BILANGAN BULAT

Pelajaran 5
Standar kompetensi: Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat

Kompetensi Dasar • Mengurutkanbilangan bulat • Menjumlahkan bilangan bulat • Mengurangkan bilangan bulat • Melakukan operasi hitung campuran A. Mengenal dan Mengurutkan Bilangan Bulat 1. Mengeal Bilangan Bulat Bilangan bulat terdiri atas bilangan cacah dan bilangan asli. Bilangan asli digunakan untuk hitungan sehari – hari. Bilangan asli adalah 1, 2, 3, 4, ... dst. Bilangan cacah dimulai dari nol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, ... dst. Selain itu ada juga bilangan negatif yaitu -1. -2, -3, -4, ... dst. a. Membaca dan menulis bilangan bulat Tanda ( - ) dibaca negatif -4 dibaca negatif empat -5 dibaca negatif lima Negatif sepuluh ditulis -10 Negatif lima puluh ditulis -50 b. Himpunan bilangan bulat positif dan negatif untuk mempermudah pemahaman, amatilah garis bilangan di bawah ini

Pada sebelah kiri nol adalah bilangan bulat negatif. Pada sebelah kanan nol adalah bilangan bulat positif. Nol adalah bilangan netral.

lalu hitung 3 langkah ke kanan sampai angka 5 b. maka amatilah bilangan dalam garis bilangan berikut ini: a. -1. 2. sebab ada di sebelah kiri dalam garis bilangan atau 2 > -5 b. 0. Bilangan yang lebih besar dari -4 dan lebih kecil dari 4 Jadi bilangan yang lebih besar dari -4 dan lebih kecildari 4 adalah -3. sebab ada di sebelah kiri dalam garis bilangan atau -5 < 1 .2. 1. Bilangan bulat terletak 3 satuan di sebelah kanan 2 agalah 5 Caranya tentukan letak bilangan 2. Mengurutkan bilangan bulat Agar kamu mudah memahami urutan bilangan bulat. 3 3. 3 nilainya lebih besar dari -5. -5 dan 1 Jawab: a. Membandingkan bilangan bulat Jadi bilangan bulat berada di sebelah kiri pada garis bilangan nilainya selalu lebih kecil dan bilangan bulat yang ada di sebelah kanan nilainya selalu lebih besar Untuk tanda > artinya lebih besar Untuk tanda < artinya lebih kecil Contoh : tentukan dua bilangan bulat berikut ini! a. -5 nilainya lebih kecil dari 1. -2. 3 dan -5 b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful