Cara Install Ulang Windows 7

DVD Windows 7 ke dalam Flasdisk. Penguna notebook tanpa CD atau DVD ROM drive mungkin kesulitan menginstall OS WIndows 7. Satu software utility untuk membantu memindahkan isi DVD Windows 7 ke USB telah diberikan oleh Microsoft. Utility tersebut dapat dilihat di CodePlex.com atau dapat mendownload langsung via Microsoft Windows7-USB-DVD-tool.exe Cara menginstall, cukup mengikuti instruksi dari utility tersebut.

Cara Install Ulang Windows 7 Menggunakan USB Dengan Pake Flash Disk
1. Siapkan flash disk minimal 4 GB karena kapasitas dari file windows 7 ultimate sendiri kurang lebih 3 GB dan tentunya siapkan juga Laptop atau PC yang ada DVD drivenya dan DVD windows 7 ultimate. 2. Masukkan flash disk ke colokan USB laptop kamu, flash disk ini nantinya akan diformat ulang, jadi backuplah dahulu isinya karena akan terhapus semua. 3. Buka jendela Command Prompt dengan menekan tombol di keyboard simbol windows + R, ketik cmd lalu klik OK 4. Di jendela Command Prompt yang baru muncul, ketik DISKPART dan tekan ENTER, 5. Ketik LIST DISK kemudian ENTER, akan muncul semua size drive. Lihatlah ukuran dari masing-masing drive untuk mengenal yang mana flash disk dan hardisk kamu. Di laptop saya, Disk 0 ukurannya 298 GB dan Disk 1 ukurannya 3856 MB. Berarti, Disk 1 adalah flash disk 4 GB saya. 6. Ketik perintah berikut secara berurutan : SELECT DISK 1 enter CLEAN enter CREATE PARTITION PRIMARY enter SELECT PARTITION 1 enter ACTIVE enter FORMAT FS=NTFS enter Tunggu sampai 100 % completed ketik EXIT dan tekan enter. 7. Minimize jendela Command Prompt tadi 8. Masukkan DVD Windows 7 ke dalam DVD drive dan perhatikan drive letter DVD drive tadi (nama drive yang terbaca). Ingat drive letter DVD drive dan flash disk kamu. Pada laptop saya, drive F adalah DVD Windows 7 dan drive G adalah flash disk saya. 9. Maximize jendela Command Prompt yang tadi kamu minimized, ketik perintah berikut satu demi satu : F:CD BOOT dan tekan enter (F adalah drive DVD Windows 7 saya) CD BOOT tekan enter BOOTSECT.EXE/NT60 G: tekan enter (G adalah flash disk saya) 10. Tutup jendela Command Prompt. 11. Copy semua file dari DVD Windows 7 ultimate ke dalam flash disk kamu, Selamat, sekarang flash disk kamu siap digunakan untuk menginstal Windows 7 ultimate. Trik install windows 7 ultimate menggunakan flashdisk tanpa bantuan software ini cocok buat install windows pada netbook yang notabene tidak mempunyai cd room maupun dvd

2. dimana "D" adalah huruf kode DVD drive. Start >All programs>Accessories> klik kanan pada Command Prompt dan pilih [run as administrator]. tetapi juga dapat menyimpan file instalasi yang sangat besar yang biasanya disimpan dalam DVD. (Jangan tutup command prompt sebelum seluruh proses selesai). LIST DISK lalu klik [Enter]. Sebenarnya masih ada cara lain install windows 7 menggunakan Flash disk dengan bantuan WintoFlash dan menggunakan software dari microsoft sendiri yaitu Windows 7 USB / DVD. SELECT DISK 1 lalu klik [Enter]. ASSIGN lalu klik [Enter]. (mohon sabar karena proses format akan memakan waktu beberapa puluh menit baru Anda ketik perintah selanjutnya) 11. Artikel ini ada kaitannya dengan artikel tersebut. Menggunakan USB bootable untuk menginstal sistem operasi (OS) tidak hanya membuat instalasi lebih cepat. 12. CD BOOT dan tekan [Enter] lalu perhatikan akan muncul suatu jendela pesan yang kirakira seperti berikut.EXE/NT60 H: (dimana "H" adalah huruf kode flash disk . SELECT PARTITION 1 lalu klik [Enter]. 8. ACTIVE lalu klik [Enter]. Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7 bootable flash diskBagaimana cara membuat windows bootable flash disk? Demikianlah tugas yang akan kita kerjakan kali ini. D:CD BOOT lalu tekan [Enter].room. Masukkan flash disk dengan minimal space 4GB yang masih kosong karena akan dijadikan bootable flash disk. ia akan menampilkan nomor disk USB drive Anda. BOOTSECT. 1. Kembali ke command prompt dan jalankan perintah berikut. Setelah Anda masukkan perintah LIST DISK. FORMAT FS=NTFS lalu klik [Enter]. 3. 7. Membuat atau menggunakan USB drive untuk menginstal sistem operasi Windows sangat mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini. Jika suatu waktu Anda harus menginstall ulang windows. CLEAN lalu klik [Enter]. Buka Command Prompt dengan cara klik [Start] dan ketik [CMD] dalam kotak search lalu tekan [Enter]. Dalam langkah ini Anda harus memasukkan semua perintah di bawah ini satu per satu lalu tekan enter. 10. CREATE PARTITION PRIMARY lalu klik [Enter]. Oleh karena itu kita harus membuatnya lebih dahulu. terutama jika Anda adalah pengguna Netbook yang tidak mempunyai CD ROM internal. 9. 15. bootable flash disk 13. Pada beberapa artikel sebelumnya. 4. Alternativelain adalah melalui . Memiliki flash disk bootable sangat penting. (nomor 1 adalah sesuai nomor flash disk Anda seperti pada gambar diatas ) 6. maka selain CD installer Anda juga bisa menggunakan Flash disk sebagai bootable windows. Ketika Command Prompt terbuka. 5. Di sini saya gunakan "D" sebagai huruf kode drive DVD dan huruf "H" sebagai huruf drive flash disk. masukkan command/perintah berikut: DISKPART lalu klik [Enter]. saya telah menulis artikel Apa Dan Mengapa Install Ulang Sistem Operasi Windows. Masukkan DVD Windows Anda dalam drive optik dan catat huruf drive dari drive optik dan media flash disk. 14. EXIT lalu klik [Enter].

mount lah dengan memakai program virtual cd kesukaan masing2) * Windows Automated Installation Kit (Download gratis dari microsoft) Catatan: Pastikan isi ruang eksternal harddisk masih tersisa sekitar 15GB ( atau lebih ) sebelum memulai prosedur ini. . Buat lah dua folder dengan nama Windows Files dan WAIK Files di desktop atau tempat lain yang mempunyai ruang kosong minimal 5GB. Dengan selesainya langkah copy pada point 17 diatas maka proses pembuatan flash disk bootable selesai. meskipun tidak disarankan untuk menghapus seluruh isi harddisk eksternal anda. Anda sekarang dapat menggunakan flash disk ini sebagai bootable USB pada setiap komputer yang dilengkapi dengan fitur boot from USB (sebagian besar motherboard saat ini mendukung fitur ini).exe. (Jika punya file . kita memerlukan tiga buah file: cdboot. 4.7GB!!) Silahkan download ajah linknya dibawah ini: Link Download 3WAIK-Files 3. Saya sarankan baca dengan seksama petunjuk diatas sebelum anda mulai membuatnya. Sekarang Salin isi DVD Windows ke USB. 2. Catatan. panduan ini hanya pada Windows 7 dan Vista. Download file ZIP disini. ketiga file tadi hanya dapat ditemukan setelah kita menginstall indows Automated Installation Kit untuk Windows 7 pada PC windows kita. Pada tampilan pertama layar. Setelah kita menginstall indows Automated Installation Kit. jalankan sebagai hak akses Administrator ( Klik kanan filenya dan pilih "Run as Administrator").exe dan Imagex. yang berada didalam folder WAIK Files. kemudian ekstraklah semua isinya kedalam folder WAIK Files. Prosedurnya: 1. tidak akan bekerja pada komputer windows XP jadi caranya lain lagi. Copy lah semua isi DVD windows 7 kita kedalam folder Windows Files. temukan ketiga filenya copy dan masukkan kedalam folder WAIK Files yang telah kita buat tadi spt pd langkah no-1.drive)flash disk bootable 16. Bootsect.exe. jalankan file Installer.ISO windows 7. Cara install Windows 7 ke External USB Harddisk Alat yang diperlukan: * Sebuah Harddisk eksternal yang diformat dengan partisi NTFS * Instalasi file Windows 7. pastikan bahwa file file penting didalamnya telah dibackup terlebih dahulu. sebelum memulai prosedur sebenarnya. Jika belum punya CD instalasi WAIK tadi (atau males downloadnya karena lumayan gede filenya ± 1.cmd. Langkah selanjutnya. kita akan ditanya untuk menekan tombol "Enter" untuk melanjutkan.

biasanya C:.Tekan tombol Enter untuk mencari file instalasi install. Kemudian kita akan ditanya untuk me-restart komputer kita dan proses penginstallan windows akan berjalan normal seperti biasa. Proses ini bisa memakan waktu yang agak lama. Sekarang ketikkan Partisi yang lagi aktiv saat ini dan tekan Enter. dan ikuti langkah2 penginstallan windows 7 biasanya pada eksternal harddisk. tekan tombol Y untuk melanjutkan. Misalkan Harddisk eksternal kita berhurup L ( Ketik L lalu tekan Enter) 7. proses instalasi akan menanyakan apakah kita akan menginstall windows 7 pada harddisk eksternal usb kita. barulah kita dapat menginstall driver untuk masing2 hardware yang ada di komputer kita untuk memulai menggunakan sofwer windows 7 membuat installer ke Lewat Laptop PC Bootable CD Rom Tahap.wim yang berada didalam folder Windows Files. Sesudah itu. 9. Komputer kita mung akan restart dua hingga tiga kali. Untuk mengetahuinya dapat menggunalan tool Windows Disk Management (ketikkan diskmgmt. Akhirnya tekan tombol Enter untuk memulai mengekstrak file install. Sekarang kita harus memilih edisi windows 7 yang kita inginkan. 6.msc di kotak pencarian pada start menu windows 7) 8.wim.wim 5. Dengan catatan.tahap Cara Install Ulang Windows 7 | FREE DOWNLOAD Memperbaiki tanpa Atau Upgrade Tips Cepat bagaimana cara instal ulang windows 7 Ultimate Vista XP pake menggunakan recovery dengan Flasdisk yang kena windows genuine dan harus di resolve tanpa harus beli windows Dari USB FD repair Dengan Harddisk External pada notebook dg HDD SATA . misalkan kita mau menginstall windows 7 ultimate pada external usb harddisk dengan cara mengetikkan sesuai angka dibelakangnya. Reboot PC kita. Contoh: ketikkan angka "5 (tanpa tanda kutip) untuk memilih edisi ultimate. proses penginstallan ini akan lebih lambat dari biasanya dikarenakan kita menginstall nya pada USB harddisk. Selanjutnya ketikkan hurup drive eksternal harddisk kita dan tekan Enter. 10. Akhirnya. file dapat ditemukan pada folder: Windows Files/Sources/install.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful