P. 1
Dsr Teori DAUN

Dsr Teori DAUN

|Views: 1,022|Likes:
Published by Agnes Purwani

More info:

Published by: Agnes Purwani on Aug 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

8.

DAUN

A. Dasar Teori Daun merupakan organ vegetatif tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis karena dalam jaringan penyusunnya ditemukan jaringan fotosintesis. Daun terdiri dari tiga bagian: kosta, vena, dan lamina. Berkas pengangkut dalam kosta memiliki struktur sama dengan batang tetapi letak xilem dan floemnya terbalik, dan berkas pengangkut dalam kosta lebih besar dibanding berkas pengangkut yang terdapat di vena dan lamina. Daun memiliki epidermis atas dan bawah yang menyelubungi mesofil. Mesofil yang tidak berdeferensiasi umumnya hanya terdiri dari sponsa saja yang mengandung kloroplast. Daun monokotil pada umumnya mesofilnya tidak berdeferensiasi. Daun dikotil pada umumnya berdeferensiasi menjadi palisade dan sponsa. Sel-sel penyusun jaringan palisade tersusun rapat dan kloroplasnya lebih banyak sedang sponsa memiliki banyak ruang antarsel yang kecil-kecil. Tipe-tipe daun dilihat dari struktur anatomi mesofilnya ada tiga, yaitu dorsiventral, isolateral, dan sentris. Tipe daun menurut jumlah stoma pada sisi abaksial dan adaksialnya ada tiga yaitu amfistomatik jika stoma berada pada permukaan adaksial dan abaksial dengan jumlah yang hampir sama; hipostomatik jika stomata hanya pada sisi abaksial atau jumlah stoma pada sisi tersebut lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat pada sisi adaksial; epistomatik jika stomata ditemukan pada sisi adaksial saja atau lebih banyak pada sisi adaksial dibanding dengan sisi abaksialnya. Struktur daun dapat beradaptasi terhadap lingkungan. Adaptasi terhadap lingkungan kurang air dilakukan dengan membentuk derivat epidermis tertentu atau mempertebal kutikula dan menambah jumlah lapisan palisade. Tumbuhan yang termasuk Cyperaceae dan Poaceae memiliki sel kipas untuk menggulung daun, mekipun stomatanya faneropor dan lebih banyak terdapat di bagian adakxial. Daun Ficus elastica memiliki epidermis yang lebih dari dua lapis, letak stomata di dalam (kriptopor). Adaptasi dengan sinar ditunjukkan pada jumlah palisade yang

dan mirip batang disebut kladodia. pipet tetes. b. Alat: mikroskop cahaya.lebih dari satu lapis. jarum preparat. 3. kobokan. Filodia berasal dari pemipihan tangkai daun sedangkan kladodia berasal dari pemipihan batang sehingga masing-masing memiliki struktur yang mirip dengan tulang daun dan batang. Alat dan Bahan a. Bahan: 1. Membandingkan ciri-ciri khusus yang terdapat pada jaringan penyusun daun dikotil dan monokotil. Trikomata juga dibentuk untuk mengurangi penguapan. silet. dan lampu spiritus. bahan segar . Mengidentifikasi jaringan penyusun daun dikotil dan monokotil. disebut filodia. C. Mengamati jaringan penyusun daun yang beradaptasi dengan lingkungan tumbuhnya. B. Tumbuhan yang termasuk kelompok mesofit memiliki struktur daun dengan parenkima palisade di permukaan adaksial dan sponsa di abaksial dan stomata terletak sama tinggi dengan lapisan sel epidermis. gelas benda. Struktur daun ada yang mirip dengan tulang daun. Tujuan 1. Daun tumbuhan hidrofit memiliki stomata yang menonjol dan banyak mengandung ruang udara yang luas. 2. gelas penutup.

c) daun Xanthosoma sagittifolia. b) Ficus elastica. Buatlah masing-masing: a. Jernihkanlah preparat dengan kloral hidrat. Berilah kode pada setiap kaca benda. Tugas 1. Setelah tampak jernih tetesilah preparat dengan floroglusin dan HCl 25%.a) daun Acasia auriculiformis. D. b) daun Muchlenbeckia platyclada. preparat awetan penampang melintang daun: a) Cymbopogon nardus/Zea mays. dan (3) tipe berkas pengangkut pada lamina dan kosta. Irisan melintang daun Acasia auriculiformis. Bagilah tugas pembuatan preparat pada semua anggota kelompok. Letakkanlah hasil irisan pada gelas benda yang telah ditetesi air kemudian tutuplah dengan kaca penutup. reagen: Floroglusin. d) Pinus merkusii. 4. Sebelum melakukan praktikum siapkanlah mikroskop cahaya dan bersihkan sehingga mikroskop siap untuk mengamati. HCl 25%. auriculiformis? Buatlah kesimpulan: (1) struktur daun tersebut mirip dengan struktur apa?. Buatlah gambar skemanya secara utuh dan gambar satu sektor melalui kosta dan sebagian laminanya. kloral hidrat. 3. Bersihkan kaca benda dan teteskan air di atasnnya. 3. 2. (2) struktur daun tersebut beradaptasi dengan lingkungan apa? . 2. Apa keistimewaan dari daun A. adakah stomatanya? (2) bentuk sel penyusun parenkima mesofil. Perhatikanlah: (1) bentuk sel epidermisnya. Amatilah masing-masing jaringan penyusun daunnya. c) Lilium sp.

jelaskan fungsinya bagi tumbuhan 4. Apa keistimewaan maisng-masing daun? jika ada unsur adaptasi terdapat pada daun apa dan adaptasi terhadap lingkungan apa? 5. Deskripsikan struktur anatomi daun yang hidup di lingkungan: a. jelaskan jawabanmu! . E. kering b. Jelaskan perbedaan struktur anatomi daun dikotil dan monokotil berdasarkan bahan-bahan yang telah kalian amati! 2. Amatilah preparat awetan irisan melintang daun: Cymbopogon nardus/Zea mays. Evaluasi Diskusikan soal-soal berikut dengan teman sekelompok dan kumpulkan hasil diskusinya kepada pembimbing pada praktikum berikutnya. dan Pinus merkusii. Cara menggambar dan hal-hal yang perlu dicermati sesuai dengan pengamatan pada preparat segar 4. Irisan melintang daun Muchlenbeckia platyclada dan Xanthosoma sagittifolia. Kembalikanlah mikroskop dalam keadaan bersih setelah saudara selesai melakukan pengamatan. Derivat epidermis apa saja yang kamu temukan pada preparat. Lakukan pengamatan sama seperti preparat 4a. 1. Lilium sp. Ficus elastica.a. Adakah struktur daun yang menyerupai tangkai daun dan batang. Apa keistimewaan maisng-masing daun? jika ada unsur adaptasi terdapat pada daun apa dan adaptasi terhadap lingkungan apa? 6. cukup air 3.b.

P.5. Kepustakaan 1. A. Anatomy of Seed Plant. Fahn. B. Murwani. An Introduction a Plant Anatomy. New York: Pergamon Press. Jelaskan perbedaan unsur-unsur berkas pengangkut di bagian kosta dan lamina! 6. Klasifikasikan semua preparat yang kamu amati. 3. New York: John Wiley and Son Inc. Esau. 09:46 AM . E. A. 29 November 2010. termasuk daun tipe yang mana? F. 1980. Chand & Company Ltd. 1977. New Delhi: S. Pandey. 4. 1990. Last modified: Monday. 2003. Anatomi Organ Vegetatif. Malang: Universitas Negeri Malang. K. 2. K. Plant Anatomy.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->