P. 1
Akuntansi Sektor Publik.

Akuntansi Sektor Publik.

|Views: 257|Likes:
Published by Boso Jadi Bangke

More info:

Published by: Boso Jadi Bangke on Aug 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2013

pdf

text

original

Akuntansi Sektor Publik

1. Apa yang dimaksud dengan Akuntansi Sektor Publik ? Akuntansi Sektor Publik pada awalnya merupakan aktivitas yang terspesialisasi dari suatu profesi yang relatif kecil. Namun demikian, saat ini akuntansi sektor publik sedang mengalami proses untuk mendisiplinkan ilmu yang lebih dibutuhkan dan substansial keberadaannya. 2. Apa sifat dan karakteristik dari Akuntansi Sektor Publik ? Akuntansi merupakan suatu aktivitas yang memiliki tujuan (purposive activity).

Tujuan akuntansi diarahkan untuk mencapai hasil tertentu, dan hasil tersebut harus memiliki manfaat. Akuntansi digunakan baik pada sektor swasta maupun sektor publik untuk tujuan-tujuan yang berbeda. Dalam beberapa hal, akuntansi sektor publik berbeda dengan akuntansi pada sektor swasta. Perbedaan sifat dan karakteristik akuntansi tersebut disebabkan karena adanya perbedaan lingkungan yang

mempengaruhi. Organisasi sektor publik bergerak dalam lingkungan yang sangat kompleks dan turbulence. Komponen lingkungan yang mempengaruhi organisasi sektor publik meliputi faktor ekonomi, politik, kultur, dan demografi. 3. Apa perbedaan dan persamaan Sektor Publik dan Swasta. Jelaskan masing-masing ? Perbedaan Sektor Publik dan Sektor Swasta Perbedaan Tujuan Organisasi Sumber Pendanaan Sektor Publik Nonprofit motive Pajak, retribusi, hutang, obligasi pemerintah, laba BUMN/BUMD, penjualan aset negara, dsb. Sektor Swasta Profit motive Pembiayaan internal : modal sendiri, laba ditahan, penjualan aktiva. Pembiayaan eksternal : hutang bank, obligasi, penerbitan saham. Pertanggungjawaban Pertanggungjawaban kepada masyarakat (publik) dan parlemen (DPR/DPRD) Struktur Organisasi Birokratis, kaku, dan Fleksibel : datar, Pertanggungjawaban kepada pemegang saham dan kreditor.

termasuk manajemen keuangan. yaitu : perencanaan. misalnya : baik pemerintah maupun swasta sama-sama bergerak di bidang transfortasi massa. pada dasarnya sama di kedua sektor. pendidikan. dan efektif. Keduanya menghadapi masalah yang sama. tercermin pada tindakan yang nyatadari pemerintah. 3. 4. Kedua sektor terikat pada peraturan perundangan dan ketentuan hukum lain yang diisyaratkan. Proses pengendalian manajemen. kesehatan. dan sebagainya. Mengacu pada kebijakan yang baik. dan pengendalian. 2. Apa yang dimaksud Good Dovernance ? jelaskan ! Gooe Governance Pelayanan publik. Kedua sektor sama-sama membutuhkan informasi yang handal dan relevan untuk melaksanakan fungsi manajemen. mengarah pada aplikasi yang baik. yaitu masalah kelangkaan sumber daya (searcity or resources). Karakteristik anggaran Sistem Akuntansi Terbuka untuk publik Cash Accounting Tertutup untuk publik Accrual Accounting Persamaan Sektor Publik dan Sektor Swasta 1. penyediaan energi. 4. sehingga baik sektor publik dan sektor swasta dituntut untuk menggunakan sumber daya organisasi secara ekonomis. kedua sektor menghasilkan produk yang sama. baik sektor publik maupun sektor swasta merupakan bagian integral dari sistem ekonomi di suatu negara dan keduanya menggunakan sumber daya yang sama untuk mencapai tujuan organisasi. Kedua sektor. 5. 5. Pada beberapa hal. dsb. lintas fungsional.hierarkis piramid. Sebutkan dan jelaskan tentang pusat pertanggung jawaban ? . pengorganisasian. efisien.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->