KUMPULAN KATA BIJAK MARIO TEGUH KATA MUTIARA MARIO TEGUH | KATA MOTIVASI MARIO TEGUH

Jika anda menasehatkan sesuatu yang belum pernah anda lakukan, cepat atau lambat anda akan diuji dengan apa yang anda nasehati. Nasehatkan tentang kesabaran, maka kesabaran anda akan diuji. Orang yang menghindari kesalahan, tidak akan tumbuh. Nikmatilah setiap proses kehidupan. Orang lain adalah cermin. Ada dua jenis : cermin baik dan buruk. Cermin buruk, sebaik apapun diri kita, akan tetap memantulkan gambar diri yang bengkok. Itulah mengapa anda perlu bergaul dengan lingkungan yang baik Budi Pekerti adalah tindakan baik yang didasari oleh tujuan yang baik. Tujuan kemanusiaan dari budi pekerti adalah agar anda berguna bagi sesama. Jika hidup dan matiku untuk Tuhan, untuk saya apa? Anda dapat apa yang Tuhan miliki. Kebesaran orang bukan ditentukan oleh besar kecil tubuhnya, melainkan besar kecil hatinya. Tidak mungkin ada dua benda dalam satu ruang. Pilih apa yang hendak anda masukkan ke hati anda : kebaikan atau kejahatan? Hadiah pertama bagi orang yang melakukan kebaikan adalah kebaikan. Penampilan terbaik dari seseorang adalah penampilan yang mewakili hati yang baik. Manusia terindah adalah manusia yang bermanfaat untuk saudaranya. Bagi pribadi yang tidak waspada dan tidak bersikap baik, dia bahkan akan menipu dirinya sendiri di hadapan pribadi yang mulia dan jujur kepadanya. Harus datang akhir dari masa di mana orang mengambil keuntungan dari mengatakan dan melakukan yang tidak jujur kepada kita dan kepada mereka yang kita cintai. Segala yang kita lakukan tidak ada yang tidak beresiko. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Ada beberapa panduan menyikapi resiko. * Resiko tidak seharusnya membuat kita ciut nyali, namun tidak seharusnya juga menjadikan diri sebagai orang yang tidak takut dosa. * Memilih sebuah hubungan adalah menerima resiko, cerminan diri kita dapat dilihat dari perilakunya terhadap kita. * Resiko seharusnya dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik. * Berfokuslah pada apa yang berani kita lakukan, hasilnya kita serahkan kepada Tuhan.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Dan seringkali kita menghindari orang yang tidak tidak kita sukai. Berkasih sayanglah. Inginkanlah yang mudah. Tugas kita adalah untuk mencoba. Lebih mudah meneruskan apa adanya. Kita hanya dekat dengan mereka yang kita sukai. Bukan pemberian yang mudah yang akan memudahkan hidup mu. jangan terlalu takut. tetapi kemampuan yang menjadikan mu pantas bagi semua pemberian besar – yang tidak mudah untuk didapat itu. . Jika kita sedang benar. karena dia tidak keberatan dengan kesulitannya. Perubahan itu tidak mudah. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan kita. Kita tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila kita berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama kita. tapi waktu sangat berharga. tidak sederhana perannya dalam mencantikkan kehidupan kita. Tujuan hidup adalah sebuah ketetapan yang mendasari semua rencana dan kerja kita. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya. Tidak ada harga atas waktu. walau pun itu untuk kebaikannya sendiri. akan menjadi pemilik masa depan. dan yang menjadi penjaga arah perjalanan. Kasih sayang itu sederhana. yang akan menjadikan mu penegak kehidupan yang berjaya. Maka jangan ganggu dia yang sulit berubah. Dan berhati-hatilah. walau pun tidak mudah hidup dalam kesulitan.Jangan paksa orang untuk berubah. Marilah kita mengikhlaskanlah diri untuk mengasihi pasangan kita sepenuhnya. hanya bila cara-cara kita baru. tetapi jangan lupakan keharusan mu untuk menjadi lebih kuat. terutama untuk memperbaiki kualitas hidup. Jangan menolak perubahan hanya karena kita takut kehilangan yang telah dimiliki. padahal dari dialah kita akan mengenal sudut pikiran yang baru. Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang yang hidup hanya untuk dirinya sendiri ・lebih mudah untuk merasa sedih dan tidak berguna. Tetapi. jangan terlalu berani dan bila kita sedang takut. karena dengannya kita merendahkan nilai yang bisa kita capai melalui perubahan itu. Biarkanlah dia mengutamakan yangmudah sekarang. Berubah itu sulit. Orang-orang yang masih terus belajar. karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil. Kita akan disebut baru. karena beberapa kesenanganadalah cara gembira menuju kegagalan. Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.

Bila kita belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat kita. Kita akan tampil secemerlang yang berbakat. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda. Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik.kita akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin kita capai. Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. kita akan punya kesempatan untuk bersikap berani. Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan. Hanya orang takut yang bisa berani. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian kita dapat. Tetapi jika kita mengutamakan pelayanan yang baik. Anda akan menjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah. bakatilah apapun pekerjaan kita sekarang. bila merasa takut. Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas. maka kitalah yang akan dicari uang. Bila kita mencari uang. kapankah kita akan mendapat pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan. dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap kita salah. Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita ketahui. Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua . Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan. berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan. kita akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai. kita akan menjadi lebih damai bila yang kita pikirkan adalah jalan keluar masalah. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai. Maka. . telah menua sejak muda. yang mendahulukan istirahat sebelum lelah. karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap kita tepat.Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.

Waktu . maka aku takkan sanggup membeli teman yang sangat berharga seperti kamu.. Kegagalan dan kegundahan hidup yang kita alami adalah anugerah Maha Pencipta kepada kita... karena aku tak ingin kehilangan sahabat sepertimu. BELIAU akan mengkaruniai kita pengalaman tersebut…" "Penderitaan...anda akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin anda capai.god answers prayers in 3 ways : * HE says YES and gives you what you WANT * HE says NO and gives you something BETTER atau * HE says WAIT and gives you THE BEST.. .Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. dan mati di tanganmu. Kelaparan.. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri. Pertama.jika aku menjadi air mata.... untuk bisa memahami dan mengerti akan kehidupan saudara kita lainnya" "Hanya seseorang yang takut yang bisa bertindak berani Tanpa rasa takut itu . bersedia melakukan sesuatu yang penting bagi kecemerlangan hidupnya Meskipun dia belum berpengalaman Meskipun dia tidak memiliki uang untuk itu Meskipun banyak orang meragukan kesempatan keberhasilannya Meskipun telah banyak orang gagal dalam upaya yang sama Meskipun sama sekali tidak ada jaminan Meskipun sebetulnya dia sangat ketakutan. Kedua.... . aku ingin lahir dari matamu." . Kesedihan.tuhan maha bijaksana sehingga dia menciptakan seorang teman tanpa harga.. .. kemiskinan.... Kita mungkin menua dengan berjalanannya waktu... karena jika tuhan melakukannya.. dan Meskipun lebih mungkin baginya untuk gagal." "Seorang yang berani. sewajarnya apa yang akan kita nasehati sudahlah kita jalani.. dan kita tahu caranya. bila kita belum mengalaminya. . kecuali kita..siapa yang membebani hatinya dengan kerisauan terhadap dunia dan meremehkan dzikir kepada tuhan. aku tak ingin menangis.. maka ia musafir yang membebani kendaraan secara berlebihan tanpa bahan bakar yang cukup. hidup di pipimu.mengubah semua hal.tidak ada apapun yang bisa disebut BERANI.. tetapi belum tentu membijak. namun jika kamu jadi air mataku. "Dalam memberi nasehat ada 2 hal wajarnya diperhatikan. tetap sampaikanlah. Karena setelah kita menasehati. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin..

Perasaan cinta itu dimulai dari mata. Semakin Anda memahami lebih banyak tentang dunia di sekitar Anda. cukup dengan menutup telinga. Kita tidak tahu bagaimana hari esok. ( Jawaharlal Nehru ) . Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal. Sebab yang menjadi sukses adalah memberikan contoh dengan perbuatan yang baik. Jadi jika kamu mahu berhenti menyukai seseorang. Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan. Semua yang dimulai dengan rasa marah. Tapi apabila kamu Coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai. (Samuel Taylor Coleridge ) . semakin bergairah dan penasaran terhadap kenyataan hidup dalam hidup Anda. Orang yang bahagia bukanlah orang pada lingkungan tertentu. akan berakhir dengan rasa malu. dan jarang menghampiri penakut yang tidak berani mengambil konsekuensi. Jika Anda belum merasa memiliki keunggulan saat ini. cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama. tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. yang bisa kita lakukan ialah berbuat sebaikbaiknya dan berbahagia pada hari ini. ( Hugh Downs ) . mungkin Anda belum memiliki semangat yang tinggi dan motivasi yang kuat dalam rangka menggali potensi Anda. Mendidik bukan hanya dengan nasihat saja. Sukses seringkali datang pada mereka yang berani bertindak. ( Confusius ) . Jangan lain di kata lain di perbuatan. ( Elbert Hubbard ) . melainkan orang dengan sikap-sikap tertentu. Kesalahan terbesar yang bisa dibuat oleh manusia di dalam kehidupannya adalah terus-menerus mempunyai rasa takut bahwa mereka akan membuat kesalahan. Untuk meraih keunggulan lebih tinggi kita memerlukan bantuan orang lain. tetapi hebat dalam tindakan. sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Sesuai dengan apa yang dikatakannya. ( Confusius ) . ( Benjamin Franklin ) .

( Andrew Jackson ) . ( Alexander Pope ) . Tidak ada pelaut ulung yang dilahirkan dari samudera yang tenang. mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah. . karena kau dapat berbagi kebahagiaan dengan siapa saja. gelombang dan topan ( D Farhan Aulawi ). tetapi kita selalu menyesali apa yang belum kita capai. Teman yang paling setia. dan keta'atan untuk beribadah pada-Nya. Dan janganlah sekali-sekali engkau menjadi pemenang tetapi zalim. kasih sayang. Orang yang bercita-cita tinggi adalah orang yang menganggap teguran keras baginya lebih lembut daripada sanjungan merdu seorang penjilat yang berlebih-lebihan. Memiliki kekayaan namun tak memiliki budi pekerti. ( Schopenhauer ) . hiasinya hidup kita dengan senyum. tapi ia akan dilahirkan dari samudera yang penuh terpaan badai. Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan. Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki. ibarat pelita yang tak berminyak. Senyuman juga merupakan sebuah hadiah (kado). Padahal jiwa kita ini bagaikan bejana kosong yang siap di isi oleh apapun keinginan pemiliknya. Banyak yang bisa memulai peperangan tetapi sedikit yang bisa mengakirinya. jadi tidak ada pilihan lain.. dendam. ibarat perahu yang tak memiliki haluan. Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu. dan kebencian. Memiliki tubuh namun tak beriman. selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya. Orang yang paling rugi adalah orang yang selalu menghiasi perjalanan hidupnya dengan rasa kecewa. iri. Pilih olehmu menjadi pihak yang kalah tapi benar. hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh. ( Kahlil Gibran ) .

tanyakan pada seorang yang selamat dari kecelakaan Untuk mengetahui nilai 1 miliderik. tanyakan pada seorang atlet yang memenangkan medali dalam olimpiade kita tidak tahu apakah Allah akan memberi rezeki yang banyak atau sedikit kepada kita.cukuplah dengan itu hilang harga dirinya di hadapan Allah . tanyakan pada seorang ayah yang sedang menanti kelahiran anaknya Untuk mengetahui nilai 1 menit. dan selalu ada kesempatan dalam setiap kesulitan kegagalan dalam kemuliaan lebih baik dari pada kejayaan dalam kehinaan. tanayakan pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur Untuk mengetahui nilai 1 minggu. kita juga tidak tahu kapan kita akan sukses. diakrabi oleh lelaki yang bukan muhrimnya. tanyakan pada seorang penumpang yang ketinggalan keretanya Untuk mengetahui nilai 1 detik. Untuk mengetahui nilai 1 tahun.Meskipun Anda tidak bisa merubah iklim Tetapi Anda bisa merubah perasaan Meskipun Anda tidak bisa memilih rupa / wajah Tetapi Anda bisa melempar senyum Meskipun Anda tidak bisa mempengaruhi orang lain Tetapi Anda bisa mengendalikan diri Meskipun Anda tidak bisa meramal hari esok Tetapi Anda bisa menggunakan hari ini Meskipun Anda tidak bisa semuanya sukses Tetapi Anda bisa usaha sekuat tenaga Meskipun Anda semuanya tidak bisa semuanya ikuti kehendak Anda Tetapi Anda bisa tidak menyesal karena Anda sudah berusaha maksimal Jauh lebih baik menjaga seorang kawan dari kejatuhan dari pada membantunya bangun setelah ia jatuh. pelihara diri dan jaga kesucian apa perbedaan antara hambatan dan kesempatan? perbedaannya terletak pada sikap kita dalam memandangnya. satu-satunya hal yang bisa kita lakukan saat ini adalah BERUSAHA untuk mendapatkannya seorang gadis yang membiarkan dirinya di kerumuni. tanyakan pada seorang editor majalah mingguan Untuk mengetahui nilai 1 hari.. memberi sedikit dengan ikhlas pula lebih mulia dari memberi dengan banyak tapi diiringi dengan riya . tanyakan pada seorang buruh harian yang harus memberi makan 6 anaknya Untuk mengetahui nilai 1 jam. didekati. selalu ada kesulitan dalam setiap kesempatan. tanyakan pada seorang siswa yang gagaldalam ujian kenaikannya Untuk mengetahui nilai 1 bulan.

Permulaan cinta adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri. Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jika Tidak.Jika Mampu. ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping. kerana sungai mengalir selamanya. Potensi seluruh manusia adalah sama. Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya. Kamu tidak akan bisa mencintai orang lain. Tolong & Bantulah Orang Lain. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya. Kamu adalah guru bagi dirimu sendiri. Kita semua memiliki kekuatan dalam batin kita. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh. Jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri. kamu dapat mengubah apapun. namun apabila sampai saatnya itu. Menaklukkan diri sendiri adalah lebih baik dari pada menaklukkan ribuan musuh dalam peperangan. (Dale Carnagie) . Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Bercinta memang mudah. dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut. dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu. Perasaan kamu yang bilang ” Aku tidak berharga” adalah salah. raihlah dengan kedua tanganmu.dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Kamu tidak akan mampu. Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang. ialah jangan menuntut agar kita dicintai. jadi apa yang kurang ? Jika kamu punya tekad. Kita tidak akan pernah mendapatkan kedamaian diluar diri kita sendiri sampai kita damai dengan diri kita sendiri. Kamu menipu dirimu sendiri. Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai. Jika tidak. kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya. Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang. Salah sama sekali. Untuk dicintai juga memang mudah. Setidaknya jangan mencelakan orang lain. Jangan mencintai seseorang seperti bunga. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan.

Aku mendapat pelajaran berharga disini. Jika kau benci. tetapi tahu apa yang akan di lakukannya bila kalah. tetapi berjalanlah seiring bersamaku dan jadilah teman hidupku selalu.. sedangkan pemenang tidak berbicara apa yang akan di lakukannya bila menang. tapi kata-kata bukan bukti unggulnya perasaan.cinta yang sejati tidak terletak pada apa yang telah di kerjakan dan di ketahui.seorang pecundang tak tahu apa yang di lakukannya bila kalah..cara yang lebih buruk Kekalahan bisa juga berdampak baik bila di terima dengan benar..kata-kata itu sebenarnya tidak mempunyai makna untuk menjelaskan perasaan.... Di mana ada cinta di situ ada kehidupan. .. cinta membawa penderitaan. Karena kelak kau kan mencintai.. .. Karena kelak kau akan membenci... . aku mungkin tidak dapat mengikutimu..... manakala kebencian membawa kepada kemusnahan. karena aku tak dapat memimpinmu.. maka jangan terlalu mencintai. tetapi sesumbar apa yang akan di lakukannya bila menang. namun pada apa yang telah di kerjakan namun tidak di ketahui... tapi kita bisa berpengatahuan dengan pengetahuaan orang lain. Mereka terkubur hidup . TAPI KAMU SEDANG BELAJAR. ia sentiasa memberi..janganlah berjalan didepanku. Perasaan terpendam tidak pernah mati.. maka jangan terlalu membenci.. tak pernah membalas dendam.. . manusia bisa membentuk seribu kata-kata. .~ Mahatma Ghandi Jika kau cinta. seribu bahasa.Cinta tidak pernah meminta. tetapi tidak pernah berdendam... kita tidak bisa menjadi bijaksana dengan kebijaksanaan orang lain..hidup dan muncul belakangan dengan cara ... dan “ia” telah membuat kami lebih kuat dan bersatu. KAMU BUKAN GAGAL. janganlah pula berjalan di belakangku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful