KONSELOR DAN TERAPIS ANAK

Disusun oleh : Azizy Khoiyriyyatul M (078) Reisha Hermana M (079) Isty Diah L (087) Kori Dyah Wiratikta (095) Hana Hajar Hasanah (099) Nyayu Nazihah K (107) Nurisabila M (113) Astuti Rahayu P (117) Yolanda Chyntya N B (132)

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran 2010

KONSELOR DAN TERAPIS ANAK
Apa itu Konselor Anak? Seorang konselor anak membahas tentang dunia anak-anak mulai dari usia 0 hari sampai 17 tahun dan semua hal yang berkaitan dengan anak. Pada masa kecil terkadang timbul masalah yang mengganggu tumbuh kembang sang anak. Di sinilah peran konselor anak sangatlah penting, dimana seorang konselor anak akan memberikan nasihat dan saran kepada orang tua, sehingga masalah tersebut tidak berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Ada beberapa bidang dalam masalah anak diantaranya bidang anak berkebutuhan khusus dan bidang anak traumatis. Bidang anak berkebutuhan khusus yaitu yang profesinya mengkhususkan untuk menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti anak autis dan down syndrome. Sedangkan dalam bidang anak traumatis menghadapi anak-anak yang mengalami trauma baik karena kecelakaan ataupun kekerasan, biasanya anak-anak memiliki kecenderungan traumatic yang lebih tinggi daripada orang dewasa. Ada juga konseling yang berhadapan dengan perkembangan anak-anak premature, yang sebenarnya perlu diawasi dalam perkembangannya. Apa itu Terapis Anak? Terapis menggunakan dirinya sendiri sebagai alat untuk mengubah. Peran terapis adalah tanpa peran. Adapun fungsi terapis adalah membangun suatu iklim teraputik yang menunjang pertumbuhan client. Terapi anak merupakan salah satu cabang dari psikoterapi. Biasanya anak yang diterapi adalah anak – anak autis, ADHD, sindrom down, dan sindrom asperger. Terapi banyak sekali macamnya, di antaranya terapi tingkah laku, terapi kognitif – behavioral, terapi music, terapi lumba – lumba, hypnotherapy, terapi gen, serta terapi wicara.

Apa yang perlu dipelajari seorang Konselor dan Terapis Anak? 1. Psikologi Klinis

Psikologi klinis adalah bidang psikologi yang membahas dan mempelajari kesulitankesulitan serta rintangan emosional pada manusia, tidak memandang ia abnormal atau subnormal. Ada beberapa metode psikoterapi yang dapat dilakukan oleh Psikolog Klinis, misalnya psikoterapi/konseling psikologi individual, keluarga/kelompok, perkawinan, dan lainlain. Tentu saja pilihan metode psikoterapinya sangat bergantung pada permasalahan psikologi yang dialami penderita/klien serta keahlian khusus yang dimiliki Psikolog Klinis tersebut. 2. Psikologi Perkembangan Psikologi perkembangan merupakan ilmu psikologi khusus yang mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu. Dalam bidang keilmuan Psikologi Perkembangan, membahas tentang perkembangan manusia sepanjang masa kehidupannya, meliputi perkembangan psikologis manusia. 3. Konseling dan Psikoterapi Konseling adalah hubungan antara seorang petugas bantuan yang terlatih dengan seseorang yang meminta bantuan, di mana keterampilan petugas bantuan tersebut beserta suasana yang diciptakannya dapat membantu orang belajar berhubungan dengan dirinya sendiri dan dengan orang lain dengan cara yang lebih menghasilkan pertumbuhan. 4. Psikodiagnostik Psikodiagnostik berperan sangat penting dalam ilmu psikologi untuk memahami individu lebih baik dan memberi perlakuan yang paling sesuai menurut deskripsi kepribadiannya. Deskripsi kepribadian diperoleh dengan beberapa teknik dan prosedur sistematis. Teknik-teknik tersebut antara lain wawancara, observasi, analisa dokumen pribadi (otobiografi, biografi, buku harian, surat pribadi, dsb), dan tes psikologi atau disebut juga psikotes.

5. Biopsikologi Biopsikologi merupakan pendekatan psikologi dari aspek biologi. Manusia pada dasarnya mewarisi sifat-sifat fisik dari orang tuanya, Demikian pula ahli biopsikologi melihat bahwa sifat dan tingkah laku manusia juga mengalami pewarisan dari induk asalnya. Sebagai contoh sifat pendiam, talkactive, dominan atau pasif adalah ciri-ciri sifat alamiah manusia dan tidak dipelajari melalui pengalaman. Biopsikologi terbagi menjadi 5 bagian utama, antara lain physiological psychology, psychopharmacology, neuropsychology, psychophysiology, dan comparative psychology.

Hubungan antara konselor anak dan terapis anak a. Pesamaan Konseling dan Psikoterapi Terdapat banyak persamaan antara konseling dan psikoterapi, yaitu : 1. Konseling dan psikoterapi tidak dapat dibedakan secara jelas. 2. Konselor sering mempraktekkan apa yang oleh psikoterapis dipandang sebagai psikoterapi. 3. Psikoterapis sering mempraktekkan apa yang oleh konselor dipandang sebagai konseling. b. Perbedaan Konseling dan Psikoterapi Meskipun demikian, kedua bidang ini tetap berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara konseling dan psikoterapi : 1. Konseling pada umumnya menangani orang normal, sedangkan psikoterapi terutama menangani orang yang mengalami ganguan psikologis. 2. Konseling lebih edukatif, suportif, berorientasi sadar dan berjangka pendek, sedangkan psikoterapi lebih rekonstruktif, konfrontatif, berorientasi tak sadar, dan berjangka panjang. 3. Konseling lebih terstruktur dan terarah pada tujuan yang terbatas dan konkret, sedangkan psikoterapi sengaja dibuat lebih ambigu dan memiliki tujuan yang berubah-ubah dan berkembang terus.

menyayangi. 2. Masalah • • yang sehat. Mendapatkan konseling individual untuk mengembalikan situasi kejiwaan . Contoh Masalah yang Biasa Dihadapi Seorang Konselor Anak 1. • Mengingatkan orang tua untuk tidak memberikan hukuman berupa hukuman fisik. Terkadang juga melihat anak yang memiliki masalah tetapi orang tuanya hanya menutup mata. Bisa melihat perkembangan anak-anak. • Segera memisahkan ketika anak melakukan tindakan agresive • Mengajarkan anak untuk mau menghargai. Kreativitas konselor untuk membuat anak tertarik dan tidak takut juga tidak kalah pentingnya. Tapi yang paling penting adalah adanya keahlian membuat anak-anak itu nyaman di dekat kita sehingga proses konseling dapat berjalan dengan lancer. dan saling menolong. : Anak Borderline yang Mengikuti Pendidikan di Sekolah Reguler Mendapatkan bimbingan yang tepat dan intensif dalam proses Penyelesaian: Melakukan treatment atau layanan berupa : Penyelesaian : Melakukan beberapa tindakan khusus seperti : pembelajarannya. Masalah : Agresivitas Anak • Mengingatkan orang tua agar tidak terlalu memanjakan. Apa suka duka menjadi Konselor dan Terapis Anak ? Sukanya banyak. Melihat ketertekanan anak-anak yang masih kecil. • Mengingatkan oranng tua untuk tidak membiarkan anak ketikan menonton acara televisi yang mengandung kekerasan. rasa senang saat anak yang memiliki masalah traumatic menjadi lebih relax. Dukanya juga banyak.Keahlian apa yang bisa mendukung profesi ini (di luar masalah pendidikan) ? Dalam menangani anak-anak yang pasti adalah harus adanya kesabaran yang ekstra.

Penyelesaian : Konselor harus berbicara dengan orang tua.hal kecil • Berkomunikasi pada anak bahwa untuk usianya sudah memiliki tanggung jawab dan tidak semua keinginannya bisa terpenuhi • Saat anak menangis atau merengek karena meminta sesuatu. berikan pengertian bahwa tindakan itu tidak benar dan tenangkan anak • Ketika anak sudah mulai mengurangi kemanjaanya. 5. berikanlah pujian. Masalah Mendapatkan konseling individual untuk dapat menerima dirinya apa Mendapatkan bimbingan dan konseling agar tumbuh rasa percara diri dan Mengembangkan hobi anak : Anak Korban Orang Tua Ambisius (PUSH PARENTING) adanya. Masalah : Anak yang Terlampau manja • Mendorong orang tua untuk konsisten tidak memanjakan anak • Mengajarkan hidup mandiri terhadap anak mulai dari hal. Dalam perbincangan dengan orang tua itu konselor dapat memberikan beberapa masukan penting yang harus diperhatikan orang tua untuk mendukung dan mempercepat proses kesembuhan si anak 4. dengan tujuan menyadarkan dan mengajak mereka melihat bersama-sama bahwa akar penyebab permasalahan anak mereka adalah pola asuh yang keliru.• • • 3. percaya kepada orang tuanya. Masalah : Anak yang Egois • Mengjarkan empati melalui role play • Memberikan contoh. bicaran dan perilaku peduli • Memberi pengertian tentang efek negetive egois • Berikan penguatan terhadap sikap anak yang tidak menunjukan mementingkan diri sendiri Penyelesaian : Melakukan treatment atau layanan berupa Penyelesaian : Melakukan treatment atau layanan berupa .

di antaranya Applied Behavioral Analysis (ABA). terapi biomedik. terapi lumba – lumba.Contoh Masalah yang Biasa Dihadapi Seorang Terapis Anak 1. terapi music. sehingga terapi jenis apapun yang dilakukan akan memerlukan waktu yang lama. Anak ADHD atau hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan gangguan perkembangan mental (developmental disorder) yang ditandai dengan adanya gangguan pemusatan perhatian dan tingkah laku yang hiperaktif. terapi fisik. Kecuali itu. Ciri yang hampir mirip dengan gejala-gejala autisme. serta terapi craniosacral. ASDs). terapi sosial. terapi bicara. Anak Asperger Syndrome Gangguan Asperger adalah gangguan pada fase perkembangan terutama pada interaksi sosial dan perilaku yang terbatas dan tidak adanya keingintahuan terhadap lingkungan sekitarnya. terapi harus dilakukan secara terpadu dan setiap anak membutuhkan jenis terapi yang berbeda. 3. terapi visual. Terapi untuk anak Asperger Syndrome tergantung pada penyusunan program yang disesuaikan dengan minat dan karakteristik sang anak. terapi sensori integrasi. Ada tiga jenis latihan untuk melatih konsentrasi anak hiperaktif. terapi okupasi. go and no go next. Anak Down Syndrome Down Syndrome merupakan suatu bentuk kelainan kromosom yang paling sering terjadi. terapi remedial. terapi bermain. sehingga gangguan Asperger seringkali disebut sebagai spektrum gangguan autis (autism spectrum disorders. serta terapi lumba – lumba. dan stop – think – go. terapi perkembangan. 2. 4. terapi akupuntur. yaitu permainan bola. terapi okupasi. terapi tingkah laku. Anak autis Autisme adalah suatu gangguan proses perkembangan. terapi bicara. . Jenis-jenis terapi yang dibutuhkan anak down syndrome yaitu terapi fisik. terapi music. terapi perilaku.

.

LAMPIRAN .

Berikut ini penjelasannya: 1. • Tidak mau (enggan) berbagi minat dengan orang lain. Gangguan Interaksi Sosial • Gangguan yang jelas pada perilaku non-verbal (kontak mata terbatas. • Terikat secara kaku pada ritual yang kelihatannya tidak memiliki fungsi khusus. Gangguan interaksi sosial. Gangguan komunikasi. Tiga Ciri Utama Autisme 1. • Gerakan yang stereotipik dan berulang (flapping. 2. bertepuk tangan. • Kurang mampu melakukan interaksi sosial timbal-balik. • Tidak mau bermain dengan teman sebaya dengan cara yang sesuai (wajar). ekspresi wajah datar. 3. gerak-bahasa tubuh). menyentuh benda-benda. Terapi anak merupakan salah satu cabang dari psikoterapi. Autisme bisa dialami siapa saja dengan kondisi lingkungan sosial yang beraneka ragam. Gejala di atas telah muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Gangguan Komunikasi • Terlambat bicara atau tidak bisa bicara tanpa kompensasi penggunaan gesture (isyarat. rocking). tidak menoleh jika dipanggil). Anak Autisme Autisme merupakan kelainan psikis yang dimulai sejak anak-anak sampai dewasa karena kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi yang kurang. stereotipik atau tidak dapat dimengerti 3. gerakan jari-jari. Perilaku dan Minat yang Terbatas • Minat yang terbatas dan abnormal dalam intensitas dan fokus. Biasanya anak yang diterapi adalah sebagai berikut : • Anak autis • Anak ADHD atau hiperaktif • Anak Down Syndrome • Anak Asperger Syndrome 1. • Penggunaan bahasa yang berulang. . • Mereka yang bisa bicara biasanya tidak dapat memulai dan mempertahankan percakapan. Pola tingkah laku/minat yang repetitif dan stereotip. 2.Nama : Isty Diah L NPM : 190110100087 TERAPIS ANAK Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang.

sehingga terapi jenis apapun yang dilakukan akan memerlukan waktu yang lama. membuat teman dan main bersama ditempat bermain. Saat ini terapi inilah yang paling banyak dipakai di Indonesia. 1) Applied Behavioral Analysis (ABA) ABA adalah jenis terapi yang telah lama dipakai. Gerak-geriknya kaku dan kasar. Jenis terapi ini bisa diukur kemajuannya. Seorang terapis bermain bisa membantu anak dalam hal ini dengan teknik-teknik tertentu. dan setelah mengeluarkan banyak uang menjadi kecewa oleh karena hasil yang diharapkan tidak tercapai. Seorang terapis sosial membantu dengan memberikan fasilitas pada mereka untuk bergaul dengan teman-teman sebaya dan mengajari caranya. dan tulisan-tulisan. 4) Terapi Fisik Autisme adalah suatu gangguan perkembangan pervasif. terapi harus dilakukan secara terpadu dan setiap anak membutuhkan jenis terapi yang berbeda.• Preokupasi pada bagian dari benda. Terapi untuk Anak Autisme Akhir-akhir ini bermunculan berbagai cara. Kadang-kadang tonus ototnya lembek sehingga jalannya kurang kuat. Dalam hal ini terapi okupasi sangat penting untuk melatih mempergunakan otot-otot halusnya dengan benar. namun mereka tidak mampu untuk memakai bicaranya untuk berkomunikasi/berinteraksi dengan orang lain. Namun. seorang anak autistik membutuhkan pertolongan dalam belajar bermain. ada pula cara-cara mengiklankan diri di televisi. banyak pula individu autistic yang non-verbal atau kemampuan bicaranya sangat kurang. Banyak anak-anak ini membutuhkan pertolongan dalam keterampilan berkomunikasi dua arah. 3) Terapi Okupasi Hampir semua anak autistik mempunyai keterlambatan dalam perkembangan motorik halus. Kadang-kadang secara gencar dipromosikan oleh si penjual. Bermain dengan teman sebaya berguna untuk belajar bicara. dan lain sebagainya. radio. Fisioterapi dan terapi integrasi sensoris akan sangat banyak menolong untuk menguatkan otot-ototnya dan memperbaiki keseimbangan tubuhnya. Banyak diantara individu autistik mempunyai gangguan perkembangan dalam motorik kasarnya. Sistem yang dipakai adalah memberi pelatihan khusus pada anak dengan memberikan positive reinforcement (hadiah/pujian). obat atau suplemen yang ditawarkan dengan iming-iming bisa menyembuhkan autisme. Keseimbangan tubuhnya kurang bagus. Para orang tua harus hati-hati dan jangan sembarangan membiarkan anaknya sebagai kelinci percobaan. Biasanya hal inilah yang paling menonjol. jangan lupa bahwa Gangguan Spectrum Autisme adalah suatu gangguan proses perkembangan. 5) Terapi Sosial Kekurangan yang paling mendasar bagi individu autisme adalah dalam bidang komunikasi dan interaksi. Kadang-kadang bicaranya cukup berkembang. komunikasi dan interaksi sosial. Kecuali itu. mereka kesulitan untuk memegang pensil dengan cara yang benar. 2) Terapi Bicara Hampir semua anak dengan autisme mempunyai kesulitan dalam bicara dan berbahasa. Dalam hal ini terapi bicara dan berbahasa akan sangat menolong. . Sayangnya masih banyak yang terkecoh. kesulitan untuk memegang sendok dan menyuap makanan kemulutnya. 6) Terapi Bermain Meskipun terdengarnya aneh. telah dilakukan penelitian dan didesain khusus untuk anak dengan autisme. Dibawah ini ada beberapa jenis terapi yang benar-benar diakui oleh para professional dan memang bagus untuk autisme.

menggunakan cuka aren campur bawang yang dilulurkan lewat kulit. sehingga otak menjadi bersih dari gangguan. 14) Terapi Anggota Keluarga Orangtua harus mendampingi dan memberi perhatian penuh pada sang anak hingga terbentuk ikatan emosional yang kuat. misalnya dengan metode PECS ( Picture Exchange Communication System). Semua hal abnormal yang ditemukan dibereskan.7) Terapi Perilaku Tujuannya. Artinya anak dipelajari minatnya. Tak heran bila mereka sering mengamuk. pemeriksaan darah. Caranya dengan membuat si anak melakukan berbagai kegiatan seperti mengambil benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu anak-anak ini diperiksa secara intensif. Terapi balur ini bertujuan mengurangi kadar merkuri dalam tubuh penyandang autis. itu akan turut memperbaiki kondisi fisiologis. 10) Terapi Biomedik Terapi biomedik dikembangkan oleh kelompok dokter yang tergabung dalam DAN (Defeat Autism Now). musik diharapkan memberikan getaran gelombang yang akan berpengaruh terhadap permukaan membran otak. Umumnya. 9) Terapi Visual Individu autistik lebih mudah belajar dengan melihat (visual learners/visual thinkers). fungsi indera pendengaran menjadi hidup sekaligus merangsang kemampuan berbicara. Harapannya. emosional dan intelektualnya. . urin. 8) Terapi Perkembangan Floortime. dan rambut. terapi ini merupakan terapi pendukung yang wajib dilakukan untuk semua jenis terapi lain. 11) Terapi Akupunktur Metode tusuk jarum ini diharapkan bisa menstimulasi sistem saraf pada otak hingga dapat bekerja kembali. Caranya. Beberapa video games bisa juga dipakai untuk mengembangkan ketrampilan komunikasi. Hal inilah yang kemudian dipakai untuk mengembangkan metode belajar komunikasi melalui gambargambar. Terapi perkembangan berbeda dengan terapi perilaku seperti ABA yang lebih mengajarkan ketrampilan yang lebih spesifik. Secara tak langsung. 13) Terapi Balur Banyak yang yakin autisme disebabkan oleh tingginya zat merkuri pada tubuh penderita. Teman-temannya seringkali tidak memahami mereka. 12) Terapi Musik Lewat terapi ini. cahaya dan sentuhan. feses. Son-rise dan RDI (Relationship Developmental Intervention) dianggap sebagai terapi perkembangan. Mereka sangat gigih melakukan riset dan menemukan bahwa gejala-gejala anak ini diperparah oleh adanya gangguan metabolisme yang akan berdampak pada gangguan fungsi otak. mereka merasa sulit mengekspresikan kebutuhannya. kekuatannya dan tingkat perkembangannya. Seorang terapis perilaku terlatih untuk mencari latar belakang dari perilaku negatif tersebut dan mencari solusinya dengan merekomendasikan perubahan lingkungan dan rutin anak tersebut untuk memperbaiki perilakunya. Mereka banyak yang hipersensitif terhadap suara. Terrnyata lebih banyak anak mengalami kemajuan bila mendapatkan terapi yang komprehensif. Anak autistik seringkali merasa frustrasi. agar sang anak memfokuskan perhatian dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Tujuannya melakukan detoksifikasi gas merkuri. kemudian ditingkatkan kemampuan sosial. Banyak dari para perintisnya mempunyai anak autistik. yaitu terapi dari luar dan dari dalam tubuh sendiri (biomedis).

meski IQ-nya normal. karena fungsinya belum matang. Misalnya. Sementara hiperaktivitas. Setelah semuanya terdeteksi. sekolah maupun lingkungan sosial lain. Untuk anak yang belum sekolah. Atau jika memegang barang.15) Terapi Lumba-lumba Telah diketahui oleh dunia medis bahwa di tubuh lumba-lumba terkandung potensi yang bisa menyelaraskan kerja saraf motorik dan sensorik penderita autis. ada empat aspek lain lagi yang dilihat pada deteksi awal. ketergantungan obat. konsentrasi yang buruk menyebabkan anak lambat belajar bicara. Kondisi ini terjadi pada segala situasi. dan sikap menentang anak. Tapi. Pemeriksaan aspek perhatian dilakukan dengan meminta anak bekerja sendirian serta menyelesaikan tugasnya sesuai waktu yang ditetapkan. Selain itu. Jika anak diberi obat yang tepat. perlu dilakukan deteksi awal yang meliputi tingkah laku. Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan gangguan perkembangan mental (developmental disorder) yang ditandai dengan adanya gangguan pemusatan perhatian dan tingkah laku yang hiperaktif. Yang lebih buruk. Terapi untuk Anak ADHD Untuk menentukan seorang anak mengalami hiperaktif atau tidak. dan tulang belakang pasien sehingga dapat membentuk keseimbangan antara otak kanan dan kiri. Ini terjadi karena informasi yang diterima anak kurang. Sekitar 25 persen disertai gangguan cemas. otaknya belum cakap. antisosial. dan apakah tindakannya melampaui batas serta tanpa perhitungan. hiperaktif sering diikuti kelambatan perkembangan lain seperti lambat bicara. banyak anak hiperaktif yang tak dideteksi dan ditangani sejak awal. biasanya diberi permainan seperti puzzle. Sebab lumba-lumba mempunyai gelombang sonar (gelombang suara dengan frekuensi tertentu) yang dapat merangsang otak manusia untuk memproduksi energi yang ada dalam tulang tengkorak. Sekitar 50-70 persen disertai gangguan afektif/perasaan. ia langsung pukul saja. Penelitian menunjukkan. yaitu mengukur keaktifan anak apakah sesuai atau tidak dengan usianya. 70 persen akan berhasil baik meski tak sempurna. baik di rumah. Misalnya. kemampuan sosialisasi. Obat itu justru untuk . ia langsung melempar. seperti anak jadi takut sekolah atau takut berpisah dengan orangtua. Nah. Umumnya. Terapi yang diberikan umumnya ditujukan pada gangguan utama yang dialami anak hiperaktif. komunikasi. Antara lain. gelombang suara dari lumba-lumba juga dapat meningkatkan neurotransmitter. Termasuk bila anak perlu diberi obat. akan diketahui seberapa jauh derajat gangguan konsentrasi dan hiperaktivitas anak. seperti depresi atau sebaliknya. Selain itu. Hiperaktif ditandai ketidakmampuan memusatkan perhatian atau konsentrasi. setelah dewasa menjadi orang-orang yang mengalami gangguan. Hiperaktif umumnya juga disertai gangguan perilaku lain. Selain itu. Hambatan dalam proses pematangan fungsi otak memang jarang mengakibatkan kelainan tunggal. Barulah disusun program terapi yang cocok bagi anak. yaitu bereaksi terlalu cepat tanpa dipikir lebih dulu. baik terhadap teman atau orang lain. yaitu perhatian. jika memukul orang. 20-50 persen disertai gangguan menentang. sosialisasi. 15-20 persen disertai kesulitan belajar yang spesifik. anak jadi tak bisa konsentrasi. kondisi ini bisa berlanjut hingga dewasa dan menjadi gangguan kepribadian. yakni pada otaknya. dan akademis. dada. 2. Data menunjukkan. Kendati tak selalu. dan sebagainya. disertai hiperaktivitas dan impulsifitas. kesulitan membaca atau berhitung. Anak hiperaktif. lama pemakaian obat bukan berarti anak tergantung pada obat. hiperaktivitas.

tiap kali melihat sesuatu. terapi bermain. untuk tahap awal. perilaku anak juga harus dibimbing melalui terapi perilaku.menjembatani agar di usia-usia itu anak punya performance yang baik. . Misal. sehingga kondisi hiperaktifnya tak begitu mengganggu. yaitu: 1. minta anak agar diam dulu. Setelah 10 hitungan. Misal. Ulangi latihan ini berkali-kali. 2. dan minta agar ia tak bertepuk tangan untuk satu warna/abjad tertentu yang ditunjukkan. Permainan Bola Buatlah bola sebesar bola tenis atau kasti yang permukaannya kasar. baru ia diizinkan mengerjakan apa yang telah dipikirkannya. apakah anak bertepuk tangan pada saat warna putih atau huruf x ditunjukkan. Normalnya manusia mempunyai 23 pasang kromosom sehingga total berjumlah 46 buah kromosom. Stop-Think-Go Sebelum melakukan tindakan. Pada anak down syndrome kromosom nomor 21 berjumlah tiga dimana seharusnya berjumlah dua sehingga total menjadi 47 buah kromosom dan biasa disebut trisomi 21. 10 menit. Catat kesalahan anak. tingkatkan waktunya. terapi musik. Setelah itu. minta anak menghitung 10 kali. Misal. 3. minta anak bertepuk tangan tiap kali satu bola/kartu ditunjukkan. terapi remedial. dan psikoterapi. dengan bola berwarna atau kartu yang telah ditulisi abjad. Catat berapa kali ia bisa men-drible bola tanpa mati. minta ia memikirkan tindakan terbaik yang akan ia kerjakan. misal. minta anak men-drible bola selama tiga menit. Permukaan kasar ini bertujuan memberi rangsangan. atau malah tak bertepuk tangan saat warna selain putih atau huruf selain x ditunjukkan. Kemudian pada tahun 1970an para ahli dari Amerika dan Eropa merevisi namanya dengan merujuk pada nama sang penemu syndrome ini menjadi Down Syndrome dan hingga kini penyakit ini dikenal dengan istilah itu atau sering disingkat sebagai DS. Kemudian minta anak untuk men-drible bola dengan hitungan. misalnya 5 menit. dan seterusnya. Terapi lain yang dilakukan ialah stimulasi perkembangan. Setelah itu. Selain diobati. Go and No Go Test Latihan ini bisa menggunakan warna atau huruf. Penyebab Down Syndrome Tubuh manusia memiliki milyaran sel yang memiliki pusat informasi genetik di kromosom. anak tak boleh bertepuk tangan untuk warna putih atau huruf x yang ditunjukkan. anak juga diberikan terapi edukatif. Jumlah kromosom yang berlebihan itulah yang mengakibatkan terjadinya kegoncangan pada sistem metabolisme sel yang akhirnya memunculkan down syndrome. Karena hiperaktif juga menyangkut penampilan akademisnya. 3. Anak Down Syndrome Down Syndrome merupakan suatu bentuk kelainan kromosom yang paling sering terjadi. terapi okupasi. terapi bicara. Misal. Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental anak ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr.John Longdon Down. kepala mengecil dan hidung yang datar. fisioterapi. Pada saat itu down syndrome sering disebut sebagai Mongoloid karena ciri-ciri mereka yang menyerupai orang Mongolia yaitu tinggi badan yang relative pendek. Tiga Terapi untuk Melatih Konsentrasi Anak ADHD Ada tiga jenis latihan untuk melatih konsentrasi anak hiperaktif. Sebelum permainan.

halus dan jarang • Kulit yang kering • Tangan dan jari-jari yang pendek dan pada ruas kedua jari kelingking miring atau bahkan tidak ada sama sekali. hal ini mengakibatkan mudah terserang infeksi telinga • Rambut lurus. Ciri-Ciri Anak Down Syndrome Anak down syndrome pada umumnya mempunyai kekhasan yang bisa dilihat secara fisik selain dengan pemeriksaan jumlah kromosomnya.Down syndrome bukan penyakit menular dan bukan penyakit keturunan. berjalan. mengakibatkan pertumbuhan terganggu (terlambat dalam proses berguling. berlari dan berbicara) • Pertumbuhan gigi geligi yang lambat dan tumbuh tak beraturan sehingga menyulitkan pertumbuhan gigi permanent Gangguan-Gangguan Pada Anak Down Syndrome Gangguan kesehatan yang anak DOWN SYNDROME sering alami adalah sebagai berikut : gangguan pada jantung  Gangguan pada penglihatan  Gangguan pada pendengaran  Tidak normalnya kadar hormon imunologi  Gangguan pencernaan Terapi Untuk Anak Down Syndrome Masing-masing anak down syndrome mempunyai kondisi yang berbeda. Hal ini bisa dikarenakan karena beberapa faktor misalnya : . Tanda-tanda fisik ini bervariasi mulai dari yang tidak tampak sama sekali. ada anak yang memerlukan suatu program terapi lebih lama dibandingkan anak yang lainnya. tampak minimal sampai dengan terlihat dengan jelas. Keadaan telunjuk dan ibu jari yang berjauhan itu disebut juga sandal foot • Otot yang lemah (hypotomus). Kesalahan penggandaan kromosom nomor 21 tersebut bukan karena penyimpangan perilaku orang tua ataupun pengaruh pencemaran lingkungan. Juga anggapan bahwa down syndrome terjadi karena kekurangan gizi (golongan tidak berpunya) juga dipatahkan karena down syndrome tidak mengenal strata sosial. Anggapan bahwa down syndrome hanya akan terjadi pada usia ibu yang pada saat hamil berusia diatas 35 saat ini telah dipatahkan karena setelah diteliti lebih lanjut ternyata down syndrome bisa terjadi pada ibu yang mengandung pada usia di bawah 35 thn. sedangkan pada orang normal memiliki tiga ruas tulang • Pada telapak tangan terdapat garis melintang yang disebut simian crease. hal ini mengakibatkan mereka sulit bernapas • Mulut yang kecil dengan lidah yang tebal dan pangkal mulut yang cenderung dangkal yang mengakibatkan lidah sering menjulur keluar • Bentuk mata yang miring dan tidak punya lipatan di kelopak matanya • Letak telinga lebih rendah dengan ukuran telinga yang kecil. Ciri-ciri fisik anak down syndrome adalah sebagai berikut : • Bentuk kepala yang relatif kecil dengan bagian belakang yang tampak mendatar (peyang) • Hidung kecil dan datar (pesek). Ketidakjelasan penyebab pasti itu membuat faktor penyebab down syndrome hingga saat ini belum terobati dan tak tercegah. merangkak. seorang ibu yang menjaga kehamilan dengan baik sekalipun sang bayi yang dikandungnya bisa terkena down syndrome. Garis tersebut juga terdapat di kaki mereka yaitu di antara telunjuk dan ibu jari yang jaraknya cenderung lebih jauh dari pada kaki orang normal.

3) Terapi Okupasi Terapi ini diberikan untuk melatih anak dalam hal kemandirian. 4) Terapi Remedial Terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan kemampuan akademis dan yang dijadikan acuan terapi ini adalah bahan-bahan pelajaran dari sekolah biasa 5) Terapi Sensori Integrasi Sensori Integrasi adalah ketidakmampuan mengolah rangsangan / sensori yang diterima. 8) Terapi Musik Anak dikenalkan nada. Saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis terapi selain di atas yang bisa dimanfaatkan untuk tumbuh kembang anak down syndrome. kognitif/pemahaman. 6) Terapi Tingkah Laku (Behaviour Theraphy) Mengajarkan anak down syndrome yang sudah berusia lebih besar agar memahami tingkah laku yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. hal ini tentu akan menyulitkan sang terapis untuk membantunya) Jenis-jenis terapi yang dibutuhkan anak down syndrome adalah sebagai berikut : 1) Terapi Fisik (Physio Theraphy) Biasanya terapi inilah yang diperlukan pertama kali bagi anak down syndrome. Titik syaraf yang ditusuk disesuaikan dengan kondisi sang anak.  Keuangan keluarga  Sifat sang anak (ada anak down syndrome yang sama sekali tidak mau dipegang oleh terapisnya. Terapi ini membantu anak mengembangkan kekuatan dan koordinasi dengan atau tanpa menggunakan alat. Dikarenakan mereka mempunyai otot tubuh yang lemas maka disinilah mereka dibantu agar bisa berjalan dengan cara yang benar. Anak-anak sangat senang dengan musik maka kegiatan ini akan sangat menyenangkan bagi mereka dengan begitu stimulasi dan daya konsentrasi anak akan meningkat dan mengakibatkan fungsi tubuhnya yang lain juga membaik. .  Kondisi kesehatan sang anak yang kurang baik (kalau sering sakit tentu akan menggangu program terapinya). bunyi-bunyian. dan lain-lain. 9) Terapi Lumba-Lumba Terapi ini biasanya dipakai bagi anak Autis tapi hasil yang sangat mengembirakan bagi mereka bisa dicoba untuk anak down syndrome. kemampuan sensorik dan motoriknya. Sang anak telat dibawa ke tempat terapi (mungkin karena kondisi orang tua yang masih syok saat itu)  Orang tua baru tahu kondisi sang anak setelah sekian bulan berlalu tanpa ada informasi apapun (biasanya terjadi di daerah yang terpencil). 7) Terapi Akupuntur Terapi ini dilakukan dengan cara menusuk titik persarafan pada bagian tubuh tertentu dengan jarum. 2) Terapi Bicara Suatu terapi yang di perlukan untuk anak down syndrome yang mengalami keterlambatan bicara dan pemahaman kosakata. Terapi ini diberikan bagi anak down syndrome yang mengalami gangguan integrasi sensori misalnya pengendalian sikap tubuh. Kemandirian diberikan kerena pada dasarnya anak down syndrome tergantung pada orang lain atau bahkan terlalu acuh sehingga beraktifitas tanpa ada komunikasi dan tidak memperdulikan orang lain. motorik kasar. motorik halus dll. Dengan terapi ini anak diajarkan melakukan aktivitas dengan terarah sehingga kemampuan otak akan meningkat. Sel-sel saraf otak yang awalnya tegang akan menjadi relaks ketika mendengar suara lumba-lumba.

baju yang dipakai.10) Terapi Craniosacral Terapi dengan sentuhan tangan dengan tekanan yang ringan pada syaraf pusat. juga disebut sebagai Asperger disorder merupakan salah satu satu jenis gangguan dari kelompok gangguan perkembangan pervasif (pervasive development disorders. Anak Asperger Syndrome Gangguan Asperger atau dikenal dengan istilah Asperger syndrome (AS). penelitian berkelanjutan menemukan gangguan tersebut juga mengidap pada anak perempuan. Anak dengan gangguan Asperger mungkin memiliki range inteligensi yang normal. Dengan terapi ini anak down syndrome diperbaiki metabolisme tubuhnya sehingga daya tahan tubuh lebih meningkat. Penelitian dalam hal ini masih dalam studi yang lebih mendalam. Wolff & Barlow (1979). sehingga gangguan Asperger seringkali disebut sebagai spektrum gangguan autis (autism spectrum disorders. Pada awalnya Asperger mengkategorikan gangguan tersebut hanya muncul pada anak laki-laki. misalnya menghindari kontak mata. PDD). berhadapan dengan orang lain  Kegagalan dalam mengembangkan hubungan dengan orang lain dan kesulitan bersama kelompok bermainnya. berjalan berbelok-belok atau gerak tubuh yang ganjil  Tidak dapat bersikap fleksibel dan tergantung pada rutinitas  Hanyut dalam suasana atau bermain ketergantungan pada sesuatu benda-benda tertentu  Tidak tertarik dan sensistif terhadap lingkungannya. Anak dengan AS kesulitan untuk berteman dengan kelompoknya. misalnya dengan suara. Gangguan Asperger adalah gangguan pada fase perkembangan terutama pada interaksi sosial dan perilaku yang terbatas dan tidak adanya keingintahuan terhadap lingkungan sekitarnya. meskipun terjadi gangguan psikomotorik. Misalnya saja mereka suka menghitung kendaraan yang lewat di jalan raya atau menonton acara televisi prakiraan cuaca saja. misalnya anak lebih suka atau nyaman bersama orang dewasa atau orangtuanya  Tidak mampu bersikap spontan dalam menikmati. meskipun ia tidak mengerti apa yang sedang ia tonton. makanan atau bau-bau busuk . ASDs). Penelitian juga menemukan bahwa anak-anak dengan gangguan Asperger memiliki kemampuan luar biasa dalam menghafal. disamping itu gangguan keterlambatan dalam penguasaan bahasa atau berbicara juga lebih baik dibandingkan anak autis. namun anak dengan gangguan Asperger juga memiliki sedikit keterbelakangan mental. ketertarikan atau menghargai orang lain  Kesulitan memahami ekspresi wajah  Ketidakmampuan mengenal emosi  Berperilaku tertentu seperti mengisap jari. Ciri yang hampir mirip dengan gejala-gejala autisme. 4. (1993). Wing (1978). Gillberg (1993). Beberapa penelitian modern menemukan prevalensi gangguan lebih banyak pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan (Ehler & Gillberg. Secara umum beberapa gejala sindrom Asperger :  Komunikasi nonverbal yang tidak normal. mereka lebih suka menyendiri kadang disertai dengan perilaku yang eksentrik. Wolf dkk (1991).

 Gangguan dalam berbicara atau berbahasa terutama pada penguasaan semantik dan intonasi. 4) Berikanlah pujian ketika ia dapat menyelesaikan tugasnya dan ketika ia melakukan halhal lain yang positif tanpa disuruh 5) Latihlah anak untuk belajar memilih dari beberapa alternatif yang diajukan. perilaku mengulang dan fisik. dengan mencontoh perilaku orang individu juga srategi menyelesaikan masalah diajarkan untuk menangani keadaan yang sering terjadi. Keadaan ini dapat digunakan untuk mengembangkan kebiasaan yang positif dan meningkatkan kualitas hidup. Orangtua diharapkan sesering mungkin mengajak anaknya berbicara dengan menyesuaikan kemampuan ang dimiliki anak. kesiagaan diri. kebutuhan sosial dan frustrasi.  Kesulitan dalam menginterpretasikan bahasa atau kesulitan dalam mengartikan maksud dalam percakapan  Suka mengulang perbuatan-perbuatan yang dilarang Terapi Untuk Anak Asperger Syndrome Pemberian terapi difokuskan pada tiga bidang yang muncul pada AS yaitu komunikasi. 3) Usahakanlah anak menatap orangtuanya ketika berbicara. Penderita AS mempunyai kecenderungan menggantungkan diri pada aturan yang kaku dan rutinitas. perilaku nonverbal. mengenal dan membaca perilaku nonverbal pada orang lain. bicaralah dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka. tanyankanlah pada anak apakah ia sudah cukup menegrti dengan tugas yang diberikan. perspective taking skill. Terapi komunikasi dan bahasa meliputi. Keberhasilan terapi tergantung pada penyusunan program yang disesuaikan dengan minat dan karakteristik sang anak. dokter akan memberikan obat bila disertai dengan beberapa gejala lain berupa gangguan . − Pelatihan pada orangtua Pelatihan pada orangtua bagaiman menghadapi dan memberi dukungan kepada anak dengan gangguan AS. − Ketrampilan berkomunikasi Anak diberikan cognitive behavioral therapy (CBT) yang bertujuan untuk membantu anak dalam memanage emosinya secara lebih baik sehingga anak dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya. Terapi ini dapat dilakukan secara individual ataupun dengan kelompok. Strategi yang dapat dilakukan : 1) Melatih anak dalam berbicara. 2) Berikanlah tugas-tugas yang mampu diselesaikan oleh anak berserta dengan instruksi yang jelas (baik berupa perintah atau gambar). − Medikasi Perlu diingat bahwa tidak ada obat-obatan medis yang dapat menyembuh gangguan AS ini. Disamping itu pasien juga dilatih untuk mengenal situasi sulit dan memilih strategi yang pernah dipelajari untuk situasi baru. sehari-harinya kadang mereka juga berbicara dalam bahasa yang formal (Hans Asperger menyebut anaknya dengan sebutan “profesor kecil”. − Ketrampilan sosial Ketrampilan sosial (social skills training) bertujuan untuk mengajarkan anak dengan ketrampilan dalam berinteraksi dengan anak-anak sebayanya. situasi sulit seperti terlibat dengan hal baru. orangtua harus bersikap sabar dan penuh kasih sayang dalam berbicara dengan anak gangguan AS. dan interpretasi komunikasi. terapi ini juga berguna untuk mengendalikan perilaku mengulang dan rutinitas. Penderita AS diajarkan teknik coping dari perilaku orang-orang disekelilingnya.

olanzapine. risperidone. . atau depresi misalnya. quetiapine diperuntukkan untuk meredam perilaku agresivitas atau self injuries. Pemberian obat-obatan seperti jenis serotonin. Jenis SSRI lainnya seperti fluoxetin diberikan bila disertai dengan gangguan kecemasan dan clomipramine diberikan untuk meredamkan perilaku obsesif.kecemasan.

keadaan rambut lurus atau kerinting. NEUROCHEMISTRY : proses-2 kimiawi yang timbul akibat aktivitas syaraf. warna kulit. Manusia pada dasarnya mewarisi sifat-sifat fisik dari orang tuanya. talkactive. warna mata. Demikian pula ahli biopsikologi melihat bahawa sifat dan tingkah laku manusia juga mengalami pewarisan daripada induk asal.Nama NPM BIOPSIKOLOGI DEFINISI Biopsikologi merupakan pendekatan psikologi dari : Kori Dyah Wiratikta : 190110100095 aspek biologi. DEVELOPMENT NEUROBIOLOGY : tentang perubahan sistem syaraf sejalan dengan kematangan usia = neuroscience 3. NEUROPATHOLOGY : penyimpangan sistem syaraf 8. BIOLOGICAL PSYCHIATRY : tentang biologi yangg berkaitan dengan penyimpangan psikiatris & perlakuan (treatment) terhadap penyimpangan melalui manipulasi otak 2. NEUROANATOMY : tentang struktur/anatomi sistem syaraf 4. atau juga nenek dan kakeknya secara genetik. terutama proses yang mendasari transmisi sinyal melalui sistem syaraf 5. ILMU YANG BERKAITAN DENGAN PSIKOLOGI 1. ketebalan bibir dan sebagainya. terutama yg mempengaruhi transmisi sel syaraf . Ciriciri ini nampak melalui aspek tinggi badan. NEUROPHARMACOLOGY : efek obat-obatan pada sistem syaraf. NEUROETHOLOGY : kaitan antara sistem syaraf dengan perilaku yg timbul dalam lingkungan alami hewan & laboratorium yg dikontrol ketat 7. NEUROENDOCRINOLOGY : interaksi antara sistem syaraf dengan kelenjar endokrin & hormon yang diproduksinya 6. Sebagai contoh sifat pendiam. dominan atau pasif adalah ciri-ciri sifat alamiah manusia dan tidak dipelajari melalui pengalaman.

3. marmut.BEHVIORAL Posted on 5 September 2009 by AKHMAD SUDRAJAT Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) atau Cognitive-Behavioral Therapy (CBT) merupakan salah satu bentuk konseling yang bertujuan membantu klien agar dapat menjadi lebih sehat. kecelakaan atau operasi 4. PSYCHOPHARMACOLOGY : bergerak dalam bidang yang sama (1) namun fokusnya lebih kepada obat-obatan (zat kimia) yg mempengaruhi sistem syaraf selanjutnya berpengaruh terhadap perilaku. COMPARATIVE PSYCHOLOGY : lebih menekankan pada perilaku biologis dari pada perilaku yang disebabkan oleh mekanisme sistem syaraf. PHYSIOLOGICAL PSYCHOLOGY : fokusnya pada manipulasi sistem syaraf melalui operasi. tetapi juga berusaha menemukan zat kimia yg berguna dalam penyembuhan kerusakan otak dan zat-zat yang dapat mengurangi kecanduan obat. evolusi. NEUROPHYSIOLOGY : respon sistem syaraf terutama yang terlibat dalam transmisi sinyal elektronik melalui sel-sel syaraf dan antara sel-sel syaraf BIOPSIKOLOGI SEBAGAI CABANG ILMU PSIKOLOGI Terbagi menjadi 5 bagian utama: 1. NEUROPSYCHOLOGY : mempelajari kemunduran perilaku akibat kerusakan otak dapat dilakukan melalui eksperimen berdasarkan kasus atau suatu penelitian quasieksperimen terhadap pasien-pasien yang menderita kerusakan otak karena penyakit. Pengaruh zat kimia terhadap otak tidak semata-mata berkonotasi buruk (misalnya pengaruh zat depresif/melemahkan terhadap aktivitas otak. emosi.9. tikus putih. Mempelajari perbandingan perilaku spesies yang berbeda serta terfokus pada genetik. proses penerimaan informasi EEG (electroencephalogram) 5. . hamster. terapi elektrik dan terapi kimiawi dalam kondisi eksperimen yang dikontrol dengan ketat dalam eksperimennya umumnya digunakan hewan sebagi subyek penelitian (mencit. dan perilaku adaptasi Macam – Macam Terapi TERAPI KOGNITIF . kelinci) 2. PSYCHOPHISIOLOGY : mempelajari kaitan antara fisiologi dengan perilaku dengan mencatat respon fisiologis manusia yg disebabkan reaksi psychologisnya seperti atensi.

dibandingkan dengan psikoanalisis atau psikoterapi tradisional lainnya. atau bentuk pembicaraan diri (self talk) terhadap orang lain (misalnya. Memasuki tahun 70-an. Sejarah Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) dapat dilacak dari awal para perintis psikologi. Pendekatan kognitif berusaha memfokuskan untuk menempatkan suatu pikiran. Sedangkan Konseling Behavioral memfokuskan pada kegiatan (tindakan) yang dilakukan klien. menentukan bentuk imbalan (rewards) yang dapat mendorong klien untuk melakukan tindakan tertentu. hidup saya sengsara sehingga sulit untuk dapat menentukan tujuan hidup saya). terapi juga memfokuskan pada upaya membelajarkan klien agar dapat memiliki cara berpikir yang lebih positif dalam berbagai peristiwa kehidupan dan tidak hanya sekedar berupaya mengatasi penyakit atau gangguan yang sedang dialaminya. pengangguran.. konseling kognitif memfokuskan pada kegiatan mengelola dan memonitor pola fikir klien sehingga dapat mengurangi pikiran negatif dan mengubah isi pikiran agar dapat siperoleh emosi yang lebih positif. seperti: kematian. masalah yang berhubungan dengan anak-anak dan stres. guna mencegah klien melakukan tindakan yang tidak dikehendaki. dan dapat memenuhi gaya hidup tertentu. perceraian. konselor dan klien bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku negatif yang menyebabkan timbulnya gangguan fisik-emosional. para pemikir dan praktisi aliran kognitif dan perilaku (behavioral) berusaha menggabungkan kedua pendekatan tersebut sehingga menghasilkan Konseling Kognitif-Behavioral. kecuali untuk konseling kognitif. Apa yang dipraktikkan sekarang ini sesungguhnya telah dikembangkan sejak tahun 50-an dan 60-an. Fokus dalam terapi ini adalah berusaha mengubah pikiran atau pembicaraan diri (self talk). Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) dapat digunakan dalam rangka membantu menangani berbagai masalah yang dihadapi individu: seperti : depresi. pemberian konsekuensi yang tidak menyenangkan.memperoleh pengalaman yang memuaskan. keyakinan. Sejak tahun 80-an hingga sekarang ini. kecacatan. . Dalam Terapi Kognitif-Behavioral (TKB). kecemasan dan gangguan panik. Konseling Kognitif-Behavioral telah berkembang dan memiliki daya tarik tersendiri karena telah terbukti efektivitasnya dan mampu memberikan pelayanan dalam waktu yang lebih singkat. atau dalam menghadapi peristiwa hidup lainnya. Dengan kata lain. Selain itu. dengan cara memodifikasi pola pikir dan perilaku tertentu.

Secara ringkas. Tidak seperti proses konseling tradisional umumya. sebagai berikut:   Membantu klien dalam mengenali. . Jika proses berpikirnya dapat berhasil dirubah. telah membuktikan bahwa Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) merupakan sebuah model sederhana yang sukses dan ampuh sebagai salah bentuk treatment psikologis. Setiap bentuk pemikiran yang menyimpang klien ini dapat mempengaruhi tingkat emosi dan perilakunya. Berdasarkan hasil studi beberapa dekade belakangan ini. titik yang paling efektif untuk dilakukan intervensi adalah pada tingkat pikiran yang menimbulkan rasa sakit tersebut. Dalam memperlakukan orang yang mengalami kesulitan psikologis. keyakinan. Beth Horwin mengemukakan proses konseling kognitif. LPC. maka dengan sendirinya perubahan dalam emosi dan perilaku akan mengikutinya.Proses Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) membantu klien dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan spesifik dari apa yang dia pikirkan dan menyebabkan timbulnya perasaan negatif dan menyakitkan.behavioral ini. termasuk didalamnya adalah hasil jangka pendek (segera) dari proses konseling yang sedang berjalan. latihan relaksasi. Saat ini Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) telah banyak diterapkan oleh para profesional di seluruh Amerika Serikat dan secara internasional. menganalisis dan mengelola keyakinannya. dan sebagainya). dan assertive training. meditasi. (misalnya asumsi. Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) lebih memfokuskan pada hasil dan tujuan. sedikitnya terdapat 60 variasi. berdasarkan pengalamannya sebagai seorang therapist. rasional dan berkeinginan untuk memiliki gairah dan kenikmatan dalam hidup mereka” demikian menurut Beth Horwin. Membiarkan klien bersandar pada memorinya. dan berusaha untuk memvalidasimya. teknik mengelola kemarahan. yaitu tercapainya pengalaman positif klien yang relatif cepat dengan adanya kemajuan perasaan yang lebih lega dan daya tahan. Berbagai teknik dan strategi behavioral therapy dapat digunakan untuk meningkatkan hasil perawatan (misalnya. nilai-nilai). “Jenis konseling ini adalah yang paling efektif dalam berurusan dengan individu-individu yang cerdas. Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) merupakan proses terapi yang mengambil banyak bentuk.

setelah proses apa tujuan hidup dia di dunia ini  pada upaya penurunan emosi yang negatif  memeriksa/memguji kembali apa yang telah diucapkannya dengan kenyataan dirinya.Menurut Marquis. A Perspective on Cognitive Behavioral Therapy. tentang siapa dirinya dan Menjaga fokus pada upaya meningkatkan “kepuasan hidup secara menyeluruh”. tentang penetapan tujuan Melanjutkan untuk melakukan pekerjaan ini untuk waktu jangka panjang.  dan pemecahan masalah). Mereka kesulitan untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka dan menderita akibat hipersensitifitas terhadap suara. Jadi tingkah laku berfokus pada bagaimana orang-orang belajar dan kondisi-kondisi apa saja yang menentukan tingkah laku mereka. Krumboln adalah promotor utama dalam menerapkan . cahaya ataupun sentuhan sehingga terkadang mereka berlaku kasar atau mengganggu. Menempatkan dan menitikberatkan pada keyakinan klien. Sumber: Terjemahan bebas dari tulisan: Beth Horwin. terapi tingkah laku adalah suatu teknik yang menerapkan informasiinformasi ilmiah guna menemukan pemecahan masalah manusia.  konseling selesai. LPC. TERAPI TINGKAH LAKU Anak yang mengalami masalah dalam tumbuh kembang serta anak yang menderita autis seringkali terlihat frustasi. bukan Membelajarkan dan mendidik yakni memberikan kesempatan kepada klien untuk Mengidentifikasi dan berbagai keterampilan praktis (misalnya. Seorang terapis tingkah laku dilatih untuk dapat mengetahui penyebab dibalik prilaku negative tersebut dan merekomendasikan perubahan terhadap lingkungan ataupun keseharian anak untuk dapat memperbaiki tingkah lakunya.Istilah terapi tingkah laku atau konseling behavioristik berasal dari bahasa Inggris Behavior Counseling yang untuk pertama kali digunakan oleh Jhon D. Krumboln (1964).

sebagai reaksi terhadap corak konseling yang memandang hubungan antar pribadi. Ciri-ciri dan Tujuan Terapi Tingkah Laku Konsep utama terapi tingkah laku ini adalah keyakinan tentang martabat manusia. . Aliran baru ini menekankan bahwa hubungan antar pribadi itu tidak dapat diteliti secara ilmiah. Perubahan dalam perilaku itu harus diusahakan melalui suatu proses belajar atau belajar kembali yang berlangsung selama proses konseling. tepat atau salah berdasarkan bekal keturunan dan lingkungan (nativisme dan empirisme). menangkap apa yang dilakukannya dan mengatur serta mengontrol perilakunya sendiri. yang selama proses konseling melalui prosedur-prosedur dan teknik-teknik tertentu akhirnya menghasilkan perubahan yang nyata. Jadi perilaku manusia merupakan hasil suatu proses belajar dan karena itu dapat diubah dengan belajar baru. Konsep Utama. Oleh karena itu proses konseling dipandang sebagai suatu proses pendidikan yang terpusat pada usaha membantu dan kesediaan dibantu untuk belajar perilaku baru. Manusia mampu untuk berefleksi atas tingkah lakunya sendiri. bagus atau jelek. meskipun dia melanjutkan aliran yang sudah dimulai sejak tahun 1950. proses konseling pada dasarnya sebagai suatu proses belajar. Manusia mempunyai potensi untuk bertingkah laku baik atau buruk. sedangkan perubahan nyata dalam prilaku konseling memungkinkan dilakukan penelitian ilmiah. Dengan demikian. terbentuk pola-pola bertingkah laku yang menjadi ciri-ciri khas kepribadiannya. yang juga dapat disaksikan dengan jelas. Manusia pada dasarnya tidak berakhlak baik atau buruk. Perhatian difokuskan pada perilaku-perilaku tertentu untuk dapat diamati. dan dengan demikian mengatasi berbagai macam masalah. b. B.pendekatan behavioristik terhadap konseling. yang sebagai bersifat falsafah dan sebagian lagi bercorak psikologis. yaitu : a. antara konselor dan konseling sebagai komponen yang mutlak diperlukan dan sekaligus cukup untuk memberikan bantuan psikologis kepada seseorang.

Tujuan klien ditentukan dan dipaksanakan oleh terapi tingkah laku. apakah perilaku itu tepat dan sesuai dengan situasi kehidupannya atau tidak tepat atau salah atau dikatakan bahwa baik tingkah laku tepat maupun tingkah laku salah. 2. . Pemusatan perhatian pada tingkah laku yang tampak dan spesifik Kecermatan dan penguraian tujuan-tujuan treatment Perumusan prosedur treatment yang spesifik yang sesuai dengan masalah Penaksiran obyektif atau hasil-hasil terapi. Kalau perilaku konseling ditinjau dari sudut pandang. Sedangkan tujuan dari terapi tingkah laku itu adalah menciptakan proses baru bagi proses belajar. karena tingkah laku salah juga merupakan hasil belajar. bagi seorang konselor perilaku konseling merupakan hasil pengelaman-pengalaman hidupnya dalam berinteraksi dengan lingkungannya. 3. antara lain : 1. 4. Manusia dapat mempengaruhi perilaku orang lain dan dirinya dipengaruhi oleh perilaku orang lain. 2. Dengan kata lain kalau seseorang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri. Sejalan dengan keyakinan-keyakinan itu. Bahwa tujuan terapi semata-mata menghilangkan gejala suatu gangguan tingkah laku dan setelah gejala itu terhapus. tingkah laku yang salah itu juga dapat dihapus dan diganti dengan tingkah laku yang tepat melalui proses belajar.c. Adapun ciri-ciri terapi tingkah laku itu sendiri adalah : 1. gejala baru akan muncul karena penyebabnya tidak ditangani. Manusia mampu untuk memperoleh dan membentuk sendiri pola-pola tingkah laku yang baru melalui suatu proses belajar. d. karena segenap tingkah laku adalah dipelajari. Ada beberapa kesalah-pahaman tentang tujuan terapi tingkah laku. hal itu disebabkan karena seseorang itu telah belajar bertingkah laku yang salah. maka merupakan hasil belajar. Kalau pola-pola lama dahulu dibentuk melalui belajar.polapola itu dapat diganti melalui usaha belajar yang baru.

Pengkondisian Operan.com/jenis-terapi-anak/terapi-tingkah-laku. yang beroperasi di lingkungan untuk menghasilkan akibat-akibat.C. 3. Teknik ini digunakan untuk meredakan gangguan behavioral yang spesifik dengan stimulus yang menyakitkan sampai stimulus yang tidak diinginkan terhambat kemunculannya.childcare-center. Teknik ini digunakan untuk menghapus tingkah laku yang diperkuat secara negatif dan menyertakan pemunculan tingkah laku yang hendak dihapus. http://www. Teknik Inflosif dan Pembanjiran. Tingkah laku operan adalah tingkah laku yang memancar yang mencari ciri organisme yang aktif. yaitu : 1. pelatih. Teknik ini diterapkan pada individu yang mengalami kesulitan menerima kenyataan bahwa menegaskan diri adalah tindakan yang layak benar. Latihan atau teknik ini membantu orang yang : . Teknik-teknik Terapi Tingkah Laku Ada lima macam teknik terapi tingkah laku. orang tua atau pasien itu sendiri. Teknik ini berlandasakan kepada paradigma penghapusan eksperimental. Teknik ini terdiri atas pemunculan stimulus dalam kondisi berulang-ulang tanpa memberikan penguatan. Stimulus aversi ini biasanya berupa hukuman dengan kejutan listrik atau pemberian ramuan yang memualkan.html HYPNOTHERAPY . D. Kegunaan Terapi Tingkah Laku Terapi tigkah laku dapat digunakan dalam menyembuhkan berbagai gangguan tingkah laku dari yang sederhana hingga yang kompleks. 2. Desensitisasi Sistematik. Di samping itu terapi tingkah laku dapat dilaksanakan oleh guru.Tidak mampu mengungkapkan kemarahan atau perasaan tersinggung. Latihan Asertif. Teknik Aversi.Memiliki kesulitan untuk mengatakan tidak -Dan bentuk lainnya 4. 5. baik individu atau kelompok.

memori atau suggesti baru untuk ditanamkan sehingga dijadikan pemahaman atau nilai baru dalm pikiran bawah sadar. Namun perlu diketahui bahwa tidak selamanya sesi hypnotherapy dilakukan saat klien dalam keadaan "Tidur"(Hypnosis state) karena dalam kasus . Hypnotherapy juga merupakan teknik yang sangat efektif untuk menjangkau pikiran bawah sadar seseorang.Hypnotherapy adalah Salah satu cara untuk mengatasi berbagai macam permasalahan psikilogis (Psikoterapi) dengan mengaplikasikan teknik hypnosis.kasus tertentu Hypnotherapy dapat dilkuan dalam keadaan mata terbuka(Normal State) atau dalam kata lain Wakeing Hypnosis. • Memberikan Saran. kemudian klien akan dibuat "seperti tertidur" (Hypnosis State). Dalam setiap sesi Hypnotherapy diperlukan adanya kerjasama antara klien dengan Hypnotherapist. Secara garis besar mekanisme dari hypnotherapy adalah : • • Mencari penyebab atau akar permasalahan yang tertanam dalam pikiran bawah sadar. Biasanya pada setiap sesi Hypnotherapy klien akan dibimbing untuk melakukan relaksasi terlebih dahulu. setelah itu barulah teurapetic procedur bisa dilakukan. pengalaman atau pemahaman yang tertanam dalam pikiran bawah sadar. Oleh karena itu Hypnotherapy sangat efektif jika dilakukan atas keinginan dari diri sendiri. Melakukan edukasi atau memberikan sudut pandang lain terhadap sebuah permasalahan didalam pikiran bawah sadar. . karena pada umumnya permasalahan psikologis disebabkan oleh memori. karena dalam kondisi itu pikaran Sadar(Conscious Mind) cenderung tidak aktif dan pikiran bawah sadar (Sub Conscious Mind) sangat terbuka dan sangat aktif. sesuai dengan keinginan atau kebutuhan klien.

[1] . klien masih bisa mengetahui serta mengingat apa yang terjadi selama sesi hipnotherapy berlangsung. Hypnotherapy Area : • • Stress Relaksasi* Insomnia Pengendalian rasa sakit Pengendalian Berat Badan* Psikosomatik Permasalahan Seksual* dan sebagainya Trauma* Phobia* Motivasi* Kecanduan / Kebiasaan buruk* Percaya Diri* Sport ( * ) Hypnotherapi area specialist Ferdians TERAPI GEN Terapi gen adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperbaiki gengen mutan(abnormal/cacat) yang bertanggung jawab terhadap terjadinya suatu penyakit. seperti penyakit fibrosis sistik.[2]Penggunaan terapi gen pada penyakit tersebut dilakukan dengan memasukkan gennormal yang spesifik ke dalam sel yang memiliki gen mutan. terapi gen diciptakan untuk mengobati penyakit keturunan (genetik) yang terjadi karena mutasi pada satu gen. mekanismeterapi gen lain yang dapat digunakan adalah melakukan rekombinasi homolog untuk melenyapkan gen abnormal dengan gen normal.[2] Terapi gen kemudian berkembang untuk mengobati penyakit yang terjadi karena mutasi di banyak gen.[1]Pada awalnya.Tidur dalam Hypnosis State bukan berarti hilang kesadaran atau hilang kendali. klien masih memegang kendali atas dirinya. seperti kanker. mencegah ekspresi gen abnormal melalui teknik peredaman gen. dan melakukan mutasi balik selektif sehingga gen abnormal dapat berfungsi normal kembali.[2] Selain memasukkan gen normal ke dalam sel mutan. karena walaupun klien telah memasuki Hypnosis State.

Tapi. ada juga dukanya. Sang ibu berkata. Maka dari itu. Setiap minggunya mereka rutin datang untuk terapi. Banyak orang yang malu untuk datang berkonsultasi ke psikolog.S. banyak sekali kasus yang berkesan buat saya. yaitu di saat pasien yang saya terapi secara rutin berhenti tanpa kabar atau harus pindah ke luar kota. Sang ibu khawatir karena sang anak terlalu pencemas. Kasus yang Paling Berkesan Karena saya sudah lama terjun di bidang ini. kita bisa mengatur waktu kerja sesuai dengan yang diinginkan. bagaimana jika anak saya masih seperti ini jika saya tidak ada?”. akan ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan. Rintangan atau Hambatan yang Pernah Dirasakan Banyak sekali. jadi mereka berpikir bahwa orang yang datang ke psikolog adalah orang yang sakit jiwa. Pada akhirnya anaknya menjalani terapi relaksasi dan mulai ada perubahan. sang pasien mengatakan secara langsung kemajuan yang ia rasakan. namun tidak datang di minggu – minggu berikutnya. “Bu dewi. Tetapi 2 bulan kemudian sang ibu datang dan berkata bahwa sang anak berprilaku aneh.Wawancara Narasumber : Nama : Dewi Kumaladewi. Keuntungan atau Kelebihan dari Profesi – Profesi Lainnya Konselor dan Psikoterapis pada umumnya adalah freelance. Senang rasanya bisa melihat pasien saya lebih baik dan mengalami kemajuan setelah saya terapi. dia sering melakukan sesuatu secara berulang – ulang (obsesif – .Psi. Sang anak sering kali stress yang berlebihan saat menghadapi ujian ataupun hal lainnya. Pikiran mereka terbaur dengan psikiater.Psi Pekerjaan : Psikolog (Konselor dan Terapis) Kesan – Kesan Selama Menjadi Konselor dan Penerapi Ada berbagai macam kesan yang saya dapatkan selama ini. pastinya akan ada rasa kehilangan. yaitu ada suka dan ada duka. M. Saya pernah merasakan masa – masa bahwa masyarakat kita belum paham mengenai psikologi. di mana profesi ini berdiri sendiri. Salah satunya ada sebuah kasus di mana sang ibu mengkonsultasikan anaknya yang duduk di bangku 4 SD. Apalagi.

setelah saya terapi. Sang ibu datang ke rumah sakit karena sering menderit sakit kepala. Operasi sang ibu mengakibatkan kelumpuhan total. Sang ibu menyatakan kekhawatirannya pada sang anak yang terlalu pencemas dan menginginkan sang anak menjadi pribadi yang tangguh. sang ibu meninggal dunia dan meninggalkan sebuah surat di komputernya. tapi ternyata tidak bisa langsung dioperasi karena terlalu berbahaya. sang ibu menjalani beberapa tes. Sang ibu menangis dengan keras. Akhirnya sang ibu memutuskan untuk operasi.compulsive). Sampai pada akhirnya sang ibu didiagnosa memiliki tumor otak. Maka dari itu. dan selama 8 bulan itu pula sang anak terus menjalani terapi dengan saya. Namun sang anak tetap bisa melaksanakan ujian dengan baik dan mendapat SMP yang bagus. . Bu Dewi mempertanyakan sebabnya. Sampai akhirnya pada saat sang anak kelas 2 SMP. Maka setelah 8 bulan kemudian sang ibu menjalani operasi. tanpa menyadari bahwa sang anak berada di sebelahnya. seperti mencuci tangan lebih dari dua puluh kali. dan ternyata sang ibu menjelaskan bahwa anaknya mulai berprilaku seperti itu setelah pulang dari rumah sakit.

sedangkan psikoterapi terutama menangani orang yang mengalami ganguan psikologis. di mana keterampilan petugas bantuan tersebut beserta suasana yang diciptakannya dapat membantu orang belajar berhubungan dengan dirinya sendiri dan dengan orang lain dengan cara yang lebih menghasilkan pertumbuhan. berorientasi sadar dan berjangka pendek. konfrontatif. Psikoterapis sering mempraktekkan apa yang oleh konselor dipandang sebagai konseling. C. kedua bidang ini tetap berbeda. Pesamaan Konseling dan Psikoterapi Terdapat banyak persamaan antara konseling dan psikoterapi.Nama : Yolanda Chyntya N. 5. 6. Perbedaan Konseling dan Psikoterapi Meskipun demikian. Konselor sering mempraktekkan apa yang oleh psikoterapis dipandang sebagai psikoterapi.B NPM : 190110100132 Konseling dan Psikoterapi A. B. Konseling dan Psikoterapi Cavanagh mendefinisikan konseling sebagai hubungan antara seorang petugas bantuan yang terlatih dengan seseorang yang meminta bantuan. yaitu : 4. berorientasi tak sadar. 5. Konseling lebih edukatif. sedangkan psikoterapi sengaja dibuat lebih ambigu dan memiliki tujuan yang berubah-ubah dan berkembang terus. suportif. dan berjangka panjang. Konseling dan psikoterapi tidak dapat dibedakan secara jelas. Konseling lebih terstruktur dan terarah pada tujuan yang terbatas dan konkret. Konseling pada umumnya menangani orang normal. 6. . sedangkan psikoterapi lebih rekonstruktif. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara konseling dan psikoterapi : 4.

Tujuan dari tahap ini adalah membahas bersama klien apa yang diinginkannya dalam proses konseling. Membangkitkan kesadaran klien untuk berubah Pada tahap kelima ini hal yang penting konselor mulai bekerja dari pembahasan perasaan sampai memiliki kesadaran. Perencanaan dan kegiatan Tujuannya adalah membantu klien untuk menempatkan ide-ide dan kesadaran baru yang ditemukan ke dalam tindakan kehidupan sesungguhnya dalam rangka mengaktualisasikan model. proses problem solving. Beberapa kegiatan dalam tahap ini: klarifikasi sifat dasar masalah dan memilih strategi. yaitu: 1. Tahap 2: membina hubungan Tujuan dari tahap ini adalah membangun suatu hubungan yang ditandai oleh adanya kepercayaan klien atas dasar kejujuran dan keterbukaan. membantu klien menjelaskan inti masalah yang dialaminya. nilai dan batas pengekspresian perasaan. kemenarikan dan layak untuk dipercayai. Tahap 4: bekerja dengan masalah dan tujuan Tujuan dari tahap ini adalah ditentukan oleh masalah klien. 5. Strategi yang dapat digunakan: menyambut klien dengan hangat. Tahap 3: menetapkan tujuan konseling dan menjelajahhi berbagai alternative yang ada. Proses Konseling dan Psikoterapi Terdapat tujuh langkah proses konseling dan psikoterapi yang dijelaskan dalam Brammer and Shostrom (1982). mengekpresikan perasaan dalam model aktualisasi. 4. 6. penyelidikan perasaan klien lebih jauh. Tahap 1: membangkitkan minat dan membahas perlunya bantuan pada diri klien Tujuan tahap ini adalah memungkinkan klien mengemukakan masalahnya dan mengetahui sejauh mana klien menyadari perlunya bantuan dan menyiapkan dirinya dalam proses konseling. keinginan klien dan gaya komunikasi yang dibangun oleh keduanya. Suksesnya konseling ditentukan oleh: keahlian. 2. 3. hal ini bertujuan untuk membantu klien memperoleh kesadaran yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan mereka selama mengikuti proses konseling. pendekatan dan teori yang digunakan konselor.D. Klien diajak untuk merumuskan tujuan berkaitan dengan permasalahannya. .

Evaluasi hasil dan mengakhiri konseling Kriteria utama keberhasilan konseling dan indikator kunci mengakhiri proses konseling dan terapi adalah sejauh mana klien mencapai tujuan konseling.7. .

aspek disiplin. Psikologi perkembangan ialah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. psikologi remaja. terjadi dalam beberapa tahap (saling berkesinambungan). meliputi perkembangan psikologis manusia. ada variasi individu dan memiliki prinsip keserasian dan keseimbangan.Nama : Nurisabila M NPM : 190110100113 Psikologi Perkembangan Perkembangan Perkembangan adalah perubahan ke arah kemajuan menuju terwujudnya hakekat manusia yang bermartabat atau berkualitas. masa anak sekolah.Perkembnagan mengikuti pola/arah tertentu (karena perkembangan individu dapat terjadi perubahan perilaku yang dapat dipertahankan atau bahkan ditinggalkan). tahap kandungan. masa remaja dan masa adonelen yang lebih lanjut akan disebut dengan periodesasi perkembangan. Perkembangan merupakan proses yang tidak akan berhenti dan setiap perkembangan memiliki tahapan tahapan yaitu : tahap dikenangkan. aspek agama dan aspek sosial). Perkembangan Individu memiliki beberapa prinsip-prinsip yaitu: Never ending process (perkembangan tidak akan pernah berhenti). tahap anak. ilmu ini termasuk psikologi khusus. Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi (aspek emosional. masa bayi. Dalam ruang lingkup psikologi. membahas tentang perkembangan manusia sepanjang masa kehidupannya. yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu. tahap remaja. psikologi keluarga dan membuat rancangan teoritis intervensi untuk mengoptimalkan perkembangan individu dalam kehidupan masyarakat. dan tahap lansia. Perkembangan memiliki sifat holistik (menyeluruh/kompleks) yaitu : terdiri dari berbagai aspek baik fisik ataupun psikis. tahap dewasa. ada juga yang menggunakan patokan umur yang dapat pula digolongkan dalam masa intraterin. Dalam bidang keilmuan Psikologi Perkembangan. psikologi perkembangan anak. .

perasaan. baik segi pengenalan. Teori-teori psikologi perkembangan Sejumlah ide yg koheren.  Untuk memahami diri kita sendiri dengan mempelajari psikologi sedikit banyak orang akan mengetahui kehidupan jiwanya sendiri. . yaitu dengan bekal psikologi perkembangan:  Mereka dapat memilih dan memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu. menjelaskan. dan memprediksi perubahan-perubahan perilaku dan proses mental manusia sepanjang rentang kehidupannya.  Mereka dapat memilih metode pengajaran dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid-murid mereka. dan berfungsi untuk menggambarkan. dasardasar biologis perilaku-proses mental. sangat berguna bagi guru.  Pengenalan dan pemahaman terhadap kehidupan jiwa sendiri merupakan bahan yang sangat penting untuk dapat memahami kehidupan jiwa orang lain. termasuk tingkat kenormalan tingkah laku kita sendiri. mengandung hipotesis-hipotesis dan asumsi-asumsi yg dpt diuji kebenarannya.  Dengan mengetahui jiwanya dan memahami dirinya itu maka orang dapat menilai dirinya sendiri.  Dengan bekal pengetahuan psikologi juga dapat dipakai sebagai bahan untuk menilai tingkah laku normal. Pengetahuan Psikiologi Perkembangan. Teori-teori yang dipelajari: 1. Teori biologis Menekankan faktor Nature sebagai penentu perkembangan manusia: maturitas. Dipengaruhi pemikiran Charles Darwin-perspektif evolusioner.Kegunaan psikologi perkembangan  Dengan mempelajari psikologi. orang akan mengetahui fakta-fakta dan prinsip-prinsip mengenai tingkah laku manusia. maupun tingkah laku lainnya. kehendak. sehingga kita dapat mengetahui apakah tingkah laku seseorang itu sesuai tidak dengan tingkat kewajarannya.

Teori Psikodinamika (psikoseksual) Perkembangan manusia sebagai hasil dr proses konfrontasi dan akomodasi antara pertumbuhan individual dan tuntutan sosial. Kelemahan: Kesulitan menguji secara empirik--menilai secara objektifkarena konsep-konsepnya ambigous: bagaimana mengukur konsep libido. John Bowlby (teori etologis). Teori Psikososial Tokoh: Erik H. Watson Jenis-jenis perkembangan (Types of changes in Development) Perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan digolongkan ke dalam 4 jenis.Erikson Asumsi: perkembangan kepribadian manusia terjadi sepanjang rentang kehidupan perkembangan kepribadian manusia dipengaruhi oleh interaksi sosial—hubungan dgn orang lain perkembangan kepribadian manusia ditentukan oleh keberhasilan atau kegagalan seseorang mengatasi krisis yang terjadi pd setiap tahapan sepanjang rentang kehidupan. sedikit demi sedikit. pelajaran. Tokoh teori belajar kondisioning klasik: Ivan Pavlov. 2. yaitu:  Perubahan dalam ukuran (changes in size)  Perubahan dalam perbandingan ( changes in proportion) . berangsurangsur. Tokoh: Sigmun Freud. Memusatkan perhatian pd perkembangan kepribadian-perkembangan perasaan. Perkembangan sebagai proses kontinyu-perubahan terjadi secara gradual.Tokoh-tokoh: Arnold Gessel (teori maturasional) dan Konrad Lorenz. struktur kepribadian secara langsung? 3. 4. Niko Tinbergen. John B. keyakinan. Teori Belajar Perkembangan lebih ditentukan oleh faktor lingkungan-pengalaman. dan perilaku yg rasional maupun tidak rasional. antara dorongan dasar manusia dan tuntutan masyarakat.

dan lain-lain. psikologi klinis adalah bidang psikologi yang membahas dan mempelajari kesulitan-kesulitan serta rintangan emosional pada manusia. Psikologi Klinis menggunakan konsepkonsep Psikologi Abnormal. yaitu Psikologi Kesehatan dan Psikologi Medis. walaupun untuk itu kita harus juga menyimak tentang pelayanan kesehatan fisik dan penanganan medis pada umumnya. Psikopatologi dan Psikologi Kepribadian. Kecuali itu.1968). psikolog kesehatan. Psikologi Klinis menopang gejala-gejala yang dapat mengurangi kemungkinan manusia untuk bahagia. serta prinsip-prinsip dalam assesment dan intervensi. psikologi klinis tugasnya ialah mempelajari orang-orang abnormal atau subnormal. Tugas utama psikologi klinis adalah menggunakan tes yang merupakan bagian integral suatu pemeriksaan klinis yang biasanya dilakukan di rumah sakit.  Dilihat dari cakupannya. gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku anormal. psikolog klinis. Untuk itu. Psikologi Perkembangan.  Ada dua cabang ilmu dalam naungan Psikologi Klinis. Memang istilah ’kesehatan’ dan ’medis’ bukan saja terkait erat. Psikologi Industri. Kebahagiaan erat hubungannya dengan kehidupan emosional-sensitif dan harus dibedakan dengan kepuasan yang lebih berhubungan dengan segi-segi rasional dan intelektual (Yap Kie Hien. untuk dapat memahami maslah-masalah psikologis. Pengertian wujud ( Disappearance of Old Features)  Memperoleh wujud baru ( Acquisition of New Features)      Nama : Hana Hajar Hasanah NPM : 190110100099 APA YANG PERLU DIPELAJARI OLEH KONSELOR DAN TERAPIS ANAK? PSIKOLOGI KLINIS  Psikologi Klinis adalah salah satu bidang psikologi terapan selain Psikologi Pendidikan. namun sering menjadi dua istilah yang digunakan secara sinonimus (persamaan arti kata). psikologi klinis dapat diartikan secara sempit atau luas. sebagian besar masyarakat pada umumnya sering dihadapkan pada ketidakjelasan perbedaan pelayanan psikiater. tidak memandang ia abnormal atau subnormal. dan psikolog medis. marilah kita . Secara sempit. Dalam cakupan yang lebih luas.

mengembangkan spesifikasi pelayanan pada setting kesehatan dan medis. Jadi kalaupun seorang Psikolog Klinis bekerja di setting medis (rumah sakit). Dengan demikian. Tentu saja pilihan metode psikoterapinya sangat bergantung pada permasalahan psikologi yang dialami penderita/klien serta keahlian khusus yang dimiliki Psikolog Klinis tersebut. Apalagi. Luasnya cakupan pelayanan Psikologi Klinis. kesehatan masyarakat. untuk kemudian mengikuti pendidikan Magister Psikologi Terapan dengan mayoring Psikologi Klinis.  Berlainan dengan psikiater yang landasan dasar keilmuannya adalah Ilmu Kedokteran. maka landasan keilmuan Psikolog Klinis adalah Ilmu tentang Perilaku Manusia (Psikologi). karena hubungan resiprokal antara aspek fisik dan mental tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Kecuali di setting medis (rumah sakit). perkawinan. dan sebagainya. seperti misalnya menulis resep.  Ada beberapa metode psikoterapi yang dapat dilakukan oleh Psikolog Klinis. Psikolog Klinis adalah ahli yang latar belakang pendidikannya dari sejak jenjang pendidikan strata I adalah ilmu perilaku manusia.simak bersama uraian di bawah ini. keluarga/kelompok. Andaikata pasien membutuhkan pelayanan psikologi klinis baik yang atas kehendak sendiri atau rujukan dari dokter/profesi lain. Psikolog Klinis tidak berhak bahkan dilarang keras memberikan pelayanan medicamentus. maka psikoterapi dilaksanakan dengan landasan dasar keilmuan psikologi pula. ketegangan emosi seseorang yang mengalami kesulitan memecahkan masalah psikologis yang dihadapi sering memanifestasi dalam bentuk keluhan fisik. kesehatan mental individu. misalnya psikoterapi/konseling psikologi individual. dan lain-lain. di samping perawatan medis seorang pasien sering membutuhkan pendampingan Psikolog Klinis untuk membantu pemulihan kesehatan aspek mentalnya. psikolog klinis pun dapat memberikan pelayanan di setting sekolah. Luas dan banyaknya metode dalam psikoterapi memang akhirnya menuntut Psikolog Klinis untuk memilih metode psikoterapi mana yang dikuasai dan benar-benar didalami serta ditekuni secara khusus untuk pelayanan intervensi psikologi khusus bagi penderita/klien yang menghadapi permasalahan psikologis khusus pula. Pendekatan Holistik mengungkapkan bahwa seorang yang sakit fisik juga sekaligus sakit mental. dan lain-lain. industri.  . menyarankan penggunaan obat-obatan.

dll. klinik. untuk menggulangi stress. Penelitian Dikerjakan oleh psikologi klinis dalam berbagai macam bentuk riset investigasi. seperti 4. ada beberapa peranan yang dimiliki psikolog klinis sebagai berikut : 1. keterbatasan maupun kelebihannya. penyebab dan akibat dari disfungsi psikologis. Berkaitan dengan tugas ini. dll. b. mengkaji keefektifan berbagai pendekatan terapi atau konsultasi. Konsultasi Termasuk memberikan bimbingan bagi perseorangan. Peranan Psikologi Klinis Tugas professional seorang psikolog klinis adalah mengimplementasikan prinsip dasar psikologis klinis sebagai ilmu terapan. terapis membangun sikap dan mengerjakan ketrampilan atau cara kepada pasien c. psikologi klinis. psikologi abnormal. kelompok atau badan system dan organisasi untuk mengembangkan kualitas diri. baik menyangkut 3. Assesment Assessment adalah propses yang digunakan psikolog klinis untuk mengamati dan mengevaluasi masalah social dan psikologis pasien. a. Terapan Istilah khusus untuk psikologi adalah psikoterapi. Disebut konsultasi karena tujuan psikolog klinis dalam hal ini membantu pasien melalui pekerjaan atau permasalahan mereka. a. . Pada umumnya terapi menampilkan empat gambaran kegiatan yaitu : Membantu hubungan murni yang bersifat memelihara hubungan antara terapis dan pasien. 2. membantu klien melakukan eksplorasi (pengalihan diri) b terapis dank lien bekerjasama memecahkan masalah . Mengajar Mengajar adalah memberikan informasi dan pelatihan mengenai topic-topik yang termasuk ruang lingkup pengetahuan yang melandasi profesinya. Administrasi Dilaksanakannya oleh psikolog klinis sesuai dengan jabatannya dalam posisi manajerial seperti di RS.

dan saling menolong. • Segera memisahkan ketika anak melakukan tindakan agresive • Mengajarkan anak untuk mau menghargai. • Mengembangkan hobi anak Masalah : Anak Korban Orang Tua Ambisius (PUSH PARENTING) Penyelesaian : • Konselor harus berbicara dengan orang tua. Masalah : Agresivitas Anak Penyelesaian: Melakukan treatment atau layanan berupa : • Mengingatkan orang tua agar tidak terlalu memanjakan. • Mengingatkan oranng tua untuk tidak membiarkan anak ketikan menonton acara televisi yang mengandung kekerasan. • Mendapatkan konseling individual untuk mengembalikan situasi kejiwaan yang sehat.Nama : Reisha Hermana Maurits NPM Masalah yang Biasa Dihadapi. menyayangi. • Mendapatkan bimbingan dan konseling agar tumbuh rasa percara diri dan percaya kepada orang tuanya. • Dll : 190110100079 Masalah : Anak Borderline yang Mengikuti Pendidikan di Sekolah Reguler Penyelesaian : Melakukan beberapa tindakan khusus seperti : • Mendapatkan bimbingan yang tepat dan intensif dalam proses pembelajarannya. • Mengingatkan orang tua untuk tidak memberikan hukuman berupa hukuman fisik. • Mendapatkan konseling individual untuk dapat menerima dirinya apa adanya. Dalam perbincangan dengan orang tua itu konselor dapat memberikan beberapa masukan penting yang harus diperhatikan orang tua untuk mendukung dan mempercepat proses kesembuhan si anak . dengan tujuan menyadarkan dan mengajak mereka melihat bersama-sama bahwa akar penyebab permasalahan anak mereka adalah pola asuh yang keliru.

berikanlah pujian. bicaran dan perilaku peduli • Memberi pengertian tentang efek negetive egois • Berikan penguatan terhadap sikap anak yang tidak menunjukan mementingkan diri sendiri . berikan pengertian bahwa tindakan itu tidak benar dan tenangkan anak • Ketika anak sudah mulai mengurangi kemanjaanya.Masalah : Anak yang Terlampau manja Penyelesaian : Melakukan treatment atau layanan berupa • Mendorong orang tua untuk konsisten tidak memanjakan anak • Mengajarkan hidup mandiri terhadap anak mulai dari hal. Masalah : Anak yang Egois Penyelesaian : Melakukan treatment atau layanan berupa • Mengjarkan empati melalui role play • Memberikan contoh.hal kecil • Berkomunikasi pada anak bahwa untuk usianya sudah memiliki tanggung jawab dan tidak semua keinginannya bisa terpenuhi • Saat anak menangis atau merengek karena meminta sesuatu.

Karena seorang konsoler anak tentu lebih tahu bagaimana menangani seorang anak dengan baik dan tidak menjadi salah didik terhadap sang anak.Pada masa kecil terkadang timbul masalah yang mengganggu tumbuh kembang sang anak Di sinilah peran dari konseler anak sangatlah penting. permainan anak-anak. psikologi anak.Mungkin tidak semua orang memiliki masa kecil yang bahagia dan menyenagkan.kebiasaan anak.Seperti kelahiran. remaja. belajar anak. sehingga masalah tersebut tidak berkembang menjadi masalah yang lebih serius.Seorang konsoler anak itu tidak diperkenankan untuk memberikan resep obat terhadap sang anak. pendidikan anak dan semua hal yang berkaitan dengan anak.Nama : Astuti Rahayu Putri NPM : 190110100117 Apa itu Konsoler Anak? Seorang konsoler anak membahas tentang dunia anak-anak mulai dari usia 0 hari sampai 17 tahun.dimana seorang konsoler anak akan memberikan nasihat dan saran kepada orang tua. .tugas seorang konsoler anak hanya menjelaskan perilaku sang anak dan membantu orang tua dalam menangani masalah anak mereka melalui nasihat dan saran. konsultasi anak. ABG penyakit & kesehatan anak-anak.

Kreativitas konselor untuk membuat anak tertarik dan tidak takut juga tidak kalah pentingnya. S. Ada beberapa bidang dalam masalah anak diantaranya bidang anak berkebutuhan khusus dan bidang anak traumatis. Sebenarnya bukan hanya anak yang memiliki masalah yang terlihat jelas (autis atau down syndrome) saja. hyperactive. ataupun anak-anak yang melakukan kriminalitas. biasanya anak-anak memiliki kecenderungan traumatic yang lebih tinggi daripada orang dewasa. sulit mengingat. Anak yang terlihat normal dan sehat fisiknya bisa juga menjadi pasien konseling. yang sebenarnya perlu diawasi dalam perkembangannya.Nama : Azizy Khoiyriyyatul NPM : 190110100078 Reni Anggraeni. Konselor anak memang menangani masalah-masalah pada anak secara global. Misalnya anak yang sulit konsentrasi. Tapi yang . pemurung.psi Tenaga fungsional P2PNFI Regional I Bandung Bidang Kajian Pendidikan Anak Usia Dini “Konselor Anak” Siapa yang biasanya dihadapi? Anak-anak yang pasti. Ada juga konseling yang berhadapan dengan perkembangan anak-anak premature. Anak umur kisaran berapa? Anak-anak dalam kisaran 1-14 tahun Keahlian apa yang bisa mendukung profesi ini (di luar masalah pendidikan) ? Dalam menangani anak-anak yang pasti adalah harus adanya kesabaran yang ekstra. Bidang anak berkebutuhan khusus yaitu yang profesinya mengkhususkan untuk menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus yang sedang ramai yaitu masalah anak autis dan down syndrome. sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Sedangkan dalam bidang anak traumatis menghadapi anak-anak yang mengalami trauma baik karena kecelakaan ataupun kekerasan. tidak terpaku hanya pada anak-anak kebutuhan khusus. Tetapi semua anak-anak yang dalam pertumbuhannya memiliki ‘masalah’.

. Melihat ketertekanan anak-anak yang masih kecil. Terkadang juga melihat anak yang memiliki masalah tetapi orang tuanya hanya menutup mata. rasa senang saat anak yang memiliki masalah traumatic menjadi lebih relax. Dukanya juga banyak. Bisa melihat perkembangan anak-anak. Apa suka duka menjadi konselor anak ? Sukanya banyak.paling penting adalah adanya keahlian membuat anak-anak itu nyaman di dekat kita sehingga proses konseling dapat berjalan dengan lancer.

pdf pada tanggal 15 October 2010 07:58 10/10/10 11:37) %20BIASA/195412071981121%20-%20AHMAD%20NAWAWI/&file=Studi%20Kasus %20Borderline.pdf 10/10/10 11:44 • http://www. Bimbingan dan Konseling” http://www.com/docs/15848155/Studi-Kasus-%28Anak –Manja%29 16/10/10 http://pamangsah.com/index. Psychology Department.ac.farmasiku.kli 2:20 nseling-dan-psikoterapi.id/contents/koleksi/11/828f982c55a3cd7fd2d1ff48088cdb21a406e1 http://id.ac.docstoc.com/docs/14853683/Bimbingan-dan-Konseling-Anak-Agresif http://file.docstoc. diunduh tanggal:16/10/10 10:59) University .psikologi.org/wiki/Biopsikologi pada tanggal 15 October 2010 06 : 54 http://groups.upi.com/docs/15843029/Studi-Kasus-%28Anak –Egois%29 16/10/10 3:39 http://www.com/artikel/psikologi/psikologi-perkembangan/ Power point Irwan Nuryana Kurniawan.DAFTAR PUSTAKA • • • • • http://repository. Indonesian Islamic “Mengenal Psikologi Perkembangan” Blog Arlia Rahmah ”Psikologi Perkembangan.pdf 10/10/10 12:46 • • • • nis • • • • • • http://www.php?dir=Direktori/A%20-%20FIP/JUR.yahoo.blogspot.com/group/Konsultasi-Anak/pukul 20:20 16/10/10 (http://www.php?target=pages&page_id=Definisi_Psikologis http://cybercounselingstaincurup.com/2010/05/ko http://sutisna.com/read/2009/12/17/11234984/mengenal.%20PEND.wikipedia.blogspot.edu/ai.com/2008/10/perkembangan-psikologi-klinis-di.docstoc.seabs.layanan.id/journal/oktober2006/ANAK%20KORBAN%20ORANG %20TUA%20AMBISIUS(PUSH%20PARENTING)%20DAN%20KONSELING %20TERHADAPNYA%20(Lidanial).%20LUAR bf.html.kompas.html http://kesehatan.ui.

pikirdong.org/wiki/Psikoterapi http://istiyanto.com/index.html http://ferdians.com/terapi_anak_autis.com/metode-penyembuhan-baru-bagi-anak-autis/ http://netsains.html Behavioral Therapy.ferdians. Tokoh dan Teori Psikologi » Jurusan Psikologi oleh http://id.com/2008/03/19/klinik-untuk-anak-hiperaktif/ http://ceritamamaayu.blogspot. 12 Februari 2010 adalah.htm http://yuwielueninet.com : Ilmu Psikologi.php/terapi-autisme/10-jenis-terapi-autisme http://www.org/wiki/Terapi_gen 21/11/10 12:56 Muhammad Baitul Alim. option=com_content&view=article&id=19&Itemid=27 17/11/10 6:40 .gelombangotak.php? http://id. LPC.com/jenis-terapi-anak/terapi-tingkah-laku. A Perspective on Cognitive http://www.wikipedia.childcare-center.info/index.wikipedia.wordpress.autis.org/psikologi/psi58aspe.php Terjemahan bebas dari tulisan: Beth Horwin.com/2008/09/down-syndrome-special-angel-anakhttp://www.com/2010/01/cara-cepat-membedakan-adhd-dan-autisme/ http://www.• • • • • • • • • • • • • PsikologiZone.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful