Rangkuman Materi BK (Bab 7 , Bidang Bimbingan Belajar

)

Nama Anggota : Aulia Rahmah Hanifa

(06) VIIA

sikap kecakapan . Menulis f. Merncanakan kegunaan belajar dengan cara menetapkan jenis jenis mata pelajaran d. Mengemat waktu • Membaca dan Membuat Catatan A. Menghafal e. dan keterampilan. Mengingat kembali . Membaca d. Belajar betujuan untuk mendapatkan pengtahuan. Metode belajar akan menjadi kebiasaan. Cara pembuatan Jadwal yang baik : a. disini bertemunya siswa dengan guru dalam menyampaikan ilmu . Memperhitungkan waktu tiap harinya b. Metode belajar artinya jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan agar bisa efektif. Kebiasaan belajar akan mempengaruhi belajar. Metode Membaca yang Baik : a.Membaca akan menjadi sebuah kebiasaan . Kita perlu mengembangkan sikap dan kebiaasaan belajar dengan mencoba beberapa metode agar bisa meningkatkan hasil belajar. dan dapat membantu agar bersifat teratur dan disiplin. Mengaukan pertanyaan c. CARA BELAJAR YANG BAIK ANTARA LAIN • Pembuatan Jadwal dan Pelaksanaannya Jadwal akan mempengaruhi sikap belajar . karena paling banyak berperan dalam belajar. Menyelidiki waktu yang digunakan untuk belajar dengan hasil yang baik e. Menyelidiki dan menentukan waktu yang tersedia c. Keberhasilan belajar tergantung dari metode dan kebiasaan belajar yang diterapkan .PENGERTIAN SIKAP dan KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK Sekolah adalah tempat belajar dan mengajar . kebiasaan akan mempengaruhi hasil belajar . Meminjam b.

Mengahafalkan dengan kondisi yang baik • Konsentrasi Konsentrasi adalah hal yang sangat berpengaruh dalam belajar.B. Mempunyai minat / motivasi yang tinggi b. karena akan menambah semangat belajar . Menyadari tujuan belajar b. khususnya dalam membaca dan mencatat dan memudahkan ubtuk mengambil inti sarinya Mengulangi Bahan Pelajaran Hal ini dapat membantu dalam mengahafalkan . tetapi kebanyakan siswa yang kurang berkonsentrasi dalam belajar. Menyeleseikan masalah yang mengganggu dan bertekad mencapai tujuan dengan hasil terbaik • Mengerjakan Tugas Agar kita berhasil dalam belajar kita harus mengerjakan tugas. Membuat catatan . Mencegah kebosanan d. dan ulangan harian • . Mengetahui makna belajar c. Agar kita bisa berkonsentrasi . Sebaiknya catatan kita dibuat lebih rapi dan lengkap . Memperhatikan saat mengahafal d. sebaiknya : a. Menjaga kesehatan e. tes . Belajar di tempat yang rapi dan bersih c. seperti PR . besar yaitu pengaruhnya dalam belajar. Menjawab soal latihan . Sebaiknya: a.

Contoh . Menyempatkan untuk berdiskusi tentang bacaan tertentu atau masalah masalah lainya c.Jangan membandingkan anak yang berbakat dengan kakak atau adiknya atau anak tetangganya c. karena anak yang berbakat sering bertanya . hanya memiliki kemampuan kemampuan mental unggul dan butuh teman . waktu bermain b. Dapat menjadikan rumah sebagai pusat kreatifitas • Orang tua jangan percaya terhadap mitos mitos mengenai anak yang memiliki bakat / kemampuan tertentu a. marah . menangis . Menciptakan lingkungan yang mengarah ke kretifitas f . dengan menyediakan sarana dan prasarana. dengan jawaban yang jujur dan sebagainya .PENGARUH POSITIF KEMAMPUAN dan BAKAT terhadap BELAJAR A. Menyiapkan alat alat yang mendididk dan merangsang kreatifitas agar kita bisa mebuat kreasi d. Berperan dalam kegiatan intelektual (kecerdasan ) dalam permainan yang dapat meningkatkan daya pikir e.Orang tua siap dalam mendengarkan dan menjawab . Butuh kasih sayang orang tua . Menyediakan cukup bacaan yang berfariasi b. a. Peran orang tua dalam menumpuk bakat dan kreativitas anak Orang tua selalu mendukung kegiatan dalam belajar dan pengembangan bakat maupun kemampuan lainnya. Anak berbakat itu tetap seorang anak yang tidak berbakat contoh : jengkel . Orang tua yang bijak dapat membedakan antara memberi perhatian dan dukungan agar dapat berusaha semaksimal mungkin. peran dan dukungan Orang Tua antara lain : • Mengusahakan lingkungan yang penuh rangsangan( pengaruh ) mental dan suasana yang menarik dan tertantang mewujudkan bakat dan kreativitas . dll .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful