Pedoman Akademik 2011/2012

1

Tim Penyusun Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pengarah Penanggung jawab Sekretaris Anggota : Drs.H. Ishafit, M.Si : Dra.Hj.Triwahyuningsih, M.Hum : Dody Hartanto, S.Pd., M.Pd : Dra. Triwati Rahayu, M.Hum Azwar Abbas, S.Pd., M.Hum Drs. Abdul Taram, M.Si Dian Artha K., M.Pd.Si Dra. Zuchrotus Salamah, M.Si. Dra. Sumaryati, M.Hum

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI • iii FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN • 1 A. Visi, Misi dan Sasaran Mutu FKIP • 1 B. Pejabat Struktural FKIP • 2 C. Perkuliahan • 4 D. Ujian • 5 E. Kuliah Praktek • 6 F. Deskripsi Program Studi di FKIP • 6 G. Program Studi Bimbingan Konseling • 6 H. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia • 19 I. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris • 27 J. Program Studi Pendidikan Matematika • 37 K. Program Studi Pendidikan Fisika • 53 L. Program Studi Pendidikan Biologi • 67 M. Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan • 79

Pedoman Akademik 2011/2012

iii

.

Menghasilkan sumberdaya manusia kependidikan yang beriman.FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN A. pendidikan matematika. dalam rangka pengembangan dan pengamalam ilmu pengetahuan. dan pendidikan ilmu Pedoman Akademik 2011/2012 1 . Misi dan Sasaran Mutu FKIP Visi Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Muhammadiyah yang unggul dan inovatif dalam pembelajaran berbasis riset. memiliki kemampuan akademik dan professional. dan teknologi dalam kehidupan akdemik Islami. 2. Tujuan a. berakhlaq mulia. dan kesenian yang relevan dengan perubahan jaman untuk kemajuan Islam dan kesejahteraan umat manusia. 1. teknologi. Menyelenggarakan program pendidikan akademik b. dan layanan kepakaran kepada masyarakat dalam bidang keilmuan kependidikan. b. dan pendidikan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora. 3. riset. bertakwa. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui layanan kepakaran. pendidikan sains dan teknologi. Meningkatkan profesionalisme. Misi a. Menghasilkan riset yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran. pendidikan bahasa dan seni. c. pendidikan sains dan teknologi. dalam bidang keilmuan kependidikan. pendidikan matematika. pendidikan bahasa dan seni. Visi.

M.Triwahyuningsih. Secara struktural digambarkan sebagai berikut : Dekan : Drs. Sumaryati. Jumlah jurnal terakreditasi minimal 2 buah e.Si Wakil Dekan : Dra.Pd..Hum Kaprodi Pend. Publikasi dosen dalam jurnal international minimal 2 pertahun B.Hum Kepala Kantor Fakultas : Yuwanto 2 Universitas Ahmad Dahlan . M. M. Semua layanan pembelajaran berbasis IT c. Abdul Taram. M. adil dan makmur yang diridloi Allah SWT. Ishafit. Peningkatan kerjasama internasional dengan minimal 1 institusi per tiga tahun b.Si Kaprodi Pend. Biologi : Dra. Lulusan mampu berkomunikasi global j. M.Pd Kaprodi PBSI : Dra. Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu g. Zuchrotus Salamah. Kaprodi PPkn : Dra.. Sasaran Mutu a. Mininamal 1 mahasiswa pertahun memiliki reputasi nasional d. Lulusan mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih i. Pejabat Struktural FKIP Organisasi di FKIP UAD terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan dengan membawahi enam Kaprodi dan tiga laboratorium di lingkungan FKIP.Bahasa Inggris : Azwar Abbas. S. S.Hum Kaprodi Bimbingan Konseling : Dody Hartanto. M. Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan nominal 80 % f.H. Fisika : Dian Artha K.Pd. Triwati Rahayu. M. M.Si. Lulusan menjalankan Kehidupan Islami Muhammadiyah h. Matematika : Drs.pengetahuan sosial dan humaniora menuju terwujudnya masyarakat utama.Hj. M.Hum Kaprodi Pend.Si Kaprodi Pend..Pd. 4.

Pd Ka.Hum.M.Pd. M. S. Ishafit.M.Hum. Kaprodi P Matematika Dian Artha K..Pd.Si Kaprodi P Fisika Dra.Si. Triwati Rahayu. Dekan Dra. S.Si Kaprodi P Biologi Dra.M.Drs.Si. Abdul Taram.S. Kaprodi PBSI Azwar Abbas. Wakil Dekan Dody Hartanto.Pd.. S... M.Pd. M. Sumaryati.. M. M. Triwahyuningsih. Joko Susilo. Zuchrotus Salamah. PPPK Pedoman Akademik 2011/2012 3 . M.. Kaprodi BK Dra.Pd. M.Hum Kaprodi PPKn M.Pd. Kaprodi PBI Drs.Hum.

1) Mahasiswa wajib hadir tepat waktu (batas toleransi keterlambatan adalah 15 menit). Saat perkuliahan berlangsung : a.Syariful Fahmi Ka. Kehadiran . Mendiskusikan kontrak belajar dengan dosen pengampu mata kuliah pada pertemuan pertama perkuliahan. Mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan prakuliah yang meliputi: Sosialisasi pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Kuliah Umum di awal semester Gasal. d.. Perkuliahan Sebelum perkuliahan: a. c. b. Mahasiswa wajib melakukan kegiatan perwalian dua minggu sebelum KRS online. Mahasiswa melakukan Kuliah Perdana di masing-masing Program Studi pada awal semester. S. b.Lab. Kurang dari 75%. 1. sesuai dengan kalender akademik. 2. Tanda tangan kontrak belajar yang diwakili oleh ketua kelas. Mahasiswa melakukan KRS. 4 Universitas Ahmad Dahlan . 2) Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan minimal 75% dari kehadiran dosen pengampu. Matematika Rachmat R. Ka Lab TP dan Multimedia Yuwanto Ka Kantor FKIP C.Si. lebih dari 15 menit mahasiswa akan mendapatkan sanksi sesuai dengan kesepatan kontrak belajar dengan dosen pengampu. tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir semester. c. Pend.

merespon pertanyaan / quiz dan mengerjakan tugas. 3. 4) menonaktifkan nada dering ponsel selama perkuliahan berlangsung. D. Peserta ujian wajib berpakaian Islami 4. 5) Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir. 3) tidak makan minum di kelas. ponsel dimatikan 6. karyawan. Selama ujian.3) Mahasiswa wajib menyertakan surat ijin apabila tidak hadir dalam perkuliahan dan diklarifikasi oleh dosen pengampu mata kuliah. Partisipasi di Kelas . Ujian 1. Peserta ujian harus sudah berada di tempat ujian 10 menit sebelum ujian dimulai. sehingga total tatap muka perkuliahan mahasiswa memenuhi 14 pertemuan (2-3 SKS) atau 28 pertemuan ( 4 SKS). d. mahasiswa hendaknya proaktif menanyakan penggantian kelas kepada dosen pengampu. Peserta ujian menempati tempat duduk sesuai dengan nomor presensi yang ditempel (di papan pengumuman dan kursi ujian) 5. 1) berbicara dan bersikap santun kepada dosen. 1) Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan dengan aktif dan proaktif termasuk dalam memperhatikan penjelasan dosen. e. 2) Mahasiswa disarankan untuk mencatat / memiliki silabus perkuliahan yang disampaikan dosen pengampu pada perkuliahan pertama. Etiket Mahasiswa diwajibkan untuk . Peserta ujian dilarang mencontek dan bekerjasama dengan peserta ujian yang lain Pedoman Akademik 2011/2012 5 . 3) Apabila dosen tidak hadir. 4) Mahasiswa yang ijin kuliah karena sakit wajib menyertakan surat dokter. petugas. 2) berpakaian Islami. dengan catatan 1 SKS adalah 50 menit. Mahasiswa wajib mengambil kartu ujian bagian administrasi sebelum ujian berlangsung dan wajib membawa kartu ujian setiap ujian berlangsung 2. maupun teman sejawat.

2) kuliah praktek ditingkat prodi. Visi Menjadi program studi yang mampu bersaing dan inovatif dalam pembelajaran dan pelayanan Bimbingan dan Konseling yang berbasis riset dan teknologi. PPL bimbingan konseling (4 sks). kuliah praktek mahasiswa matematika dikelola oleh kaprodi dengan laboratorium matematika. Peserta ujian yang telah selesai mengerjakan soal diperkenankan untuk meninggalkan ruang ujian 9. Kuliah Praktek Mata kuliah praktek yang ada di lingkungan FKIP dibagi dalam dua macam. 1. silabus. dan sasaran mutu serta kurikulum.7. seperti : kuliah praktek mahasiswa biologi dikelola oleh kaprodi dengan laboratorium biologi. CLT 1 (2 sks) dan CLT 2 (2 sks). Jenis kuliah praktek di level fakultas terbagi dalam 4 macam : mikro konseling (4 sks). Sedang kuliah praktek yang basisnya keilmuan prodi diatur oleh masing-masing kaprodi dengan laboratorium yang sesuai dengan keilmuan masing-masing. 6 . Peserta ujian yang terlambat tidak diberikan perpanjangan waktu 10. tujuan. Peserta ujian wajib menandatangani daftar hadir ujian yang diedarkan oleh petugas. G. Universitas Ahmad Dahlan E. dsb F. 8. Peserta ujian yang tidak sesuai dengan tata tertib wajib menghadap dosen piket. yaitu: 1) kuliah praktek di tingkat fakultas. misi. Mekanisme dan pelaksanaannya sudah diatur dan tertulis dalam pedoman yang disiapkan oleh PPPK. Program Studi Bimbingan Konseling Visi. kompetensi dosen. serta nilai keislaman. PPL (4 sks). Deskripsi Program Studi di FKIP Berikut deskripsi visi. Tujuan. dan kompetensi lulusan dari masing-masing program studi yang ada di FKIP UAD terlampir. pengajaran mikro (2 sks). Misi. Sasaran Mutu dan Rencana Pencapaian a. Kuliah praktek di level fakultas adalah kuliah praktek yang dijadwalkan oleh prodi tapi dalam pelaksanaan dikelola oleh Pusat pengembangan profesi kependidikan (LPPK).

Rencana Pencapaian Sasaran Mutu Kondisi Prodi saat ini Jurnal minimal 1 0 buah Target tahun Aktivitas Utama 2010 2011 2012 0 0 1 Meningkatkan kualifikasi mitra bestari Mengembangkan jaringan penulis naskah Menerbitkan jurnal internal hasil tugas akhir mahasiswa Target Pencapaian Peningkatan kualitas naskah yang dimuat Peningkatan jumlah naskah yang masuk Terbit minimal 6 bulan sekali b. mampu menangani masalah-masalah yang sifatnya umum secara mandiri dan professional. Pedoman Akademik 2011/2012 7 . 4) Menguasai konsep-konsep layanan bimbingan dan konseling. Sasaran Mutu 1) Jurnal minimal 1 buah 2) Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal 60% 3) Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu minimal 30% 4) Dosen memiliki Indeks Kinerja Dosen > 3.Misi 1) Menyelenggarakan program akademik dan professional 2) Menyelenggarakan riset dalam bidang keilmuan kependidikan utamanyabimbingan dan konseling 3) Menyelenggarakan program layanan kepakaran utamanya bimbingan dan konseling kepada masyarakat c. d. Tujuan Tujuan Program Studi Bimbingan dan Konseling adalah untuk menghasilkan tenaga professional dalam bidang layanan bimbingan dan konseling.00 e. yang: 1) Berjiwa Pancasila atas dasar keyakinan Islam 2) Memiliki integritas kepribadian yang tinggi 3) Terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan tentang bimbingan dan konseling.

Sasaran Mutu Prodi Kondisi saat ini Target tahun 2010 2011 2012 Aktivitas Utama Target Pencapaian Lulusan NA NA 60% berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal 80% 12 % Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu minimal 20% Meningkatkan jumlah artikel Jumlah artikel minimal 6 di tingkat program studi artikel per penerbitan dan terbit sesuai jadwal Publikasi hasil penelitian Dari 8 tugas akhir minimal mahasiswa menjadi artikel dipublikasikan 1 artikel ilmiah untuk publikasi jurnal oleh dosen pembimbing 80% Telaah Kurikulum Kurikulum yang link and match dan sesuai dengan perkembangan keilmuan Mempertahankan peringkat Mendapatkan nilai akreditasi akreditasi A 27% Telaah kurikulum 17% Dosen memiliki Indeks Kinerja Dosen > 3. SAP. SAP.00 70% 80% Kurikulum rasional dengan jumlah 144 untuk lulus tepat waktu studi Maksimalisasi penyediaan Semua matakuliah silabi. dan bahan ajar dilengkapi dengan silabi. dan bahan ajar Menawarkan matakuliah Tidak ada hambatan tertentu pada tiap semester mahasiswa dalam pengambilan matakuliah Menertibkan kehadiran Semua dosen hadir sesuai dosen untuk memenuhi kalender akademik target tatap muka sesuai kalender akademik Meningkatkan peran dosen Deteksi dini terhadap pembimbing akademik permasalahan yang dihadapi mahasiswa sehingga bisa segera dicarikan solusinya Maksimalisasi kegiatan Meningkatnya kesiapan untuk meningkatkan mahasiswa dalam kesiapan mahasiswa dalam mengerjakan TA. sehingga mengerjakan TA: Seminar dapat memperpendek masa Proposal Skripsi Kolokium pengerjaan TA Tugas Akhir 90% 100% Meningkatkan kualifikasi Dosen memenuhi kualifikasi dosen 22% 8 Universitas Ahmad Dahlan .

S.5 Toleran terhadap permasalahan konseli 1.Suharsimi Arikunto Drs. individualitas. SE Dody Hartanto. M.Kons Dra. dan berpotensi 1.Si Drs. M.1 Mengaplikasikan pandangan positif dan dinamis tentang manusia sebagai makhluk spiritual.6 Bersikap demokratis. ST Martaningsih. M. dan mengedepankan kemaslahatan konseli dalam konteks kemaslahatan umum Sub Kompetensi 1. M.Pd Dra. M.2 Menghargai dan mengembangkan potensi positif individu pada umumnya dan konseli pada khususnya 1. Syamsudin. Pedoman Akademik 2011/2012 9 .Pd Drs. Dwi Putranti Dra. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.Pd. Purwadi. SU Drs. No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Kompetensi Dosen Prodi Bimbingan Konseling Nama Dosen Prof.Psi Dra Erni Hestingrum Dra. M. SU.Dr.Si Drs. individual.Pd Drs.4 Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sesuai dengan hak asasinya. Kompetensi Lulusan A. M. Yusuf Effendi. sosial.Pd Drs. kebebasan memilih. 1. bermoral. M. Mujidin. Kusno Effendi. Sri Hartini. Memahami secara mendalam konseli yang hendak dilayani Kompetensi 1.2.Pd Program studi BK BK BK BK BK BK BK BK BK BK BK BK BK BK Kompetensi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Bimbingan dan Konseling Bimbingan dan Konseling Bimbingan dan Konseling Pendidikan Pendidikan Bimbingan dan Konseling Psikologi Psikologi Psikologi Pendidikan/ teknologi Pendidikan/ Statistika Bimbingan dan Konseling 3. Hadjam Murusdi.3 Peduli terhadap kemaslahatan manusia pada umumnya dan konseli pada khususnya 1. Alif Muarifah. Said AlHadi.

nonformal dan informal 2.2 Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan umum.1 Mengaplikasikan kaidah-kaidah perilaku manusia. Menguasai landasan teoretik bimbingan dan konseling Sub Kompetensi 1. dasar dan menengah Universitas Ahmad Dahlan Kompetensi 1.3 Menguasai landasan budaya dalam praksis pendidikan 2.2 Mengaplikasikan kaidah-kaidah kepribadian.3 Mengaplikasikan kaidah-kaidah belajar terhadap sasaran layanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan 2.1 Menguasai ilmu pendidikan dan landasan keilmuannya 1. jenis.2 Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan proses pembelajaran 1. individulaitas dan perbedaan konseli terhadap sasaran layanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan 2. Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli Sub Kompetensi 2. satuan pendidikan 10 .5 Mengaplikasikan kaidah-kaidah kesehatan mental terhadap sasaran layanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan B. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur.4 Mengaplikasikan kaidah-kaidah keberbakatan terhadap sasaran layanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan 2. perkembangan fisik dan psikologis individu terhadap sasaran layanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan 2.1 Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal. keagamaan.Kompetensi 2.3 Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan usia dini. dan khusus 2. kejuruan. Menguasai teori dan praksis pendidikan 2. dan jenjang.

6 Mengaplikasikan dalam praktik format pelayanan bimbingan dan konseling.3 Menyusun rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling 1.2 Mengaplikasikan arah profesi bimbingan dan konseling.4 Memanfaatkan hasil penelitian dalam bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling 4.3 Mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling. 4.Kompetensi 3.5 Mengaplikasikan pendekatan /model/jenis layanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. 4. Merancang program Bimbingan dan Konseling Pedoman Akademik 2011/2012 11 .2 Menyusun program bimbingan dan konseling yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan 1. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling Sub Kompetensi 3.1 Mengaplikasikan hakikat pelayanan bimbingan dan konseling. 4.4 Mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.4 Merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling Kompetensi 1.2 Mampu merancang penelitian bimbingan dan konseling 3.1 Menganalisis kebutuhan konseli 1. 4. C.1 Memahami berbagai jenis dan metode penelitian 3. 4. Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling 4.3 Melaksaanakan penelitian bimbingan dan konseling 3. Menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan Sub Kompetensi 1.

6 Memilih dan mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan 4. Mengimplementasikan program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif 3.4 engelola sarana dan biaya program bimbingan M dan konseling 3. 3. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi.1 Melaksanakan program bimbingan dan konseling. personal.3 Menyusun dan mengembangkan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling 4. proses. sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling 4. 2.2 Memilih teknik asesmen. 4. dan masalah konseli Sub Kompetensi 2.7 engakses data dokumentasi tentang konseli dalam M pelayanan bimbingan dan konseling Universitas Ahmad Dahlan 12 .5 Memilih dan mengadministrasikan teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.1 Melakukan evaluasi hasil.Kompetensi 2.2 Melaksanakan pendekatan kolaboratif dalam layanan bimbingan dan konseling.1 Menguasai hakikat asesmen 4. Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling.4 Mengadministrasikan asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah konseli. 4.4 Menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program bimbingan dan konseling 4.3 Menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi layanan bimbingan dan konseling kepada pihak terkait 3.3 Memfasilitasi perkembangan akademik. kebutuhan. 4. dan program bimbingan dan konseling 3. dan sosial konseli 2. karier. 2.2 Melakukan penyesuaian proses layanan bimbingan dan konseling.

dan konsisten) kepribadian yang kuat 2. Beriman dan bertakwa 1. Memiliki kesadaran 3. bersikap empati. 2.8 Berkomunikasi secara efektif 3. terhadap etika 3. dan mandiri 2.5 Menampilkan tindakan yang cerdas. Menunjukkan 2.3 Berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur 2. dan produktif 2.1 Memahami dan mengelola kekuatan dan dan komitmen keterbatasan pribadi dan profesional.2 Konsisten dalam menjalankan kehidupan beragama dan toleran terhadap pemeluk agama lain 1.4 Menampilkan toleransi tinggi terhadap konseli yang menghadapi stres dan frustasi 2.3 Mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah konseli.6 Bersemangat. Mengembangkan pribadi dan profesionalitas secara berkelanjutan Kompetensi Sub Kompetensi 1.8 Menggunakan hasil asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan tepat 4.9 Menampilkan tanggung jawab profesional dalam praktik asesmen D. kreatif.1 Menampilkan kepribadian dan perilaku yang terpuji integritas dan stabilitas (seperti berwibawa. inovatif.Kompetensi Sub Kompetensi 4.2 Menampilkan emosi yang stabil.3 Peka. jujur.2 Menyelenggarakan layanan sesuai dengan professional kewenangan dan kode etik profesional konselor 3. sabar.1 Menampilkan kepribadian yang beriman dan kepada Tuhan Yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Maha Esa 1. serta menghormati keragaman dan perubahan 2. Pedoman Akademik 2011/2012 13 . berdisiplin.7 Berpenampilan menarik dan menyenangkan 2. ramah.

organisasi. pimpinan sekolah/ madrasah.2 Memahami peran organisasi profesi lain dan memanfaatkannya untuk suksesnya pelayanan bimbingan dan konseling 6. dan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling kepada pihakpihak lain di tempat bekerja 4.2 Mengkomunikasikan dasar.1 Memahami dasar. dan peran kolaborasi intern di pihak-pihak lain (guru.5 Peduli terhadap identitas profesional dan pengembangan profesi 3. tujuan.7 Mendahulukan kepentingan konseli daripada kepentingan pribadi konselor 4. wali kelas. 6. dan AD/ART organisasi 5. Berperan dalam organisasi dan profesi bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri dan profesi kegiatan profesi bimbingan dan 5. Mengimplementasi6. tujuan.3 Bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di dalam tempat bekerja (seperti guru.4 Melaksanakan referal kepada ahli profesi lain sesuai dengan keperluan Kompetensi 14 Universitas Ahmad Dahlan .1 Mengkomunikasikan aspek-aspek profesional kan kolaborasi bimbingan dan konseling kepada organisasi profesi antarprofesi lain 6.4 elaksanakan referal sesuai dengan keperluan M 3.Sub Kompetensi 3.1 Memahami dasar. tenaga administrasi) 5. komite sekolah/madrasah) di tempat tempat bekerja bekerja 4. Mengimplementasikan 4. orang tua. tujuan.3 Bekerja dalam tim bersama tenaga paraprofesional dan profesional profesi lain.2 Menaati Kode Etik profesi bimbingan dan konseling konseling 5.3 Aktif dalam organisasi profesi bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri dan profesi 6.

Kurikulum Program Studi Bimbingan Konseling Semester 1 Kode MK KA01012 KA01032 KA01042 KC01033 KC01023 KD01012 KC01032 KC01072 KD01022 KD01032 Nama Mata Kuliah Studi Islam I Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Ilmu Pendidikan Belajar Pembelajaran Psikologi Umum Landasan Bimbingan dan Konseling Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Antropobiologi Filsafat Ilmu Pendidikan Jumlah Sem 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 SKS 2 2 3 2 2 2 2 2 2 2 21 Semester 2 Kode MK KA01022 KA01052 KC01052 KD01042 KC01102 KC01042 KC01122 KC01092 KG01018 KD01052 KC01184 Nama Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Ilmu Alamiah Dasar Perkembangan Peserta Didik Pengelolaan Pendidikan Komunikasi Antar Pribadi Statistik Diskriptif Dinamika Kelompok Bimbingan Dan Konseling Pribadi Pemahaman Individu Teknik Non Tes Psikologi Islam Sosio Antropologi Pendidikan Jumlah Sem 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 22 Pedoman Akademik 2011/2012 15 .4.

Semester 3 Kode MK KB01012 KA01062 KC01062 KC01113 KG01023 KC01042 KC01133 KC01142 KC01152 KC01012 Nama Mata Kuliah Studi Islam II Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Psikologi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Teori Dan Teknik Konseling Kesehatan Mental Bimbingan dan Konseling Sosial Bimbingan Dan Konseling Karir Statistik Inferensial Pendidikan Multi Budaya Jumlah Sem 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 SKS 2 2 3 2 2 2 2 2 2 2 21 Semester 4 Kode MK KE01162 KC01172 KG01038 KC01198 KG01043 KF01012 KC01232 KG01062 Nama Mata Kuliah Pemahaman Tingkah Laku Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling Bimbingan dan Konseling Belajar Manajemen Bimbingan dan Konseling Profesi Bimbingan Dan Konseling Layanan BK Islam /Therapy BK Islam Konseling Lintas Budaya Pemahaman Individu Teknik Tes Pengantar Sistem Informatika Jumlah Sem 4 4 4 4 4 4 4 4 4 SKS 2 2 2 2 4 2 2 2 2 20 16 Universitas Ahmad Dahlan .

Semester 5 Kode MK KB01022 KG01058 KH01028 KC01207 KC01217 KC01227 KE01014 KG01093 KC01272 Nama Mata Kuliah Studi Islam III Teknologi Informasi Dalam Bimbingan Dan Konseling Praktikum Pemahaman Individu Teknik Tes Praktikum Bimbingan Dan Konseling Pribadi Praktikum Bimbingan dan Konseling Sosial Praktikum Bimbingan Dan Konseling Kelompok Mikro Konseling Praktikum Bimbingan dan Konseling Belajar Praktikum Bimbingan dan Konseling Karir Jumlah Sem 5 5 5 5 5 5 5 5 5 SKS 2 2 2 2 2 2 4 2 2 20 Semester 6 Kode MK KC01158 KG01072 KC01242 KH01032 KD01072 KG01082 KD01084 KE01038 KD01102 Nama Mata Kuliah Evaluasi Bimbingan dan Konseling Praktikum Pemahaman Individu Teknik Non Tes Pengembangan Pribadi Konselor BK Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi Penelitian Kualitatif Praktikum Konseling Individual Penelitian Pendidikan Studi Kasus BK Pra sekolah dan Pendidikan Dasar Jumlah Sem 6 6 6 6 6 6 6 6 5 SKS 2 2 2 2 2 2 4 2 2 20 Pedoman Akademik 2011/2012 17 .

Semester 7 Kode MK KB01042 KE01028 KH01012 Nama Mata Kuliah Studi Islam IV Praktik Pengalaman Lapangan Seminar Bimbingan dan Konseling Enterpreneurship Jumlah Sem 7 7 6 7 SKS 2 4 2 2 10 Semester 8 Kode MK KJ01014 KG01136 Nama Mata Kuliah Kuliah Kerja Nyata Skripsi Jumlah Jumlah Akhir Sem 8 8 SKS 4 6 10 144 5.id/ .ac. Silabus Silabus dapat diakses di http://portal.uad.

Sasaran Mutu Dan Rencana Pencapaian a. 4) meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan lembaga pemerintah dan swasta tingkat nasional maupun internasional. 3) meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian dalam bidang pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. b. Tujuan. Tujuan Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara umum adalah sebagai berikut: 1) menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan dipercaya masyarakat sehingga menghasilkan sarjana yang profesional dan dapat diandalkan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat pengabdian dan pelayanan yang dilandasi nilai moral dan etika keislaman. Misi. mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas. Pedoman Akademik 2011/2012 19 .H. Misi 1) menyelenggarakan program pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dan terbakukan. Visi. c. Visi Menjadi Program Studi yang unggul dalam ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia menuju kemajuan dan perubahan yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme yang dilandasi moral dan etika keislaman. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1. 2) meningkatkan kegiatan penelitian.

dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memenuhi standar ilmiah. bahan ajar. bahan ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran. dan menjunjung inggi ilai-nilai eislaman erta ampu emberikan umbangan t n k s m m s optimal dalam mencerdaskan dan membentuk karakter bangsa. 20 Universitas Ahmad Dahlan . 2) Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan. 3) Meningkatkan kemampuan dosen dengan mengikuti seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/workshop yang sesuai bidang keahliannya . dan karya ilmiah. 5) kuantitas dan kualitas penelitian. kreatif. Untuk merealisasikan sasaran di atas. bertanggung jawab.2) menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia. 2) Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan silabus. 3) Profesionalisme sumber daya manusia di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. inovatif. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 melakukan aktivitas sebagai berikut : 1) Menyusun dan melakukan peninjauan kurikulum secara periodik dan terstruktur untuk menyesuaikan perkembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan dan pasar kerja. SAP. d. 4) Kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif. SAP. pengabdian kepada masyarakat. Sasaran dan Rencana Pencapaiannya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara terencana telah merumuskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sebagai berikut : 1) Mem iliki kurikulum dan perangkat kurikulum (silabus. dan dapat bersaing di pasar kerja serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan. 3) menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkualitas.

Pd.Hum ** Dra. 5) Menyediakan dukungan pembiayaan dan media penulisan karya ilmiah. Sujarwo. Triwati Rahayu. M. dan pengabdian masyarakat.S. instansi pemerintah maupun swasta.Ardi Kurniawan. M.Hum Dra.Suparno Drs. M. Kompetensi Dosen Nama Dosen Prof. Titiek Suyatmi. penelitian.* Roni Sulistiyono. Dedy Pramono . A.M. Siti Mawadati . laboratorium multimedia. S.Jabrohim Dra. 7) Pengembangan program pendidikan profesi guru 8) Pengembangan laboratorium microteaching yang berbasis teknologi informatika.Hum Drs. dan laboratorium pemeranan. laboratorium bahasa.Hum Drs. Yumartati. S.4) Meningkatkan kemampuan dosen melalui tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Rina Ratih.Hum Dra. 9) Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerja sama dengan berbagai lembaga. M. Hum Dra.Pd. 6) Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.Hum ** Drs. M.A Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Linguistik dan Pengajaran Sastra dan Pengajaran Sastra dan Pengajaran Sastra Linguistik dan Pengajaran Linguistik dan Pengajaran Sastra dan Pengajaran Linguistik Linguistik Sastra dan pengajaran Linguistik Linguistik dan Pengajaran Linguistik dan Pengajaran Pengajaran dan Manajemen Pendidikan Linguistik dan Pengajaran Sastra dan jurnalistik Pedoman Akademik 2011/2012 21 . sekolah laboratorium.Pd Dra.Hum Dra. M.Pd M. Sudarmini* Dra.M.M. M. Drs. 2. Umarino . Ani Yuliati . Zultiyanti* Mulyono S. M.

S. khususnya yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk turut berperan serta dalam pembangunan masyarakat.. M. serta mampu merealisasikan ilmunya dalam bidang yang relevan.Pd.Pd Siti Salamah. b. S. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester 1 Kode MK KA03012 KA03032 KC03012 KG03032 Nama Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Pendidikan Agama Islam Perkembangan Peserta Didik Dasar dasar Linguistik Sem 1 1 1 1 SKS 2 2 2 2 22 Universitas Ahmad Dahlan . dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang jurnalistik atau pemeranan 4. M. Kompetensi Lulusan a. Lulusan menjadi tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mandiri mampu berpikir secara sistematik. S. S.Pd. S.* * Sedang Menempuh S2 ** Sedang Menempuh S3 Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Sastra dan pengajaran Linguistik dan pengajaran Linguistik dan Pengajaran Sastra dan Pengajaran Linguistik 3.Nama Dosen Wachid Eko Purwanto.Pd. S. M. bangsa dan Negara. memiliki kompetensi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.Pd Denik Wirawati. Lulusan menjadi tenaga pendidik yang religius.Pd Hermanto. memiliki pengetahuan dan melaksanakan penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. terpadu. unggul.Pd* Dedi Wijayanti. dan humanis yang diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia.

Bhs. Pembel. II Prof. Pendidikan Puisi I Prosa Fiksi dan Drama I Morfologi Bahasa Indonesia Pragmatik Studi Islam II Sejarah Sastra II Ragam Bahasa jurnalistik (PA) Sem 3 3 3 3 3 3 3 3 3 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Pedoman Akademik 2011/2012 23 .Kode MK KE03022 KG03042 KG03062 KG03072 KG03022 KE03012 Semester 2 Kode MK KE03032 KC03022 KC03032 KG03122 KG03132 KG03052 KG03092 KF03012 KH03012 KC03132 Semester 3 Kode MK KC03052 KC03042 KG03102 KG03112 KG03082 KG03012 KB03012 KH03022 KH03032 Nama Mata Kuliah Bahasa Bantu Komprehensi Lisan (menyimak) Ekspresi Lisan I (Berbicara I) Komprehensi Tulis I (Membaca I) Teori Sastra I Bahasa Inggris Sem 1 1 1 1 1 1 SKS 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah llmu Alamiah Dasar Pengantar Pendidikan Bel. Bhs.I Ekspresi Lisan II (Berbicara II) Komprehensi Tulis II (Membaca II) Fonologi Bahasa Indonesia Sejarah Sastra I Bahasa Arab Teori Sastra II Pendidikan Kewarganegaran Sem 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Bel. Ind. Ind. Pembel.

Mengajar BI Teknik penulisan Feature (PA) Penulisan Naskah (PB) Sem 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 24 Universitas Ahmad Dahlan .Kode MK KH03042 KH03054 Semester 4 Kode MK KH03132 KG03142 KG03152 KG03162 KG03172 KG03182 KH03312 KC03062 KH03092 KH03062 Semester 5 Kode MK KG03192 KG03202 KC03082 KB03022 KH03372 KH03382 KD03012 KG03212 KC03072 KH03392 KH03402 Nama Mata Kuliah Reportase (PA) Proses Kreatif I (PB) Sem 3 3 SKS 2 4 Nama Mata Kuliah Sastra Lama Sintaksis Bahasa Indonesia Semantik Bahasa Indonesia Ekspresi Tulis Puisi II Prosa Fiksi dan Drama II Telaah Kurikulum & Teks Bl Teori Bel. Bahasa Indonesia Teknik Wawancara (PA) Pemeranan I (PB) Sem 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Retorika Menulis Karya llmiah Perencanaan Pengajaran Bl Studi Islam III Kritik Sastra Sastra Perbandingan Pengajaran Sastra Slilistika Interaksi Bel.

I. B. & Sastra PPL II Studi Islam IV Aliran Linguistik Praktikum Jurnalistik (PA) Sanggar Produksi (PB) Seminar Sem 7 7 7 7 7 7 7 7 7 7 SKS 2 2 2 2 4 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa I Sosiolinguistik Evaluasi Pengajaran Bahasa Ind. Pengaj. PPL I Metode Penelitian Sastra Metode Penelitian Bahasa Statistik Dialektologi Penyuntingan Penulisan Fiksi (PA) Penyutradaraan (PB) Sem 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 * PA/PB : Pilih salah satu Pedoman Akademik 2011/2012 25 .Semester 6 Kode MK KG03232 KG03222 KC03092 KE03047 KD03022 KD03032 KD03062 KD03052 KH03082 KH03422 KH03432 Semester 7 Kode MK KG03252 KG03242 KH03452 KC03102 KE03058 KB03032 KH03462 KH03477 KH03488 KF03022 Semester 8 Kode MK KI03016 KI03024 Nama Mata Kuliah Skripsi KKN Jumlah Akhir Sem 8 8 SKS 6 4 148 Nama Mata Kuliah Wacana Bahasa Indonesia Psikolinguistik Analisis Kesalahan Berbahasa II Penel.

uad.5.ac.id/ 26 Universitas Ahmad Dahlan . Silabus Silabus dapat diakses di http://portal.

Tujuan. Sasaran Mutu dan Rencana Pencapaian a. 2) Menyelenggarakan program-program untuk meningkatkan kompetensi akademik dosen dan mahasiswa yang didukung dengan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi. Pedoman Akademik 2011/2012 27 . Misi 1) Menjalankan seluruh proses akademik di prodi Pendidikan Bahasa Inggris secara profesional dan berdasarkan pada nilai-nilai ke-Islaman. b. 4) Mengembangkan ilmu pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas baik secara internal maupun eksternal. 1. nasional. dan internasional.I. Visi Visi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UAD adalah menjadi sebuah program studi yang unggul dan kompetitif di bidang pendidikan bahasa Inggris dan berkualitas global berdasarkan pada nilai-nilai ke-Islaman. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Visi. 3) Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang berkelanjutan demi tercapainya lulusan yang berkualitas global dengan nilai-nilai keIslaman dan terciptanya kader yang dapat melangsungkan amal usaha Muhammadiyah . regional. 5) Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan kompetensi bahasa Inggris masyarakat dan mengembangkan jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga di tingkat lokal. Misi.

dan swasta serta dalam negeri dan luar negeri dengan melakukan program nyata dalam rangka mencerdaskan ummat.10 3.00 400 9 5% 75% 1 Target Tahun 2011 2012 2013 3. 2) Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cakap agar dapat berkomunikasi dengan lancar dalam pergaulan global. d. 3) Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dalam bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan bagi pengembangan SDM bangsa.05 3. lembaga penelitian. Sasaran Mutu dan Rencana Mutu Program Studi Sasaran IP Rata-rata Skor Instituional TOEFL Lulusan Masa Penulisan TA (bulan) Ketepatan Waktu Studi Pakaian dan Etika Islami Mahasiswa Berprestasi Nasional Kondisi Saat ini 3. 4) Memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumberdaya dan kemampuan yang relevan dalam bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.Tujuan Tujuan PBI secara umum adalah: 1) Menghasilkan lulusan yang memiliki profesionalisme pendidik yang berkualitas secara bertanggungjawab yang didukung oleh kompetensi teknologi informasi dengan menerapkan nilai-nilai ke-Islaman. pemerintah.15 425 8 10% 80% 2 450 7 15% 90% 4 475 6 20% 100% 6 Strategi Pencapaian • Melakukan evaluasi akademik mahasiswa secara periodik • Merevitalisasi peran dosen pembimbing akademik • Mengevaluasi proses pembimbingan TA secara periodik • Membentuk kelompokkelompok studi dan minat mahasiswa • Memberikan pelatihanpelatihan TOEFL • Mensosialisasikan kebijakan islamisasi kampus c. 28 Universitas Ahmad Dahlan . 5) Menghasilkan berbagai kerjasama dengan lembaga pendidikan.

Hum. 1 2 3 Pedoman Akademik 2011/2012 29 . Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra No. S. dan Literature. ARUM PRIADI.5 Target Tahun 2012 2013 2 1.Pd.Pd. Linguistics. M..5 Strategi Pencapaian • Membangun jaringan ke pengguna lulusan • Mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah • Mengintensifkan fórumforum ilmiah dosen • Menjalin jaringan dengan berbagai jurnal • Mengadakan workshop penulisan proposal penelitian • Mengintensifkan kelompok bidang ilmu program studi • Membentuk tim kerjasama di tingkat prodi • Menjalin kontak kerjasama dengan berbagai pihak 0 1 4 2 10 1 4 0 2 6 3 12 2 6 1 3 6 4 14 2 8 2 artikel 4 artikel 6 artikel 5 16 2 MoU 10 MoU 2.Sasaran Lama Waktu Pemerolehan Pekerjaan Pertama (bulan) Artikel yang di seminar internasional Artikel di jurnal terakreditasi nasional Artikel di jurnal terakreditasi internacional Proposal Penelitian Fundamental yang diterima Dikti Proposal Penelitian yang diterima LPP UAD Jalinan Kerjasama Internasional Jalinan Kerjasama lokal dan nasional Kondisi Saat ini 3 2011 2.Pd. M. S.B.. Kompetensi Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Kompetensi dosen tetap sesuai dengan program studi Pendidikan Bahasa Inggris meliputi 3 (tiga) bidang utama. Nama Dosen Tetap dan Tidak Tetap ANI SUSANTI. *) AZWAR ABBAS.I. S.Pd. yaitu: English Language Teaching.

Drs.Hum **) ***) NOOR CHAIRANI.. S.Pd. NIZAM AHSANI.Pd.Pd. M.Pd. MUHAMMAD ALI. S. *) HENDRA DARMAWAN.Pd.No. **) FAUZIA. *) Drs.. *) RIFKY DORA W.. M. S.Pd.B. NURI FAINUDDIN. M. BUSTAMI SUBHAN. **) MUHAMMAD SAEFUL EFFENDI.Hum. **) Prof.Pd.Pd.S. S. *) SUCIPTO.Hum.S. S. Sastra dan Budaya Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris dan Kajian Amerika Pendidikan Bahasa Inggris dan Translation Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Kajian Amerika Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Terapan Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Ilmu Sastra dan Evaluasi Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Terapan Pendidikan Bahasa Inggris 30 Universitas Ahmad Dahlan . S. M. BAMBANG WIDI PRATOLO. Drs. MUHAMMAD. M.Pd. S. M. *) NUR FATIMAH.*) NUR RIFAI AKHSAN. S. M.Pd. *) SOVIYAH. M. 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 Nama Dosen Tetap dan Tidak Tetap Drs. *) Dr. S. M.Pd.Pd.***) DWI SANTOSO.Hum.. S. ***) R. Dr.Pd.Pd.Hum. S. Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris dan Kajian Amerika Pendidikan Bahasa Inggris.Hum. *) INDAH FAJAR WAHYUNI. MAFTUKHIN.I. MUHAMMAD SYAKUR. S. S.. M.Hum.

M.A. 4) Memahami dan menerapkan prinsip evaluasi dalam pengajaran bahasa Inggris. 23 24 25 26 27 28 29 30 Nama Dosen Tetap dan Tidak Tetap Drs. Dra. M.No. peserta didik. ****) Keterangan: *) : Sedang menempuh S2 **) : Sedang menempuh S3 ***) : Sudah Tersertifikasi ****) : Dosen Tidak Tetap Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Pend. ****) Dr.Pd. Inggris American Studies Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik 3.Hum ***) WARTONO.I. M..Sc.A.Pd. B. M.Pd. Kompetensi Utama Lulusan 1) Memahami dan menerapkan keterampilan-keterampilan dalam bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari baik secara lisan maupun tertulis.Ed. SUHAINI M. GHANI JOHAN. 2) Memahami dan menerapkan prinsip dasar pendidikan. A. SURONO. M. ADNAN ZAID.B. dan manajemen pendidikan. SALEH. S. profesi kependidikan. UMI ROKHYATI.Hum. AGUS WIDYANTORO. Pedoman Akademik 2011/2012 31 . 3) Memahami dan menerapkan prinsip pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. ****) Drs.. M. S. M. Kompetensi Lulusan a. M. ***) TRI RINI WIDIARTI.Hum. ****) Dr. Drs.

6) Memahami dan menerapkan prinsip pengembang xn menunjukkan kompetensi di bidangnya. terutama dalam komunikasi bahasa Inggris. 32 Universitas Ahmad Dahlan . 4) Melakukan korespondensi/surat menyurat dalam bahasa Inggris. c. 7) Memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dalam proses pembelajaran. 7) Memahami bidang ilmu alamiah dasar untuk mendukung profesi keguruan. 8) Memahami dan menerapkan prinsip dasar ke-Islaman dan kemuhammadiyahan dalam pengajaran bahasa Inggris. 6) Memiliki kemampuan mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran baik non-IT maupun IT. 5) Memahami dan menerapkan pendekatan-pendekatan dalam pengajaran bahasa Inggris.b. Kompetensi Pendukung Lulusan 1) Melaksanakan penelitian sebagai penerapan metode ilmiah dan sikap ilmuwan serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian sesuai kaidah keilmuan 2) Memahami dan menerapkan pemahaman terhadap lintas budaya. Kompetensi Pilihan Lulusan 1) Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak 2) Memahami dan menerapkan prinsip dasar jurnalisme dalam bahasa Inggris. 3) Memahami dan menerapkan prinsip menerjemahkan teks dari atau ke teks bahasa Inggris. 5) Memiliki kemampuan mengembangkan potensi pariwisata dan mempromosikannya.

4. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Semester 1 Kode Mk KA04012 KD04082 KC04432 KC04012 KC04052 KC04092 KC04132 KC04182 KD04012 KC04232 Semester 2 Kode Mk KA04022 KA04033 KC04022 KC04062 KC04102 KC04142 KC04192 KC04242 KC04342 KI04012 Semester 3 Kode Mk KB04012 KI04022 Nama Mata Kuliah Studi Islam II Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Sem 3 3 SKS 2 2 Nama Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Listening for General Communication Conversation Reading Comprehension Paragraph Writing Pre-intermediate Structure Translation English Phonetics & Phonology Ilmu Alamiah Dasar Sem 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 SKS 2 3 2 2 2 2 2 2 2 3 Nama Mata Kuliah Studi Islam I Pendidikan Pancasila Pengantar Pendidikan Listening for Sound Perception Oral Reproduction Reading Technique Sentence Writing Basic Structure Vocabulary Pronunciation Sem 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Pedoman Akademik 2011/2012 33 .

Kode Mk KC04442 KC04452 KC04032 KC04072 KC04112 KC04152 KC04202 KD04022 KC04352 Semester 4 Kode Mk KD04072 KC04252 KC04042 KC04082 KC04122 KC04162 KC04212 KC04362 KC04262 KC04382 Semester 5 Kode Mk KB04022 KC04272 KC04282 KC04292 KC04302 KC04312 Nama Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Belajar dan Pembelajaran Listening in Professional Contexts Public Speaking Critical Reading Composition Intermediate Structure Interpreting English Morphology Sem 3 3 3 3 3 3 3 3 3 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Curriculum and Sylabus Listening for Academic Purposes Debate Academic Reading Essay Writing Pre-advanced Structure English Syntax Introduction to English Teaching Strategies Introduction to Literature Sem 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 SKS 2 3 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Studi Islam III Material Development English Teaching Strategies Assessment in English Language Teaching Research in English Language Teaching Teaching English as a Foreign Language Sem 5 5 5 5 5 5 SKS 2 2 2 2 2 2 34 Universitas Ahmad Dahlan .

Kode Mk KC04401 KC04372 KC04392 KC04172 KC04222 Semester 6 Kode Mk KC04322 KC04332 KD04042 KC04422 KC04412 KD04032 KD04052 KD04062 KE04012 Semester 7 Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Linguistic and Literary Research Method Semantics Drama. Prose. and Poetry Academic Writing Advanced Structure Sem 5 5 5 5 5 SKS 1 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Textbook Analysis Evaluation in English Language Teaching Applied Linguistics English for Specific Purposes Cross Cultural Understanding Instructional Technology Literary Appreciation and Criticism English for Tourism Pengajaran Mikro Sem 6 6 6 6 6 6 6 6 6 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Sem SKS KB04032 KE04024 KH04012 KH04022 KH04032 KC04462 Studi Islam IV Praktik Pengalaman Lapangan Seminar on English Language Teaching *) Seminar on Linguistics*) Seminar on Literature *) Statistics 7 7 7 7 7 7 2 4 2 2 2 2 Pedoman Akademik 2011/2012 35 .

Semester 8 Kode Mk KJ04014 KG04016 Nama Mata Kuliah KKN Thesis Jumlah Akhir Mata Kuliah Minat English For Children Kode Mk KD04092 KD04102 KD04112 KE04012 KE04022 Nama Mata Kuliah Children Language Acquisition CLT Methodology CLT Program Dev.ac.uad. Practicum I: Peer Teaching Practicum II: Teaching Practice Sem 3 4 5 6 7 SKS 2 2 2 2 2 Sem 8 8 SKS 4 6 144 English For Journalism Kode Mk KD04092 KD04102 KD04112 KE04012 KE04022 5. Nama Mata Kuliah Introduction to Journalism News and Report Writing Feature & Fiction Writing Practicum I: Visual Media Production Practicum II: Audio Visual Media Production Sem 3 4 5 6 7 SKS 2 2 2 2 2 Silabus Silabus dapat diakses di http://portal.id/ 36 Universitas Ahmad Dahlan .

mandiri. Tujuan Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang Islami dan memiliki: 1) Integritas kepribadian tinggi. serta pembinaan civitas akademika menuju efesiensi dan efektivitas kerja. dalam era global. berdaya saing tinggi dalam era global. 1. Misi. Sasaran Mutu dan Rencana Mutu a. Misi Untuk mewujudkan Visi. berdaya saing tinggi. 4) Kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain. cepat beradaptasi dalam perkembangan IPTEK.J. 3) Pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan hasil penelitian dan reka yasa di bidang pendidikan matematika . c. baik dalam atau luar negeri untuk memajukan pendidikan matematika . Program Studi Pendidikan Matematika 1. Tujuan. 5) Penataan organisasi dan manajemen berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2) Penelitian dan pengembangan pendidikan matematika yang bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup manusia dan pembangunan nasional. cepat beradaptasi dalam perkembangan IPTEK dan professional dalam pendidikan matematika. b. Visi Menjadi Program Studi yang handal dan Islami dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia cendikia. Visi. bersikap terbuka. Program Studi Pendidikan Matemetika melaksanakan: 1) Pendidikan akademik dan professional yang islami di bidang pendidikan matematika. Pedoman Akademik 2011/2012 37 .

serta mampu meneliti dan mengembangkan pendidikan matematika . Sasaran Mutu: 1) Peningkatan kerjasama Nasional dengan minimal 1 institut per-tahun 2) Semua layanan pembelajaran berbasis IT 3) Minimal 1 mahasiswa per-tahun memiliki reputasi nasional 4) Jumlah jurnal terakriditasi minimal 1 buah 5) Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal 80 %. d. serta mampu merencanakan. dan mengevaluasi pembelajaran matematika.dan publikasi 38 Universitas Ahmad Dahlan . 6) Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu . Rencana Mutu Sasaran Mutu Kondisi 2010 0 Target tahun 2011 1 2012 1 Prodi Saat ini 1. 9) Lulusan mampu berkomunikasi global. mengelola. melaksanakan.2) Penguasaan bahan ajar secara komprehensif dan metode pembelajarannya. 3) Wawasan pendidikan matematika yang luas dan mendalam. 7) Minimal 80 % lulusan memahami Kemuhammadiyahan. 10) Publikasi dosen dalam jurnal terakriditasi minimal 5 buah per-tahun e. 8) Lulusan mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih. Peningkatkan 0 Kerjasama nasional dengan minimal 1 institusi pertahun Aktivistas utama Melakukan komunikasi saling menguntungkan dengan intitusi yang sesuai dengan prodi pendidikan matematika Target Pencapaian Terjalin hubungan dengan institusi lain minimal 1 pertahun Jenis Aktivitas Menjalin Hubungan dengan P4TK Matematika DIY dalam bentuk pengembangan media pembelajaran matematika Menjalin Hubungan dengan widyaiswara P4TK sebagai dosen praktisi Menjalin hubungan dengan erguruan tinggi lain dalam bentuk studi banding. saling tukar informasi.

Semua layanan pembelajaran berbasis IT Kondisi Saat ini 80% 2010 90% Target tahun 2011 95% 2012 100% Aktivistas utama Target Pencapaian Jenis Aktivitas Penyediaan Tersedia sarana Penerapan system sarana dan dan prasarana manajemen ruang prasarana yang IT 100% Penyediaan 1 uniy terkait dengan IT computer dan LCD untuk tiap-tiap ruang dan dapat mengakses internet Penyediaan lab. mat dalam negocosting Sosialisasi dan pelathan penggunaan fasilistas pembelajaran berbasis IT yang baru kepada dosen p. tersedia 100% matematika dalam kondisi Memasukkan kebutuhan baik fasilhan IT untuk p. mat Pedoman Akademik 2011/2012 39 . IT untuk perkuliahan yang terkait dengan ketrampilan pemrograman Memberlakukan KRS on line Penyediaan terminal untuk mengakses internet Perintisan E-learning dlam proses pembelajaran Mengembangkan Semua Mengadakan pelatihan Pembelajaran Dosen dapat penggunaan media berbasis IT menggunakan pembelajaran berb asis IT pembelajaran bagi dosen p.Sasaran Mutu Prodi 2. matematika berbasis IT Mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis IT bagi dosen p. matematika Evaluasi penggunaan media pembelajaran berbasis IT Fasilitas Mengidentifikasi fasilitaspembelajaran fasilitas yang dibutuhkan berbasis IT dalam pembelajaran p.

MAt Mengirimkan dosen untuk pelatihan dosen pembimbing PKM Memasukkan anggaran kegiatan-kegiatan tersebut dalam negocosting Prodi Aktif menggali informasi perlombaan kemahasiswaan dalam bidang ilmiah baik tingakat regional maupun nasional Memasukkan anggaran kegiatan peningkatkan intensitas dan kualitas pembimbingan mahasiswa dalam berbagai kegiatan dalam negocosting Memberikan reward bagi dosen pembimbing yang lolos Bik tingkat regional maupun nasionl Melakukan seleksi terhadap mahasiswa berprestasi Menyiapkan dosen pembimbing Pengajuan usulan penerbitkan kebijakan yang mewajibkan untuk mengajukan proposal PKM sebagai syarat bagi mahasiswa yang mengajukan bea siswa Mengembangkan Minimal 10 kualitas dosen proposal PKM pembimbing PKM mahasiswa p. olimpiade matematika Minimal 1 mahasiswa memiliki reputasi nasional Mengikutsertakan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan (PKM. kopertis.Sasaran Mutu Kondisi 2010 0 Target tahun 2011 1 2012 1 Prodi Saat ini 3. seni) tingkat universitas. Olahraga. ataupun tingkat nasional Minimal satu mahasiswa dikirim dalam setiap perlombaan 40 Universitas Ahmad Dahlan . Minimal 1 belum mahasiswa per tahun memiliki reputasi nasional Aktivistas utama Target Pencapaian Jenis Aktivitas Prodi memotivasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PKM Prodi bekerjasama dengan HMPS mengadakan pelatihan penyusunan proposal PKM dan kiat sukses PIMNAS kepada mahasiswa P. debat.mat dikirim Meningkatkan intensitas dan kualitas pembimbingan mahasiswa dalam berbagai kegiatan misalnya penyusunan proposal PKM. LKTI. Olimpiade.

Jumlah jurnal minimal 1 buah Kondisi Saat ini Belum 2010 0 Target tahun 2011 0 2012 1 Aktivistas utama Meningkatkan motivasi. Lulusan NA berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal 80% NA 60% 80% Pengembangan proses pembelajaran Kurikulum yang link and match dan sesuai dengan perkembangan keilmuan Membangun kerjasama dengan alumni dan stake holder Lokakarya perubahan kurikulum dengan mengundang pakar Terjalin Menjalin kerjasama hubungan dengan sekolah – dengan alumni sekolah di lingkungan dan stakeholder persyarikatan muhammadiyah Membangun jejaring alumni Membekali mahasiswa berjiwa kewirausahaan saat pelepasan calon wisudawan tingkat fakultas Menginformasikan tentang permohonan tenaga guru Pedoman Akademik 2011/2012 41 .Sasaran Mutu Prodi 4. kuantitas dan kualitas dosen dalam penuisan karya tulis ilmiah Target Pencapaian Terbentuknya jurnal pendidikan matematika Jenis Aktivitas Mengembangkan bulletin dimensi Membentuk tim penerbitan jurnal pendidikan matematika Mengidentifikasi skripsi mahasiswa yang berkualitas Menyusun skripsi-skripsi mahasiswa menjadi karya tulis ilmiah minimal 10 tiap tahun Memotivasi doen untuk melakukan penelitian minimal 2 dalam 1 tahun Menerbitkan kebijakan untuk setiap tugas akhir/ skripsi dituliskan pula dalam bentuk naskah publikasi Pembentukan task force telaah kurikulum Mengundang stake holder dan alumni 5.

dan bahan ajar Rapat Prodi Semua dosen Menertibkan hadir sesuai kehadiran dosen untuk kalender memenuhi target akademik tatap muka sesuai kalender akademik Meningkatkan Deteksi dini Melakukan kajian peran dosen terhadap penggunaan ITP dan pembimbing permasalahan Buku Layanan Mahasiswa akademik yang dihadapi Melakukan evaluasi dan mahasiswa pemantauan terhadap sehingga bisa perkuliahan dan segera dicarikan perolehan SKS oleh dosen solusinya pembimbing akademik Melakukan Evaluasi hasil studi mahasiswa oleh dosen pembimbing akademik 42 Universitas Ahmad Dahlan . Mahasiswa menyelesaikan studi tepat Kondisi Saat ini 12 % 2010 17% Target tahun 2011 22% 2012 27% Aktivistas utama Target Pencapaian Jenis Aktivitas Pembentukan task force telaah kurikulum Mengundang stake holder dan alumni Lokakarya perubahan kurikulum dengan mengundang pakar Undangan Kegiatan Workshop SAP dan SAP baru Telaah kurikulum Kurikulum nasional dengan jumlah 144 untuk lulus tepat waktu studi Maksimalisasi penyediaan silabi.Sasaran Mutu Prodi 6. SAP. dan bahan ajar Semua matakuliah dilengkapi dengan silabi. SAP.

Sasaran Mutu Prodi Kondisi Saat ini 2010 Target tahun 2011 2012 Aktivistas utama Maksimalisasi kegiatan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam mengerjakan TA: • Seminar Proposal Skripsi • Kolokium Tugas Akhir Target Pencapaian Meningkatnya kesiapan mahasiswa dalam mengerjakan TA. sehingga dapat memperpendek masa pengerjaan TA Jenis Aktivitas Undangan dan daftar hadir kegiatan percepatan studi Menjadikan penulisan proposal tugas akhir sebagai salah satu tugas dari matakuliah metodologi pendidikan matematika pada semester VII Mengontrol kemajuan penulisan tugas akhir oleh pembimbing TA melalui kartu kontrol Memotivasi dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat minimal untuk mengambil matakuliah pada semester atasnya Setiap rapat dosen prodi selalu diawali dengan kultum yang berisi kajian islam dan kemuhammadiyahan Dosen senantiasa memasukkan nilainilai keislaman dan kemuhammadiyahan dala perkuliahan yang diampu Kaprodi Mengusulkan ke LPSI untuk senantiasa melakukan penelaahan perkuliahan sertifikasi Menjadikan Al-islam dan kemuhammadiyahan (AIK) sebagai salah satu materi dalam progrram pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru 7. Minimal Belum 80% lulusan memahami kemuhammadiyahan Blm 60% 80% Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang kemuhammadiyahan Lulusan pendidikan matematika 80% nilai setifikasi minimal nilai B Pedoman Akademik 2011/2012 43 .

Lulusan mampu Belum berkominikasi global Blm 60% 80% Setip akhir semester melakukan kajian dan evaluasi baca Al quran terhadap dosen pendidikan matematika Mengusulakan ke LPSI untuk melakukan pembinaan terhadap mahasiswa yang masih kurang mampu membaca Al quran Melakukan ujian baca Al Quran setiap ujian pendadaran 80% Dosen Pelatihan bahasa Inggris Meningkatkan kemapuan mempunyai nilai bagi dosen berbahasa TOEFL minimal 450 dan 80% Inggris Dosen mahasiswa dan Mahasiswa Telaah kurikulum mempunyai Pemberlakuan sertifikat TOEFL minimal TOEFL dengan skor 350 dan minimal 350 sebagai mendapat nilai syarat pendadaran minimal nilai B Memperbaiki silabus dan SAP matakuliah bahasa Inggris sesuai kompetensi yang diharapkan.Sasaran Mutu Prodi 8. Memberlakukan English Day Pencantuman judul sripsi dan abstrak dalam bahasa Inggris 44 Universitas Ahmad Dahlan . Lulusn mampu membaca AlQuran dengan fasih Kondisi Saat ini Blm 2010 Blm Target tahun 2011 60% 2012 80% Aktivistas utama Meningkatkan kemampuan membaca Al Quran mahasiswa dan dosen Target Pencapaian Lulusan pendidikan matematika minimal 80% tes baca Al Qurannya mendapat nilai B Jenis Aktivitas 9.

Pd Drs.Pd Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Pend..Sc. 1 3 4 6 8 9 Djoko Iswadji Harina Fitriyani * H. S.Publikasi dosen dalam jurnal terakreditasi minimal 5 per tahun Kondisi Saat ini 0 2010 0 Target tahun 2011 2 2012 5 Aktivistas utama Meningkatkan peran serta dosen dalam kegiatan-kegiatan imiah skala nasional dan internasional Target Pencapaian Setiap tahun minimal 1 dosen mengikuti kegiatankegiatan ilmiah skala nasional dan internasional Jenis Aktivitas Memasukkan kegiatan pengiriman dosen dalam kegiatan ilmiah standar nasional dan interasional dalam nego costing Aktif mencari informasi kegiatan ilmiah skala internasional Mendaftarkan minimal 1 dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah skala internasional Mengadakan seminar internasional dalam bidang pendidikan Menjalin hubungan dengan prodi lain atau fakutas lain untuk mengadakan kegiatan ilmiah berskala internasional Minimal 1 terjalin kerjasama internasional 2.Matematika Pend.Sasaran Mutu Prodi 10.Si Drs. Abdul Taram Gelar Akademik Drs.Matematika Pend. Kompetensi Dosen Prodi Pendidikan Matematika Nama Dosen H.Matematika Statistika Pend.Matematika Matematika Aljabar Statistik Matematika Ekonomi No.Ibnu Ngathoillah Muhamad Zakiriyanto Nur Arina Hidayati Pedoman Akademik 2011/2012 45 . S.Si M. S. M.

Pd.Matematika Pend. M.Sc. M. M.Matematika Pend.Matematika Analisis Terapan Matematika Statistik Evaluasi Pendidikan Pend. 14 15 16 17 18 19 20 21 22 Uswatun Khasanah Uus Kusdinar * Widayati Sumargiyani Syariful Fahmi Muh.Pd. Drs.I Drs. Teknik Pend.. Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Pend.Matematika Pend. 10 13 Nama Dosen Rostien Puput Anggoro* Tutut Herawan Gelar Akademik S. M. Matematika Pend. Dra. Drs.No.Si Ph. M.Pd.Matematika Manajemen Pend.Si Drs.Pd Drs Drs. M.Si.. Ph.Edi Prajitno 46 Universitas Ahmad Dahlan .I S.Pd S. Dra. Muhlisin Aris Thobirin Yudi Ari Adi Sugiyarto 23 24 39 Sunaryo Romelan Hamzah H.D. M. S.Pd S.D. Matematika Analisis Matematika Analisis Matematika Matematika Matematika Pend.Matematika Pend.Matematika Aljabar Matematika Pend. M.Si Drs.Sc.Pd.Si. Matematika Evaluasi pend.Matematika Pend. M.

Pd M. Dra. Drs.Sukirman H. dan rencana pengajaran berdasarkan pengetahuan materi ajar. Kompetensi Lulusan a. dan trampil menciptakan pengalaman belajar yang menjadikan aspek-aspek matematika menjadi bermakna bagi setiap peserta didik 3) Memahami hubungan antara kurikulum dan instruksional.Julan Hernadi 42 Suparman 43 44 45 46 47 Ganung Anggraeni Suparyan Laila Fitriana Siti Nur Rohmah Sofi Widyanesti Priwantoro* Gelar Akademik Drs.Pd. M.Pd M.Pd Drs. M.Pd Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan Pend. M. Dr.No. prosedur inquiri. ketersediaan teknologi dan kurikulum. Pedagogik 1) Memahami dan menguasai metoda dan teknik pembelajaran pendidikan matematika.Pd S. Pedoman Akademik 2011/2012 47 .. Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Matematika 3.PMat S. Matematika Pend.. Matematika Pend. Matematika Analisis Aplikasi Komputer Pend.Si.Pd S.Si. Drs. 2) Memahami prinsip-prinsip matematika. M.Matematika Statistika Matematika Terapan Matematika Terapan Pend. DEA Dr. 40 41 Nama Dosen H. M.

sosial. 2) Lulusan mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih. ketrampilan. dan trampil menggunakannya untuk mengevaluasi pengetahuan. Teknologi 1) Mengenal dan menguasai komputasi. c. dan kebiasaan. kelompok. 3) Lulusan berkepribadian islami. Kepribadian Islami 1) Lulusan memahami Islam dan Kemuhammadiyahan. dan tercermin dalam perilaku kehidupan sehari-hari. serta mampu memotivasi diri. 2) Memahami bagaimana peserta didik belajar dan berkembang. serta menciptakan sarana pembelajaran yang memberikan interaksi sosial positif. sesuai dengan Pedoman Hidup Islami (PHI) warga Muhammadiyah. berahlak mulia. 2) Memahami dan menguasai matematika murni dan terapan. 3) Memahami arti dari refleksi pengalaman serta secara berkesinambungan mengevaluasi efek dari pilihan terhadap metode pengajaran untuk menumbuhkan profesinalismenya.dan personal. Sofware pembelajaran matematika. 48 Universitas Ahmad Dahlan . 2) Mampu menerapkan pembelajaran matematika dengan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 3) Memahami strategi penilaian standar dan alternatif. b. dan menyediakan kesempatan belajar yang mendukung pengembangan intelektual. dan penerapannya di bidang ilmu lainnya dan dalam kehidupan sehari-hari. e.Profesional 1) Memahami konsep-konsep utama matematika. Sosial 1) Memahami individu. dan disposisi untuk menjamin pengembangan intelektual dan sosial secara berkelanjutan dari peserta didik. d. peningkatan belajar aktif.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Semester 1 Kode MK KA06012 KA06022 KC06012 KC06022 KC06043 KC06113 KD06022 KD06042 KI06012 Semester 2 Kode MK KA06032 KC06032 KC06058 KC06063 KC06103 KD06033 KG06173 KI06022 Semester 3 Kode MK KB06012 KC06073 KC06083 KC06093 KC06122 KG06022 Nama Mata Kuliah Sudi Islam 2 Kalkulus Integral Aljabar Linear I Aljabar Abstrak I Teori Bilangan Psikologi Belajar Matematika Sem 3 3 3 3 3 3 SKS 2 3 3 3 2 2 Nama Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sosio-Antropologi Pendidikan Pengantar Ilmu Komputer Kalkulus Differensial Statistika Elementer Aljabar Geometri Transformasi Bahasa Inggris Sem 2 2 2 2 2 2 2 2 SKS 2 2 3 3 3 3 3 2 Nama Mata Kuliah Studi Islam 1 Pendidikan Pancasila Pengantar Ilmu Pendidikan Psikologi Pendidikan Logika Matematika dan Himpunan Geometri Sejarah Matematika Trigonometri Bahasa Indonesia Sem 1 1 1 1 1 1 1 1 1 SKS 2 2 2 2 3 3 2 2 2 Pedoman Akademik 2011/2012 49 .4.

Sekolah Evaluasi Hasil Pembelajaran Matematika Pengajaran Mikro Matematika Sem 6 6 6 6 SKS 3 2 3 2 50 Universitas Ahmad Dahlan .Kode MK KG06153 KG06188 Semester 4 Kode MK KD06053 KG06042 KG06073 KG06103 KG06113 KG06123 KG06163 Semester 5 Kode MK KB06022 KD06012 KF06032 KG06083 KE06028 KG06213 KH06012 KH06023 Semester 6 Kode MK KG06143 KG06012 KG06033 KG06058 Nama Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang Pemrograman Komputer Sem 3 3 SKS 3 3 Nama Mata Kuliah Matematika Fisika Metode Pembelajaran Matematika Kalkulus Lanjut Aljabar Linear II Aljabar Abstrak II Teori Peluang Geometri Analitik Ruang Sem 4 4 4 4 4 4 4 SKS 3 2 3 3 3 3 3 Nama Mata Kuliah Studi Islam 3 Manajemen Pendidikan Statistik Non Parametrik Persamaan Differensial Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Program Linear Filsafat Pendidikan Matematika Rancangan Percobaan Sem 5 5 5 5 5 5 5 5 SKS 2 2 2 3 2 3 2 3 Nama Mata Kuliah Analisis Regresi Analisis Kurikulum Mat.

ac.id Pedoman Akademik 2011/2012 51 . Nama Mata Kuliah Statistika Matematik Metode Numerik Analisis Nyata I Analisis Vektor Sem 6 6 6 6 SKS 3 3 3 2 Nama Mata Kuliah Studi Islam 4 Program Pengalaman Lapangan Matematika Ekonomi Sistem-sistem Geometri Pemodelan Matematik Metode Penelitian Pendidikan Matematika Fungsi Peubah Kompleks Matematika Diskret Analisis Nyata II Sem 7 7 7 7 7 7 7 7 7 SKS 2 4 2 2 2 2 3 3 3 Nama Mata Kuliah Tugas Akhir Skripsi/ Non Skripsi Aplikasi Komputer Komputer Multi Media Pengantar Topologi Kuliah Kerja Nyata Sem 8 8 8 8 8 SKS 6 3 2 2 4 Silabus Silabus dapat di akses di http//portal.uad.Kode MK KG06133 KG06193 KG06223 KH06032 Semester 7 Kode MK KB06032 KE06019 KF06012 KF06022 KF06042 KG06062 KG06093 KG06203 KG06233 Semester 8 Kode MK KC06136 KE06038 KE06048 KF06052 KI06039 5.

.

Misi. keterampilan mengajar. Misi Mendidik mahasiswa calon guru fisika dengan latar belakang keilmuan fisika dan pendidikan. Visi Menjadi prodi yang unggul dalam teknologi pembelajaran fisika dan terpercaya dalam penanaman nilai-nilai intelektual dan moral Islami b. Tujuan Menghasilkan guru fisika yang memiliki pengetahuan dan atau keterampilan tentang : 1) Dasar-dasar ajaran Islam agar memiliki iman yang kuat. dan hubungannya dengan ilmu IPA lainya . sosial. 3) Prinsip-prinsip fisika. Tujuan.K. ibadah yang benar. 5) Bagaimana peserta didik memiliki perbedaan dalam pendekatan pembelajarannya. akhlak yang mulia. 2) Konsep-konsep utama dan asumsi dari fisika. 4) Bagaimana anak didik belajar dan berkembang. dan terampil menciptakan pengalaman belajar yang menjadikan aspek-aspek fisika menjadi berarti bagai setiap peserta didik. prosedur inquiri. berkarir dalam dunia pendidikan. teknologi dan masyarakat. dan menyediakan kesempatan belajar yang mendukung pengembangan intelektual. c. disposisi saintifik. 1. Sasaran Mutu dan Rencana Mutu a. dan berperan optimal dalam mendidik masyarakat menjadi melek sains dan teknologi yang bemoral Islami. personal. dan nilai-nilai Islami yang kuat sehingga mampu mengintegrasikan nilai-nilai intelektual dan moral. Program Studi Pendidikan Fisika Visi. dan trampil menciptakan model pengajaran yang Pedoman Akademik 2011/2012 53 .

dan disposisi untuk menjamin pengembangan intelektual dan sosial secara berkelanjutan dari peserta didik. dan kebiasaan. dan perbedaan kemampuan. dan trampil menggunakannya untuk mengevaluasi pengetahuan.00 e. 6) Individu. kecepatan belajar. Minimal 3 tim mahasiswa per tahun memiliki reputasi nasional Kondisi saat ini 2 Target tahun 2011 3 2012 4 Aktivitas Utama Memasukkan kompetensi yang diperlukan dalam kompetisi mahasiswa sebagai salah satu kompetensi yang akan dicapai dalam suatu matakuliah Menyediakan fasilitas perangkat keras pendukung pembelajaran Project-based Learning bagi matakuliah penunjang kompetensi yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi Meningkatkan intensitas pembimbingan dalam penyusunan proposal dalam event kompetisi Target Pencapaian Ketika lulus suatu mata kuliah. kelompok. d. 7) Strategi penilaian standar dan alternatif. mahasiswa telah memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi Tersedia fasilitas perangkat keras pendukung pembelajaran Project-based Learning bagi matakuliah penunjang kompetensi yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi Terdapat 10 proposal yang dihasilkan per tahun untuk berbagai event kompetisi 54 Universitas Ahmad Dahlan . serta menciptakan sarana pembelajaran yang memberikan interaksi sosial positif. Rencana Mutu Sasaran Mutu Prodi 1. peningkatan belajar aktif. ketrampilan. gender. Sasaran Mutu 1) Minimal 3 tim mahasiswa per tahun memiliki reputasi nasional 2) Jumlah jurnal terakreditasi 1 buah 3) Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal 80% 4) Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu minimal 20% 5) Dosen memiliki Indeks Kinerja Dosen ≥ 3.mengadaptasi perbedaan intelektual. serta mampu memotivasi diri.

SAP. dan bahan ajar Tidak ada hambatan mahasiswa dalam pengambilan matakuliah Semua dosen hadir sesuai kalender akademik Pedoman Akademik 2011/2012 55 . SAP.5 % 17. Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal 80% 4. Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu minimal 20% NA NA 80% Jumlah jurnal terakreditasi tercapai Kurikulum yang link and match Minimal B 12. Jumlah jurnal terakreditasi 1 buah 0 0 1 Peningkatan kualitas naskah yang dimuat Peningkatan jumlah naskah yang masuk Terbit minimal 3 bulan sekali Jumlah artikel minimal 6 artikel per penerbitan dan terbit sesuai jadwal Dari 10 tugas akhir minimal dipublikasikan 1 artikel 3. dan bahan ajar Menawarkan matakuliah tertentu pada tiap semester Menertibkan kehadiran dosen untuk memenuhi target tatap muka sesuai kalender akademik Kurikulum rasional untuk lulus tepat waktu studi Semua matakuliah dilengkapi dengan silabi. Menyelenggarakan forum program studi sebagai reviewer internal tim yang berhasil lolos seleksi ke tahap final Meningkatkan kualifikasi mitra bestari Mengembangkan jaringan penulis naskah Menerbitkan jurnal internal hasil tugas akhir mahasiswa Meningkatkan jumlah artikel di tingkat program studi Publikasi hasil penelitian mahasiswa menjadi artikel ilmiah untuk publikasi jurnal oleh dosen pembimbing Proses pengajuan akreditasi jurnal Telaah Kurikulum Meningkatkan peringkat akreditasi Target Pencapaian Terdapat 5 proposal per tahun yang lolos seleksi ke tahap berikutnya Terdapat 3 tim per tahun yang dapat meraih reputasi nasional 2.5% 20% Telaah kurikulum Maksimalisasi penyediaan silabi.Sasaran Mutu Prodi Kondisi saat ini Target tahun 2011 2012 Aktivitas Utama Meningkatkan intensitas pendampingan bagi tim yang telah lolos seleksi proposal. sehingga dapat lolos seleksi ke tahap selanjutnya.

Si. medis Fisika : Material Elektronika dan instrumentasi Fisika Komputasi dan instrumentasi Fisika Pendidikan Fisika Teoritik Fisika Teoritik Fisika Pendidikan: Teknologi Pembelajaran Fisika Kependidikan : Kurikulum dan Manajemen Pendidikan Fisika Teoritik Fisika Pendidikan Fisika Partikel dan Fisika Material Universitas Ahmad Dahlan 56 .Pd.00 70% 90% 100% - Kolokium Tugas Akhir Meningkatkan kualifikasi dosen Dosen memenuhi kualifikasi 2.Si Drs.Pd Drs. Muchlas. Darsono. Ishafit. MT ** Nanang Suwondo. Toifur Drs. M.Si Rahma. M.Si Margi Sasono. Dr. Widodo.Pd* Okimustava. M.Si* Dr.Pd. S. M.S.M.Si * Fajar Fitria Prof. sehingga dapat memperpendek masa pengerjaan TA Maksimalisasi kegiatan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam mengerjakan TA: - Seminar Proposal Skripsi 5.Si** Eko Nursulistyono. M. Raden Oktova.Si Rachmad Resmiyanto.Sasaran Mutu Prodi Kondisi saat ini Target tahun 2011 2012 Aktivitas Utama Meningkatkan peran dosen wali/pembimbing akademik Target Pencapaian Deteksi dini terhadap permasalahan yang dihadapi mahasiswa sehingga bisa segera dicarikan solusinya Meningkatnya kesiapan mahasiswa dalam mengerjakan TA. No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Kompetensi Dosen Prodi Pendidikan Fisika Nama Dosen Dian Artha Kusumaningtyas.S.Sc Bidang Keahlian Fisika Pendidikan: Evaluasi Pendidikan dan Kurikulum Fisika Pendidikan:Teknologi pembelajaran dan fisika eksperimental Fisika: Citra. Drs.M. Dosen memiliki Indeks Kinerja Dosen ≥ 3. Moh.M.

No 15 16 Nama Dosen Andang Novianto. 2) Pengembangan Pribadi dan Pembelajaran (Human Development and Learning) : Guru mengetahui bagaimana individu tumbuh. Standar Kompetensi Pengajaran. dan belajar serta menyediakan kesempatan belajar yang mendukung pengembangan intelektual. dan tujuan Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dirumusakan dalam bentuk Standar Lulusan Program Studi. dan Standar Pengetahuan dan Pengamalan Nilai-nilai Ke-Islaman. Baku Mutu Profesi Keguruan (mengajar) 1) Penguasaan bidang ilmu (Content Knowledge): Seorang guru mengerti konsep-konsep utama. dan struktur keilmuan fisika dan mampu memberikan pengalaman belajar sehingga bidang ilmu yang diajarkan menjadi sangat berarti bagi peserta didik. yang meliputi Standar Kompetensi Keilmuan Fisika. 4) Perancanaan Pengajaran (Planning for Instruction): Guru memahami rencana pengajaran dan desain pengajaran berdasarkan disiplin ilmu. a. Pedoman Akademik 2011/2012 57 . 3) Diversiti (Diversity) : Guru memahani bagaimana peserta didik berbeda dalam pendekatan pembelajarannya dan mampu menciptakan kesempatan belajar yang mengadaptasi perbedaan belajar tersebut. metode penemuan. sosial. peserta didik.MT Drs. berkembang . Kompetensi Lulusan Standar mutu lulusan yang berlandaskan pada visi. personal untuk semua peserta didik. Supriyadi Bidang Keahlian Elektronika dan instrumentasi Fisika Pendidikan Keterangan *= Sedang S2 **=Sedang S3 3. Standar Kompetensi Teknologi. lingkungan dan tujuan kurikulum. misi.

58 Universitas Ahmad Dahlan . dan profesional lainnya dalam komunitas belajar dan secara aktif mencari peluang untuk pengembangan profesionalitasnya. a P G 10) Refleksi an engembangan rofesional Reflection nd rofessional rowth): d P P ( Guru adalah praktisi reflektif yang secara berkelanjutan mengevaluasi bagaimana efek pilihan dan tindakan terhadap siswa. verbal. dan visual untuk melaksanakan metode penemuan. dan motivasi diri. peningkatan belajar aktif.5) Lingkungan Belajaran (Learning Environment): Guru menggunakan pengetahuannya tentang individu. kelompok dan sifat (kebiasaan) peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang memberi semangat positif interaksi sosial. 9) Hubungan kolaboratif (Collaborative relationships): Guru memahami tata hubungan komunitas di dalam pendidikan dan mengembangkan serta memelihara hubungan kolaboratif antara kolega. penyelesaian masalah. dan komunitas untuk mendukung proses pembelajaran dari peserta didik. dan memelihara kepemimpinan untuk mengembangkan proses belajar siswa berjalan baik. dan dukungan interaksi di dalam kelas. memelihara standar sikap prefesional. nonverbal. 8) Penilaian (Assessment): Guru memahami variasi strategi penilaian formal dan informal dan menggunakannya untuk mendukung pengembangan berkelanjutan untuk semua siswa. orang tua. orang tua. 6) Kebebasan Pengajaran (Instructional Delivery): Guru memahami dan menggunakan variasi strategi pengajaran untuk usaha pengembangan siswa dalam berfikir kritis. C a L : 11) Sikap rofesional an epemimpinan Professional onduct nd eadership) P d K ( Guru memahami pendidikan sebagai profesi. dan keterampilan bekerja. komunikasi. 7) Komunikasi (Communication): Guru menggunakan pengetahuan dan teknik komunikasi menulis efektif. kolaborasi.

b.

c.

Baku Mutu Bidang Keilmuan (Fisika) 1) Konsep/Prinsip/Hukum Fisika : Guru fisika menguasi secara menyeluruh pengetahuan esensial dan ketrampilan yang diperlukan untuk mengajar fisika dan memahami aplikasi yang luas dari prinsip-prinsip fisika untuk situasi dunia nyata (real world) 2) Mekanika Partikel dan Benda Tegar : Guru fisika memahami gerak partikel dan benda tegar dalam dimensi kualitatif maupun kunatitatif 3) Gejala Gelombang : Guru fisika memahami hakikat, sifat, dan kelakuan dari gelombang mekanik dan elektromagnetik, serta bagaimana gelombang elektromagnetik berinteraksi dengan materi 4) Termodinamika: Guru fisika memahami tentang panas dan materi 5) Elektromagnetika : Guru fisika memahami kelistrikan dan kemagnetan dan hubungan antara keduanya 6) Fisika Modern : Guru fisika memahami struktur atomik dan nuklir. Guru fisika memahami dasar-dasar elemen dan implikasi dari relativitas khusus, mekanika kuantum, dan fisika zat padat. Baku Mutu Penguasaan Teknologi (untuk pembelajaran) 1) Konsep dan Dasar-dasar Pengoperasian Komputer/ Teknologi (Basic Computer/ Technology Operations and Concepts): s Guru ampu engoperasikan istem omputer ntuk enjalankan oftware, m m s k u m mengakses, membuat dan memanipulasi data dan mempublikasikan hasilnya. Guru juga dapat mengevaluasi kinerja hardware dan komponen software dari sistem komputer dan mengaplikasikan dasar-dasar strategi troubleshooting jika diperlukan.

Pedoman Akademik 2011/2012

59

2) Penggunaan Teknologi secara Personal dan Profesional (Personal and Professional Use of Technology): Guru enggunakan eknologi ebagai lat antu eningkatan engembangan m t s a b p p personal/profesional dan produktivitas, menggunakan teknologi dalam komunikasi, kolaborasi, pelaksanaan riset, dan penyelesaian masalah, dan akan menanamkan aspek etik dan legalitas dalam penggunaan sumbersumber teknologi. 3) Aplikasi Teknologi dalam Pengajaran (Application of Technology in Instruction): Guru dapat menggunakan teknologi pembelajaran yang mendukung proses pengajaran diberbagai tingkat pendidikan dan materi ajar. Ia harus dapat merencanakan unit pengajaran yang mengintegrasikan berbagai jenis software, alat bantu belajar. Materi ajar yang dikembangkan dan penilaian harus efektif untuk berbagai karakteristik populasi peserta didik. 4) Isu-isu sosial, etik, dan kemanusiaan (Social, Ethical and Human Issues): Guru dapat mengaplikasikan konsep dan ketrampilan dalam membuat keputusan yang terkait dengan isu-isu sosial, etika, dan kemanusiaan dengan teknologi/komputer. Guru dapat memahami perkembangan teknologi informasi, dan efeknya terhadap dunia kerja serta sosial, dan potensi pembelajaran sepanjang hidup dalam dunia kerja. 5) Alat bantu Produktivitas (Productivity Tools): Guru dapat mengintegrasikan perlengkapan modern alat bantu pengajaran berbasis teknologi untuk mendukung proses pengajaran, pening-katan komunikasi di luar kelas, peningkatan menajamen kelas, alat bantu administrasi yang lebih efektif, dan mejandi ebih produktif dalam tugastugas harian. 6) Akses Telekomunikasi dan Informasi (Telecommunications and Information Access): Guru dapat menggunakan telekomunikasi dan mengakses sumber-sumber informasi untuk mendukung pengajaran.

60

Universitas Ahmad Dahlan

7) Riset, Penyelesaian masalah, dan Pengembangan Produk (Research, Problem Solving, and Product Development): Guru dapat menggungkan komputer dan macam-macam teknologi dalam riset, penyelesaian masalah, dan pengembangan hasil kerja. Guru dapat menguasi penggunaan maca-macam media, presentasi, dan merencanakan serta berpartisipasi dalam tim dan proyek berkolaborasi yang memerlukan analisis dan penilaian kritis, dan mampu menyajikan hasil pengembangan. 8) Ketrampilan Melek Informasi (Information Literacy Skills): Guru dapat meggunakan ketrampilan melek informasi untuk dapat mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi untuk mengembangkan proses belajar mengajar. d. Baku Mutu Kepribadian Islami Baku mutu kepribadian Islami didasarkan pada Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-44 tahun 2000 tentang Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, yang meliputi aspek: 1) Kehidupan Pribadi 2) Kehidupan dalam Keluarga 3) Kehidupan Bermasyarakat 4) Kehidupan Berorganisasi 5) Kehidupan dalam Mengelola Amal Usaha 6) Kehidupan dalam Berbisnis 7) Kehidupan dalam Mengembangkan Profesi 8) Kehidupan dalam Berbangsa dan Bernegara 9) Kehidupan dalam Melestarikan Lingkungan 10) Kehidupan dalam Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 11) Kehidupan dalam Seni dan Budaya

Pedoman Akademik 2011/2012

61

4. Kurikulum Prodi Pendidikan Fisika Semester I Kode MK KH07048 KD07022 KC07093 KC07013 KC07073 KC07053 KC07027 KA07012 Matakuliah Alat Ukur Bahasa Inggris Biologi Dasar I Fisika Dasar I Kimia Dasar I Matematika Dasar I Praktikum Fisika Dasar I Studi Islam I Jumlah SEM 1 1 1 1 1 1 1 1 SKS 2 2 3 3 3 3 1 2 19 Semester II Kode MK KD07012 KC07103 KC07033 KC07083 KC07063 KA07032 KC07113 KC07047 Matakuliah Bahasa Indonesia Biologi Dasar II Fisika Dasar II Kimia Dasar II Matematika Dasar II Pendidikan Pancasila Pengantar Pendidikan Prak. Fisika Dasar II Jumlah SEM 2 2 2 2 2 2 2 2 SKS 2 3 3 3 3 2 3 1 20 Semester III Kode MK KG07153 KC07143 KC07193 KC07173 Elektronika I Fisika Matematika I Listrik Magnet Mekanika Matakuliah SEM 3 3 3 3 SKS 3 3 3 3 62 Universitas Ahmad Dahlan .

Komputer II Praktikum Elektronika II Telaah Kurikulum Fis. I Praktikum Elektronika I Psikologi Pendidikan Studi Islam II Jumlah SEM 3 3 3 3 3 SKS 2 1 1 2 2 20 Semester IV Kode MK KC07132 KG07173 KC07153 KG07093 KH07072 KA07022 KH07087 KG07187 KG07012 KG07063 Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Elektronika II Fisika Matematika II Fisika Modern Pemrograman Komputer II Pendidikan Kewarganegaraan Prakt. Pemrog. Gelombang Pendahuluan Mek. S. M Termodinamika Jumlah SEM 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 SKS 2 3 3 3 2 2 1 1 2 3 22 Semester V Kode MK KG07138 KG07023 KC07182 KC07203 KC07163 KB07022 Matakuliah Eksperimen Fisika I Evapros & Hasil Pemb.Kode MK KH07052 KH07067 KG07167 KC07232 KB07012 Matakuliah Pemrograman Komputer I Prakt. Kuantum Statistika Studi Islam III SEM 5 5 5 5 5 5 SKS 2 3 2 3 3 2 Pedoman Akademik 2011/2012 63 .Pemrog. Fis. Komp.

Tekn. Fisika Atom dan Inti Fisika Zat Padat PPL II Studi Islam IV Matakuliah Pilihan 1 Matakuliah Pilihan 2 Jumlah SEM 7 7 7 7 7 7 7 7 SKS 2 2 3 3 4 2 2 2 20 Matakuliah Eksperimen Fisika II Ilmu Budaya Dasar Mekanika Statistik Metodologi Penelitian Pend. Fisika Praktikum Fisika Modern Profesi Kependidikan Jumlah SEM 6 6 6 6 6 6 6 6 6 SKS 2 2 2 2 3 2 3 1 2 21 64 Universitas Ahmad Dahlan . Fisika Teknologi Pengajaran Fisika Prakt. Optika PPL I Perencanaan Pengaj.Kode MK KH07118 KH07012 KH07027 Matakuliah Tekn. Fisika Jumlah SEM 5 5 5 SKS 2 2 1 22 Semester VI Kode MK KG07142 KI07012 KC07212 KH07102 KG07073 KG07038 KH07033 KG07107 KE07012 Semester VII Kode MK KH07092 KF07012 KG07113 KG07123 KG07048 KB07032 Matakuliah Astronomi Fil. Sains & Didaktik Fis. Pengaj. Media Pend.

Fis Penulisan buku ajar Fisika Pengelolaan Lab Fisika SEM 7 7 7 7 7 SKS 2 2 2 2 2 Silabus Silabus dapat di akses di http//portal.id Pedoman Akademik 2011/2012 65 .uad. Matakuliah Teori Arus Tukar Perkembangan Peserta Didik Desain produk media Pemb.Semester VIII Kode MK KJ07014 KG07056 Matakuliah KKN Tugas Akhir Skipsi Jumlah SEM 8 8 SKS 4 6 10 Matakuliah Pilihan Kode MK KG07082 KC07122 KH07138 KH07142 KH07142 5.ac.

.

Misi. Visi Menjadi program studi yang unggul dan inovatif dalam bidang ilmu dan kependidikan biologi yang berbasis riset dan teknologi serta kuat dalam penanaman nilai keislaman. Tujuan. dan pengabdian masyarakat di bidang keilmuan dan kependidikan biologi 2) Mengembangkan bidang keilmuan dan kependidikan Biologi yang berbasis riset dan teknologi. laboratorium pendukung. dedikasi yang dilandasi moral dan etika keislaman. 2) Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang keilmuan dan kependidikan biologi berbasis teknologi. Tujuan 1) Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian akademik dan profesional di bidang keilmuan dan kependidikan biologi berbasis teknologi dengan semangat profesionalisme. Pedoman Akademik 2011/2012 67 . penelitian. 1. Program Studi Pendidikan Biologi Visi. c. Misi 1) Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran inovatif berbasis riset dan teknologi.L. b. dan group-group interest di lingkungan Prodi 3) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidangkeilmuan dan kependidikan biologi serta memiliki IMTAQ berbasis keislaman melalui setiap aktivitas akademik dan non akademik. Sasaran Mutu dan Rencana Mutu a. 3) Memberikan layanan kepakaran kepada masyarakat dalam pengembangan di bidang keilmuan dan kependidikan biologi berbasis teknologi.

Sasaran Mutu Sasaran Program Studi Pendidikan Biologi disesuaikan dengan misi program studi agar peserta didik sebagai calon guru biologi yang: (1) beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. 2..M. sosial. dan teknologi.Si Dra. Trijoko. Nurfina Aznam. dan (3) memahami dasar-dasar keilmuan dan kependidikan biologi. Prabang Setyono. SU.Si Drs. Kompetensi Dosen Prodi Pendidikan Biologi Jabatan akademik Profesor Lektor Kepala Lektor Kepala Lektor Kepala Lektor Kepala Lektor Bidang llmu Kimia. Farmasi Kependidikan biologi dan lingkungan Botani Lingkungan dan statistic Zoologi Botani Nama Dr.U. Zuchrotus Salamah. Dr. Dra. Apt. e.Sc.Si 68 Universitas Ahmad Dahlan . M. Listiatie B. Strategi Pencapaian 1) Memasukkan kompetensi yang diperlukan dalam kompetisi mahasiswa sebagai salah satu kompetensi yang akan dicapai dalam suatu matakuliah 2) Menyediakan fasilitas perangkat keras pendukung pembelajaran Projectbased Learning bagi matakuliah penunjang kompetensi yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi 3) Meningkatkan intensitas pembimbingan dan pendampingan dalam kegiatan akademik maupun penyusunan proposal dalam event kompetisi 4) Meningkatkan jumlah artikel di tingkat program studi 5) Publikasi hasil penelitian mahasiswa menjadi artikel ilmiah untuk publikasi jurnal 6) Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang keilmuan dan kependidikan biologi berbasis teknologi. (2) memiliki kompetensi pedagogik profesional.Sc Dra. M. Trikinasih Handayani. M.d. kepribadian islami.. M. 7) Memberikan layanan kepakaran kepada masyarakat dalam pengembangan dibidang keilmuan dan kependidikan biologi berbasis teknologi.

Si Drs. M.R Dra. Siti Maryam. M. Manajemen & kurikulum Pendidikan. Kompetensi pedagogik 1) Penguasaan bidang ilmu (Content Knowledge): Seorang guru mengerti konsep-konsep utama. kepribadian islami. biologi molekuler Lingkungan. metode penemuan.Sc Mobinta Kusuma. M. Dr. M. Pedoman Akademik 2011/2012 69 .Pd Nani Aprillia. profesional. Siti Nurjannah. M. Drs. M.Si Drh. berkembang . M. Hadi Sasongko. mikrobiologi Lingkungan. sosial. dan belajar serta menyediakan kesempatan belajar yang mendukung pengembangan intelektual. M.Kes M. Evaluasi Kependidikan Biologi lingkungan Zoologi Kependidikan Kependidikan 3. Dwi Suhartanti. S.Joko Susilo. Sudjoko. sosial.Nama Trianik Widyaningrum. personal untuk semua peserta didik.Si. dan teknologi yang dapat dijabarkan sebagai berikut a.Si Novi Febrianti. 2) Pengembangan Pribadi dan Pembelajaran (Human Development and Learning) : Guru mengetahui bagaimana individu tumbuh. dan struktur keilmuan biologi dan mampu memberikan pengalaman belajar sehingga bidang ilmu yang diajarkan menjadi sangat berarti bagi peserta didik. Sapto Juliani. mikrobiologi Mikrobiologi Kependidikan Kependidikan Zoologi Zoologi Pendidikan Biologi.Pd Jabatan akademik Lektor Lektor Lektor Lektor Lektor Lektor Lektor Lektor Lektor Asisten Ahli - Bidang llmu botani.Si Irfan Yunianto. M. Kompetensi Lulusan Lulusan Program studi pendidikan biologi memiliki kompetensi pedagogik.Si. M. M. MS Dra.Pd Arief Abdillah Nurusman.

3) Dersiti (Diversity) : Guru memahani bagaimana peserta didik berbeda dalam pendekatan pembelajarannya dan mampu menciptakan kesempatan belajar yang mengadaptasi perbedaan belajar tersebut. dan motivasi diri. dan dukungan interaksi di dalam kelas. 7) Komunikasi (Communication): Guru menggunakan pengetahuan dan teknik komunikasi menulis efektif. orang tua. 8) Penilaian (Assessment): Guru memahami variasi strategi penilaian formal dan informal dan menggunakannya untuk mendukung pengembangan berkelanjutan untuk semua siswa. orang tua. 6) Kebebasan Pengajaran (Instructional Delivery): Guru memahami dan menggunakan variasi strategi pengajaran untuk usaha pengembangan siswa dalam berfikir kritis. 9) Hubungan kolaboratif (Collaborative relationships): Guru memahami tata hubungan komunitas di dalam pendidikan dan mengembangkan serta memelihara hubungan kolaboratif antara kolega. peningkatan belajar aktif. kelompok dan sifat (kebiasaan) peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang memberi semangat positif interaksi sosial. 4) Perancanaan Pengajaran (Planning for Instruction): Guru memahami rencana pengajaran dan desain pengajaran berdasarkan disiplin ilmu. 5) Lingkungan Belajaran (Learning Environment): Guru menggunakan pengetahuannya tentang individu. dan komunitas untuk mendukung proses pembelajaran dari peserta didik. kolaborasi. komunikasi. peserta didik. dan keterampilan bekerja. verbal. nonverbal. 10) Refleksi dan Pengembangan Profesional (Reflection and Professional Growth): Guru adalah praktisi reflektif yang secara berkelanjutan mengevaluasi bagaimana efek pilihan dan tindakan terhadap siswa. dan 70 Universitas Ahmad Dahlan . penyelesaian masalah. dan visual untuk melaksanakan metode penemuan. lingkungan dan tujuan kurikulum.

dan mikrobiologi. PenguasaanTeknologi software. memelihara standar sikap prefesional. 2) Guru enggunakan eknologi ebagai lat antu eningkatan engembangan m t s a b p p personal/profesional dan produktivitas. Menguasai pengetahuan mengenai kependidikan biologi. 11) Sikap Profesional dan Kepemimpinan (Professional Conduct and Leadership): Guru memahami pendidikan sebagai profesi. zoologi. Kompetensi Profesional Guru Biologi menguasai secara menyeluruh pengetahuan mengenai biologi dalam berbagai bidang seperti botani. yang meliputi aspek: 1) Kehidupan Pribadi 2) Kehidupan dalam Keluarga 3) Kehidupan Bermasyarakat 4) Kehidupan Berorganisasi 5) Kehidupan dalam Mengelola Amal Usaha 6) Kehidupan dalam Berbisnis 7) Kehidupan dalam Mengembangkan Profesi 8) Kehidupan dalam Berbangsa dan Bernegara 9) Kehidupan dalam Melestarikan Lingkungan 10) Kehidupan dalam Mengembangkan llmu Pengetahuan dan Teknologi 11) Kehidupan dalam Seni dan Budaya d. c. lingkungan. b. membuat dan memanipulasi data dan mempublikasikan hasilnya.profesional lainnya dalam komunitas belajar dan secara aktif mencari peluang untuk pengembangan profesionalitasnya. Baku Mutu Kepribadian Islami Baku mutu kepribadianlslami didasarkan pada Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-44 tahun 2000 tentang Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. 1) Guru ampu engoperasikan istem omputer ntuk enjalankan m m s k u m mengakses. dan memelihara kepemimpinan untuk mengembangkan proses belajar siswa berjalan baik. menggunakan teknologi dalam Pedoman Akademik 2011/2012 71 .

Guru dapat meggunakan ketrampilan melek informasi untuk dapat mengakses.3) 4) 5) 6) 7) komunikasi. Guru dapat menggungkan komputer dan macam-macam teknologi dalam riset. Guru dapat menggunakan telekomunikasi dan mengakses sumber-sumber informasi untuk mendukung pengajaran. dan mampu menyajikan hasil pengembangan. dan pengembangan hasil kerja. alat bantu administrasi yang lebih efektif. peningkatan menajamen kelas. dan merencanakan serta berpartisipasi dalam tim dan proyek berkolaborasi yang memerlukan analisis dan penilaian kritis. penyelesaian masalah. Guru dapat menggunakan teknologi pembelajaran yang mendukung proses pengajaran di berbagai tingkat pendidikan dan materi ajar. alat bantu belajar. presentasi. mengevaluasi dan menggunakan informasi untuk mengembangkan proses belajar mengajar 72 Universitas Ahmad Dahlan . peningkatan komunikasi di luar kelas. Guru dapat mengintegrasikan perlengkapan modern alat bantu pengajaran berbasis teknologi untuk mendukung proses pengajaran. etika. dan efeknya terhadap dunia kerja serta sosial. dan mejandi ebih produktif dalam tugastugas harian. Guru dapat memahami perkembangan teknologi informasi. dan penyelesaian masalah. la harus dapat merencanakan unit pengajaran yang mengintegrasikan berbagai jenis software. pelaksanaan riset. Guru dapat menguasi penggunaan maca-macam media. dan potensi pembelajaran sepanjang hidup dalam dunia kerja. dan kemanusiaan dengan teknologi/komputer. dan akan menanamkan aspek etik dan legalitas dalam penggunaan sumbersumber teknologi. kolaborasi. Guru dapat mengaplikasikan konsep dan ketrampilan dalam membuat keputusan yang terkait dengan isu-isu sosial. Materi ajar yang dikembangkan dan penilaian harus efektif untuk berbagai karakteristik populasi peserta didik.

Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi Semester 1 Kode MK KA08012 KA08022 KH08017 KH08027 KF08012 KC08013 KC08023 KC08033 KC08043 KA08032 Nama Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Studi Islam I Praktikum Kimia Dasar Praktikum Fisikar Dasar untuk Biologi Bahasa Inggris Matematika untuk Biologi Fisika untuk Biologi Kimia Dasar Biologi Dasar I llmu Sosial Dasar Jumlah Sem 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Sks 2 2 1 1 2 3 3 3 3 2 22 Semester 2 Kode MK KC08053 KC08073 KC08063 KF08022 KG08012 KH08037 KC08082 KG08023 KH08047 KD08011 KH08107 KL08012 Nama Mata Kuliah Biokimia Biologi Dasar II Statistik untuk Biologi Bahasa Indonesia Perkembangan Peserta Didik Praktikum Biokimia Struktur dan Perkembangan Tumbuhan I Pengantar Pendidikan Praktikum Struktur dan Perkembangan Tumbuhan I Aplikasi Komputer untuk Pendidikan Biologi Praktikum Aplikasi Komputer untuk Pendidikan Biologi Sertifikasi I Jumlah Sem 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Sks 3 3 3 2 2 1 2 3 1 1 1 0 22 Pedoman Akademik 2011/2012 73 .4.

Semester 3 Kode MK KA08042 KB08012 KC08112 KC08123 KH08057 KC08102 KG08034 KG08043 KC08092 KH08067 Nama Mata Kuliah Pend. Kewarganegaraan Studi Islam II Keanekaragaman dan Klasifikasi Hewan I Struktur dan Perkembangan Hewan I Praktikum Struktur dan Perkembangan Hewan I Keanekaragaman dan Klasifikasi Tumbuhan I Belajar dan Pembelajaran Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Biologi I Struktur Perkembangan Tumbuhan II Praktikum Struktur Perkembangan Tumbuhan II Jumlah Sem 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 Sks 2 2 2 3 1 2 4 3 2 1 22 Semester 4 Kode MK KC08133 KH08087 KG08064 KG08053 KC08142 KH08077 KC08152 KH08097 KC08162 KC08172 Nama Mata Kuliah Struktur & Perkembangan Hewan II Praktikum Struktur dan Perkembangan Hewan II Profesi Kependidikan Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Biologi II Keanekaragaman dan Klasifikasifikasi Tumbuhan II Praktikum Keanekaragaman dan Klasifikasi Tumbuhan II Keanekaragaman dan Klasifikasi Hewan II Praktikum Keanekaragaman dan Klasifikasi Hewan II Fisiologi Tumbuhan I Fisiologi Hewan I Sem 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 Sks 3 1 4 3 2 1 2 1 2 2 74 Universitas Ahmad Dahlan .

Kode MK KL08022 Sertifikasi II Jumlah Nama Mata Kuliah Sem 4 Sks 0 21 Semester 5 Kode MK KC08182 KH08117 KC08192 KH08127 KC08202 KC08212 KH08137 KC08223 KH08147 KD08021 KG08072 KB08022 KH08157 Nama Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan II Praktikum Fisiologi Tumbuhan II Fisiologi Hewan II Praktikum Fisiologi Hewan II Mikrobiologi I Ekologi Tumbuhan Praktikum Ekologi Tumbuhan Genetika Praktikum Genetika Teknologi Pembelajaran Biologi Telaah Kurikulum Biologi SMA Studi Islam III Praktikum Teknologi Pembelajaran Biologi Jumlah Sem 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 Sks 2 1 2 1 2 2 1 3 1 1 2 2 1 21 Semester 6 Kode MK KC08232 KH08177 KC08242 KH08167 KD08042 KD08062 KE08018 KG08083 KD08263 Nama Mata Kuliah Mikrobiologi II Praktikum Mikrobiologi II Ekologi Hewan Praktikum Ekologi Hewan llmu Lingkungan Dasar-Dasar Bioteknologi PPL I Evaluasi Proses & Hasil Pembelajaran Biologi Metodologi Penelitian Sem 6 6 6 6 6 6 6 6 6 Sks 2 1 2 1 2 2 2 3 3 Pedoman Akademik 2011/2012 75 .

MK Keahlian Bidang Penelitian Pendidikan Kode MK KG08132 KG08142 Nama Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) Sem 7 7 Sks 2 2 76 Universitas Ahmad Dahlan . MK Keahlian Bidang Media Pendidikan Kode MK KD08072 KD08082 Nama Mata Kuliah Perencanaan dan Produksi Media Mikroteknik Sem 7 7 Sks 2 2 G. Kode MK KB08032 KC08252 KD08052 KE08022 Sem 7 7 7 7 7 Sks 2 2 2 4 4 14 MK Keahlian Bidang Pendidikan Lingkungan Kode MK KG08112 KG08122 Nama Mata Kuliah Pendidikan dan Etika Lingkungan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan Sem 7 7 Sks 2 2 F.Kode MK KD08272 KL08032 Semester 7 Nama Mata Kuliah Rancangan Percobaan Sertifikasi III Jumlah Sem 6 6 Sks 2 0 20 Nama Mata Kuliah Studi Islam IV Evolusi Biologi Sel PPL II Mata Kuliah Pilihan *) Jumlah *) MATA KULIAH PILIHAN E.

H.id Pedoman Akademik 2011/2012 77 .ac. MK Keahlian Bidang Pengelolaan Laboratorium dan Kewirausahaan Kode MK KD08091 KD08103 Nama Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium Kewirausahaan Sem 7 7 Sks 1 3 Semester 8 Kode MK KG08106 KJ08014 KL08042 Nama Mata Kuliah Tugas Akhir (Skripsi/Non skripsi) KKN Sertifikasi IV Jumlah Sem 8 8 8 Sks 6 4 0 10 5.uad. Silabus Silabus dapat di akses di http//portal.

.

6) Meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait dalam upaya penerapan dan pengembangan keilmuan. dan memiliki ketrampilan social 5) Mempersiapkan lulusan yang memiliki wawasan keislaman dalam melaksanakan profesinya. c. Misi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah : 1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan tenaga pendidik akademik yang professional dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. b. 2) Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan bidang-bidang yang serumpun. dan sosial . Tujuan Pedoman Akademik 2011/2012 79 . kependidikan. Visi. politik. berwawasan kebangsaan. dan berketrampilan sosial yang dilandasi moral dan etika keislamian. dan Sasaran Mutu a.bertanggungjawab. 3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan . Visi Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik yang professional dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan 1. Tujuan. dan bidang-bidang serumpun 4) Mempersiapkan lulusan yang mampu menjadi warga Negara yang baik. moral. hukum. Misi.M. Misi Program Studi. tata Negara.

Peninjauan bahan ajar 80 Universitas Ahmad Dahlan . Sasaran Mutu Sasaran Mutu Prodi Penerbitan jurnal internal hasil tugas akhir mahasiswa Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan . Penugasan penyusunan artikel ilmiah mahasiswa 2. 5) Menghasilkan kajian-kajian ilmiah tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.SAP 4. politik. 4) Menghasilkan sarjana pendidikan PPKn yang memilki ketrampilan sosial. professional. pedagogic. 6) Menyelenggarakan kerja sama dengan instansi terkait dalam upaya penerapan dan pengembangan keilmuan di dalam kehidupan rmasyarakat d. social ) dan kompetensi teknologi . dan social. 2) Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memenuhi standard kompetensi guru (kompetensi kepribadian. Penerbitan karya mahasiswa di jurnal 1.dan serumpun pada umumnya.1) Menghasilkan tenaga guru Pancasila dan Kewarganegaraan untuk semua jenjang pendidikan yang menunjang sistem pendidikan nasional. 3) Menghasilkan sarjana pendidikan PPKn yang dapat memajukan dan menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan pada khususnya . Pencermatan silabus. yang berlandaskan etika akademis dan etika keislaman. Peninjauan kurikulum 3. hukum. Penerbitan jurnal tugas akhir mahasiswa 1.minimal 80 % Rencana Mutu 1. Dialog dengan stakeholder 2. Telaah kurikulum Strategi Pencapaian 1.

Pemberian orientasi mahasiswa 2.Sasaran Mutu Prodi Rencana Mutu 2. Penugasan Dosen ke sekolah 1. Studi lanjut dosen 5. 3. 2. Menyelenggarakan Seminar Nasional 13. Pengiriman Pelatihan penulisan ilmiah dosen 3. Lomba karya tulis ilmiah siswa SMA 7. Pengabdian Masyarakat 11. Peningkatan Peringkat akreditasi Strategi Pencapaian 1. 3. Pelacakan dan pendataan alumni 8. 1. Temu alumni 9. 2. Pengiriman dosen dalam forum ilmiah 4. Open house prodi Kuliah Perdana Kuliah Umum Keakraban Sosialisasi kurikulum Pembentukan APR skripsi Pelatihan pembimbingan skripsi Mahasiswa selesaikan studi tepat waktu 90 % 1. Penelitian 12. Manajemen tugas akhir mahasiswa Pedoman Akademik 2011/2012 81 . Workshop pengisian boring 2. Pembinaan PMR di SMP Muh Kasihan 6. Pelatihan penyusunan PKM dosen 10. 4.

Sasaran Mutu Prodi

Rencana Mutu 3. Transparansi KRS

Strategi Pencapaian

1. Penawaran mata kuliah 2. Pembimbingan KRS 4. Optimalisasi peran Pembekalan dosen wali dosen wali 5. Evaluasi studi Pencermatan prestasi mahasiswa mahasiswa (setiap akhir semester genap) Lulusan mampu 1. TOEFL syarat ujian Menjadikan skor TOEFL sebagai salah berkomunikasi tugas akhir satu prasyarat tugas akhir. global 2. Kerjasama dengan Bekerja sama dengan PPB UAD PPB UAD menyelenggarakan tes TOEFL 3. Menambah Penggunaan referensi berbahasa referensi Inggris untuk beberapa mata kuliah. berbahasa inggris 4. Pendampingan Diskusi masalah PPKn kelompok belajar/ kajian PPKn Indeks kinerja Dosen memiliki indeks 1. Menyebarkan angket penilaian dosen tiga atau kinerja tiga dosen kepada mahasiswa sama dengan tiga 2. Monitoring kehadiran dosen mengajar 3. Form ketepatan dosen menyerahkan soal ujian 4. Form ketepatan dosen menyerahkan nilai ujian Publikasi dosen Karya dosen 1. Meningkatkan jumlah penelitian dalam jurnal dipublikasikan dosen terakreditasi dalam jurnal 2. Pelatihan penulisan artikel ilmiah terakreditasi dosen 3. Diskusi ilmiah dosen

82

Universitas Ahmad Dahlan

2. No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Kompetensi Dosen Prodi PPkn Nama Dosen Prof.Dr.Subardjo,SH Prof.Dr.Abdul Gafur,M.Sc Drs.Ekram Prawiroputra,M.Pd Drs.H.Muh Towil Umuri Drs.Susena,MM Dra.Hj Tri Wahyuningsih,M.Hum Dra.Sumaryati,M.Hum Drs.H.Riezam,DT Drs.Wahyudi,MH Dikdik Baihaqi,S.Pd,M.Pd Drs.Supriyadi,M.Si Program studi PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn PPKn Kompetensi PKn Pendidikan PKn PKn Administrasi Pendidikan PKn Filsafat Pendidikan Agama Hukum Islam PKn PKn

3. Kompetensi Lulusan a. Kompetensi pedagogic / kependidikan lulusan prodi PPKn Kompetensi pedagigik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi, pemahama peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Standard kompetensi pedagogic lulusan prodi PPKn : 1) mampu mengenal karakter ,model,gaya belajar peserta didik 2) mampu menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran PPKn 3) mampu mengembangkan kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 4) mampu mengembangkan dan melaksanakan berbagai model pembelajaran , media pembelajaran ,dan strategi pembelajaran PPKN 5) Mampu merancang instrument pembelajaran PPKn 6) Mampu melaksanakan praktik pembelajaran PPKn 7) Mampu melakukan penilaian dalam pembelajaran PPKn (remedial program)

Pedoman Akademik 2011/2012

83

b.

c.

Kompetensi professional lulusan prodi PPKn Kompetensi professional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, sehingga dapat membimbing peserta didik sesuai dengan standard kompetensi yang ditetapkan oleh Standard Nasional Pendidikan Standard kompetensi professional lulusan prodi PPKn : 1) melaksanakan tugas sebagai guru yang professional dalam bidang studi PPKn dan tata Negara , dalam arti menguasai materi secara mendalam dan mampu mengelola pembelajaran , baik di SLTP,MTs,SMU /MA, dan jurusan SMK 2) melaksanakan pekerjaan tambahan di luar bidang keguruan, seperti PMR dan pramuka 3) mengembangkan PPKn sebagai ilmu dan bidang kajian, untuk kepentingan pendidikan maupun pengembangan ilmu, terutama politik,hukum,tata negara,dan moral melalui kegiatan penelitian 4) mengamalkan ilmu dan ketrampilan yang dimiliki serta cepat tanggap terhadap berbagai persoalan moral warga negara dan berbagai persoalan sosial masyarakat. Kompetensi kepribadian (Islam, Pancasila) lulusan prodi PPKn Kompetensi kepribadian (Islam, Pancasila) adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, berakhlak mulia, berdasarkan nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai Pancasila. Standard kompetensi kepribadian (Islam, Pacasila) lulusan prodi PPKn adalah: 1) Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendidik 2) Memiliki sikap dan perilaku islami dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendidik 3) Memiliki sikap dan perilaku yang demokratis dalam melaksanakan tugastugas sebagai pendidik 4) Menjujung ilai-nilai tis enjaga oralitas an alam elaksanakan rofesi n e ,m m d d m p sebagai pendidik 5) Dapat menghargai, menghormati, dan menerima berbagai perbedaan / pluralitas kehidupan siswa / manusia Selalu kreatif da inovatif dalam melaksanakan profesi sebagai pendidik.

84

Universitas Ahmad Dahlan

5) Mampu menjadikan lingkungan masyarakat paham masalah-masalah pendidikan Pancasila dan Kewargaegaraan. orang tua / wali peserta didik. tenaga kependidikan. kesopanan. sesame pendidik. Kompetensi teknologi lulusan prodi PPKn Kompetensi teknologi adalah kemampuan memahami dan menerapkan teori-teori tentang teknologi informasi dalam proses pembelajaran . Standard kompetensi social lulusan prodi PPKn adalah : 1) Mampu berkomunikasi. keserhanaan. keadilan. dan membawakan diri di semua tempat dan lingkungan 2) Memiliki kepekaan dan kepedulian social yang tinggi 3) Memiliki jiwa tanggap bencana 4) Mampu mengidentifikasi. orang tua / wali. sosial . d. dan masyarakat sekitar. memformulasi. teman sejawat.6) Memiliki sikap untuk melakukan internalisasi nilai-nilai keislaman. dan moral 6) Mampu bekerja sama dengan semua pihak yang relevan (instansi terkait. politik. rasa tolong menolong. di lingkungan kerja dan ligkungan masyarakat. keteguhan. anggota masyarakat) e. pimpinan. siswa. seperti kejujuran. Standard Kompetensi teknologi lulusan prodi PPKn adalah : 1) menguasai dasar-dasar computer dan internet 2) mampu menguasai dan menerapkan pembelajaran berbasis IT Pedoman Akademik 2011/2012 85 . dan menyelesaikan permasalahan kependidikan terutama yang berhubungan dengan aspek social dan moral. nilai-nilai Pancasila dan peraturan hokum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat 7) Mampu mengedepankan aspek moral. toleransi dalam bersikap dan berperilaku. hokum. menyesuaikan. Kompetensi Sosial lulusan prodi PPKn Kompetensi social adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik.

Pend.4. &Kons. Kurikulum Prodi PPkn Semester 1 Kode MK KA09012 KC09012 KC09092 KG09032 KC09112 KC09124 KF09022 KG09012 KH09022 Semester 2 Kode MK KF09032 KG09042 KG09052 KG09062 KA09022 KG09072 KF09012 KH09042 KG09022 KH09032 Semester 3 Kode MK KB09012 KA09032 KG09142 KG09202 Nama Mata Kuliah Studi Islam II Pendidikan Kewarganegaraan Hukum Tata Pemerintahan Sistem Pemerintahan Daerah Sem 3 3 3 3 SKS 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Bahasa Indonesia Kriminologi Hukum Perdata Hukum Islam Pendidikan Pancasila Hukum Adat IAD llmu Politik Teori Hukum dan Konstitusi Pancasila Yuridis kenegaraan Sem 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Studi Islam I Pengantar Pendidikan Dasar dasar llmu Sosial Dasar dasar llmu Politik Ds.Moral PIH & PHI Bahasa Inggris for civic education llmu Negara Sejarah Nasional Indonesia Sem 1 1 1 1 1 1 1 1 1 SKS 2 2 2 2 2 4 2 2 2 86 Universitas Ahmad Dahlan .

Perkembangan Peserta Didik Sistem Informasi ISBD Sem 3 3 3 3 3 3 SKS 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah PMR Logika Hukum Internasional PKLH llmu Kewarganegaraan Hukum Administrasi Negara Hukum Acara Pidana Sistem Politik Indonesia Perencanaan Pengajaran PPKn Pembelajaran PPKn berbasis IT Sem 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah Studi Islam III Strategi Bel.PPKn Hub.Internasional dan lembaga Internasional Pendidikan HAM Pengelolaan Pendidikan Hukum tata negara Etika Filsafat Hukum Pengembangan Bahan Ajar PPKn Sem 5 5 5 5 5 5 5 5 5 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Pedoman Akademik 2011/2012 87 .Kode MK KG09092 KG09082 KC09082 KC09022 KI09032 KE09032 Semester 4 Kode MK KJ09032 KH09012 KG09102 KJ09022 KG09112 KI090402 KG09122 KG09172 KC09042 KG09212 Semester 5 Kode MK KB09022 KC09052 KG09132 KD09052 KH09122 KG09152 KD09062 KE09022 KD09042 Nama Mata Kuliah Hk.Meng.Acara Perdata Hukum Pidana Belajar dan Pembelajaran .

Kode MK KC09062 KJ09042 Semester 6 Kode MK KD09072 KC09142 KI09022 KH09072 KE09012 KH09082 KG09162 KF09042 KG09232 KG09242 Semester 7 Kode MK KF09054 KH09112 KG09182 KH09062 KB09032 Semester 8 Nama Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan PPKn Kewirausahaan Sem 5 5 SKS 2 2 Nama Mata Kuliah Moral Pancasila Filsafat Pancasila Sosiologi Politik Perbandingan Sistem Pemerintahan Politik Hukum Hk.PPKn Studi islam IV Sem 7 7 7 7 7 SKS 4 2 2 2 2 Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah KG09196 Skripsi KJ09014 KKN Jumlah Akhir Sem 8 8 Sks 6 4 144 88 Universitas Ahmad Dahlan . Ketenagakerjaan Hukum Pajak Pengajaran Mikro Metode Penelitian Kualitatif PPKn Metode Penelitian Kuantitatif PPKn Sem 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 Nama Mata Kuliah PPL Hukum Agraria Hukum Dagang Kapita Sel.Sem.

Silabus Silabus dapat di akses di http//portal.5.id Pedoman Akademik 2011/2012 89 .uad.ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful