P. 1
30 pertanyaan + jawaban

30 pertanyaan + jawaban

|Views: 2,593|Likes:
Published by Ellen Evelien Rumui

More info:

Published by: Ellen Evelien Rumui on Aug 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2013

pdf

text

original

1. Apa tujuan dari pembentukan suatu intergrasi ekonomi regional?

Jawab: Tujuan utama dari membentuk suatu blok atau integrasi ekonomi regional adalah untuk meningkatkan perdagangan dan kerjasama dalam bidang ekonomi seperti industry dan investasi antar negara anggota, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejaterahan di wilayah tersebut 2. Sebutkan indikator makro yang digunakan untuk mencapai tujuan pembentukan ekonomi regional? Jawab: laju peningkatan volume perdagangan antar negara anggota ( Intra trade ) dan laju pertumbuhan PDB, baik dari masing-masing negara anggota secara individu atau PDB regional ( jumlah kenaikan PDB dari semua negara anggota ) setelah terbentuknya integrasi ekonomi antar mereka 3. Sebutkan blok ekonomi regional di dunia? Jawab: Uni Eropa (UE) ASEAN dan AFTA APEC NAFTA

4. Sebutkan tujuan utama didirikan Uni Erope(UE)! Jawab: Tujuan utama didirikannya UE adalah untuk menghilangkan segala macam hambatan, tidak hanya dalam perdagangan, tetapi juga dalam lalu lintas factorfaktor produksi seperti tenaga kerja dan modal antar sesame Negara anggota, dan menciptakan kerjasama yang optimal dalam bidang ekonomi,social, politik, budaya dan keamanan. 5. Sebutkan Tujuan utama didirikan ASEAN dan AFTA! Jawab: ASEAN yang dibentuk pada tahun 1967, mempunyai 6 anggota yang di deklarasikan juga sebagai pemrakarsa AFTA (Asean Free Trade Area) yaitu Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Pada awal tahun

Sejak lahirnya. persetujuan dasar tentang tarif preferensi efektif bersama (CEPT). Sebutkan 6 tahap proses pembentukan integrasi perdagangan regional! Jawab: Tahap pertama. yakni selain penghapusan tariff internal untuk produk yang dibuat di dalam wilayah integrasi dan diperdagangkan antarsesama Negara anggota. tarif impor antarsesama Negara anggota dihapuskan. 6. bentuk kerjasama perdagangan atau ekonomi antarnegara di suatu kawasan yang masing-masing negara anggota memberikan preferensi dalam bentuk pengurangan tariff impor atau fasilitas keringanan bea msuk atau hambatan lainnya.Pertama. sedangkan masing-masing Negara anggota tetap mempertahankan bea sendiri-sendiri terhapad produk impor dari luar wilayah atau yang diproduksi oleh Negara non anggota.Kedua. APEC telah bekerja untuk menurunkan tarif di wilayah Asia-Pasifik. tariff eksternal untuk produk impor dari luar wilayah diseragamkan unutu semua Negara anggota. 8.Dalam deklarasi tersebut ada dua buah dokumen penting dalam bidang ekonomi. Tahap ketiga adalah CU.1992 di bentuklah kawasan perdagangan bebas ASEAN atau AFTA. menciptakan ekonomi domestic yang lebih efisien dan meningkatkan ekspor 7. yang di sepakati dalam konferensi tingkat tinggi ASEAN ke-4 di Singapura (dikenal dengan deklarasi Singapura 1992). Tahap kedua. . Sebutkan tujuan terbentuknya APEC! Jawab: Tujuan utama di bentuknya APEC adalah untuk lebih mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejaterahan untuk wilayah tersebut dan memperkuat komunitas Asia-Pasifik. kerangka persetujuan peningkatan kerjasama ekonomi ASEAN. Bagaimana proses pembentukan suatu integrasi perdagangan ekonomi regional? Jawab: Proses pembentukan suatu integrasi perdagangan atau blok ekonomi regional melewati suatu tahapan yang terdiri dari beberapa tahap.

jaminan social. Vietnam secara resmi diterima sebagai anggota ke-7 pada tanggal 28 Juli 1995 dan menyusul Laos serta Myanmar yang masuk menjadi anggota tahun 1997. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 pada saat ditanda-tanganinya ³Deklarasi Bangkok´ oleh empat menteri luar negeri dan seorang wakil perdana menteri yaitu : 1. seperti perpajakan. S. Pada tahap ini adalah perdagangan bebas.Untuk itu perlu diciptakan stabilitas dan ketahanan nasional tiap-tiap negara di kawasan Asia Tenggara melalui kerjasama di bidang ekonomi.Tahap keempat adalah pembentukan pasar bersama. dimana lalu lintas transaksi perdagangan antarnegara dilakukan secara bebas tanpa hambatan apapun juga. . 10. sosial. Tun Abdul Razak : Wakil Perdana Menteri Malaysia 4. Rajaratnam : Menteri Luar Negeri Singapura 3. dll. 9. Thanat Khoman : Menteri Luar Negeri Thailand Dengan persetujuan kelima negara anggota ASEAN maka Brunei Darussalam diterima menjadi anggota ASEAN yakni pada tanggal 7 Januari 1984. pada tahap ini adalah kerjasama yang mencakup aspek-aspek ekonomi yang lebih luas lagi. Apa yang di maksud dengan perdagangan bebas? Jawab: Perdagangan bebas adalah suatu konsep ekonomi yang dapat dikatakan pertama kalinya di cetus oleh Adam Smith. baik untuk produk maupun faktor-faktor produksi Tahap kelima. Tahap keenam. dan budaya. Adam Malik : Menteri Luar Negeri Indonesia 2. Setelah itu. Narsisco Ramos : Menteri Luar Negeri Filipina 5. Adalah tahap moneter dan blok ekonomi yang ada di dunia hingga saat ini yang sudah mencapai tahap tersebut barulah UE. Bagaimana sejarah berdirinya ASEAN dan AFTA? Jawab: ASEAN adalah organisasi regional dari negara-negara Asia Tenggara. Hal yang mendorong didirikannya ASEAN adalah untuk menghadapi perluasan pengaruh negara-negara besar terutama negara adi kuasa.

14. Apa yang terjadi apabila setiap Negara anggota bisa berspesialisasi pada factor keunggulan yang dimilikinya? Jawab: Yang terjadi apabila prinsip tersebut dilakukan maka akan tercipta perdagangan di dalam kawasan tersebut. Ada 4 teori ekonomi yang dapat diperoleh oleh Negara anggota dalam suatu blok regional. Sebutkan! Jawab: y Setiap negara anggpta akan memproduksi komoditi yang paling menguntungkan Negara tersebut berdasrkan factor-faktor keunggulan yang dimilikinya. y Setiap Negara anggota bida mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah di pasar internal daripada harga dari hasil produksi sendiri. Apakah keberadaan integrasi-integrasi perdagangan regional mempunyai efek positif terhadap perdagangan dan produksi ekonomi dunia? Jawab: Melihat banyak kasus yang menunjukan sering adanya hambatan-hambatan dalam perdagangan antara Negara anggota dengan mitranya bukan anggota. karena suatu nrgara anggota akan impor suatu produk dari Negara anggota lainnya yang harganya lebih murah daripada produk buatan sendiri. Seperti yang sering dialami Indonesia dalam mengekspor beberapa produk ke UE yang dilarang masuk karena tidak memenuhi standar yang mereka tetapkan dari segi kesehatan dan lingkungan hidup. 13. tetapi perdagangan bebas juga memperbanyak aneka ragam komoditi yang diperdagangankan antara Negara anggota.11. tidak hanya hambatan tarif. y Tidak hanya volume regional meningkat. Sebutkan 2 pendekatan analisis yang ada pada literature empiris? . y System bebas akan meningkatkan sejerateraham di Negara-negara yang berpartisipasi secara pebuh 12.

Kepala negara dan komisi . negara-negara yang memiliki lebih banyak pengaruh ekonomi untuk meningkatkan perdagangan dengan negara lain atau blok perdagangan 16. dengan menganalisis data sejarah mengenai perkembangan perdagangan dari Negara-negara anggota suatu blok dengan Negara non anggota. Apa yang dengan integrasi ekonomi Jawab: y y y Merangsang pertumbuhan ekonomi di negara-negara Meningkatkan produksi dunia FDI dan Negara mengkhususkan dalam barang dan jasa yang dihasilkan secara efisien y Tambahan keuntungan dari perdagangan bebas di luar kesepakatan internasional seperti GATT dan WTO 17. Apa yang di maksud dengan Integrasi politik? Jawab: saling ketergantungan ekonomi menciptakan insentif bagi kerjasama politik.Jawab: Pertama. studi empiris dengan pendekatan sederhana. Hal ini akan mengurangi potensi konfrontasi kekerasan Bersama-sama. studi empiris dengan memakai modelmodel multi Negara/ wilayah yang umum dikenal dengan sebutan computable general equilibrium 15. Sebutkan halangan yang terjadi pada integrasi? Jawab:  Integrasi sulit untuk mencapai dan mempertahankan  Bangsa mungkin akan mendapat keuntungan tetapi kelompok dalam negara mungkin akan terluka  Potensi kehilangan kedaulatan dan kontrol atas isu-isu domestik 18. Kedua. Sebutkan struktur politik Uni Eropa? Jawab: Dewan Eropa : .

pengadilan daerah. legislatif perakitan. teknologi. perkembangan kebudayaan melalui usaha bersama masyarakat Asia Tenggara yang sejahtera dan damai. j Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu di bidang sosial.Mengusulkan amandemen untuk undang-undang. dan pemantauan legislasi Parlemen Eropa . dan sebuah federasi politik 20.630 anggota yang dipilih secara langsung .Mengajukan usul. menunjuk komisaris Pengadilan keadilan Dewan menteri 19. Apa yang mendorong tumbuhnya integrasi ekonomi suatu kawasan? Jawab: ‡ Potensi ekonomi dimaksimalkan sehingga mempunyai daya saing lebih baik ‡ Potensi politik : terutama bagi negara kecil tetapi kaya spt Brunai Dan Singapura. j Mendorong perkembangan perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara. dan administrasi. Sebutkan Tujuan dari ASEAN? Jawab: j Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Apa tujuan dari perdagangan regional di AFrika? Jawab: Tujuannya adalah untuk membentuk serikat pabean.Presiden menyelesaikan masalah-masalah kebijakan dan menetapkan arah kebijakan Komisi Eropa . ‡ Resolusi konflik 21. ekonomi. kemajuan sosial. kebudayaan. .20 Komisaris diangkat oleh anggota untuk 4 tahun istilah . pelaksanaan. hak veto atas anggaran dan perundang-undangan pasar tunggal..

perbaikan sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi j Mempertinggi taraf hidup masyarakat di wilayah Asia Tenggara.Tetapi sangat sulit integrasi secara penuh karena pertimbangan kedaulatan nasional. termasuk perdagangan internasional. tercipta ketergantungan antar negara anggota sehingga perlu insentif untuk kerjasama politik agar potensi konflik dapat ditekan. Apa isu yang hingga sekarang masih pelik dan belum berhasil diselesaikan tuntas di dalam WTO? Jawah: Masalah pengurangan tarid / bea masuk impor bagi komoditi-komoditi pertanian NSB dan subsidi ekpsor pertanian dari negara-negara maju.j Menciptakan usaha-usaha yang efektif guna meningkatkan pemanfaatan dalam bidang pertanian. 23. Sebutkan masalah yang terjadi pada integrasi ekonomi Jawab: j Ekonomi Walaupun secara teori perdagangan yang tidak dibatasi dapat meningkatkan produksi barang dan jasa (karena spesialisasi juga). industri. j Politik Dengan integrasi ekonomi. . 22. tidak semua negara mengadopsi peraturan tersebut. perdagangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->