BAB I LATAR BELAKANG A.

Pendahuluan
Masalah tenaga kerja khususnya bagi Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia merupakan salahsatu hambatan dengan cukup besar apalagi pada masa ini Indonesia sedang menghadapi banyak masalah dan bencana alam yang hamper terjadi di setiap pulaunya. Masalah ketenaga kerjaan yang besar merupakan factor yang dapat menghambat lancarnya satu pemerintahan suatu pemerintahan dan pembangunan jika tidak di imbangi dengan penyediaan lapangan kerja yang memadai bagi masyarakat, dalam dalam hal ini pemerintah menyampaikan semaksimal mungkin untuk menekan tingginya angka pengangguran dengan jalan pemberian modal maupun bimbingan kepada r kyat kecil maupun a bimbingan kepada rakyat kecil maupun menengah swasta dan semua industri pemerintah yang terkait untuk menciptakan lapangan kerja yang luas demi menyongsong eraglobalisasi yang penuh persaingan. Sesuai dengan himbauan pemerintah tentang lapangan kerja dan tenaga kerjaan dan tidak hanya memperhatikan kuantitasnya saja, pemerintah memprogramkan agar peningkatan iptek setiap kelulusan sekolah menengah kejuruan berorientasi pada dunia kerja dan keahlian dan salah satu langkah yang timbul sesuai dengan program kurikulum 1994. Adalah dengan kegiatan praktk kerja sistem ganda (PSG) di semua industri dan terkait dengan SMKN 1 Kuripan merupakan salah satu sekolah yang melakukan praktik sistem ganda (PSG). Di semua industri.

1

Agar Siswa bagaimana cara memecahkan masalah dan menemukan masalah 2. B.Dan industri terkait dengan SMKN 1 Kuripan merupakan sala satu sistem ganda (PSG) semua industri dan instansi. yang merupakan sarana pengembangan antara sekolah dengan instansi terkait untuk menciptakan keseimbangan program sehingga dapat menekan kesenjangan keterampilan yang di persyaratkan oleh dunia kerja. Untuk Meningkatkan dan memantapkan sikap propisional 5. Agar Siswa dapat meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilan 4. Salah Satu syarat siswa kelas tiga untuk mengikuti ujian nasional. 2 . Untuk Mempererat hubungan antara sekolah dengan industri 6. Agar Siswa bagaimana cara bekomunikasi dengan konsumen 3.instansi terkait lainya. TUJUAN 1. dengan yang sudah di peroleh di sekolah.

BAB II PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI A. Service Ongkulan Service ongkulan adalah menservice bagian sepeda motor yang meliputi cylinder head. Service bagian kelistrikan. Kotoran atau terak yang ada pada scyilinder head. PROSES PRODUKSI/JASA Praketk kerja industry (Prakerin) yang di laksanakan mulai tanggal 02 Mei sampai dengan 28 Juli 2011 yang kami laksanakan di PT Suzuki Lombok yang kegiatanya ditekankan pada 3 bagian yaitu : 1. 3. katup IN & EX clan pada piston 5. Service ongkulan di lakukan jika : 1. Penggantian katup 4. Terjadi kebocoran pada katun In dan EX 2. Service bagian engine (mesin) 2. Penggantian Piston. ring piston dan penggantian cylinder/ mengkloter cylinder. Penggantian seal katup 3. 3 . Service bagian chasis. Focus kegiatannya lebih di tekankan pada service bagian engine yang meliputi : A. cylinder dan piston service ongkulan di lakukan pada setiap 20 Ribu kilometer.

Bahan NO 1 2 3 NAMA BAHAN SEPEDA MOTOR SHOGUN BENSIN GRESE/THREEBOOND SATUAN UNIT LITER KALENG JUMLAH 1 1 1 2. Peralatan NO NAMA ALAT 1 Obeng (. 10-12. 14-17-8-9) Kunci Ring ( 8-9.14-17) Bêtel ± Kuci T (8. sok) Kuci busi Rachet Kuci sok Xapi Bak bensin Palu kayu Kuas Kompesor Sikat Baja Fuller Gauge Kunci L 5 Tang Tang Lancip Impact SATUAN Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah Unit Buah Set Buah Buah Buah Buah JUMLAH 3 3 3 1 4 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 4 .+ dan spuyer) 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 Kunci pas (10 12.10.Bahan-bahan dan alat yang di butuhkan untuk melakukan service Ongkulan : 1.12.

Melepas tutup inveksi raive timing plug dan tutup kumparan pembangkit 10. 21. Pasang baut pengikat kepala sylinder. Buka choke dengan membuka baut mur 12 4. Buka saringan udara mengguanakn obeng + yang tanggung dan obeng + yang besar. Pasang cam chain tensioner 22. Pasang olecom presi 25. Lepas karburator dari slinder head dengan membuka dua buah baut menggunakan kunci T 8 7. Lepas sylinder head dari block sylinder 16.Langkah ± langkah Service Ongkulan FD 110 1. Melepas poros nok 13. Memposisikan piston pada posisi top kompresi 23. Melepas tutup roda didi sprocket 9. Memposikan piston dengan posisi top kompresi 11. lengsir kiri dan lengsir kanan 2. 3. Lepas skep dan jarum skep dengan membuka dua buah baut 5. Setelah semua sudah bersih beri lemm threeboondk pada pak kop 18. Lepas baut pengikat knalpotnya dan kendorkan bagian blakang 8. Lepas pack kopnya 17. Buka lengsil center. Melepas baut pengikat kepala slylinder 14. Pasang kembali pak kopnya 19. Lepas selang bensin. Melepas tensioner 12. Pasang roda gigi chamshaf 24. Melepas tutup penyetel katup IN dan EX 15. Pasang kembali tensionernya 26. Pasang cylinder head 20. selang vakum dan selang pernapasan karburator 6. Pengecekan setelah pemasangan   5 .

SERVICE OVERHOUL. 6 .07 dan ukuran standar untuk katup EX 0. selang vakum dan selang pernapasan karburatornya 33. Hal ± hal yang di kerjakan pada service rutin 1.04-0. Pasang skep dan jarum skepnya 35. 2. Mengecek rantai 5. SERVICE RUTIN Service Rutin artinya menservice mesin sepeda motor secara rutin. Pasang kembali choknya 34. Mengecek kones apakah keras / tidak 7. Pasang kembali saringan udara 37.27.07 29. Stel klepnya dengan ukuran standar untuk katup IN 0. Pemasangan tutup roda gigi sprocket 28. Pasang kembali knalpotnya 31. Pasang tutup penyetel katup IN dan EX 30. Pasang lengsing kiri .lengsing kanan dan lengsing center. Membersihkan saringan udara 4. Mengecek air accu dan teganganya 6. SERVICE Overhoul maksudnya menservice mesin secara total. Stel angin dan stel langsamnya dengan ukuran standar 36.4-0. Mengecek tekanan ban. mulai dari service rutin.service ongkulan sampai turun mesin kemudian mesin di bongkar untuk mengganti komponen ± komponen yang sudag aus atau rusak. Bersihkan karburator 2. agar mesin sepeda motor tetap atau kembali pada keadaan standar sehingga umur pemakain mesin menjadi lebih lama dan juka di kendarai terasa lebih nyaman. Pasang kembali karburatornya 32. Mengecek kerenggangan katup 3. 1. Pasang selang bensin.

Kami di kumpulkan dalam satu ruangan. kemudian di beri soal (tertulis). dengan jumlah soal 10 kopetensi kedua di laksanakan pada hari sabtu tanggal buah. uji kompetendi pertama di laksanakan pada hari sabtu tanggal 2011.1 D.000 : 14. Gear-gear transmisi 3. dengan jumlah soal 8 buah. 6.000 : Rp. Jika tidak. 330.000 R/C : 2.400. 7 . Sewa alat per 4 bulan 3.000 : Rp. Panggantian stang Piston 2. Sewa tempat per 4 bulan : Rp. HASIL PROSES PRODUKSI Setiap hari kami melakukan service sepeda motor yang di service kemudian di serahkan di chief mechanic untuk di periksa/dicoba apakah sepeda motor itu ada kekuranganya atau tdak. Penggantian bearling crankcase 4. 7. PENGHITUNGAN LABA/RUGI Pengeluaran : 1. Suzuki Lombok mengadakan uji coba kompetensi untuk mengukur sejauh mana ilmu yang sudah di dapatkan.Misalnya : 1.000 ± 6.000 = Rp.000. C. System pengujian yang di lakukan adalah secara bersama-sama. PENGUJIAN KOMPETENSI Sebelum prakerin berakhir.855.400. PT. 525. B. maka sepeda motor itu sudah baik dan nyaman untuk di kendarai.000 2. Dan penggantian komponen mesin yang berada di dalam mesin. Beli lahan Penerimaan Keuntungan : Rp. Uji kompetensi yang di lakukan sebanyak dua kali. Dan uji 2011.545. 14.

kami jauh dari orang tua b. kami bisa menambah pengetahuan dan keterampilan yang belum di dapatkan di bangku sekolah. Tempat perusahaan/bengkel strategis b. Kurangnya pembekalan dari sekolah B. dan dengan program prakerin juga kami bisa melatih diri untuk menjadi seorang wirausahawan. Adanya mechanic khusus yang mempunyai keterampilan yang handal yang membimbing kami dalam pelaksanaan prakerin d. Waktu pelasanaan yang sangat lama/ panjang 2. Manfaat yang di rasakan Dengan program prakerin. Faktor penghambat a. Pada waktu pelaksanaan prakerin. Tempat prakerin yang relative jauh c. 8 . Keterlaksanaan 1. Adanya alat-alat yang lengkap c. Faktor pendukung a.BAB III TEMUAN A.

maka pelaksanaanya pun I arus dapat di selesaikan sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. siswa tidak ragu lagi dan tidak asing lagi dengan pekerjaan yang akan di kerjakan di dunia kerja. Saran Bagi pembimbing sekolah di harapkan untuk lebih memperhatikan di dalam memberikan bimbingan kepada siswa.BAB IV PENUTUP A. sehingga setelah terjun kelapangan. karena sudah di bekali dengan pengalaman yang di dapat dari sekolah. Kesimpulan Dari semua isi laporan ini dapat di simpulkan bahwa praktek kerja industry (prakerin) adalah suatu yang wajib di laksanakan oleh setiap siswa sekolah kejuruan. karena prakerin ini juga merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti UAN. Selain itu juga prakerin dapat menambah dan dapat memudahkan antara teori yang telah di dapat di sekolah dengan pengalaman di dunia usaha dnan di dunia industri. siswa perlu mendapat bimbingan dari awal dan pembekalan yang cukup dari sekolah. 9 . sebelum siswa terjun kedunia kerja untuk melaksanakan prakerin. B. Demi kelancaranya program prakerin di masa-masa yang akan dating.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful