidiary Ledger Dyah ->Apr.6 180.Cr (B) General Ledger Accounts Account Receivable Apr. Berarti telah terjadi penghematan baik untuk waktu maupun tenaga dalam pembukuan tersebut. Sales ..000 130.000 Dyah (C) -> Apr. Untuk jelasnya di bawah ini digambarkan bagaimana cara pembukuan transaksi di atas : SALES INVOICES SALES JOURNAL Date 1989 6 April 13 26 30 Account Debited Dyah Susi Betty Meilani Invoice 457 458 459 460 Terms On account 30 Days 2/l0.n/30 30 Days PR v v v v Page 6 Amount 180..

Ayat jurnal urnurn yang dibuat olch penjual adalah : Dr.(A) Mendebit ke perkiraan langganan di dalam Subsidiary ledger selama bulan April. Contoh seorang pengecer rnencanturnkan dalam katalogus $ 5. Beban Angkut (delivery expense) Cr. Beban Angkut (Delivery Expense) Tergapat dua sistern untuk biaya angkut. (C) Perkiraan Sales (penjualan) di kredit sejurnlah total penjualan selarna bulan April.000 dan potongan perdagangan sebesar $ 1. (B) Jurnlah penjualan selama bulan April didebet ke perkiraan Accounts Receivable (piutang dagang).000. Maka pernbeli akan rnencatat besarnya pernbelian $ 4. Piutang Dagang (Account receivable) Cr. Mungkin rnerupakan suatu prosedur bahwa dalarn prakteknya terlebih dahulu dibayarkan oleh pihak penjual.000. Kas (cash) Potongan Dagang (Trade Discount) Potongan dagang adalah suatu pengurangan dari daftar harga barang-barang yang dijual (Katalogus). beban angkut disini ditanggung ol¢h pernbeli. Beban angkut ini akan dicatat ke dalarn perkiraan Cash payment journal (buku pengeluaran kas) dengan ayat sebagai berikut : Dr. Sehingga setiap perubahan harga tidak perlu dibuat daftar harga yang baru. Cara pengelolaannya biasa sesuai dengan skala perusahaan dan jurnlah pelanggannya. yaitu : 1) FqB Shipping Point (prangko gudaitg penjual). dernikian juga pihak penjual atau pengecer akan rnencatat besarnya penjualan $ 4. 109 . berarti akan rnenambah nilai pernbeliannya.(prangko gudang pembeli). Prosedur Penjualan Kredit Setiap penjualan yang terjadi adalah akibat adanya pesanan yang diterirna langganan yang biasanya sccara tertulis. Urnurnnya hal ini dirnaksudkan untuk rnengadakan perbedaan harga diantara para langganan.. yang dicatat di dalam faktur penjualan untuk langganan. Penjualan (Sales) Beban angkut (Delivery expense) 2) FOB Destination .000. beban angkut ini akan ditanggung oleh pihak penjual.

yang asli dimiliki oleh langganan. Prosedur pencatatan dari transaksi ke dalam jurnal khusus ini lalu diposting ke dalarn buku besar pembantu dirancang sedemikian ruoa sehingga efisien dalarn memposting ke buku besar utarnanya. selembar untuk bagian akuntansi untuk dibukukan dalarn buku penjualan dan selembar lagi untuk bagian penagihan atau kasir/bank serta selembar lagi untuk bagian pengiriman sebagai surat perintah pengiriman barang kepada langganan. Choco D. Selembar disimpan bagian penjualan.000 Betty Ana C.000 240. Ana B. Tetapi jika langganan yang dimiliki suatu perusahaan relatif banyak maka akan membutuhkan banyak buku besar/perkiraan dan penyusunan neraca saldo (trial balance) akibatnya sering teIjadi kesalahan atau tertundannya laporan keuangan yang harus disiapkan. dimulai dengan pesanan penjualan (sales order) dalam rangkap dua atau tiga lembar. Setiap kelompok buku besar pembantu itu diwakili oleh sebuah buku besar utama/induk yang akan muncul dalarn neraca percobaan.000 Dance 600. yaitu Piutang Dagang (Accounts receivable). Dance __ I Chco > 600. Controlling Accounts and Subsidiary Ledger (Buku Besar/Induk dan Buku Besar Tambahan/Pembantu) Penjualan kredit kepada langganan dicatat ke dalarn satu perkiraan saja.Untuk perusahaan eceran.000 Sales 110 .000 600.- -----~-----~ __ ~_ '_ooo ~ _ __ 240. Jika terdapat banyak perkiraan langganan yang mempunyai sifat yang sarna maka biasanya akan ditarnpung dalarn sebuah buku tersendiri yang disebut buku besar pembantu.000 Buku Besar (Ledger) Account Receivable 180. Betty 60. Cara memposting ke dalam buku penjualan akan tampak sebagai berikut : Sales Invoice Sales Journal > > > > A.000 120. selembar disimpan oleh bagian kredit. Setelah kredit disetujuai oleh bagian kredit maka petugas penjualan membuat faktur penjualan (Sales invoice) dalam rangkap empat.000 120.000 Subsidiary Ledger -.000 180. Sehingga perkiraan buku besar utarna ini merupakan perkiraan pengontrol atau pengendali untuk perincian saldo-saldo dari langganan.

maka dibuat pencatatan dengan mendebet perkiraan Retur penjualan dan potongan (sales return and allowances).000 20.000 60. Maka jumlah pengembalian itu harus dikurangkan dari penjualan yang terjadi. maka penjual umumnya akan mengirimkan nota kredit. 11) 412 113/v 20. 17 Retur penjualan dan potongan Piutang dagang (Credit memo no. Sesudah di jurnal maka posting yang akan dilakukan tampak sebagai berikut : 111 .. artinya tidak langsung disajikan penjualan bersih. Jumlah debet untuk keempat perkiraan langganan ini didalam buku besar pembantu harus sesuai dengan perkiraan buku besar utamanya. dan menkredit piutang (account receivable) atau kas (cash). Dari copy faktur (invoice) di debet ke dalam perkiraan Anna. karena retur penjualan danpotongan dianggap sebagai beban yang harus dikeluarkan dapat diketahui. Maka akan dicatat dalam buku harian sebagai berikut : Journal Tgi 1989 April Uraian Dr Page 3 Cr 9 . 12) 412 60. Sales Return and Allowance (Retur Penjualan dan Pengurangan Harga) Ada kemungkinan barang yang kita jual akan dikembalikan oleh langganan karena cacat atau rusak dan tidak sesuai dengan pesanan.000 dan kredit perkiraan penjualan sebesar $ 600. yang menunjukkkan bahwa jumlah tagihan kepada langganan telah dikurangkan atas jumlah yang tercantum dalam nota kredit... Retur penjualan dan potongan Piutang dagang (Credit memo no.000. Betty.000 . agar dimasa depan diperoleh gambaran mengenai perincian dari operasi penjualan yang terjadi. Jika retur penjualan atau pengurangan harga ini dikaitkan dengan penjualan kredit.Jumlah menurut buku penjualan dimasukkan ke buku besar sebagai Debet dalam Perkiraan Piutang Dagang sebesar $ 600. Di atas. Choco dan Dance.000 IB/v Nomor perkiraan dan check mark (v) merupakan catatan bahwa transaksi ini akan dicatat baik di buku besar utama (general ledger/controlling account) maupun di perkiraan langganan (customer account) di sebelah kredit. Sebagai gambaran misalnya selama bulan Desember 198) PT Gunung Agung telah mengeluarkan dua lembar kredit memo. masing-masing perkiraan yang bersangkutan merupakan bagian dari Subsidiary Ledger (buku besar tambahan/pembentu) Piutang..

000 800.000 20.3 1800.000 860.000 200. Tanjung Raya 10.3 J.3 J.3 - - 20.6 J. 412 Saldo Dr Cr 1 9 17 Saldo v - - J.000 60.000 800.000 180.000 dan potongan Dr 880.000 180. maka buku terse but diatas dapat diperluas lagi. Jakarta Uraian Ref Dr Cr Saldo 26 17 Saldo S.000 60.000 130.000 60. 113 Cr 1 9 17 Saldo v J.000 160.Buku besar utama \ Piutang Dagang Tgl 1989 April Uraian Ref Dr Dr Saldo Dr No.3 Buku tambahan 20.000 Jika nota kredit (credit memo) yang dikeluarkan jumlah cukup banyak.3 130. 112 . Jakarta Uraian Ref Dr Cr Saldo 1 9 Saldo S.000 - Retur penjualan Tgl 1989 Juli Uraian Ref Dr No. Rawamangun Raya 100.000 account) - Piutang dagang (Costumor Nama : Alamat: Tgl 1989 Juli Dyah J1.000 70.6 J.000 Nama : Alamat: Tgl 1989 Juli Betty J1.

Jika pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu dari tanggal faktur (misalnya 60 hari). Oleh pihak penjual. " Untuk menggambarkan buku penerimaan kas. biasanya jangka waktu kredit dinyatakan di dalam faktur penjualan. sedangkan sebaliknya dari sudut pembeli merupakan potongan pembelian (purchases discount).Syarat pembayaran dan Potongan Tunai (Credit Term) Syarat pembayaran adalah perjanjian yang disetujui antara pembeli dan panjual mengenai waktu pembayaran barang dagangan dilakukan. Bagi pabrikan dan pedagang besar. Jika pembayaran harus dilakukan pada akhir bulan atau 30 hari. Ada yang dinamakan pembayaran tunai yang harus dilakukan dengan segera setelah barang dikirim dan ada juga yang diperkenankan membayar dalam jangka waktu tertentu yaitu jangka waktu kredit. Sebagai alat untuk menarik agar pembayaran dilakukan sebelum jangka. Sebagai alat untuk menarik agar pembayaran dilakukan sebelum jangka waktu kredit. Sebagai gambaran sebuah perusahaan di dalam faktur penjualannya memberikan keterangan 3/15. nJ60 yang berarti perusahaan tersebut akan memberikan potongan 3% jika pembayarannya sebelum 15 tahun setelah tanggal faktur dan batas kreditnya untuk 60 hari. maka diberikan potongan harga bagi mereka yang mau membayar lebih cepat. maka harus dibuat lajur khusus dengan judul Cash (kas). lihat contoh berikut ini : 113 . maka syarat demikian disebut "net 60 hari" yang biasa ditulis dengan nJOO. Cabs receipt journal (buku penerimaan kas) 01eh karena buku penerimaan kas direncanakan untuk mencatat semua penerimaan kas. Ada bermacam-macam jangka waktu kredit. sedang pembuatan lajurlajur lainnya akan ditentukan oleh sering tidaknya transaksi-transaksi yang berhubungan dengan uang kas. maka syarat yang demikian ditulis dengan "n/eom" (end of the month). Misalnya pedagang eceran mungkin menghendaki agar semua pembayaran pembelian kreditnya dilakukan dalam satu bulan yang harus dibayar pada tanggal-tanggal tertentu dari bulan berikutnya. potongan tunai ini dikenal dengan nama potongan penjualan (sales discount).

/) dibubuhkan.CASH RECEIPT JOURNAL Date Account Credit Post Ref Subsidiary Account CR Sales CR Account Receivable Sales Discount DR Page9 Cash DR 1982 Mei 2 8 10 12 12 14 14 17 19 21 23 25 27 29 30 Notes Receivable Interest income Santoso Buchart & Son Sales David Jr Damai Meubel Sales Adil Corporation PT Tiga Bersaudara Sales Purchases Return PTTimbul REHamid Sales Sales 112 811 v v v v v v v v v 511 v v v v 80000.00 2500. Kredit pada perkiraan piutang dagang (account receivable) langganan sebagai pembayaran dari piutang-piutangnya dicatat ke dalam lajur account receivable.00 2400.00 20000.00 (411) 1453000.400.00 40000.00 - 340000.00 V 1552340.00 320000.00 125000.00 70000. sedangkan jumlah uang yang diterima dicatat pada kolom cash (kas). Untuk menunjukkan bahwa jumlah $ 340.00 142100. maka tanda check mark C'.00 84680.00 315584.00 169540.00 - 3200. Setiap transaksi penjualan dicatat di dalam mesin pencatat (cash register) dan jumlah yang diperoleh dicatat dalam buku penerimaan kas yang dilakukan setiap akhir minggu atau jangka waktu tertentu.00 122500.00 (111) Kolom subsidiary accounts/General account/Sundry account (serba-serbi).00 84060.000. Misalnya transaksi pada tanggal 2 Juni yaitu penerimaan kas sebesar 82.00 4680.00 - - 2400.00 173000.00 - - 3460.00 - 31 TOT A LS 89640.00 417200.00 - 82400.00 240.00 370000.00 45000. Jumlah sales (discount potongan) yang diberikan dicatat dalam kolom sales discount.00 (113) 20876.00 2900. digunakan untuk mencatat kredit setiap perkiraan yang tidak terdapat pada kolom-kolom khusus seperti contoh diatas.800 untuk pembayaran hutangnya 114 .00 - 384060.00 56800.00 - - - 7240.00 34()()()(). Oleh karena jumlah dari lajur akan dimasukkan ke dalam perkiraan yang bersangkutan pada akhir bulan.00 17600.00 - 160000.00 326400. Sebagai ilustrasi pada tgl 5 Juni diterima pembayaran dari Santoso sebesar $ 156.400 yang berasal dari pembayaran wesel tagih berbunga dan kredit untuk perkiraan pendapatan bunga (interest income) sebesar $ 2.00 6416.00 - - 326400.00 - - 417200.00 (413) 3076104. Transaksi pada tanggal 8 Juni yang mencatat penjualan mingguan dan penerimaan uang kas sebesar $ 340. Lajur sales (penjualan) dipergunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang dagangan secara tunai.000 tidak perlu diperhatikan lagi.00 40000. Kedua jumlah ini dicatat ke dalam kolom sundry accounts.

000 60. Secara berkala jumlah saldo-saldo perkiraan piutang dagang pada buku besar dapat dibandingkan secara periodik dengan saldo piutang dagang di general ledger yang bias anya dikerjakan dalam waktu satu bulan untuk menyusun neraca percobaan.yang berjumlah $ 160.000 800. Jumlah pajak penjualan ini dikumpulkan oleh penjual dari langganan dan akan disetorkan ke kantor kas negara/pajak.880 50 130 14.000 200.000 - Perkiaran-perkiraan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga mencerminkan keadaan yang paling akhir.3 J. Perkiraan -perkiraan ini juga dapat dijadikan pedoman dalarn memutuskan perlunya tarnbahan kredit yang dilakukan.538 Pemasukan-pemasukan dan saldo akhir tarnpak sebagai berikut : Account receivable Tgl 1989 Juli Uraian Ref Dr Dr Saldo Dr Cr 1 9 17 Saldo v J.000 - 180. Jika jumlah dalam subsidiary ledger dengan control accountnya tidak sarna berarti terjadi kesalahan dan harus segera dianalisis dan diperbaiki/dikoreksi. dibawah ini diberikan contoh beberapa transaksi selarna bulan Mei 1984 dari PT Gunung Sewu sebagai berikut : Mei: 31 12 25 31 Total penjualan Retur penjualan Retur penjualan Penerimaan kas $ 17. Pajak Penjualan Pajak penjualan yang biasa dikenal sebagai pajak pertambahahn nilai dibebankan sebesar prosentase tertentu (UUPajak PPN 10%). Potongan harga yang diberikan $ 3. kecuali barang/komoditi bebas pajak. 115 . Buku besar utama dan buku pembantu piutang dagang (Accounts receivable control and subsidiary ledger) Untuk memberikan gambaran mengenai hal tersebut. juga segi efisiensi pembukuan dapat dicapai.000.200 dicatat di dalam lajur Sales discount dan penerimaan bersihnya dicatat pada lajur cash (kas).3 - 20.

Kas Cr. Hutang pajak Kas xxxx xxxx 116 . Penjualan Hutang pajak (mencatat penjualan tunai) Dr. Kas (mencatat pembelian tunai) $ 440 $400 40 Pembeli: $ 440 $ 440 Setiap akhir bulan penjual akan menyetorkan kewajiban pajaknya dari hasil penjualannya dengan mencatat : Dr. Sebagai ilustrasi. sebuah transaksi penjualan dari Texas Fried chicken sebesar $ 400 dengan PPN 10% maka masing-masing pihak akan mencatat sebagai berikut : Texas Dr. Pembelian Cr.Pajak penjualan sebagai hutang biasanya terjadi pada waktu diadakan penjualan tanpa memandang syarat pembayarannya. Cr.

Jaya Wijaya faktur no. Awan Biro secara kredit faktur no. Buatlah rekening-rekening dibawah ini di dalam Buku Besar (General Ledger). 412 Sales Return and Allowance. Buatlah perkiraan-perkiraan -yang berikut ini didalam Accounts Receivable Ledger. 6 $ 412. Fajar Utama. Senja Utama sejurnlah $ 699.000 27 Mengeluarkan kredit memo no.000 Diminta: 1. 1 sebesar $ 16. Merbabu Co. Syarat-syarat semua penjualan ialah "n/6" dan FOB Destination. Senja Utama faktur no.000 25 Menjual barang dagangan kepada Fa. 29 Menjual barang dagangan kepada Fa. 31 Menjual barang dagangan dengan kredit kepada PT. faktur no. 5 $ 348. Merbabu 117 2.000 19 Menjual barang dagangan kepada Fa.000. 23 Menjual barang dagangan dengan kredit kepada Pl'.2 sebesar $ 20. 15 Menjual barang dagangan dengan kredit kepada Fa. Fajar Utama secara kredit. Jaya Wijaya dan Fa. 7 $ 116. 4 $ 660. .000 kepada Fa. FOB Destination = biaya pengangkutan ditanggung oleh penjual. Fajar Utama.000 secara kredit.000 30 Mengeluarkan kredit memo no. 2 $ 838. Fa. 1 berjumlah $ 562. 3 sebesar $ 120. Jaya Wijaya dikarenakan barang dagangan yang dikembalikan.000 untuk Pf'. dengan memakai nomor-nomor perkiraan yang ditentukan antara lain: 113 Accounts Receivable.SO AL ( Soall-5 ) 5 Jayagiri telah didirikan dalam bulan Juli tahun yang sedang berjalan. Merbabu faktur no. 21 Mengeluarkan kredit memo no. Faktur no. Faktur no. Fajar Utama untuk barang dagangan yang dikembalikan. Pl'. untuk kerosakan barang dagangan yang disebabkan kesalahan/kerosakan mengepak. 411 Sales. Awan Biro. Pl'. Juli II Menjual barang-barang dagangan (merchandise) dengan kredit kepada PT. 3. Senja Utama. Penjualan barang-barang dagangan dilakukan secara kredit dan return and allowances selama bulan tersebut diuraikan dibawah ini. Fa.000 kepada Pl'.

00 70000.00 70000.033.00 ? ? 140000. 51 Delivery Expense .00 50000.00 130000.00 70000.00 40000.13 kepada Ali & Baba $ 19.00 ? 100000.00 ? ? 120000.500 Isilah tanda tanya (1) yang terdapat Begining Inventory 100000.00 ? ? ? Pertanyaan A. 30 Mengeluarkan invoice no.800.29 Menerima uang dari Restu & Day Co. 31 Mengeluarkan kredit memo no.000 31 Accounts Receivable . dikurangi dengan potongan (discount). Jumlah $ 679.00 80000..00 20000.00 Cos of goods sold 130000.800.00 80000. $ 591.043.200 41 Sales .00 60000.00 Expenses : Next Income ? 40000. 42 Sales Return and Allowances . sebagai pembayaran saldo faktur tertanggal 17 Oktober.00 70000.00 70000.00 100000.00 80000. 29 Menerima uang dari Toko Prihatin untuk faktur tertanggal 18 Oktober. 30 Mencatat penjualan tunai untuk setengah bulan kedua $ 2.00 100000.00 ? ? 80000. 43 Sales Discount .00 50000.00 ? ? 80000.00 ? ? 20000. $ 600.000 biaya pengangkutan $ 19.00 ? Purchases Ending Inventory ? 90000. 124 kepada Ali & Baba $ 660.00 80000.00 ? 70000.00 90000. $ 1.00 100000.00 10000.00 40000. : saldo- Buatlah perkiraan-perkiraan ini di dalam Buku Besar dengan mencantumkan saldo yang diberikan di bawah ini pada tanggal 1 Oktober : 11 Cash .00 60000.00 di dalam daftar berikut Gross Profit ? ? 110000.000 13 Notes Receivable .000.00 60000.00 80000. 52 Interest Income .. 120 . dikurangi potongan..

005.900 termasuk biaya pengangkutan $ 12.800.600.869.900.200. Buatlah perkiraan-perkiraan berikut ini di dalam Accounts Receivable Ledger dengan mencantumkan saldo-saldony yang diketahui pada tanggal 16 Maret: Ali & Baba $ 537.300 termasuk biaya pengangkutan $ 15. Pada tanggal 16 Oktober total Forwarded/pada baris pertama setiap jumal dan rupiah di dalam kolom jumlah. Sales return and allowance journal: $ 7.275.100. C.000. 3.190. Abu & Nawas $ 495. 18. 1. 121 .033. D.B. Buatlah catatan jumlah biaya pengangkutan di dalam kolom item dari dua perkiraan pertama. Tentukan saldo di dalam customer's account sebelum mencatat penerimaan kas. Tentukan bahwa subsidiary ledger sesuai dcngan controlling account.200. 1. Catatlah transaksi-transaksi di atas dan serta masukkanlah ke buku langganan (Accounts Receivable Ledger) dan cantumkanlah saldo-saldonya waktu diminta untuk membukukannya.900. dibaca dari iri ke kanan : Sales Journal: $ 1. Cantumkanlah jumlah-jumlah yang dinyatakan di bawah ini ke dalam Sales Journal: Sales Returns and Allowances Journal dan Cash Receipt Journal. 28. 1. Toko Prihatin dan Restu & Dau Co.300. E.000. Cash receipt journal: $ 65.800.

000 4. depreciation office equipment. . .000 . 6.000 10. Store equipment Less: Accum.200.000.000.000 2.000 $ 71..000 1. .000.000.000 $ 20.( SoaIS-S ) PT.000 10. .000 4. HUMPTY . . Less: Accum.500.000 .000.000.000 10. depreciation store equipment Office equipment. . depreciation office building Store building Less: Accum. depreciation store equipment Land $ .000. .000 14.000 $ 32.000 6.000 600.000.000 2.000 $ Total Fixed Assets TOTAL ASSETS 122 39.700.000 18.000.000.000 1.000. .500.800.000. .000..DUMPTY INDONESIA RAY A ASSETS Current Assets Cash Acconts receivable Merchandise inventry Store supplies Office supplies Prepaid insurance Total Current Assets Fixed assets Office building Less: Accum. 20.000.. .700.000 5.000 1. .000 400.

600.. Bogor $ 4. Bogor dengan jumlah faktur $ 6. Pajajaran di Bandung utang kita yang lalu sebesar $ 5. 5 Dibeli barang dagangan dari Fa.. .340..000. Budiman.7()(). Diponegoro.100.. Diponegoro.000..800. 15 Dijual perkas barang dagangan kepada Toko Airlangga.000 43..000. 2 Diterima pelunasan dari Piutang Fa...... 3 Dibayar kepada Fa.000 300..000 dengan mendapatkan potongan 1 % 4 Dijual barang dagangan secara kredit kepada Fa.000.000........000. . 18 Dijual secara kredit kepada PT...000 $ 71...000..400.750.000 2. .. 10 Dibeli barang dagangan dari PT. 9 Diterima pembayaran dari piutang Toko Airlangga. Diponegoro. Jakarta seharga $ 3.000. ... 30. Bogor dengan cek sebesar jumlah utangnya dikurangi potongan 1% untuk penjualan tanggal 4 Maret. Selama bulan Maret 1986 terjadi transaksi sebagai berikut : Maret 1 Dibeli barang dagangan secara kredit dari Fa. Sudirman hutang perusahaan sebesar $ 6.000 TOTAL LIABILITIES AND EQUITY.000 360. Pakuan. jumlah faktur $ 2.000.500...000.LIABILITIES AND CAPITAL Curret Liabilities Accounts payable Salaries payable Rent payable Interest payable Income tax payable Total current liabilities Long term loan Equity Capital stock Retained earnings Total equity 12. Jakarta $ 5.000 13. ... Andalas.000.400. Bogor barang dagangan dengan jumlah faktur $ 3.000....000 12.. Pajajaran di Bandung dengan jumlah faktur $ 4. 12 Diterima pembayaran piutang dari Fa.000 $ . Udayana...000.340.....360. Surabaya $ 3..2()(). Jakarta.000...000..000. Bandung dengan jumlah akhir nota $ 9.000. 17 Dibeli perkas barang dagangan dari PT. Surabaya seharga $ 2. 123 ..000 900. 13 Dibayar kepada PT..400. Brawijaya. 8 Dijual barang dagangan secara kredit kepada Fa.800.000 $ 16.

General Journal.000 secara kredit. 20 Dikirimkan nota kredit kepada Toko Brawijaya. Buatlah: Purchases Journal. 21 Diterima nota kredit dari PT. . 23 Dibeli dari PT. Pertanyaan : I. 124 II. Bandung untuk barang yang telah diterima kembali senarga $ 4.800. 13 Accounts Receivable. Pajajaran barang dagangan seharga $ 3.000 masing-masing untuk kantor dan toko.000 secara kredit.000.000. 28 Dibeli dari PT. 26 Dijual perkas barang dagangan kepada PT. Pakailah antara lain accounts sebagai berikut: 11 Cash.200. Udayana hutang kita sebesar $ 1. Sudirman untuk barang yang dikembalikan kepadanya seharga $ 500.000. 15 Store Supplies.000.700.000.000: Store Supplies $ 25.000.800. 25 Dibeli perkas dari PT.000. 31 Dibayar pajak Perseroan (Income Tax) sebesar $ 700. 20 Diterima pembayaran dari Toko Brawijaya (faktur tertanggal 8 Januari) dengan memberikan discount 1%.000.000. Sales Journal Cash Receipt Journal.000. 30 Dibeli perkas: Office Supplies $ 12. Andalas.000. 29 Dibayar kepada PT. 31 Dibayar rekening listrik $ 35.000. Diponegoro barang dagangan seharga $ 1. 31 Dibayar sewa gudang $ 360.000. 17 Prepaid Insurance.300.000. Udayana barang dagangan seharga $ 4. Andalas utang kita sebesar $ 2.19 Dibeli dari Fa.000 dan gaji bagian penjualan $ 750. 30 Dijual barang dagangan kepada PT. 31 Dibayar premi asuransi gedung untuk jangka waktu dari tanggal I April 1986 sampai dengan 31 Maret 1987 sebesar $ 600. 14 Merchandise Inventory. Pakuan seharga $ 5. Bukukanlah angka-angka dari Balance Sheet dan Journal tersebut di atas ke dalam rekening yang bersangkutan di dalam General Ledger.000.000. Sriwijaya. Bandung seharga $ 4. Cash Payment Jopurnal.000. 22 Dijual secara kredit kepada Fa. 24 Dibayar kepada PT. Jakarta barang dagangan seharga $ 4. Sudirman barang dagangan dengan total faktur $ 6. 31 Dibeli tunai 2 mesin tik @ $ 125.100.000 secara kredit.000. 31 Dibayar gaji pegawai kantor $ 300.

Office Salaries. Sales Return and Allowance. Office building. Sales Discount. Accumulated depreciation Store equipment. Capital Stock. Rent Payable. Accumulated depreciation Store building. Miscellaneous Income. Susunlah Trial Balance per 31 Maret 1986. Store equipment. Retained Earnings.18 18 18 18 19 19 19 19 20 21 22 23 24 25 26 31 32 41 41 41 43 51 51 51 52 52 53 54 55 etc. Purchases Return and Allowances. Office equipment. Accumulated depreciation Office equipment. Land. Purchases.. Interest Expense . Rent Expense. III. Sales. Interest Payable. Salaries Payable. Accumulated depreciation Office building. 125 . Sales Salaries. Account Payable. Purchases Discount. Store building. Electricity Expense. Income Tax Payable Longterm Loan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->