BAB I PENDAHULUAN

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi lumbung trafficking. Indonesia secara tidak langsung memiliki beberapa peran dalam trafficking antara lain sebagai negara asal, perantara, dan tujuan. Korban trafficking beragam mulai dari anak-anak, gadis belia, wanita dewasa, dan pria yang diperdagangkan untuk eksploitasi seks dan kerja paksa. Jumlah korban trafficking dari Indonesia paling banyak berasal dari Jawa, Kalimantan Barat, Lampung, Sumatera Utara, Banten, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Fakta tersebut menimbulkan keraguan akan kinerja pemerintah dalam menangani segala tindakan yang berindikasi trafficking. Terlebih lagi selama ini korban trafficking dari Indonesia adalah para imigran internasional atau lebih tepat TKI. TKI yang merupakan pahlawan devisa juga merupakan cerminan derita bangsa.

Pengertian trafficking menurut Protokol PBB adalah perekrutan, pengiriman, pemindahan, penampungan atau penerimaan seseorang, dengan ancaman atau penggunaan kekerasan atau bentuk-bentuk tekanan lain, pemaksaan, penculikan, pemalsuan, penipuan, pencurangan atau penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan ataupun penerimaan/pemberian bayaran atau manfaat sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang tersebut untuk dieksploitasi seksual lainnya, kerja atau pelayanan paksa, perbudakan atau

praktek-praktek yang menyerupai, adopsi ilegal atau pengambilan organ-organ tubuh. Dari definisi tersebut sebenarnya sudah sangat jelas untuk membedakan dan mengidentifikasi segala bentuk tindakan yang mengarah kepada tindak pidana perdagangan orang. Namun, definisi tersebut terkesan sia-sia karena sebagian besar masyarakat yang menjadi korban bukan disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat akan pekerjaan apa yang akan dilakukannya nanti, melainkan dikarenakan kondisi ekonomi yang dialaminya. Buruknya sistem ekonomi lokal membuat masyarakat sulit untuk bersaing, memaksa masyarakat mencari pekerjaan ke luar negeri atau bahkan melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Hal ini diperburuk oleh dampak globalisasi yang tidak dapat dihindari bangsa Indonesia. Faktor kemiskinan cenderung dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan bisnis, di mana korban diperjualbelikan bagaikan barang yang tidak berharga melalui tipu muslihat.4 Sulitnya perekonomian membuat masyarakat terjebak dalam lilitan hutang, kondisi inilah yang memaksa masyarakat terjebak dalam praktek trafficking yang berupa tindakan menyewakan tenaga anggota keluarga untuk melunasi pinjaman. Orang yang ditempatkan sebagai buruh karena jeratan hutang rentan terhadap perbudakan. Hingga saat ini dalam hubungan stuktural sosial kemasyarakatan, perempuan dan anak-anak sering ditempatkan pada posisi marginal yang terabaikan. Konsekuensinya, perempuan seringkali dianggap sebagai objek dan barang yang dapat diperjualbelikan.

5 Di Indonesia sendiri sudah terjadi sejak zaman rajaraja Jawa dahulu. Raja mempunyai kekuasan penuh. Perdagangan Perempuan. Beberapa orang dari selir tersebut adalah putri bangsawan yang diserahkan kepada raja sebagai tanda kesetiaan.50 WIB.komnasperempuan. antara lain tercermin dari banyaknya selir yang dimilikinya. 2003.Perdagangan orang sebenarnya sudah terjadi sejak lama. pukul 14. Migrasi Perempuan dan Kekerasan Terhadap Perempuan: Penyebab dan Akibatnya. 6 M. Aji Surakarta. Pada masa itu. bukti tertulis tertua yang ditemukan menunjukkan bahwa praktek ini sudah berlangsung sejak abad VI di wilayah Romawi. Laporan Pelapor Khusus PBB Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan. Zaelani Tammaka.pdf) Diakses 23 Februari 2010. Surakarta. Menuju Jurnalisme Berperikemanusiaan Kasus Trafficking dalam Liputan Media di Jawa Tengah dan DIY. 29 februari 2000 (http://www. hal. perempuan merupakan bagian pelengkap dari sistem pemerintahan feodal.id/wp-content/uploads/2008/12/buku-komnas-perempuan-seridokumen-kunci-3.6 5 Komnas Perempuan. 3. konsep kekuasaan seorang raja digambarkan sebagai yang agung dan mulia.or. Pada masa penjajahan Belanda. sebagian lagi persembahan dari kerajaan lain. Sistem feodal ini belum menunjukkan keberadaan suatu industri seks tetapi telah membentuk landasan dengan meletakkan perempuan sebagai barang dagangan. industri seks menjadi lebih terorganisir . tetapi ada juga yang berasal dari lingkungan kelas bawah yang dijual atau diserahkan oleh keluarganya dengan maksud agar keluarga tersebut mempunyai keterkaitan langsung dengan keluarga istana.

pedagang dan para utusan yang pada umumnya adalah bujangan. Pada masa pendudukan Jepang (1941-1945). Selain memaksa perempuan pribumi dan perempuan Belanda .dan berkembang pesat yaitu untuk memenuhi kebutuhan pemuasan seks masyarakat Eropa seperti serdadu. komersialisasi seks terus berkembang.

8 Maria Hartiningsih. 16 Maret 2009 (http://www. Rapor Merah Partai Politik Soal Buruh Migran. Malaysia dan Hong Kong untuk melayani para perwira tinggi Jepang.gov.7 Perdagangan manusia.au/record/3675366) Akses 9 Juni 2010 pukul 19. Jepang juga membawa banyak perempuan ke Jawa dari Singapura.net/mod.org/index. penyakit.30 WIB.nla. Mewaspadai Gelombang Perdagangan Orang. 25 Maret 2009 (http://www.php?option=com_content&view= article&id=298:mewaspadai-gelombang-perdagangan-orang&catid=1:latest-news&Itemid=50) Akses 27 April 2010 pukul 8. Tahun 2008 menurut Anis Hidayah. dan konsep dasarnya adalah perekrutan. trauma psikis. Jakarta (http://catalog. terutama perempuan dan anak yang saat ini diperdebatkan di tingkat regional maupun global merupakan jenis perbudakan pada pada era modern. pemindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain baik antar wilayah dalam satu negara atau antar negara. cacat bahkan hingga kematian.55 WIB.55 WIB. Direktur Eksekutif Migrant Care devisa sektor TKI mencapai sekitar USD 8. Akibat perdagangan perempuan ini tidak hanya merampas kemerdekaan korban. siksaan fisik. Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.migrantcare. Penghapusan Perdagangan Orang (Trafficking in Persons) Di Indonesia Tahun 2004-2005. 7 Soetedjo Yuwono.gugustugastrafficking. Akses 5 Mei 2010 pukul 15. 2005.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=5&artid=413). 9 Maria Hartiningsih dan Ahmad Arif. kerja paksa. tetapi juga membuat mereka rentan terhadap penganiayaan.menjadi pelacur.4 miliar atau lebih dari Rp 100 triliun .

5 juta. dan negara-negara yang sedang berkonflik. Sisanya tersebar di berbagai negara lain.000 di Korea.000 di Jepang. dan 80. AS. Sekitar 46 persen dari penempatan TKI terindikasi kuat trafficking karena tidak melalui mekanisme migrasi aman.8 juta di Timur Tengah. seperti Eropa.000 di Taiwan. 1.8 Jumlah TKI di luar negeri saat ini sekitar 6. pekerja yang berusia di bawah 18 tahun berjumlah sekitar 54 persen.dari buruh migran yang sekitar 73 persennya perempuan. 113.6 juta di Malaysia.9 Menurut Anis. 120. 124. .000 di Singapura.000 di Hongkong. 160. sekitar 2.

Akses 27 April 2010 pukul .go.048 perempuan dewasa dan 206 laki-laki dewasa. 21% di sektor pelacuran paksa.000 perempuan.11 Ada beberapa yang masih berumur 10 tahun dan sekitar 40.depsos. angka global anak yang diperdagangkan tiap tahunnya ada sekitar 1. dari sejumlah kasus tersebut yang dibawa ke meja pengadilan secara nasional kurang dari 1% saja. United Nations Emergency Children s Fund (UNICEF).10 Industri perdagangan anak ini menangguk untung USD 12 milliar per tahunnya (ILO).html) Akses 27 April 2010 pukul 9.id/images/yanrehsos/deplu_trafiking. 2. 651 anak perempuan. Rata-rata setiap tahun 100.12 Data International Organization for Migration (IOM).14 10 Unicef. 5% dieksploitasi pada tahap transit (khusus pekerja).000 anak menjadi korban eksploitasi seks.Berdasarkan data dari organisasi dunia yang menangani masalah anak.000-70. 55 persen korban dieksploitasi di sektor Pekerja Rumah Tangga (PRT).pdf). 17 Oktober 2009 (http://forum.4% di sektor pekerjaan formal.unicef.Januari 2008 mencatat perdagangan orang sebanyak 3. 0. 18. Ironisnya. dan anak-anak Indonesia telah diperdagangkan oleh sindikat perdagangan orang. 134 anak laki-laki.org/globalspanner/counterhumantrafficking/index.08 WIB 11 Endang Kuswaya. Sekitar 30% dari total korban adalah perempuan dibawah 18 tahun.024 orang dengan rincian 5 bayi.2 juta dan sekitar 2 juta anak di seluruh dunia dieksploitasi secara seksual tiap tahunnya. antara Maret 2005 . Lembar Fakta Tentang Eksploitasi Seks Komersil dan Perdagangan (http:// www.13 Dari jumlah tersebut.6% perdagangan bayi. Kebijakan dan Program Departemen Luar Negeri Dalam Pencegahan dan Penanggulangan TPPO. Direktorat Perlindungan WNI dan BHI.

14 Februari 2009 (http://peduliburuhmigran. 14 Lily Pujiati.Cit. hal 44. International Organization for Migration.9.html) Akses 27 April 2010 pukul 8.id/publications/pdf/16_MIL6010112_ASEAN_lo. Memangkas Sindikat Perdagangan Orang. et al.32 WIB. 13 Fiona David (ed).iom. (http://www.blogspot.or. Op. Asean and Trafficking in Person-Using Data as a Tool To Combat Trafficking in Person. 12 Unicef.50 WIB.pdf) Akses 9 Juni 2010 pukul 17.com/2009/02/memangkas-sindikat-perdagangan-orang.32 WIB. .

peringkat kedua setelah bisnis pelacuran.gemari. Sedangkan ILO mencatat bisnis perdagangan orang di dunia sebesar 31. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kasus trafficking dari tahun ke tahun berdasarkan laporan LPSK yang merinci ada sebanyak 109 kasus perdagangan orang untuk tahun 2007. Banyak Kasus Perdagangan Orang Belum Dilaporkan. 15 LPSK.id/humas/images/stories/catahu2009lpsk.6 milyar dolar. Gemari Edisi 89/Tahun IX/ Juni 2008.go. namun sampai saat ini tindak pidana trafficking ini masih marak di tingkat nasional. Januari 2010.20 WIB. hal 8 (www.15 Uang yang beredar dari bisnis ilegal ini menurut catatan Bareskrim Polri sebesar Rp 32 trilyun. 17 US Department of State Trafficking in Person Report For 2009. 16 Anonim.03 WIB.pdf). peringkat kedua setelah bisnis narkoba dan obat terlarang lainnya. Tier 1: Negara-negara dengan pemerintah yang sepenuhnya memenuhi standar minimum Undang-undang. Akses 18 April 2010 pukul 13.Meskipun pemerintah sudah mulai menunjukkan perhatiannya terhadap trafficking seperti dengan dikeluarkannya Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (UU PTPPO).or./gemari8902. Tingkatan-tingkatan Sistem (Tier)..lpsk. Tier 2 Dengan Pengawasan Khusus: Negara-negara dengan pemerintah yang tidak sepenuhnya memenuhi standar minimum Undang-undang tapi melakukan .16 Bisnis besar ini sudah tentu sangat menggiurkan bagi para pelaku perdagangan orang.pdf) Akses 5 Mei 2010 pukul 15. Catatan Akhir Tahun: Kondisi Saksi dan Korban Sepanjang Tahun 2009.id/. hal 6 (http://www. 129 kasus di tahun 2008. dan 607 kasus pada tahun 2009. Tier 2: Negara-negara dengan pemerintah yang tidak sepenuhnya memenuhi standar minimum Undang-undang tapi melakukan upaya-upaya yang berarti untuk memenuhi standar tersebut.

Indonesia masuk dalam kategori Tier 2.upaya upaya yang berarti untuk memenuhi standar tersebut dan: a. Jumlah korban perdagangan sangat signifikan atau meningkat secara signifikan. Kegagalan memberikan bukti tentang adanya upaya yang meningkat dalam menghentikan bentuk yang berat dari perdagangan manusia pada tahun sebelumnya. Menurut laporan dari Bureau of Public Affairs.17 Dalam kategori ini. US Department of State Trafficking in Persons Report for 2009. Indonesia telah berusaha memberikan perlindungan kepada korban trafficking sesuai standar the Trafficking Victims Protection Act of 2000 . Ketetapan bahwa sebuah negara membuat upaya signifikan untuk memenuhi standar minimum adalah berdasarkan komitmen negara untuk mengambil langkah ke depan pada tahun berikutnya. Tier 3: Negara-negara yang tidak sepenuhnya memenuhi standar minimum dan tidak melakukan upaya yang signifikan untuk melakukan hal itu. atau b. atau c.

gov/bhs/siaranpers/June09/traf_indonesia_id.00 WIB.(TVPA). Macau dan Taiwan. . China.18 Banyak PJTKI yang dilaporkan menahan dokumen-dokumen para pekerja dan menyekap mereka di pusat penampungan selama berbulan-bulan. Beberapa PJTKI juga menggunakan ancaman kekerasan untuk mengendalikan para calon pekerja imigran tersebut. Para agen tenaga kerja ini membebani komisi sampai 3000 dolar AS yang sering menyebabkan pekerja tersebut menjadi berutang ketika bekerja di luar negeri sehingga mereka justru tejerat dalam situasi yang mengakibatkan sistem kerja paksa. Namun di sisi lain di Indonesia terdapat peningkatan jumlah korban trafficking secara signifikan. Akses 12 Mei 2010 pukul 8. dan situasi perdagangan manusia lainnya. Malaysia. Perusahaan-perusahaan perekrut buruh seperti ini yang biasa dikenal dengan PJTKI beroperasi seperti halnya kelompok pelaku perdagangan manusia yaitu membujuk pria dan wanita dan menjerat mereka ke dalam sistem kerja paksa. Agen-agen tenaga kerja juga sering memalsukan tanggal lahir. Banyak pekerja. untuk memperlancar proses pembuatan paspor dan dokumen bagi para pekerja imigran. 18 Siaran Pers Kedubes Amerika Serikat.html). Laporan Departemen Luar Negeri AS Tentang Perdagangan Manusia Di Indonesia. 18 Juni 2009 ( http://jakarta. Indonesia berada satu kategori dengan dengan negara Cambodia. pembantu rumah tangga.usembassy. termasuk tanggal lahir anak-anak. terutama wanita yang tadinya ingin bermigrasi menjadi korban perdagangan manusia dalam upaya mereka mencari kerja di luar negeri melalui jasa PJTKI yang resmi maupun gelap.

Praktek gelap pengiriman tenaga kerja dengan .Para pelaku perdagangan manusia. kadang bersekongkol dengan pihak sekolah untuk mulai merekrut pelajar-pelajar muda di sekolah-sekolah kejuruan untuk menjadi tenaga kerja paksa di hotel-hotel di Malaysia melalui peluang magang yang sebenarnya fiktif.

or. oknum guru SMK Negeri jurusan Nautika Perikanan Laut di Bulukumba. Banyak Kasus Perdagangan Orang Belum Dilaporkan.. Korban perdagangan juga melaporkan bahwa karena mereka tidak mempunyai dokumen yang disyaratkan. Siswa mengalami penderitaan dan eksploitasi tenaga kerja. kelemahan mereka ini dimanfaatkan oleh pelaku .Cit.5 juta untuk dipekerjakan di kapal nelayan dengan iming-iming gaji besar dalam bentuk dolar per bulan. Warga dari Indonesia direkrut dengan tawaran untuk bekerja di restoran. atau sebagai pembantu rumah tangga.20 Selama tahun ini juga. dan kemudian dipaksa menjalani perdagangan seks. Gemari Edisi 89/Tahun IX/ Juni 2008. gadis-gadis di bawah umur dilarikan ke kamp-kamp pembalakan liar di Kalimantan Barat di mana mereka dipaksa menjadi pekerja seks. Tren baru yang berkembang tahun ini adalah rekrutmen para wanita dan gadis belia untuk bekerja sebagai pelayan di industri pertambangan di Papua yang kemudian akan dipaksa untuk menjadi pelacur. kasus ini terungkap setelah siswa kabur dan melapor ke KBRI Nairobi.id/./gemari8902. Melalui modus Praktek Kerja Lapangan (PKL). hal 7 (www. pabrik. 20 Siaran Pers Kedubes Amerika Serikat.gemari. Sulawesi Selatan merekrut siswa dengan biaya Rp 5 juta sampai Rp 6. apalagi korbannya anak-anak untuk dieksploitasi tenaganya sudah merupakan kasus perdagangan orang.19 19 Anonim. Pada waktu mereka di luar negeri. Op.pdf). buruh migran Indonesia yang ditemukan dengan dokumen palsu dapat dituntut dan/atau dideportasi. Akses 5 Mei 2010 pukul 15.03 WIB. Bepergian dengan dokumen palsu membahayakan seorang imigran atau korban trafficking.modus PKL.

dan polisi sebagai jalan untuk memeras uang dari mereka atau memaksa mereka untuk tinggal dalam . majikan. pejabat imigrasi.perdagangan. pemilik rumah bordir.

sementara dokumen ditahan agen atau majikan. Trafficking in Women Sebagai Akibat Tidak Terpenuhinya Hak (http://Syariah. Akses 11 Mei 2010 pukul 23. 22 Kedeputian bidang koordinasi Pemberdayaan perempuan dan Kesejahteraan anak.suka.21 Banyak dari korban yang tidak berani melarikan diri atau mengadukan kekerasan yang dialami kepada pihak berwenang karena takut jika dideportasi atau dipenjara. ditipu untuk bekerja tidak sesuai dengan yang ditawarkan. pelatihan. bahkan ketika kembali ke Indonesia.menkokesra. di tempat kerja. dimulai sejak perekrutan. Buruh migran terjebak dalam praktek perdagangan orang dan kerja paksa. termasuk bayi dan anak-anak.03 WIB 23 Ibid.uin. dikurung dan tidak menerima gaji. (http://www.go. Profil Perempuan dan Anak Indonesia 2007. hal 50.042 orang korban perdagangan orang.45 WIB.ac.id/pdf/deputi6/profil_perempuan_anak_ind_2007. telah dipulangkan 3. transit.pdf) Akses 9 Juni 2010 pukul 17. Human Rights Watch (2004) meyoroti bahwa pelanggaran terhadap hakhak buruh migran sebagai pekerja rumah tangga (PRT) di Malaysia sudah berlangsung lama. sebagian besar adalah perempuan.id/file_ilmiah/trafficking%20%in20%Women%20sebagai%20Akibat% 20Tidak%20Terpenuhinya20Hak.pdf). 2008.22 Selama tahun 2005 sampai dengan Januari 2008. dan dipulangkan dari 8 negara dan korban berasal dari 33 .kondisi yang amat buruk. 21 Anonim. Jakarta.

Pemalsuan dokumen ini tidak lepas kaitannya dengan perbuatan yang mendukung terjadinya tindak pidana perdagangan orang.23 Sebagaimana yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya bahwa agen-agen tenaga kerja sering memalsukan tanggal lahir.provinsi di Indonesia (dengan dukungan dari International Organization Migration). Pemalsuan dokumen ini diatur dalam KUHP yaitu Pasal 263-276 dan UU TPPO juga mengatur secara khusus dalam . untuk memperlancar proses pembuatan paspor bagi para buruh migran. termasuk tanggal lahir anak-anak.

000.MDN) .Pasal 19. Inilah yang menjadi alasan penulis megangkat skripsi dengan judul : Pemalsuan Dokumen Dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang Menurut Undang-undang No.000. 21 Tahun 2007 (Studi Putusan No.B/2008/PN. Berdasarkan uraian latar belakang di atas. memasukkan keterangan palsu atau memalsukan dokumen negara atau dokumen lain akan dipidana maksimal 7 tahun ditambah denda maksimal Rp 280. Untuk itu penulis memfokuskan penulisan skripsi ini pada pemalsuan dokumen yang mempermudah trafficking. Pasal 19 UU TPPO menyebutkan bahwa orang yang memberikan. 2960/PID.-. Penulis akan membahas apa saja bentuk-bentuk pemalsuan dokumen serta bagaimana cara pemalsuan dokumen. maka pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan skripsi ini adalah: Adapun tujuan penelitian yang ingin diperoleh dengan penulisan ini adalah: .

Dan kalaupun ada tulisan yang hampir sama .Hasil penelitian skripsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu : 2. maupun menulisnya dalam bentuk skripsi ataupun makalah. Hal ini diketahui karena belum ada tulisan yang sama di perpustakaan kampus. Sepanjang penelusuran penulis diperpustakaan mengenai judul skripsi ini belum ada yang melakukan penelitian. Dalam bidang ilmiah. Skripsi dengan judul Pemalsuan Dokumen Dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang Menurut Undang-undang No. perumusan. 2960/PID. diharapkan penulisan skripsi ini dapat memberikan manfaat terutama bagi dasar-dasar peraturan hukum pidana kita selanjutnya yang meliputi dasar filosofi. 3.MDN) ini diangkat karena penulis ingin mengetahui lebih dalam tentang bentuk-bentuk dan cara pemalsuan dokumen dalam tindak pidana perdagangan orang serta bagaimana sanksi pidana terhadap pemalsuan dokumen tersebut. stelsel pidana dalam rangka menghadapi perbuatan pidana yang diancam dengan penjara maupun denda. khususnya ilmu hukum pidana di masyarakat maupun dikalangan akademisi. 4. Diharapkan penulisan skripsi ini dapat mengisi kekosongan bacaan dalam bidang ilmu hukum. 21 Tahun 2007 (Studi Putusan No.B/2008/PN. Diharapkan penulisan skripsi ini dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap usaha-usaha pembaharuan hukum pidana nasional yang akan datang.

.

24 Istilah-istilah yang pernah dipergunakan baik dalam perundang-undangan maupun dalam berbagai literatur hukum sebagai terjemahan dari istilah strafbaar feit adalah: tindak pidana. baar. Walaupun istilah ini terdapat dalam WvS hindia Belanda. Dari tujuh istilah yang digunakan sebagai terjemahan dari strafbaar feit. Pengertian Tindak Pidana Istilah tindak pidana berasal dari istilah yang dikenal dalam hukum pidana Belanda yaitu strafbaar feit. Tinjauan Kepustakaan 1. pelanggaran pidana. Strafbaar feit terdiri dari tiga kata. E. delik. perbuatan yang boleh dihukum. . Perkataan baar diterjemahkan dengan dapat dan boleh. pelanggaran dan perbuatan. Nyatalah kini setidak-tidaknya ada dikenal tujuh istilah bahasa Indonesia. Sedangkan untuk kata feit diterjemahkan dengan tindak. yakni straaf. penulisan ini adalah karya asli penulis. Penulisan ini disusun berdasarkan literatur-literatur yang telah ada. Dengan demikian keaslian penulisan ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. peristiwa pidana. baik literatur dari perpustakaan. Oleh karena itu.dengan skripsi ini. ternyata straaf diterjemahkan dengan pidana dan hukum. para ahli hukum berusaha memberi arti dari istilah tersebut walau sampai saat ini belum ada keseragaman pendapat. akan tetapi tidak ada penjelasan resmi tentang apa yang dimaksud dengan strafbaar feit tersebut. feit. Karena itu. perbuatan pidana. media cetak ataupun media elektronik. peristiwa. semua itu akan menambah kazanah dan wawasan untuk memperdalam dan memperluas penulisan.

27 . Strafbaar feit memiliki pengertian yang berbeda di kalangan para sarjana. yang bersifat melawan hukum. yang oleh peraturan perundang-undangan diberikan pidana.25 Strafbaar feit adalah kelakuan orang (menselijke gedraging) yang dirumuskan dalam wet. dalam arti bertentangan dengan atau menghambat akan terlaksananya tata dalam pergaulan masyarakat yang dianggap baik dan adil. yang patut dipidana (strafwaardig) dan dilakukan dengan kesalahan. antara lain : Strafbaar feit adalah sebagai suatu tindakan melanggar hukum yang telah dilakukan dengan sengaja oleh seseorang yang dapat dipertanggungjawabkan atas tindakannya dan yang oleh undang-undang telah dinyatakan sebagai suatu tindakan yang dapat dihukum.26 Memberikan definisi yang singkat. Dapat pula dikatakan bahwa perbuatan pidana ini adalah perbuatan yang anti sosial. bahwa strafbaar feit kelakuan atau tingkah laku manusia. tindak pidana adalah perbuatan yang melawan hukum. Perbuatan-perbuatan ini merugikan masyarakat.Menurut wujud dan atau sifatnya.

yaitu : . sebagai berikut: 28 Beberapa definisi strafbaarfeit menurut ahli-ahli hukum di Indonesia.Pompe memberikan pengertian straafbaarfeit dengan membedakan antara definisi menurut teori dengan menurut hukum positif.

Moeljatno memberi unsur tindak pidana sebagai berikut: 36 . bagi barangsiapa yang melanggar larangan tersebut. larangan mana disertai ancaman (sanksi) yang berupa pidana tertentu. 35 Dari definisi diatas. memakai istilah perbuatan pidana untuk menggambarkan isi pengertian straafbaar feit dan beliau mendefinisikannya sebagai suatu perbuatan yang dilarang oleh suatu aturan hukum.34 Beliau tidak setuju isilah tindak pidana karena menurut beliau tindak lebih pendek daripada perbuatan. tindak menunjukkan kepada hal yang abstrak seperti perbuatan.Moeljatno. tetapi hanya menyatakan keadaan konkrit.

Zaman sekarang. Pemalsuan berarti proses. dokumen ditulis di kertas dan informasinya ditulis memakai tinta baik memakai tangan atau memakai media elektronik. maka yang dilarang adalah perbuatan manusia.Dari uraian unsur tindak pidana di atas. tiruan. dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi diri sendiri atau bagi orang lain. cara. gadungan. tetapi tidak dipisahkan dengan orangnya. Pemalsuan berasal dari kata palsu yang artinya tidak tulen. Dengan kata lain perbuatan pemalsuan merupakan suatu jenis pelanggaran terhadap kebenaran dan kepercayaan. yang melarang adalah aturan hukum. maka pokok pengertian adalah pada perbuatan itu. tidak jujur. tidak sah. sumbang. perbuatan memalsukan. Ancaman (diancam) dengan pidana menggambarkan bahwa seseorang itu dipidana karena melakukan perbuatan yang dilarang dalam hukum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dokumen adalah : Pengertian dokumen dalam wikipedia yaitu sebuah tulisan yang memuat informasi. Biasanya. . Berdasarkan uraian kata perbuatan pidana.

media elektronik seperti komputer juga bisa dipakai untuk menyimpan dan menampilkan dokumen. sebuah laptop/komputer portabel c. Jadi pemalsuan dokumen adalah perbuatan memalsukan dokumen negara atau dokumen lain baik berupa dokumen tertulis. sebuah komputer pribadi dengan sebuah monitor/layar komputer b. sebagai contoh: a. Pengertian dokumen palsu atau dipalsukan antara lain dapat berupa: Membuat surat palsu adalah membuat sebuah surat yang seluruh atau sebagian isinya palsu. sebuah Personal Digital Assistant (PDA). tercetak maupun rekaman suara dan gambar. Membuat surat palsu ini dapat berupa: .

Hal ini dapat terjadi dalam hal misalnya: Tanda tangan yang dimaksud di sini adalah termasuk juga tanda tangan dengan menggunakan cap atau stempel tanda tangan. Orang yang tidak berhak itu adalah orang selain si pembuat surat. dengan sejumlah konvensi .41 Di masa lalu. Tidak penting apakah dengan perubahan itu lalu isinya menjadi benar atau tidak ataukah bertentangan dengan kebenaran ataukah tidak. memalsu surat telah terjadi. perdagangan dipandang sebagai pemindahan perempuan secara paksa ke luar negeri untuk tujuan prostitusi. bila perbuatan mengubah itu dilakukan oleh orang yang tidak berhak.40 Sedangkan perbuatan memalsu surat adalah berupa perbuatan mengubah dengan cara bagaimanapun oleh orang yang tidak berhak atas sebuah surat yang berakibat sebagian atau seluruh isinya menjadi lain/ berbeda dengan isi surat semula.Disamping isinya dan asalnya surat yang tidak benar dari pembuat surat palsu. Hal ini ternyata dari suatu arrest HR (12-2-1920) yang menyatakan bahwa disamakan dengan menandatangani suatu surat ialah membubuhkan stempel tanda tangannya. dapat juga tanda tangannya yang tidak benar.

regional maupun internasional untuk memberantas perdagangan orang yang dikategorikan PBB sebagai kejahatan kemanusiaan yang perlu penanganan khusus. Dewasa ini. Perkembangan historis memperlihatkan dinamika dan berbagai upaya yang dilakukan baik ditingkat nasional. pengedaran narkotika. Resolusi PBB Nomor 49/166 Tahun 1994 mendefinisikan istilah trafficking sebagai berikut:44 Perdagangan adalah suatu perkumpulan gelap oleh beberapa orang di . di dalam suatu negara atau ke luar negeri. tidak hanya prostitusi dan perbudakan yang berkedok pernikahan. sehingga memeperluas definisi itu untuk mencakup lebih banyak isu dan jenis kekerasan.terdahulu mengenai perdagangan hanya memfokuskan pada aspek ini. Kerangka konseptual memperlihatkan bagaimana perdagangan orang terus berubah.42 Pemahaman perdagangan orang berkembang mengikuti perkembangan zaman. untuk semua bentuk perburuhan yang eksploitatif. dengan atau tanpa persetujuan orang bersangkutan. dan kegiatan terorisme saling berkaitan dan menjadi perhatian internasional. baik bentuk maupun kompleksitasnya.43 Berikut ini penulis jabarkan beberapa definisi perdagangan orang. perdagangan manusia. Namun kemudian perdagangan didefinisikan sebagai perpindahan manusia (khususnya perempuan dan anak). perjanjian multilateral dan bilateral. Upaya penanggulangan digalang melalui berbagai instrumen hukum konvensi internasional.

sebagian besar dari negara-negara .lintas nasional dan perbatasan internasional.

23 WIB. pembelian. penyalur dan sindikat kejahatan. untuk kerja yang tidak diinginkan (domestik seksual atau reproduktif) dalam kerja paksa atau dalam kondisi perbudakan. sebagaimana kegiatan ilegal lainnya yang berhubungan dengan perdagangan seperti pembantu rumah tangga. baik dibayar atau tidak../final. transfer.yang berkembang dengan perubahan ekonominya.. termasuk penggunaan ancaman kekerasan atau penyalahgunaan kekuasaan atau lilitan hutang dengan tujuan untuk menempatkan atau menahan orang tersebut. 15. perkawinan palsu.. tekanan atau lilitan hutang pertama kali. pengiriman. dan adopsi. dalam suatu lingkungan lain dari tempat dimana orang itu tinggal pada waktu penipuan./convention_%20traff_eng.. atau penerimaan seseorang dengan menggunakan penipuan atas tekanan. GAATW mendefinisikan istilah trafficking :45 Perdagangan adalah semua usaha atau tindakan yang berkaitan dengan perekrutan. Definisi mengenai perdagangan orang mengalami perkembangan sampai . Akses 17 April 2010.uncjin. 45 Ibid. pekerjaan gelap. penjualan.pdf).org/Documents/. dengan tujuan akhir memaksa wanita dan anak-anak perempuan bekerja di bidang seksual dan penindasan ekonomis dan dalam keadaaan eksploitasi untuk kepentingan agen.. 46protokol+to+prevent+suppress+and+Punish+Trafficking+in+Persons+Specially+Women+and+Children +Supplementing+United+Nation+Convention+Against+Transnational+Organized+Crime (www. hal 10.

ditetapkannya Protocol to Prevent . Suppress and Punish Trafficking in Persons Specially Women and Children Supplementing United Nation Convention Against Transnational Organized Crime tahun 2000. Dalam protokol PBB tersebut yang dimaksud dengan perdagangan orang adalah:46 .

kerja atau pelayanan paksa. by means of the threat or use of force or other forms of coercion. the exploitation of the prostitution of others or other forms of sexual exploitation. at a minimum. pengiriman. servitude or the removal of organs . pengangkutan. perbudakan atau praktek-praktek yang menyerupai. penipuan. transfer. Exploitation shall include. (Perdagangan orang adalah perekrutan. pencurangan atau penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan ataupun penerimaan/pemberian bayaran atau manfaat sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang tersebut untuk dieksploitasi seksual lainnya.Trafficking in persons shall mean the recruitment. penggunaan kekerasan. of the abuse of power or of a position of vulnerability or of the giving or receiving of payments or benefits to achieve the consent of a person having control over another person. harbouring or receipt of persons. penampungan atau penerimaan seseorang. dengan ancaman atau penggunaan kekerasan atau bentuk-bentuk tekanan lain. penampungan. pemindahan. penculikan. pemalsuan. slavery or practices similar to slavery. penipuan dan . penyekapan. 21 Tahun 2007: Perdagangan Orang adalah tindakan perekrutan. pemalsuan. pemaksaan. forced labour or services. of deception. pemindahan. of abduction. adopsi ilegal atau pengambilan organ-organ tubuh) Menurut Pasal 1 angka (1) Undang-Undang No. transportation. penculikan. pengiriman. of fraud. atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan. for the purpose of exploitation.

baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara. untuk tujuan ekspolitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi. sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut. penjeratan utang atau memberikan bayaran atau manfaat. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur dari perdagangan orang adalah : .penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan. Sementara itu pada Pasal 1 angka (2) undang-undang tersebut yang dimaksud dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang adalah setiap tindakan atau serangkaian tindakan yang memenuhi unsur-unsur tindak pidana yang ditentukan dalam UndangUndang ini.

Apabila salah satu dari proses.php?option=com_content&task=view&id=17&Itemid=6.or. . maka sudah bisa dikelompokkan sebagai tindak pidana perdagangan orang. akses 13 Mei 2010. salah satu dari cara dan salah satu dari tujuan di atas terpenuhi.10 WIB. 9. Ada beberapa bentuk trafficking yang terjadi pada perempuan dan anak-anak: 47 47http://www.stoptrafiking.id/index.

Tidak ada satupun yang merupakan sebab khusus terjadinya trafficking manusia di Indonesia. Trafficking disebabkan oleh keseluruhan hal yang terdiri dari bermacam-macam kondisi serta persoalan yang berbeda-beda. Termasuk kedalamnya adalah: 49 .

. perseorangan dan bahkan tokoh masyarakat yang seringkali tidak menyadari keterlibatannya dalam kegiatan perdagangan orang (Rosenberg.Pelaku perdagangan orang (trafficker) tidak saja melibatkan organisasi kejahatan lintas batas tetapi juga melibatkan lembaga.11 WIB).scribd. 2003) 50: 50 Ruth Rosenberg. 9.com/doc/29432338/PNACU645. Perdagangan Perempuan dan Anak. 2003 (http://www. United States Agency for International Development. akses 8 Mei 2010.

yang didasarkan pada metode.51 Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian yuridis normatif. Penelitian hukum merupakan suatu kegiatan ilmiah. dengan jalan menganalisanya. Dalam hal penelitian yuridis normatif. Kecuali itu. sistematika.F. penulis melakukan penelitian terhadap peraturan perundang-undangan. Metode penelitian yuridis normatif ini dipilih untuk mengetahui bagaimana penerapan sanksi pidana terhadap pelanggaran Pasal 19 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. putusan pengadilan dan berbagai literatur yang berkaitan dengan permasalahan skripsi ini. maka diadakan juga pemeriksaan mendalam terhadap suatu pemecahan atas segala permasalahan-permasalahan yang timbul di dalam gejala yang bersangkutan. dan pemikiran tertentu. . Metode Penelitian Metode penelitian merupakan suatu sistem dan suatu proses yang mutlak harus dilakukan dalam suatu kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. yang bertujuan untuk mempelajari satu atau beberapa gejala hukum tertentu.

teori-teori atau bahan-bahan atau doktrin-doktrin yang berkenaan dengan pemalsuan dokumen terhadap tindak pidana perdagangan orang.Data yang dipergunakan dalam skripsi ini adalah data sekunder. pendapat sarjana. . yaitu dengan melakukan penelitian terhadap berbagai sumber bacaan yakni : buku-buku. surat kabar. Data sekunder diperoleh dari : Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah: studi kepustakaan (library research). bahan kuliah. artikel dan juga berita yang diperoleh penulis dari internet yang bertujuan untuk memperoleh atau mencari konsepsi-konsepsi.

BAB II : Bab kedua akan membahas mengenai bentuk-bentuk serta cara pemalsuan dokumen yang berkaitan dengan tindak pidana perdagangan orang. Sistematika Penulisan Penulisan skripsi ini dibuat secara terperinci dan sistematis. G. Pembahasan bab kedua ini akan dimulai dengan pembahasan tentang bentuk-bentuk serta cara pemalsuan dokumen. perumusan masalah. doktrin hukum serta isi kaedah hukum dianalisis secara kualitatif. metode penulisan dan sistematika penulisan penulisan. yang memuat latar belakang. tujuan dan manfaat penulisan. agar memberikan kemudahan bagi pembaca dalam memahami makna dari penulisan skripsi ini. dimana data yang berupa asas. . Keseluruhan sistematika itu merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain yang dapat dilihat sebagai berikut: BAB I : Bab pertama merupakan bab pendahuluan. tinjauan kepustakaan. keaslian penulisan. Dalam penulisan skripsi ini digunakan metode analisis kualitatif. konsepsi. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pengaturan hukum tentang pemalsuan dokumen.Secara umum ada 2 (dua) metode analisis data yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.

BAB III : Bab ketiga merupakan bab yang berisi Putusan No. .Mdn beserta analisisnya. 2960/Pid.B/2008/PN.

BAB IV : Bab ini merupakan bab yang terdiri dari kesimpulan dan saran yang berfungsi untuk memberikan masukan bagi perkembangan hukum pidana di masa yang akan datang. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful