Ekonomi Mikro

“Resume Bab 15 – Bab 18”
Jatinangor, 20 Mei 2011

oleh

Rizki Kharismaningsih |
150610100039

Agribisnis A | Universitas Padjadjaran

Analisis ini juga menerangkan syarat yang perlu dicapai untuk memaksimumkan keuntungan.BAB 15 . .Penentuan Upah di Pasar Tenaga Kerja Upah adalah pembayaran jasa-jasa fisik maupun mental yang disediakan oleh tenaga kerja kepada para pengusaha.Permintaan Terhadap Faktor-Faktor Produksi Teori permintaan terhadap faktor produksi menjelaskan tentang ciri perminttan terhadap faktor produksi dan penentuan harga faktor produksi. Analisis ini akan menerangkan bagaimana harga faktor produksi dan jumlah faktor produksi yang akan digunakan ditentukan. Faktor produksi akan memciptakan keuntungan yang paling maksimum apabila memenuhi persyaratan berikut: “Berikut produksi tambahan yang dibayarkan kepada faktor produksi itu sama dengan hasil penjualan tambahan yang diperoleh dari produksi tambahan yang diciptakan oleh faktor produksi tersebut” BAB 16 .

Pasar monopoli bilateral.Sewa. Penentuan upah dalam pasar persaingan: 1.Upah uang adalah jumlah uang yang diterima para pekerja dari para pengusaha sebagai pembayaran tenaga mental atau fisik para pekerja yang digunakan dalam proses produksi. Pasar persaingan sempurna. 2. Perbedaan kemampuan. dan tenaga kerja secara bersama menawarkan tenaga kerja. dimana pekerja bersatu dalam suatu persatuan atau serikat pekerja dalam menawarkan tenaga kerja. 3. Pasar monopoli. Pertimbangan bukan keuangan dalam memilih pekerjaan. 4. keahlian dan pendidikan. 2. Ketidak-sempurnaan dalam mobilitas tenaga kerja BAB 17 . Faktor yang menimbulkan perbedaan upah: 1. 3. Perbedaan jenis pekerjaan. . 4. perusahaan adalah pembeli tunggal jasa tenaga kerja. Bunga dan Keuntungan Sewa ekonomi adalah harga yang dibayar ke atas penggunaan tanah dan faktor-faktor produksi lainnya yang jumlah penawarannya tidak dapat ditambah. dimana satu perusahaan merupakan pembeli tunggal dari jasa tenaga kerja yang ditawarkan. Upah riil adalah tingkat upah pekerja yang diukur dari sudut kemampuan upah tersebut membeli barang-barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja. Pasar monopsoni. tenaga kerja maupun perusahaan tidak mempunyai persatuan.

BAB 18 – Pasar Bebas dan Kebijakan Pemerintah Kebaikan ekonomi pasar bebas 1.Suku bunga adalah pendapatan dari tabungan yang dilakukan masyarakat. Faktor produksi digunakan dengan efisien 2. yaitu yaitu biaya pribadi ditambah biaya yang ditanggung masyarakat akibat proses produksi yang dilakukan suatu perusahaan. Kebebasan pelaku ekonomi memilih bidang usahanya Kegiatan ekonomi berlangsung selaras dan efisien Dalam persaingan sempurna setiap terjadi ketidakselarasan (misal kelebihan output) maka tanpa menunggu perintah dari pemerintah para pelaku pasar akan menyesuaikan posisinya. yaitu biaya yang dikeluarkan produsen untuk membeli faktor produksi berkaitan dengan proses produksinya. Misal produsen akan meninggalkan industri ini untuk berusahaan pada bidang lain yang tidak terjadi ketidakselarasan Akibat ekstern yang merugikan o Biaya pribadi. Pertumbuhan ekonomi yang kuat 4. o Biaya sosial. Kegiatan ekonomi dalam pasaran diatur dan diselaraskan dengan efisien 3. yang meliputi kelebihan hasil penjualan setelah ditolak biaya eksplisit dan biaya tersembunyi. yang dinyatakan dalam presentasi dari jumlah tabungan yang dibuat. Keuntungan ekonomi adalah pendapatan yang diperoleh pengusaha. .

o Eksternalitas yang merugikan muncul jika biaya sosial melebihi biaya pribadi .