Sistem Database

Session 1 Adi Pratomo
adiprtm@yahoo.com

Sistem Database Pendahuluan
Adi Pratomo
adiprtm@yahoo.com

Data dan Informasi 

Data :
Adalah fakta mengenai objek, orang dan lain-lain. Data dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau simbol). 

Informasi :
Adalah hasil analisis dan sintesis terhadap data. Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang, entah itu manajer, staff, ataupun orang lain di dalam suatu organisasi atau perusahaan

Basis Data 

Beberapa definisi basis data (database) :
Chou : mendefinisikan basis data sebagai kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus. Fabbri dan Schwab : Basis data, adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan data. Date : Basis data dapat dianggap sebagai tempat untuk sekumpulan berkas data terkomputerisasi.

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system.Basis Data (2)   Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. DBMS). .

30 Row (record) Tabel Mata Kuliah KodeMK CS12345 CS43235 CS65634 NmMK Data Structures Database Operating System SKS 2 3 2 Fakultas CS CS CS Tabel Kartu Rencana Studi NIM 113060005 113060005 113070098 113070098 113070100 KodeMK CS12345 CS43235 CS12345 CS65634 CS43235 . Bunga No.4 Jl Serang No.Basis Data (3) Column (field) Tabel Mahasiswa NIM 113060005 113070098 113070100 Anisa Andi Tono NAMA ALAMAT Jl.10 Jl. ABC No.

yang merupakan paduan sejumlah medan milik sejumlah tabel). . view (tabel yang bersifat logis.Basis Data (4)  Basis data tidak hanya sekedar kumpulan berkas (tabel). tetapi juga mencakup halhal lain. dan bahkan kode yang disebut prosedur tersimpan. seperti hubungan antar tabel.

. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data.Basis Data (5)   Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan. atau memodelkan struktur basis data. dan hubungan di antara obyek tersebut. hal ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. atau potongan dari pengetahuan.

yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.Basis Data (6)  Ada banyak Model yang umum digunakan untuk memodelkan data. Dalam model ini. . Diantaranya adalah model relasional. hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.

nomor pegawai. File. adalah unit yang terkecil. tidak dapat lagi dibagi menjadi unit yang lebih kecil. terdiri dari elemen data yang berhubungan dengan suatu objek atau kegiatan tertentu. Misalnya nama. Catatan. . upah perjam dll. Misalnya file pemesanan pembelian. misalnya catatan yang menjelaskan tiap jenis persediaan dan tiap penjualan. dan file. Elemen data. gaji. catatan (record). file data pegawai.Hirarki Data  Data secara tradisional diorganisasikan ke dalam suatu hirarki yang terdiri dari elemen data (field). file penjualan. adalah suatu kumpulan catatan data yang berhubungan dengan suatu subyek tertentu.

memanipulasi dan mengelola basis data (database) untuk mencapai suatu tujuan.  perangkat lunak yang menetapkan dan memelihara integrasi logis antar file. baik ekplisit maupun implisit  .Database Management System (DBMS) Database Management System (DBMS) merupakan suatu atau sekumpulan program yang memungkinkan users untuk membuat.

1 Stored Database .Database System Users / Programmers DATABASE SYSTEM Application Program / Queries DBMS SOFTWARE Software to Process Queries/Program Software to Access Stored Data Stored Database Definition (Meta-Data) Database System Environment Fundamental Of Database Systems Ramez Elmasri Figure 1.

Keuntungan DBMS   Mengurangi pengulangan data.  Mengintegrasikan data dari beberapa file. Mencapai independensi data. . organisasi fisik tidak lagi menjadi kendala.  Mengambil data dan informasi secara cepat. Perubahan dapat dibuat pada struktur data tanpa mempengaruhi program yang mengakses data. Spesifikasi data disimpan dalam tiap program aplikasi. Hubungan logis query language memungkinkan pemakai mengambil data dalam hitungan detik atau menit. Saat file dibentuk sehingga menyediakan kaitan logis.

dan bahasa sandi.Keuntungan DBMS (2)  Meningkatkan keamanan. directori pemakai. Baik DBMS mainframe maupun komputer mikro dapat menyertakan beberapa lapis keamanan seperti kata sandi. . Mempercepat dan mempermudah pemrosesan data Mengurangi penyimpanan data yang rangkap Mempermudah pemrograman karena lebih fleksibel. Mempercepat penyimpanan dan pengambilan data.      Meningkatkan presentasi kesiapan data (data availability) yang berarti tersedia pada waktu dibutuhkan.

Kerugian DBMS     Kurangnya ahli Data Base Biaya pemrosesan data sangat tinggi Kebutuhan software dan Hardware yang bertambah Penggabungan dan pengamanan data mengikat pemakai untuk : Memperoleh perangkat lunak yang mahal Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA .

Komponen DBMS  Secara sederhana. DBMS dapat dikatakan memiliki komponen-komponen : Perangkat keras (hardware) Data Perangkat lunak (software) Pengguna (user) .

.

DML Precompiler. sebuah DBMS (Database Management System) umumnya memiliki sejumlah komponen fungsional (modul) seperti : File Manager. . Database Manager. Query Processor.Komponen Fungsional DBMS  Lebih terperinci lagi. DDL Compiler.

. yang mengelola ruang dalam disk dan struktur data yang dipakai untuk merepresentasikan informasi yang tersimpan dalam disk.  Database Manager.Komponen fungsional DBMS  File Manager. yang menyediakan interface antara data low-level yang ada di basis data dengan program aplikasi dan query yang diberikan ke sistem. yang menterjemahkan perintah-perintah dalam query language ke perintah low-level yang dapat dimengerti oleh database manager.  Query Processor.

Komponen utama DBMS  DML Precompiler.  DDL Compiler. yang mengkonversi perintah-perintah DDL ke dalam sekumpulan tabel yang mengandung metadata. yang mengkonversi perintah DML yang ditambahkan dalam sebuah program aplikasi ke pemanggil prosedur normal dalam bahasa induk. Tabel-tabel ini kemudian disimpan dalam kamus data .

.Bahasa Basis Data  Sebuah system basis data menyediakan dua tipe bahasa yaitu : DDL (Data-definition Language) tipe bahasa yang dipergunakan untuk menspesifikasikan skema basis data DML (Data-manipulation Language) tipe bahasa yang dipergunakan untuk mengekspresikan queri atau update basis data.

File ini yang dikonsultasi sebelum data yang sebenarnya dibaca atau dimodifikasi oleh system basis data. . Data-definition Language Skema basis data dispesifikasikan oleh sekumpulan definisi dengan sebuah bahasa khusus yang disebut data-definition language (DDL). disebut data dictionary (kamus data) atau data directory. Kamus data adalah sebuah file yang berisi metadata. Hasil kompilasi DDL berupa tabel-tabel yang disimpan dalam sebuah file.

. Data-manipulation Language Adalah bahasa untuk memanipulasi data yaitu:     Pengambilan informasi yang disimpan dalam basis data Penyisipan informasi baru ke basis data Penghapusan informasi dari basis data Modifikasi informasi yang disimpan dalam basis data Query adalah statemen yang ditulis untuk mengambil informasi. Bagian dari DML yang menangani pengambilan informasi ini disebut bahasa query.

.RDBMS  Salah satu sistem yang paling banyak dikenal dan telah menjadi standar di dalam perancangan database dewasa ini adalah RDBMS atau Relational DataBase Management System.

dan  Masing-masing data dalam struktur tabel dua dimensi ini kemudian saling dihubungkan dengan menggunakan berbagai tipe relasi yang ada sehingga membentuk sebuah struktur data multidimensional.RDBMS Ciri-ciri RDBMS :  Data direpresentasikan dalam bentuk tabel-tabel yang masing masing terdiri dari sejumlah baris dan kolom. .  Baris pada tabel menggambarkan record sementara kolom menggambarkan field atau attribute.

Sistem basis data lainnya :  OODBMS (Object-Oriented DataBase Management System). suatu sistem database berbasis objek yang terdiri dari enkapsulasi data dan prosedur  ORDBMS (Object-Relational DataBase Management System). suatu sistem database yang memadukan konsep berbasis objek dengan konsep berbasis relasional. .

tentang teknis bagaimana data disimpan dan dipelihara seakan-akan disembunyikan kerumitannya dan kemudian diungkapkan dalam bahasa dan gambar yang mudah dimengerti oleh orang awam. tetapi menyangkut secara menyeluruh bagaimana data tersebut dapat diabstraksikan mengenai kondisi yang dihadapi oleh pemakai seharihari.Abstraksi Data  Kegunaan utama sistem basis data adalah agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan abstraksi dari data. . Sistem yang sesungguhnya. Bayangan mengenai data tidak lagi memperhatikan kondisi sesungguhnya bagaimana satu data masuk ke database disimpan dalam sektor mana.

Abstraksi Data  Ada tiga kelompok pemakai dalam tingkatan abstraksi saat memandang suatu database. yang bisa juga disebut dengan level arsitektur basis data yaitu : Level Fisik (Physical level) : Level Konseptual (Conceptual level) : Level Pandangan Pemakai (View level) : .

hal ini disebabkan beberapa pemakai database tidak membutuhkan semua isi database. .Abstraksi Data  Level Pandangan Pemakai (View level) : Level ini merupakan level abstraksi data tertinggi yang menggambarkan hanya sebagian saja yang dilihat dan dipakai dari keseluruhan database.

Pemakai tidak memperdulikan kerumitan dalam struktur level fisik lagi.dan hubungan secukupnya. marketing . mengambarkan data apa saja yang sebenarnya (secara fungsional) disimpan didalam basis data beserta relasi´nya didalam basis data. penggambaran cukup dengan memakai kotak. dimana administrator basis data (DBA) membangun dan mengolah basis data.Abstraksi Data  Level Konseptual (Conceptual level) : Level ini menggambarkan data apa yang disimpan dalam database dan hubungan relasi yang terjadi antara data dari keseluruhan database. produksi. contohnya: penguna akan mengetahui bahwa data penjualan disimpan didalam tabel´ barang. garis. keuangan.

Abstraksi Data  Level Fisik (Physical level) : Level ini merupakan level abstraksi paling rendah karena menggambarkan bagaimana data disimpan dalam kondisi sebenarnya yang pada umumnya tidak terlihat oleh oleh pengguna atau programmer aplikasinya .

.

pemetaan konseptual/internal. pemetaan eksternal/konseptual. DBMS menerima request dari user & menganalisa request tersebut 3. 4. biasanya disebut SQL. skema konseptual. DBMS memeriksa skema eksternal user. & struktur penyimpanan. user melakukan pengaksesan basis data untuk informasi yang diperlukannya menggunakan suatu bahasa manipulasi data. 2. DBMS mengeksekusi operasi-operasi yang diperlukan untuk memenuhi permintaan user. . DBMS adalah software yang menangani semua akses ke basis data. Secara konsep apa yang terjadi adalah sebagai berikut : 1.

Basis Data Terdistribusi. . Basis Data Perusahaan.Jenis Basis Data  Jenis Database Menurut Pengaksesan Dapat dibedakan menjadi empat jenis : Basis Data Individual. dan Bank Data Publik.

Model Basis Data   Model database adalah suatu konsep yang terintegrasi dalam menggambarkan hubungan (relationships) antar data dan batasan-batasan (constraint) data dalam suatu sistem database. Model data yang paling umum. terdapat tiga jenis. berdasarkan pada bagaimana hubungan antar record dalam database (Record Based Data Models). yaitu : Model database hirarki (Hierarchical Database Model) Model database jaringan (Network Database Model) Model database relasi (Relational Database Model) .

Setiap tabel terdiri atas kolomkolom.Model Relasional   model relasional menggunakan kumpulan tabeltabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data-data tersebut. pertemuan antara baris dengan kolom disebut item data (data value). dan setiap kolom mempunyai nama yang unik. tabel-tabel yang ada di hubungkan (relationship) sedemikian rupa menggunakan field-field kunci (Key field) sehingga dapat meminimalkan duplikasi data. . Sebuah database dalam model ini disusun dalam bentuk tabel dua dimensi yang terdiri dari baris (record) dan kolom (field).

Model Relasional  Contoh Model Relasional ( Relational Model) .

.Model Jaringan (Network Model )  Data dalam model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal). Record-record diorganisasikan sebagai graf. dan relasi antara data direpresentasikan oleh record & link. Link dipandang sebagai pointer.

Model Jaringan (Network Model ) R1 R2 R5 R3 R4 .

Model Data Berbasis Record (5)  Contoh Model Jaringan (Network Model ) Departemen manages DName DNumber Works for MgrName MgrStartDate controls Employee Name SSN BDate Address PNum Project PName Plocation E_Works_on Dependent_of Is_a_supervisor Supervisees P_Works_on Works_On SSN PNum Hour Supervisor Dependent ssn Name Sex BDate Relation Name SSN .

recordrecord diorganisasikan sebagai tree (pohon) dan masing-masing node pada tree tersebut merupakan record/grup data elemen. Perbedaannya adalah.Model Hirarki (Hirarchical Model) Mirip dengan model jaringan. Model relasional berbeda dengan model jaringan & hirarki. .Data direpresentasikan dalam record dan link (pointer). dalam hal penggunaan pointer atau link.

Model Hirarki (Hirarchical Model) A B C D E F G H I .

Model Hirarki (Hirarchical Model)  Contoh Model Hirarki (Hirarchical Model) D Level 0: Departemen DName DNumber MgrName MgrStartDate E Level 1: Employee Name SSN BDate Address P Project PNum PName Plocation T Level 2: Dependent DepName Sex BDate S Supervisee Name SSN W Worker SSN PNum Hour .

Bertanggung jawab terhadap strategi yang berhubungan dengan pengolahan data di suatu perusahaan atau organisasi. Selain hal tersebut. mengoordinasikan dan memonitor penggunaannya. .Users (System Designer)  Database Administrator (Administrator Basis Data) Administrator basis data adalah orang yang bertanggungjawab terhadap pemberian kuasa pengaksesan database. DBA adalah orang yang bertanggungjawab terhadap implementasi strategi tersebut secara teknis. serta menyediakankan hardware dan software yang dibutuhkan.

Dalam hal ini DBA bertugas mendefinisikan objek (entity) yang terlibat pada perancangan basis data. DBA juga bertanggung jawab terhadap desain penyimpanan data secara fisik. Kemudian dengan DBMS. . mendefinisikan Skema Internal  selain menentukan skema konseptual dari basis data. skema tersebut diimplementasikan. Proses ini disebut dengan Logical Database Design (kadang-kadang disebut Conceptual Database Design).Users (System Designer) mendefinisikan skema konseptual  yaitu memutuskan informasi apa saja yang akan dihasilkan oleh suatu basis data. Setelah DBA menentukan muatan dari basis data maka DBA akan menyusun skema konseptual menggunakan DDL (data definition language).

. mendefinisikan aturan-aturan sekuriti & integritas data mendefinisikan prosedur-prosedur back-up & recovery memonitor performansi system & menangani perubahan-perubahan yang ada.Users (System Designer) mensosialisasikan hasil rancangan baik konseptual & internal ke user  Dalam hal ini tugas DBA adalah menyakinkan user bahwa data-data yang mereka perlukan semua telah tersedia & membantu user untuk mengimplementasikan rancangan tersebut dalam DDL.

dan menguji struktur dan program basis data yang dipergunakan serta mengelolanya. Seorang spesialis di bidang teknologi dan bahasa basis data (databases languange and technology) yang membangun. . memodifikasi.Users (System Builder)  Database Programmers Bertanggung jawab untuk membangun atau membuat suatu sistem basis data secara fisik sesuai dengan spesifikasi rancangan logik dari database designer (DBA).