STATUS SOSIAL WANITA, NILAI WANITA DAN PERAN WANITA

MK : KESPRO

STATUS SOSIAL WANITA

PENGERTIAN ‡ Status yaitu keadaan atau kedudukan (orang. kaum putri (dewasa) . badan) dihubungkan dengan masyarakat disekelilingnya ‡ Status yaitu kedudukan seseorang di dalam keluarga dan masyarakat ‡ Sosial yaitu berkenaan dengan masyarakat. kemasyarakatan ‡ Wanita yaitu perempuan dewasa.

bagaimana dia dihargai dan kegiatan apa yang boleh dilakukan .JADI STATUS SOSIAL WANITA ADALAH ‡ Keadaan atau kedudukan wanita yang berhubungan dengan perannya dalam masyarakat ‡ Kedudukan seorang wanita yang akan mempengaruhi bagaimana seseorang wanita diperlakukan.

Pekerjaan . Pendidikan 3.Faktor Yang Mempengaruhi Status Wanita 1. Ekonomi 2.

Dampak Status Social Wanita ‡ Kehidupan terbelenggu ‡ Potensi terpendam karena harus sering mengalah ‡ lebih terbelakang .

NILAI WANITA .

angka kepandaian.PENGERTIAN ‡ Nilai yaitu harga. sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berguna bagi kemanusiaan ‡ Jadi nilai wanita adalah kepandaian atau sifatsifat (hal-hal) yang penting atau berguna yang berhubungan erat dengan kedudukan wanita dalam keluarga (rumah tangga) dan masyarakat . mutu.

maka kaum ibulah yang banyak menderita. mengasuh dan mendidik anak dan sebagainya ‡ Sebagian besar kaum ibu dikerjakan sendiri tanpa bantuan dari orang lain ‡ Seorang ibu sering bekerja siang. malam tanpa cukup waktu untuk melepas lelah ‡ Bila suatu keluarga mengalami kekurangan.WANITA DAN RUMAH TANGGA ‡ Sebagai ibu rumah tangga peran wanita meliputi segala macam berat dan ringan seperti mengatur rumah. karena sifat ibu yang rela berkorban . memasak. mencuci.

WANITA DAN PENDIDIKAN ‡ Ibu adalah sebagai pengasuh dan pendidik yang utama bagi anak-anak ‡ Pendidikan kaum ibu sangat besar pengaruhnya dalam masyarakat .

WANITA SEBAGAI TENAGA KERJA ‡ Wanita yang belum bersuami. kebanyakan hanya mengurus rumah tangga ‡ Sekarang banyak wanita yang telah berkarier tanpa meninggalkan kewajiban sebagai Isteri dan Ibu rumah tangga . menjalankan pekerjaan tetap di luar rumah ‡ Wanita yang telah menikah.

PERAN WANITA .

.PENGERTIAN ‡ Peran yaitu serangkaian perilaku sesuai dengan posisi social yang diberikan ‡ Peran wanita adalah apa yang harus dilakukan wanita dalam suatu situasi tertentu agar dapat memenuhi harapan mereka sendiri dan harapan orang lain.

Peran wanita dalam keluarga ‡ Sebagai istri dan pendamping suami ‡ Sebagai ibu dan pendidik bagi anak-anak ‡ Sebagai partner seks ‡ Sebagai pengatur/pengelola rumah tangga .Secara Sosial Wanita Selalu Memiliki Peran 1.

Peran wanita dalam masyarakat ‡ Wanita melakukan kegiatan atau aktifitas yang dilakukan wanita diluar lingkungan rumah tangga.NEXT 2. ‡ Peran wanita dalam pembangunan : ‡ Program Keluarga Berencana ‡ Peningkatan Kesehatan Masyarakat ‡ Pendidikan kaum ibu dan kesejahteraan keluarga .

. Peran wanita dalam organisasi profesi wanita berperan dalam organisasi profesi seperti pemberdayaan perempuan (KOMNAS PEREMPUAN) dan organisasiorganisasi yang bergerak di bidang wanita yang tujuannya untuk memperjuangkan hak-hak kaum wanita.next 3.

Faktor yang Mempengaruhi Peran Wanita Keinginan wanita untuk memperoleh status dimasyarakat dan keinginan wanita untuk menikah dan berkeluarga. .

. Minimalnya waktu untuk privasi ‡ Kurangnya perawatan diri ‡ Kurangnya waktu untuk istirahat ‡ Kurangnya disiplin terhadap kebutuhan nutrisi ‡ Keterbatasan waktu menyebabkan wanita jarang makan dan kelelahan menjadikan wanita kurang makan.DAMPAK PERAN 1.

Krisis psikologi .NEXT 2. Ancaman kesehatan 3.

Kurang memadainya ketrampilan untuk memecahkan masalah . Konflik peran (harapan-harapan peran yang tidak sesuai) 3.Masalah yang Berhubungan dengan Peran Wanita 1. Stres (Frustasi dalam peran) 2.

TERIMAKASIH DAN SUKSES SELALU .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful