Contoh Resensi

Posted by: putrinet on: Oktober 14, 2008
y y

In: Pendidikan Comment!

RESENSI KUMPULAN CERPEN
UNTUK MEMENUHI TUGAS BAHASA INDONESIA

DISUSUN OLEH SANI JUANINGSIH KELAS XII IPA I

SMA NEGERI 1 KOTA SUKABUMI JL. RH. DIDI SUKARDI NO. 186 TELP. (0266) 221371 RESENSI

Kumpulan cerpen ³ My Valentine ³ secara tidak langsung membuat ketertarikan ingin membacanya. ³ Donat ³. yang salah . Sumenep.Judul Buku : My Valentine Penulis : Hanna Al ± Ithriyah Terbit : Gema Insani cetakan : 1. Ketiga cerita ini mengandung makna yang sangat dalam. Hanna Al ± Ithriyah kembali meluncurkan buku kumpulan cerpen karyanya yang berjudul ³ My Valentine ³ yang berisi sebelas cerita dengan karakteristik yang berbeda di setiap ceritanya. Kali ini. Banyak orang yang salah memprediksikan isi buku ini. ³ Selaka Rindu Dinda ³.. Bisa dilihat dari cerita ³ Dialog Alam Barzah ³ menceritakan tentang amalan seseorang yang tidak menjamin masuk surga yaitu menceritakan di 24 orang hamba Allah . Diantaranya sebelas cerita. Ketiga cerita itu adalah ³ Dialog Alam Barzah ³. Dzulqa¶idah 1427 H / November 2006 M Tebal : 192 halaman Hanna Al ± Ithriyah. Selain itu bahasanya sangat mudah dimengerti walaupun ada sebagian kata yang memakai bahasa arab dan madura tetapi di akhir cerita di berikan keterangannya. karena mereka melihat dari judulnya. penulis muda berbakat ini masih bersekolah di madrasah aliah ( P1 ) Annuqayah. karyanya yang berjudul ³ Selaka Rindu Dinda ³ berhasil memperoleh juara hiburan pertama pada lomba SMCI Gema Insani dan di bukukan dalam antologi cerpen pemenang sayembaya yang judulnya diambil dari judul cerpennya. ³ H Minus 7 ( My Valentine )´. yang sudah familiyar dengan remaja-remaja. Madura. 22 desember 1985. Yang paling mempengruhi itu adalah judulnya. Lahir di Sumenep. padahal isinya sangat berbeda dengan yang mereka prediksikan. ada 3 cerita yang terlihat paling menyentuh hati dan mengharukan.

. Tentunya itu memperkenalkan seorang akhwat itu dan temannya memberi saran untuk secepatnya mengirim sebuah kado dan sekotak coklat. Sehari saja dia makan donat dia pasti mayur dan bertingkah tidak karuan. Ternyata yang masuk surga adalah orang yang selalu menjaga agar hatinya selalu bersih dari penyakit hati. Kesimpulan cerpen ini sangat bagus karena bisa membuat pembacanya penasaran dan semua makna ceritanya sangat mendalam. Boy mengikuti saran temannya itu. Ipit anak yang paling kecil. sampai bisa membuat menangis pembacanya dan sangat membuat penasaran karena judulnya seperti komedi. Suatu hari dia masuk rumah sakit. Didalamnya menceritakan sebuah keluarga yang harmonis. ternyata seorang ahli ibadah tidak menjamin dia akan masuk surga karena orang tersebut belum bisa menghindari penyakit hati. Akhwat itu menolak ajakan dan pemberian bingkisan itu.satu dari mereka adalah ahli ibadah. bahasanya tidak berbeli-belit tapi sangat mudah di mengerti. Tidak berapa lama Ipit meninggal dunia. Dicerita yang kedua bahasa yang di digunakan yaitu bahasa gaul anak remaja sekarang yang berjudul ³ H Minus 7 ( My Valentine ) ³ isinya menceritakan seorang anak muda yang bernama Boy. Dicerita yang ketiga ³ DONAT ³ isinya kita ambil hikmah yang sangat besar karena ceritanya sangat menyentuh hati. ternyata cewek-cewek di sekolahnya sudah mempunyai gandengan. seorang ibu yang mempunyai dua orang anak yang bernama Yuli dan Ipit. Yang belum hanya anak Rohis. Dalam cerita ini bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti seakan-akan kita menyaksikan langsung kejadian tersebut. Anak muda ini sedang mencari pasangan untuk merayakan hari valentine. Cerita itu sangat mengharukan dibanding cerita yang lain. ibunya dan kakanya sangat menghawatirkan. dia sangat suka makan donat. Setelah itu Boy mendapat bingkisan itu kembali dan didalamnya terdapat securik kertas yang didalamnya berisi penolakan menerima bingkisan Valentine itu. lalu akhwat itu menjelaskan alasannya dan memberi pesan yang sangat menyentuh hati sehingga bisa membuat Boy kembali mendekat kepada Allah SWT. banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil di buku itu. ternyata dia mengidap penyakit turunan dari ayahnya yaitu penyakit diabetes.

Stepheni Meyer. Jacob Black 91 Romantisme Kisah Cinta Manusia dan Vampire Menjadi Kekasih Vampire? Wow. Kumpulan cerpen ini mempunyai beberapa kekurangan yaitu alur ceritanya kurang mengerti dan jalan semua ceritanya terlalu lambat. Kelebihan yang paling menonjol didalam buku ini adalah judulnya yang sangat bagus karena judul itu seperti mendeskripsikan isinya cerita yang bukan islami. setiap kali aku membaca buku atau nonton film yang berkaitan dengan Vampire ini versi barat... Cullen. Twilight. 2008 by eviwidi in Resensi Buku Fiksi Tag:Novel. pikiranku langsung melayang pada hantu-hantu versi Indonesia yang terasa gak sekeren si Vampire ini.mengerikan sekaligus terasa spektakuler show. copyright by anak rohis smunsa Resensi Novel Twilight Stephenie Meyer Posted: Juli 4. Vampire selalu digambarkan sebagai sosok setengah manusia setengah hantu yang berpenampilan sopan dan punya paras yang ganteng sekali .Setelah membaca buku kumpulan cerpen ³ My Valentine µ karya Hanna Al-Ithriyah. Edward cullen.kayaknya Dalam banyak versi. tetapi kenyataanya isinya itu sangat islami. Forks. Entah kenapa. sangat berdampak positif terhadap pembacanya dan banyak sekali hikmah yang bisa diambil. Phoenix. Si Manis Jembatan Ancol?! Aduhhh lewat. selain itu bisa menjadikan kita sadar dalam dalam menjalani hidup ini.

jadi kepengan baca kisah lanjutannya. adalah Vampire yang tidak memangsa manusia. meskipun mendayu-dayu. Novel ini sebenernya menurut aku terlalu mengedepankan perasaan.. ya..Apakah di sini ada legenda hantu yang sedikit keren?! Sapa tau Nicolas Saputra atau Andika Pratama bisa kebagian peran. Ayah biologisnya di Forks. ntar kejutan-kejutannya jadi gak asik lagi pas baca.. di New Moon-Dua Cinta neehh . Singkat cerita Bella akhirnya pacaran dengan Edward dan Bella sedikit demi sedikit mengungkap jati diri Edward dan keluarganya. manusia selalu tertarik dengan yang namanya penampilan fisik yang ganteng dan cantik.. Lantas bagaimana kisah selanjutnya. Kebanyakan penduduk Forks tidak ada yang tahu bahwa keluarga dr. Keluarga dr.Cullen yang semuanya Vampire. Dan salah satu dari kelurga itu yaitu Edward Cullen yang digambarkan memiliki ketampanan yang jahat. masalah kemudian timbul.ya gak siii Baedeweh.Cullen di Sekolah SMU barunya di Forks. Semula tinggal di Forks seperti memenjarakan diri dengan sengaja. Bella memilih tinggal bersama Charlie. ini novel enak banget dibacanya. kalo tak ceritan semua.Well. Akhirnya Bella menjadi target buruan bagi koloni tersebut dan Keluarga Cullen tentu saja membelanya mati-matian (eh.jreng-jreng silakan baca sendiri di Novel Twilight.hehehhe Gak seru dong. membawanya dalam hubungan yang lebih rumit dan dalam dengan Edward.). nah loh!. Forks.secara ditulis dari sisi tokoh utamanya Isabella Swan yang diceritakan gadis muda umur 18-an dan belum pernah merasakan pacaran. Bestseller gitu loh.two tumb up buat Tante Stepheni.(ada-ada ajah ya!) tapi cuma binatang.. Jadi ceritanya sangat melankolis dan mendayu-dayu..dingin namun misterius dan sempurna. suami kedua-nya.. Keluarga Cullen yang sangat membela Bella menjadi sesuatu permainan yang sangat menarik bagi Koloni tersebut.?!). Vampire kan udah mati ya.Cullen adalah Vampire! Hebat kan? Rasa penasaran Bella yang menggebu-gebu khas anak muda.hyiii. Dan katika ada Vampire dari Koloni lain yang pemburu manusia datang.... As you may know. Okreh. Bella pindah dari kota yang penuh cahaya matahari Phoenix ke kota muram yang sering hujan dan masih dikelilingi hutan lebat. karena udah di kasih tahu.hwehehehhe .(tapi giginya bertaring!. tapi semua berubah ketika Bella bertemu dengan serombongan keluarga dr... Kepindahan Bella ini karena ingin mamanya Renee yang menikah lagi tidak terganggu pernikahannya dengan Phil. sehingga mereka gemar berburu di hutan. Sehingga begitu menggoda mangsa -nya yaitu manusia. kembali ke laptop Novel Twilight-nya Stepheni Meyer. kalo sosok Vampire-nya semacam Brad Pitt (di Film Interview With The Vampire) siapa yang sanggup nolakk .dan cantik sekali.

lama ya neekk . Film-nya baru di rilis 12-Desember-2008. -Eviwidi- .FYI.