P. 1
Topologi Ring

Topologi Ring

|Views: 118|Likes:

More info:

Published by: Rifqi Imaduddin Irfan on Aug 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2011

pdf

text

original

Penempatan kabel yang digunakan dalam ring menggunakan desain yang sederhana.

Pada topologi ring, setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya, dengan komputer terakhir terhubung ke komputer yang pertama. Tetapi sayangnya, jika akan dilakukan penambahan atau pengurangan komputer dalam jaringan tentu saja akan mengganggu keseluruhan jaringan.

Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive sepertivideo dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. BAGAIMANA JARINGAN RING BEKERJA Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya dalam ring, dan setiap komputer mengirim apa yang diterima dari komputer sebelumnya. Pesan-pesan mengalir melalui ring dalam satu arah. Setiap komputer yang mengirimkan apa yang diterimanya, ring adalah jaringan yang aktif. Tidak ada akhir pada ring. Beberapa jaringan ring melakukan token passing. Pesan singkat yang disebut dengan token dijalankan melalui ring sampai sebuah komputer menginginkan untuk mengirim informasi ke komputer yang lain. Komputer tersebut lalu mengubah token tersebut, dengan menambahkan alamatnya dan menambah data, dan mengirimnya melalui ring. Lalu setiap komputer secara berurutan akan menerima token tersebut dan mengirimkan informasi ke komputer selanjutnya sampai komputer dengan alamat yang dituju dicapai atau tokenkembali ke komputer pengirim (asal pengirim pesan). Komputer penerima akan membalas pesan ke asal pengirim pesan tadi mengindikasikan bahwa pesan sudah diterima. Lalu asal pengirim pesan akan membuat token yang lain dan menaruhnya di dalam jaringan, dan token tersebut akan terus berputar sampai ada komputer lain yang menangkap token tersebut dan siap untuk memulai pengiriman.

Jhony H. r Menambah atau mengurangi komputer akan mengacaukan jaringan. karena setiap komputer mempunyai hak akses yang sama terhadap token. Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin.org/wiki/Topologi_cincin   Hemat kabel Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision)..org/wiki/Bus_network. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan. 3.wikipedia. Jaringan Komputer Berbasis Linux . ghaNOZ 2480 REFERENSI 1.alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain.  KEKURANGAN DARI PENGGUNAAN TOPOLOGI RING Topologi ring mempunyai kekurangan sebagai berikut:  Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi. Study Guide Third Edition . Sybex.KEUNTUNGAN DARI PENGGUNAAN TOPOLOGI RING Keuntungan dari penggunaan topologi ring:  Tidak ada komputer yang memonopoli jaringan. Network + 4. bila alamat. Sulit untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan topologi ing. Networking Complete . Wikipedia http://id. sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan. 2002. Sembiring. http://en. Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang. karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data . karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. David. 2001. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus. Groth. Elex Media Komputindo. Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.wikipedia.    DOWNLOAD Anda dapat men-download tulisan pada link di bawah ini: 1. Sybex. Bus Network . 2000. Topologi Jaringan (PDF) 2.

transmit Rate Bila bit yang berasal dari paket lebih besar dari ring maka repeater akan mengembalikan ke pengirim.html Topologi Ring adalah Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node node. menerima bit dari paket yang dikirimnya harus menampung dan memancarkan k embali.     Pengembangan jaringan lebih kaku Sulit mendeteksi kerusakan Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur] Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus http://www. sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.gudangmateri. Bila terdapat beberapa paket dalam ring . Bypass State Berfungsi untuk menghilangkan waktu dari stasiun yang tidak aktif. Data yang dikirim diberi adress tujuan sehingga dapat menuju komputer yang dikirim.com/2010/10/topologi-ring-pada-jaringan-komputer. repeater yang tengah memancarkan. Keuntungan Topologi Ring: . Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Gambar Topologi Ring : .Tiap stasiun (komputer) dapat diberi repeater yang berfungsi sebagai : Listen state Tiap bit dikirim kembali dengan mengalami delay waktu. Peka kesalahan. Signal mengalir mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan data yang sangat cepat.Kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat diatasi lewat jalur lain yang masih terhubung.

Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan.alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan.com/topologi-ring-pada-jaringan-komputer/ Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Jaringan akan disebut sebagai loop. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus. dan setiap komputer mengirim apa yang diterima dari komputer sebelumnya. Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. Pesan -pesan mengalir melalui ring dalam satu . Di dalam Topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Keuntungan y Hemat Kabel Kerugian Peka kesalahan Pengembangan jaringan lebih kaku y y Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya dalam ring. sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.http://yuksinau. bila alamat.

ring adalah jari gan yang aktif.html Beberapa jaringan ring melakukan token passing. . dengan menambahkan alamatnya dan menambah data.arah. Komputer penerima akan membalas pesan ke asal pengirim pesan tadi mengindikasikan bahwa pesan tadi sudah diterima. Komputer tersebut lau mengubah token tersebut.com/2011/04/topologi ring. Lalu asal pengirim akan membuat token yang lain dan menaruhnya di dalam jaringan. n Tidak ada akhir pada ring. Pesan singkat yang disebut dengan token dijalnkan melalui ring sampai sebuah komputer menginginkan untuk mengirim informasi ke komputer yang lain. dan mengirimnya melalui ring. http://ogiekomkom. dan token tersebut akan terus berputar sampai ada komputer lain yang menangkap token tersebut dan siap untuk memulai pengiriman. Setiap komputer yang mengirimkanapa yang diterimanya.blogspot. Lalu secara beruru tan akan menerima token tersebut dan mengirimkan informasi ke komputer selanjutnya sampai komputer dengan alamat yang dituju dicapai atau token kembali ke komputer pengirim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->