MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMAT

1. 2. 3. 4.

Arief Dwijayanto ² 2207100105 M. Mahfud R. ² 2207100132 Gansar Kharismawan ² 2207100133 Vishwa Patra Pradana ² 2207100136

Masyarakat madani adalah masyarakat yang secara umum memiki ciri-ciri berbudaya. dimana masyarkat memiliki motivasi dan inisiatif indivudual. Masyarakat madani (almujtama¶al-madani) adalah masyarakat bermoral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan stabilitas masyarakat. Masyarakat madani adalah masyarakat masyarakat yang berperadaban(ber-³madaniyah´). berperadaban. dan berkeadilan. demokratis.PENGERTIAN MASYARAKAT MADANI Masyarakat madani adalah suatu masyarakat ideal yang didalamnya hidup manusia-manusia partisipan yang masingmasing diakui sebagai warga dengan kedudukan yang serba serta dan sama dalam soal pembagian hak dan kewajiban. karena tunduk dan patuh pada ajaran kepatuhan yang dinyatakan dalam supermasi hukum dan peraturan. .

Perjanjian Madinah antara Rasulullah shalallahu alaihiwasalam beserta sahabatnya dengan penduduk Madinah yang beragama Yahudi .MASYARAKAT MADANI DALAM SEJARAH Masyarakat Saba·: Masyarakat di masa nabi sulaiman Masyarakat Madinah: Masyarakat yang ada setelah terjadi traktat.

maka karakteristik masyarakat madani diukur dengan piagam madinah yang berjumlah 47 pasal.KONSEP MASYARAKAT MADANI Konsep masyarakat madani mengacu pada model ideal kehidupan masyarakat madinah pada zaman Nabi Muhammad saw. . yang berdasarkan pada suatu konstitusi yang bernama piagam Madinah.

substansi dan aplikasinya tidak menyimpang dari nilai-nilai ketuhanan. kesejahteraan dan keutuhan masyarakat sesuai dengan kondisinya masingmasing. cinta iptek dan memanfaatkannya untuk kemaslahatan Berakhlak mulia. Berperadaban tinggi.KARAKTERISTIK MASYARAKAT MADANI Beriman. tanpa mencampuri urusan internal. . beriman kepada Allah dan menempatkan hukum agama sebagai landasan Damai. Toleran. Keseimbangan antara hak dan kewajiban. setiap anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang seimbang untuk menciptakan kedamaian. masing-masing elemen menghormati pihak lain secara adil Tolong menolong dalam urusan sosial. tidak mencampuri urusan pribadi pihak lain yang telah diberikan oleh Allah sebagai kebebasan manusia.

PERBEDAAN MASYARAKAT MADANI DAN CIVIL SOCIETY Civil Society Masyarakat Madani Lahir dari proses sekularisasi. budaya. . Bersifat menjunjung tinggi peradaban. motivasi dan etos keagamaan Menekankan pada aspek etika Masyarakat Madani vis a vis Masyarakat Badawi/terbelakang. sebagai protes terhadap rezimrezim penindas atau otoriter / revolusi prancis Menekankan pada aspek politik dan perlindungan hukum sesuai dengan tradisi Barat Civil Society vis a vis state Bersifat non military Lahir dari landasan.

µ (Ali Imran 110) .PERAN UMAT ISLAM DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI ´Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia. dan mencegah dari yang munkar. menyuruh kepada yang ma'ruf. dan beriman kepada Allah.

Mewujudkan tatanan sosial-politik yang demokratis dan sistem ekonomi yang adil. Merangsang kemajuan intelektual.PERAN UMAT ISLAM Melakukan pembenahan kedalam tubuh umat untuk menghapus kemiskinan. . Menciptakan keadilan sosial dan demokrasi.

Hijrah bertujuan membina manusia Madani untuk membawa suatu perubahan ke arah pembentukan masyarakat Madani yang berdaulah. namun hijrah pada hakikatnya merupakan prinsip hidup seorang Muslim dan merupakan asas kehidupan seorang Muslim dalam membina Tamaddun Ummah. .PERANAN HIJRAH DALAM MEMBINA INSAN MADANI DAN MASYARAKAT MADANI Hijrah yang sebenarnya adalah Hijrah maknawi bukanlah perpindahan tempat semata.

pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.KESEJAHTERAAN UMAT Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa. (Al-A·raf 96) .