PENGERTIAN NEGARA

Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem/ aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain. Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah tersebut, dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada.

Pengertian Negara menurut para ahli
Prof. Farid S. Negara adalah Suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan. Georg Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. Georg Wilhelm Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal Roelof Krannenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. Roger H. Soltau Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. Prof. R. Djokosoetono Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. Prof. Mr. Soenarko Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan. Aristoteles Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehomatan bersama.

Organisasi Papua Merdeka

dan ASEAN SEJARAH OPM Tanggal 28 Juli 1965 adalah awal dari gerakan-gerakan kemerdekaan Papua Barat yang ditempeli satu label yaitu OPM (Organisasi Papua Merdeka). 1990: 51). sekitar 60 orang berkumpul di stadion Mandala di kota Jayapura. Mereka mencari dukungan antara lain melalui PBB. Nicolaas Jouwe dan dua komandan OPM yang lain. Lahirnya OPM di kota Manokwari pada tanggal itu ditandai dengan penyerangan orangorang Arfak terhadap barak pasukan Batalyon 751 (Brawijaya) di mana tiga orang anggota kesatuan itu dibunuh. GNB. Whitaker. Sjamsuddin. Pada tanggal 14 Desember 1988. serta penahanan orang-orang Arfak yang mengeluh ke penguasa setempat karena pengangguran yang tinggi serta kekurangan pangan di kalangan suku itu (Ukur dan Cooley. Namun republik ini berumur pendek karena segera ditumpas oleh militer Indonesia dibawah perintah Presiden Soeharto. Sebelum era reformasi. Pada tanggal 1 Juli 1971. Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka. OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah dengan bagian Indonesia yang lain maupun negara-negara Asia lainnya. Osborne. Seth Jafeth Raemkorem dan Jacob Hendrik Prai menaikkan bendera Bintang Fajar dan memproklamasikan berdirinya Republik Papua Barat. 1989: 96-97. untuk menghadiri upacara pembacaan "proklamasi OPM" serta "pengibaran bendera OPM" yang kesekian kali. Forum Pasifik Selatan. 1985: 35-36. 1977: 287. provinsi yang sekarang terdiri atas Papua dan Papua Barat ini dipanggil dengan nama Irian Jaya.Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan nasionalis yang didirikan tahun 1965 yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari pemerintahan Indonesia. .(orde baru) Tahun 1982 Dewan Revolusioner OPM didirikan dimana tujuan dewan tersebut adalah untuk menggalang dukungan masyarakat internasional untuk mendukung kemerdekaan wilayah tersebut. Indonesia. Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain. PROFIL NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA . Picu "proklamasi OPM" yang pertama itu adalah penolakan para anggota Batalyon Papua (PVK = Papoea Vrijwilligers Korps ) dari suku Arfak dan Biak untuk didemobilisasi.

dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan.[6] Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006. George Earl. berarti keberagaman yang membentuk negara. diikuti para pedagang yang membawa agama Islam. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Dari Sabang sampai Merauke. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik. di samping Jawa yang dianggap pusat). Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas. dengan Dewan Perwakilan Rakyat. atau kepulauan yang berada di Hindia. Indonesia terdiri dari berbagai suku. Semboyan nasional Indonesia.[9] Pada tahun 1850. Ibukota negara ialah Jakarta. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi. menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia. proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat. "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"). Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "pulau". korupsi. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7. meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan. dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara.[8] Jadi. seorang etnolog berkebangsaan Inggris. Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara ("pulau luar".[11 . kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan. yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda. Filipina. awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". ancaman dan tantangan dari bencana alam. bahasa dan agama yang berbeda.[10] Murid dari Earl. separatisme. Australia. Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. Negara tetangga lainnya adalah Singapura. James Richardson Logan. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13 466 pulau[5].