MEMBUAT DAFTAR NILAI DENGAN MS EXCEL LAY OUT MASUKKAN KEGIATAN-1 Buatlah lay uot masukkan daftar nilai

seperti di bawah ini:
Pendahuluan Bagi seorang guru mengelola nilai adalah suatu tugas yang wajib dijalani. Nilai yang harus diperoleh antara lain: 1. Nilai ulangan harian (NH) 2. Nilai tugas (TG) bobotnya sama dengan NH 3. Nilai tengah semester (MID) 4. Nilai akhir semester (NAS) Kemudian nilai-nilai tersebut diolah untuk mendapatkan nilai rapot Sebelum kita lanjutkan ketikkan lebih dahulu lay out masukkan seperti disamping Caranya sebagai berikut A1: PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA (Maksudnya ketikkan tulisan PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA di sel A1) Mari kita lanjutkan A2: DINAS PENDIDIKAN A3: SD NEGERI 3 JOGJA A4: Jln Kenari Indah No 88 Telp (0274) 560232 Yogyakarta A6: DAFTAR NILAI DAN SETERUSNYA SESUSAIKAN LETAK SELNYA

MEMPERCANTIK DAFTAR NILAI BAGAIMANA MEMBUAT DAFTAR NILAI SEPERTI DI SAMPING? 1. Untuk menengahkan tulisan “PEMEINTAH KOTA YOGYAKARTA” blok sel A1 sampai L1 kemudian Klik Merge and Center 2. Coba cara tersebut dipergunakan untuk menengahkan tulisan DINAS PENDIDIKAN, SD NEGERI 3 JOGJA, Jln Kenari Indah No 88…., DAFTAR NILAI 3. Untuk memperbesar ukuran hurtuf SD NEGERI 3 JOGJA, caranya sebagai berikut: Klik tulisan tersebut kemudian klik Font Size dan pilih ukuran 16

tidak diperkenankan memberi tanda “titik”.. Misalnya 11\23\2007 artinya tanggal 23 bulan 11 tahun 2007 atau 23-11-2007 . Kita bisa meambahkan sampai satuan detik.14 Pada data berbentuk numerik ini. Data berbentuk numerik Cara mengetikkan langsung pada alamat sel yang dituju. Contohnya mengetikkan 2. hanya berbeda pada karakter yang dipakai yaitu garis miring (\) atau garis hubung (-). Data berbentuk text (huruf) Cara mengetikkan langsung pada alamat sel yang dituju Jika data berbentuk numerik (angka/bilangan). Data berbentuk tanggal Jenis dataini mirip dengan data waktu.” ada yang menggunakan tanda koma adalah titik “.” Ceklah setting Ms Excel yang Anda pergunakan Contohnya: 3. maka cara pengetikan harus diawali dengan tanda ‘ Contohnya: ‘2007 2. dan akan didefinisikan menjadi text. hanya saja lambangnya operasi agak berbeda 4. MS EXCEL + * / ^ Contoh 2+3 6-3 3x4 12:2 34 Ms Excel =2+3 =6-3 =3*4 =12/2 =3^4 Akar =sqrt(…) 16 =sqrt(16) 3. Data berbentuk waktu Data ini berupa angka juga namun merupakan gabungan beberapa angka dengan karakter titik dua (:). kita dapat melakukan operasi Matematik.TYPE DATA DALAM MS EXCEL Operasi hitung dalam Ms Excel Pada umumnya data dalam Ms Excel dibagi menjadi 4 yaitu 1. tidak diberi titik Untuk data numerik bilangan desimal. AM atau PM misalya 12:01:37AM Untuk mengetikkan numerik bilangan bulat. secara default angka akan diletakkan di posisi rapat kanan pada kolom tersebut Contohnya OPERASI Penjumlahan Pengurangan Perkalian Pembagian Perpangkatan MATEMATIKA + X : Bilangan pangkat ditulis diatas bilangan pokok . misalnya 12:01.14 ada juga Ms excel 3. kita harus melihat setting Ms Excelnya..345 (dua ribu tiga ratus empat puluh lima) maka cara pengetikkannya langsung 2345. Ada yang menggunakan tanda koma adalah koma“.

Dengan adanya fungsi ini kita tidak perlu lagimenuliskan formula yang bisa jadi panjang. Formula merupakan unsur penting dalam Excel. Contoh formula =C5+F2 artinya Ms Excel diperintah untuk melakukan proses penjumlahan isi sel C5 dengan isi sel F2 dan hasilnya disimpan pada sel yang sedang aktif. Untuk menuliskan formula harus diawali tanda = (sama dengan) FUNGSI-FUNGSI UNTUK PEMBULATAN Fungsi Round(Number. Sebagai gantinya cukup menuliskan nama fungsinya saja. sebab dengan formula ini kita bisa melakukan proses perhitungan data. Untuk menuliskan fungsi harus diawali tanda = (sama dengan) FUNGSI-FUNGSI YANG SERING DIGUNAKAN DALAM PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA FUNGSI AVERAGE MAX MIN SUM STDEV MEDIAN Contoh pemakaian =AVERAGE(A7:G5) =MAX(A1:A7) =MIN(A1:A7) =SUM(B2:B15) =STDEV(B2:B15) =NEDIAN(A1:A20) Keterangan Menghitung rata-rata nilai dari isi sel A7 sampai denga G5 Mencari nilai tertinggi data dari sel A1 sampai dengan A7 Mencari nilai terendah data dari sel A1 sampa dengan A7 Mencari jumlah data numerik dari sel B2 sampai dengan B15 Mencari standar deviasi dari populasi data dari B2 sampai dengan B15 Mencari nilai tengah dari kumpulan data dari A1 sampai dengan A20 FUNGSI ROUNDUP(NUMBER.MEMASUKKAN FORMULA DAN FUNGSI Memasukkan formula/ rumus Formula/ rumus merupakan perintah pengoperasian sel (yang menggandung data tentunya).DIGIT) Fungsi ini digunakan untuk pembulatan ke bawah FUNGSI INT(NUMBER) Fungsi ini digunakan untuk mengambil bilangan yang bulat saja/ bagian desimal langsung dihilangkan .number digit) FUNGSI Contoh pemakaian =ROUND(A7:0) =ROUND(A7:1) ROUND =ROUND(A7:2) =ROUND(A7:-1) = ROUND(A7:-2) Contoh: Keterangan Isi data di sel A7 dibulatkan ke satuan (tanpa desimal) Isi data di sel A7 dibulatkan ke satu digit di belakang koma Isi data di sel A7 dibulatkan kedua digit di belakang koma Isi data di sel A7 dibulatkan ke puluhan Isi data di sel A7 dibulatkan ke ratusan Memasukkan fungsi Fungsi adalah formula yang telah terdefinisi dan disiapkan oleh Ms Excel.DIGIT) Fungsi ini digunakan untuk pembulatan ke atas FUNGSI ROUNDDOWN(NUMBER.

NH 2. NAS.KEGIATAN -2 Ketikkan Lay out masukkan seperti di bawah ini (buka file yang pernah dibuat pada KEGIATAN-1) Tugas: 1. TG 1. N MURNI. NH 3. nilai ratarata. N RAPOT 5. TG 1. nilai terendah. MID. NH2. Nilai murni dihitung dengan rumus 2 × rata + 1 × mid + 2 × NAS 5 3. RATA. Carilah nilai tertinggi. TG 2. Cari nilai rata-rata dari NH 1. N Rapot dibulatkan ke satuan 4. NH 3. Simpanlah file kerja anda dengan nama kegiatan2 diikuti nama anda . TG 2 2. standar deviasi NH 1.

LAY OUT KELUARAN KEGIATAN -2 Jika data yang dimasukkan benar dan rumus benar maka hasilnya sebagai berikut Keterangan: Standar deviasi untuk nilai interval 0-100 dapat diambil sebagai berikut: 1. Akan baik apabila nilainya kurang dari 15 dengan rata-rata tinggi 2. Akan sangat jelek apabila kurang dari 15 dan rata-rata sangat rendah .

A1>80) Isi Sel A1< 70 atau A1>70 bernilai benar AND(A1>60. sebagai field 2 adalah N Murni. Program Ms Excel menyediakan fasilitas sortir Dalam melakukan pengurutan kita harus memilih field mana yang kita pakai sebagai acuan. Urutan menaik (Ascending) menggunakan record dari awal hingga akhir. field terpilih itulah yang akan diurutkan sedangkan field lainnya mengikuti.”TIDAK TUNTAS”.[Value if True]. misalnya dari A ke Z atau dari 1 ke 100 (record yang memiliki field yang kosong akan berada di depan field yang ada isinya). kadang-kadang kita perlu menyaring hanya record tertenu saja yang akan ditampilkan.A1<80) Isi Sel 60<A1<80 bernilai benar NOT(A1<60) Isi Sel A1 Tidak lebih kecil dari 60 bernilai benar ARTINYA SAMA SAJA DENGAN A1>=60 A1 < 70 A1<=70 Jenis-jenis pengurutan: 1.”TUNTAS”) Artinya jika BENAR nilai di A1 kurang dari 70 maka TIDAK TUNTAS Jika TIDAK BENAR nilai di A1 kurang dari 70 maka TUNTAS JENIS-JENIS LOGICAL TEST Contoh KETERANGAN Isi sel A1 lebih kecil 70 bernilai Benar Isi sel A1 lebih kecil atau samadengan 70 bernilai Benar A1>70 Isi sel A1 lebih besar 70 bernilai Benar A1>=70 Isi sel A1 lebih besar atau samadengan 70 bernilai Benar A1<>70 Isi sel A1 tidak samadengan 70 bernilai Benar OR(A1<70. Dimana letaknya Autofilter itu? Letaknya ada di menu Data> filter> Autofilter OR AND NOT Nanti akan kita praktikkan pada kegiatan-5 . Record lainnya untuk sementara disembunyikan.MEMBUAT RANGKING MURID/ MENYORTIR DATA Walau KTSP tidak mengisyaratkan data/ nilai siswa harus disortir tetapi kita sebagai guru selayaknya mengetahui kemampuan siswa secara individu dibandingkan dengan siswa lain. Artinya. Urutan menurun (Descending) mengurutkan record dengan cara dari akhir ke awal atau dari Z ke A atau dari 100 ke 1 (record yang memiliki field yang kosong akan berada di akhir field yang ada isinya) Nanti akan kita praktikkan pada kegiatan -3 LOGICAL TEST < <= > >= <> MENYARING DATA Pada saat kita bekerja dengan database yang berukuran besar. Jika N Rapot sama dan N Murni sama maka field-3nya adalah NAS.[Value if False]) Maksudnya: Jika logical tes bernilai benar maka akan dikerjakan perintah pada [Value if True] dan jika salah maka akan dikerjakan perintah pada [Value if False] Contoh: =IF (A1<70. Untuk keperluan ibi Ms Excel menyediakan fasilitas Autofilter. Contoh: Jika kita akan membuat rangking pada KEGIATAN-2 maka field terpilihnya sebagai kunci adalah N Rapot. Nanti akan kita praktikkan dikegiatan -4 FUNGSI IF Fungsi ini sangat penting untuk pengambilan suatu keputusan berdasarkan suatu kriteria logika tertentu Cara penulisan fungsi if adalah sebagai berikut: =IF(logical_test. Pilihan field oleh Ms Excel di sediakan 3 jenjang. 2. Jika ada siswa yang N Rapotnya sama.

KEGIATAN-3 (MENYORTIR DATA) LAY OUT MASUKKAN Buka file Kegiatan -3 (FILE>OPEN>PILIH FILE YANG AKAN DIBUKA> OPEN) Tugas Rangkinglah hasil nilai di samping secara descending dengan field-1 N Rapot. Field-2 N Murni. Field-3 NAS / .

Blok dari A1 sampai dengan L29 (Data ini yang akan di putar/ di rangking) .Langkah-langkahnya 1.

Then by pilih Column J dan Klik descending (Field-3) 6. Klik OK Hasilnya seperti berikut .2. Bila perlu pada my data range has pilih No header row 7. Then by pilih Column K dan Klik Descending (Field-2) 5. Klik Sort akan muncul sebagai berikut Pada Sort by pilih Column L dan Klik Descending (Field-1) 4. Klik Data> Sort 3.

Dipersilakan untuk latihan mandiri Simpanlah dengan perintah File> Save As> beri nama file Kegiatan-3 Hasilnya seperti berikut . field-3 then by pilih None juga. 2 dst Selanjutnya berilah bordernya Untuk mengembalikan menurut nomor Absen siswa caranya sortirlah dengan field-1 No Absen (Column A) dengan urutan Ascending dan field-2 then by pilihlah None.Nah sekarang di M9 ketik “Ragking” Kemudian dari M10 sampai dengan M29 ketik 1.

Hasil Akhir sebagai berikut: .

Klik no baris 9 (tanda anak panah) 2. Klik data > Filter> Autofilter Seperti berikut .KEGIATAN-4 (MENYARING DATA) Bukalah File kegiatan-3 1.

Akan muncul segitiga hitam pada setiap kolom pada baris terpilih Coba klik pada segitiga N Raport dan klik Custom akan muncul sebagai berikut Nah disini akan muncul fungsi logical lagi Jika kita pilih equals dan kita pilih 76 maka.Hasilnya sebagai berikut: 1. 6. 8. siswa yang dimunculkan adalah siswa yang memiliki nilai sama dengan 76 Pilihlah OK Lihat hasilnya Untuk melihat hasil keseluruhan klik segitiga pada N Rapot dan pilih (All) Simpanlah dengan cara Klik File> File save as beri nama Kegiatan-4 Anda dapat berkeatif disini dengan tidak hanya equals. 3. Gunakan And atau Or Misalnya Anda ingin melihat siswa yang memiliki N Rapot dari 70 sampai dengan 80 maka perintahnya is greater than or equal to 70 Klik And is les than or equal to 80 . 7. 4. coba pilih yang lain dengan Mengklik tanda panah disebelah kanan equals. 5. 2.

”TUNTAS”. KKM=75 3. Buatlah lay out masukan seperti di samping 2. Tentukan nilai tertinggi 5. kemudian pilih warna abu-abu Untuk mengisi kolom keterangan.”TIDAK TUNTAS”) SELAMAT MENCOBA . Tentukan nilai rata-rata kelas 7.Blok A10 sampai dengan D10 .Klik Fill color pada menu bar - Klik pada panah hitam. Tentukan Standar deviasi BANTUAN: Untuk membuat baris A10 sampai dengan D10 ada blok warna abu-abu caranya sebagai berikut .KEGIATAN -5 Lay Out Masukan Seorang guru akan melaporkan nilai Matematika pada Walikelas Ketentuan: 1. Tentukan nilai terendah 6. dipergunakan fungsi if Ketikan di D11 formula fungsi =if(C11>=75. Pada kolom keterangan akan TUNTAS jika nilai seorang siswa memiliki KKM 75 atau lebih. jika tidak siswa tersebut dinyatakan TIDAK TUNTAS 4.

LAY OUT KELUARAN SEBAGAI BERIKUT MEMBUAT LAGGER Sebelumnya marilah kita perenalkan fungsi COUNTIF Fungsi COUNTIF dipergunakan untuk menghitung data yang memenuhi kriteria tertentu Cara menulisnya sebagai berikut =COUNTIF(Alamat range. Kriteia) Cotohnya =COUNTIF(A1:A5.”<75”) artinya memerintahkan Ms Excel untuk menghitung nilai yang kurang dari 75 dari sel A1 sampai dengan A5 .

KEGIATAN-6 BAGAIMANA KITA BISA MENGHITUNG DAFTAR SEPERTI ITU? BUATLAH LAY OUT MASUKKAN SEPERTI BERIKUT INI .

BANTUAN RUMUS DI E10 ADALAH =IF(D10<$D$9."TT") .”TT”."TIDAK"."TT") >4.”T”) Maksudnya jika nilai agama di D10 kurang dari 70 maka anak tersebut Tidak Tuntas Cobalah untuk yang lain Seorang anak tidak naik kelas jika memiliki nilai tidak tuntas lebih dari empat Rumus di R10 adalah =IF(COUNTIF(D10:Q10."NAIK") Banyaknya anak yang tidak tuntas per bidang studi dicari dengan rumus di E26 adalah =COUNTIF(E10:E24.

MODUL MICROSOFT EXCEL UNTUK PENILAIAN KTSP ( SERI 1) OLEH : NGATIJAN.Pd ( Pak TJ ) PEMERINTAH KOTA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2007 . S.