P. 1
Metode Penentuan Arah Kiblat

Metode Penentuan Arah Kiblat

|Views: 290|Likes:
Published by Muhammad Husni

More info:

Published by: Muhammad Husni on Aug 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2014

pdf

text

original

METODE PENENTUAN ARAH KIBLAT MUHAMMAD HUSNI

Dosen Akademi Meteorologi dan Geofisika ABSTRAK Pada umumnya di Indonesia menentukan arah Kiblat dengan perkiraan yang mengacu ke arah Barat serong ke Utara (Barat Laut). Arah Barat ditentukan dengan patokan matahari terbenam di ufuk sebelah Barat. Namun demikian untuk menentukan arah Kiblat secara lebih teliti dapat dilakukan dengan beberapa cara atau metode antara lain dengan kompas, GPS, pengamatan matahari langsung atau dengan alat, peta dan perhitungan segitiga bola. Dari metode atau cara-cara tersebut, metode pengamatan matahari langsung pada waktu waktu tertentu merupakan cara yang paling sederhana karena dapat menentukan secara langsung arah Kiblat. A. PENDAHULUAN. Latar Belakang Sejak zaman dahulu pada saat tertentu orang memerlukan arah baik dalam Untuk keperluan peribadatan umat Muslim perlu mengetahui kemana arah Kiblat, misalnya sewaktu melakukan sholat. Arah Kiblat adalah arah atau jarak terdekat sepanjang lingkaran besar yang melewati Ka’bah (kota Mekkah) dari suatu tempat di permukaan bumi seperti pada Gambar 1 keadaan diam maupun dalam keadaan bergerak. Tanpa mengetahui arah tentu target yang dituju akan meleset jauh atau dengan perkataan lain jika dalam keadaan bergerak tanpa arah, kemungkinan besar kita akan tersesat.

Gambar 1. Jarak terdekat Jakarta - Mekkah

1

POKOK BAHASAN Pada bahasan ini akan dibahas metode metode penentuan arah Kiblat yang sering digunakan yaitu metode: akan mendekati keakuratan arah kiblat Landasan Teori Semua metode yang dibahas disini berlandaskan teori astronomi dan magnet bumi. penggunaan rumus rumus segitiga bola untuk menghitung azimut lokasi terhadap posisi Ka’bah. • • • • Pengamatan Posisi Matahari Kompas Theodolit GPS Pengamatan Posisi Matahari Saat matahari berada di atas Ka’bah. penggunaan kompas dan koreksinya dan aplikasi Global Positioning System (GPS) untuk menentukan koordinat suatu tempat.Memang sangat sulit untuk menentukan keakuratan arah Kiblat BATASAN MASALAH Batasan masalah meliputi data deklinasi matahari. Demikian juga arah jarum kompas menurut teori magnet bumi akan selalu menunjuk ke arah utara magnet yang berdekatan dengan arah utara sebenarnya (true north) atau utara geografis seperti pada Gambar 2. semua bayangan benda mengarah ke Mekkah. Mekkah yang disebut dengan peristiwa Istiwa a'zam. Arah kutub selatan kompas menuju utara magnet Gambar 3. Peristiwa ini terjadi jika deklinasi matahari bertepatan dengan lintang Ka’bah seperti pada Gambar 3 Gambar 2. Di atas ka'bah matahari tepat berada di titik zenith saat Istiwa a'zam (Sumber:Mutoha Arkanuddin http://rukyatulhilal. Yang menjadi pertanyaan kapan posisi matahari berada di atas Mekkah. secara tepat 100% karena jarak yang sangat jauh dan Ka’bah yang ukurannya kecil dibandingkan luasnya dunia maka penyimpangan yang sangat kecil dari Indonesia akan menyebabkan penyimpangan yang besar kalau ditarik garis lurus ke Ka’bah.html) 2 . Walaupun demikian arah yang kita tentukan dengan metode metode tersebut di atas C. Peredaran bumi mengelilingi matahari dan rotasi bumi merupakan petunjuk arah karena matahari selalu terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat walaupun tidak selalu tepat karena tergantung posisi edar matahari pada waktu tertentu.org/arah-kiblat/index.

jam 04:09WIB + 5 mnt terletak pada 21 o 25 ' LU dan 39 o 50 ' BT . dan benua Amerika) dapat menggunakan jadwal sebagai berikut dengan mengkonversikan WIB ke waktu lokal). sehingga semua bayang bayang benda menuju ke arah Kiblat dari ujung bayangan ke arah benda (dalam gambar ini benda adalah sebuah tiang) 3 . 12–16 Januari .html) Arah Kiblat bisa ditentukan dari bayangan benda vertikal. atau sisi bangunan seperti pada Gambar 6. Sedangkan daerah yang mengalami siang berlawanan dengan Mekkah (Indonesia Timur. Asia Tengah. Skema matahari di atas Ka’bah (Sumber:Mutoha Arkanuddin http://rukyatulhilal. jam 04:30 WIB + 5 mnt 27Nopember–1Desember. Pasifik. kusen jendela/pintu.Matahari tepat berada di atas Ka’bah (Sumber:Mutoha Arkanuddin http://rukyatulhilal. Deklinasi matahari + 21 25 o ' terjadi pada tanggal 28 Mei jam 16 18 WIB dan pada tanggal 16 Juli jam 16 27 WIB setiap tahun. Gambar 4.org/arah-kiblat/index. Djamaludin dkk. Hisab Rukyat di Indonesia dan permasalahannya) Daerah yang mengalami siang bersamaan dengan Mekkah (Indonesia Barat.Saat matahari di atas Ka'bah semua bayangan matahari mengarah ke Ka'bah juga seperti pada Gambar4. misalnya tongkat. Gambar 5. jam 16:27 WIB + 5 mnt Arah kiblat adalah dari ujung bayangan ke arah tongkat.org/arah-kiblat/index. jam 16:18 WIB + 5 mnt 14 – 18 Juli.html) Kita sudah mengetahui koordinat Ka’bah Gambar 6 Cara menentukan arah Kiblat dengan bayang bayang kusen jendela (Sumber: T. Pada saat itu matahari tepat berada di titik zenith di atas Ka’bah seperti pada Gambar 5. Eropa. Afrika) kita gunakan jadwal sebagai berikut: 26 – 30 Mei.

Arah Kiblat adalah dari tongkat ke ujung bayangan. (1) 4 . sehingga dapat dirumuskan : a = 900 . sedangkan ternyata tidak mesti sama dengan arah utara sebenarnya seperti pada Gambar 8 Gambar 9. Koreksi deklinasi magnet dapat diperoleh dengan menggunkan peta variasi magnet atau deklinasi magnet yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setiap 5 tahun sekali seperti pada Lampiran 1. Dalam hal metode penggunaan kompas untuk menentukan arah Kiblat.Sudut yang dibentuk antara arah utara geografi (sebenarnya) dengan arah utara. Oleh karena itu untuk menentukan arah utara sebenarnya suatu lokasi dengan kompas harus dikoreksi dengan besarnya deklinasi di lokasi tersebut.kompas (magnetik) disebut sudut deklinasi (declination) Perbedaan arah utara ini disebut sebagai sudut serong magnet atau deklinasi magnet yang juga berbeda di setiap tempat dan selalu menghitung arah Kiblat ada 3 ketentuan.ϕ K ………………. terlebih dahulu harus diketahui sudut arah Kiblat dari Utara ke Barat dengan menggunakan ilmu ukur segitiga bola (spherical trigonometry) seperti pada Gambar 9 di bawah ini. Azimuth Ka’bah ditentukan dari Yogyakarta (Sumber: Mutoha Arkanuddin http://rukyatulhilal. yaitu : a adalah jarak antara titik kutub utara sampai dengan garis lintang (ϕ K) yang melewati kota yang akan dihitung arah kiblatnya.html) Dalam Gambar 8.. Kompas magnetik Arah yang ditunjukkan oleh kompas adalah arah yang merujuk kepada arah arah utara utara magnet magnet. Kompas Yang dimaksud dengan kompas disini adalah kompas magnetik seperti pada Gambar 7 berubah sepanjang tahun.org/arah-kiblat/index. Gambar 7.

………….……….. menjadi 294.(-60 10’) = 900 . K C = 320 10’ .………. (2) Menentukan arah Kiblat dari Jakarta Pusat yang mempunyai koordinat 60 10’ LS-1060 49’ BT. .(2) dan (3) diperoleh hasil : a b C = 900 .... perhitungan arah kiblat dapat pula menggunakan rumus sebagai berikut : .. sehingga : • Jika λ K =000 00’ BT s/d 390 50’ BT. Jarum kompas diarahkan ke skala 294.(10) b = 900 .... yaitu 680 35’) C adalah jarak antara bujur (λ K) kota yang akan dihitung arah kiblatnya dengan bujur Ka’bah (390 50’ BT)..4693256702)= 64.….....640 untuk menentukan arah Kiblat Theodolit 5 .. K = 1060 49’ – 390 50’ = 660 59’ C= 390 50’ . Dengan menggunakan rumus (1).(9) S tan B = cos φ K tan 210 25' sin φ K − sin C tan C Gambar 10.(210 25’) = 96 0 10’ = 68 0 35’ (sisi b ini harganya tetap.210 25’ ……………….λ • Jika λ K ..b adalah jarak antara titik kutub utara sampai dengan garis lintang yang melewati Ka’bah (ϕ =210 25’ LU).. (5) + 390 50’ K 0 • Jika λ = 1400 10’ BB s/d 1800 00’ BB.....(4) 0 C= λ K . (6) Perhitungan arah kiblat dapat menggunakan rumus sebagai berikut : cot B = ……………...64 0 Azimuth arah Kiblat = 3600 – B ..4693256702. sehingga dapat rumus : Maka Azimuth arah kiblat = 2700 + B Contoh Perhitungan: ...50E (lihat Gambar 8).... arah Kiblat Jakarta Pusat harus dikoreksi dengan deklinasi magnet 0..140 Karena menggunakan kompas magnetik....64.λ .0 ………… 39 50’ • Jika λ C= λ K K 0 cot(B) =0.cot 66 0 sin 66 59 ' = 390 50’ BT s/d 1800 00’ BT.640 seperti pada Gambar 10 U = 00 00’ BB s/d 140 10’ BB...(7) Arah Kiblat B T Az=294.sin 96 010 ' − cos 96 010 '..860 Dengan pers (8) diperoleh : Azimut Kiblat = 3600 ... (3) cot( B) = cot 68 0 35 '. …..(8) Selain rumus diatas...860 = 295. sehingga didapat B= arc cot(0... ....(7) sin a cot b − cos a cot C sin C Jika menggunakan persamaan.

6 . Dengan diketahui arah utara sebenarnya Perhitungan azimuth juga theodolit diarahkan ke azimuth Kiblat di tempat tersebut. Pengukuran azimuth matahari dengan pengamatan matahari menggunakan theodolit Persiapan yang dilakukan terlebih dahulu sebelum Gambar 11. target yang melakukan pengamatan azimuth matahari adalah sebagai berikut: 1. geofisika seperti Gambar 12. gereja atau menara telekomunikasi yang permanen. Menentukan data lintang dan bujur tempat yang akan diukur arah Kiblatnya dengan alat receiver (GPS) Global Positioning System perhitungan data pada hari azimuth Kiblat dari tanggal dituju adalah matahari dimana akan ditentukan berapa azimuth matahari di suatu tempat pada saat tertentu. Titik tetap dapat dipilih misalnya ujung menara mesjid. menggunakan persamaan (9) atau (10) dengan terlebih dahulu menentukan koordinat tempat dengan GPS.Theodolit alat ukur optis untuk mengukur sudut vertikal dan horizontal dan untuk berbagai pada keperluan. misalnya konstruksi. 2. Kuncilah tempat berdirinya dengan dengan skrup memberi titik atau tanda + theodolit horizontal clamp yang dikencangkan agar tidak bergerak. Theodolit yang dilengkapi dengan fluxgate magnetometer Untuk penentuan arah Kiblat . Memasang theodolit yang sesuai dengan prosedur antara lain: a. Theodolit harus benar benar waterpass agar theodolit dalam posisi yang datar b. Sebelum membidik matahari harus ditentukan dulu titik tetap di tempat tersebut seperti pada Gambar 12. pemetaan. meteorologi Gambar 11. Menyiapkan Astronomical Almanac pengukuran untuk tempat yang bersangkutan. Dari azimuth titik tetap dapat ditentukan arah utara sebenarnya. Menyiapkan jam penunjuk waktu yang teliti 5. astronomis atau atau Almanac Nautical 4. Melakukan 3. Theodolit harus dipasang pada centring dimana c.

html) 2. E. DAFTAR PUSTAKA adalah metode yang paling praktis. BMG 4 – 6 September 2007 Jakarta 7 . Djamaludin T. Materi Lokakarya Pengolahan Data Tanda Waktu.org/arahkiblat/index. 2010. sehingga langsung menunjuk ke arah utara sebenarnya. 2008 4. Gambar 14. Sunarjo dan Husni.200 km sebanyak 2 kali sehari. Dengan mengetahui azimuth Mekkah atau Ka’bah dapat ditentukan 3. KESIMPULAN Dari keempat metode yang disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa penentuan arah Kiblat dengan metode pengamatan posisi matahari secara langsung cukup teliti. Muslih Husen: Buku Pedoman Penentuan Arah Kiblat. Mutoha Arkanuddin (http://rukyatulhilal. Cara kerja GPS dengan menggunakan komunikasi satelit Kegunaan GPS untuk: • • • • Penunjuk arah (navigasi) Sistem informasi geografis Sistem pelacak Pemantau pergerakan tanah dimanfaatkan antara lain 1. Global Positioning System (GPS) Global Positioning System adalah suatu konstelasi yang terdiri dari 24 satelit (plus 5 satelit cadangan). Puslitbang BMKG Penggunaan GPS dalam arah Kiblat pada dasarnya sama dengan penggunaan kompas magnetik. sambil memancarkan sinyal berita gelombang radio seperti pada Gambar 13 arah Kiblat di suatu tempat dengan menggeser tanda Utara ke azimuth Mekkah atau Ka’bah. Ke-24 satelit itu mengorbit bumi pada jarak 20. GPS receiver untuk menentukan koordinat suatu tempat di permukaaan bumi D. Perbedaannya hanya dalam menentukan arah utara GPS menggunakan satelit. murah dan Gambar 13.Dalam membidik matahari petugas harus memasang filter pada lensa theodolit karena sinar matahari sangat menyilaukan sehingga dapat merusak mata. sangat mudah . M: Hisab Rukyat di Indonesia dan Permasalahannya.

8 .

Lampiran 1. Peta deklinasi magnet Indonesia tahun 2010 (Sumber: BMKG) 9 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->