TANAH

DISUSUN OLEH : KELOMPOK 1 ‡ Afifa trimulyani (0980100164) ‡ Debi karhidasa (0980100169) ‡ Ermawati ( 0980100148) ‡ Helmi sri hartati ( 0980100209) ‡ Monalisa (0980100153) ‡ Sumariah (0980100167) ‡ yufita dewi (0980100161) ‡ Yuliarni ( 0980100208)

zat kimia atau limbah 4.Kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri / fasilitas komersial 2.Kecelakaan kendaraan pengangkut minyak. Gambaran pencemaran tanah Penceman tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah yang alami.Pembuangan air limbah dari tempat penimbunan sampah dan limbah industri yang langsung dibuang ke tanah dengan cara yang tidak memenuhi syarat (ilegal dumping ) .A.Penggunaan pestisida 3. Penyebabnya 1.

seperti plastik . karena tanah berfungsi sebagai : ‡ Sebagai penyedia papan ‡ Sebagai penyedia pangan Tapi sebaliknya tanah juga berfungsi sebagai : ‡ Media penyebaran penyakit Sumber penyebab ketidak suburan tanah : ‡ Limbah pertanian ‡ Limbah pabrik industri ‡ Rumah tangga ‡ Bahan yang tidak dapat di uraikan oleh mikroorganisme.Tanah sangatlah penting bagi semua makhluk hidup.

Jenis tanah dan persebarannya di indonesia 1.B. 3. . dan tanah yg terkontaminasi. terdapat di Jawa. terdapat di pantai Timur Sumatera. Sumatera Tanah gambut (tamah rawa) : berasal dari bahan organik yang hidup di rawa. 4. dan Eropa Barat 2. sungai. terdapat di Jawa. Kalimantan dan bagian Selatan Papua Tanah vulkanik (tanah gunung api). merupakan jenis tanah dari pelapukan batuan gunung api. Sulawesi Tanah aluvial terbentuk akibat proses pengendapan bahan yang di bawa oleh aliran sungai. Maluku. Halmahera. Sumatera. Amerika Utara. Nusa Tenggara. seperti di RRC. terdapat di lembah. Tanah kapur (Terarrosa) : terbentuk karena pelapukan batu kapur. Sulawesi.

depresi pada sistem syaraf ‡ Sakit kepala. dan ruam kulit ‡ Menyebabkan kematian ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Dampak pencemaran tanah bagi kesehatan Gangguan bawaan atau menyebabkan kronis lainnya Menyebabkan leukimia Kerusakan ginjal Penyumbatan neuromuskular Menyebabkan perubahan hati.C. ginjal. mual. iritasi mata. kelelahan.

D. yaitu memiliki kosekuensi yg besar pada predator. perubahan ini terwujud dalam perubahan metabolisme dari endemik mikroorganisme dan spesies artropoda dalam suatu lingkungan tanah. selnjutnya pemberantasan virtual dari beberapa rantai makanan utama. spesies atau konsumen . Efek bagi ekosistem  Terjadinya perubahan radikal tanah yg timbul akibat keberadaan bahan kimia berbahaya.

karena tanaman mendekam tidak dapat melindungi bumi tanah mantel dari erosi .lanjutan  Menyebabkan rantai makanan atau piramida tingkat bawah menelan benda asing. menyebabkan kulit telur melemah. seperti konsentrasi DDT untuk konsumen burung. kematian ayam dan potensi kepunahan spesies  Menyebabkan efek sekunder pada konservasi tanah. yang biasanya menjadi lebih terkosentrasi untuk setiap mengkonsumsi dari rantai makanan.

PENANGANAN TERHADAP PENCEMARAN TANAH ‡ Menggali tanah dan membawanya ke lokasi pembuangan ‡ Aerasi tanah di daerah yang terkontaminasi ‡ Remediasi termal ‡ Bioremediasi ‡ Ekstrasi air tanah ‡ Kontainmen ‡ Fitoremediasi .E.

4 Sangat alkali 8.8 Cukup basa 7.4 .0 sangat-sangat alkali > 9.5 Netral 6.5.6.0 Sedikit asam 6.8.f.5 .7.4 Sangat-sangat asam 4.1.5 .6 .9.5 Ekstrem asam 3.6 .4.0 Sangat asam 5.3 Sedikit basa 7. pH normal tanah ‡ Klasifikasi rentang pH tanah Soil concervation service mengklasifikasikan rentang pH menjadi : Satuan pH range Ultra asam < 3.7.0 .1 .5.9 .5 Agak asam 5.5 .6.

Menentukan pH Menentukan penentuan pH meliputi : pengamatan profil tanah pengamatan flora dominan penggunaan kit pengujian pH murah penggunaan kertas lakmus  penggunaan komersial tersedia elektronik pH meter .

Pembuatan standar yang berorientasi pada dampaknya . Pembuatan standar dengan referensi dari tanah yang tidak tercemar 3. STANDAR KUALITAS TANAH Negara-negara maju membuat standar kualitas tanah didasarkan pada beberapa pendekatan yaitu : 1.G. Pembuatan standar tanah disesuaikan dengan fungsi tanah 2.

SUMBER HUKUM ‡ Terdapat pada peraturan pemerintah tentang tanah nomor 16 tahun 2004 tentang Penatagunaan Tanah ‡ Undang-undang Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria ‡ Undang-undang Nomor 24 Tahun 1992 Tantang Penataan Ruang .H.

Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful