Muhammadiyah dan NU

Bayu Bagus Sinanaru Rachmawati

Rasyid Rida (yang sangat rasional) sekaligus pemikir salaf (yang literalis) seperti Ibn Taymiah. 1926). didirikan oleh KH Ahmad Dahlan) adalah lembaga yang lahir dari inspirasi pemikirpemikir modern seperti Jamaluddin Al-Afghani. Berbeda dengan Muhammadiyah. . Muhammad Abduh. Sedikit banyak kelahiran Muhammadiyah memang memicu kelahiran NU. lahir untuk menghidupkan tradisi bermadzhab. NU (Nahdhatul Ulama). Muhammad bin Abdul Wahab untuk mereformasi tauhid di Indonesia.Tentang Kelahiran Muhammadiyah NU Muhammadiyah (lahir 1912. pengaruh NU sangat nampak di kalangan pedesaan. mengikuti ulama. didirikan antara lain oleh KH Hasyim Asy'ari.

y Menerima tasawuf dan tarekat. y Tassawuf Muhammadiyah berorientasi kepada tasawuf Nabi Muhammad SAW. NU mengikuti aliran teologi Tradisional yaitu Asyariah yang terbilang Kuno. y Muhammadiyah mengikuti aliran teologi rasional yaitu Mu·tazilah tetapi tidak semuanya disetujui Muhammadiyah.Teologi ² Tasawuf ² Tarekat Muhammadiyah NU Menolak tarekat. .

yang dianggap mata rantainya sampai Rasullullah SAW. akan tetapi mengajarkan kitab berarti menyampaikan isi yang terkandung dalam kitab. Pemikiran ini banyak mempengaruhi para intelektual untuk menyusun materi keilmuan Islam. y kitab kuning bukan merupakan transfer ilmu-ilmu klasik yang tertulis dalam kitab-kitab kuning. kitab-kitab kuning yang diajarkan merupakan upaya menyambung tradisi Islam klasik. Fiqihnya mengikuti pendapat para madhab. bahwa materi ¶aqîdah. y Fiqh Muhammadiyah mengacu pada Quran dan Sunnah. y NU y y y Keharusan mengikuti salah satu madhab ( terutama sya·fii). khususnya lingkaran madzhab Syafi·i. Oleh karena itu. Dalam pembelajaran kitab kuning NU mempunyai tradisi. syarî·ah dan ilmu bersambung dengan ulama-ulama klasik. .Madhabisme ² Fiqh ² Kitab Kuning Muhammadiyah Muhammadiyah menghargai pendapat madhab tetapi menentang madhab yang tidak sesuai Quran dan Sunnah.

dsb. doa bersama. Setelah itu biasanya dilanjutkan dengan ceramah agama atau langsung makan-makan. Setelah pembacaan Surat Yaasiin biasanya diteruskan dengan salat Awwabin atau salat tasbih. tidak doa bersama dan makan dirumah masing-masing. y Masih banyak bid·ah yang dilakukan terutama pada ibadah mahdah. Pintu ijtihad masih terbelenggu karena aliran teologinya tradisional.Bid·ah ² ijtihad ² Nisfusaban Muhammadiyah NU y Muhammadiyah menolak bid·ah terutama pada ibadah mahdah. serta ditetapkan imannya. y Dalam Nisfusaban tidak membaca Surat yassiin Berjamaah. y y . y Menanamkan keutamaan ijtihad. diberi rizki yang banyak dan barokah. Pada Nisfusaban mengikuti pendapat para madhab dengan adanya pembacaan Surat Yaasiin tiga kali berjamaah dengan niat semoga diberi umur panjang.

y y . Dari uraian atau penjelasan singkat itu.dsb. ialah shalawat Allah kepada para Rasul atau NabiNya. memberi berkah dan ibadah. Shalawat umum. Dzikir sesuai dengan rasulullah SAW. 7 harian. y Dzikirnya bermacammacam. yaitu : Kewajiban berusaha mengembangkan cita-cita Nabi Muhammad saw agar paham keislaman bisa merata ke segala pelosok alam. kita memperoleh pengertian yang sangat halus. ialah shalawat Allah kepada hambaNya yang mukmin. teristimewa shalawat Allah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. y Masih ada salawatan/tahlilan y membaca kitab barjanzi. Oleh karena itu kita belum dipandang telah bershalawat dengan sepenuhnya sebelum kita disamping menyebut lafadz shalawat melancarkan pula usaha kita masingmasing menurut kesanggupan untuk bersinar dan berkembangnya agama (syari·at) yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. shalawat itu berarti do·a. tidak membaca kitab Barjanzi karena dinilai terlalu melebih-lebihkan.Budaya ² Salawat ² Dzikir ² Barjanzi Muhammadiyah y NU Muhammadiyah menolak tradisi dan budaya yang bertentangan dengan ruh islam dan menghargai hasil budaya selama tidak bertentangan dengan Al-Qur·an dan Sunnah. khusus dan umum. Shalawat Allah kepada hambanya dibagi dua. Menurut pandangan Muhammadiyah. Shalawat khusus. y y Masih bercampur dengan budaya yang ada contoh Upacara Cukur rambut. 40 harian .

Rendahnya kesadaran dalam berpolitik untuk membuat undang-undang yang berprinsipkan islami dan bernegara.Politik Praktis Muhammadiyah NU Muhammadiyah bukan partai politik dan tidak pernah menjadi partai politik. para kiyai lebih mementingkan mengurus pesantren dari pada negara. NU pernah bekali-kali menjadi partai politik. . Muhammadiyah mengalokasikan prinsipprinsip ajaran islam sehingga menjadi kebijakan nasional. NU ada hubungan dengan parpol (PKB). Tapi punya kesan dan kesadaran politik yang tinggi. tidak punya hubungan dan bukan affiliasi dari salah satu parpol.

Akal + Fikir dan Hati + Dzikir Muhammadiyah NU y Muhammadiyah dalam dakwahnya dan menegakkan islam yang murni memakai akal dan pikiran yang rasional maka dari itu perlu untuk berorganisasi y Meninggalkan kepentingan duniawi sehingga hanya menggunakan Hati dan Dzikir kesannya tradisional .

Tradisi dan Sinkritisme Muhammadiyah NU y Menolak tradisionalisme dan sinkretisme y Menerima tradisionalisme dan sinkretisme .

. Assunah dan Ijtihad). Ajarannya berpegang teguh pada Al-Qur·an dan Hadist serta Ijma dan Qiyash para ulama. sekalipun hadist itu dzhoif.Ahlu Sunnah waljamaah Muhammadiyah NU y berpedoman pada Qur·an dan Sunnah (hadist yang sahih/ makbulah) dan interpretasi akal (Qur·an. Karena kekuatan hadist itu lebih tinggi kualitasnya atau kebenarannya dibandingkan dengan pendapat akal.Tidak mempermasalahkan hadist.

apabila ada perkataan yang tidak sesuai dengan Qur·an dan Sunnah tidak segansegan melawannya dengan cara sopan santun y Ada kesan Mengkultus Guru.Posisi Guru ² Kyai ² Wali Muhammadiyah NU y Menghormati para Guru. Namun. Kyai dan Wali. . Kyai dan Wali bahkan apa yang mereka katakan semuanya benar.

Tawasul .Jimat ² Kekebalan ² Menghilang Muhammadiyah NU y Tidak percaya Takhayul. sehingga tidak mempercayai jimat.Tabaruk. kekebalan dan ilmu menghilang y Tapi NU sebaliknya .

Meminta sesuatu jika kekuburan para leluhur dan para Wali serta percaya ziarah kesana akan membawa berkah. y Ziarah pada waktu tertentu misalnya sebelum ataupun setelah lebaran.Ziarah ² Leluhur ² Kuburan para wali Muhammadiyah NU y Kekuburan bisa dikatakan wajib kapan saja tidak terikat waktu karena ziarah hanya untuk mengingat bahwa kita akan mati. .

ayat-ayat untuk keberhasilan. y y NU sebaliknya . yassiin. dijadikan Isim dsb.Hadiah ² Bacaan ayat-ayat Al-Qur·an ayatAlMuhammadiyah NU Tidak ada hadiah pahala al ² fatihah. Ayat-ayat untuk kesembuhan. Ayat kursi. transfer pahala kepada yang sudah meninggal dunia. y Dalam hal bacaan ayat-ayat tertentu al-Qur·an tidak membaca seperti supaya anaknya cakap baca surat Yusuf dan Maryam.

y Kesannya Sinkritis. tradisonalis dan sedikit modernis .Metodologi Pemahaman Agama Muhammadiyah NU y Gerakan islam murni atau bisa disebut reformis/modernis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful