. Ekonomi Makro Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan).

Variabel-variabel tersebut antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut : ‡ Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan ini disebut full employment. Sebaliknya bila masih ada sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment atau terdapat pengangguran/belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh. ‡ Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi. Sebaliknya terjadi deflasi. ‡ Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapatan terdapat trade off maksudnya bila yang satu membaik yang lainnya cenderung memburuk.

Strategi Pembangunan Nasional
Bagi negara-negara berkembang, perencanaan menimbulkan tekad dan kemauan untuk membangun karena keadaan objektif tekad yang dihadapi. Dalam suatu perencanaan pembangunan, berbagai kegiatan terhadap beberapa unsur yang harus diperhatikan dan secara umum menjadi halyang berpengaruh, terdapat bebrapa hal perlu diberikan perhatian.

A. Strategi Dasar Perencanaan Pembangunan Dalam merencanakan pembangunan nasional terdapat dua langkah yang perlu dipertimbangkan : 1. Menentukan strategi perencanaan pembangunan dengan menetapkan strategi dasar yang meliputi tujuan pembangunan nasional, penentuan sasaran umum pembangunan nasional, dan penentuan prioritas pembangunan. 2. Penentuan kerangka rencana pembangunan. Hal ini disebut sebagai kerangka makro rencana, yang berupaya menghubungkan antara variabel, pembangunan dari segenap aspek kehidupan bangsa dan negara.

5. 4. Ketentraman jasmani dan rohani. melainkan pengakuan atas tingginya harkat dan martabat manusia. meliputi :  Pertimbangan posisi geografis  Potensi nasional suatu bangsa  Kedaulatan sebagai modal dasar pembangunan nasional  Penduduk sebagai moral dasar pembangunan  Stabilitas politik sebagai sarana kelanjutan pembangunan nasional  Stabilitas pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada kelanjutan pembangunan . Masyarakat dan bangsa yang berkeadilan sosial. ada lima komponen yang harus diperhatikan: 1. sering dihubungkan dengan peningkatan pendidikan dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Kesejahteraan mental. Unsur-Unsur Masukan Penyusunan Strategi Nasional Untuk mencapai cita-cita suatu bangsa. sebagai salah satu upaya meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar. Kemakmuran dibidang materi tersirat pengertian serba kecukupan. tanpa tekanan atau kekangan yang menimbulkan keterbatasan berfikir. Yang dimaksud adalah kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara wajar dan mudahnya pemenuhan kebutuhan itu karena tersedia berbagai jenis barang yang diperlukan secara wajar. Akan tetapi. Aspek Strategis Perencanaan Pembangunan Nasional Proses perumusan kebijakan dan strategi pembangunan nasional bagi suatu bangsa merupakan keterpaduan dari segenap aspek kehidupan bangsa yang sangat tergantung dari kemampuan pengelolaan segenap aspek kehidupan bangsa yang sangat tergantung dari kemampuan pengelolaan segenap potensi secara nasional itu. 3. sebagai salah satu pendorong pelaksanaan pembangunan nasional. yang tidak semata-mata berwujud kebendaan.B. 2. Kebahagiaan. dapat C. terkandung kebebasan berpikir dan menyatakan pendapat. yang menyangkut dengan nyawa dan harta benda seseorang.

Pembangunan di bidang ekonomi : 1. Orientasi pertumbuhan pertumbuhan dalam mengelola usaha 8. Penguasaan teknologi 7. Komponen Kebijakan dan Strategi Pembangunan Dinamika strategi pembangunan dapat disampaikan sebagai berikut : A. Peranan aparatur negara 6. Perimbangan struktur ekonomi dengan titik berat industri yang didukung kemampuan agraris 2. termasuk perbankan 3. Pembangunan infrastruktur. Peranan media massa 5. Pembinaan kebudayaan nasional 2. Pembinaan politik dalam negeri 2. untuk mencegah monopoli dllyang merugikan masyarakat 4. Pembinaan politik luar negeri 3. Pendidikan dan latihan . sedangkan bagi sumber alam yang tidak dapat diperbaharui harus mampu mendapatkan pengganti alternatif  Pelestarian kepribadian bangsa D. Pembangunan di bidang Politik. Pengembangan peranan pelaku ekonomi berdasarkan pasal 33 UUD 1945. Pembinaan sistem investasi dan permodalan 5. Pembinaan kehidupan beragama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa 3. Kelestarian lingkungan yang memungkinkan dapat memanfaatkan sumber alam yang dapat diperbaharui. meliputi: 1. Pembinaan sumber daya menusia tenaga kerja terampil C. Pembinaan peningkatan sumber daya manusia dalam kemampuan manajerial 6.Pembangunan di bidang Sosial Budaya. Pembinaan sistem komunikasi politik 4. meliputi : 1. Pembinaan hukum disiplin nasional B.

Pembinaan IPTEK 5.4. Pembinaan kemanunggalan TNI dan rakyat 4. Pembinaan industri nasional yang dapat mendukung kepentingan pertahanan keamanan nasional 3. Pembinaan kesejahteraan sosial 7.Pembangunan dibidang pertahan dan kemanan. Pembinaan penelitian dan pengembangan 6. meliputi: 1. Pembinaan kekuatan pertahan nan keamanan nasional 2. Pembinaan peranan ganda TNI sebagai kekuatan pertahanan keamanan dan sebagai kekuatan soaial politik . Pembinaan teritorial sebagai sarana mempersiapkan wilayah dan isinya sebagai sarana mempersiapkan ruang dan alat juang 5. Pembinaan kepribadian nasional D.