Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi

1. Tujuan Pengamatan Untuk mengetahui dan membandingkan laju reaksi dengan konsentrasi yang berbedabeda antara massa NaS2O3 dengan HCl.

2. Alat dan Bahan • • •

Pipet (2 buah) Gelas ukur (6 buah) Kertas (1 lembar) Larutan NaS2O3 konsentrasi 0,5, 1, dan 2 mol. Larutan HCl konsentrasi 1 mol.

3. Langkah kerja 1. Siapkan alat dan bahan 2. Beri gambar silang 3 buah pada kertas dan beri keterangan jumlah mol dari 0,5, 1, dan 2 mol
3. Masukan 10 ml NaS2O3 ke dalam 3 gelas ukur dengan jumlah mol gelas 1 = 0.5

mol, gelas 2 = 1 mol, gelas 3 = 2 mol 4. Kemudian masukan 10 ml HCl ke dalam masing-masing gelas yang tersisa sebanyak 3 buah
5. Lalu padukan masing-masing HCl ke dalam gelas yang berisi NaS2O3 pada waktu

yang bersamaan
6. Diamkan dan perhatikan dengan seksama reaksi yang dihasilkan antara NaS2O3

dengan HCl.

4. Landasan teori “Semakin besar konsentrasi, makan laju reaksinya akan semakin besar”.

5. Pengamatan Berdasarkan pengamatan, larutan NaS2O3 dengan konsentrasi 0,5 mol mengalami laju reaksi 28 detik, konsentrasi 1 mol mengalami laju reaksi 10 detik, konsentrasi 2 mol mengalami laju reaksi 7 detik.

6. Pembahasan Banyak reaksi kimia berlangsung dalam larutan. Konsentrasi reaktan akan memengaruhi laju suatu reaksi. Dan berdasarkan pengamatan tersebut, semakin besar konsentrasi, laju reaksinya semakin besar.

7. Kesimpulan Pengamatan yang dilakukan sesuai dengan landasan teori bahwa “Semakin besar konsentrasi suatu reaktan, maka semakin besar laju reaksinya”.

Laporan Kimia

Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi
Oleh: Asmanadia Hidayat Evan Putri Ayu Kasmir Fadillah Rega Parluasan Damanik Sally Juliansyah

XI IPA 2

SMA Negeri 3 Sukabumi

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful