P. 1
Apa So Itu, Tinutuan

Apa So Itu, Tinutuan

|Views: 111|Likes:
Published by Roderick C Wahr

More info:

Published by: Roderick C Wahr on Aug 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2011

pdf

text

original

Apa so itu TINUTUAN..?? Etimologi, Terminologi, Ideologi dan Filosofi dari Makanan TINUTUAN.

Etimologi / Asal-usul Kata : Tak diketahui asal usul kata TINUTUAN.. berasal dari mana..?? selain mungkin han ya penyebutan Makanan Khas Orang Manado itu sebagai balas jasa pada "Tuan TINU" yg telah sekian lama meng-kampanyekan Makanan Khas Orang Manado ini di level Tin gkat Nasional sebagai Eksistensi Produk, Daerah dan Diri.. seperti halnya Makana n Gudeg yg terkenal sebagai Makanan Khas Orang Jogyakarta.. namun di sangat disa yangkan, pada level tingkat Nasional Orang lebih mengenal Makanan TINUTUAN ini d gn sebutan "Bubur Manado".

Terminologi / Makna : Sebagaimana Makanan TINUTUAN itu merupakan Campuran dari berbagai jenis Tumbuh-t umbuhan dan bahan masakan lainnya yg terdiri dari Beras, Jagung, Singkong, Sayur Kangkung, Bayam, Daun Bawang, Garam.. dan ditambah Ikan Cakalang.

Maka Makna dari Makanan TINUTUAN bagi Orang Manado adalah Campuran.. sebagaimana Kota Manado itu sendiri yg berbicara bukan mewakilkan satu Suku tetapi soal Kot a yg ber-Penduduk atau Masyarakatnya yg Plural, Majemuk, Kompleks dan Multikultu ral.

Ideologi / Paham : Makanan TINUTUAN merupakan Simbol kesediaan untuk ber Campur Baur.. dan inilah I deologi / Paham atau Ajaran yg ingin disampaikan bahwa Masyarakat Kota Manado it u adalah Masyarakat yg terbuka untuk berbaur dgn siapa saja terlepas dari apa Su ku, Budaya, Bahasa dan Agama Oang tersebut.

Filosofi / Pandangan Hidup : Dari Mata turun ke Perut.. itulah yg terjadi jikalau Kita melihat Makanan TINUTU AN yg memang secara kasat mata kelihatan sumber-sumber Vitamin yg bergisi.

Artinya ingin menunjukkan Idealisme Jati Diri Orang Manado yg paling mendasar ya itu kehendak untuk menerima pergaulan dengan tangan terkembang dan akan dibuktik an dengan praksis perut, yaitu keinginan menjajal makanan dan melakukan eksperim en campur- mencampur makanan.

Namun ada Efek Negatif dari Makanan TINUTUAN adalah :

... ahh.. dan Urusan Perut maka tak sedikit Orang-orang Manad o terlibat dalam "Campuran" punya Simpanan (ba Hugel Papa and Mama).Demi alasan Pergaulan. ahh.. baku ganti pasangan Anak Mudanya baik Cowok-Cewek..!!" Ada apa kang. nintu kote tu Mam a ada kase makan depe Anak Tinutuan so tengah Malam gara-gara so Lapar. ahh. he .. sadap Mama.?? Adoohh ta kira Ariel ada Shooting beking Film lech di Manado. ahh sadap capat j oh tambah Sayang.. dan jual beli Sorga Dunia (Cewek-cewekny a jadi PSK bahkan ada yg di Ekspor lagi ke luar daerah) karena cuma mo suka ba G aya deng Blackberry. Gara-gara ini samua sampe Kita waktu ada Dinas ke Manado nyanda bisa ta Tidor ka rena : Adoohh kasian kiapa so tengah malam di sebelah Kamar di The Ritzy Hotel ada dapa dengar suara mendesah panjang "Ahh. Gaya. pe sadap ehh.. .. ahh... He..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->