PEKERJAAN JALAN, PARKIR DAN KANSTEEN Pekerjaan Kansteen Pekerjaan yang dilakukan terlebih dahulu adalah galian tanah

. Lalu dapat dilakukan pemasangan kansteen. Segala macam kanstein baik yang dipinggir maupun yang rata dengan pavement harus sudah terpasang dengan baik sebelum pemasangan paving block dimulai. Celah (naad) antara kansteen harus diberi spesi perekat sesuai dengan petunjuk. Dan juga dikerjakan pekerjaan pembuatan bak tanaman. Pekerjaan bak tanaman ini dapat dilakukan akhir-akhir setelah melakukan pemasangan paving block. Pembuatan bak tanaman ini dilakukan dengan melakukan pasangan bata adukan 1:4 t=70 cm. dan pekerjaaan finishingnya adalah dengan memasang batu tempel. Pekerjaan Paving Alat y y y y y y Cangkul Stemper Kodok Alat Bantu lainnya Pengki Benang Mesin potong inter blok

Material y y y Pasir Sirtu Pasir Urug Paving Blok

Langkah Kerja 1. Untuk pekerjaan paving block sebelum melaksanakan pekerjaan ini bahan harus disetujui oleh Pengawas. 2. Pekerjaan ini diawali dengan melakukan penggalian tanah. Penggalian tanah ini dilakukan hingga kedalaman sesuai gambar.

Gambar Paving Block .3. ditarik benang dari dua arah untuk mendapatkan nat yang lurus dari dua sisi. Pelaksanaan urugan sirtu : y Urugan sirtu dapat dilakukan lapis demi lapis. mencapai tebal yang disyaratkan di gambar y setiap lapis sirtu harus diratakan. 5. 6. Setelah pemadatan permukaan pasir dengan stamper maka dilakukan pekerjaan pemasangan paving block. Pemadatan tanah / perataan agar dilaksanakan dengan mesin gilas untuk mendapatkan pemadatan yang stabil. 4. Setelah sirtu sudah dikerjakan maka ditebarkan pasir urug tebal 5 cm dan diratakan untuk level pemasangan paving block. Setelah pemadatan dilakukan urugan dengan sirtu tebal 9 cm. Setelah sirtu dipasang maka dapat dilakukan pemasangan urugan pasir. Paving block yang digunakan adalah paving block abu-abu 8x10x20 cm (K350). Setelah pemasangan paving block selesai ditebarkan pasir untuk mengisi nat-nat paving block diratakan dengan sapu lidi dan dipadatkan menggunakan stemper kodok sampai permukaan rata. disiram air dan dipadatkan dengan alat pemadat y pemadatan dilakukan hingga mencapai tidak kurang dari 95% dari kepadatan optimum y pemadatan harus dilakukan pada kondisi galian yang kering agar dapat diperoleh hasil kepadatan yang baik.

pengurugan ini dilakukan selapis demi selapis dan dipadatkan. Bila sudah dilakukan pekerjaan pengurugan pasir ini maka dapat dilakukan pekerjaan pemasangan buis beton dia 40 cm tanpa tulangan. Bak control yang digunakan adalah ukuran 40 x 40 x 50 + tutup beton tebal 8 cm. Bila sudah maka dapat dikerjakan pemasangan lapisan grass block (parkir mobil) tebal 8 cm (K. Lokasi penanamannya ini disesuaikan di lapangan dan bahan rumput gajah super ini harus berkualitas baik. Pada area parkir juga dikerjakan penanaman rumput gajah super. Pekerjaan ini dilakukan dengan pembetonan dan tanpa tulangan. Bila galian sudah dikerjakan maka dapat dikerjakan pekerjaan pengurugan lapisan pasir bawah saluran buis beto tebal 10 cm. Pekerjaan Drainase/Saluran/ Sal Pembuangan Saluran buis beton Pekerjaan ini diawali dengan melakukan penggalian tanah. Galian tanah disesuaikan kedalamannya sesuai gambar. Pemasangan grass block dan paving block harus rata dan tidak bergelombang dengan dipadatkan dengan stamper kodok. Disamping saluran buis beton juga dikerjakan pekerjaan bak control.350) dan pada bagian marka parkir warna merah dipasang lapisan paving block 8x10x20 (K. Kedalaman galian digali sesuai gambar dan sesuai kedalaman saluran yang akan digunakan.Pekerjaan Grass Block Pekerjaan ini diawali dengan melakukan galian tanah. Bak control dibuat untuk mengontrol kecepatan air 2dan mencegah adanya erosi ke saluran penampungan.350). Bila sudah dilakukan pekerjan galian maka dikerjakan pekerjaan pengurugan sirtu tebal 9 cm dan urugan pasir tebal 5 cm. .

Urugan dilakukan selapis demi selapis dan diratakan. .Dan tanah yang telah digali kembali diurug pada bagian yang tidak dipasang saluran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful