P. 1
PANDUAN PELAKSANAAN KKN

PANDUAN PELAKSANAAN KKN

|Views: 143|Likes:
Published by Mona Aldrin

More info:

Published by: Mona Aldrin on Aug 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2015

pdf

text

original

€ KKN

adalah bentuk pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat € Pengalaman belajar di luar kampus € Menangani masalah pembangunan yg dihadapi masyarakat

.€ Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) merupakan salah satu kegiatan dalam dikti yang diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional juncto Peraturan Pemerintah R I Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

€ Mahasiswa Reguler dan Reguler Mandiri Universitas Andalas € Telah lulus sedikitnya 100 sks mata kuliah € Terdaftar di BP-KKN .

€ Pendafataran Mahasiswa secara online € Pendaftaran Ulang di BP-KKN € Pendaftaran dimulai pada bulan Maret 2010 .

Sanggup membimbing mahasiswa di lapangan .€ € € € € Tenaga Pengajar Tetap Universitas Andalas Dapat menjalankan tugas dengan baik Sanggup melaksanakan tugas yg diberikan oleh BP-KKN Memiliki kemampuan teknis interaksi yang edukatif thd mahasiswa. dan pemerintah. masy.

dan administrasi Kegiatan Mahasiswa € .Bersedia di tempatkan di semua lokasi € Disetujui oleh fakultas masing-masing € Membantu mhs dalam pendekatan kemasyarakatan € Membuat Program bersama Mhs dan Wali Nagari di lapangan € Membina mhs membuat laporan periodik.

9.1. 5. 3. 4. 2. 7. 6. 8. Filosofi dan Tujuan KKN Panduan Pelaksanaan KKN yg bersifat Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Pendekatan Kepada Masyarakat dalam pelaksanaan KKN Identifikasi masalah dan Perencanaan Program kerja Aplikasi Bidang Ilmu Dalam Pelaksanaan KKN (I) Aplikasi Bidang Ilmu Dalam Pelaksanaan KKN (II) Materi Khusus I Materi Khusus II Ujian Coaching KKN .

€ € € Ditentukan Sebelum Pelaksanaan Materi Khusus Diutamakan bagi kab / kota yg membutuhkan. spt . Camat. daerah gempa atau bencana Dilaksanakan sosialisasi dan Koordinasi dg Pemda (Bupati. Wali Nagari) .

Penurunan Mhs ke lokasi sebelum KKN dimulai 2. Studi ttg Wilayah yg akan ditempati 4. Fungsinya untuk pendekatan masy 3.Pra-KKN : 1. Pembuatan Program bersama DPL dan Wali Nagari .

€ € € € Diantar secara resmi oleh DPL ke lokasi DPL turun ke lapangan minimal 4 kali (Monitoring dan evaluasi atau Monev) Setiap ke lapangan DPL dibekali dg Surat Tugas dan kembalinya membuat laporan DPL melakukan bimbingan pembuatan laporan dalam masa pelaksanaan KKN .

€ Mhs meninggalkan lokasi dan dijemput oleh DPL € DPL membimbing pembuatan laporan € Jenis Laporan: (individu dan kelompok) .

Status KKN pada periode ini masih bersifat sukarela dan generalis terbatas. Padang dan Universitas Hasanudin. UGM ditunjuk sebagai universitas pembina KKN (1973-1974 )yang melibatkan 13 universitas di 13 propinsi. dari sukarela dan generalis terbatas menjadi intrakurikuler terbatas. Pendekatan multidisipliner yang didasarkan atas partisipasi mahasiswa. KKN dipecah menjadi 2 Model yaitu model KKN Lapangan (Semester I) dan KKN kampus (pada th 1977.1. Ujung Pandang. Universitas Andalas. ¾ Dengan Membengkaknya peserta KKN dan Keterbatasan Dana. PERIODE PERINTISAN (1971-1976) ¾ Periode awal muncul gagasan perlunya pelaksanaan kegiatan KKN ¾ ¾ ¾ ¾ sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. PERIODE PERALIHAN (1977-1979) ¾ Dimulai dengan terbitnya SK Rektor UGM Nomor 28 Tahun 1976 : tentang status KKN. Universitas Pelopor : UGM. krn Pemilu KKN lapangan di Tiadakan). 2. .

KKN Sibermas (tahun 2000). ¿ PERIODE TRANSFORMASI (1998 . ¿ . antara lain : KKN Alternatif (tahun 1999). 4. baik secara regional maupun nasional 5. dan KKN Tematik (tahun 2002).2005) Periode Transformasi adalah periode dilakukannya berbagai perubahan bentuk atau pola pelaksanaan kegiatan KKN untuk melanjutkan upaya peletakan dasar KKN secara regional maupun nasional pada periode sebelumnya Muncul varian baru pola pelaksanaan kegiatan KKN. PERIODE PEMANTAPAN (1979-1990) ¾ Periode Peralihan ini berakhir dengan terbitnya Surat Keputusan Rektor UGM Nomor 17 Tahun 1979 Tanggal 6 Juni 1979 yang menyatakan bahwa kegiatan KKN menjadi intrakurikuler pada fakultas-fakultas di lingkungan UGM dan merupakan mata kuliah wajib.3. PERIODE PENGEMBANGAN (1990-1997) ¿ Periode Pengembangan adalah upaya peletakan dasar pelaksanaan kegiatan KKN.

6. Hal ini diharapkan dapat memacu kemampuan masyarakat dalam pengembangan diri dan wilayah sehingga kesejahteraannya meningkat. PERIODE KKN TEMATIK KONTEKSTUAL (2004-2006) ¾ KKN Tematik Kontekstual dilakukan agar sesuai dengan perubahan paradigma perguruan tinggi serta perkembangan yang dihadapi UGM. Istilah tematik-kontekstual mengacu kepada perencanaan program kegiatan KKN yang mengikutsertakan masyarakat dalam penentuan kegiatan yang bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat 7. dan dilaksanakan bersama masyarakat.SEKARANG) ¾ Sejak tahun 2006 KKN Tematik Kontekstual berubah menjadi KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa sekaligus wahana pemberdayaan masyarakat. Pola ini direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis berdasarkan tema yang digali dari potensi masyarakat. dirumuskan. PERIODE KKN PPM (2006. .

pelaksanaan. dan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian menjadi landasan dalam perencanaan. € Empati-Partisipatif ¾ KKN PPM dilaksanakan untuk menggerakkan masyarakat dalam pembangunan melalui berbagai kegiatan yang dapat melibatkan. € Pelestarian Tri Gatra KKN PPM ¾ KKN PPM dilaksanakan untuk mencapai pengembangan kepribadian mahasiswa (personality development). pemberdayaan masyarakat (community empowerment) dan pengembangan institusi (institutional development). dan tolok ukur evaluasi KKN PPM. mengikutsertakan. . dan menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap pembangunan.€ Keterpaduan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi: ¾ aspek pendidikan dan pengajaran.

dan memberikan manfaat bagi masyarakat € Environmental development ¾ Dilaksanakan untuk melestarikan dan mengembangkan lingkungan fisik dan sosial untuk kepentingan bersama. Selanjutnya mahasiswa mengembangkan mekanisme pola pikir dan pola kerja interdisipliner untuk memecahkan permasalahan yang ada di lokasi KKN PPM.€ Pendekatan Interdisipliner dan lintas sektoral ¾ Dilaksanakan oleh mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. dapat dilaksanakan sesuai dengan daya dukung sumber daya yang tersedia di lapangan. Konfrehensif dan berdimensi yang luas € Realistis dan Pragmatis € ¾ program-program kegiatan yang direncanakan bertumpu pada permasalahan dan kebutuhan nyata di lapangan. .

mitra kerja dan masyarakat setempat. mahasiswa.Co-creation (gagasan bersama): KKN PPM dilaksanakan berdasar pada suatu tema dan program yang merupakan gagasan bersama antara universitas (dosen. mitra kerja dan masyarakat setempat. € . disesuaikan dengan tema dan program yang telah disepakati. universitas dengan pihak Pemerintah Daerah. Pusat Studi) dengan pihak Pemerintah Daerah. € Co-financing/co-funding (dana bersama): KKN PPM dilaksanakan dengan pendanaan bersama antara mahasiswa pelaksana.

Mahasiswa dapat memilih tema dan waktu pelaksanaan KKN PPM yang ditawarkan universitas sesuai dengan keinginannya. € Sustainability (berkesinambungan): KKN PPM dilaksanakan secara berkesinambungan berdasarkan suatu tema dan program yang sesuai dengan tempat dan target tertentu.Flexibility (keluwesan): KKN PPM dilaksanakan berdasarkan pada suatu tema dan program yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan Pemerintah Daerah. € . mitra kerja dan masyarakat dalam proses pembangunan di daerah. € KKN PPM dilaksanakan berbasis riset (Research based Community Services).

Eksplorasi Sumber Daya Alam dan Konservasi Lingkungan 4. Penerapan Teknologi Tepat Guna .Berdasarkan pada substansi temanya. ruang lingkup KKN PPM antara lain : 1. Pemberdayaan UKM 3. Pemberdayaan Wilayah 2. Pengembangan Sumber Daya Manusia 5.

€ Kegiatan dapat bersifat: € ¾ Rintisan. ¾ Penunjang maupun kelanjutan program .Program kegiatan harus sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan nyata di lokasi masing-masing. ¾ Pelengkap.

Peternakan. Fak. Psikologi Fakultas Farmasi Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran Gigi Bidang Kesehatan Masyarakat (KM) . MIPA (Prodi Matematika. Fak. Fak. Biologi. Teknologi Pertanian (Prodi Teknik Pertanian ) Fak. Ilmu Budaya. Hukum. Geografi . dan Fisika). MIPA . MIPA (Prodi Elektronika dan Instrumentasi. Fak. Fak. Statistik dan Ilmu Komputer). Fak.Bidang Kegiatan Bidang Prasarana Fisik (PF) Bidang Peningkatan Produksi (PP): Bidang Sosial Budaya (SB) Fakultas yang Berperan Fak Geografi. Fak. Fak. Fak. Pertanian. Ekonomi . Kehutanan. Teknik Fak. Fak. Filsafat. Kedokteran Hewan. Fak. Fak. Fak. Fak. Fak. ISIPOL. Teknologi Pertanian Fak.

Peranan Mahasiswa Dalam KKN PPM € Motivator dan Problem Solver. . € Penjembatan € Pelaku utama dalam pelaksanaan kegiatan adalah masyarakat di lokasi sebagai subjek dan sekaligus objek pembangunan masyarakat.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->