KARYA ILMIAH PENGARUH JENIS AIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG HIJAU

Disusun oleh :

Nama No. Kelas

: Muhammad Adito Kurniawan : 20 : X TKJ B

SMK Negeri 2 Surakarta Jl. L.U. Adi Sucipto No. 33 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

penulis dengan hati terbuka menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi baiknya karya ilmiah berikutnya. atas petunjuk dan bimbingan-Nya sehingga pembuatan karya ilmiah ini dapat diselesaikan meskipun masih dalam bentuk yang sangat sederhana. menambah wawasan bagi penulis mengenai pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. betapa pun kecilnya mudah-mudahan karya ilmiah ini dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca. Karya ilmiah ini dibuat dengan maksud dan tujuan memberikan informasi kepada pembaca tentang tanaman kacang hijau.Kata Pengantar Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Akhirnya.tak ada gading yang tak retak. Maka dari itu. Namun. 17 November 2010 Penulis 1 .berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak hambatan dan kesulitan itu dapat diatasi. penulis menemui beberapa hambatan dan kesulitan. Surakarta. Karya ilmiah ini tentu masih banyak kekurangannya. Seperti peribahasa. karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis tentang karya ilmiah. Selama proses pembuatan karya ilmiah ini. serta untuk memenuhi tugas dari guru yang bersangkutan.

... Daftar Pustaka………………………………………………………. Bab II Tinjauan Pustaka………………………………………………. Bab III Metode Penelitian……………………………………………. Bab IV Penelitian dan Pembahasan…………………………………… Bab V Kesimpulan dan Saran………………………………………….Dafar Isi Kata Pengantar……………………………………………………….. Daftar Isi…………………………………………………………… … Bab I Pendahuluan…………………………………………………….... 1 2 3 5 7 9 11 12 2 .

nutrisi. setelah kedelai dan kacang tanah. dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Kacang hijau bila direbus lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan dan mengental. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. dan 3 . dan pemberantasan hama. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum. atau gandas turi. Tepung biji kacang disebut di pasaran sebagai tepung hunkue. dapat dipanen pada umur 55-60 hari.BAB I PENDAHULUAN 1. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi ondeonde. Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Kecambahnya dikenal sebagai tauge. menjadi semacam bubur. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun. b. serangan hama penyakit lebih sedikit. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Dibanding dengan tanaman kacang-kacangan lain. bakpau. dan lain-lain. air. c. Latar Belakang Masalah Kacang hijau (Vigna radiata L. Pada pertumbuhannya tanaman kacang hijau membutuhkan pupuk. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. cahaya matahari. digunakan cukup keluar hijau. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. lebih tahan kekeringan. kacang hijau memiliki kelebihan ditinjau dari segi agronomi maupun ekonomis seperti : a. seperti: bubur kacang hijau dan isi onde-onde.) merupakan salah satu komoditas tanaman kacang-kacangan yang banyak dimakan rakyat Indonesia.

di kesempatan ini penulis ingin meneliti mengenai pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.d. b. Memenuhi tugas dari guru yang bersangkutan. Tujuan Penelitian Penelitian ini mempunyai tujuan : a. 4. Rumusan Masalah Penelitian ini mempunyai rumudan masalah : “Apakah ada pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau?” 3. Manfaat Penelitian Dari penelitian ini diharapkan pertumbuhan tanaman kacang hijau tumbuh gengan optimal dan dapat mendukung pembudidayaan tanaman kacang hijau. Oleh karena itu. dan cara budidayanya mudah. Menambah wawasan bagi penulis mengenai pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.google.com/) 2. c. 4 . Memberikan informasi kepada pembaca tentang tanaman kacang hijau. dapat ditanam pada tanah yang kurang subur. (http://www.

dan E). A. Karakteristik kacang hijau yang secara alamiah toleran kekeringan dan berumur genjah menunjukkan bahwa kacang hijau pada lahan kering akan ditanam pada musim kemarau sesudah komoditas utama. 2. minyak lemak. Tanaman ini mengandung zat-zat gizi. mangan. antara lain: amylum. Tinjauan Pustaka a. Tanaman Kcang Hijau Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. protein. Air bersih  Merupakan air yang biasa digunakan sehari hari dan masih bersih yang belum tercampur olel limbah. yaitu padi gogo atau jagung.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 1. b. Air kompos  Merupakan air bersih yang dicampur dengan pupuk kompos cair 3. vitamin (B1. besi. magnesium. sehingga air ini bercampur dengan kotoran yang terdapat pad beras.google. Air sisa cucian beras  Merupakan air bersih yang telah digunakan untuk mencuci beras. belerang. Jenis Air 1. Kecambahnya dikenal sebagai tauge. niasin. (http://www.com/) 5 . kalsium.

” tanaman kacang hijau.” 6 .2. Hipotesis   H0 H1 : “Ada pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman : “Tidak ada pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan kacang hijau.

Definisi a. Tanaman Kacang Hijau Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Variabel Penelitian a. Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Air sisa cucian beras b. 2. Sampel pada penelitian ini adalah 3 tanaman kacang hijau. Variabel bebas b. Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L) Klasifikasi  Kingdom  Subkingdom  Super Divisi : Plantae (Tumbuhan) : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) : Spermatophyta (Menghasilkan biji) 7 : pemberian jenis air : pertumbuhan tanaman kacang hijau . Air kompos 3. Air bersih 2. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ke-3 terpenting sebagai tanaman pangan legum. 3. Jenis Air 1. Variabel terikat 4. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.BAB III METODE PENELITIAN 1. Populasi dan Sampel Populasi pada penelitian ini adalah seluruh tanaman kacang hijau di pot.

php?plant=981) 5. berlokasi di halaman rumah peneliti. Divisi  Kelas  Sub Kelas  Ordo  Famili  Genus  Spesies : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) : Rosidae : Fabales : Fabaceae (suku polong-polongan) : Phaseolus : Phaseolus radiatus L. (http://www.plantamor. November 8 .com/index. Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan mulai dari Oktober 2010 2010.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 1.3 cm 12.3 cm 6 8 10 13 16 Tanaman Pot III Tinggi Jumlah Batang Daun 10.8 cm 17 cm 6 7 10 12 14 *Keterrangan : a. a.1 cm 15. Setelahnya baru diberi variabel bebas.4 cm 6 7 9 10 12 Tanaman Pot II Tinggi Jumlah Batang Daun 11 cm 13. Pembahasan Pemberian variabel bebas pada ketiga tanaman di atas dimulai pada hari ke-14.8 cm 19.7 cm 13. Tanaman Pot II : disiram dengan air bersih : disiram dengan air kompos c.2 cm 15. Tanaman Pot I Pertumbuhan pada tanaman pot I menunjukkan :      Berdaun lebat 2 daun sudah mengering Batang yang kuat dan bercabang 2 Tidak terkena hama dan penyakit Mengalami pertumbuhan yang relative lambat 9 .8 cm 12 cm 14. Hasil Penelitian hari ke14 18 22 26 30 Tanaman Pot I Tinggi Jumlah Batang Daun 10.9 cm 15 cm 16.6 cm 16. Tanaman Pot I b. Tanaman Pot III : disiram dengan air sisa cucian beras 2.

b. Tanaman Pot II Pertumbuhan pada tanaman pot I menunjukkan :      Berdaun lebat dan segar Belum ada daun yang mengering Batang yang kuat dan bercabang 3 Tidak terkena hama dan penyakit Mengalami pertumbuhan yang relative cepat c. Tanaman Pot III Pertumbuhan pada tanaman pot I menunjukkan :      Berdaun lebat dan segar 1 daun sudah mongering Batang yang kuat dan bercang 2 Tidak terkena hama dan penyakit Mengalami pertumbuhan yang relative biasa 10 .

Perlu diadakan penelitian lebih lanjut. Penyiraman lebih efektif jika menggunakan kompos b.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 1.  Pertumbuhan tanaman yang diberi air biasa dengan air sisa cucian beras hanya menunjukkan sedikit perbedaan 2. di antaranya:  Tanaman yang diberi air kompos mengalami pertumbuhan yang relative cepat. Saran a. 11 . Kesimpulan Ada pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.

google.com/index.wikipedia.php?plant=981 12 .DAFTAR PUSTAKA http://id.com/ http://www.com/ http://kompas.plantamor.org/ http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful