P. 1
Modul-PLPG_TIK

Modul-PLPG_TIK

|Views: 175|Likes:
Published by Taufik Agus Tanto
Modul PLPG TIK
Modul PLPG TIK

More info:

Published by: Taufik Agus Tanto on Sep 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

pdf

text

original

Sections

Satu Untuk UNM

KEGIATAN BELAJAR 1 Judul Indikator : Perangkat ICT : a) Menentukan dan memasang perangkat ICT pada posisi yang benar dan tepat b) Menentukan perangkat keras yang tepat untuk menangani masalah pada komputer dan maupun jaringan komputer. c) Menentukan perangkat jaringan yang tepat pada suatu instalasi jaringan komputer. Uraian dan contoh 1) Uraian Perangkat ICT pada umumnya dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Pada umumnya perangkat keras tidak dapat digunakan jika pada perangkat keras tersebut tidak di tanamkan di dalamnya perangkat lunak. Sehingga berbicara perangkat ICT berarti kita berbicara perangkat keras dan lunak. Pada kegiatan belajar 1 ini, akan di uraikan secara singkat perangkat keras dan pada bagian selanjutnya akan di uraikan perangkat lunak baik sebagai nsistem operasi maupun sebagai perangkat lunak aplikasi. Pada modul ini akan diperkenalkan perangkat keras komputer baik sebagai input device maupun output device, serta perangkat keras jaringan. A. Perangkat Keras Komputer Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :      Input divice (unit masukan) Process device (unit Pemrosesan) Output device (unit keluaran) Backing Storage ( unit penyimpanan) Periferal ( unit tambahan)

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

1

Satu Untuk UNM
Komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card. Unit Masukan (Input Device). Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

Peralatan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu : a. Keyboard. Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 2

Satu Untuk UNM
komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Gambar keyboard Jenis-Jenis Keyboard :    QWERTY DVORAK KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :     typewriter key numeric key function key special function key.

Typewriter Key. Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya. Numeric Key. Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key. Function Key. Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan. Special Function Key. Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

3

Satu Untuk UNM
b. Mouse. Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

Gambar 2.12 Mouse Wireless c. Touchpad. Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

Touch Pad Track Ball Pointing Stick

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

4

Satu Untuk UNM
d. Light Pen. Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Gambar Light Pen e. Joy Stick dan Games Paddle. Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar Joy Stick dan Paddle Games f. Barcode. Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnyadengan barcode.

Gambar Barcode Gambar Barcode Reader

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

5

Satu Untuk UNM
g. Scanner. Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk mengcopy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Gambar Scanner Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. h. Kamera Digital. Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

6

Satu Untuk UNM
mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

Kamera Digital i. Mikropon dan Headphone. Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara

. Gambar headphone j. Graphics Pads. Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Gambar Graphic Pads

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

7

Satu Untuk UNM
Process device (unit Pemrosesan) Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan

control unit.
1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main

memory. 2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam
komputer

3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer
yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat alat proses berserta perlengkapan diuraikan sebagai berikut : a. Casing

Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan. b. Power supplay.

Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

8

Satu Untuk UNM
disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan). c. Motherboard

Motherboard adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya. d. Processor

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer. e. Memory

Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.

1. Register 2. Cache memory
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

9

Satu Untuk UNM
3. Disk cache 4. Magnetic disk 5. Optikal disk
selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan. 1. Tipe register harga paling mahal dan tipe optical disk harganya paling murah. 2. Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe optical disk kapasitasnya paling kecil. 3. Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk frekuensi pengaksesannya paling rendah. Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit. 1 byte = 1 huruf 1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte 1 Mega Byte = 1024 KB Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut. 1. Read Only Memory (ROM). ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri. 2. Random Access Memory (RAM). RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan. Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :  FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.  EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz   BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

10

Satu Untuk UNM
Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.  RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.  DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM. f. VGA Card

VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor. g. I/O Card

Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive. h. Sound Card

Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer. Output device (unit keluaran) Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut:
 

Tulisan Image
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 11

Satu Untuk UNM
Suara Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).

 

Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker a.Monitor. Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah. (1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis. (2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis. (3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA. (4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata. (5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan. b. Printer. Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.

Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix). Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.

Berdasarkan pekembangan teknologinya :
   

Pin Dot matrix Ink jet Laser Thermal

Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

12

Satu Untuk UNM
character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu:
  

Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170 Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Pixma MP258 Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020

c. Plotter. Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan. d. Speaker. Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker Backing Storage ( unit penyimpanan) Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya a. Harddisk. Harddisk terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magneti pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat b. Floppy disk. Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan disket, disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas. Media penyimpanan ini sudah mulai tidak di gunakan lagi, sehingga saat ini sulit menemukan di pasar c. Magneto-optical. Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer d. Optical disk. Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanent dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinakan CD-ROM (compact disc-read only memory). Namun, sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keeping CD yang dapat ditulis dan dihapus unutk dipakai lagi yang disebut CD-R (compact disc-recordable). dan CD-RW (compact disc- recordable writeable).

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

13

Satu Untuk UNM
e. Memori. memori adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh computer. Dalam computer semua data terdiri dari serangkaian angka, komputer menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan. Memory dalam computer dibagi menjadi ;  Internal Memori. internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip computer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM  memory ekternal memori ekternal juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal, Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Berikut adalah contoh dari memori eksternal: Hard Disk, salah satu jenis piringan magnetik yang memiliki kapasitas yang besar. Hard disk memiliki piringan metal yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik bermagnet. Data disimpan pada kedua permukaan. Piringan-piringan yang menyusun hard disk tersimpan rapat dalam hard drive agar terlindung dari partikel debu yang akan mengotori piringan sehingga head dan piringan tidak bertabrakan , yang dapat menimbulkan kerusakan. Floopy Disk (Disket, magnetic diskette, flexible disk), diciptakan agar data dapat dipindahkan dari suatu komputer ke komputer lain. Sehingga biasa disebut removable disk. Disket berisi sebuah piringan magnetic yang terbuat dari bahan plastik. Piringan dibagi atas sejumlah lingkaran yang masing-masing disebut track. Saat disket diformat, track dibagi menjadi beberapa sektor. Pada sektor inilah data direkam. Pembacaan dan penulisan data ke piringan magnetic dilakukan melalui head yang akan menempel ke permukaan piringan. Media floopy disk, memerlukan peranti floopy disk drive. CD ROM (Compact Disc Read Only Memory), jenis piringan optik yang hanya dapat dibaca. Perantinya adalah CD ROM drive. Adapun jenis piringan optik lainnya adalah:   CD WORM (Compact Disc Write Once Read Many) Perekaman hanya dilakukan sekali dan isinya tidak dapat diubah. CD RW (Compact Disc Rewritable) Memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

14

Satu Untuk UNM
DVD (Digital Video Disc) Memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar, membaca lebih cepat dari pada CD dengan muatan video yang berkualitas.

USB flash drive (sering juga USB flash drive ini disebut Flashdisk atau UFD) adalah alat
penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 megabyte sampai 512 gigabyte. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori flash yang digunakan.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya,
khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket. Namun flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada flashdisk rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan HardDisk yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar. Periferal (unit tambahan) Periferal adalah semua peralatan yang terhubung dengan komputer. Berdasarkan kegunaannya periferal dibagi menjadi dua bagian yaitu : a. Periferal Utama (Main Peripheral) adalah peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh : Monitor, Keyboard dan Mouse b. Periferal Pendukung (Auxillary Peripheral) adalah peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu, misalnya: Modem, network card (kartu jaringan), TV tuner dan lain-lain. B. PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER Banyak sekali perangkat keras jaringan yang telah digunakan hingga saat ini, pada modul ini hanya dibahas beberapa saja yang penulis anggap penting pada kesempatan ini : NIC (Network Interface Card) Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 15

Satu Untuk UNM
switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan. Hub atau Concentrator Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link. Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP. Konektor UTP (RJ-45) Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP. Namun jika belum bisa memasangnya, Anda dapat meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP Kabel UTP Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP. Bridge Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 16

Satu Untuk UNM
yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial. Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil. Switch Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan. Dengan Swith terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan Hub. Cluster Control Unit Cluster Control Unit membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui jaringan yang bebeda. Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode. Multiplexer Saat beberapa terminal harus berbagi satu saluran pada saat yang sama, multiplexer dapat ditambahkan pada tiap ujung. Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan bebrpa pesan secara serentak. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalur bebas hambatan dengan beberapa jalur. Pengaturan nomor port dan protokol yang mengirim data pada modul sofware yang benar didalam host. Front-end Processor Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

17

Satu Untuk UNM
Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesanpesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal. Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel). Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor Host Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan . Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan cara yang sama dengan data yang di terima dari unit unit jenis apapun. Setelah pemrosesan pesan dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk routing. Router Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan. Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama. Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya. Brouter Adalah yang menggabungkan teknologi bridge dan router. Bahkan secara tidak tepat seringkali disebut sebagai router multiprotokol. Walau pada kenyataannya ia lebih rumit dari pada apa yang disebut router multiprotokol yang sebenarnya. Getway Gateway dilengkapi dengan lapisan 6 atau 7 yang mendukung susunan protokol OSI. Ia adalah metode penyambungan jaringan ke jaringan dan jaringan ke host yang paling canggih. Gateway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang mempunyai arsitektur berbeda misalnya PC berdasarkan Novell dengan jaringan SNA atau Ethernet
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 18

dapat

menyimpan

pesan

tersebut

dalam

penyimpanan

sekunder

dan

mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).

Satu Untuk UNM
Modem Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. Semua saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data. ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percapapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melelalui modem ADSL. Radio Transmisi data juga dilakukan melalui frekwensi radio seperti yang digunalan pada jaringan perbankan, Travel, warnet. Peralatan ini masih dikuasai perusahaan penyedia layanan public (provider) seperti PT Lintas Artha, Indosat, Telkomsel. Fren. Untuk lingkup lebih kecil tersedia werless untuk pembuatan jaringan lokal tanpa kabel. Misalnya dengan Modem ADSL yang dilengkapi dengan wireless router dapat digunakan untuk jaringngan lokal pada ruangan. Hanya saja kemampuan werles tidak dapat atau terganggu oleh partisi terutama partisi beton. sehingga tidak efektif digunakan untuk jaringgan lokal suatu perusahaan dimana client computer tersebar di dalam ruangan tertutup. 2) Contoh Kasus Bila suatu ketika anda didatangi oleh seseorang yang bertanya tentang bagaimana cara untuk melakukan pemasangan Kabel UTP/STP ke Konektor RJ-45. Apa yang semestinya Anda jelaskan pada orang tersebut. Alternatif jawaban yang mungkin anda berikan sebagai berikut: Pertama-tama Anda menjelaskan kebutuhan dan cara melakukan Crimping yang benar, selanjutnya cukup menyesuaikan posisi kabel pada pemasangan straight atau cross Tips yang dapat digunakan untuk pemasangan kabel sebagai berikut:   Siapkan semua peralatan terutama kabel, konektor RJ-45 dan Crimping tool. Kupas bagian luar kabel (pembungkus kabel-kabel kecil) kira-kira sepanjang 1 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada crimp tool (bagian seperti dua buah silet saling berhadapan itu untuk mengupas)
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 19

Satu Untuk UNM

Susun kabel sesuai dengan keperluan. Untuk konektor pertama selalu susun dengan susunan standar untuk Straight atau T568A. Apabila anda merasa kurang nyaman dengan susunan kabel coba tarik sedikit semua kabel yang telah dikupas sementara tangan yang satu lagi memegang bagian kabel yang tidak terkupas. Kemudian susun kembali dengan cara memelintir dan membuka lilitan pasangan kabel.

 

Rapihkan susunan kabel dengan cara menekan bagian yang dekat dengan pembungkus kabel supaya susunan kabel terlihat rata. Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel (bagian yang hanya memiliki satu buah pisau dan satu bagian lagi datar pada crimp tool adalah pemotong kabel) sampai rapih. Usahakan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel tidak lebih dari 1cm.

Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. Kalau masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabel tidak berubah.

Setelah anda yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimpt tool untuk di pres. Ketika konektor dalam kondisi didalam crimp tool anda bisa memastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian dapet RJ-45 dengan cara mendorong kabel kedalam RJ-45. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk kedalam konektor RJ-45.

Kemudian anda bisa menekan crimp tool sekuat tenaga supaya semua pin RJ-45 masuk dan menembus pelindung kabel UTP yang kecil. Apabila anda kurang kuat menekan kemungkinan kabel UTP tidak tersobek oleh pin RJ-45 sehingga kabel tersebut tidak konek. Dan apabila pembungkus bagian luar tidak masuk kedalam konektor RJ-45, apabila kabel tersebut sering digerak-gerakan, kemungkinan besar posisi kabel akan bergesar dan bahkan copot.

 

Lakukan langkah-langkah diatas untuk ujung kabel yang satu nya lagi. Apabila anda yakin sudah memasang kabel UTP ke RJ-45 dengan kuat selanjutnya adalah test dengan menggunakan LAN tester apabila ada. Apabila anda tidak memiliki LAN tester jangan takut anda cukup melihat kembali kabel yang sudah terpasang, memastikan bahwa anda sudah cukup kuat memasang nya dan semua ujung kabel terlihat dari bagian depan RJ-45 maka hampir bisa dipastikan pemasangan kabel UTP tersebut sukses.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

20

Satu Untuk UNM
Rangkuman Kegiatan Belajar 1 Dari uraian demi uraian diatas maka kita dapat mengambil rangkuman modul tentang pengoperasian printer, yaitu :   Perangkat ICT pada umumnya dibagi atas 2 (dua) yaitu perangkat keras dan perangkat Lunak. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : Input divice (unit masukan), Process device (unit Pemrosesan), Output device (unit keluaran), Backing Storage ( unit penyimpanan), Periferal ( unit tambahan)  Periferal berdasarkan kegunaan dibagi dua, yaitu : a. Periferal utama (main peripheral), yaitu : peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer, seperti : monitor, mouse, keyboard. b. Periferal pendukung (auxillary peripheral), yaitu : peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu, seperti : printer, scanner, modem, web cam dll  Secara umum jenis printer dibagi menjadi tiga, yaitu : a. Printer Dot Matrix b. Printer Inkjet c. Printer Laser  Jenis-jenis port yang terdapat pada printer, yaitu : a. Paralel Port b. USB Port Latihan Kegiatan Belajar 1 1. Apabila anda memiliki kecepatan internet adalah 128 kbps dan anda ingin mengunduh file berukuran 20 MB, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan file tersebut secara penuh? Jelaskan. 2. Pada keadaan bagaimana Tape Storage, Hardisk atau DVD digunakan dalam sistem komputer? Jelasakan. 3. Dalam membeli komputer faktor apa yang menjadi perhatian anda? Jelaskan. 4. Pada saat bagaimana suatu perangkat keras dikatagorikan sebagai perangkat peripheral? Jelaskan. 5. Apa perbedaan dari bluetooth dan infra red? Jelaskan.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

21

Satu Untuk UNM
KEGIATAN BELAJAR 2 Judul Indikator Uraian dan contoh 1) Uraian Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan softwaresoftware lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah : Sistem Operasi :

- Mengorganisasikan operasi dasar peralatan komputer

penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem
Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasiaplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu. Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: a) Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 22

Satu Untuk UNM
b) Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi c) Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna d) Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain e) Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka. Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Unix, Mac OS, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.

Sistem Operasi saat ini
Sistem operasi - sistem operasi utama yang digunakan komputer secara umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar: a) Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)). b) Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. c) Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut

Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger).
Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard). Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

23

Satu Untuk UNM
Prosesor
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi. Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan

proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian
eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori. Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan. Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control

Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses
(Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

24

Satu Untuk UNM
 Microsoft Windows. Microsoft Windows. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MSDOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Sejarah Singkat Windows Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death). a) Windows Vista adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 25

Satu Untuk UNM
Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada). Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001. Edisi-edisi Windows Vista

Windows Vista Starter Mirip seperti Windows XP Starter Edition, edisi ini dibatasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan kopi bajakan. Pengguna edisi ini akan sangat dibatasi pemakaiannya, misalnya hanya bisa untuk memakai tiga program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan koneksi jaringan, dan physical memory dibatasi hanya hingga 256MB.

Windows Vista Home Basic Seperti Windows XP Home Edition, Home Basic ditujukan bagi pengguna rumahan yang tidak memerlukan fasilitas lebih tinggi. Tema “Aero Glass” dengan efek transparan juga tidak akan termasuk dalam Edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8GB physical memory.

Windows Vista Home Premium Didasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur-fitur lebih tinggi yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, seperti dukungan HDTV dan pembuatan menu DVD. Tambahan lainnya adalah games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi manajemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Home Premium mendukung hingga 16GB physical memory.

Windows Vista Busines Sebanding dengan Windows XP Professional, dan ditujukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center yang ada dalam Home Premium tidak dimasukkan dalam edisi ini, tetapi memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, offline files, dukungan

dual physical processor, Remote Desktop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani
hingga 128GB memori. Aktivasi produk tidak diperlukan untuk edisi ini.

Windows Vista Enterprise Edisi ini ditujukan untuk segmen enterprise, dan merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Fitur-fitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi-tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multibahasa, BitLocker Drive Encryption, dan
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 26

Satu Untuk UNM
dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak akan tersedia melalui saluran retail ataupun OEM, melainkan melalui Microsoft Software Assurance.

Windows Vista Ultimate Edisi ini menggabungkan seluruh fitur-fitur Home, Premium, dan Enterprise. Dalam edisi ini juga ditambahkan dukungan pembuatan podcast (yang dialihbahasakan oleh Microsoft menjadi “blogcasting“), program peningkat-kinerja game (WinSAT), fasilitas DVD ripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat diunduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya. Edisi Ultimate ditujukan sebagai edisi Vista yang paling impresif, ditujukan bagi para pengguna high-end, pemain game, para profesional multimedia, serta para pecandu PC. Seperti edisi Business dan Enterprise, aktivasi produk juga tidak diperlukan.

Mengenal Sistem Operasi Windows XP OS Microsoft Windows harus diakui bahwa ia merupakan OS yang paling populer di dunia. Hampir semua orang mengenal komputer akan tahu OS Windows ini. Tahu disini bukan dalam artian bisa menggunakan, tetapi sekedar sering mendengar atau pernah mendengar. Microsoft Windows XP merupakan salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan. Mungkin faktor penggunaan yang sangat mudah dan dengan tampilan interface yang cantik. Microsoft Windows XP merupakan generasi perkembangan dari versi-versi windows sebelumnya dengan lebih banyak penambahan fasilitas-fasilitas dan fitur-fitur baru. Penggunaan dari Microsoft Windows XP sendiri tidak jauh beda dengan penggunaan windows versi sebelumnya, akan tetapi hanya ada perbedaan sedikit letak fitur serta penambahan fitur-fitur baru. Dalam Windows XP pengaturan dan koneksi khususnya untuk jaringan lebih gampang dan mudah serta fasilitas untuk pendeteksian peripheral komponen-komponen tambahan yang diikutsertakan dalam komputer sudah semakin lengkap. Sebagai contoh pendeteksian perangkat yang menggunakan Universal Serial Bus (USB) lebih gampang tanpa menginstal driver dari perangkat tersebut.  Memulai Microsoft Windows XP a) Hidupkan komputer anda (tentunya yang sudah terinstal Windows XP), maka selanjutnya anda akan masuk proses BOOTING hingga muncul tampilan login atau langsung masuk pada tampilan Desktop.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

27

Satu Untuk UNM

b) Pengoperasian Mouse : Mouse merupakan salah satu bagian yang penting di dalam pengoperasian windows karena dengan mouse pengoperasian windows menjadi begitu mudah dan praktis. Mouse digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor terutama pada aplikasi yang berbasis gambar. Dalam penggunaannya dikenal beberapa istilah :

Mouse Pointer (Penunjuk Mouse) yaitu simbol yang mewakili gerakah mouse yang terdapat di layar, biasanya berbentuk tanda panah diagonal ke kiri. Pada daerah atau objek tertentu bentuknya dapat berubah.

  

Click (Klik) yaitu menekan sekali tombol sebelah kiri dari mouse. Click (Klik) Kanan yaitu menekan sekali tombol sebelah kanan dari mouse. Double Click (Klik Ganda/Klik 2 kali), yaitu menekan tombol sebelah kiri mouse secara cepat.
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 28

Satu Untuk UNM
Drag (Menggeser) yaitu menekan tombol sebelah kiri mouse kemudian

menggesernya hingga pada posisi tertentu. c) Tampilan Desktop : Desktop adalah layar utama ruang kerja dari Windows XP, tempat mengorganisasikan kerja seperti

menjalankan program-program. Desktop

Windows XP terdiri dari beberapa bagian yaitu : Taskbar adalah batang baris tempat melekatnya tombol Start yang berfungsi untuk membuka menu utama dari Windows XP. Dari menu ini dapat dijalankan semua program aplikasi yang ada. Taskbar juga dapat berisi daftar kegiatan (program) yang sedang dikerjakan atau yang sedang aktif. Daftar kegiatan diwakili dalam bentuk tombol-tombol.

Shortcut (Icon Aplikasi) berupa gambar perwakilan program yang berukuran kecil yang berfungsi menjadi tombol pintas yang dapat langsung membuka program tersebut. Untuk menggunakan shortcut cukup dengan mengklik dua kali (double click) pada shortcut tersebut.

Wallpaper (Gambar Background) yaitu gambar latar belakang pada Dekstop yang menambah keindahan tampilan layar komputer. Gambar pada background tersebut dapat diganti-ganti sesuai dengan selera user (pengguna) komputer.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

29

Satu Untuk UNM
Linux Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/)[1] adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.[2] Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.[3] Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,[4], dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox[5]), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

Antarmuka pengguna
Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (command

line interface atau CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (graphical user interface
atau GUI, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop). Pada komputer meja, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer,[17] walaupun terdapat sejumlah varian antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna yang paling populer berjalan di atas X Window System (X), yang menyediakan transparansi

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

30

Satu Untuk UNM
jaringan yang memperolehkan sebuah aplikasi grafis berjalan di atas satu mesin tetapi ditampilkan dan dikontrol di mesin yang lain. GUI yang lain memiliki X window manager seperti FVWM, Enlightenment, Fluxbox dan Window Maker. Manajer jendela menyediakan kontrol untuk penempatan dan penampilan dari jendela-jendela aplikasi individual serta interaksi dengan sistem jendela X. Sebuah sistem Linux umumnya menyediakan sebuah antarmuka baris perintah lewat sebuah shell, yang merupakan cara tradisional untuk berinteraksi dengan sebuah sistem Unix. Sebuah distro Linux yang dikhususkan untuk lingkungan peladen mungkin hanya memiliki CLI sebagai satu-satunya antarmuka. Sebuah sistem yang tidak memiliki monitor hanya dapat dikontrol melalui baris perintah lewat protokol seperti SSH atau telnet. Kebanyakan komponen tingkat rendah Linux, termasuk GNU Userland, menggunakan CLI secara ekslusif. CLI cocok untuk digunakan pada lingkungan otomasi tugas-tugas yang repetitif atau tertunda, dan menyediakan komunikasi inter-proses yang sangat sederhana. Sebuah program emulator terminal grafis sering digunakan untuk mengakses CLI dari sebuah Linux desktop.

Aplikasi Sistem Operasi Linux
Pengguna Linux, yang pada umumnya memasang dan melakukan sendiri konfigurasi terhadap sistem, lebih cenderung mengerti teknologi dibanding pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. Mereka sering disebut hacker atau geek. Namun stereotipe ini semakin berkurang dengan peningkatan sifat ramah-pengguna Linux dan makin luasnya pengguna distribusi. Linux telah membuat pencapaian yang cukup baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus, seperti mesin render gambar dan server web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer desktop. Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python. LAMP telah mencapai popularitas yang luas di kalangan pengembang Web. Linux juga sering digunakan sebagai sistem operasi embeded. Biaya pengadaan Linux yang murah memungkinkan penggunaannya dalam peralatan seperti simputer, yaitu komputer berbiaya rendah yang ditujukan pada penduduk berpendapatan rendah di Negara-negara berkembang. Dengan lingkungan desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan antarmuka pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows daripada antarmuka baris teks seperti Unix. Oleh karena itu, lebih banyak program grafik dapat ditemui pada Linux yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utilitas komersil. Pasar serta kemudahan pemakaian
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 31

Satu Untuk UNM
Saat ini, linux yang pada awalnya hanya merupakan sistem operasi yang digunakan oleh peminat komputer, telah menjadi sistem yang lebih mudah digunakan (user-friendly), dilengkapi dengan antarmuka grafis dan ketersediaan berbagai macam aplikasi yang lebih mirip dengan sistem operasi lainnya, daripada hanya sebatas baris perintah Unix. Namun kesan ini telah menimbulkan banyak kritikan, termasuk dari pendukung Linux. Mereka berpendapat bahwa Linux dan proyek program bebas masih belum mencapai faktor "kemudahanan dalam pemakaian" yang memuaskan. Persoalan tentang kemudahan Linux dibanding Windows atau Macintosh masih menjadi isu perdebatan yang hangat. Pasaran Linux pada segmen komputer meja masih lebih kecil namun semakin berkembang. Menurut Lembaga Penyelidikan Pasaran IDC, besar pasaran Linux pada tahun 2002 adalah 25% pada segmen server, dan 2.8% pada segmen pasar Komputer pribadi. Bagi mereka yang terbiasa menggunakan Windows atau Macintosh, Linux mungkin terasa lebih sukar, hal ini disebabkan karena perbedaan dalam melakukan berbagai kerja komputer. Dan lagi, pengguna perlu mengganti program yang sering mereka gunakan dengan program lain sebagai pengganti bila program tersebut tidak didapati dalam Linux (atau pilihan yang agak terbatas, misalnya permainan komputer). Faktor lain adalah sifat keraguraguan pengguna untuk melepaskan sistem operasi mereka yang biasa mereka pergunakan (banyak pengguna masih menggunakan Windows). Selain itu, kebanyakan komputer baru telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows siap pakai (preinstalled). Faktor-faktor ini menyebabkan perkembangan Linux yang agak lambat. Walau bagaimanapun, kelebihan Linux seperti biaya rendah, sekuritas yang lebih aman, dan tidak bergantung pada vendor, telah meningkatkan penggunaan yang luas di kalangan korporasi dan perkantoran. Dalam situasi ini, halangan yang disebut di atas dapat dikurangi karena hanya aplikasi/utiliti yang terbatas digunakan, serta administrasi dan konfigurasi komputer (administration) dikendalikan oleh sekumpulan pekerja pakar IT yang sedikit. Terdapat berbagai kajian yang dilakukan terbatas biaya serta kemudahanan Linux. Relevantive (sebuah lembaga berpusat di Berlin, yang mengkhususkan diri dalam riset lembaga tentang ke'mudahan'an program, serta servis web) telah membuat kesimpulan bahawa ke-dapatpakai-an Linux dalam pekerjaan dengan menggunakan komputer meja adalah hampir sama dengan Windows XP. Bagaimanapun, kajian oleh IDC (yang dibiayai oleh Microsoft) mengklaim bahwa Linux mempunyai biaya pemilikan (Total Cost of

Ownership) yang lebih tinggi dibanding Windows.
Linux juga sering dikritik karena jadwal penembangannya yang tidak dapat diduga. Secara langsung, menyebabkan minat penggunaan linux pada lapisan pengguna Enterprise lebih kecil dibandingkan sistem operasi lain (Sumber:Marcinkowski, 2003). Disamping itu, ragam
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 32

Satu Untuk UNM
pilihan distribusi Linux yang cukup banyak juga dikatakan membingungkan konsumer, dan vendor program. Instalasi Proses instalasi Linux yang sukar seringkali menjadi penghalang bagi pengguna baru, namun proses ini sekarang sudah menjadi lebih mudah. Dengan penerimaan Linux oleh beberapa pabrikan komputer pribadi besar, komputer terpasang (built up) dengan distribusi Linux siap pakai saat ini banyak tersedia. Selain itu, terdapat juga distribusi Linux yang dapat dijalankan (boot) secara langsung dari cakram optik (CD) tanpa perlu diinstalasi ke cakram keras (hard disk); hal ini dikenal dengan istilah Live CD. Contoh distribusi dalam bentuk Live CD adalah Knoppix/Gnoppix, Kubuntu/Ubuntu dan Gentoo. Saat ini hampir semua distribusi Linux menyediakan versi Live CD untuk produknya. ISO image untuk cakram optik untuk distribusi Linux tersebut biasanya dapat diunduh dari Internet, dibakar ke CD, dan selanjutnya dapat digunakan sebagai CD yang siap untuk proses boot. Bahkan ISO image untuk beberapa distro dapat langsung di jalankan tanpa perlu membakar kedalam CD/DVD. Instalasi Linux juga merupakan instalasi berupa suite, yaitu dimana penginstalasian tersebut secara otomatis menginstalasi program-program standar, seperti pemutar MP3, Office Suite, dan pengolah gambar. Konfigurasi Konfigurasi setelan Linux dan aplikasi di atasnya banyak yang dilakukan lewat berkas teks di direktori /etc. Pada perkembangan selanjutnya, utilitas seperti Linuxconf dan GNOME System Tools memudahkan pekerjaan ini lewat antarmuka grafik. Kendati demikian, baris perintah (command line) tetap merupakan cara yang paling umum digunakan. UNIX Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 33

Satu Untuk UNM
Jenis-jenis UNIX UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Microsoft Windows 2) Contoh Kasus Kasus 1 : Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya Pernahkah ketika anda sedang mengerjakan sesuatu dengan komputer, seperti mengetik, bermain game atau sedang browsing internet tiba-tiba komputer restart dengan sendirinya. Jika hal tersebut terjadi pasti sangat mengganggu anda. Supaya bisa lebih memahami permasalahan tersebut dan menemukan solusinya, berikut penjelasannya.

Pada dasarnya penyebab komputer restart sendiri dapat berasal dari sistem operasi yang terinfeksi virus atau permasalahan pada hardware ataupun bila listrik dari PLN memang padam sepersekian detik.
Bila dipaparkan secara lebih detail, penyebab itu antara lain : 1. Sistem Operasi Terinfeksi Virus

Penyebab :
Hal ini dapat terjadi karena pertama virus masuk ke komputer melalui media lain seperti eksternal hardisk, memory card atau Flash Disk yang telah terjangkit virus. Dan kebetulan file yang berisi virus ternyata tanpa kebetulan dibuka sehingga virus menyebar ke dalam komputer. Yang kedua bisa jadi virus masuk lewat internet saat kita sedang browsing atau pun ketika mendownload, hingga file virus masuk ke komputer kita tanpa kita sadari. Kesalahan paling besar dari penyebab jenis ini adalah antivirus di komputer yang tidak terupdate. Lebih fatal lagi apabila pada komputer anda tidak terinstall antivirus.

Solusi :
Langkah ini termasuk pertolongan pertama dilakukan apabila virus yang menjangkiti komputer anda termasuk virus ringan. Sebelumnya anda harus menyiapkan dulu aplikasi anti virus seperti ANSAV, PCMAV, SMADAV dll. Disini sebagai contoh adalah Norman Malware Cleaner dari Norman. Anti virus ini banyak yang gunakan karena tergolong mumpuni atau sakti menggagalkan virus. Anda bisa download langsung dari situs resminya Norman.com.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

34

Satu Untuk UNM
Bila sudah download, langkah selanjutnya adalah matikan komputer yang sering restart tadi, kemudian start kembali, lanjutkan dengan segera tekan tombol F8, setelah itu pilih menu “Safe Mode” kemudian tekan ENTER. Biarkan loading hingga muncul tampilan desktop yang sudah masuk pada Safe Mode.

Gambar..... Tampilan saat startup Windows ditekan F8
Jalankan Norman Malware Cleaner. Kemudian scan semua directory pada hardisk. Biarkan semua directory dan file discan hingga tuntas, file-file yang terdeteksi atau terjangkit malware/virus akan didelete atau repair otomatis, ini bisa dilihat pada report. Setelah tuntas restart komputer. Sampai disini belum selesai. Biasanya virus akan membuat perubahan pada registry. Untuk memperbaikinya bisa diperiksa secara manual pada registry. Setiap virus mempunyai karakteristik dan kebiasaan berbeda dalam mengubah registry tergantung si pembuat virus. Tidak dianjurkan mengedit bagi yang tidak paham benar tentang registry Windows. Sebagai alternatif, anda pengguna Windows XP bisa menggunakan XPQuick Fix Plus untuk memperbaiki registry. “ Ingat setelah itu update antivirus anda !!” 2. Hardware yang Bermasalah (tidak terpasang secara baik, sudah berumur atau terlalu panas) Bila ternyata pada komputer anda tidak menunjukkan adanya terjangkit virus, maka kemungkinan terdapat hardware yang mengalami permasalahan. Diantaranya akan dijelaskan dibawah :

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

35

Satu Untuk UNM
Penyebab :
a. Pemasangan kipas processor maupun kipas ventilasi udara pada CPU yang kurang baik, sehingga suhu processor meningkat berlebihan. b. Hardware yang sudah uzur (berumur) sehingga mengalami kemunduran kinerja seperti kerusakan yang tidak terlihat dan tidak disadari dari power supply. Hal ini biasanya terjadi karena power suppy tidak mampu memberikan supply ke komputer sebagaimana diperlukan, atau ketidakstabilan dalam men-supply power. c. Pemasangan graphic card (VGA) yang kurang baik atau memang graphic card sudah tidak bekerja dengan normal karena sudah berumur. d. Motherboard yang sudah mengalami kemunduran kinerja karena sudah berumur pula.

Solusi :
a. Untuk solusi permasalahan pertama, langkah awal adalah menginspeksi suhu komputer anda. Gimana caranya? Biasanya suhu CPU dapat dilihat melalui BIOS saat komputer start. Tapi rasa-rasanya belum bisa memberikan penjelasan secara komplit berhubungan dengan restart sendirinya CPU. Mengapa? Karena suhu pada saat awal CPU bekerja bisa berbeda dibandingkan dengan telah berjalannya aplikasi. Biasanya suhu akan cenderung meningkat drastis apabila telah dijalankannya aplikasi-aplikasi yang dipanggil. Tapi apabila komputer anda sudah restart sebelum tampilan desktop muncul pada layar monitor, waaahhh… udah parah tuh permasalahannya…poanass bangett.. Bisa bikin telur setengah matang tuh di dalamnya.

Catatan Khusus : Bila mengalami permasalahan ini pada komputer yang baru saja diganti processor atau kipas dan heatsiknya, bisa jadi sumbernya berasal dari pemasangan yang kurang baik. Tetapi apabila ini terjadi pada komputer yang tadinya biasa-biasa aja tapi muncul masalah restart sendiri, bisa jadi ini adalah awal dari penumpukan permasalahan dari processor dan/atau kipas processor itu sendiri.
Selanjutnya, untuk memantau suhu pada CPU anda bisa menggunakan aplikasi seperti

Speed Fan maupun HWiFO32. Speed Fan dapat memantau suhu dengan tampilan
sederhana, begitu pula HWiNFO32. Namun HWiNFO32 lebih jauh dapat melakukan berbagai analisis dan mendeteksi hardware. Dengan aplikasi tersebut anda bisa memonitor suhu CPU secara langsung. Setelah install aplikasi tadi, pantau suhu awal sebelum membuka aplikasi. Untuk menguji dan memonitor suhu, dengan sengaja bukalah banyak aplikasi seperti winamp, photoshop dll. dan browsing lebih dari satu alamat. Lihat berapa suhu yang
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 36

Satu Untuk UNM
dihasilkan. Bila peningkatan suhu processor melebihi 60 derajat kemungkinan besar pemasangan heatsink dan kipas processor kurang baik. Sama halnya apabila saat anda membuka aplikasi secara berlebihan kemudian komputer restart, itu merupakan indikasi panas berlebih. Perbaikilah pemasangan heatsink dan kipas processor pada motherboard. Pada saat membuka jangan lupa bersihkan juga semua komponen CPU, kipas ventilasi dll. Debudebu dan kotoran lain harus dihilangkan pada heatsink dan kipas. Pastikan saat memasang kembali heatsink, pertemuan permukaan heatsink dan processor harus sempurna yang sebelumnya harus diolesi pasta khusus buat heatsink. Pemasangan kaki-kaki pin heatsink ke motherboard harus sempurna. Untuk pasta heatsink, anda bisa membeli pasta tersebut di toko-toko aksesoris komputer. Atau minta sedikit aja sama teman kalo ada. untuk pasta ini, oleskan secukupnya, jangan terlalu sedikit dan sebaliknya jangan berlebihan.. Setelah memastikan pemasangan processor, heatsink dan kipas secara baik dan sempurna, hidupkan komputer. Pantau kembali suhu lewat aplikasi tadi. Bila suhu tidak menujukkan peningkatan berlebihan, maka dipastikan permasalahan berasal dari pemasangan heatsink dan kipasnya yang kurang baik, kotor ataupun karena kurangnya pasta pada pertemuan permukaan processor – heatsink. b. Power supply yang sudah bermasalah pada dalemannya juga bisa menyebabkan komputer restart. Untuk memastikannya coba ganti power supply dengan yang dipastikan kondisinya masih baik. c. Untuk permasalahan ini coba cabut dan pasang kembali graphic card kemudian hidupkan kembali komputer dan tunggu hasilnya. Bila masih restart sendiri, coba ganti menggunakan graphic card yang lain yang dipastikan lebih baru atau kondisinya dipastikan normal. d. Permasalahan terakhir ini sama seperti diatas tapi nampaknya mungkin lebih rumit. Coba bersihkan motherboard dengan kompressor hingga benar-benar bersih hingga slot-slotnya. Kemudian pasang kembali semua komponen dan hidupkan komputer. Namun, sepertinya apabila kasus permasalahan ada pada motherboard sudah parah apalagi bila motherboard sudah sangat berumur, kemungkinan besar akan sulit diatasi. Seandainya dapat hidup kembali dan tidak restart bisa-bisa di kemudian hari akan muncul masalah lain. Sebagai tambahan, salah satu indikasi motherboard yang bakal bermasalah selalu restart ketika digunakan yaitu komponen Elco (electrolit condensator) yang berbentuk silinder tampak cembung pada permukaannya.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

37

Satu Untuk UNM
Perhatian : Untuk menangani permasalahan ini, bagi anda yang masih awam atau pemula sebaiknya meminta bantuan teman yang sudah lebih berpengalaman bila ingin mengikuti petunjuk-petunjuk pada modul ini. Dengan tidak mengurangi kesahihan dan kegunaan dari modul ini, sangat diajurkan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kasus 2 : Komputer Mati / Hank sebelum masuk ke sistem Operasi. Komputer yang mati/ hang sebelum masuk ke sistem operasi bisa penyebabnya bisa bermacam-macam. Berikut Tips yang sudah pernah saya praktekkan dan hampir selalu berhasil. Pilih yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, atau lakukan secara bertahap. Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup. * Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya. * Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer. melengkapi dari referensi lain sebagai pelengkap

Baterai CMOS dan Reset Switch * Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

38

Satu Untuk UNM
* Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan… * Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard). Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu di service orang yang lebih ahli. Untuk mengetahui lebih detail permasalahan motherboard atau ingin menjadi teknisi, sebaiknya membeli sebuah alat khusus yang disebut PC Analyzer, yang memang dirancang untuk mengetahui kerusakan motherboard. Silahkan berbagi pengalaman anda mengenai komputer yang tiba-tiba mati dan tidak mau menyala.. semoga bermanfaat. Informasi CPU yang dimaksud diatas adalah Motherboard, Memori, CPU, Power Supply, Hardisk, Floppy dan komponen lainnya yang ada dalam Casing Komputer, selain monitor. Meskipun sebenarnya CPU adalah Central Processing Unit (Processor), misalnya Pentium4, AMD dsb. Hal ini untuk mempermudah saja. Tujuh Langkah Keamanan Komputer Pada Sistem Operasi Windows 7 Belajar komputer pada perawatan komputer. Dalam sistem operasi Windows ada dua hal sangat penting yang tidak bisa dipilih kedua-duanya secara maksimal. Keamanan komputer versus Kenyamanan Komputer. Dua sisi ini sayangnya berbanding terbalik artinya jika kita memaksimalkan yang satu maka akan ada resiko kecil bagi yang lain. Artinya jika keamanan komputer sangat maksimal maka dijamin kenyaman berkomputer berkurang. Namun keduanya ada pilihan pada titik tengah. Pembuat perangkat lunak sebetulnya kadang mengorbankan keamanan demi kegunaan, demikian juga sebaliknya dan Microsoft tidak terkecuali. Ada banyak user komputer yang mengorbankan keamanan komputer demi kenyamanan berkomputer terutama saat surfing internet. Dimulai dengan pengguna yang tertipu untuk menjalankan trojan horse, menurunkan default security, seperti dengan menonaktifkan UAC (User Account Control), mematikan patch otomatis, atau menonaktifkan built-in Windows Firewall. Itu bukan berarti tidak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 39

Satu Untuk UNM
meningkatkan keamanan Windows 7 diluar itu. Modul ini mencakup rekomendasi untuk setiap administrator rumah atau pengguna yang ingin komputernya lebih aman, sementara disisi lain Anda masih bisa mengoperasikan komputer dan menjalankan aplikasi tertentu tanpa menyebabkan terlalu banyak masalah. Tips ini tidak akan mematikan kenyamanan berkomputer Anda namun komputer tetap aman.

Langkah 1: Aktifkan BitLocker
BitLocker Drive Encryption dapat digunakan untuk mengenkripsi setiap volume pada hard drive, termasuk boot sistem, dan bahkan removable media, seperti USB. Anda sekarang dapat klik kanan pada sebuah drive dan mengenkripsi setiap volume dari dalam Windows Explorer. Ada beberapa metode perlindungan, termasuk kombinasi dari Trusted Platform Module (TPM) chip, PIN, password, dan smart card. Anda dapat mengenkripsi removable drive satu per satu atau mengharuskan bahwa semua removable media akan dienkripsi secara default. Enkripsi media FAT, ExFAT, dan FAT32 juga dapat dilakukan dengan Windows XP dan Windows Vista klien, namun data dienkripsi read-only dan tidak dapat kembali dienkripsi.

Langkah 2: Menaikkan UAC slider bar
User Account Control telah ditingkatkan secara signifikan untuk menjadi kurang intrusif dan lebih cerdas dalam membedakan antara yang legal dan yang berpotensi bahaya di Windows 7. Namun, tergantung pada apakah Anda logon sebagai administrator atau pengguna standar, beberapa orang menginstall Windows 7 mungkin memiliki standar pengaturan keamanan UAC satu tingkat lebih rendah daripada beberapa yang rekomendasikan ataupun sebaliknya. Standar pengguna mengatur keamanan UAC default ke pengaturan yang paling aman, sementara Administrator yang berada setingkat di bawah pengaturan tertinggi, berpotensi lebih berisiko. Microsoft menciptakan akses ke UAC jadi lebih mudah untuk memungkinkan administrator dan pengguna untuk menyesuaikan tingkat keamanan UAC. Setelah menginstal semua perangkat lunak dan konfigurasi awal Windows 7 seperti yang Anda inginkan, saya sarankan meningkatkan slider bar UAC ke pengaturan yang paling aman. Tak perlu takut peringatanperingatan yang menjengkelkan karena dalam UAC mode maksimal, Anda akan menemukan prompt UAC lebih sedikit daripada yang Anda lakukan di Windows Vista. Catatan: Meskipun UAC menyediakan mekanisme yang sangat diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan hak administrator, namun itu dapat di-bypass. Jika anda memerlukan keamanan tinggi, jangan log on dengan account pengguna yang tingkat tinggi sampai Anda

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

40

Satu Untuk UNM
membutuhkannya. Artinya jika tidak sangat dibutuhkan lebih baik log on pada level user tingkat bawah.

Langkah 3: Patch Setiap Waktu
Pada pengaturan default Windows 7, layanan Windows Update dikonfigurasi untuk mendownload dan menginstal file update sistem operasi dan aplikasi Microsoft pada waktu yang tepat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perangkat lunak Microsoft yang paling banyak ditambal di dunia perangkat lunak. Microsoft memungkinkan menginstal perangkat lunak dan memungkinkan proses untuk memastikan bahwa semua program dapat “ditambal” terutama browser plug-in. Hacker jahat dengan cepat pindah ke tempat yang sering ditambal tadi dan mengeksploitasi diam-diam pengguna akhir. Aktifkan selalu update automatic.

Langkah 4: Instal software anti-spam dan anti-malware
Ancaman terbesar bagi sistem klien adalah Trojan horse, Outlook patch palsu, scanner anti virus palsu, codec palsu. Bahayanya adalah mereka tidak langsung menyerang Anda tetapi mereka akan menggiring terlebih dahulu dengan bahasa yang menipu lalu mengeksekusi ketika Anda mengklik persetujuan yang diminta. Bahkan teknisi keamanan yang paling berpengetahuanpun bisa tertipu. Dibutuhkan kejelian Anda untuk dapat membedakan antara rayuan dan yang sebenarnya. Anda harus menginstal dan menggunakan software anti-spam dan anti-malware yang up-to-date.

Langkah 5: Aktifkan SmartScreen Filter di Internet Explorer 8
Ketika anda pertama kali memulai IE8, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengaktifkan SmartScreen Filter, yang memeriksa database lokal atau situs Microsoft untuk melihat apakah situs Web yang Anda jelajahi sebelumnya adalah aman atau ada potensi bahaya. SmartScreen juga memeriksa banyak ha-hal berbahaya seperti cross-site scripting. Hasil SmartScreen hanya terlihat jika sebelumnya telah diaktifkan. Mungkin ada pengguna yang ingin menonaktifkan pengaturan ini, sementara sebagian besar pengguna harus memastikan itu diaktifkan. Jika Anda telah menjalankan IE8, cek dengan memilih SmartScreen Filter dari menu Safety.

Langkah 6: Monitoring Komputer Anda
Seiring waktu, kebanyakan sistem mengakumulasi lebih banyak dan lebih banyak lagi program dan malah seringkali program yang tidak perlu juga dimasukkan yang akhirnya menuntut sumber daya memori. Tanpa pembersihan aktif dari sistem anda, komputer menjadi lebih lambat, lebih rentan terhadap crash, dan penuh dengan serangan tambahan
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 41

Satu Untuk UNM
untuk hal-hal buruk untuk mengeksploitasi. Perangkat lunak untuk melawan itu semua adalah perangkat lunak yang berjalan dan dapat menghapus apa yang tidak diperlukan. Anda dapat memeriksa sistem anda secara manual atau menggunakan utilitas seperti Microsoft’s Autoruns yang sudah pernah saya bahas. Autoruns akan membuat daftar setiap program dan pelayanan berjalan pada sistem Anda dan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan yang tidak diperlukan. Saran saya adalah pelajari dengan baik menonaktifkan apapun yang tidak anda kenali, sehingga Anda tidak menyebabkan masalah operasional, setelah Anda sudah lupa apa yang Anda dinonaktifkan.

Langkah 7: Back up data
Kita semua telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama, dan kita tahu bahwa hal yang paling buruk bisa terjadi kapan saja. Idealnya adalah jika memiliki komputer multiyear garansi, tetapi untuk meminimalkan kerusakan ketika crash komputer Anda, pastikan untuk membuat cadangan data pengganti. Windows 7 termasuk program yang dapat diandalkan untuk mengkonfigurasi di Control Panel> System and Security> Backup and Restore. Atau hanya pencarian kata kunci “backup” di Help and Support untuk mempelajari segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang Windows backup. Modul ini mencakup item yang harus dilakukan untuk membuat Windows 7 sebagai sistem yang lebih aman. Jika sekali waktu Anda tertipu untuk menjalankan Trojan horse executable, Anda akan memiliki risiko yang signifikan lebih kecil daripada rata-rata pengguna. Tidak sampai mematikan Windows 7(UAC, Internet Explorer Protected Mode, Windows Firewall, dan sebagainya). Mengatasi Masalah Komputer Mati Tanpa Peringatan Jika komputer mati dan sebelumnya ada peringatan, itu berarti anda masih bisa mengetahui kira-kira sumber masalahnya apa. Tetapi kalau sedang digunakan dan tiba-tiba komputer mati begitu saja tanpa ada peringatan? Apa penyebab dan jalan keluarnya? Inilah solusinya; Penyebab dan solusinya bisa salah satu dari kemungkinan di bawah ini. 1. Komputer terlalu Panas atau overheat 2. Masalah kesalahan/kerusakan hardware. 3. Virus komputer. 4. Masalah pada sistem operasi misalnya Windows. 5. Kegagalan lain dari hardware

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

42

Satu Untuk UNM
Komputer terlalu Panas atau overheat. Sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa peringatan jika telah melebih panas maksimal yang disyaratkan (terutama Processor). Banyak komputer saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer, prosesor, atau perangkat lain di komputer Anda terlalu panas. Jika Anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer Anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer Anda. Anda dapat memulai dengan memeriksa kipas pada power supply dengan memeriksa bagian belakang komputer dan melihat apakah kipas angin bergerak dengan lancar. Anda bisa juga membuka komputer dan pastikan kipas bekerja (kipas prosesor dan kipas casing) dan / atau jika VGA menggunakan kipas, lalu silakan masuk ke BIOS dan pastikan BIOS tidak melaporkan kesalahan apapun. Perhatikan juga letak dari aluminium pendingin sebab jika posisinya tidak tepat, maka walaupun ada kipas, proses pendinginan akan tetap ada masalah.Pengguna dapat juga dapat menentukan seberapa panas komputer dengan onboard sensor termal. Jika komputer Anda dilengkapi dengan sensor ini, pastikan CPU anda tidak aktif overheat Masalah kesalahan/kerusakan hardware Setiap kegagalan komponen perangkat keras komputer Anda dapat menyebabkan komputer Anda untuk secara tak terduga mati tanpa peringatan. Jika Anda baru menambahkan perangkat keras baru, pastikan itu tidak menyebabkan masalah-masalah bagi komputer Anda. Sebelum mencoba untuk membuka perangkat keras, pastikan Anda tidak mengalami masalah karena konflik hardware dengan cara melihat Device Manager untuk mengecek kesalahan. Jika masalah muncul ketika Anda baru saja memasang hardware baru ke dalam komputer, maka bisa dipastikan perangkat baru inilah penyebabnya. Jalankan komputer setelah membuka perangkat tadi dan amati apakah masalah anda selesai atau tidak. Virus komputer Mungkin komputer Anda terinfeksi virus yang dirancang untuk mematikan komputer Anda. Jika komputer Anda mati ketika menjalankan program tertentu pada waktu tertentu, misalnya komputer hanya langsung mati jika anda menjalankan Program Word maka itulah tandanya bahwa program tersebut terserang atau terinfeksi virus. Jika Anda yakin komputer Anda mungkin terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak yakin apakah komputer Anda terinfeksi virus, pastikan Anda melakukan scandengan anti virus terbaru.
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 43

Satu Untuk UNM
Masalah dengan sistem operasi. Jika setelah mengikuti setiap rekomendasi di atas komputer Anda masih terus mati sendiri, kemungkinan anda mengalami masalah sistem operasi Microsoft Windows yang sulit dijelaskan. Untuk membantu memastikan bahwa hal ini terjadi, silakan coba langkah-langkah di bawah ini. 1. Reboot komputer dan masuk CMOS setup sebagai komputer boot. Jika Anda tidak terbiasa dengan cara memasukkan CMOS, silahkan download Panduan Menjadi Teknisi Komputer yang saya siapkan di samping. 2. Setelah Anda telah membuka komputer di CMOS setup, biarkan komputer beberapa saat. 3. Jika komputer tidak mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS maka kemungkinan penyebabnya adalah Microsoft Windows. Jika ini terjadi solusinya ada dalam buku Panduan Menjadi Teknisi Komputer Kegagalan lain dari hardware Jika setelah menginstal ulang sistem operasi Anda, atau selama instalasi sistem operasi Anda, kasus yang sama masih terjadi, sangat mungkin bahwa ada kegagalan hardware lainnya di komputer. Sering kali terjadi misalnya RAM, CPU, motherboard, dan / atau Power Supply. Jika Anda memiliki persediaan ekstra bagian-bagian ini atau memiliki teman atau rekan kerja dengan konfigurasi yang sama, cobalah bertukar bagian-bagian ini untuk menentukan masalah Anda.Jika tidak, Anda perlu jasa teknisi yang lebih senior. Rangkuman Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi utama yang digunakan komputer secara umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar: a) Keluarga Microsoft Windows b) Keluarga Unix c) Mac OS

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

44

Satu Untuk UNM
Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: a) Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory b) Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi c) Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna d) Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain e) Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka. Latihan 1. Tuliskan pengalaman-pengalaman anda hubungannya dengan sistem pengoperasian komputer. 2. Buatlah kasus berdasarkan ketersediaan PC di sekolah masing-masing. 3. Uraikan model pembelajaran yang digunakan dengan ketersediaan PC di sekolah masing-masing kaitannya dengan jumlah peserta didik.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

45

Satu Untuk UNM
KEGIATAN BELAJAR 3 Judul Indikator : Perangkat Lunak (Software) :

Melalui materi ini peserta diharapkan mampu mengenal berbagai macam perangkat lunak yang ada saat ini dan dapat memilih serta menggunakan perangkat lunak tersebut pada penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan. Uraian dan contoh 1) Uraian  Program Aplikasi Begitu banyak program aplikasi yang ada saat ini, tentu tidak akan dapat disebut satupersatu dalam modul ini tetapi paling tidak kita akan memilah dalam beberapa kategori yaitu: 1. Operation System (OS) Yang termasuk aplikasi OS antara lain: DR DOS, DOS 7, Windows 3.1 dan 3.11, Windows (95, 97, 98), Windows XP, Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Linux, Open Solaris, 2. Aplikasi Pengolah Kata Yang termasuk aplikasi pengolah kata antara lain: Wordstar, Word Perfect, Microsoft Word, Chi-Writer, Ami Pro, OpenOffice.org Writer. 3. Aplikasi Pengolah Angka Yang termasuk aplikasi pengolah angka antara lain: Lotus 123, Microsoft Excel dan OpenOffice.org Calc 4. Aplikasi Presentasi (Slide Show, Quiz dan Tutorial Bahan Ajar) Yang termasuk aplikasi presentasi antara lain: Microsoft PowerPoint, OpenOffice.org Impress, Adobe Flash, Swish Max, Macromedia Director, Illumination, Multimedia Builder, Auto Play Menu Builder, Macromedia Authorwere, Macromedia Captivate, Flip Album, MindManager Pro. 5. Aplikasi Database Yang termasuk aplikasi Database antara lain: Microsoft Access, OpenOffice.org Base, dbase, Visual Dbase. 6. Aplikasi Pemrograman Yang termasuk aplikasi pemrograman antara lain: Basic, Mbasic, Quick Basic, Turbo Basic, Visual Basic, Turbo Pascal, Borland Delphi, C, Tubo C, C++, Visual C, C Builder, C++ Builder, dbase, Visual Dbase, FoxPro, Visual FoxPro, Assembler, Turbo Assembler,
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 46

Satu Untuk UNM
Visual Assembler, Fortran, Prolog, ASP, PHP, ColdFusion, JAVA dan Java Script, SQL, My SQL, Oracle, Oracle J Developer, Jbuilder, Visual Age for Java, Power Builder, Borland Java Builder, Microsoft Visual Java Professional, Sybase Power Java Client Server, Symantec Visual Cave Professional. 7. Aplikasi Desain (Grafis, Nesw, Books) Yang termasuk aplikasi desain grafis antara lain: Corel Draw, Adobe Photoshop, OpenOffice.org Draw, Photo Impact, AutoCad, Macromedia Freehand, dll 8. Aplikasi Percetakan (Layout, Elektronik Books, Nesw Paper) Yang termasuk aplikasi percetakan antara lain: Microsoft Publisher, Adobe InDesign dan Page Maker. 9. Aplikasi Animasi Yang termasuk aplikasi Animasi antara lain: Adobe Flash, Swish Max, Animator, GIF Animator, Blender, 3D Max, Caricatur Studio, Adobe Streaming Media, Macromedia Firework, Swift 3D, Lightwave, Alias MAYA, Animate Studio Pro, Alias Moton Builder, Animo 6, Avid SoftImage Toonz, Macromedia Flash MX, Messiah Studio, Moho Versions, Moho Tutorial, Switf 3D, Swish Power fx, Swishzone Swish Studio, Toon Boom Express, Toon Boom Studio, Xara3D, Macromedia Animator Designer MX, 10. Web Disain Yang termasuk aplikasi web disain antara lain: Microsoft FrontPage, Macromedia Dreamweaver, Namo Web Editor, Visual Cafe, WebEasy, 11. Aplikasi Internet (Plug In, Browser, Tools) Yang termasuk aplikasi Internet antara lain: Microsoft Outlook, YM, Skype, ooVoo, NetCut, Anti NetCut, Internet Explorer, Netscafe Navigator, Mozilla FireFox, Savari, Avant, Flock, Opera, Internet Sehat, google docs, ziddu, forshare, slide share, Life TV, AceFTP, Alien Whois, BadBlue Personal Edition, BuddyPhone, Bulletproof FTP Server, Cogitum Co-Citer, DzSoft Favorites Search, ezWebcar, Favorites Management Master, FirstStop WebSearch Standar Edition, Flashget, Good Keywords, HTML Grabber, ICQ 4 Lite Edition with Xtraz, Image co Tracker, Internet Phones 12. Aplikasi Pengolah Blog Yang termasuk aplikasi Pengolah Blog antara lain: Wordpress, Blogspot, Blogdetik, Ning. 13. Aplikasi Pengolah Suara/Music Yang termasuk aplikasi pengolah suara/music antara lain: PSP Audio Ware, Sonic Finalizer, MP3 Player, Fruity Loops, Adobe Audition

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

47

Satu Untuk UNM
14. Aplikasi Photo Disain Yang termasuk aplikasi Photo Disain antara lain: Picture Pro, Photo Vista, Photo Impact, Photo Impact Element, Photo Editor, ACDSee Photo Editor, Photo Collage Platinum, Corel Photo Paint, Microsoft Digital Image Suite 15. Aplikasi Video Editing Yang termasuk aplikasi Video Editing antara lain: Ulead Video Studio, Pinacle Studio, Adobe Premiere, Adobe After Effect, Video Studio Pro X2, DVD-Lab Pro, Power Director, Movie Studio, Movie Plus X3. 16. Aplikasi Bahasa Inggris & Penterjemah Bahasa Asing Yang termasuk aplikasi penterjemah bahasa asing antara lain: Google Terjemahan, Translator, Universal Translator Deluxe, Business Translator, Everyday Chinese, LingvoSoft Dictionary Gold English To Albanian (Hungarian, Turkistan, Vietnamese), LingvoSoft Flash Cards German To Hungarian (Turkish, Estonian), Magic Translator, Njstar Communicator, Talking Translator, Twin Bridge Chinese Patner. 17. Aplikasi Matematika Yang termasuk aplikasi Matmatika antara lain: MathCad, Matlab, Calc, Maple, Matematics. 18. Aplikasi Analisis Data/Statistik Yang termasuk aplikasi Statistik antara lain: Microstat, SPSS PC, SPSS, SPS 2000, Amos, Lisrel 19. Aplikasi Games Yang termasuk aplikasi Games antara lain: Bruce Lee, Hulk, Combat, Matrix, The Rise of Atlantis, Letter Linker, Texas Hold'em Poker, Garden Capes, Grafittis, Buble Blaster, Splatz, Tetris, Start Logic, Ice, Breaker, Annie's illions, Ghost Pool,Sally's Studio, Escape Whisper Valley, Unsolved Mystery Club, Pizza Cheff 2, Grace's Qust To Cattch An Art Thief, Fisdom, Lost Worlds,Cover Orange, Worm Madness, Beach Skill, Amil, That Gravity, Civest Odyssey, Hetherdale, Panda's Bigger, Dead Frontier, Chess, Titans, Freecell, Games Explorer, Herts, InkBall, Mahjong Titans, Minesweeper, Purble Place, Solitare, Spider Solitaire, Alien Sky, Boggle Supreme, Casino Island to Go, Chainz, Insaniquarium. 20. Aplikasi Games Emulator Yang termasuk aplikasi Games Emulator antara lain: PsOne ePSXe, GameBoy, Microsoft XBox, Nintendo 64, Nintendo DS, Nintendo NES, Sega Dreamcast, Sega Genesis, Sega Saturn, Sony PSP, Sony PS1, Sony PS2, Super Nintendo, Emultor AIO Ultimate, PackISO, Xbox, Wonderswan, Sega Satourne, SNES, PSX, PSP, PS2, PC-E, PC-88, Neo Geo
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 48

Satu Untuk UNM
Pocket, NES, Nebulator, N64, Megadrive, MAME, Nebular, Game Gear, GameCube, GameBoy Advanced. 21. Aplikasi Antivirus Yang termasuk aplikasi Anti Virus antara lain: Anvir, AVI, Panda, NOD32, Symantec, McAfee, Kaspersky, Eztrust, Norton Antivirus, Bit Devender, F-Prot, PC-Cillin, Vis Netics, ZoneLabs Zone Alarm With Antivirus, Norman Virus Control, F-Secure, Fonoinfo Mobile Antivirus, CA, eTrust EZ Antivirus. 22. Program Utility (Tools-Tools) Yang termasuk program utility antara lain: Acrobat Reader, WinZIP,WinZip Self Extractor, WinRAR, ARJ, NetCut, Quick Times, Deep Freeze, CCleaner, Harddisk Mechanic, Data Recue, WebZip, WinACE, Xtractor Plus, Recuva, Soft Perfect File Recovery, Restoration, PCI File Recovery, Free Undelete, Pandora Recovery, DataRecovery, TuneUp Utilities, Undelete Plus, Recover 4 All, WordFix, DDR Revovable Media, Smart Undelete, Recover My Files, Ontrack Easy Recovery, Rescue Pro, Get Data Back For NTFS, Data Recovery Wizard, Stellar Phoenix Deleted Files, 0&0 Formar Recovery, dan Shredder. 23. Aplikasi Ponsel (HP) Yang termasuk aplikasi Ponsel antara lain: Motorolla Bluetooth Accessories, Motorolla Bluetooth for the Car, Motorolla Bluetooth Streo Accessories, Motorola O ROKR, Motorola Phone Tools, Motorola, Phone Tattoos, Motorola Razkwire, Hottest Logos, Lates Animated Selection, MotionCam Nokia, Nokia SIS Application, Oxygen Phone Manager for Nokia, Oxygen Phone Manager for Nokia and Samsung Phones, Oxygen SMS Manager for Nokia GSM Phones, Scalculator Nokia, Sony Ericsson Application, Sony Ericsson Games, Sony Ericsson Themes, WR, Nokia N70 & N90 Pack, Sony Ericsson Java Games, K750i-W800i Games, Sony Ericsson K750i Stuff, Themes Editor, 24. Aplikasi Ecylopedia Yang termasuk aplikasi Encyklopedia antara lain: Britanica, 25. Aplikasi Elektronika Yang termasuk aplikasi Elektronika antara lain: Ace Electronic Max Pack, Ace Flow Charting, Ace Welding Symbols, Ace Super PC Board, APLAC Gen Purp Nonlinier Circuits System, Best Proto, CADdy Plus Electrical Engineering Basic, CADint PCB, CamCAD, CamCAD Graphic, CamCAD PCB Translator, Circuit Maker, Circuits Shop, Digital Circuit, Electrical and Electronic Formulas, Electronic Design Studio, Electronic Workbench, Electronic Workbench Multisim, ICAP 4.0 Deluxe, Microcntroller Simulator, Microsim DesignLab, Microstation, PADS-Logic, PCB Desainer, PDL Design XL, Pintar Virtual Lab
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 49

Satu Untuk UNM
Electricity, Pintar Virtual Electronics, ProCAD, Protel Advanced PCB, Protel Advanced Schematic, Protel Printed Circuit Board, Pspice Design Center, Synario, Synplify, Veritools Undertow, Workbench Multisim.  Berburu Perangkat Lunak (Software) Hubungkan PC Anda ke Internet, kemudian aktifkan browser Anda (Internet Explorer, Mozila FireFox, Avant, Lock, atau Safari). Pada kotak searching tuliskan “Free Application”, “Freeware”, atau langsung merujuk ke nama aplikasi yang Anda cari misalnya “Download free Camtasia”, atau teks lainnya yang lebih spesifik, sebagaimana pada Gambar 1 dan Gambar 2.

Gambar 1. Kotak Searching www.google.co.id

Gambar 2. Hasil Penelurusan freeware pada Google
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 50

Satu Untuk UNM
 Alat dan Bahan Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melatihkan modul ini adalah: 1 unit Komputer untuk masing-masing kelompok Koneksitas Internet Kertas Flip Chat Spidol warna Selotip Kertas Karton Warna untuk nama kelompok BookNote untuk catatan Perkenalan singkat fasilitator antara fasilitator dengan peserta PLPG Atur meja kerja dalam bentuk U atau lainnya yang memungkinkan anggota kelompok berperan aktif dalam kelompoknya. Menyampaikan kepada peserta tentang model pembelajaran Kolaboratif yang akan diterapkan. Bagi peserta dalam kelompok yang sama rata, dapat dilakukan dengan cara bermain seperti berdiri dalam bundaran kemudian membagikan kertas warna (misal 6 warna). Biarkan peserta mengambil kertas warna secara acak, setelah itu kelompokkan peserta yang mengambil kertas yang berwarna sama. Bagikan kartu peran dalam kelompok (misal: Manager, Presenter, Juru Tulis, Pengumpul Bahan/Materi, Operator, Time Keeper). Bagikan karton warna untuk nama masing-masing kelompok Buat kontrak belajar selama kegiatan berlangsung Uraian modul PLPG oleh Falitator Fasilitator membagikan kasus untuk didiskusikan dalam kelompok, jawaban ditulis melalui kertas flip chart menggunakan spidol warna kemudian ditempel di dinding menggunakan selotip kertas. Peserta melakukan galery work sebagai bahan untuk saling memberikan masukan antar kelompok diskusi. Refleksi. Fasilitator mengingatkan bahwa kegiatan PLPG ini adalah pelatihan berbuat  Penjelasan Teknis (experiencial learning) yang mengharapkan partisipasi aktif dan kontribusi dari kemudian tempelkan kontrak belajar tersebut di depan kelas dimana peserta semua dapat melihatnya. -

 Langkah Kegiatan -

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

51

Satu Untuk UNM
seluruh peserta sehingga menghasilkan suatu karya dan bukan pelatihan fasif yang hanya mendengarkan. Fungsi modul sebagai sumber acuan materi pembelajaran dan dapat dikembangkan oleh peserta pelatihan PLPG. Alat dan bahan yang akan digunakan berkaitan dengan materi yang dipelajari. Refleksi digunakan untuk mendapatkan penguatan terhadap materi yang sedang atau telah dipelajari. Latihan berbasis masalah (problem based) untuk menggali kemampuan peserta PLPG secara individual maupun kelompok (kolaboratif). 2) Contoh Kasus Kasus 1 Rahma membeli Laptop Axio Multimedia baru dengan kapasitas Harddisk 160GB. Laptop tersebut mendukung penggunaan jaringan Interne baik menggunaan kabel UTP maupun WiFi, dan memiliki Web Camera. Sayangnya Laptop tersebut belum terisi program aplikasi sama sekali. Dia kemudian meminta tolong salah seorang teknisi untuk menginstalasi komputernya. Program apakah yang harus diinstalasikan ke Laptop Rahma sehingga dapat digunakan sesuai dengan kemampuan komputer tersebut dan terlebih lagi sesuai dengan jurusan dia sebagai calon sarjana elektronika yang sementara mengolah data untuk ujian skripsinya. (Diskusikan dalam kelompok Anda dan tuliskan langkah-langkahnya dalam sebuah kertas flip chart!). Solusi:  Melakukan partisi pada hardisk menggunakan aplikasi Partisi (Fdisk, Partition Magic, atau lainnya).  Melakukan Intalasi OS (Windows XP atau Linux)  Melakukan Instalasi Driver Komputer untuk VGA, LAN, Modem, Wi-Fi, Sound, dan Web Camera  Menginstalasi salah satu dari program aplikasi MS Office seperti MS, Word, Ms Excel, Ms Power Point, atau Open Office untuk sistem operasi Linux  Menginstalasi alikasi elektronika seperti Electronich Workbench atau lainnya.  Mengintalasi aplikasi Statistik seperti SPSS atau lainnya.  Langkah-Langkah menginstalasi salah satu aplikasi di atas secara umum adalah jalankan aplikasi setup (file setup.exe) dari aplikasi yang akan di install, ikuti petunjuk dan klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi, masukkan

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

52

Satu Untuk UNM
serial number, lanjutkan proses dengan mengklik tombol next sampai proses instalasi selesai, uji coba aplikasi apakah berjalan dengan baik atau tidak. Kasus 2 Rezkiyah mendownload sebuah aplikasi pada sebuah warnet di sekolahnya. Setelah pulang kerumah ternyata pada komputer tidak dapat membaca file-file dengan ekstensi *.pdf, *.3GP dan *.zip. Dia sedikit was-was karena tugasnya harus masuk besok pagi, kemudian dia mencoba menelpon gurunya untuk mendapatkan solusi permasalahannya. Menurut kelompok Anda apa yang telah disampaikan oleh gurunya tersebut agar file-file tersebut dapat terbaca. (Diskusikan dalam kelompok Anda dan tuliskan langkah-langkahnya dalam sebuah kertas flip chart!). Solusi:  Downloadkan aplikasi Acrobat Reader  Download aplikasi 3GP-Player.exe atau sejenisnya  Download aplikasi WinZip.exe atau sejenisnya  Lakukan Instalasi dari ketiga aplikasi tersebut di atas, lakukan instalasi satu persatu dengan cara mengklik file setup.exe kemudian ikuti langkah sesui petunjuk yang ditampilkan sampai proses instalasi selesai. Cara yang sama dapat dilakukan untuk mengintal program aplikasi lainnya, setelah semua proses intalasi selesai uji coba progra aplikasi yang telah di download tersebut dengan membuka file-file ekstensi *.pdf, *.3GP dan *.zip. Kasus 3. Alif ditugasi oleh gurunya untuk memecahkan sebuah anti virus yang bekerja secara otomatis. Dia diminta untuk menonaktifkan fungsi dari kerja otomatis anti virus tersebut. Selain itu dia sekaligus ditugasi untuk mengupdate anti virus tersebut agar dapat menangkal virus-virus baru yang mungkin menjangkiti beberapa komputer yang di lab tersebut. Diskusikan dalam kelompok Anda bagaimana cara menonaktifkan fungsi otomatis dari kerja Antivirus tersebut dan cara untuk melakukan update secara manual, langkahnya tersebut dalam sebuah kertas flip chart!. Solusi: Langkah Mengupdate Anti Virus (Kasus NO32 Anti Virus)  Koneksikan komputer Anda dengan Internet tuliskan langkah-

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

53

Satu Untuk UNM
 Jika Anti virus tersebut akan diupdate otomatis maka Dobel klik icon anti virus tersebut kemudian klik tab Update kemudian pilih tombol update virus signature database, tunggu sampai proses update selesai.  Jika mendownload update Anti virus secara manual, dengan cara: searching pada situs Google atau Yahoo. Pada kotak searching tulis “download update manual NO32”. Kemudian download file update manual Langkah Menonaktifkan Kerja Otomatis Antivirus  Jalankan aplikasi anti virus yang dimakasud  Pada tab “Real Time file system protection setup” pastika bahwa kota kotak combo box “Real Time file system protection” tidak tercentang.  Akhiri dengan menekan tombol OK. Kasus 4. Dalam sebuah laboratorium komputer, sejumlah siswa melakukan eksperimen dengan menghapus sejumlah file, kemudian file-file yang telah dihapus tersebut minta untuk dimunculkan kembali. Ada siswa yang sukses mengembalikan file-file tersebut cukup banyak juga siswa yang gagal. Diskusikan dalam kelompok Anda bagaimana langkah-langkah yang tepat dan benar untuk mengembalikan file-file tersebut melalui sebuah kertas flip chart!). Solusi: Contoh akan menggunakan aplikasi Recuva  Bukalah program recuva melalui shortcut-nya yang ada di deksto atau melalui start>All Program>Recuva>Recuva  Berikan tanda ceklis pada Do Not Show This Wizard On StartUp, agar wizard ini tidak tampil lagi saat kita membuka Recuva. Klik Cancel.  Jendela Recuva akan ditampilkan  Untuk memulai proses pencarian file Anda yang hilang, pilih drive yang inin Anda kembalikan.  Tunggu proses scanning sampai selesai, setelah itu file yang tadinya hilang sekarang sudah ditampilkan kembali.  Berikan tanda ceklish pada kotak file name untuk memilih semua file yang telah ditentukan, kemudian klik recover untuk menyimpan.  Tentukan lokasi penyimpanan file, jika ingin membuatkan folder khusu klik saja Make Nw Folder.  Selanjutnya proses recover akan berjalan hingga selesai, dan menampilkan informasi sukses
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 54

Satu Untuk UNM
Kasus 5 Sebuah komputer di bagian tatausaha diminta untuk di instalkan aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA). Proses instalasi berjalan sukses sampai pada akhirnya muncul informasi agar komputer tersebut diminta untuk direstart ulang. Setelah di restart ulang aplikasi SIA tersebut mulai mau digunakan. Kemudian operator tersebut mulai mengklik tombol strat windows kemudian mengklik tombol All program kemudian mencari folder atau icon aplikasi SIA yang baru di intall ternyata tidak ketemu. Komputer tersebut menjadi seperti semula seolah-olah tidak pernah di instalkan program SIA. Diskusikan dalam kelompok Anda apa yang harus dilakukan untuk dapat menginstalasikan program SIA tersebut dengan benar dan tuliskan langkah-langkahnya dalam sebuah kertas flip chart!. Solusi:  Periksa apakah ada aplikasi Deep Freeze yang terisntalasi sebagai proteksi dari komputer tersebut  Buka atau nonaktifkan aplikasi tersebut agar program SIA dapat di instalasi  Restart komputer tersebut kemudian instalasi ulang aplikasi SIA yang akan di masukkan  Aktifkan kembali aplikasi Deep Freeze sebagai proteksi dari komputer tersebut.  Uji coba aplikasi dari program SIA yang tela di instalasi Rangkuman Perangkat lunak (software) merupakan sebuah aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa programming untuk mengerjakan suatu fungsi tertentu. Perangkat lunak dapat dibedakan berdasarkan tujuan pemanfaatannya misalnya, Operation System, Pengolah Kata, Pengolah Angka, Presentasi, Database, Anti Virus, Tools, Desain Grafis, Statistik, Games, dan lainnya.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

55

Satu Untuk UNM
KEGIATAN BELAJAR 4 Judul : Jaringan Komputer Indikator mampu mendisain jaringan komputer sesuai kebutuhan mampu mengaplikasikan pengetahuan jaringan untuk pemnfaatan sumber daya ICT Uraian dan Contoh A. Pengantar Jaringan komputer. Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling terhubung. Ketika komputer-komputer ini terkoneksi dalam jaringan, semua orang dapat berbagi file dan perngkat seperti modem, printer, atau drive CD-ROM. Ketika jaringan di beberapa lokasi terhubung dengan menggunakan layanan yang tersedia dari perusahaan telepon, seseorang dapat mengirim e-mail, berbagi link ke internet global, atau melakukan konferensi video secara real time dengan pengguna lain di lokasi manapun. Sebagai bear perusahaan dan lembaga ddi berbagai bidang mengandalkan aplikasi seperti surat elektronik dan manajemen database untuk operasional kegiatannya sehingga jaringan komputer menjadi semakin lebih penting. Setiap jaringan meliputi:
   

Paling sedikit dua komputer Client Server atau workstation. Networking Interface Card's (NIC) Kartu jaringan. Sebuah media koneksi, biasanya kawat atau kabel, atau komunikasi nirkabel (wireless). Jaringan Sistem operasi perangkat lunak, seperti Microsoft Windows NT, atau 2000 Novell NetWare, Unix dan Linux. B. Jenis Jaringan:

LANs (Local Area Networks) Jaringan adalah suatu kumpulan komputer independen yang berkomunikasi dengan satu sama lain melalui media jaringan bersama. LAN adalah jaringan biasanya terbatas pada wilayah geografis, seperti sebuah gedung atau kampus. LAN dalam skala kecil, menghubungkan sedikitnya tiga komputer, hingga ratusan komputer yang digunakan oleh ribuan orang. Pengembangan standar dan protokol jaringan media telah mengakibatkan koneksi LAN di seluruh dunia baik untuk kepentingan perusahaan bisnis ataupun organisasi pendidikan.

WANs (Wide Area Networks)
WAN merupakna jaringan yang menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan layanan seperti saluran telepon
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

56

Satu Untuk UNM
khusus, saluran telepon dial-up (baik synchronous dan asynchronous), link satelit, dan layanan data lainnya. WAN memungkinkan akses remote bagi karyawan untuk panggilan dari atau ke ratusan kantor cabang yang terhubung secara global dengan menggunakan protokol routing khusus dan filter untuk meminimalkan biaya pengiriman data yang dikirim melalui jarak yang sangat jauh .

Internet
Internet adalah sistem jaringan yang terhubung di seluruh dunia dan memfasilitasi layanan data komunikasi seperti login (akses khusus), transfer file, surat elektronik, Dengan meroketnya permintaan konektivitas, Internet telah menjadi jalan raya komunikasi bagi jutaan pengguna. Internet awalnya terbatas pada lembaga militer dan akademik, tetapi sekarang ini adalah penuh dengan segala bentuk informasi. Situs internet kini menyediakan informasi, pribadi, pendidikan, sumber daya politik dan ekonomi untuk dan dari setiap sudut planet ini.

Intranet
Dengan kemajuan yang dibuat dalam perangkat lunak berbasis web untuk Internet, organisasi swasta banyak yang menerapkan intranet. Intranet adalah sebuah jaringan pribadi memanfaatkan alat yang bekerja sama seperti internet, tetapi tersedia hanya dalam organisasi itu. Untuk organisasi yang besar, intranet menyediakan mode akses mudah ke informasi perusahaan untuk karyawan.

MANs (Metropolitan area Networks)
Jenis jaringan Ini mengacu pada suatu jaringan komputer dalam suatu skkala sebuah kota.

VPN (Virtual Private Network)
VPN menggunakan teknik yang dikenal sebagai terowongan untuk mentransfer data dengan aman di Internet ke server jaringan. Menggunakan VPN sangat membantu menghemat dana yaitu dengan menggunakan Internet publik dapat membuat telepon panggilan jarak jauh untuk terhubung secara aman tanpa biaya. Ada dua cara untuk membuat koneksi VPN, dengan menghubungi penyedia layanan Internet (ISP), atau menghubungkan langsung ke Internet.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

57

Satu Untuk UNM
C. Kategori Jaringan

Gambar 1 Kategor JaringaN a) Peer to Peer b) Client-Server Jaringan dapat dibagi menjadi dua kategori utama:
 

Peer-to-peer. Berbasis Server atau Clinet Server.

Jaringan Peer-topeer
Pada jaringan peer to peer, tidak ada server khusus atau hierarki antara komputer. Semua komputer adalah sama dan karenanya dikenal sebagai peer (teman). Biasanya setiap komputer berfungsi sebagai Client atau Server dan tidak ada yang khusus ditugaskan untuk menjadi administrator dan bertanggung jawab untuk seluruh jaringan. Jaringan Peer-to-peer merupakan pilihan yang baik untuk kebutuhan organisasi atau instansi kecil dimana user dialokasikan di wilayah umum yang sama, keamanan bukanlah isu atau ancaman dan jaringan hanya akan mengalami pertumbuhan terbatas. Istilah ClienT/server mengacu pada konsep pembagian kerja yang terlibat dalam pengolahan data antara komputer klien dan komputer server yang umumnya memiliki spesifikasi yang lebih baik. Jaringan Client / server merupakan cara yang paling efisien untuk menyediakan:

Database dan pengelolaan aplikasi seperti Spreadsheet, Akuntansi, Komunikasi dan manajemen Dokumen. Manajemen jaringan. Penyimpanan file terpusat. model pada dasarnya merupakan implementasi pengolahan yang

 

Client/server

terdistribusikan. Inti sari model ini adalah konsep pemisahan antara fungsi-fungsi aplikasi klien dan prosesor server. Pembagian kerja antara prosesor yang berbeda memungkinkan programmer untuk menempatkan aplikasi pada prosesor yang paling sesuai untuk fungsi tersebut. Hal ini memungkinkan perancang perangkat lunak mengoptimalkan penggunaan prosesor dan melakukan penghematan dalam investasi untuk hardware.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

58

Satu Untuk UNM
Disain aplikasi client/server juga memungkinkan penyedia aplikasi menyembunyikan lokasi sebenarnya dari aplikasi tersebut. Pengguna sering tidak tahu mana yang melaksanakan operasi tertentu. Fungsi secara keseluruhan dapat dilakukan baik dalam PC atau server, atau fungsi tersebut dapat dibagi antara server dan clkient. Masking (penyembunyian) lokasi pelaksana fungsi aplikasi memungkinkan sistem untuk meng-upgrade bagian dari suatu sistem sepanjang waktu dengan gangguan minimal, sekaligus melindungi investasi hardware dan software. The OSI Model: Model OSI:

Gambr 2 Model OSI Interkoneksi Sistem Terbuka (OSI) merupakan model referensi yang telah menjadi standar internasional dan berfungsi sebagai panduan untuk jaringan. Model ini adalah model yang paling dikenal dan paling banyak digunakan untuk menggambarkan lingkungan jaringan. Vendor produk jaringan meddesain jaringan berdasarkan spesifikasi dari model OSI. Model ini memberikan gambaran tentang bagaimana jaringan perangkat keras dan perangkat lunak bekerja bersama-sama dengan cara yang berlapis untuk membuat komunikasi yang mungkin. Hal ini juga membantu dalam hal trouble shooting dengan menyediakan sebuah kerangka referensi yang menggambarkan bagaimana komponen seharusnya berfungsi. Ada tujuh layer/lapisan dalam model ini yaitu lapisan fisik, lapisan data link, lapisan jaringan, lapisan transport, lapisan sesi, lapisan presentasi, dan lapisan aplikasi.

Physical Layer/Lapisan fisik, hanya bagian-bagian fisik dari jaringan seperti kawat, kabel, yang bisa jadi sangat panjang. Lapisan ini membutuhkan sinyal listrik yang mengirimkan data di seluruh sistem.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

59

Satu Untuk UNM
Data Link Layer, lapisan ini adalah lapisan di mana sinyal-sinyal listrik di dalam jaringan dimaknai sebagai data. Lapisan ini juga menentukan ukuran dan format data dikirim ke printer, atau perangkat lainnya.

Network Layer, Lapisan ini memberikan definisi untuk sambungan dari dua jaringan berbeda. Transport Layer, Lapisan ini memungkinkan data yang akan dipecah menjadi paket yang lebih kecil untuk data yang akan didistribusikan dan ditujukan ke node lain (workstation).

Session Layer, lapisan ini bertugas untuk membawa informasi dari satu node (workstation) ke node lain (workstation). Sebuah sesi harus dilakukan sebelum mengangkut informasi ke komputer lain.

Presentation Layer, lapisan ini bertanggung jawab untuk kode dan decode data yang dikirim ke node. Application Layer, lapisan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi yang akan berkomunikasi dengan menggunakan sistem operasi server. Network Architectures: Arsitektur Jaringan:

Gambar 3 Diagram Ethernet LAN

D. Topologi Jaringan
Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan? Sebuah topologi jaringan adalah susunan geometris node dan link kabel dalam LAN, Ada tiga topologi yang sudah umum diketahu yaitu star (bintang), ring (cincin), dan bus. Star, pada topologi ini, setiap node memiliki seperangkat kabel dedicated
60

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

Satu Untuk UNM
menghubungkannya ke hub jaringan pusat. Karena semua lalu lintas data melewati hub, hub menjadi titik pusat untuk mengisolasi masalah jaringan dan mengumpulkan statistik jaringan. Ring, topologi cincin memiliki fitur loop tertutup secara logis. Paket data melakukan perjalanan dalam satu arah di sekitar cincin dari satu perangkat jaringan ke yang berikutnya. Setiap perangkat jaringan bertindak sebagai repeater, yang artinya sinyal mengalami regenerasi Bus, Pada topologi bus, setiap node (komputer, server, dan perangkat lainnya) melekat langsung ke kabel biasa. Topologi ini paling sering berfungsi sebagai tulang punggung (back bone) untuk jaringan. Dalam beberapa hal, seperti di ruang kelas atau laboratorium, bus akan menghubungkan workgroup Jaringan nirkabel (wireless network) adalah komunikasi antar sistem [komputer] tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth atau akses point) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: wireless LAN/WLAN dan Wi-Fi. Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah. Peer-to-peer

Peer-to-Peer atau ad-hoc wireless LAN merupakan sebuah jaringan jaringan di mana stasiun berkomunikasi hanya peer to peer (P2P). Perangkat nirkabel dalam jangkauan satu sama lain dapat menemukan dan berkomunikasi secara langsung tanpa melibatkan akses point. Metode ini biasanya digunakan oleh dua komputer sehingga mereka bisa terhubung satu sama lain untuk membentuk jaringan. Berbeda dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel seringkali lebih sederhana dalam konfigurasi. Namun demikian jaringan ini dapat digubungkan dengan jaringan kabel menggunakan jembatana (bridge). Bridge dapat digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan, biasanya dari berbagai jenis. Sebuah jembatan Ethernet nirkabel memungkinkan

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

61

Satu Untuk UNM
sambungan dari perangkat pada jaringan Ethernet kabel ke jaringan nirkabel. Jembatan ini bertindak sebagai titik koneksi ke Wireless LAN. Distribusi Sistem Wireless adalah sistem yang memungkinkan interkoneksi nirkabel jalur akses dalam jaringan IEEE 802.11. Hal ini memungkinkan jaringan nirkabel diperluas dengan menggunakan beberapa jalur akses tanpa perlu backbone kabel. Perangkat Jaringan Untuk memahami jaringan komputer dengan baik, diperlukan pengetahuan dasar tentang beberapa perangkat jaringan antara lain : Network Interface Card (NIC) adapter, router, hub, switch, modem, kabel, LAN / WAN router, gateway dan perangkat jaringan penting lainnya. 1. Network Card (Kartu Jaringan) Network Interface Card atau biasa disebut dengan kartu jaringan adalah perangkat yang berfungsi sebagai perantara untuk penerima dan pengirim paket data..

Hampir pada setiap komputer keluaran terbaru, perangkat ini telah terpasang dari pabrik (onboard) sehingga seringkali Network Interface Card tidak perlu dibeli secara terpisah. 2. Kabel Jaringan (Kebel UTP)

Kabel yang umum digunakan dalam jaringan computer adalah kabel berjenis UTP (Unshielded Twisted Pair). Kebel ini memiliki 8 Kabel dengan warna berbeda 4 yaitu

orange, hijau, biru ,coklat ,putih orange, putih biru, putih hijau, dan putih coklat.
Susunan dari 8 kabel diatas nantinya akan menentukan bentuk koneksi yang akan digunakan dalam jaringan.
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 62

Satu Untuk UNM
2. Conector RJ 45

Sebagai penghubung antara kabel jaringan dengan kartu jaringan maka dibutuhkan Konektor yaitu konektor RJ45, konektor ini nantinya dipasang pada masing-masing ujung kabel yang akan digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer ataupun Komputer ke HUB. 3. HUB

Jika jaringan yang dibangun lebih dari 2 unit komputer maka diperlukan perangkat tambahan yang disebut HUB. Perangkat ini berfungsi sebagai pusat untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih pada sebuah jaringan baik itu internet maupun jaringan lokal. 5. Wireless Access Point

summary Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu: 1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
o

Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

63

Satu Untuk UNM
Jaringan terdistribusi

o

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu. 2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
o

Jaringan LAN

merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
o

Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
o

Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi. 3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
o

Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
o

Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server. 4. Berdasarkan media transmisi data
o

Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
o

Jaringan Nirkabel(WI-FI)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 64

Satu Untuk UNM
menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. Latihan : 1. Identifikasi perangkat keras dan software aplikasi yang berkaitan dengan jaringan komputer yang Anda miliki. Sharing dengan rekan kelompok Anda agar perangkat tersebut dapat saling melengkapi dan berfungsiu dengan baik. 2. Buatlah konfigurasi jaringan peer to peer dengan menggunakan PC/Notebook yang Anda miliki. 3. Cobalah melakukan komunikasi antar PC/Laptop/Notebook/Netbook dengan melakukan pengiriman pesan, file atau sharing perangkat keras tertenut. 4. Bagaimana Anda menjelaskan tentang skema jaringan dibawah ini

5. Buatlah

disan

jaringan

komputer

idaman

menurut

kondisi

sekolah

Anda,

pertimbangkan keuntungan jaringan tersebut dalam aktifitas pembelajaran di sekolah sehingga memberikan keuntungan maksimal baik bagi siswa maupun guru di sekolah tersebut.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

65

Satu Untuk UNM
KEGIATAN BELAJAR 5 Judul Indikator : Komunikasi :

Melalui materi ini peserta diharapkan mampu mengenal berbagai perangkat perangkat dan media komunikasi data, serta dapat melakukan percobaan komunikasi data. Uraian dan contoh 1) Uraian  Apa itu Kumunikasi Data Komunikasi data adalah pengiriman data atau informasi dari suatu sumber (source) ketujuan (destination). Komunikasi data dapat dilakukan antara dua jenis komputer atau lebih yang jenisnya sama ataupun berbeda. Alasan pengiriman data dari satu lokasi ke lokasi lainnya adalah sebagai berikut: 1. Transaksi sering terjadi paa suatu lokasi yang berbeda dengan lokasi pengolahan datanya atau lokasi dimana data tersebut akan digunakan, sehingga data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim lagi ke lokasi yang membutuhkan informasi dari data tersebut. 2. Biasanya lebih efisien atau lebih murah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih-lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan dengan cara pengiriman biasan. 3. Suatu organisasi yang mempunyai beberapa lokasi pengolahan data, data dari stu lokasi pengolahan yang sibuk dapat dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke lokasi pengolahan lain yang kurang atau tidak sibuk. 4. Alat-alat yang mahal seperti alat pencetak grafik atau printer berkecepatan tinggi, cukup disatu lokasi saja, sehingga lebih hemat. Untuk mengkomunikasi data dari sutu lokasi kelokasi yang lain, 3 elemen sistem harus

tersedia, yaitu sumber data, media transmisi, dan penerima. Jika salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan. Gambar 1 dapat memperjelas mengenai elemen tersebut.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

66

Satu Untuk UNM
1. Sumber Sumber adalah pihak yang mengirim informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal dan lain-lain. Tugasnya membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber pada umumnya dilengkapi dengan alat lain (antarmuka atau transduser) yang dapat mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, misalnya menjadi: Pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital seperti PCM (Pulsa Code Modulation) 2. Media Transmisi Beberapa media transmisi dapat digunakan channel (jalur) transmisi atau caarrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini ia bertugas menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber inforamasi. Transmisi data merupakan proses pengiriman data satu sumber ke penerima data. Untuk mengetahui tentang transmisi data lebih lengkap, maka perlu diketahui beberapa hala yang berhubungan dengan proses ini. Hal-hal tersebut menyangkut: (a) Media transmisi yang dapat digunakan, (b) kapasitas chanel tranmisi, (c) tipe dari channel transmisi, (d) kode transmisi yang diguanakan, (e) mode transmisi, (f) protokol, dan (g) penanganan kesalahan transmisi. Proses pengubahan informasi menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi disebut modulasi. Bila sinyal dimodulasi, maka ia akan dapat mnempuh jarak yang jauh. Proses kebalikannya lain-lain 3. Penerima Penerima adalah alat yang menerima data atau informasi, misalnya pesawat telepon, terminal dan lain-lain. Tugas utamanya menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima mempunyai alat lain yang fungsinya kebalikan dari pemancar, yaitu alat informasi yang bentuknya sesuai dengan media transmisi yang digunakan menjadi bentuk asalnya. Komunikasi data juga merupakan gabungan dua teknik yang sama sekali jauh berbeda, yaitu pengolahan data dan telekomunikasi. Secara umum dapat dikatakan bahwa komunikasi data memberikan fasilitas komunikasi jarak jauh dengan sistem komputer. Melalui diagram Venn dapat ditunjukkan perpaduan pengolahan data dan teknik telekomunikasi yang menjadi bentuk komunikasi data, seperti diperlihatkan pada Gambar 2. disebut demodulasi. Media transmisi dapat berupa: (a) gelombang elektromagnet, sepasang kawat (b) twisted pair), (c) serat optik, (d) kabel coax; dan (e) dan

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

67

Satu Untuk UNM
 Mengenal Mode Komunikasi Data Simplex adalah salah satu bentuk komunikasi antara dua belah pihak, di mana sinyal-sinyal dikirim secara satu arah. Metode transmisi ini berbeda dengan metode full-duplex yang mampu mengirim sinyal dan menerima secara sekaligus dalam satu waktu, atau half-duplex yang mampu mengirim sinyal dan menerima sinyal meski tidak dalam satu waktu. Transmisi secara simplex terjadi di dalam beberapa teknologi komunikasi, seperti siaran televisi atau siaran radio. Transmisi simplex tidak digunakan dalam komunikasi jaringan karena node-node dalam jaringan umumnya membutuhkan komunikasi secara dua arah. Memang, beberapa komunikasi dalam jaringan, seperti video streaming, terlihat seperti simplex, tapi sebenarnya lalu lintas komunikasi terjadi secara dua arah, apalagi jika protokol TCP yang digunakan sebagai protokol lapisan transportnya. Duplex adalah sebuah istilah dalam bidang telekomunikasi yang merujuk kepada komunikasi dua arah.

Gambar 1: Cara kerja transmisi Simplex, full duplex, dan Half duplex Terdapat dua metode duplexing, yakni Full-duplex dan Half-duplex. Dalam komunikasi full-

duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima
informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi. Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya. Komunikasi Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar. Jika
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

68

Satu Untuk UNM
kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi "collision" (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan.  Bentuk Sistem Komunikasi Data Suatu sistem komunikasi data dapat berbentuk offline communication system atau online

communication system, System komunikasi data dapat dimulai dengan sistem yang
sederhana, seperti misalnya jaringan akses terminal, yaitu jaringan yang memungkinkan seorang operator mendapatkan akses ke fasilitas yang tersedia dalam jaringan tersebut. Operator bisa mengakses komputer guna memperoleh fasilitas, misalnya menjalankan program aplikasi, mengkases database, dan melakukan komunikasi dengan operator lain. Dalam lingkungan ideal, semua fasilitas ini harus tampak seakan-akan dalam terminalnya, walaupun sesungguhnya secara fisik berada pada lokasi yang terpisah. Offline communication System Offline communication system adalah suatu sistem pengisian data melalui fasilitas telekomunikasi dari suatu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung di proses oleh CPU (Central Processing Unit ). Seperti pada Gambar 2, dimana data yang akan diproses dibaca oleh terminal, kemudian dengan menggunakan modem, data tersebut dikirim melalui telekomunikasi. Ditempat tujuan data diterima juga oleh modem, kemudian oleh terminal data disimpan ke alamat terminal, perekam seperti disket, magnetic tape, dan lain-lain. Dari alat perekam data ini, nantinya dapat diproses oleh komputer. Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam offline comunication system antara lain: 1. Terminal Terminal adalah suatu I/O divice yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dari jarak jauh, dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. Peralatan terminal ini bermacammacam, seperti magnetik tape unit, disk drive, paper tape, dan lain-lain. 2. Jalur Komunikasi Jalur komunikasi adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan, seperti telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya. 3. Modem Modem adalah singkatan dari Modulation/Demodulation. Suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya.

Gambar 2. Offine communication system

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

69

Satu Untuk UNM
 Online communication System Berbeda dengan sytem komunikasi offline. Pada sistem ini data dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU. Online communicatio sysem dapt berbentuk: (a) Remote Job Entry (RJE) system, (b) Real Time System, (c) Timesharing system, (d)Distributed data processing system.

Gambar 3. RJE Syestem

Gambar 4. Realtime system

Gambar 5. Time Sharing System

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

70

Satu Untuk UNM

Gambar 6. DDP System  Komunikasi Serial dan Paralel Komunikasi serial adalah salah satu metode komunikasi data di mana hanya satu bit data yang dikirimkan melalui seuntai kabel pada suatu waktu tertentu. Pada dasarnya komunikasi serial adalah kasus khusus komunikasi paralel dengan nilai n = 1, atau dengan kata lain adalah suatu bentuk komunikasi paralel dengan jumlah kabel hanya satu dan hanya mengirimkan satu bit data secara simultan. Hal ini dapat disandingkan dengan komunikasi paralel yang sesungguhnya di mana n-bit data dikirimkan bersamaan, dengan nilai umumnya 8 ≤ n ≤ 128. Untuk komunikasi serial tersinkron, lebar pita setara dengan frekuensi jalur. Pada komputer pribadi, komunikasi serial digunakan misalnya pada standar komunikasi RS232 yang menghubungkan periferal eksternal seperti modem dengan komputer.

Gambr 7. Connektor RS232 Port serial RS232 (Recomended Standar Number 232), merupakan seperangkat alat yang diciptakan oleh EIA (Electrical Industry Association). Berfungsi sebagai interface dalam transfer data dengan komputer lain, dimana pengiriman secara serial dengan sinyal biner. Komunikasi serial dapat digunakan untuk komunikasi direct PC to PC, yang disebut dengan “Null Modems”, komunikasi Null Modem digunakan untuk mengkoneksikan antara 2 buah
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 71

Satu Untuk UNM
DTE. Koneksi ini biasanya dipakai karena mudah dalam pembuatannya dan banyak kegunaannya misanya: untuk game multiplayer dan transfer data. Selain dari komunikasi data serial menggunakan konektor RS232 juga telah dikembangkan komunikasi serial menggunakan port USB (Universal Serial Bus). USB adalah sebuah serial bus standar untuk menghubungkan perangkat ke komputer host. USB dirancang untuk memungkinkan banyak peripheral untuk dihubungkan dengan sebuah interface socket standar dan untuk meningkatkan plug and play oleh kemampuan membuat panas swapping; yaitu oleh memungkinkan perangkat untuk dihubungkan dan diputus tanpa rebooting komputer atau mematikan perangkat. Nyaman fitur lainnya termasuk memberikan kuasa untuk rendah konsumsi perangkat, menghilangkan perlunya eksternal listrik dan memungkinkan banyak perangkat yang akan digunakan tanpa memerlukan pabrik khusus perangkat driver untuk diinstal. USB ditujukan untuk mengganti banyak jenis serial dan port paralel. USB dapat menghubungkan peripheral komputer seperti mouse, keyboard, PDA, gamepads dan joysticks, Scanners, kamera digital, printer, personal pemutar media, flash drive, dan hard drive eksternal. Bagi banyak orang-orang perangkat, USB telah menjadi standar metode koneksi. USB dirancang untuk komputer pribadi, tetapi telah menjadi biasa pada perangkat lain seperti PDA dan konsol permainan video, dan sebagai daya kabelnya antara perangkat dan adaptor AC terpasang ke sebuah steker untuk pengisian.

Gambar 8. Port USB Komunikasi paralel adalah salah satu metode komunikasi data di mana sejumlah n bit dikirimkan pada saat bersamaan melalui n untai konduktor. Lebar pita jalur komunikasi data paralel adalah n × f di mana f adalah frekuensi jalur. Untuk komunikasi data pada frekuensi jalur yang sama, komunikasi paralel dapat bekerja n kali lebih cepat daripada komunikasi serial. Kelemahan dari komunikasi paralel adalah memakan tempat lebih banyak dan memiliki kendala sinkronikasi pada frekuensi yang tinggi.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

72

Satu Untuk UNM
Pada komputer pribadi, penggunaan komunikasi paralel antara lain adalah standar komunikasi IEEE 1284 untuk komunikasi periferal seperti pencetak. Contoh lainnya adalah komunikasi Advanced Technology Attachment / ATA yang menghubungkan papan induk dengan cakram keras atau CD-ROM pada komputer.

Gambar: 8 Port Paralel DB25  Komunikasi Data Antara dua PC dengan Direct Cable

Direct cable connection merupakan hubungan antara dua port input dan port output antara dua komputer menggunakan kabel tunggal (Null Modem Cable). Kabel tersebut dapat digunakan untuk mentranfer informasi antara dua komputer dab saling bertukar file, hak akses, printer, dan lain-lain. Di dalam Direct Cable Connection menggunakan beberapa protokol. Protokol dapat diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar komputer dalam suatu jaringan, ada beberapa macam protokol yaitu dinataranya NEtBEUI, TCPIP, dan IPX/SPX.

Gambar 9. Komunikasi dua komputer dengan Direct Cable Connection

Gambar 10: Direct Cable Connection  Komunikasi Antara dua PC dengan TCP TCP adalah suatu protokol pengiriman data yang berbass Internet Protokol (IP) dan bersifat

Connection Oriented. Pada OSI berada pada layer transport yang fungsinya mengatur
pengiriman suatu data dari client ke server.

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

73

Satu Untuk UNM

Gambr 11. Kabel UTP  Komunikasi Antara dua PC dengan Bluetooth Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireles (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz. Unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluethooth dengan jarak jangakau layanan yang terbatas. Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah. Pada dasarnya bluethoot dicitakan bukan hanya menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel di dalam melakukan pertukaran informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, dengan konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam. Bluetooth menggunakan saalh satu dari dua jenis frekuensi Spread Spectrum Radio yang digunakan untuk kebutuhan wireless. Jenis frekuensi yang digunakan adalah Frequency Hopping Spread Spectrum (FHSS), sedangkan yang satu lagi yaitu Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS) digunakan oleh IEEE802.11xxx.

Gambar 12. Bluethooth
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

74

Satu Untuk UNM
 Komunikasi Antara dua PC dengan Wi-Fi Teknologi Wireles merupakan teknologi yang banyak digunakan oleh pengguna notebok untuk bermain internet. Wireless adalah jaringan antara komputer yang dijembatani oleh sebuah wireless access point/wireless lan. Sesungguhnya tanpa menggunakan wireless lan komunikasi antara komputer masih dapat terjadi, cukup dengan menggunakan konsep jaringan ad-hoc. Jaringan ad-hoc merupakan bentuk komunikasi yang paling sederhana.

Gambar 13. Jaringan Ad-hoc Dengan menggunakan jaringan ad-hoc kita dapat melakukan kegiatan seperti file sharing dan Internet Connection Sharing.

Gambar 14. Jaringan wireless antar beberapa komputer

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

75

Satu Untuk UNM
 Alat dan Bahan Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melatihkan modul ini adalah: 1 unit Komputer untuk masing-masing kelompok Koneksitas Internet Kertas Flip Chat Spidol warna Selotip Kertas Karton Warna untuk nama kelompok BookNote untuk catatan Perkenalan singkat fasilitator antara fasilitator dengan peserta PLPG Atur meja kerja dalam bentuk U atau lainnya yang memungkinkan anggota kelompok berperan aktif dalam kelompoknya. Bagi peserta dalam kelompok yang sama rata, dapat dilakukan dengan cara bermain seperti berdiri dalam bundaran kemudian membagikan kertas warna (misal 6 warna). Biarkan peserta mengambil kertas warna secara acak, setelah itu kelompokkan peserta yang mengambil kertas yang berwarna sama. Bagikan kartu peran dalam kelompok (misal: Manager, Presenter, Juru Tulis, Pengumpul Bahan/Materi, Operator, Time Keeper). Bagikan karton warna untuk nama masing-masing kelompok Buat kontrak belajar selama kegiatan berlangsung Uraian modul PLPG oleh Falitator Fasilitator membagikan kasus untuk didiskusikan dalam kelompok, jawaban ditulis melalui kertas flip chart menggunakan spidol warna kemudian ditempel di dinding menggunakan selotip kertas. Peserta melakukan galery work sebagai bahan untuk saling memberikan masukan antar kelompok diskusi. Refleksi. Fasilitator mengingatkan bahwa kegiatan PLPG ini adalah pelatihan berbuat  Penjelasan Teknis (experiencial learning) yang mengharapkan partisipasi aktif dan kontribusi dari seluruh peserta sehingga menghasilkan suatu karya dan bukan pelatihan fasif yang hanya mendengarkan. kemudian tempelkan kontrak belajar tersebut di depan kelas dimana peserta semua dapat melihatnya. -

 Langkah Kegiatan -

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

76

Satu Untuk UNM
Fungsi modul sebagai sumber acuan materi pembelajaran dan dapat dikembangkan oleh peserta pelatihan PLPG. Alat dan bahan yang akan digunakan berkaitan dengan materi yang dipelajari. Refleksi digunakan untuk mendapatkan penguatan terhadap materi yang sedang atau telah dipelajari. Latihan berbasis masalah (problem based) untuk menggali kemampuan peserta PLPG secara individual maupun kelompok (kolaboratif). 2) Contoh Kasus Kasus 1. Sebuah laptop telah terhubung ke Internet (modem USB, Modem Ponsel, Speedy atau koneksi lainnya). Laptop lainnya juga ingin di sharingkan ke laptop yang telah terkoneksi tersebut dengan menggunakan jaringan Wireless. Diskusikan dengan kelompok Anda langkah-langkah yang harus ditempuh untuk meujudkan hal tersebut. Solusi:  Lakukan setting pada laptop yang telah terkoneksi sebagai komputer induk dengan cara masuk ke Network Connection, klik kanan pada koneksi wireless (Wifi) dan pilih properties.  Pada panel properties, masuk ke tab menu wireless Network, dan bua koneksi baru dengan memilih Add.  Isi Network name (SSID) sesuai dengan keinginan, hilangkan tanda centang pada The Key is provided for me automatically, dan isi network key dengan angka atau huruf sebanyak 5 karakter, ulangi kode tersebut pada confirm Netwok Key. Terakhir berikan tanda centang pada This is a computer-to-computer (ad-hoc) network., wireless access point are not used. Jika sudah maka pada tab menu wireless Ntwork bagian preferred networks akan bertambah satu network baru sesuai dengan yang baru saja dibuat.  Masuk ke tab menu General dan pilih item Internet Protocol (TCP/IP) dilanjutkan dengan memilih Properties. Isi kolom IP address dengan 192.168.0.1 dan Subnet mask 255.255.255.0. Akhiri dengan menekan tombol Ok.  Kembali ke Network Connection, pilih sumber koneksi yang digunakan (misal smart), klik kanan pada koneksi tersebut dan pilih properties.  Masuk ke tab menu Advanced, kemudian beri tanda centang pada Allow other nework users, to connect trough this computer’s internet connections. Sedangkan untuk home networking connections, pilih koneksi wireless yang telah disetup di atas
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 77

-

Satu Untuk UNM
(misal: Wireless Network Connections 2). Sampai disini proses setup komputer induk sudah selesai.  Untuk memilih sharing koneksi (aktifkan dulu koneksi internet yang digunakan) kemudian pada panel wireless network connections, pilih koneksi yang telah dibuat dan klik tombol connect.  Selanjutnya, pada komputer atau perangkat client, lakukan koneksi dengan komputer induk melalui wi-fi, pilih WLAN Network yang telah dibuat dan masukkan WEP key sesuai dengan key yang telah dibuat di atas (5 karakter).  Jika laptop client koneksi dengan komputer induk , naka koneksi WIFI pada panel Wireless Network Connection akan muncul notifikasi connected, Anda sudah dapat melakukan browsing dari komputer client tersebut. Rangkuman Komunikasi data adalah pengiriman data atau informasi dari suatu sumber (source) ketujuan (destination). Komunikasi data antara dua komputer dapat dilakukan dengan menggunakan media Direct Cable Connection, Kabel FTP, Bluetooth dan Wireless. Tiga elemen sistem dalam komunikasi data yang harus tersedia transmisi, dan penerima. yaitu sumber data, media

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

78

Satu Untuk UNM
DAFTAR PUSTAKA 1. Phil Croucher, 1989. Komunikasi dan Jaringan Kerja (Terjemahan oleh Andy). PT Elex Media Komputiondo. 2. Boy Siahaan. Komunikasi Data. Majalah Microdata Volume 4 Seri 10, 1995. PT Elex Media Komputindo, Halaman 8-12. 3. Wiharsono Kurniawan. 2007. Jaringan Komputer . And Ofset. Hal 58-61 4. DC Green. 1991. Komunikasi Data (Aliha Bahsa: Insap Santosa), Andi Ofset . 5. Alan Neibauer 2001. Samal Business Solution for Network (Alih Bahasa: B.M. Adam) Elex Media Komputiondo. 6. Situs dan url http://ilmukomputer.com/ http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_komputer http://freewarecorner.com/ http://www.freewarefiles.com/category/internet.php http://www.freewarehome.com/ http://www.total.or.id/info.php?kk=Program%20aplikasi http://www.brothersoft.com/deep-freeze-download-62587.html http://www.games.com/ http://www.2flashgames.com/f/f-85.htm

Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar

79

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->