KARYA SENI TARI ‡ PENGERTIAN TARI

Tari adalah ekspresibjiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak gerak ritmis yang indah ( M.soedarsono ) ‡ TEMA TARI YAITU: 1.TEMA BINATANG 2.TEMA KEPAHLAWANAN 3.TEMA PERCINTAAN 4.TEMA DEWA DEWI 5.TEMA TUMBUH-TUMBUHAN 5.TEMA KERAKYATAN BENTUK PENYAJIAN TARI y TARI TUNGGAL Adalah susunan bakuyang menuntun kecermaan kesempurnaan pelaksanaan yangseluruhnya dibebankan pada seorang penari dalam meraih keberhasilan penari harus matang dalam penguasaan materi dan dewasa dalam penjiwaan dalam isinya. Contoh : tari jauk, tari margapati, tari topeng keras , dll. y TARI BERPASANGAN Adalah tari yang dalam pelaksaannya dibawakan oleh dua orang secara berpasangan baik putra putra , putri putri maupun pasangan putra dan putri. Contoh : tari cendrawasih, tari oleg tamulilingan, tari legong keratin, dll. y TARI KELOMPOK Adalah tari yang dalam pelaksanaannya dibawakan oleh oeh tiga orang atau lebih dan materi tari dibebankan untuk semua penari serta tanggung jawabnya dilakukan oleh banyak atau semua penari .

RAGAM GERAK DASAR TARI BALI y AGEM Adalah sikap pokok yang mengandung maksud tertentu. Tandang terdiri dari dua bagian yaitu: y y y Abah : perpindahan gerak kaki Tangkis : perkembangan gerak tangan. GERAK MURNI Yaitu gerak yang belum mengandung suatu arti namun sudah mengandung unsure keindaha atau gerak yang artistic. 2.GERAK TARI ADA 2 YAITU : 1. GERAK MAKNAWI Yaitu gerak yang dapat memberikan gambaran tentang gerakan sehari hari atau gerak yang mengandung arti dan unsure keindahan. yaitu suatu gerak tidak berubah ubah dari sikap pokok ke sikap pokok yang lain. TANGKEP Adalah penjiwaan tari yaitu ekspresi yang timbul melalui cahaya muka. y TANDANG Cara memindahkan gerakan satu ke gerakan yang lain sehingga menjadi suatu rangkaian gerak yang saling bersambung. UNSUR-UNSUR TARI BALI * WIRAGA Gerak anggota tubuh yang diperagakan penari sesuai bentuk yang tepat * WIRAMA Keselarasan gerak yang gerak tari dengan irama yang mengiringi tari * WIRASA Ekspresi yang ditampilkan dalam menari .bentuk agem ada dua macam yaitu agem kanan dan agem kiri.

CONTOH TARI TUNGGAL DAERAH BALI y TARI JAUK Adalah tarian yang menggambarkan seorang raksasa yang sangat angkuh. y TARI KEBYAR TROMPONG Kata kebyar berarti sinar. Jauk manis (longgor) berwarna putih y TARI TOPENG Adalah salah satu tokoh utama dalam suatu drama yang melukiskan gerak gerik seorang patih dalam suatu kerajaan y TARI TRUNAJAYA Adalah melukiskan seorang pemuda yang dewasa sangat emosional tingkah serta ulahnya senantiasa untuk menarik hati wanita y TARI PANJISEMIRANG Adalah nama dari galih candra kirana yang menyamar mencari kekasihnya raden panji inu kertapati y TARI MARGAPATI Menggambarkan gerak gerik seekor harimau atau raja hutan yang sedang manaklukan mangsanya y TARI WIRANATA Suatu tarian yang manggambarkan keperwiraan seorang raja yang gagah berani dan pantang mundur.Tari teropong adalah gerak tari yang dilakukan sambil memukul teropong . busana penari. Ekspresi tari jauk dapat dibagimenjadi dua jenis yaitu: a. teropong adalah nama salah satu gamelan diantara jenis gamelan. Jauk keras (durga) berwarna merah b. komunikasi ekspresi penari diatas pentas.*HARMONI Adalah keserasian yang mencangkup keserasian di atas pentas meliputi pola lantai.

TARI BEBALI Adalah tarian yang digunakan sebagai jalannya upacara Contoh : y y y y Tari topeng pajegan Tari gambuh Tari prembon TARI BALIH-BALIHAN Adalah tari yang berfungsi sebagai pelengkap jalannya upacara atau semata mata untuk tontonan Contoh : y y Tari manukrawa Tari janger .dll.PERANAN TARI DALAM KEHIDUPAN BUDAYA y TARI WALI Adalah tari yang berfungsi sebagai pelaksana jalannya upacara Contoh : y y y y tari rejang dewa Tari pendet Tari baris gede .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful