P. 1
RPP 1

RPP 1

|Views: 38|Likes:
Published by Eka Damayanthi

More info:

Published by: Eka Damayanthi on Aug 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2011

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Kelompok Belajar Alokasi Waktu Tema A. Standar Kompetensi Berbicara : 1.

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, serta pengenalan benda Mendengarkan sekitar yang berkaitan dengan kecakapan hidup. : 1. Memahami teks pendek (satu sampai dengan lima kalimat sederhana) dan pesan yang dilisankan yang berkaitan dengan kecakapan hidup. Menulis Membaca Berhitung : 1. Menulis kalimat sederhana, majemuk, dan vaiasinya dalam Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan kecakapan hidup. : 1. Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. : 1. Melakukan perhitungan matematis secara lisan dan tulis yang berkaitan dengan kecakapan hidup. B. Kompetensi Dasar Berbicara Mendengarkan : 1. Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana daN bahasa yang santun yang berkaitan dengan kecakapan hidup. : 2. Menyampaikan pesan pendek ( 1 sd 5 kalimat sederhana) yag didengarnya kepada orang lain yang berkaitan dengan kecakapan hidup. Menulis Membaca Berhitung : 3. Menulis kata yang terdiri atas sekurang-kurangnya dua suku kata yang berkaitan dengan kecakapan hidup. : 1. Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. : 1. Melakukan penghitungan matematis berupa penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang berkaitan dengan kecakapan hidup. 1 : Keaksaraan Dasar : Sekar Wangi : 3 x 60 menit (8 kali pertemuan) : Diri sendiri

1 Mampu menulis kata yang terdiri dari beberapa suku kata yang berkaitan tentang identitas diri sendiri.3 Mampu menghitung anggota keluarga 2 . empat huruf.2 Mampu menyampaikan pesan yang didengar tentang topic tertentu yang disampaikan oleh tutor yang berkaitan dengan identitas orang lain. alamat. Menulis : 3. Mendengarkan : 2. Membaca : 1.2 Mampu membaca keseluruhan abjad dalam bahasa Indonesia dengan lafal yang tepat. diftong.3 Mampu membaca lancer vocal. 2.2 Menulis suku kata dari kata yang telah ditulis sebelumnya 3.2 Mampu menyebutkan pekerjaan yang sedang di geluti saat ini. konsonan dan variasinya dalam bahasa Indonesia dengan benar. Indikator Berbicara : 1.2 Mampu menghitung umur.1 Membaca lancar vocal dan konsonan dengan lafal yang tepat 1. pekerjaan.1 Mampu menulis dan mengenal angka.4 Mampu mengenal suku kata yang terdiri atas satu huruf. Berhitung : 1. 1. dan lima huruf.1 Mampu menyebutkan identitas (nama. 2.C. 3. 1.3 Mengajukan pertanyaan secara lisan tentang identitas orang lain.5 Mampu membaca lancer dengan benar suku kata yang ditentukan oleh tutor 1.4 Menyebutkan huruf-huruf yang terdapat pada kata tersebut. 1. 1.6 Mampu membaca kata dalam wacana yang ditentukan oleh tutor dengan benar. tiga huruf. dua huruf.1 Mampu mendengarkan pesan yang didengar tentang topik tertentu yang berkaitan dengan identitas orang lain. 1.3 Mampu menanyakan kembali pesan pendek yang telah disampaikan orang lain tentang identitas orang tersebut. 1. 1. keluarga) dengan bahasa yang sederhana dan santun.3 Menulis setiap huruf yang terdapat pada kata tersebut 3.

Z Variasi huruf vocal yaitu gabungan dua buah huruf vocal yang menghasilkan bunyi rangkap. E. W. Angka-angka utama : 0. P. suara dapat didengar. jalanjalan dan sebagainnya. 5. Persiapan dan Pembuka  Salam dan Perkenalan  WB  Menginformasikan mengenai indikator Alokasi Waktu 30 menit : Diskusi WB . X. O Konsonan : B. tanggal lahir. H. N. F. D. L.WB memberi salam kepada tutor. dan intonasi yang tepat. 8. 3. I. sangau. 9 E. Jika seseorang sedang berbicara. C.WB menyimak informasi yang 3 Memeriksa presensi . Vokal : A. Dari ke 26 huruf tersebut dibagi lagi menjadi huruf vocal dan konsonan. 7. 6. K. Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing.1. Materi/Tematik Ajar : Identitas diri terdiri dari nama. orang yang berada disekitanya wajib untuk mendengarkan dengan baik dan bila ada suatu pertanyaan dapat ditanyakan langsung dengan bahasa yang sopan. presensi . V. jenis kelamin dan lain-lain. M. perangai. Identitas yang dimiliki harus benar dan tepat. Contohnya: bangau. G. au. contohnya hobi main bola.WB melakukan . S. 2. Y. Q. alamat. R. Metode Pembelajaran F. D. seperti bentuk ai. pakai. Langkah Pembelajaran  Pertemuan Pertama (3x60 menit)  Sub Tema : Identitas diri sendiri Tahapan • Kegat an Awal Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1. Berbicara yang sopan adalah berbicara dengan nada yang tepat. T. 1. 4.4 Mampu menghitung objek dengan benar yang berkaitan dengan kehidupan diri sendiri. dan oi. U. dsb. J.

Tutor menuntun WB untuk menulis kata tentang identitasnya.Tutor menuliskna di papan kata nama.yang harus dicapai dan • Kegiat an Inti prosedur penilaian.Tutor menugaskan WB untuk menghitung jumlah huruf yang mereka tulis. . . dan jenis kelamin dan membacanya. Konfirmasi Tutor mengecek tulisan WB Tutor memberikan penjelasan jika ada kesalahan pada tulisan WB. Elaborasi . 120 menit . WB menulis tugas yang diberikan tutor. . alamat. WB menulis kata yang tertulis di papan WB mendengarkan penjelasan tutor. . WB menyebutkan kesimpulan materi yang telah dipelajari.Masing-masing WB menyebutkan namanya. Tutor menugaskan WB untuk menyimpulkan materi 4 WB mendengarkan penjelasan dari tutor.Tutor menugaskan untuk menyebutkan nama dari masing-masing WB diberikan oleh tutor. WB menghitung jumlah huruf yang mereka tulis. WB menulis dengan tuntunan dari tutor.Tutor menugaskan WB untuk menulis kata yang telah dituliskan dipapan. Eksplorasi . WB membaca hasil tulisannya.Tutor menugaskan WB untuk membaca hasil tulisan setiap WB .

. 10 menit  Pertemuan Kedua (3x60 menit)  Sub Tema : Mengenal Identitas Teman Tahapan • Kegat an Awal Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1. Elaborasi . • Kegiat an Inti Eksplorasi .Salam penutup WB mendengarkan tutor.Memeriksa presensi WB.WB menulis salah satu tugas di papan tulis presensi .WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor.Tutor memeriksa dan menugaskan Wb membaca tugas tersebut. .yang telah dipelajari.Tutor menugaskan setiap WB mengomentari 5 . Persiapan dan Pembuka .Tutor menugaskan WB untuk menulis salah satu tugas mereka dipapan tulis.Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan prosedur penilaian. WB mendengarkan penjelasan tutor dan membaca tugas yang telah dibuat. Alokasi Waktu WB . Tutor memberikan tugas rumah untuk mengulang menulis kata yang telah dipelajari • Kegiat an Penutup Menginformasikan mengenai topik selanjutnya .WB melakukan 30 menit .

Tutor menuntun WB untuk menulis kata tentang identitasnya.WB mendengarkan tutor. WB menuliskan kata yang diberikan tutor. .Tutor menyebutkan hurufhuruf yang terdapat pada kata tersebut. .Tutor menuliskan kata tanggal lahir. pekerjaan.Tutor menugaskan WB untuk menghitung banyaknya huruf yang terdapat pada kata tersebut. Tutor memberikan tugas rumah untuk mengulang menulis kata yang telah dipelajari • Kegiat an Penutup Menginformasikan mengenai topik selanjutnya Salam penutup - tugas dari WB lainnya. 30 menit 6 . WB menulis tugas yang diberikan tutor.WB untuk mengomentari tentang hasil tulisan WB lainnya. WB menjawab pertanyaan tutor WB mendengarkan tutor WB menghitung jumlah huruf 120 menit WB mendengarkan kesimpulan materi yang telah dipelajari. . Konfirmasi Tutor mengecek tulisan WB Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari. . .

WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor. WB menyimak tutor tugas di papan tulis Memeriksa presensi presensi . WB menulis hurufhuruf tersebut. . WB mendengarkan penjelasan tutor dan mendiskusikannya bersama tutor. 120 menit Alokasi Waktu WB .Tutor menugaskan WB menghitung banyaknya huruf tersebut . Eksplorasi . Elaborasi . Persiapan dan Pembuka  WB  Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan • Kegiat an Inti prosedur penilaian. 7 WB menghitung banyaknya huruf yang diberikan.Tutor nugaskan WB untuk menulis huruf-huruf yang ditunjukkan tutor .Tutor memeriksa dan mendiskusikan tugas tersebut bersama dengan WB lainnya. Tahapan • Kegat an Awal Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1. Pertemuan Ketiga (3x60 menit)  Sub Tema : Mengenal huruf penyusun kata yang berkaitan dengan identitas.Tutor menugaskan WB untuk menyebutkan huruf-huruf apa WB menyebutkan huruf-huruf tersebut.Tutor menugaskan WB untuk .WB melakukan 30 menit .Tutor memberikan beberapa huruf .WB menulis salah satu menulis salah satu tugas mereka dipapan tulis.

saja yang mereka tulis. Tutor memberikan tugas rumah menulis 5 huruf yang mereka ketahui • Kegiat • Menginformasikan an mengenai topik selanjutnya Penutup • Salam penutup • WB mendengarkan tutor.WB menulis tugas di papan tulis dan menyebutkannya. WB mencatat tugas yang diberikan  Pertemuan Keempat (3x60 menit)  Sub Tema Tahapan • Kegat an Awal : Mengenal vocal dan konsonan dari huruf-huruf. Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1. • Kegiat an Inti Eksplorasi .Tutor menugaskan WB untuk menuliskan dan menyebutkan huruf-huruf . Alokasi Waktu WB .WB melakukan 3 menit . Persiapan dan Pembuka  Memeriksa presensi WB  Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan prosedur penilaian. .WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor. 8 105 menit presensi . 30 menit WB mendengarkan kesimpulan tutor.Tutor menuntun WB untuk menyebutkan huruf-huruf tersebut Konfirmasi Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Konfirmasi Tutor mengecek tulisan WB Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Elaborasi .apa saja yang mereka buat sehubungan dengan tugas yang diberikan. 9 .Tutor menjelaskan tentang huruf vocal dan konsonan . WB mencatat tugas yang diberikan WB mendengarkan penjelasan tutor. .Tutor memeriksa dan mendiskusikan tugas tersebut bersama dengan WB lainnya. 30 menit WB menyerahkan hasil tulisannya WB mendengarkan kesimpulan tutor. WB mendengarkan dan menulis penjelasan tutor WB mendengarkan penjelasan tutor dan mendiskusikannya bersama tutor. Tutor memberikan tugas rumah untuk menulis huruf dari A sampai R • Kegiat • Menginformasikan an mengenai topik selanjutnya Penutup • Salam penutup • WB mendengarkan tutor.Tutor menugaskan WB untuk menunjukkan hurufhuruf mana yang termasuk konsonan dan vocal pada huruf-huruf yang berkaitan dengan identitas WB. WB menyebutkan konsonan dan vocal pada huruf yang telah dibuatnya.

Persiapan dan Pembuka  Memeriksa presensi WB  Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan prosedur penilaian. Pertemuan Kelima (3x60 menit)  Sub Tema : Keluarga Tahapan • Kegat an Awal Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1.Tutor menugaskan WB untuk menyebutkan nama masing-masing saudaranya . • Kegiat an Inti Eksplorasi .Tutor menugaskan WB untuk menulis nama salah satu keluarganya. . .WB melakukan 30 menit .Tutor memeriksa dan mendiskusikan tugas tersebut bersama dengan WB lainnya. WB menulis salah satu nama keluarganya WB mendengarkan penjelasan tutor dan mendiskusikannya bersama tutor. Elaborasi .WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor. .Tutor menuntun WB WB menghitung 10 WB menyebutkan nama masing-masing keluarganya.Tutor menugaskan WB untuk menulis salah satu tugas mereka dipapan tulis.WB menulis salah satu tugas di papan tulis 120menit presensi . Alokasi Waktu WB .

Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari. • Kegiat • Menginformasikan an mengenai topik selanjutnya Penutup • Salam penutup • WB mendengarkan tutor. . Persiapan dan Pembuka  Memeriksa presensi WB  Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan prosedur penilaian. Alokasi Waktu 30 menit WB . WB mendengarkan kesimpulan tutor. 30 menit  Pertemuan Keenam (3x60 menit)  Sub Tema : Teman Tahapan • Kegat an Awal Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1. WB menyerahkan hasil tulisannya WB memperbaiki kesalahan tulisan setelah mendengarkan penjelasan tutor. 11 presensi .banyak keluarganya.WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor. Konfirmasi Tutor mengecek tulisan WB Tutor memperbaiki kesalahan WB dan memberikan penjelasan sedikit.WB melakukan .Tutor menugaskan WB untuk menghitung banyaknya keluarga.

• WB WB menghitung teman yang dimilikinya.WB menulis beberapa kata yang telah dipelajari WB mendengarkan penjelasan tutor dan mendiskusikannya bersama tutor. . Konfirmasi Tutor mengecek tulisan WB.Tutor menugaskan WB untuk menyebutkan nama masing-masing teman WB .Tutor menuntun WB .• Kegiat an Inti Eksplorasi . WB memperbaiki kesalahan tulisan setelah mendengarkan penjelasan tutor. Elaborasi . WB menulis salah satu nama temannya 120 menit • Kegiat • Menginformasikan 30 menit 12 . WB menyebutkan nama masing-masing teman WB.Tutor menugaskan WB untuk menulis nama salah satu temannya. Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari. . Tutor memperbaiki kesalahan WB dan memberikan penjelasan sedikit.Tutor memeriksa dan mendiskusikannya bersama dengan WB lainnya. WB menyerahkan hasil tulisannya.Tutor menugaskan WB menghitung banyaknya teman yang dimiliki WB. WB mendengarkan kesimpulan tutor.Tutor menugaskan WB untuk menulis beberapa kata yang telah dipelajari .

WB bercerita tentang dusun mereka. . • Kegiat an Inti Eksplorasi .WB menyebutkan nama kepala dusun dan tempat mereka tinggal. Persiap an dan Pembuka Memeriksa presensi WB  Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan prosedur penilaian.  Pertemuan Ketujuh (3x60 menit)  Sub Tema : lingkungan Dusun Tahapan • Kegat an Awal  Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1.Tutor menugaskan WB untuk menulis nama kepala dusun dan dusun tempat mereka tinggal 13 WB menulis nama kepala dusun dan tempat mereka tinggal.an Penutup mengenai topik selanjutnya • Salam penutup mendengarkan tutor.Tutor menugaskan WB untuk menyebutkan nama kepala dusun dan dusun tempat mereka tinggal . Alokasi Waktu WB .WB melakukan 30 menit . . 120 menit presensi .Tutor mendiskusikannya bersama dengan WB lainnya. Elaborasi .WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor.Tutor menugaskan WB untuk menceritakan tentang dusun yang mereka tempati . WB mendengarkan penjelasan tutor dan mendiskusikannya bersama tutor.

Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari. 30 menit WB menyerahkan hasil tulisannya WB memperbaiki kesalahan tulisan setelah mendengarkan penjelasan tutor. • Kegiat • Menginformasikan an mengenai topik selanjutnya Penutup • Salam penutup • WB mendengarkan tutor. Alokasi Waktu WB .WB menyimak informasi yang diberikan oleh tutor. • Kegiat an Inti Eksplorasi . Persiapan dan Pembuka Memeriksa presensi WB  Menginformasikan mengenai indikator yang harus dicapai dan prosedur penilaian.WB menyebutkan dan 14 120 menit presensi . WB mendengarkan kesimpulan tutor.WB melakukan 30 menit .  Pertemuan Kedelapan (3x60 menit)  Sub Tema : Adat Istiadat bermasyarakat Tahapan • Kegat an Awal  Kegiatan Pembelajaran Proses Pembelajaran Tutor 1.Tutor menugaskan WB .Tutor menuntun WB Konfirmasi Tutor mengecek tulisan WB Tutor memperbaiki kesalahan WB dan memberikan penjelasan sedikit..

.Tutor menugaskan WB untuk menghitung banyaknya kegiatan yang dilaksanakan. . menulis agamanya. Tutor mengecek tulisan WB Tutor memperbaiki kesalahan WB dan memberikan penjelasan sedikit. Tutor menyimpulkan materi yang telah dipelajari. . Konfirmasi Tutor menugaskan WB membacakan hasil tulisannya.WB mendengarkan WB lain menyampaikan pesan . WB menyerahkan hasil tulisannya WB memperbaiki kesalahan tulisan setelah mendengarkan penjelasan tutor.Tutor menugaskan WB untuk menyampaikan pesan bila ingin mengundang warga jika ada kegiatan keagamaan.menyebutkan dan menulis agama yang digelutinya.WB menulis tanggal yang ditetapkan untuk menghadiri undangan tersebut .Tutor menugaskan WB untuk menulis tanggal undangan. WB melaksanakan 15 . Elaborasi . . . WB mendengarkan kesimpulan tutor.WB membacakan hasil tulisannya.WB menyampaikan pesan tentang undangan adat.WB menghitung banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan.

ALAT DAN MEDIA Spidol.Hum NIP. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR Sumber : Buku pintar membaca. PENILAIAN Kognitif Afektif Psikomotor : Tes tertulis. penghapus. 0813011008 16 .dkk NIM. poster huruf H. 30 menit : keaktifan WB selama proses belajar mengajar Mengetahui Dosen Pendamping Kecamatan Julah. tugas individu : sikap selama proses pembelajaran • WB mendengarkan tutor. Drs. M.- Tutor memberikan tes kecil. tes kecil • Kegiat • Menginformasikan an mengenai topik selanjutnya Penutup • Salam penutup G. 196412181994031003 I Wayan Widnyana. 3 Agustus 2011 Tim Tutor. I Gusti Made Aryana. I. White Board.

4. Nama Alamat Tulislah identitas Anda! : : Pekerjaan : Kelompok belajar : Desa/Dusun Kecamatan Kabupaten 2. : : : Bacalah di depan tulisan yang telah anda buat pada tes nomor 1! Sampaikanlah pesan pendek dari tutor kepada WB lain! Hitunglah jumlah huruf vocal dan konsonan pada tulisan yang telah dibuat pada tes nomor 1! 17 .TES KECIL 1. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->