PELATIHAN KOMPUTER BAGI PERANGKAT DESA PARANGARGO, WAGIR

LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Semester Pendek 2010/2011 Desa Parangargo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang

Penanggungjawab:

JOHAN AZHARI FE/S1 Akuntansi

PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2011

PELATIHAN KOMPUTER BAGI PERANGKAT DESA PARANGARGO. salah satu usaha yang dilakukan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang (LPM UM) adalah mengembangkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). penelitian. Tentunya kita sebagai mahasiswa tidak bisa mengacuhkan begitu saja akan teknologi-teknologi baru dalam dunia pendidikan yang memudahkan kita dalam melakukan proses pembelajaran atau membantu memudahkan penyelesaian tugas di sekolah. les. bidang transportasi dan lain sebagainya. misalnya teknologi dalam bidang komunikasi. Sebagai upaya mewujudkan misi tersebut. dll. yang meliputi pendidikan. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan misalnya dengan membeli buku-buku penunjang. PENDAHULUAN 1. dan pengabdian masyarakat harus dapat merealisasikannya secara optimal. Dengan melihat perkembangan zaman yang sangat cepat. bidang pendidikan. WAGIR OLEH Nama Nim Fak / Jurusan : JOHAN AZHARI : 408422411533 : EKONOMI / S1 Akuntansi A.1 Latar Belakang Perguruan Tinggi sebagai lembaga yang mempunyai misi melaksanakan dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Upaya pengabdian kepada masyarakat diwujudkan dalam program KKN ini salah satunya adalah pada upaya peningkatan kualitas perangkat . Program ini adalah kegiatan intrakurikuler yang merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa secara pragmatis melalui pendekatan lintas sektoral dan interdisipliner yang berkelanjutan. menyebabkan kebutuhan akan pengetahuan dan informasi mengenai teknologi-teknologi baru akan sangat penting. diklat.

Maka dari itu KKN Universitas Negeri Malang akan mengadakan pelatihan komputer sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas perangkat desa di Desa Parangargo. 1. Kabupaten Malang . Dimana dalam hal ini perangkat desa dijadikan sebagai sasaran utama untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknologi terutama komputer agar dapat mengetahui situasi terkini mengenai teknologi yang ada saat ini dan mengaplikasikan teknologi komputer dalam pekerjaan sehari-hari. Untuk mengetahui kegunaan komputer bagi perangkat desa di kehidupan sehari-harinya. Wagir. Apa saja yang perlu diketahui perangkat desa mengenai komputer? 2. B. Lokasi Pelaksanaan program ini dilakukan di balai Desa Parangargo. 1. Kecamatan Wagir. 2. Sasaran Adapun sasaran dari program pelatihan komputer adalah perangkat Desa Parangargo. Untuk meningkatkan kinerja perangkat desa dalam melaksanakan tugasnya.desa dalam hal penguasaan teknologi.3 Tujuan Berdasarkan rumusan masalah di atas maka mempunyai tujuan sebagai berikut. . 1. Wagir yang berjumlah 10 orang 2. Untuk mengetahui cara-cara menggunakan komputer. Bagaiman cara penerapan teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari bagi perangkat desa? 1. 3. PELAKSANAAN PROGRAM 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas maka dibuat rumusan masalah sebagai berikut.

Organisasi Pelaksanaan Penanggung Jawab Program : Johan Azhari Anggota : Siska Januarti Dina Candra Agustina Yusi Dwi Herdiana p Muh Nur Rohim Nirma Fatmala Sandy Moh Agung Wahyu R. d. c. 5. Disini diketahui bahwa para perangkat Desa membutuhkan pelatihan komputer untuk peningkatan kinerja. dan para perangkat Desa Parangargo. dan 28 Juni 2011 .00 Rp. 25. Pembiayaan Sumber Dana : Dana Swadaya Mahasiswa KKN Jumlah Pengeluaran Fotokopi bahan materi pelatihan Rp. 25.500.500. b.500. Wagir diadakan pada tanggal 20.3. Wagir. Sosialisasi program pelatihan komputer untuk perangkat Desa Parangargo.00 Rp. Wagir.00 6. Wagir dalam hal program pengembangan SDM. Jadwal Kegiatan Kegiatan Pelatihan Komputer untuk perangkat Desa Parangargo. Wagir. 4. Strategi Pelaksanaan a. Konfirmasi kepada Kepala Desa untuk meminta izin diadakannya pelatihan komputer untuk perangkat Desa Parangargo. 25. Melakukan observasi awal tentang apa saja yang dibutuhkan perangkat Desa Parangargo. Kegiatan program pelatihan komputer ini melibatkan peran serta mahasiswa KKN.

Adanya rasa keingintahuan yang besar dari perangkat Desa Parangargo dalam mengikuti kegiatan pelatihan komputer. Keterbatasan tempat untuk melaksanakan pelatihan komputer. Adanya peran serta Mahasiswa KKN UM secara aktif. d. Padatnya acara rutin yang diadakan di Desa Parangargo menjadi faktor penghambat mahasiswa dalam mengadakan pelatihan komputer ini secara berkala.C. c. antara lain: a. Kurangnya informasi tentang yang harus diketahui berkaitan dengan teknologi yang ada saat ini. d. Adanya sambutan positif yang diberikan oleh Kepala Desa dan para perangkat Desa Parangargo. ditunjukkan dengan respon yang baik dan adanya perangkat desa yang bertanya. c. Wagir mengerti fungsi dan cara pengoperasian komputer. Kesimpulan Banyaknya kegiatan desa yang harus dilakukan perangkat desa menjadi salah satu penghalang dilaksanakannya pelatihan komputer ini. Faktor Penghambat a. Akan tetapi rasa ingin tahu untuk lebih memahami tentang komputer itu sangat tinggi. 3. Wagir b. 2. Pencapaian Hasil Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah perangkat Desa Parangargo. Sehingga mahasiswa KKN di Desa Parangargo tergerak . Kurangnya fasilitas dan media untuk melaksanakan pelatihan komputer. b. Wagir. PENUTUP 1. Faktor Pendukung Saat melaksanakan kegiatan ini ada faktor pendukung kegiatan Pelatihan Komputer ini. D. HASIL PELAKSANAAN PROGRAM 1. Adanya kerja sama yang baik antara pihak perangkat Desa dengan mahasiswa KKN yang ada di Desa Parangargo.

d. c. Bagi mahasiswa peserta KKN di Desa Parangargo diharapkan untuk dapat memberikan gambaran dan wawasan tentang komputer dan segala teknologi yang telah maju bagi para perangkat desa. b. Perangkat desa diharapkan terus berlatih komputer dengan sistem Peer Teaching. mengingat ada satu perangkat desa yang ahli dalam bidang komputer.untuk memberikan sosialisasi tentang pengenalan berbagai macam fungsi dan cara-cara penggunaan komputer untuk para perangkat desa. Saran a. Bagi perangkat desa yang sudah mengetahui akan beberapa kegunaan komputer diharapkan dapat memperdalam pengetahuannya akan teknologi yang telah maju. . 2. Perangkat desa mengusahakan untuk memberikan fasilitas pengajaran yang lebih baik di bidang teknologi.

LAMPIRAN .