MACAM-MACAM GAS YANG DAPAT DI JADIKAN ISOLATOR : .

dan Carbondioksida (CO2). karena kebocoran melalui udara adalah kecil sekali.Susunan udara di bumi hampir 80 % terdiri dari Nitrogen (N2) dan kira-kira 20 % adalah Oksigen (O2). Neon. Tetapi bila tegangan antara dua penghantar atau elektroda menjadi terlalu tinggi. Pada tegangan yang tidak terlalu tinggi udara adalah penyekat yang baik. Xenon. . yang lain-lain macam gas dan uap hanya 1 % saja yaitu Argon. seperti antara kawat-kawat jaringan listrik. maka akan ada arus yang meloncat melalui udara yang disebut tegangan tembus. Helium. Dalam peralatana dan mesin listrik disengaja atau tidak udara merupakan sebagian dari penyekat lain yang telah ditentukan. Kripton. udara dipakai sebahai penyekat.

. Untuk keamanan maka harus menggunakan penyekat padat. keteguhanlistrik udara kurang lebih 3 sampai 5 kV/mm. generator. Tekanan udara juga berpengaruh terhadap keteguhan-listrik dari udara/ gas. Artinya besar tegangan tembus (breakdown voltage) dari udara tidak sebanding dengan jarak antara kedua elektroda tersebut. Udara banyak digunakan sebagai pendingin mesin. dan transformator dengan vetilator atau pompa. dan sebaliknya akan turun apabila tekanan udara/gar menurun.Bila jarak antara dua penghantar tidak begitu besar. dimana keteguhan akan naik apabila tekanan udara/gas naik. tetapi keteguhan ini akan menurun bila jarak antara kedua elektroda itu semakin besar.

begitu pula tidak dapat terbakar. warnanya biru muda. Penyulingan dilakukan untuk menguapkan gas nitrogen pada titik didih ² 1960C.Jenis gas ini tidak berwarna. tidak berbau dan tidak berasa. . sangat larut sedikit dalam air dan sukar berse-nyawa dengan unsur lain. sehingga tinggal oksigen cair. tidak memelihara pembakaran. Gar ini dihasilkan dengan cara penyulingan bertingkat udara cair yaitu dengan pendinginan dan pemampatan udara dapat menjadi cair.

gempa bumi dan sebab lain. dan digunakan sebagai pengontrol saluran kabel pengisi/distribusi untuk mengetahui masih baik/ tidaknya penyekat kabel yang dipakai. sebagai akibat tanah longsor. karena 80 % terdiri dari nitrogen. Pada kabel tanah sering terjadi kerusakan penyekat akibat adanya karat. .Nitrogen merupakan penyekat juga. kerusakan mekanis atau kerusakan lapisan timah hitam karena tergores atau retak.

menyebabkan rasa segar pada air. . Gas ini tidak berwarna. maka gas hidrogen yang diganti harus terbuang keluar dahulu. tidak terbakar bahkan dapat memadamkan nyala api dan larut dalam air.setiap pembakaran carbon dengan oksigen yang berlebihan akan menghasilkan carbondioksida. Jika suatu mesin dengan pendingin hidrogen akan diganti dengan pendingin udara atau sebaliknya. Dalam teknik listrik gas karbondioksida juga digunakan dalam turbogenerator. sedang mesin tetap jalan.

udara harus bersih terbuang dahulu.Begitu pula jika udara akan diganti gas hidrogen. . Sebab percampuran antara hidrogen dengan udara mengakibatkan ledakan. dimana jika terjadi dalam suatu mesin sangat berbahaya.

Sifat hidrogen tidak berwarna.Hidrogen bebas hanya terdapat sedikit dalam lapisan udara. Gas gunung berapi juga mengandung hidrogen tetapi bercampur dengan zat lain.09 gram. Hidrogen mudah bergabung dengan oksigen dan chlor dan merupakan pereduksi yang kuat .. dan tidak berasa. dsb. hidrokarbon. satu liter Hidrogen beratnya 0. hidrogen diperdagangkan dalam botol-botol baja dengan tekanan 150 atmosfir (atm). dimana pada 00C dan 76 cg Hg. merupakan gas teringan. tidak berbau. Dalam bentuk cair mudah terbakar tetapi tidak memelihara pembakaran. Sebagai persenyawaan dalam jumlah besar misalnya pada air.

dan efisiensi mesin mencapai 0. Kebisingan suara berkurang sekali Pendingin yang dibutuhkan relatif lebih rendah . maka tidak dibutuhkan pengaman kebakaran.Keuntungan penggunaan gas hidrogen dibandingkan dengan udara pada sistem pendingin turbogenerator dan kondensor sinkron.7 kali lebih besar. dan kepekaan hidrogen lebih rendah 8 ² 10 kali dari udara Rata-rata pemindahan panas oleh hidrogen pada bagian-bagian panas 1. sehingga dapat mengurangi 20 % keaktifan bahan (baja dan tembaga) Daya tahan penyekat meningkat dengan tidak adanya oksidasi. antara lain : Kerugian ventilasi berkurang 8 sampai 10 kali.7 sampai 1 prosen lebih tinggi. Debu dan lembab sangat berkurang sehingga mengurangi jumlah periode pemeliharaan dan perbaikan Karena tidak ada bahaya kebakaran jika terjadi kerusakan pada penyekat lilin.35 kali lebih banyak dan daya hantar panas hidrogen 6.

di sini masing-masing atom Fluo mengikat 1buah elektron terluar atom Sulphur. . Sampai saat ini SF6 merupakan gas terberat yang mempunyai massa jenis 6.Sulphur Hexa Fluorida (SF6) merupakan suatu gas bentukan antara unsur sulphur dengan fluor dengan reaksi eksotermis molekul SF6 mempunyai 6 atom Fluor yang mengelilingi sebuah atom Sulphur.139 kg/m3 yaitu sekitar 5 kali berat udara pada suhu 00 celsius dan tekanan 1 atmosfir. Dengan demikian maka SF6 menjadi gas yang inert atau stabil seperti halnya gas mulia.

. misalnya : sakelar pemutus beban.5 kali kemampuan isolasi udara. Hal ini tepat sekali digunakan untuk bahan pendinginan pada peralatan listrik yang menimbulkan panas atau bunga api pada waktu bekerja.Sifat lainnya adalah : tidak terbakar. tidak beracun. SF6 juga merupakan bahan isolasi yang baik yaitu 2. tidak berwarna dan tidak berbau. tidak larut pada air.

. Proses terbentuknya ion dinamai dengan ionisasi[5].o Kegagalan Pada Isolasi Gas  Proses dasar ionisasi Ion merupakan atom atau gabungan atom yang memiliki muatan listrik. Jika diantara dua elektroda yang dimasukkan dalam media gas diterapkan tegangan V maka akan timbul suatu medan listrik E yang mempunyai besar dan arah tertentu yang akan mengakibatkan elektron bebas mendapatkan energi yang cukup kuat menuju kearah anoda sehingga dapat merangsang timbulnya proses ionisasi [3]. ion terbentuk apabila pada peristiwa kimia suatu atom unsur menangkap atau melepaskan elektron.

Ionisasi karena benturan ini merupakan proses dasar yang penting dalam kegagalan udara atau gas. . Tiap-tiap elektron ini kemudian akan berjalan menuju anoda secara kontinu sambil membuat benturan -benturan yang akan membebaskan elektron lebih banyak lagi. Ionisasi karena Benturan Elektron Jika gradien tegangan yang ada cukup tinggi maka jumlah elektron yang diionisasikan akan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah ion yang ditangkap molekul oksigen.

Elektroda yang memiliki potensial rendah (katoda) akan menjadi elektroda yang melepaskan elektron. peristiwa ini akan mengawali terjadinya kegagalan percikan ( spark breakdown ). Jika jumlah elektron yang dibebaskan mak in lama makin banyak atau terjadinya peningkatan banjiran maka arus akan bertambah dengan cepat sampai terjadi perubahan pelepasan dan peralihan pelepasan ini akan menimbulkan percikan (kegagalan) dalam gas . Mekanisme Kegagalan Gas Mekanisme kegagalan gas yang disebut percikan adalah peralihan dari pelepasan tak bertahan sendiri ke berbagai pelepasan yang bertahan sendiri Proses yang terpenting dalam mekanisme kegagalan gas adalah proses katoda. Elektron awal yang dibebaskan (dilepaskan) oleh katoda akan memulai terjadinya banjiran elektron dari permukaan katoda. pada proses ini diawali dengan pelepasan elektron oleh suatu elektroda yang diuji.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful