P. 1
Chapter 2

Chapter 2

|Views: 54|Likes:
Published by aguswahyu11

More info:

Published by: aguswahyu11 on Aug 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2013

pdf

text

original

Sets, Functions, and Logic

Disusun guna memenuhi tugas Mata kuliah Matematika Dosen Pengampu: Dr. Jailani

Oleh: DELIA INDRAWATI NIM 10712251025

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011 CHAPTER 2

Sets, Functions, and Logic

by Delia Indrawati

Masalah awal Seseorang mensurvei 500 universitas senior. Dia melaporkan bahwa 240 pemilik goldcart, 290 supercart, dan 270 triftcart. Dari hasil survei dilaporkan bahwa 80 orang hanya mempunyai goldcart dan supercart, 70 mempunyai goldcart dan triftcart, dan 50 mempunyai ketigatiganya. Ketika laporan tersebut dilaporkan kepada orang kampus, editor menolak untuk menerbitkan. Dia menganggap bahwa polling tersebut tidak akurat. Apakah editornya benar? Mengapa? Tidak, kenapa tidak.

Tokoh George Cantor (1871-1884), penemu teori himpunan. Centor matematikawan Jerman, lahir dari keluarga Danish di St,Petersburg (sekarang Leningrad), Rusia. Keluarganya pindah ke Frankfurt ketika berumur 11 tahun. Melawan saran ayahnya, Centor berkarir matematika dan meraih gelar doktornya di Berlin ketika berumur 22. Sebagian besar kegiatan akademiknya dilalui di Universitas Halle (sekarang di Jerman Timur). Keinginannya menjadi profesor di universitas Berlin tidak tercapai, namun hasil kerjanya mendapat pengakuan selama hidupnya. Centor menderita gangguan mental dan meninggal di rumah sakit jiwa. Hasil penemuannya tentang teori himpunan dan transfinite aritmatic mendapat pujian dari tokoh-tokoh matematika abad 20, David Hibert ,“ hasil yang mencengangkan tentang pemikiran matematika, sebuah pemikiran yang perwujudannya paling indah dari kegiatan manusia...” 2-1. Mendeskripsikan himpunan Dalam matematika, suatu himpunan adalah kumpulan beberapa atau kelompok dari suatu objek. Objek individu dalam himpunan disebut element, atau anggota dari suatu himpunan. Jika himpunan huruf dalam abjad inggris, masingmasing huruf adalah anggota himpunan tersebut. Kita menggunakan cabang untuk menyatakan anggota-anggota dari himpunan. Dan menamai himpunan dengan huruf kapital. Himpunan huruf abjad inggris dapat ditulis sebagai berikut A = {a,b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t, u, v, w, x, y, z} Agar anggota-anggota yang ditulis tersebut menjadi tidak berbeda dan masing-masing anggota didaftarkan hanya sekali. Contohnya himpunan huruf dalam kata-kata book. Dapat ditulis sebagai {b, o, k} , {o, b, k} atau {k, o, b}.

2

by Delia Indrawati

Kita menyatakan anggota yang menjadi bagian dari himpunan dengan menggunakan simbol ∈ . contoh b ∈ A . jika α tidak mempunyai anggota A atau α tidak menjadi bagian dari A ditulis α ∉ A. Notasi pembentuk himpunan Misalnya himpunan binatang di Sandiago dapat ditulis sebagai Z = {x | x adalah hewan-hewan di kebun binatang Sandiago} Dibaca Z adalah himpunan dari semua anggota-anggota x sedemikian sehingga x adalah hewan-hewan di dalam kebun binatang. Garis vertikal dibaca “sedemikian hingga”. Contoh 2-1 : Tuliskan himpunan-himpunan berikut menggunakan notasi pembentuk himpunan! (a) {52, 52, 54, ..., 498, 499} (b) {2, 4, 6, 8, 10,...} (c) {1, 3 ,5 7, ...} (d) {12, 22, 32, 42, ...} Solusinya (a) {x|x adalah bilangan asli lebih dari 50 dan kurang dari 500} (b) {x| x bilangan asli yang genap}, atau {x | x = 2n, n ∈ N} (c) {x | x adalah bilangan asli yang ganjil}, atau {x | x = 2n-1, n ∈ N} (d) {x | x adalah kuadrat bilangan asli}, atau {x | x = n2, n ∈ N} Himpunan Sama Dua himpunan dikatakan sama jika dan hanya jika kedua himpunan tersebut mempunyai anggota yang sama. Jika A dan B sama, ditulis A = B , setiap anggota A adalah anggotaB, dan setiap anggota B adalah anggota A. Jika A tidak sama dengan B, ditulis A ≠ B. Contohnya himpunan D = {1,2,3}, E = {2, 5, 1}, F = {1, 2, 5}. Himpunan D dan E tidak sama. Himpunan E dan F adalah sama. Korespondensi 1-1 Himpunan orang P = {Tomas, Dick, Mari} dan himpunan bilangan S = {1, 2, 3}. Masing-masing orang dalam P menerima bilangan dalam S, tidak ada dua orang yang memperoleh bilangan yang sama. Cara memasangkan kedua himpunan inilah yang disebut korespondensi satu-satu. Salah satu caranya = Thomas ↔ 1, Dick ↔ 2, Mari ↔ 3. Cara lain sebagai berikut. Kemungkinan lain korespondensi 1-1 antara himpunan P dan S diantaranya:
(1) Tomas ↔ 1

(2)Tomas ↔ 1

(3)Tomas ↔ 2

3

by Delia Indrawati

Dick Mari

↔ 2 ↔ 3

Dick Mari

↔3 ↔2

Dick Mari

↔1 ↔3

(4) Tomas ↔ 2

(5)Tomas ↔ 3 Dick Mari
↔1 ↔2

(6)Tomas ↔ 3 Dick Mari
↔2 ↔1

Dick Mari Definisi

↔ 3 ↔ 1

Jika anggota himpunan P dan S dapat dipasangkan sehingga setiap anggota P mempunyai satu pasang anggota dari S dan setiap anggota S tepat mempunyai satu pasang anggota dari P, maka kedua himpunan P dan S dikatakan berkorespondensi satu-satu (atau jodoh). Himpunan ekuivalen Sebuah ruangan terdapat 20 kursi dan tiap siswa duduk pada masing-masing kursi tidak ada yang berdiri. Terjadi korespondensi satu-satu antara himpunan kursi dan himpunan siswa dalam ruangan. Pada kasus ini, kursi dan siswa adalah himpunan ekuivalen. Definisi Dua himpunan A dan B ekuivalen, ditulis A ~ B, jika dan hanya jika kedua himpunan tersebut berkorespondensi satu-satu. Perbedaan ekuivalen dan sama A= {1, 2, 3, 4, 5}, B = {a, b, c}, C = {x, y, z}, D = {b, a, c} Bandingkan himpunan tersebut, menggunakan pernyataan sama dan ekuivalen. Solusi Himpunan A dan B tidak ekuivalen (A ≁ B) dan tidak sama (A ≠ B) Himpunan A dan C tidak ekuivalen (A ≁ C) dan tidak sama(A ≠ C) Himpunan A dan D tidak ekuivalen (A ≁D) dan tidak sama (A ≠ D) Himpunan B dan C ekuivalen (B ∼ C) tapi tidak sama (B ≠ C) Himpunan B dan D ekuivalen (B ∼ D) dan sama (B = C) Himpunan C dan D ekuivalen (C ∼ D) tapi tidak sama (C ≠ D) Catatan Dua himpunan sama, maka kedua himpunan tersebut ekuivalen, namun jika kedua himpunan ekuivalen, belum tentu sama. Bilangan Kardinal

4

Seluruh himpunan bilangan asli N adalah contoh himpunan infinite. dan ditulis n(D) = 3. 2}. Himpunan universal dinotasikan U. jika D = {a. Contohnya. {x. Himpunan infinite adalah himpunan yang tidak finite. Carla duduk di baris ke empat dan dia membaca halaman 87 buku ini. dan {*. kemudian A dan B mempunyai bilangan kardinal yang sama. 2. himpunan abjad adalah himpunan finite karena terdiri dari 26 anggota. Dapat digambarkan bahwa himpunan abjad dapat dimasukkan dalam korespondensi satu-satu dengan himpunan {1. Catatan. mempunyai satu anggota yaitu 0. begitu juga dengan {0} tidak menunjukkan himpunan kosong. 5 . y}.by Delia Indrawati 5 himpunan {a. Semua himpunan tersebut mempunyai bilangan kardinal yang sama namanya 2. a}.. U = {x | x adalah orang yang tinggal di California} dan F = {x | x adalah perempuan yang tinggal di California}. 26}. Penulisan {Ø} bukan merupakan himpunan kosong.. Himpunan universal dan himpunan bagiannya digambarkan dalam sebuah diagram Venn. {1. b}. Bilangan Ordinal Bilangan kardinal menjawab berapa banyak? Bilangan ordinal mendeskripsikan posisi anggota pada himpunan. c}. . jika A ekuivalen B. {b. Contohnya: C = {x | x adalah negara yang merdeka sebelum 1200} D = {x | x bilangan asli kurang dari 1} Himpunan universal adalah himpunan yang berisi seluruh anggotayang dibicarakan. Himpunan ini mempunyai satu anggota yaitu Ø. bilangan kardinal dari D adalah 3. 3. Bilangan ordinal menjawab bilangan yang mana? Himpunan kosong dan null set Himpunan yang mempunyai anggota bilangan kardinal 0 dan disebut himpunan kosong atau himpunan null. Himpunan kosong diberi simbol Ø atau { }. Anggota himpunan dalam himpunan universal yang bukan merupakan himpunan F yaitu laki-laki yang tinggal di California disebut complemen F. dinotasikan n(X). Bilangan kardinal himpunan X. #} ekuivalen satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh. n(A) = n(B). dua himpunan tersebut ekuivalen tapi tidak equal. Jika n(A) = n(B). Contohnya. Himpunan finite dan himpunan infinite Himpunan finite adalah jika jumlah anggota himpunan kosong atau sebuah bilangan asli. mengindikasikan banyaknya anggota pada himpunan X.. b.

A = {1. B adalah himpunan bagian A. d} temukan (i) B. B adalah proper subset A. 5}. ditulis B ⊆ A. 3. 10}. 3. 3. (iii) Ø (b) Jika U = {x | x adalah hewan dalam kebun binatang} dan S = {x l x adalah ular dalam kebun binatang}. Jika keduanya A ⊆ B dan B ⊆ A. ditulis B ⊆ A. 7. 3} (a) Himpunan yang mana yang saling himpunan bagian? (b) Himpunan yang mana yang saling proper subset? Solusi (a) D ⊆ U. kemudian A=B. 5. d} dan B = {c. U ⊆ U. b. Semua anggotaB terdapat dalam A. B adalah himpunan bagian A. 8. dan B = {2. (ii) U. Jika B adalah himpunan bagian A. 6}. E ⊆ E. E ⊆ D. S dideskripsikan menggunakan notasi pembentuk himpunan. 4.by Delia Indrawati F U F U Gambar 2-2 Definisi . (b) D ⊂ U. 3. 5. D ⊆ D. Jika B himpunan bagian A dan B tidak sama dengan A. E ⊆ U. setiap anggota B merupakan anggota A. D = {1. 2. c. 4. jika dan hanya jika setiap anggota B adalah anggota A. Contoh 2-4 U = {1. dan setiap anggota B merupakan anggota A. kemudian B adalah himpunan bagian A. ditulis B ⊂ A. 6. E ⊂ U. S = {x | x adalah hewan di dalam kebun binatang selain ular} Himpunan bagian Himpunan U = {1. 5} dan E = {1. Complemen F. Definisi . 4. 4. 6 . 9. Ini berarti bahwa semua anggota B terdapat dalam A dan setidaknya terdapat satu anggota A yang bukan B. Contoh 2-3 (a) Jika U = {a. 2. temukan S Solusi (a) (i) B = {a. adalah semua anggota dalam himpunan universal U yang tidak terdapat dalam himpunan F. 6}. Definisi ini menunjukkan B sama dengan A. dan E ⊂ D. b} (ii) U = Ø (iii) Ø = U (b) Karena hewan dalam kebun binatang tidak diketahui. ditulis F. F = {x l x ∈ U dan x ∉ F}. 2.

z. Konsekuensinya. Kita mengatakan bahwa 2 ∈ {1. Karena himpunan kosong tidak memiliki elemen. ditulis a < b. 2. 2}. y. untuk Ø ⊆ {1. Ø ⊈ {1. 3}. 2. {a. Menyusun Rencana. 2. c} ekuivalen dengan proper subset dari himpunan {x. n(A) < n (B) jika A ekuivalen dengan proper subset dari B. 3} dan {2} ⊂ {1. Gunakan A ⊂ B. b. ketika memasangkan kedua himpunan. 2}. Himpunan bagian dan anggota dari himpunan sering ditolak. y. Harus ada sebuah anggota dalam Ø yang tidak terdapat dalam {1. 2. ditulis A ⊈ B. Definisi . apakah dapat dituliskan bahwa A ⊂ B? Pertidaksamaan Notasi proper subset dapat digunakan untuk mendefinisikan konsep “kurang dari” dalam bilangan asli. 5} dan B = {1. b. adakah. himpunan kosong adalah himpunan bagian? Memahami masalah. 2} . w}. dapat dikatakan bahwa A mempunyai anggota yang lebih sedikit dari B. Himpunan {a. terdapat proper subset B ekuivalen dengan A. Jika A dan B himpunan finite. Dapatkah kamu menyatakan bahwa A ⊆ B? Jika A ⊆ B. Meskipun {2}⊆ {1. 3}. Untuk bilangan asli a dan b. z. Simbol ∈ tidak dapat digunakan antara {2} dan {1. 2} salah. 3}. c} {x. Belum jelas bagaimana himpunan kosong dapat didefinisikan sebagai himpunan bagian karena tidak terdapat anggota dalam himpunan kosong . a lebih kecil dari b. 3. w} Dapat dilihat bahwa anggota himpunan kedua tidak dipasangkan dengan anggota himpunan pertama. 2. Masalah 1 Himpunan yang mana. Jika A = {1. harus ditemukan setidaknya satu anggota A yang bukan B. 2} atau Ø ⊈ {1. untuk himpunan {1. 2} 7 . b. tidak terdapat anggota dalam himpunan kosong yang tidak terdapat dalam {1. himpunan A dan B dengan n(A) = a dan n(B) = b. Kita gunakan strategi melihat kasus yang khusus.by Delia Indrawati Ketika himpunan A bukan himpunan bagian B. c} mempunyai anggota lebih sedikit dari himpunan {x. w}. Akan tetapi karena 2 bukanlah himpunan. 3}. Sama seperti B ⊈ A karena terdapat anggota-anggota dalam B tapi tidak terdapat dalam A. z. kita tidak dapat menambahkan simbol ⊂ untuk ∈. kemudian A bukan himpunan bagian B karena anggota 5 dalam A yang bukan B. Sebagai contoh. y. Ø ⊈ {1. jika dan hanya jika. Himpunan {a. 2}.

suara terbanyak membutuhkan keempatnya untuk lulus ukuran atau menolak ukuran. kita harus menyediakan sebuah anggota dari Ø yang tidak terdapat A. Alasan yang sama dapat diterapkan pada kasus himpunan kosong dan himpunan yang lain. kita harus menemukan himpunan bagian dari himpunan S={Abel. Carni dan Davis. b} dengan bilangan kardinal 2. Untuk menunjukkan Ø ⊈ A. Untuk menyelesaikan masalah. Memahami masalah. harus menjadi koalisi pemblokir-kelompok yang mencegah proposal untuk dapat lolos tapi pada waktu yang sama tidak cukup suara untuk menolak. Menyelesaikan rencana. Ada himpunan bagian dari himpunan senator yang terdiri dari tepat dua anggota akan membentuk koalisi pemblokir. Baro. b} dan ekuivalen dengan dirinya sendiri. Pada kenyataannya. Apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah adalah membuat daftar himpunan bagian dari himpunan senator. Kita mencatat bahwa himpunan kosong adalah himpunan bagian dari dirinya sendiri dan proper subset suatu himpunan lain bukan dirinya sendiri. tidak menghiraukan yang lainnya. Masalah 2 Komite Senator terdiri dari Abel. Carni dan Davis} yang mempunyai paling tidak tiga anggota dan semua himpunan bagian mempunyai 8 . Himpunan kosong ekuivalen dengan proper himpunan bagian {a. himpunan kosong adalah himpunan bagian dari himpunan A. Komite senat terdiri dari 4 anggota – Abel. tidak terdapat anggota pada himpunan kosong yang bukan anggota A. Jika pengukuran keduanya tidak lolos atau ditolak. Carni dan Davis. Untuk memblok proposal.membutuhkan suara mayoritas untuk menolak ataupun menerima. Setiap anggota komite mempunyai hak satu suara. harus memenangkan koalisi dari senator-sekelompok orang yang dapat menerima atau menolak proposal. Baro. Menghitung berapa banyak cara komite dapat menerima atau menolak proposal dan berapa banyak cara komite dapat memblock proposal. A adalah sebuah himpunan. kita dapat memilih definisi kurang dari untuk menunjukkan bahwa 0 < 2. b} karena himpunan kosong adalah proper himpunan bagian dari {a. Baro. diblocked dan akan diadakan voting ulang. Ada himpunan bagian dari himpunan senator dengan tiga atau empat anggota akan memenangkan koalisi. Untuk menerima dan menolak proposal. Karena himpunan kosong tidak mempunyai elemen. himpunan kosong memiliki bilangan kardinal 0 dan himpunan {a. Menyelesaikan Rencana.by Delia Indrawati adalah benar. Menyusun rencana. Sehingga pernyataan ini salah Ø ⊈ A. Hitunglah berapa banyak cara pengukuran dapat diloloskan atau ditolak dan banyaknya cara pengukuran dapat diblocked. Mengecek Ulang.

C-Carni. Himpunan bagian dituliskan di bawah ini. D-Davis. Dapat diketahui bahwa ada lima kemungkinan pemenang koalisi dan enam bloking koalisi. Himpunan guru-guru sekolah yang kaya. Himpunan bilangan asli yang lebih dari 100. Operasi yang akan dibahas dalam dua himpunan. D} {A. g. C. D} Terdapat lima himpunan bagian dengan setidaknya tiga anggota. yang mana himpunan yang Joe miliki? Soal-soal Himpunan 1. D} {A. B. D} {B. kita menandai anggota : A-Abel. c. D} {B. Berapa banyak paling sedikit koalisi yang dapat menang. Mengecek ulang. C} {A. Himpunan berikut yang dapat didefinisikan? a. C. D} {C. C} {B. C} {A. Ø {A} {B} {C} {D} {A. seorang tentara ditugaskan untuk mencukur tentara-tentara lainnya dalam satu pleton yang tidak bisa mencukur dirinya sendiri. b. Tulislah himpunan dengan mendaftar anggota-anggotanya atau notasi pembentuk himpunan. Himpunan negara-negara di Amerika. 3. Joe harus masuk dalam salah satu himpunan. D} {A. Untuk lebih mudahnya. Himpunan bilangan asli yang lebih besar dari 20. B. Himpunan huruf-huruf dalam kata mathematics. B. BBaro. Himpunan bulan-bulan yang diawali dengan huruf J. 1. Himpunan buku-buku yang besar. Catatan bahwa setiap tentara harus ikut dalam himpunan A atau B. C. d. Brain Teaser (pengusik pikiran) Joe. Pertanyaan lainnya yang dapat dianggap mencakup permasalahan. 1. c. Susunlah sebuah metode untuk menyelesaikan permasalahan ini tanpa mendaftar semua anggota. B} {A. A= { x | x adalah tentara-tentara yang dapat mencukur dirinya sendiri} dan B = {x| x adalah tantara-tentara yang tidak mencukur dirinya sendiri}. Himpunan negara-negara di Amerika yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. f. Himpunan gajah pink yang ada dalam kelas. yang dapat memenangkan koalisi dan lolos dan ditolak dan enam himpunan bagian dengan tepat dua anggota yang dapat memblok. Selesaikan permasalahan jika komite mempunyai 6 anggota. e. Operasi himpunan lainnya dan sifat-sifatnya Temukan komplemen dari himpunan yang merupakan operasi yang terjadi hanya dalam satu himpunan. a. b.by Delia Indrawati tepat dua anggota. 9 . yaitu berapa banyak propper subset yang tidak dapat lolos ? 2. Himpunan hari-hari dalam seminggu yang diawali dengan huruf V.

Dengan kata lain. sekolah harus mengidentifikasi siswa yang mengambil kedua kelas. himpunan A = {0. Diagram Venn menunjukkan irisan dan gabungan himpunan A dan B . Jika A adalah himpunan siswa-siswa yang mengambil seni selama satu caturwulan penuh dan B adalah himpunan siswa-siswa yang mengambil kursus biologi. A ∩ B = {x| x ∈ A dan x ∈ B}. Seni dan Biologi akan mengirimkan survei tentang siswa-siswa yang mendaftar di kelas seni atau biologi. dua himpunan A dan B himpunan saling lepas jika dan hanya jika A ∩ B = Ø. Kata kunci dalam definisi gabungan adalah atau. disebut himpunan saling lepas. 4} dan B = {1. adalah himpunan dari semua anggota dalam A atau dan dalam anggota B atau kedua anggota A dan B.by Delia Indrawati Himpunan irisan Kedua sekolah. A ∪ B = {x|x ∈ A atau x ∈ B}. 5} adalah himpunan saling lepas. kemudian himpunan yang diinginkan untuk survei adalah intersection antara A dan B. Dalam matematika atau dapat diartikan satu atau yang lain atau keduannya. Contohnya. jika A adalah himpunan siswa-siswa yang mengambil kursus seni selama caturwulan dan B adalah himpunan siswasiswa yang mengambil kursus biologi selama caturwulan. 3. Kata kunci dari definisi irisan adalah kata dan. 2. U A B A B A∪B U A∩B Set Difference Jika A adalah himpunan siswa-siswa yang mengambil kelas seni dan B adalah siswa-siswa yang mengambil kelas biologi. Definisi 10 . Definisi Irisan dari dua himpunan A dan B ditulis A ∩ B. ditulis A ∪ B. Definisi Gabungan dua himpunan A dan B. Contohnya. kemudian himpunan siswa-siswa yang mengambil seni atau biologi atau keduanya adalah himpunan gabungan dari himpunan A dan B. Himpunan Gabungan Kita dapat membentuk himpunan baru dari dua himpunan dengan menggunakan operasi yang disebut gabungan. adalah himpunan semua anggota-anggota persekutuan dari kedua A dan B. kemudian himpunan semua siswa yang mengambil kelas biologi tapi tidak mengambil kelas seni disebut komplemen A relative B atau set difference B dan A. Untuk melakukan ini. Jika salah satu A dan B tidak mempunyai anggota persekutuan.

e} Sifat-sifat operasi himpunan Dari contoh 2-5(a) dan (e). d. U A B A B U B–A B∩A Contoh 2-5 : jika U = {a. c. sifat lain dari operasi himpunan dapat ditemukan dengan menganggap kasus khusus dan kemudian mencoba untuk menggeneralisasikan. b. B – A e. B – A = {a. e. d. A ∪ B = { a. Kita mengetahui bahwa A ∩ B = B ∩ A. d. f} f. B ∪ A f. B ∩ A = {d. contohnya : mengevaluasi A ∪ B ∪ C dengan pertama-tama menemukan B ∪ C atau A ∪ B dan kemudian 11 . A ∩ B c. B – A = {x|x ∈ B dan x ∉ A}. Kedua sifat ini benar untuk dua himpunan. A ∪ B b.a. Diagram Venn yang mewakili A – B ditunjukkan pada gambar 2. A ∩ B = {d. f. Diagram Venn untuk B ∩ A ditunjukkan 2. e} c.4. e} dan temukan masing-masing di bawah ini: a. Dari contoh 2-5 (c) dan (d) bahwa set difference bukan operasi komutatif. Juga untuk himpunan 2-5(b) dan (f). b. A – B = {f} d. e. B ∪ A = { a. A – B d. g}. b. Contoh tersebut adalah sifat komutatif dari gabungan himpunan. b. Hal ini dapat menimbulkan masalah ketika menulis A – B atau B – A.4. d. ditulis B – A. diagram ini berarti B – A = B ∩ A .b. contoh ini adalah sifat komutatif dari sifat irisan himpunan. c. e. A ={d. adalah himpunan semua anggota dalam B yang bukan A.by Delia Indrawati Komplemen dari A relative B. b. kita mengetahui bahwa A ∪ B adalah sama dengan B ∪ A. e. ini tidak berpengaruh dengan urutan penulisan himpunan jika menggabungkan dua himpunan. f} dan B = {a. Ketika lebih dari satu operasi diketahui. c} e. c. B ∩ A Solusi a. f} b. c.

e. A ∩ B dan A ∩ C adalah himpunan bagian dari daerah yang diarsir. g} A ∩ (B ∪ C) = {a. Gabungan dari dua himpunan bagian tersebut adalah keseluruhan daerah yang 12 . d}∪ {d. e}) ∪ {d. e. g}) = {a. untuk semua himpunan A. (b) A ∪ Ø = Ø ∪ A = A Ø adalah identitas dari gabungan himpunan 1. Satu contoh yang berlawanan cukup untuk membuat suatu dugaan yang salah. Sifat Komutatif untuk semua himpunan A dan B : (a) A ∪ B = B ∪ A sifat komutatif dari gabungan himpunan (b) A ∩ B = B ∩ A sifat komutatif dari irisan himpunan 1. Sifat identitas untuk semua setiap himpunan A dan universal U (a) A ∩ U = U ∩ A = A U adalah identitas dari irisan himpunan. d. Dari pengamatan. A ∩ (B ∪ C) ≠ (A ∩ B) ∪ C.by Delia Indrawati menemukan gabungan dari himpunan tersebut dan C: dengan kata lain benar bahwa (A ∪ B) ∪ C = A ∪ (B ∪ C)? Buktikanlah! Sifat-sifat 1. g} = {c. e. b. f. d} ∩ ({c. e} ∪ {d. Untuk mengungkap sebuah bentuk yang sama dengan A ∩ (B ∪ C). d. Sifat komplemen untuk setiap himpunan A dan Universal U (a) U = Ø (b) Ø = U (c) A ∩ A = Ø (d) A ∪ A = U (e) A = A Apakah menglempokkan penting ketika operasi dua himpunan berbeda dilibatkan? Contoh benarkah bahwa A ∩ (B ∪ C) = (A ∩ B) ∪ C ? untuk membuktikannya. d} ∩ {c. d. tunjukkan diagram venn A ∩ (B ∪ C) dengan arsiran pada gambar 2-5. b. e. f. e}. b. d} ∩ {c. d}. e. f. B = {c. c. g} Pada kasus ini. c. g} = {c. d. b. f. g} = {c. f. e. B dan C (a) (A ∩ B) ∩ C = A ∩ (B ∩ C) sifat asosiatif irisan himpunan (b) (A ∪ B) ∪ C = A ∪ (B ∪ C) sifat assosiatif gabungan himpunan 1. A = {a. d} (A ∩ B) ∪ C = ({a. c. C = {d. f. Hal ini menunjukkan contoh yang berlawanan dalam matematika-suatu contoh yang mengilustrasikan bahwa pernyataan umum tidak selalu benar. Sifat Assosiatif . d. c.

b. Pendekatan ilustrasi yang sama pada A ∪ (B ∩ C) = (A ∪ B) ∩ (A ∪ C). Sifat distributif gabungan himpunan pada irisan himpunan A ∪ (B ∩ C) = (A ∪ B) ∩ (A ∪ C) Contoh 2-6 Jika A = {a. b. f. d} ∪ {d. Solusi A ∩ (B ∪ C) = {a. e. periksalah sifat distributif irisan himpunan pada gabungan himpunan. C: 1. f.by Delia Indrawati diarsir dalam gambar. e. A ∩ (B ∪ C) = (A ∩ B) ∪ (A ∩ C) Menggunakan Diagram Venn sebagai alat Problem Solving Contoh 2-7 Menggunakan notasi himpunan untuk mendeskripsikan porsi arsiran pada diagram Venn dalam gambar 2-6 U A B A B C (a) (b) Solusi 13 . c} ∩ ({b. b. c} ∩ {b. e. Sifat distributif irisan himpunan pada gabungan himpunan A ∩ (B ∪ C) = (A ∩ B) ∪ (A ∩ C) 2. g}. d}) ∪ ({a. C = {d. c. Ilustrasi tersebut adalah sifat distributif pada irisan dan gabungan himpunan. b. c. B = {b. c. g} = {b. e. B. Daerah arsiran dapat diidentifikasi sebagai (A ∩ C) ∪ (A ∩ B). c} ∩ {b. c}. g}) = {b. g}) = {a. f. c} Maka. c. b. f. c} (A ∩ B) ∪ (A ∩ C) = ({a. d. Sifat untuk tiga himpunan Sifat distributif untuk semua himpunan A. Konsekuensinya. d}. c} ∪ Ø = {b. c} ∩ {d. A ∩ (B ∪ C) = (A ∩ B) ∪ (A ∩ C).

Wilayah (c) terdiri dari seluruh siswa yang mengambil Bahasa Inggris tapi tidak Matematika. Hasil interview diperoleh dari 110 mahasiswa: 25 mengambil Fisika 45 mengambil biologi 48 mengambil Matematika 10 mengambil Fisika dan Matematika 8 mengambil biologi dan Matematika 6 mengambil Fisika dan Biologi 5 mengambil ketiga mata pelajaran Berapa banyak siswa yang mengambil Biologi. Wilayah (b) terdiri dari seluruh siswa yang mengambil Matematika dan Bahasa Inggris.(A ∩ B) (b) (A ∩ B) ∪ (A ∩ C). Contoh 2-8 Sebuah survei diambil dari mahasiswa baru untuk mengetahui tentang background di SMA. Diskripsikan data tersebut dengan menamai masing-masing wilayah dalam gambar berikut! Solusi Wilayah (a) terdiri dari seluruh siswa yang mengambil Matematika tapi tidak Bahasa Inggris.by Delia Indrawati Solusi dapat dituliskan dalam banyak cara berbeda. tapi dalam bentuk ekuivalen. atau B ∩ (A ∪ C) Contoh 2-8 (d) (c) (a) (b) E M U M adalah himpunan semua siswa yang mengambil matematika dan E adalah himpunan seluruh siswa yang mengambil Bahasa Inggris. Wilayah (d) terdiri dari seluruh siswa yang tidak mengambil Matematika dan Bahasa Inggris. Di bawah ini kemungkinan jawaban: (a) (A ∪ B) ∩ (A∩B). tetapi tidak mengambil Fisika dan Matematika? Berapa banyak siswa yang tidak mengambil tiga mata pelajaran? 14 . atau (A ∪ B) .

11 orang tidak mengambil ketiga mata pelajaran tersebut. Kemudian total siswa yang mengambil fisika dan matematika 10 orang. Contohnya. Wilayah yang digaris mewakili siswa yang mengambil fisika dan matematika tapi tidak mengambil biologi. putih. hasilnya 36 siswa mengambil biologi tetapi tidak matematika dan fisika. S = {biru. dan dua kaos. 10 – 5 . Himpunan dari semua kemungkinan pasangan adalah 15 . seorang siswa mempunyai 3 celana pendek . merah}. kita menggunakan tiga lingkaran. M 3 5 1 P B 1 5 6 4 U Gambar 2-8 P = Fisika. Bentuk cartesian product melibatkan penjodohan anggota himpunan satu dengan anggota himpunan lainnya. yaitu 5 siswa yang mengambil fisika dan matematika tapi tidak biologi. Beberapa kemungkinan penjodohan celana pendek dengan kaos. M = Matematika Wilayah yang diarsir mewakili 5 siswa yang mengambil ketiga mata pelajaran. dan 5 orang juga mengambil biologi. hijau}. dengan mendaftar warna celana pendek yang pertama. B = Biologi. dan warna kaos yang kedua. namun yang hanya mengambil fisika saja belum diketahui. Setelah selesai menginterpretasikan gambar.by Delia Indrawati Solusi Untuk memecahkan masalah ini. Proses berfikir untuk kasus ini. Jumlah yang lain diberikan perlakuan yang sama untuk melengkapi diagram. Biru – biru putih – biru hijau – biru Biru – merah putih – merah hijau – merah Kemungkinan enam pasang. bahwa 25 siswa mengambil fisika. Cartesian Product Cara lain untuk menampilkan dua himpunan yang diketahui adalah dengan bentuk Cartesian Product. P = {biru.

the cartesian product A dan B. (c. a). (a. Anggotaanggota dalam cartesian product disertakan pada masing-masing cabang pohon. (putih. sehingga pasangan disebut pasangan. biru) (putih. biru) mewakili celana pendek hijau dan kaos biru. adalah himpunan semua ordered pairs seperti anggota pertama dari masingmasing pasangan adalah anggota A dan anggota kedua dari masing-masing pasangan adalah anggota B. Contoh 2-10 Jika A = {a. (biru. 2. A x B = {(x. biru) (hijau. (x. b. c). y)|x ∈ A dan y ∈ B} Remark A x B sering dibaca “A cross B” Dengan definisi persamaan antara pasangans. ditulis A x B. c). a). (biru. 2). a). b).b). 3)} (b) B x A = {(1. (2. b). n) jika dan hanya jika x = m dan y = n. (hijaumerah)} Cara lain untuk meraih cartesian product melalui diagram pohon. y) = (m. 1). c)} Tidak memungkinkan untuk membentuk cartesian product melibatkan himpunan 0. (c. 3). a). biru) (biru. Karena tidak ada anggota himpunan dalam 16 . merah) Definisi Untuk setiap himpunan A dan B. (c.c)} (c) A x A = {(a. Posisi pemasangan masing-masing komponen penting. (b. (3. 1). merah). 3). (c.1). (b. c). (hijau. (putih. (3. (2. (3. Anggap A = {1. c} dan B = {1. b). 2). (a. (b. 3}. (b. merah). merah) (hijau. b). (c. a). (b. temukan masing-masing di bawah ini: (a) A x B (b) B x A (c) A x A Solusi (a) A x B = {(a. 2). b). (c.by Delia Indrawati {(biru-biru). merah) (putih. biru). Pants Shirts Biru Biru Merah Biru Putih Merah Biru Hijau Merah (biru. c). (2.2}. (a. hijau) mewakili celana pendek biru dan kaos hijau. Pemasangan masing-masing komponen. a). (hijau-biru). (a. (1. (b. (1.

tapi tidak diindikasikan jenis kelamin H dan E. Masing-masing blok dinamai sesuai kepemilikannya bentuk. tidak ada pasangans (x. besar. saudara perempuan. A ∪ B = B ∪ A 2. D. dan warna. Jika kita berkata Billy adalah saudara laki-laki dari Jimmy. Mengusik Otak Himpunan atribut blok terdiri dari 32 blok. Contohnya. Kata relasi yang menghubungkan anggota keluarga –orang tua. persegi. masingmasing himpunan berisi 20 kartu. dan I adalah perempuan dan B dan J adalah laki-laki. rhombus. sehingga A x Ø = Ø. sebuah diagram seperti gambar 2-10. Pada blok. Mengapa? Hal ini mengindikasikan bahwa H dan E tidak mempunyai saudara perempuan di tempat bermain. 10 kartu yang lain kartu negatif dan specify the lack of an atribut. dan lingkaran. contohnya tidak hijau. A∪B = A∩B 3.by Delia Indrawati himpunan Ø. A ∩B = A∪B 4. y) dengan x ∈ A dan y ∈ Ø yang tidak memungkinkan. dapatkah kamu menyebutkan yang mana anak laki-laki dan yang mana anak perempuan? Informasi da lam gambar 2-10 mengindikasikan bahwa A. Empat bentuk dalam himpunan adalah persegi. ukuran. bibi. empat warna yaitu merah. G. 10 kartu spesifik pertama blok atributcontohnya merah. Setiap point pada gambar 2-10 mewakili seorang anak pada sebuah tempat bermain. saudara laki-laki. kakek. C. 17 . dua ukuran yaitu besar dan kecil. segitiga. Jika semua relasi teridentifikasi dalam gambar 2-10. dapat dilihat halaman 70. “adalah saudara laki-laki dari” mengungkapkan relasi antara Billy dan Jimmy. Menggunakan himpunan semua blok sebagai himpunan universal. Sama halnya Ø x A = Ø untuk seluruh himpunan A. huruf mewakili nama mereka. Hal ini berlaku untuk seluruh himpunan A. 1. A adalah himpunan semua blok hijau dan B adalah himpunan semua blok besar. biru dan hijau. A – B = A∩B 2-3 Relasi dan Fungsi Relasi Sebuah himpunan bagian cartesian product disebut relasi. dll. tidak lingkaran. F. buktikan bahwa sifat-sifat di bawah ini adalah benar. Contoh lainnya: “adalah adik perempuan dari” “adalah kota tempat tinggal dari” “adalah warna yang sama dengan” “adalah pengarang dari” “duduk dalam baris yang sama dengan” “nomer satpam dari” Contoh relasi dalam matematika “adalah kurang dari” “adalah tiga lebihnya dari” “adalah paralel dengan” “adalah wilayah dari” Untuk mengilustrasikan relasi. dan sebuah anak panah dari I ke J diartikan bahwa I “adalah saudara perempuan dari” J. Masalah banyaknya tipe himpunan dapat dipelajari dengan blok-blok tersebut. kuning.

C). B). Masing-masing pasangan dalam 18 . F). E. J)} Perhatikan himpunan tersebut adalah himpunan bagian dari {A. (A. D). dengan tanda panah. H. Montana). D. F G. D). E. (C. (D. F G. (D. (Springfield. berikan penghubung yang mendeskripsikan relasinya. B. Illinois).by Delia Indrawati Cara lain untuk menunjukkan relasi “adalah saudara perempuan dari” dengan menggunakan dua himpunan yang sama. J. G. G). H. Salah satu penghubung bahwa pasangan (x. B. B). Catatan (B. Solusi. dan (Juneau. H. F. Colorado). E. D. (Denver. H. C). (C. komponen yang kedua dalah negara di Amerika Serikat. Sebuah relasi menghubungkan anggota dari dua himpunan menurut suatu kriteria. Alaska) adalah mencakup suatu relasi. I. komponen pertama dari pasangans adalah ibu kota. J} x { A. J}. J A. (G. C. relasi “saudara perempuan dari” dapat dideskripsikan untuk anak di tempat bermain sebagai himpunan {(A. D. E. B). y) mengindikasikan bahwa x adalah ibukota dari y. B. Menggunakan metode ini. G. A) berarti bahwa B adalah saudara perempuan dari A. Pada contoh 2-11. C. B). C. F. (A. seperti dalam gambar 2-11 A. B. (I. (C. (F. D. I. A). I. (D. I. Cara lain untuk menunjukkan hubungan “adalah saudara perempuan dari” untuk menuliskan relasi “A saudara perempuan dari B” sebagai pasangan (A. C. Contoh 2-11 Pasangan (Helena. A).

Umumnya. Carol mempunyai inisialm yang sama dengan Carmela. c) ∈ R. untuk setiap anggota a ∈ X. dimana A adalah himpunan ibukota dan B adalah himpunan negara di Amerika Serikat. Relasi R pada himpunan X adalah reflexsif jika dan hanya jika. c) ∈ R. Relasi seperti “adalah ayah dari” tidak transitif. ketika a adalah relasi ke b. setiap garis yang dihubungkan memenuhi sifat transitif. Pernyataan diagram pada gambar 2-12. Untuk setiap a ∈ X. maka R ⊆ A x B Pada definisi. dan b adalah relasi ke c. dan Tom Jones Junior adalah ayah dari Joe Jones. maka b juga relasi ke a. untuk semua anggota a dan b dalam X. Relasi R pada himpunan X adalah simetris jika dan hanya jika. dan Carmela mempunyai inisial yang sama dengan Cathy. simetris. dan c dari X. Sebuah relasi seperti “adalah lebih tinggi dari” adalah tidak reflexif karena orang tidak dapat lebih tinggi dari dirinya sendiri. Sifat Reflexif . kemudian Carol juga memiliki inisial yang sama dengan Cathy. a adalah relasi a. b) ∈ R dan (b. relasi dari A ke B adalah himpunan bagian dari A x B. Contohnya. 3. a) ∈ R. dan transitif. Definisi Diketahui dua himpunan A dan B. maka a adalah relasi ke c. maka (b. jika Tom Jones Senior adalah ayah dari Tom Jones Junior. 19 . Relasi “warna yang sama dengan” adalah refleksif. Sifat-sifat Relasi Tiga sifat relasi diilustrasikan pada gambar 2-12 halaman 71. contohnya Rachel mempunyai inisial pertama yang sama sebagai dirinya. b) ∈ R . Jika A = B. maka (a. maka Tom Jones Senior bukan ayah dari Joe Jones. Sifat Transitif. jika R adalah relasi. Relasi R pada himpunan X adalah transitif jika dan hanya jika untuk semua anggota a. Dia adalah kakeknya. (a.a) ∈ R. ketika a adalah relasi ke b. dan transitif. 1. dinamakan R. Jika (a. 2. Pada diagram. simetris. b. Definisi Relasi ekuivalen pada A adalah relasi R pada A yang memenuhi sifat refleksif. Relasi yang umum “adalah sama dengan” juga memenuhi ketiga sifat.by Delia Indrawati contoh adalah anggota dari Cartesian product A x B. Sifat Simetris . pernyataan “dari A ke B” berarti bahwa komponen pertama dalam pasangans adalah anggota A dan komponen kedua adalah anggota B. Jika (a. relasi yang memenuhi ketiga sifat disebut relasi ekuivalen. dikatakan relasi pada A.

Permainan ini sebuah cara dengan jenis relasi spesial. disebut fungsi. Pada contoh ini kelas perempuan dapat diseskripsikan sebagai himpunan semua siswa yang mempunyai jenis kelamin sama dengan Jane. Ketika Tom berkata 2. Relasi mahasiswa di Universitas Mu dimasukkan dalam dua kelas.. Relasi ekuivalen yang ditemukan pada himpunan memisahkan himpunan ke dalam himpunan bagian saling lepas yang disebut kelas ekuivalen. mahasiswi di Mu. Noah berkata 13. sering diperkenalkan di SD. P adalah himpunan yang terdiri dari mahasiswa Universitas Mu dan mempertimbangkan relasi “jenis kelaminnya sama”. jawaban Noah adalah n + 3. Ketika Liz berkata 6. Solusi Jawaban diberikan dalam bentuk tabel. Noah berkata 7. Fungsi Contoh yang disertakan adalah dengan game yang disebut “guess my rule”. dan aturannya menjadi “ambil bilangan orisinilnya dan tambahkan 3” untuk setiap bilangan n. Ketika Marry berkata 10. simetris. perempuan dan laki-laki. Ketika Dick berkata 4. Noah berkata 5. Sebuah kelas ekuivalen dapat dinamai setelah ada anggotanya. dan himpunna dapat disebut kelas ekuivalennya Jane. Contoh 2-12 Katakan yang mana yang termasuk atau tidak termasuk relasi refleksif. atau transitif pada himpunan semua orang. Kelas ini juga dapat disebut kelas ekuivalennya Marry selama Marry adalah mahasiswi di Mu. 20 . Relasi (a)“adalah lebih tua dari” (b)”duduk pada baris yang sama dengan” (c)”adalah lebih berat dari” Refleksif no yes no Simetris no yes no Transitif Yes Yes Yes Catatan: “duduk pada baris yang sama dengan” adalah relasi ekuivalen. apa yang dikatakan Noah?Apa aturan Noah? Jawaban yang pertama mungkin 9.by Delia Indrawati Kebanyakan relasi ekuivalen yang dikenalkan di SD adalah “adalah sama dengan” pada himpunan semua bilangan. Relasi ini disebut relasi ekuivalen.

jawab 0.” yaitu 2n+1.” Cara lain untuk mempersiapkan siswa untuk ide formal dari fungsi dengan menggunakan “mesin fungsi”. dan sebuah himpunan keluaran disebut range. jawab 1. akan diperoleh f(x) yang sama sebagai output. Tabel 2-2 21 . 3. 2. mesin fungsi adalah sebuah mesin yang mengasosiasikan tepat satu output dengan setiap input menurut suatu aturan. 1. Teacher 3 0 12 30 (b)You 2 3 5 10 Teacher 5 7 11 21 (c)You 2 4 7 21 Teacher 0 0 1 1 Contoh 2-14 Apa yang akan terjadi jika bilangan 0.by Delia Indrawati Contoh 2-13 “Guess the teacher’s rule” untuk respon di bawah ini (a)You 1 0 4 10 Solusi (a) Aturan guru dapat menjadi “Kalikan bilangan yang diketahui n dengan 3. jika bilangannya ganjil.” yaitu 3n. jika memasukkan suatu bilangan x sebagai input dan menghasilkan suatu bilangan f(x) sebagai output. nilai hubungan dapat dideskripsikan dengan tabel. dan 6 dimasukkan? Solusi Jika bilangan output dinotasikan dengan f(x). Pada mesin fungsi. dibaca “f dari x”. (c) Aturan guru dapat menjadi “jika ada bilangan n. (b) Aturan guru dapat menjadi “kalikan dengan dua bilangan orisinil n dan tambahkan 1. terdiri dari himpunan masukan. Proses normal unit terdiri dari berupa aturan yang diterapkan oleh sebuah nilai dari domain untuk menghasilkan nilai pada range. untuk anggota input X dimana anggota output dinotasikan dengan f(x). Mesin fungsi diilustrasikan pada gambar 2-13 halaman 74. sebuah unit pemrosesan (aturan normal). maka sewaktu memasukkan x yang sama sebagai input. disebut domain.

Siswa yang lain menghitung aturan dengan bilangan yang bervariasi diikuti dengan tuts =. Contohnya. k . Apakah semua input-output mesin adalah mesin fungsi? Lihat mesin pada gambar 2-14 halaman 76. dan komponen himpunan kedua adalah range. menggunakan constant key. Untuk suatu bilangan asli x. Ide dari mesin fungsi mengasosiasikan tepat satu output dengan masingmasing input menurut aturan yang membimbing untuk menyertakan definisi. Kalkulator adalah mesin fungsi. (jika siswa tahu tentang himpunan bilangan rasional. f(x) = x + 3. maka semua himpunan tersebut dapat dianggap sebagai domain). 3. Catatan bahwa nilai output dapat diperoleh dengan mensubtitusikan dengan nilai 0. Mesin dengan fitur constant otomatis juga dapat digunakan.by Delia Indrawati x 0 1 3 6 f(x) 3 4 6 9 Dapat dituliskan aturannya: jika input x. Remark Jika sebuah fungsi mewakili sebagai pasangan. kemudian domain diasumsikan menjadi himpunan terbesar yang mempunyai aturan yang berlaku. dapat diasumsikan menjadi semua himpunan bilangan asli. seorang siswa memasukkan 9 x k pada kalkulator. 4. Contohnya. siswa kemudian menekan 0 dan memberikan kalkulator ke siswa yang lain. output x +3. output mesin bilangan yang lebih kecil dari x. 1. 22 . dan 6 untuk x dalam f(x) = x + 3 berikut: f(0) = 0 + 3 = 3 f(1) = 1 + 3 = 4 f(3) = 3 + 3 = 6 f(4) = 4 + 3 = 7 f(6) = 6 + 3 = 3 Biasanya. maka himpunan semua komponen pertama adalah domain. jika domain tidak digambar. riil. komplek. jika tidak ada domain yang diketahui untuk mendeskripsikan sebuah fungsi. Definisi Fungsi dari A ke B adalah relasi A ke B yang setiap anggota A berpasangan satu dan hanya satu dari anggota B.

jika input bilangan 10 . output mesin 9. Apakah ilustrasi tersebut adalah fungsi? A B A 0 1 2 3 (a) B Jhon 1 4 7 10 Mike Joan Sue (b) Brown Smith Doe A 0 1 2 (c) B 1 2 Pada gambar 2-15(a). ada satu dan hanya satu anggota ke B. setiap anggota dalam domain A.) (c) Diagram ini bukan definisi fungsi A ke B. selama 9 lebih kecil dari 10. Jelas bahwa definisi fungsi. Contoh 2-15 Yang mana. dari ketiga diagram menunjukkan fungsi dari A ke B? A 1 2 3 B 2 4 A a b c B 1 2 A x y z B a b c d Solusi (a) Diagram bukan definisi fungsi dari A ke B. Gambar 2-15 (c) bukan definisi fungsi karena 0 dipasangkan dengan lebih dari satu anggota. selama anggota 1 dipasangkan dengan 2 dan 4. selama hanya ada satu dan satu arrow leaving tiap anggota A. Jika input bilangan 10 lagi. Perhatikan relasi yang dideskripsikan pada gambar 2-15.by Delia Indrawati Contohnya. selama hanya ada satu tanda panah dari setiap anggota A. Tidak masalah anggota himpunan B yaitu Brown mempunyai 2 tanda panah. selama 3 lebih kecil dari 10. selama anggota b tidak dipasangkan dengan anggota B. tidak dipasangkan dengan suatu anggota di domain tidak memenuhi definisi. selama 10 dapat dipasangkan dengan lebih dari satu anggota. suatu anggota B. (fungsi dari himpunan bagian A ke B. relasi tersebut adalah fungsi dari A ke B. Gambar 2-15 (b) mengilustrasikan fungsi. (b) Diagram ini bukan definisi fungsi dari A ke B. output mesin 3. Fakta bahwa d. Contoh 2-16 23 . Maka. Mesin tersebut bukan mesin fungsi.

2)} Solusi (a) Bukan fungsi. 3}. g (x) = 3x (b) f (x) = x + 2. 2). 5). (4.2). Komposisi dari dua fungsi. Fungsi pada gambar 2-16 mengilustrasikan dari dua fungsi. Komposisi fungsi disimbolkan oleh f ∘ g. pada halaman 78. hasil (range) dari fungsi pertama menjadi domain dari fungsi kedua. hal ini benar. Ketika inputnya 2. temukan berikut ini: (a) (f ∘ g)(3) (b) (g ∘ f)(3) Solusi (a) (f ∘ g)(3) = f (0) = 2 ⋅ 0 + 3 = 3 (b) (g ∘ f)(3) = g (9) = 9 – 3 = 6 Contoh 2-18 Temukan range g ∘ f untuk setiap fungsi di bawah ini. Pada gambar 2-16 (b). temukan f (3) = 3 + 4 = 7 dan kemudian g(7) = 2 ⋅ 7 = 14. yaitu 2 dan 4. (2. 6 = 12. Jika memasukkan 3 pada mesin fungsi pada gambar 2-16(a). Selanjutnya (g ∘ f) (3) = 14. selama komponen yang pertama. sejak setiap komponen pertama diasosiasikan dengan tepat satu komponen kedua. kemudian komposisi fungsi adalah tidak komutatif. output oleh f ∘ g pada gambar 2-16(b) menjadi 8. (3. 2. g(x) = x -2 Solusi 24 . Catatan bahwa (g ∘ f) (3) = g(f (3)). Contoh 2-17 Jika f (x) = 2x + 3 dan g(x) = x – 3. 3. Karena f dioperasikan pertama pada 3.2). pada gambar 2-16 (a) kemudian disimbolkan dengan komposisi fungsi g ∘ f. Jika fungsi pertama f diikutkan dengan fungsi kedua g. Faktanya bahwa komponen kedua. (a) {(1. konsekuensinya g ∘ f ≠ f ∘ g . lihat bahwa (g ∘ f) (2) ≠ (f ∘ g)(2) . 8)} (b) {(1. 7). 2. 2. Jika 2 dimasukkan pada bagian atas mesin pada gambar 2-16 (a). untuk memproses (g ∘ f)(3). 6 kemudian dimasukkan pada mesin kedua dan g(6) = 2. diasosiasikan dengan lebih dari satu anggota komponen pertama tidak violate defisini dari fungsi. (b) Diagram ini fungsi dari {1. Membandingkan hasil pada gambar 2-16 (a) dan (b). (1. 1. kemudian outputnya disimbolkan dengan (g ∘ f) (3). maka f(2) = 2 + 4 = 6. fungsi g disertakan oleh f. (a) f (x) = 2x. (f ∘ g)(2) = 8.2). (4. Operasi pada fungsi Berdasarkan dua mesin fungsi pada gambar 2-16. 4} ke {2}. diasosiasikan dengan dua komponne yang berbeda. yang domain g ∘ f adalah himpunan {1.by Delia Indrawati Ungkapkan relasi di bawah ini apakah fungsi dari himpunan komponen yang pertama ke himpunan komponen yang kedua. (3. (2. 4).

Yaitu menambahkan 7 kemudian membagi hasil yang diperoleh dengan 3. 2. Fungsi seperti ini adalah fungsi identitas. Fungsi invers dituliskan g(x) = ( x – 5) ∙ 2. Untuk contoh. 25 . yaitu (g ∘ f ) (1) = 1. digunakan pembagian dan sifat kebalikannya. Pertama mengalikan 3 kali x dan kemudian dikurangkan dengan 7. range dari g ∘ f adalah himpunan {6.by Delia Indrawati (a) komposisi dapat digambarkan: domain 1 2 3 F(1) = 2 F(2) = 4 F(3) = 6 range g(2) = 6 g(4) = 12 g(6) = 18 maka. gambar setiap anggota pada domain adalah anggota dirinya sendiri. Setiap fungsi g diperoleh dari g(x) = x/2. Untuk mengulang perkalian. 18} (b) komposisi tersebut dapat digambarkan: Domain 1 2 3 Range g(3) = 1 g(4) = 2 g(5) = 3 F(1) = 3 F(2) = 4 F(3) = 5 Maka. Ketika mencoba untuk menemukan invers dari fungsi. Bahwa g “tidak dikerjakan” yang f dikerjakan. Fungsi Identitas dan Fungsi Invers Contoh 2-18(b) ditunjukkan 2 fungsi f dan g. (g ∘ f ) (2) = 2 dan (g ∘ f ) (3) = 3. yang dianggap invers antar keduanya. Untuk memperoleh invers dari fungsi f. 3}. penting untuk menjaga ingatan untuk “mengulang” penjumlahan. “mesin invers” akan mengambil 6 sebagai input dan 3 sebagai output. gunakan pengurangan dan sifat kebalikannya. 12. Contoh 2-19 Mendeskripsikan invers dari masing-masing fungsi berikut: (a) f (x) = 3x – 7 (b) f (x) = x2 + 5 Solusi (a) Perhatikan bagaimana f (x) diperoleh. Jika input 3. Mesin invers membutuhkan untuk membagi dua setiap output dari f. range dari g ∘ f adalah himpunan {1. 3} Catatan bahwa fungsi g ∘ f pada contoh 2-18(b). pertama kurangkan 5 dan kemudian dikalikan dengan 2. 2. (b) Untuk memperoleh invers dari f . Selanjutnya g (x) = x+73 . temukan fungsi invers f yang diberikan oleh f (x)= 2x domainnya {1. pada gambar 2-17. mengulang apa yang telah dilakukan. outputnya 6. Definisi Fungsi I dari A ke A seperti I(x) = x untuk setiap x ∈ A disebut fungsi identitas.

(2. selama mereka tidak di klasifikasikan benar atau salah. Pernyataan seperti “2 + 3” “ tutup pintu” atau “berapa tinggimu” bukanlah pernyataan. Inisial skala periode adalah 1 menit. 50). 2-4 Logika. pendahuluan Logika berhubungan dengan pemikiran dan digunakan dalam pemikiran matematika dan penyelesaian masalah. (4. Jika kita membatasi waktu dalam menit untuk 5 bilangan asli pertama. Contohnya. 140). 1. Dia bermata biru 2. Dapat juga ditulis f (t) = 50 + 30 (t – 1). Dalam logika pernyataan adalah sebuah kalimat yang salah atunya benar atau salah. (5. Sebelum membaca. adalah 50 $ untuk menit pertama dan 30 $ untuk penambahan menit atau bagian tiap menit. lamanya menelpon dalam menit (lihat tabel 2-3). fungsi dapat dideskripsikan sebagai himpunan pasangan {(1. selama nilai kebenaran meraka tidak dapat di jelaskan dengan tambahan informasi. 3. Montana. pada direct-dial. 80). 170)}. tapi tidak keduanya. long-distance-call. kamu dapat membayar selama kamu bicara. Pernyataan berikut juga bukan pernyataan. cari biaya C telpon dalam cent dari fungsi waktu t. x + 7 = 18 26 .by Delia Indrawati Aplikasi Fungsi Konsep fungsi muncul dalam berbagai aplikasi pada kehidupan nyata.110). Lamanya bicara dalam menit 1 2 3 4 5 ⋅ ⋅ ⋅ Total biaya dalam Cents 50 50 + 1 ⋅ 30 = 80 50 + 2 ⋅ 30 = 110 50 + 3 ⋅ 30 = 140 50 + 4 ⋅ 30 = 170 ⋅ ⋅ ⋅ t 50 + (t – 1) ⋅ 30 Informasi lima baris pertama pada tabel 2-3 juga ditunjukkan pada pola grafik seperti pada gambar 2-18. Salah satu cara untuk mendeskripsikan fungsi dengan menulis persamaan. dimana f (t) adalah biaya telpon. Anggap saja rata-rata seminggu untuk telpon jarak jauh dari Missoula. equation hubungan waktu ke biaya adalah C = 50 + (t – 1)30. Berdasarkan informasi pada tabel 2-3.

Negasi dari pernyataan ini adalah” tidak benar bahwa ini bersalju”. Jika kaos tersebut sebenarnya merah. kata kuantitas termasuk kata seperti semua. Negasi dari pernyataan adalah suatu pernyataan dengan lawan dari nilai kebenaran dari pernyataan yang diketahui. setiap. Contoh 2-21 negasi masing-masing pernyataan dibawah ini (a) 2 + 3 = 5 (b) Hexsagonal mempunyai 6 sisi (c) Hari ini bukan hari senin Solusi (a) 2 + 3 ≠ 5 (b) Hexsagonal tidak mempunyai 6 sisi (c) Hari ini hari senin Pernyataan “ kaos biru” dan “kaos hijau” negasi masing? Untuk memeriksa bahwa pernyataan dan negasinya harus mempunyai lawan dari nilai kebenarannya. Jika mereka mempunyai lawan nilai kebenaran tidak masalah warna apa kaos sebenarnya. Semua bunga mawar merah(universal) 2. kemudian kedua pernyataan adalah salah dan karena itu tidak dapat di negasikan masing-masing. beberapa. x + 0 = x (universal) 4. negasi adalah “tidak bersalju”. lalu dia tingginya lebih dari 2 m dan “ 2(x +y) = 2x + 2y” keduanya pernyataan jika mereka benar tak masalah siapa dia atau berapa nilai x dan y. Untuk masing-masing bilangan hitung x . Misalnya pernyataan” ini bersaju”.by Delia Indrawati 3. Setiap siswa adalah penting (universal) 3. Beberapa dan ada paling tidak satu mengacu pada satu atau lebih atau mungkin semua dari anggota dalam himpunan. tidak mengacu pada masing-masing dan setiap anggota dalam himpunan adalah universal quatifiiers. Dinyatakan dalam bentuk sederhana. memungkinkan untuk membuat pernyataan baru dengan membentuk negasi. dan ada. Dari pernyataan yang diketahui. Namun pernyataan “ kaos biru” dan “kaos bukan biru” adalah negasi masing-masing lainnya. Beberapa bungan mawar adalah merah(existential) 27 . ungkapan dia lakilaki atau perempuan atau x atau y mungkin juga pernyataan. Kuantitas Universal Kuantitas : semua. Kuantitas beberapa pernyataan melibatkan kata kuantitas. Contoh. dan jika pernyataan nya salah negasinya benar. setiap. untuk (1) dia di ketahui dan (2) dan (3) berturut nilai x dan y diketahui. “ jika tingginya 210 cm. Contoh dengan universal dan existential quantifiers dibawah ini 1. 2y + 7 > 1 Masing-masing ungkapan tersebut menjadi pernyataan jika. yaitu jika pernyataan benar negasinya adalah salah. Beberapa dan ada disebut existential quantifiers.namun .

Gambar 2-20 (b) Mawa x mawa O U bjek (a) mera r merah h Pernyataan berikut melibatkan existential quatifiers beberapa “ bebrapa professor di Paxon University bermata biru. Ini tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa semua professor di Paxon University bermata biru atau bebrapa profesir di Paxon Univesity tidak bermata biru. Contoh gambar 2 -20 (a) dan (b) Gambar pernyataan (1) dan (4). Satu kemungkinaan negasi dari pernyataan asli adalah tadak ada professor di Paxon University bermata biru. Ada paling tidak satu bilangan kurang dari 3 (exixtential) 6. paling tidak “bebrapa professor di Paxon University tidak bermata biru” atau “semua professor di Paxon memeliki mata biru” adalah negasi dari pernyataan yang asli. x dalam gambar 2-20(b) dapat di gunakan untuk menunjukkan bahwa harus ada paling tidak satu anggota himpunan bunga mawar merah. Untuk menemukan jika satu pernyataan adalah negasi dari yang lainnya. Artinya bahwa paling tidak ada satu professor Paxon University bermata biru. kita menggunakan argument yang serupa untuk menentukan jika mereka memiliki 28 . Jika negasi pernyataan yang benar adalah salah. Ada perampuan dengan tinggi lebih dari 200 cm (existential) Diagram venn dapat digunakan untuk menggambar pernyataan yang melibatkan quantifiers.by Delia Indrawati 5.

jika x adalah anggota P. Pernyataan majmuk Dari dua pernyataan diketahui memungkinkan untuk membuat pernyataan majmuk baru dengan menggunakan penghubung “dan” . Tabel 2-4 merangkum tabel kebenaran untuk p dan ~p Tabel 2-4 Pernyataan Negasi p T F ~p F T Semua siswa suka humbergers Beberapa orang suka matematika Ada bilangan x sedemikian hingga 3x = 6 Untuk semua bilangan hitung. dan x bukan anggota P . 3x = 3x Selidiki bahwa p dan ~p adalah himpunan P dan P . 3x ≠ 6 (d) Ada bilangan hitung x sedemikian hingga 3x ≠ 3x Table kebenaran System symbol untuk membantu belajar logika. contoh “ ini bersalju” dan “ permainan ski di buka” bersama-sama dengan dan menjadi ” ini bersalju 29 . negasi dari pernyataan p di notasikan –p . tabel kebenaran sering digunakan untuk menunjukkan kemungkinan pola benar-salah untuk pernyataan.by Delia Indrawati lawan nilai kebenaran dalam semua kasus yang mungkin. Beberapa bentuk umum dari pernyataan quantifikasi dengan negasinya Pernyataan Beberapa a adalah b Beberapa a bukan b Semua a adalah b Tidak ada a adalah b Negasi tidak ada a adalah b semua a adalah b beberapa a bukan b beberapa a adalah b Contoh 2-22 negasi masing-masing pernyataan dibawah ini (a) (b) (c) (d) Solusi (a) Beberapa siswa tidak suka humberger (b) Tidak ada siswa yang suka matematika (c) Untuk semua bilangan hitung x. Jika p mewakili pernyataan.

atau tidak selalu di nyatakan dalam cara yang sama. Tabel 2-5 p q Konjungsi p ˄ q T T F F T F T F T F F F Kita dapat menemukan kesamaan antara konjungsi dan irisan himpunan. Setiap sifat yang melibatkan irisan himpunan harus equivalent dengan sifat yang melibatkan dan contoh dan mesti komutatif dan asosiatif Tabel 2-6 P ∈ ∈ ∉ ∉ Q ∈ ∉ ∈ ∉ P∩Q ∈ ∉ ∉ ∉ Disjungsi pernyataan majmuk p ˅ q ( p atau q) adalah disjungsi. kita melihat tabel 2-5 dan 2-6 equivalent. pernyataan “ saya akan pergi menonton atau saya 30 . Q dan P ∩ Q. Jika kita perhatikan ∈ analog dengan T dan ∉ analog dengan F.by Delia Indrawati dan permainan ski dibuka” .6 yang menunjukkan kemungkinan anggota yang menjadi bagian dari himpunan P. perhatikan tabel 2. Dalam logika kita menggunakan inclusive or . selain itu salah. Dalam bahas sehari hari. pernyataan majmuk lain dapat diperoleh dengan menggunakan penghubung “atau” contoh “ini bersalju atau permainan ski dibuka” Simbol ˄ dan ˅ di gunakan untuk mewakili penghubung berturut-turut dan dan atau contoh jika p mewakili “ ini bersalju” dan q mewakili “ permainan ski dibuka kemudian ” ini bersalju dan permainan ski dibuka” di notasikan dengan p ˄ q seperti ditunjukan pada tabel 2-5 pernyataan p ˄ q di namakan konjungsi dari p dan q di definisikan benar jika dan hanya jika kedua p dan q.

(e) ∼ p salah dan q benar. Terangkum dalam table 2-7 Tabel 2-7 p q Disjungsi p˅q T T F F T F T F T T T F Seperti irisan himpunan dan analog dengan gabungan himpunan sehingga gabungan himpunan dan atau. sehingga s ∨ q benar. sehingga p ∨ r benar. (f) p ∧ q [bagian (a)]. sehingga ∼ p ∨ q benar. sehingga r ∧ s salah. p:2+3=5 r:5+3=9 q:2⋅3=6 s:2⋅4=9 (a) p ∧ q (b) p ∧ r (c) s ∧ q (d) r ∧ s (b) ∼ p ∧ q (f) ∼ (p ∧ q) (g) p ∨ q (h) p ∨ r (c) s ∨ q (j) r ∨ s (k) ∼ p ∨ q (i) ∼ (p ∨ q) solusi (a) p adalah benar dan q benar. sehingga s ∧ q salah. (j) R salah dan s salah. (c) s salah dan q benar. (k) ∼ p salah dan q benar. sehingga ∼ p ∧ q salah. sehingga ∼ (p ∨ q) salah. 31 .by Delia Indrawati akan membaca buku” berarti bahwa saya akan menonton atau membaca buku atau keduanya. (l) p ∨ q benar [bagian (g)]. (b) p benar dan r salah. sehingga p ∨ q benar. Dan dengan cara yang sama untuk semua sifat gabungan himpunan. Contoh 2-23 Dari pernyataan di bawah ini. (d) R salah dan s salah. (g) p benar dan q salah. sehingga ∼ (p ∧ q) salah. seperti sifat-sifat komutatif dan assosiatif. Oleh karenanya logika p atau q di simbolkan p ˅ q di definisikan salah jika kedua p dan q adalah salah. sehingga r ∨ s salah. dan benar untuk semua kasus. sehingga p ∧ q benar. (h) P benar dan r salah. sehingga p ∧ r salah. klasifikasikan masing-masing konjungsi dan disjungsi apakah benar atau salah. (i) S salah dan q benar. ada korespondensi sifat-sifat atau.

untuk menemukan nilai untuk ~(p ˄ q). p T T F F q T F T F p∧q T F F F q∧p T F F F Tabel 2-8 menunjukkan bahwa “dan” adalah komutatif. Ringkasan sifat-sifat dan dan atau diberikan di bawah ini. Sifat ditribusi (a) p ˄ (q ˅ r) adalah logika eqivlaen dengan (p ˄ q) ˅ (p ˄ r) (b) p ˅ (q ˄ r) adalah logika equivalen dengan (p ˅ q) ˄ (p ˅ r) seperti contoh lainnya. kita akan menunjukkan bahwa p ∧ q adalah logika yang ekuivalen dengan q ∧ p dengan menggunakan tabel kebenaran dalam tabel 2-8. perhatikan ~p ˅ ~ q dan ~( p ˄ q). Sifat Assosiatif (a) ( p ˄ q ) ˄ r logika yang equivalen dengan p ˄ (q ˄ r) (b) (p ˅ q ) ˅ r logika yang equivalen dengan (p ˅ q ) ˅ r 1. selanjutnya kita gunakan nilai ~p dan ~ q untuk mengkostruk ~p ˅ ~ q . Tabel 2-9 p q T T ∼p ∼q ∼p ∨ ∼ p∧q T ∼ (p ∧ q) q F F F F 32 . kita gunakan kolom p dan q untuk menemukan nilai kebenaran untuk p ˄ q dan kemudian negasi p ˄ q. tapi juga untuk menentukan dua pernyataan logika yang ekuivalen.by Delia Indrawati Tabel kebenaran tidak hanya digunakan untuk meringkas nilai kebenaran pernyataan majemuk. tabel 2-9 menunkukkan headings dan empat kumungkinan berbeda untuk p dan q. Sifat –sifat 1. kita tulis negasi nya pada kolom p. Sifat Komutatif (a) p ˄ q logika yang equivalen dengan q ˄ p (b) p ˅ q logika yang equivalen dengan q ˅ p 1. pada kolom atas ~p. Dua pernyataan adalah Logika yang ekuivalen jika dan hanya jika pernyataan tersebut mempunyai nilai kebenaran yang sama. demikian juga dengan q. Contohnya.

Banyak tipe pernyataan dapat diambil dalam bentuk “jika-maka”. maka q” disebut kondisional. Maka. p T T F F q T F T F Betty bangun pagi. dia mengajakmu makan malam. Ekuivalen antara ∼p ∨ ∼ q dan ∼ (p ∧ q). maka anak berumur 6 tahun. hubungan ekuivalen antara ∼p ∨ ∼ q dan ∼ (p ∧ q) merujuk pada hukum DeMorgan’s.by Delia Indrawati F T F F T F F T T T F T T T T F F F T T T Catatan : ∼p ∨ ∼ q mempunyai nilai kebenaran yang sama dengan ∼ (p ∧ q). dia tidak mengajakmu makan malam.kasus (2) jika dia tidak telat bangun. Betty tidak bangun pagi. maka saya akan mengajakmu makan malam. implikasi tersebut salah. dia dapat mengajakmu makan malam atau tanpa mengingari janjinya. Perhatikan empat kemungkinan di bawah ini. atau implikasi. dan koreksilah jawabanmu dengan masalah 15 dari masalah himpunan 2-2. Betty membuat janji “jika saya bangun pagi. dan dinotasikan dengan p → q. Betty tidak bangun pagi. Temukan teori himpunan yang dianalogikan dengan hukum DeMorgan. dia mengajakmu makan malam Betty bangun pagi. Implikasi dapat juga dikatakan sebuah janji.” “jika” bagian dari kondisional yang disebut hypothesis dari implikasi dan “maka” disebut kesimpulan. Satu satunya kasus dimana Betty mengingkari janji jika bangun pagi dia akan mengajak mu makan malam . contohnya : Pernyataan : semua tingkat pertama berumur 6 tahun bentuk Jika-maka : jika seorang anak tingkat pertama. definisi dari inplikasi 33 . jika Betty melanggar janjinya. Kondisional dan Bikondisional Pernyataan diungkapkan dari “jika p. Setiap pernyataan dapat juga dibaca “p implikasi q.” Jika Betty menepati janjinya. pernyataan tersebut adalah logika yang ekuivalen. implikasinya benar. dia tidak mengajakmu makan malam.

Selidiki bahwa untuk kasus yang implikasinya salah jika p benar dan q salah Tabel 2-10 P T T F F q T F T F 1. maka tidak q. maka kolam renang dibuka ( jika p maka q) jika matahri bersinar. 4. sebuah implikasi dan kontraposisinya tidak selalu mempunyai nilai kebenaran yang sama. 5.( q kondisi seperlunya untuk p) Implikasi p → q mempunyai tiga pernyataan hubungan implikasi: Pernyataan: jika p. Kontraposisi : jika x ≠ 3. 6. (p hanya jika q) matahari bersinar secukupnya untuk kolam renang dibuka ( p kondisi secukupnya untuk q) 7. maka q. maka aku tidak di California. p → q Konvers: jika q. Implikasi T F T F jika matahari bersinar. 2. ∼ p → ∼q Kontraposisi: Jika tidak q. (b) Jika aku di San Fransisco. Invers : jika 2x ≠ 6. Solusi (a) Konvers : jika x = 3. kolam renang dibuka seperlunya untuk matahari bersinar. maka aku di San fransisco. q) kolam renang dibuka jika matahari bersinar (q if p) sinar matahari implikasi kolam renang dibuka (p implikasi q) matahari bersinar hanya jika kolam renang dibuka. maka aku tidak di San Fransisco. Kontraposisi: jika aku tidak di California. maka 2x = 6. maka x = 3. Invers: jika aku tidak di San Fransisco. Tabel 2-11 menunjukkan bahwa sebuah implikasi dan konversnya tidak selalu mempunyai kebenaran yang sama. maka aku di California. 34 . maka tidak p. maka x ≠ 3. (b) Konvers: jika aku di California. maka p. invers. q → p Invers: Jika tidak p.by Delia Indrawati di rangkum dalam tabel 2-10. maka 2x ≠ 6. kolam renang dibuka ( jika p. ∼q → ∼p Contoh 2-24 Tulislah konvers. Meskipun. 3. (a) Jika 2x = 6. Begitu juga dengan konvers dan invers pernyataan kondisional adalah logika yang ekuivalen. dan kontraposisi utnuk setiap pernyataan di bawah ini.

kelompokkan masing biconditional benar atau salah p: 2 =2 q:2≠1 (a) p ↔ q r: 2 =1 s:2+3=3+1 (b) p ↔ q (c) s ↔ q (d) r ↔ s solusi (a) p → q benar dan q → p benar .by Delia Indrawati (catatan bahwa konvers dan invers adalah kontraposisi masing-masing satu dengan yang lainnya). Tabel 2-11 p q ∼p ∼ q Implikasi Konvers Invers Kontraposisi q p T T F F T F T F F F T T F T F T T F T T q T T F T T T F T T F T T p ∼p ∼q ∼q ∼p Menghubungkan penyataan dan mengubanhnya dengan penghubung dan diketahui ( p → q ) ˄ ( p → q). sehingga p ↔ q adalah benar 35 . pernyataan majmuk ini dapat ditulis p ↔ q dan biasanya di baca “ p jika dan hanya jika q “ pernyataan “ p jika dan hanya jika q “ adalah bikondisional. p T T F F q T F T F p→q T F T T q→ p T T F T (p →q) ˄ ( q →p) atau p ↔q T F F T Contoh 2-25 diketahui pernyataan berikut. Tabel kebenaran tabel 2-12.

bunga ini merah. (p → q) ↔ (∼q → ∼ p) Kedua p → q dan ∼q → ∼ p mempunyai nilai kebenaran yang sama. Hipotesis : semua bunga mawar adalah merah . dengan analogi P ⊆ Q jika dan hanya jika P ⊆Q Sekarang perhatikan pernyataan berikut Sekarang hujan atau sekarang tidak hujan Pernyataan ini dapat dapat dimodelkan sebagai p ∨ (∼p) dan tabel kebenarannya ditampilkan pada tabel 2-13. implikasi p → q analog to P ⊆ Q kenyataannya pengertian dari P ⊆ Q bahwa x ∈ P → x ∈ Q. Ini bunga mawar. untuk tiap-tiap sifat yang termasuk himpuan inclusion. maka warnanya merah” dan gambar diagram venn pada gambar 2-21(a). Salah satu cara membuat tautology dengan cara mengambil dua pernyataan logika yang ekuivalen seperti p → q dan ∼q → ∼ p (dari tabel 2-11) dan mengubah bentuknya ke dalam bikondisional seperti di bawah ini. sehingga r ↔ s adalah benar Pada bagaian sebelumnya kita diskusikan analogi antara konjungsi p ˄ q dan irisan himpunan dan antara disjungsi p ˅ q dan gabungan himpunan yang serupa dengan ada untuk implikasi. alasan menjadi valid digunakan jika kesimpulan tidak dapat mengelak dari hipotesis. sehingga p ↔ r adalah salah (c) s → q benar dan q → s salah . Lihatlah contoh di bawah ini. sehingga s ↔ q adalah salah (d) r → s benar dan s → r benar. kita harus memiliki sifat korespondensi implikasi. maka ini biru” himpunan ungu adalah himpunan bagian dari himpunan objek biru. Perhatikan bahwa p ∨ (∼p) adalah selalu benar.by Delia Indrawati (b) p → r benar dan r → p benar. Sebuah pernyataan yang selalu benar disebut tautology. Alasan yang Valid Pada pemecahan masalah. Implikasi “ jika bunga adalah ungu. Secara umum. Pernyataan “semua bunga mawar merah” dapat ditulis sebagai implikasi “jika sebuah bunga mawar. Kesimpulan : maka. Contoh kita telah melihat bahwa p → q dan ~p →~q adalah logika equivalen. sehingga (p → q) ↔ (∼q → ∼ p) disebut tautologi. Gambar 2-21 U U Benda berwarna merah Bunga mawar Benda berwarna merah Bunga mawar 36 .

Pernyataan “beberapa orang kaya tidak kurus” dapat digambarkan dalam beberapa cara. (d) T E adalah himpunan guru SD. Kemudian pernyataan “semua guru SD kaya” dapat digambarkan adalam gambar 2-22(a). dan belum diketahui pernyataan yang meyakinkan. R himpunan orang kaya. alasan ini valid karena memungkinkan untuk menggambar sebuah gambar hipotesis yang terpercaya dan kontradiksi dengan kesimpulan.by Delia Indrawati (a) (b) Informasi “ini bunga mawar” implikasi bahwa bunga ini harus termasuk dalam lingkaran yang berisi bunga mawar. seperti dalam gambar 2-21(b). Beberapa orang kaya tidak kurus. Tiga dari beberapa ilustrasi dalam gambar 222(b)-(d). dan T himpunan orang kurus. Kemudian. Bunga ini juga harus masuk ke dalam lingkaran yang berisi objek merah. Perhatikan argumen di bawah ini: Hipotesis : semua guru Sd kaya. Namun (c) 37 . Kesimpulan : tidak ada guru SD yang kurus. (b) T R R R Gambar 2-22 (a) R R R E E E T E E T Menurut gambar 2-22 (d) memungkinkan bahwa beberapa guru sekolah dasar adalah kurus.

Hukum Detachment dituliskan: Jika pernyataan dalam bentuk “if p. Contoh Tentukan jika pernyataan berikut adalah valid Hipotersis : Di Appia semua pembersih cerobong asap memakai topi hitam Tidak seorangpun di Appia yang tingginya melebihi 6 kaki memakai menggunakan topi hitam Kesimpulan : orang-orang yang tingginya melebihi 6 kaki bukan pembersih cerobong asap di Appia. then q” adalah benar. maka kita akan melakukan perjalanan. Karena orang-orang tingginya melebihi 6 kaki (T) diluar lingkaran mewakili yang memakai topi hitam (B) dan pembersih cerobong asap (S) di dalam lingkaran B. Jika satu gambar dapat di gambar untuk meyakinkan hipotesis dari pendapat dan berlawanan dengan kesimpulan.by Delia Indrawati kesimpulannya bahwa “ tidak ada guru sekolah dasar yang kurus” tidak mengikuti dari hipotesis yang diketahui. B S B S T (a) (b) Alasan langsung Modus Ponens. pendapat yang tidak valid. Penyelesaian hipotesis pertama digambarkan seperti ditunjukkan pada gambar 2-23(a). Menggunakan dua pernyataan tersebut. Contohnya: Jika matahari terbit. kesimpulannya valid dan tidak ada orang dengan tinggi lebih dari 6 kaki bisa menjadi pembersih cerobong asap di Appia. oleh karenanya alasan tersebut tidak valid. maka q pasti benar. Matahari terbit. semua gambar yang mungkin harus di perhatikan untuk mengetahui bahwa tidak ada kontradiksi yaitu tidak ada cara untuk meyakinkan hipotesis dan kontradiksi kesimpulan. hipotesis kedua di gambarkan menyerupai gambar pertama 223(b). dan p benar. Hukum Detachment biasanya sistematis dituliskan: p→q 38 . Metode lain untuk memutuskan bahwa sebuah argumen dikatakan valid adalah menggunakan alasan langsung dan bentuk argumennya disebut hukum Detachment (atau Modus Ponens). kita dapat menyimpulkan bahwa kita akan melakukan perjalanan.

Contoh. dan kita tahu kesimpulannya salah. Bentuk Modus Tollens Jika kita mempunyai kondisi yang benar. Apa kesimpulannya? Kesimpulannya bahwa anak ayam tidak dipukul oleh katak. Perbedaan tipe dari alasan. Solusi (a) Menggunakan hukum Detachment. Jika Claude kakinya patah. Contoh 2-28 Memutuskan kesimpulan untuk setiap pernyataan di bawah ini. Contoh 2-27 Buktikan masing-masing pendapat di bawah ini valid. (b) Dengan menggunakan Hukum Detachment dua kali. dia tidak dapat mengikuti lomba tari. Kamu makan bayam. Claude tidak dapat mengikuti lomba tari. kakinya akan patah. Jack terbakar. Alasan tidak langsung Modus Tollens. 39 . Nyonya Pumkin Eater seorang wanita tua. Anak ayam tidak berfikir bahwa dunia naik. (a) Jika seorang wanita tua hidup di shoe. (b) Jika Jack gesit dia tidak akan terbakar. tahu apa yang harus dilakukan. dia harusnya berfikir dunia naik.by Delia Indrawati p q Hukum Detachment diikutkan dari tabel kebenaran p → q diberikan pada tabel 210. Kesimpulan : maka. dapat dinyatakan bahwa kesimpulan tersebut valid. maka kamu menjadi kuat. Secara sistematis Modus Tollens dituliskan: p→q ~q ~p Modus Tollens dapat divalidasi melalui bentuk fakta bahwa implikasi dan kontraposisinya adalah sama (lihatlah tabel 2-11). Claude bermain sky. kita melihat bahwa kesimpulan tersebut valid. Kesimpulan : maka kamu menjadi kuat. (b) Hipotesis : Jika Claude bermain sky. (a) Hipotesis : jika kamu makan bayam. Jika anak ayam dipukul oleh katak yang melompat. Solusi (a) Nyonya Pumkin Eater tidak tinggal di shoe. maka dia tidak tahu apa yang harus dilakukan. maka hipotesisnya pasti salah. mempertimbangkan pernyataan yang benar. alasan tidak langsung menggunakan bentuk dari pendapat yang disebut Modus Tollens.

kita berfikir bahwa langit jatuh. Chain Rule (rantai aturan) Alasan pernyataan terakhir harus dilibatkan dalam rantai aturan. dan kesimpulan kedua adalah invers p → q yaitu ∼p → ∼ q. (b) Jika anak ayam mematuk bijian.by Delia Indrawati (b) Jack tidak gesit. dia pergi ke pesta teh. maka orang tersebut sehat. maka aku menjadi malas. Berdasarkan contoh. maka dia tidak makan sereal Super-Bran. Bentuk pernyataan rantai aturan : Jika “jika p. Jika orang tidak sehat. kemudian kesimpulan pertama adalah konvers p → q yaitu q → r . dia pergi ke pesta teh. dan kemudian gunakan tabel kebenaran p → q untuk menjelaskan jawabanmu. (a) Jika Alice mengikuti kelinci putih. Orang-orang sering membuat kesimpulan yang tidak valid berdasarkan iklan atau informasi lainnya. Solusi (a) Jika Alice mengikuti kelinci putih. dan konsekuensinya kesimpulannya adalah tidak diperlukan benar. Jika kita pergi ke tempat berlindung. Tabel 2-11 menunjukkan bahwa konvers dan invers adalah logika yang ekuivalen dengan pernyataan asli. Jika dia jatuh ke dalam lubang. (b) Jika anak ayam mematuk biji. maka “jika p. Jika pernyataan asli dinotasikan dengan p → q. Jika di taman hujan. maka slidenya basah. saya akan pensiun lebih cepat. Contohnya. pernyataan “orang sehat makan sereal Super-Bran”. Apa kesimpulannya? Kesimpulannya jika istriku bekerja. Contoh 2-30 Ujilah validitas sebuah pendapat. maka q” dan “jika q. maka r” adalah benar. kita pergi ke tempat berlindung. Jika aku pensiun lebih cepat. 40 . Secara sistematis rantai aturan ditulis: p→q q→r p→r Catatan bahwa rantai aturan menunjukkan bahwa implikasi ini disebut relasi transitif. Jika kita berfikir langit jatuh. kita akan tinggal disana selama satu bulan. Contoh 2-29 Berikan kesimpulan dari pernyataan di bawah ini. Jika istriku bekerja. kita akan tinggal di tempat berlindung selama satu bulan. saya akan menjadi malas. dia terjatuh ke dalam lubang. Slidenya basah. dimana p adalah “orang yang sehat” dan q “orang yang makan sereal Super-Bran”. maka r” adalah benar. Apakah kesimpulan di atas valid? Jika orang makan sereal Super-Bran.

dari tabel kebenaran kita melihat kebenaran p atau kesalahan p keduanya konsisten dengan p → q dan q menjadi benar.by Delia Indrawati Solusi. Sehingga pendapat tersebut tidak valid. 41 . Kemudian. pernyataan terakhir mungkin salah karena embun mungkin yang menyebabkan slidenya basah. kita lihat tabel 2-10 bahwa p → q dan q adalah benar pada dua kasus (garis 1 dan 3 pada tabel). tapi kebenarannya bukan konsekuensi logika dari dua pernyataan pertama. Pernyataan ketiga mungkin benar. Mewakili pernyataan pertama. Jika pernyataan pertama adalah benar. sebagai p → q dan pernyataan kedua sebagai q.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->