P. 1
SILABUS Pencernaan Abie

SILABUS Pencernaan Abie

|Views: 164|Likes:
Published by majin77

More info:

Published by: majin77 on Aug 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2015

pdf

text

original

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

SEKOLAH KELAS/SEMSTER ASPEK ALOKASI WAKTU : SMA : XI/1 : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan : 5 x 45 menit

MATA PELAJARAN : Pengetahuan Alam (Biologi)

I. Standar Kompetensi

: Menganalisis sistem organ pada organisme tertentu serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi temas). serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (saling

II. Kompetensi Dasar

: Mengaitkan struktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

III. Indikator

• Menjelaskan jenis dan kandungan makanan bergizi serta manfaat
makanan di dalam tubuh.

• Mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses sistem pencernaan
makanan pada manusia dan hewan tertentu. • Mengaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. • Mengidentifikasi alat-alat pencernaan pada ruminansia.

IV. Materi Pokok
Uraian Materi Pokok

: Makanan dan sistem pencernaan makanan Pertumbuhan dan Perkembangan. : - Sistem pencernaan makanan (gigi, lambung, usus halus, usus besar).

diskusi kelompok. “apakah yang kalian rasakan jika kalian seharian tidak makan?” dan “”. Pengelolaan Kelas Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang anggota Kelompok. Sumber Pembelajaran : • • • Buku Biologi SMA Kelas XI Semester 1. Penerbit Piranti Buku pegangan guru yang relevan VII. Apersepsi 1) Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan.Proses penyerapan. VI. Skenario Pembelajaran A. .Zat aditif . . Strategi Pembelajaran Metode : Kooperatif tekhnik Interaktif : Diskusi informasi.. Pendahuluan a.Zat makanan . b. Alat dan Bahan • • Charta Torso VIII.Pencernaan ruminansia V. 2) Menjelaskan tujuan pertemuan hari ini. Penerbit Grafindo Buku Biologi SMA Kelas XI Semester 1. B. Guru menyajikan informasi dengan menggunakan charta dan torso mengenai makanan dan sistem percernaan makanan pada manusia dan hewan. Kegiatan Inti 1.

Guru menguji pemahaman siswa dengan mengajukan pertanyaan mengenai perbedaan sistem pencernaan pada manusia dan hewan. Guru memberikan skor kepada setiap siswa yang aktif dalam kegiatan interaktif. C. 7. Guru dan siswa memilih pertanyaan untuk dieksplorasi selama 2-3 hari atau sampai pertemuan selanjutnya. 5. siswa. Jenis tagihan Bentuk Instrumen Contoh instrument : Tes tertulis : Pilihan ganda : Terlampir Guru membuat rangkuman dengan siswa Guru menghitung perolehan skor setiap kelompok dan Tes Proses Pembelajaran memberikan penghargaan. Guru meminta siswa untuk mendiskusikan bersama kelompoknya dan mengemukakan apa yang diketahuinya mengenai kelainan/penyakit yang berkaitan dengan makanan dan sistem pencernaan pada manusia.2. 2. Guru meminta siswa untuk mengemukakan dan mandiskusikan hasil eksplorasinya yang kemudian dikompilasi dan dibandingkan dengan pernyataan sebelum eksplorasi. 8. . koperatif Guru meminta siswa untuk duduk dalam tatanan Guru memberikan topik permasalahan kepada 4. Guru mengundang siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai kelainan/penyakit yang berkaitan dengan makanan dan sistem pencernaan pada manusia. 3. Penutup 1) 2) 3) IX. 9. skor yang diperoleh oleh individu dalam kelompok digabung dengan nilai kelompok. tentang kelainan/penyakit yang berkaitan dengan makanan dan sistem pencernaan pada manusia. Penilaian 1. 3. 6.

. d.. Tahapan metamorfosis pada lalat adalah... Hewan-hewan dibawah ini yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah. b.TES FORMATIF 1. Fase dimana zigot mulai mengalami perubahan hingga menjadi embrio disebut……C1 a. b..C1 metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna regenerasi dan morfogenesis metamorfosis dan morfogenesis regenerasi dan metanorfosis telur – nimfa – pupa – dewasa telur – pupa ...C1 a. c. Hal ini disebut.C2 a. kupu-kupu. a. karena perkembangan..C1 a. pembelahan 4.. Fase regenerasi 3.dewasa 5....nimfa – dewasa telur – larva – pupa – dewasa telur – pupa – larva .. fase metamorfosis d.. Tidak dapat diukur secara kuantitatif Tidak dapat diukur secara kualitatif Dapat kembali keasal Hanya terjadi sewaktu-waktu 2.. d....diferensiasi d. Lapisan ektoderm.... b. c. b.....C2 6.. pertumbuhan morfogenesis c.. c.. lalat.... dan endoderm mengalami spesialisasi menjadi jaringan-jaringan dan fungsi tertentu. b... Namun keduannya berbeda... fase embrionik fase pascaembrionok c.. dan nyamuk .. a... Yang termasuk kategori perkembangan pascaembroitik yaitu. d... Pertumbuhan dan perkembangan merupakan istilah yang tidak dapat dipisahkan... mesoderm..

. bentuk tubuhnya mirip ikan dan bernafas dengan paru-paru bernapas dengan insang dan bentuk tubuhnya mirip ikan alat pernapasannya berubah menjadi paru-paru strukjtur tubuhnya telah dilengkapi kaki pengaruh tempat terjadinya pembuahan terhadap 10.. dan kecoa belalang. pertumbuhan dan perkembangan hewan? C3 pada pembuahan eksternal.. lalat. dan lalat 7.. b. Fase ini ditunjukan pada gambar dibawah ini. jangkrik. d. II c. yaitu nomor. c...C2 a. Bagaimana a. I C3 a. III d. nyamuk. c. pertumbuhan dan perkembangan terjadi lebih cepat . dan kecoa belalang.b. pertumbuhan dan perkembangan pada pembuahan internal. Fase embrio pada katak adalah kecebong atau berudu yang hidup didalam air. pertumbuhan dan perkembangan terjadi lebih lambat.. IV 8. Fase ini ditandai dengan berhentinya aktivitas memakan dan beristirahat panjang dengan pembentukan lapisan pelindung yang keras. oleh karena itu…….C2 a. d. 9. kupu-kupu.. d. b... b. c.. terjadi lebih cepat pada pembuahan eksternal.. c. b. Apa yang terjadi pada ekor berudu ketika hendak menjadi katak dewasa? ekor terputus sebagai bentuk adaptasi morfologi terhadap ekor berubah memendek sebagai bentuk adaptasi di air ekor diserap kembali dengan proses autolisis sel pada ekor ekor berubah menjadi kaki untuk meloncat di darat lingkungan darat..

C 7. A 2. tempat terjadinya pembuahan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan hewan KUNCI JAWABAN TES FORMATIF 1. C 9. C 8.d. A 3. B 5. C 6. D 4.C . A 10.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->